1) Database Dikti Terintegrasi
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/09/24/124536/Database-Dikti-Terintegrasi

24 septermber 2010
SEMARANG- Sistem database pendidikan tinggi menyangkut ketenagaan, akademik, kelembagaan, dan karya-karya ilmiah yang terintegrasi segera diaplikasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Reformasi tata kelola yang berkualitas ini perlu dilakukan menyusul pengembangan data dasar pendidikan di Indonesia yang harus diakui masih sangat lemah. Direktur Ketenagaan Dirjen Dikti Prof Dr Supriadi Rustad mengungkapkan, nantinya semua sistem akan tersentral ke pusat berdasarkan informasi yang disampaikan dari setiap institusi pendidikan dan data yang ada juga akan diverifikasi kembali. Hal ini juga menyangkut mengenai data dosen atau pengajar yang telah bersertifikasi.
“Sistem ini sedang kami persiapkan dan 2011 harapan kami sudah bisa terealisasi, karena masih ada beberapa item format data yang masih dalam perdebatan,” jelas Prof Supriadi seusai membuka Rapat Koordinasi Pimpinan Yayasan dan Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VI di Patra Semarang Convention Hotel, Kamis (23/9). Kendalikan Layanan Sistem yang dibangun Dikti ini juga diharapkan secara operasional mampu mengendalikan semua layanan, mutu, evaluasi, serta pengembangan sebuah program yang komprehensif. Dengan sistem ini, sebagai contoh, pengusulan sertifikasi dosen harus melalui sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga bisa dikenali apakah memenuhi syarat atau tidak.

…dst

2 ) Kian Tipis Peluang PTS Gaet Mahasiswa
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/09/09/170420/88/14/Kian-Tipis-Peluang-PTS-Gaet-Mahasiswa

Kamis, 23 September 2010 21:23 WIB
SEMARANG–MI: Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah menilai peluang perguruan tinggi swasta untuk mendapatkan mahasiswa semakin kecil seiring banyaknya jalur penerimaan pada perguruan tinggi negeri. “Kalau sebagian besar calon mahasiswa baru itu sudah diambil oleh PTN-PTN, maka alokasi calon mahasiswa baru untuk PTS semakin kecil,” kata Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, Prof. Mustafid seusai Rapat Koordinasi Pimpinan Yayasan dan PTS se-Jateng di Semarang, Kamis (23/9).
Kondisi sebagian besar PTS di Jateng, kata dia, dalam kondisi yang mengkhawatirkan akibat banyaknya PTN yang membuka berbagai jalur penerimaan mahasiswa, seperti seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN) hingga jalur mandiri yang dibuka masing-masing PTN. “Akibatnya, banyak PTS yang kondisinya kritis akibat minimnya mahasiswa yang didapat mengingat sebagian besar potensi mahasiswa sudah diambil oleh kalangan PTN,” katanya. Berdasarkan data dari Kopertis Wilayah VI Jateng, terdapat sebanyak 245 PTS di wilayah tersebut dengan jumlah program studi yang mencapai sekitar 980 unit. Namun, kata dia, sebagian besar PTS berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Mustafid mengakui memang ada sejumlah PTS yang masih bertahan dan terus berkembang, namun hanya sebagian kecil yang merupakan PTS besar dengan sokongan dana yang juga besar.

…dst

3 ) Pemerintah AS Beri Bantuan Pendidikan kepada Indonesia
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/09/23/170383/88/14/Pemerintah-AS-Beri-Bantuan-Pendidikan-kepada-Indonesia

Kamis, 23 September 2010 16:01 WIB
YOGYAKARTA–MI: Pemerintah Amerika Serikat akan memberikan bantuan pendidikan kepada Indonesia senilai US$165 juta dalam kurun waktu lima tahun. “Bantuan pendidikan itu terutama untuk program pertukaran mahasiswa dan pengembangan pendidikan dasar,” kata Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scot Marciel di Yogyakarta, Kamis (23/9). Menurut dia saat memberikan kuliah umum di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM), pemerintah AS juga akan mempromosikan pendidikan yang lebih baik bagi masyarakat di AS maupun Indonesia. “Kerja sama di bidang pendidikan dengan Indonesia selama 18 bulan terakhir juga dilakukan secara lebih intensif untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya. Ia mengatakan pemerintah AS tahun ini akan membuka kesempatan sebanyak 700 kursi untuk mahasiswa Indonesia dan negara lain yang ingin menempuh pendidikan di negara tersebut. “Kesempatan tersebut diberikan oleh sekitar ratusan instansi termasuk perguruan tinggi yang ada di AS,” katanya.

