Mahasiswa Indonesia Adu Argumen dalam National University Debating Championship


Oleh Firman Hidayat – 27 August 2013

Palembang – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengadakan Kompetisi Debat Bahasa Inggris tingkat Nasional Universitas se-Indonesia dalam National University Debating Championship (NUDC) yang dilaksanakan di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/8).

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Dr.Illah Sailah. Peserta National University Debating Championship (NUDC) merupakan perwakilan dari PTN dan Kopertis wilayah I sampai dengan wilayah XII se-Indonesia yang sebelumnya sudah terseleksi untuk lolos ketingkat Nasional.

Lomba diadakan selama tujuh hari, yang berlangsung pada tanggal 25-31 Agustus 2013. Acara ini dimaksudkan untuk mengasah dan mengadu kemampuan dalam berdebat atau beradu argumen menggunakan bahasa Inggris. Sesuai dengan visi Kemdikbud yaitu “Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional Untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif.” ujar Illah.

Tahapan seleksi perlombaan debat bahasa Inggris berawal dari tingkat PTN terbaik yang selanjutnya berhak menikuti seleksi tingkat wilayah, lalu ketingkat Nasional dari wilayah I sampai dengan wilayah XII yang berjumlah 96 tim. Seluruh tim berjumlah 288 orang yang terdiri atas 192 mahasiswa debaters dan 96 orang adjudicators. Satu tim terbaik setelah tujuh babak penyisihan akan mengikuti debat tingkat dunia World University Debatting Championship (WUDC).

Institusi pendidikan di Indonesia melaksanakan lomba debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetensi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi. Oleh karenanya, disaat negara-negara berkembang mewajibkan muatan debat ke dalam kurikulum pendidikan mereka, Indonesia perlu terus menjadikan debat sebagai bagian kajian akademik dalam bentuk apapun. (ADA).

Posted by  | Sunday, 25 August, 2013

Dr. Illah Sailah, MS.
Debat Bahasa Inggris merupakan salah satu bagian penting dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran kritis, membangun argumen dan menyampaikan argumen dengan baik dan tepat serta bertoleransi terhadap perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap suatu masalah. Debat semacam ini telah dikembangkan diberbagai negara di dunia, dan juga di Indonesia dimana nantinya diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah dunia internasional.

NUDC 3

National Universities English Debate Championship (NUEDC) pertama kali diadakan pada tahun 2008, yaitu 11 (sebelas) tahun setelah pelaksanaan Indonesian Varsities English Debate (IVED) yang pertama kali. NUEDC pertama diadakan di Universitas Sultan Agung, Semarang. Seiring dengan perkembangan jaman dan sejalan dengan tujuan dari debate ini sendiri, pada tahun 2013 nama dari debate ini tidak lagi NUEDC tapi sudah berubah menjadi NUDC (National University Debating Championship). Salah satu alasannya adalah peserta dari debate ini tidak hanya diikuti oleh peserta yang memiliki latar belakang bahasa inggris saja, tetapi diikuti juga oleh peserta dari bidang ilmu lain yang memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik serta mampu dan memiliki minat tinggi dalam ajang debate ini.

NUDC 2

Tujuan Umum dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui kegiatan National University Debating Championship. Sementara tujuan khususnya adalah:

  1. Meningkatkan daya saing lulusan perguruan tinggi melalui media debat ilmiah.
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis.
  4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan bahasa Inggris
  5. Menciptakan iklim kompetitif dan sportif.

Pada acara NUDC tahun 2013 dibuka secara resmi oleh Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RI, Dr. Illah Sailah, MS.

NUDC tahun 2013 ini diikuti oleh 96 Universitas dari 12 Wilayah Indonesia yang terdiri dari ± 300 peserta. Pada tahun ini, DIKTI memberi kepercayaan pada Politeknik Negeri Sriwijaya untuk menjadi tuan rumah dari ajang bergengsi ini.

Kepanitiaan lokal dibentuk sebagai panitia pelaksana kegiatan NUDC 2013 di Palembang, tepatnya di Politeknik Negeri Sriwijaya. Dalam pelaksanaan kegiatan lomba ini, panitia lokal bekerjasama dengan panitia pelaksana pusat (DIKTI).  Sumber : http://nudc.polsri.ac.id

PERGURUAN TINGGI PESERTA NUDC 2013