…dst

4 ) Optimalkan Prodi Profesi Guru
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=157241

BANDUNG,(PR) 23 September 2010
Kendati seluruh institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan guru diharuskan memiliki izin pendidikan profesi, sampai dengan saat ini pemerintah baru mengujicobakan pendidikan profesi di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN). Sementara ratusan perguruan tinggi di Indonesia terutama perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki program studi (prodi) pendidikan guru, belum ada yang diberi izin menyelenggarakan pendidikan profesi.
Dekan Fakultas Ilmu Keguruan daan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Dadang Iskandar mengatakan, saat ini di Indonesia ada sekitar 246 PTN dan PTS yang memiliki pendidikan profesi. Menurut Dadang, semua perguruan tinggi tersebut mayoritas telah mengajukan izin pendidikan profesi tetapi belum ada yang diberi izin menyelenggarakan pendidikan profesi guru. “Kami juga sudah mengirimkan. Tetapi memang baru negeri saja yang diberi izin. Itu pun baru diujocobakan. Di Jawa Barat baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),” kata Dadang, Kamis (23/9).

…dst

5 ) Proses Seleksi Olimpiade Sains se-Indonesia 2010 Lebih Ketat
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/23/373/375141/proses-seleksi-olimpiade-sains-se-indonesia-2010-lebih-ketat

Kamis, 23 September 2010 – 15:07 wib
JAKARTA – Tahun ini, proses seleksi Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi (OSN PTI) lebih ketat. Pasalnya, ada satu tahapan proses seleksi di tingkat provinsi sebelum seorang peserta dinyatakan lolos ke babak final di Jakarta. Ketua Panitia Penyelenggara OSN PTI 2010 Provinsi DIY Prof. Akhmad Fauzy, Ph.D. menguraikan, penambahan pada proses seleksi berupa final seleksi di tingkat propinsi. Seperti diberitakan sebelumnya, UII akan menjadi penyelenggara OSN PTI di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. “Pada penyelenggaraan OSN PTI sebelumnya, para peserta yang lolos satu babak penyisihan seleksi di tingkat provinsi berhak melaju ke babak final di Jakarta,” papar Akhmad seperti disitat dari keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2010). Mantan dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia (UII) ini menambahkan, dengan demikian, tiap peserta melalui empat tahapan kompetisi, yakni pendaftaran, seleksi tingkat daerah, final seleksi tingkat daerah, seleksi tingkat nasional, dan penetapan pemenang.

…dst

6 ) UII Kembali Jadi Penyelenggara Olimpiade Sains se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/23/373/375136/uii-kembali-jadi-penyelenggara-olimpiade-sains-se-indonesia

Kamis, 23 September 2010 – 14:03 wib
JAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) kembali dipercaya menjadi penyelenggara Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (OSN PTI) 2010 untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan demikian, UII tiga kali menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta penyelenggara OSN PTI selama tiga kali berturut-turut. OSN PTI dielar pertama kali pada 2008 dan ditujukan bagi seluruh mahasiswa strata satu pada semua perguruan tinggi di Indonesia. Helatan nasional ini diselenggarakan di salah satu perguruan tinggi di setiap propinsi. Hingga hari terakhir pendaftaran, Kamis (23/9/2010), tercatat 518 mahasiswa dari sekira sepuluh perguruan tinggi di DIY mendaftar sebagai peserta OSN PTI. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekira 300 peserta, sekaligus tercatat pada posisi keenam peserta terbanyak dari 33 perguruan tinggi penyelenggara OSN PTI di seluruh Indonesia.

…dst

7 ) AKIL 2010 Himpun Terobosan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352494/

Thursday, 23 September 2010
KEMENTERIAN Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menggelar program pemberian anugerah kekayaan intelektual luar biasa (AKIL) 2010. Program ini bertujuan memberikan apresiasi atas invensi dan kreasi para dosen, peneliti, dan masyarakat. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso menyampaikan, saat ini adalah abad untuk perubahan menuju lebih baik dan lebih canggih. Menurut dia, jika tidak berubah dan menjadi lebih baik dan canggih maka tidak akan berlanjut dan bertahan. “Oleh karena itu, apa yang kita lakukan adalah bagaimana bisa menghimpun karya-karya yang kita anggap terobosan-terobosan baru atau penemuan baru dalam kerangka kemajuan zaman,” kata Djoko. Djoko berharap, kegiatan pada tahun ini diikuti oleh lebih banyak peserta.

…dst

8 ) 2 Penelitian tentang Kanker Siap Perebutkan Award 2010
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/23/373/375296/2-penelitian-tentang-kanker-siap-perebutkan-award-2010

Kamis, 23 September 2010 – 19:04 wib
JAKARTA – Di Indonesia, kanker telah menjadi salah satu penyebab kematian yang utama. Pasalnya, mayoritas pasien kanker terdiagnosa setelah berada pada stadium lanjut yang sulit untuk disembuhkan. Berangkat dari fakta tersebut, dua peneliti Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN), Dr. Andi Utama M. Sc., dan, Dr. rer. nat. Ivet Marita Suriapranata, menekuni kanker sebagai fokus penelitian mereka. Salah satu penelitian Andi bertajuk Karakterisasi Virus Hepatitis B dan C di Indonesia dan Aplikasinya untuk Prediksi Tingkat Keparahan Penyakit Hati Kronis. “Saya berharap, nantinya penelitian ini dapat membantu dalam melihat sejak dini kemungkinan atau tingkat resiko perkembangan penyakit hati menuju tingkat yang lebih serius dengan menganalisa tipe virus yang menginfeksi,” jelas Andi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/9/2010).

…dst

9 ) KERJA SAMA
FEUI Gandeng Kennedy School
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/23/19295916/FEUI.Gandeng.Kennedy.School

Kamis, 23 September 2010 | 19:29 WIB
JAKARTA- KOMPAS.com – Kennedy School of Government melakukan kerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ( FEUI). Kerja sama yang dilakukan mengedepankan kunjungan dan kegiatan akademis secara mutual antara pimpinan, dosen, dan peneliti dari kedua belah pihak. “Kerja sama ini akan dibagi menjadi dua bagian yaitu akademik dan nonakademik,” ujar Firmanzah, Dekan Fakultas Ekonomi Fakultas Indonesia, Kamis ( 23/9/2010). Firmanzah menambahkan, untuk akademik akan dilakukan kerja sama seperti pertukaran pelajar dan penelitian. “Penelitan yang dilakukan akan fokus kepada kebijakan publik,” ungkap Firmanzah. Sedangkan untuk nonakademik akan ada pelatihan bupati di daerah. “Diharapkan bupati bisa mengembangkan potensi di daerahnya,” ujarnya. “Harvard menjadi pilihan kami karena ini merupakan perguruan tingi terbaik di dunia,”imbuh Firmanzah. Menurut Firmanzah lagi, Januari tahun depan, pihaknya akan mengirim dua dosen ke Harvard untuk penelitian. “Program ini akan berlangsung selama 5 tahun, dengan 4 bulan akan berganti tiap dosen yang dikirim,” ungkap Firmanzah.

…dst

10 ) UGM Promosikan Produk Unggulan Penelitian
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352491/

Thursday, 23 September 2010
KEPALA Bidang Kerja Sama Nasional dan Internasional LPPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Ambar Pertiwiningrum mengatakan, LPPM UGM terus mendorong para peneliti untuk menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk produk penelitian yang bisa diaplikasikan di masyarakat, pihaknya menggandeng mitra dari luar, salah satunya adalah Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT).”Untuk penelitian yang bisa diaplikasikan dan dipasarkan, kita menggandeng mitra,” kata Ambar. Ambar menjelaskan, kategori produk penelitian hasil kerja sama dengan KPDT diperuntukkan bagi produk teknologi yang dapat diterapkan di kawasan daerah tertinggal. Salah satunya adalah pemanfaatan biogas dari kotoran ternak. “Selain dagingnya sebagai sumber pangan, ternak juga bisa dimanfaatkan kotorannya untuk hasilkan biogas sebagai langkah untuk mengatasi kelangkaan BBM di daerah tertinggal,”kata Ambar.

…dst

11 ) Unpad Pertahankan Standar AEE
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352490/

Thursday, 23 September 2010
TOLOK ukur dari keberhasilan kuantitatif suatu program pendidikan adalah angka efisiensi edukasi (AEE).Selama lima tahun terakhir AEE Universitas Padjajaran (Unpad) meningkat mendekati standar yang berlaku dan bahkan di antaranya telah melewati angka standar tersebut. Demikian dijelaskan Rektor Universitas Padjajaran Ganjar Kurnia pada Sidang Terbuka Senat Universitas Peringatan Dies Natalis ke-53.
Ganjar mengatakan, pencapaian ke arah universitas yang semakin baik, tidak akan terlepas dari kualitas akademik para dosen. Dewasa ini sebagian besar dosen yang masih bergelar S-1 sedang mengikuti pendidikan S-2 dengan harapan pada 2012 semua dosen Unpad minimal bergelar S-2.”Melalui sertifikasi dosen, sebanyak 165 orang guru besar dan 682 orang dosen telah memperoleh sertifikat,” tutur Ganjar.

…dst

12 ) UNS Bangun RS Pendidikan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/09/24/124535/UNS-Bangun-RS-Pendidikan-

24 Septermber 2010
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan membangun rumah sakir pendidikan (university hospital) senilai Rp 400 miliar. Pembangunan akan dimulai akhir tahun ini dan diperkirakan selesai pada 2014/2015. “Kami memperoleh soft loan dari Saudi Fund for Development Bank dan Islamic Development Bank sebesar 39 juta dolar AS untuk proyek tersebut,” kata Rektor Prof Dr Much Syamsulhadi SpKJ(K), kemarin. Di depan 1.600 wisudawan program diploma UNS, dia mengatakan ada 13 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki Fakultas Kedokteran, namun hanya tiga yang mendapat kepercayaan itu, yakni UI, Universitas Andalas, dan UNS. “Ini tentu melalui proses yang tidak mudah, sebab kami harus meyakinkan pemilik dana agar betul-betul percaya, rumah sakit pendidikan itu kami butuhkan. Ada visitasi untuk melihat layak atau tidaknya,” kata dia.

…dst

13 ) Unair Terus Meningkatkan Kualitas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352497/

Thursday, 23 September 2010
UNIVERSITAS Airlangga terus meningkatkan kualitas menyusul prestasi yang diraihnya sebagai universitas yang masuk dalam jajaran 500 perguruan terbaik dunia. Berdasarkan penilaian QS World University Ranking ini,Unair menempati peringkat 451. Dari daftar yang dikeluarkan oleh QS tersebut, Unair masih mampu mengungguli banyak perguruan tinggi lainnya.Rektor Unair Fasich menilai, hal ini adalah buah kerja keras dari seluruh sivitas akademika. “Prestasi ini merupakan suatu bentuk pengakuan dunia internasional yang patut dibanggakan,” ungkap Fasich. Fasich menambahkan, pengakuan internasional (international recognition) adalah suatu hal yang perlu diperoleh untuk mengantisipasi permasalahan dan kebutuhan pasar global.

…dst

14 ) UPH Gelar Kompetisi Prodigy
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352488/

Thursday, 23 September 2010
FAKULTAS Ilmu Komputer Universitas Pelita Harapan (UPH) mengadakan Kompetisi Prodigy (Pemrograman & Logika dan Kompetisi Desain Web) untuk siswa SMA. Acara ini merupakan acara tahunan Fakultas Ilmu Komputer. Tahun lalu kompetisi serupa lebih terfokus pada pemrograman, dan tahun ini difokuskan pada desain web. Menurut Ketua Komite & dosen di Fakultas Ilmu Komputer Astrid, kompetisi ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta dalam mengembangkan bakat dan minat, terutama di bidang komputer, dan pada saat yang sama memberikan penghargaan pada karya mereka. Ini sejalan dengan salah satu konsentrasi yang ditawarkan di Fakultas Ilmu Komputer UPH. Selain kompetisi, Prodigy juga memberikan workshop umum tentang komputer dan webdesain.

…dst

15 ) UT Targetkan Kualitas Dunia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352489/

Thursday, 23 September 2010
SEIRING perubahan zaman yang semakin cepat atas dorongan kemajuan sains, teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK), maka wajah pendidikan tahun 2021 akan jauh berbeda. Hal ini ditegaskan oleh Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati. Untuk itu, pada 2021 UT menargetkan bisa menjadi institusi Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) berkualitas dunia dalam menghasilkan produk pendidikan tinggi dan dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan penyebaran informasi PTTJJ.
Selaras dengan Tridharma Perguruan Tinggi (PT) dan perkembangan lingkungan strategis, rumusan misi UT pun disempurnakan menjadi menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTJJ. Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ serta memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.

…dst

16 ) UMS Terima 22 Mahasiswa Thailand
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352636/

Thursday, 23 September 2010
SOLO (SINDO) – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menerima mahasiswa asal Thailand. Kemarin delegasi dari Thailand secara resmi menyerahkan 22 mahasiswa yang akan belajar di UMS dari 26 mahasiswa yang tersebar di beberapa kampus Muhammadiyah lainnya. Rektor UMS Bambang Setiaji menjelaskan, kerja sama antara Muhammadiyah dan Thailand sudah terjalin dalam beberapa tahun ini.Para mahasiswa asal Thailand tersebut merupakan kerja sama antara PP Muhammadiyah yang memberikan beasiswa pada mahasiswa asal Thailand.”Tahun sebelumnya, Muhammadiyah menerima 16 mahasiswa dari Thailand. Pemberian kuota mahasiswa asal Thailand ditentukan oleh PP Muhammadiyah,” katanya kemarin. Tahun ini UMS mendapat kuota 22 mahasiswa dan merupakan jumlah terbanyak dibanding Universitas Muhammadiyah lainnya di Indonesia.

…dst

17 ) Dibuka, Peluang Mahasiswa Miskin Tempuh Pendidikan Taraf Internasional
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/09/23/136087-dibuka-peluang-mahasiswa-miskin-tempuh-pendidikan-taraf-internasional

Kamis, 23 September 2010, 09:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Kesempatan mahasiswa miskin mengenyam pendidikan bertaraf internasional dibuka. Hal ini disampaikan Harina Yuhety, Staf Ahli Mendiknas Bidang Budaya dan Psikologi Pendidikan, di Jakarta, Rabu (22/9), dalam peresmian ‘Sampoerna School of Business (SSB)’. ”Pemerintah berkewajiban mencerdaskan bangsa sesuai dengan kepribadian bangsa. oleh karena itu Kemdiknas menyambut baik usaha Sampoerna Foundation dalam mencetak pemimpin pemimpin dan wirausahawan handal yang menjunjung tinggi nilai kearifan lokal,” ujar Harina. Pendidikan adalah syarat mutlak bagi peningkatan kualitas bangsa. Dengan hadirnya SSB, maka akan menambah angka partipasi kasar (APK) pendidikan tinggi yang selama ini masih rendah dibanding negara lain.
Mendiknas, kata Harina, berharap SSB tidak hanya menampung peserta didik atau hanya menambah Angka Partisipasi Pendidikan (APK) pendidikan tinggi. Diharapkan SSB juga mampu melakukan transfer of knowledge dengan pendidikan karakter yang berkualitas.

…dst

18 ) JK Hadiri Lustrum XI FEB UGM
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/23/373/375288/jk-hadiri-lustrum-xi-feb-ugm

Kamis, 23 September 2010 – 17:17 wib
YOGYAKARTA – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menghadiri peringatan Lustrum XI Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM). Dalam acara tersebut, JK hadir sebagai pembicara utama dalam sebuah seminar yang membahas bidang ekonomi. Dalam seminar tersebut, JK menyampaikan pidatonya bertajuk Kajian terhadap Perekonomian Indonesia: Perspektif Makro, Fiskal, dan Mikro di Hotel Hyatt Yogyakarta, Kamis (23/9/2010). JK menyampaikan, persoalan ekonomi suatu negara disebabkan oleh banyak faktor seperti politik hingga kebijakan yang diambil pemerintah. JK menjelaskan, masalah perekonomian Indonesia antara lain terkait cost capital (biaya modal terkait investasi), pembangunan infrastruktur, serta kebijakan yang diambil oleh pemerintah dengan melibatkan paduan antara ilmu dan pengalaman.

…dst

19 ) Dubes AS Kagumi Yogyakarta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352626/

Thursday, 23 September 2010
YOGYAKARTA(SINDO) – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Scot Marciel mengagumi pendidikan di Yogyakarta.Salah satu kekagumannya adalah banyaknya universitas atau perguruan tinggi yang ada di Kota Pelajar ini. Marciel juga mengagumi demokrasi dan keberagaman Yogyakarta yang masyarakatnya pluralis. Sebelum mengunjungi Yogyakarta, dia sudah mendengar cerita yang bagus-bagus tentang Yogyakarta.” Sebelum datang ke Yogyakarta, saya sudah mendengar hal yang bagus tentang kota ini. Utamanya,banyak universitas. Banyaknya mahasiswa di universitas membuat Yogyakarta menjadi tempat yang plural.Hal ini akan memperkaya masyarakat,” ujarnya saat menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di KepatihanYogyakarta kemarin.

…dst

20 ) Kadin Institute, Wadah Pencetak Pengusaha Muda
http://kampus.okezone.com/read/2010/09/23/373/375145/kadin-institute-wadah-pencetak-pengusaha-muda

Kamis, 23 September 2010 – 16:13 wib
SURABAYA – Kesempatan menjadi pengusaha muda semakin terbuka lebar. Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) mulai menyadari betapa pentingnya kaderisasi. Kemarin, Kadin Jatim memulai pembangunan Gedung Kadin Institute di areal Graha Kadin, Jalan Bukit Darmo Raya 1 (Graha Famili), dengan meletakkan batu pertama. Prosesi peletakan batu pertama ini dilakukan Gubernur Jatim Soekarwo dan Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla M Mattaliti. Kadin Institute difokuskan sebagai wadah untuk mencetak wiraswastawan muda. Selain itu, Kadin Institute juga bakal menjadi tonggak untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dunia usaha di Jatim, utamanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

…dst

21 ) Alumnus UIN Maliki Ciptakan Software Grammar Bahasa Arab
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/09/24/124527/Alumnus-UIN-Maliki-Ciptakan-Software-Grammar-Bahasa-Arab

24 Septermber 2010
MALANG – Keinginan untuk menyebarluaskan pengetahuan yang dimiliki terus dilakukan Mukhlis Fuadi (23), alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang Fakultas Sains dan Teknologi.Dia membuat program grammar bahasa Arab dan kini dalam proses dipatenkan hak ciptanya. Mukhlis yang akrab dipanggil Muchad memasang namanya pada software temuannya itu dengan nama Muchad Tasheeh. Program tersebut dirakit menggunakan Artificial Intelligence, kecerdasan buatan yang bisa belajar layaknya otak manusia. “Sistem kecerdasan ini bisa berkembang terus dan berpikir sesuai dengan suplemen pengetahuan yang diajarkan,” katanya.

…dst

22 ) Reuni Fikom Unpad
Reuni Akbar Fikom Unpad 9 Oktober

http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/23/21331527/Reuni.Akbar.Fikom.Unpad.9.Oktober
Kamis, 23 September 2010 | 21:33 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Reuni akbar Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) akan digelar sepanjang hari Sabtu 9 Oktober 2010 mendatang di kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Tahun ini Fikom Unpad merayakan Dies Natalis ke-50. Ketua Panitia Reuni Akbar Fikom Unpad Duddy Zein mengatakan, Temu Alumni Akbar Fikom Unpad Sepanjang Masa ini merupakan wujud rasa syukur pada almamater tercinta. “Kami bangga Fikom Unpad menjadi bagian penting dalam mengantarkan Indonesia pada era informasi dan komunikasi serta perkembangan media massa saat ini. Alumni Fikom angkatan 1960-an, 1970-an, 1980-an, 1990-an, dan 2000-an diajak hadir dalam temu alumni di kampus Unpad di Jatinangor,” kata Duddy Zein di facebook Fikom Unpad Sepanjang Masa.

…dst

23 ) Guru Besar Ilmu Farmasi Unand Dikukuhkan
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/23/22362925/Guru.Besar.Ilmu.Farmasi.Unand.Dikukuhkan

Kamis, 23 September 2010 | 22:36 WIB
PADANG, KOMPAS.com – Empat orang guru besar bidang ilmu farmasi Universitas Andalas, Padang, Kamis (23/9/2010) dikukuhkan oleh Rektor Universitas Andalas Musliar Kasim di Ruang Auditorium universitas tersebut. Keempatnya masing-masing adalah Prof. Dr. Adek Zamrud Adnan, Prof. Dr. H. Akmal Djamaan, Prof. Dr. Dachriyanus, dan Prof. Dr. Almahdy yang memberikan orasi ilmiah di hadapan undangan yang di antaranya terdiri para anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia dan Ikatan Apoteker Indonesia.

…ds

24 ) UI Menangi Lomba E-Voting 2010
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/352493/

Thursday, 23 September 2010
BADAN Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyelenggarakan lomba rancang bangun e-voting. Lomba ini diadakan dalam rangka merayakan HUT ke- 32 BPPT sekaligus memperingati Harteknas dan diikuti oleh mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan evoting merupakan salah satu solusi untuk menghindari terjadinya konflik dalam kegiatan voting. Dengan e-voting diharapkan proses voting menjadi lebih baik, transparan, dan berakurasi tinggi. Lomba ini diharapkan dapat menggali potensi kreativitas dan inovatif pengembangan sistem dan perangkat e-voting dari seluruh kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa dengan tetap memenuhi asas LUBER dalam pemilihan umum di Indonesia. Setelah melalui proses penjurian, ditetapkan bahwa Salman Salsabila, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI, sebagai Juara I untuk kategori perorangan.

…dst

25 ) Mahasiswa Unila Desak Ujian Masuk Lokal Ditiadakan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/10/09/23/136278-mahasiswa-unila-desak-ujian-masuk-lokal-ditiadakan

Kamis, 23 September 2010, 20:36 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG–Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung (Unila) mendesak rektorat membatalkan ujian masuk lokal (UML) pada perguruan tingginya. UML dinilai telah menimbulkan diskriminasi. “UML sudah jelas menimbulkan diskriminasi dan kesenjangan pendidikan,” kata Lekat Adi, seorang pimpinan aksi, saat peringatan hari jadi Unila ke-45 di Bandar Lampung, Kamis (23/9). Ia mengatakan jalur UML yang sudah diselenggarakan beberapa tahun terkahir ini sebagai bentuk diskriminasi terhadap mahasiswa dengan latar belakang berpenghasilan rendah. Hal ini, kata dia, menjdai bukti ketidakadilan dalam bidang pendidikan yang sudah dijamin konstitusi.

…dst

26 ) Sekolah ke LN, Pilih Kota Kecil
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/23/21181457/Sekolah.ke.LN..Pilih.Kota.Kecil

Kamis, 23 September 2010 | 21:
JAKARTA, KOMPAS.com – Mengirim anak untuk sekolah ke luar negeri demi mencapai kesuksesan adalah keinginan setiap orangtua. Namun, akan lebih baik apabila orangtua mengirim anaknya untuk belajar ke luar negeri dengan memilihkan sekolah atau perguruan tinggi yang terletak di kota kecil. Karena selain anak menjadi lebih mandiri akan membentuk mental mereka menjadi lebih tangguh. “Anak-anak Indonesia yang kuliah di kota-kota besar kebanyakan spoiled karena biasanya orang Indonesia yang bisa sekolah ke luar negeri adalah anak orang kaya. Karena orangtuanya kurang berpendidikan seringkali mereka mengasih apa saja yang anaknya inginkan, akhirnya banyak anak-anak spoiled dan tidak disiplin.” kata Prof Rhenald Kasali, Ph.D, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) di sela acara Education Fair SMA Kanisius, Jakarta, Kamis(23/9/2010).

…dst

27 ) Ganti Muscle Memory dengan Brain Memory
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/23/2040350/Ganti.Muscle.Memory.dengan.Brain.Memory

Kamis, 23 September 2010 | 20:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem pendidikan di Indonesia yang mengutamakan brain memory menyebabkan anak-anak Indonesia hanya mahir di bidang teori, namun tidak pada praktek. Padahal metode tersebut salah. Metode pendidikan yang tepat ialah muscle memory di mana anak-anak diajak menyeimbangkan antara teori dan praktek. Namun untuk mencapai kesusksesan metode tersebut harus dimulai dari perubahan kultur kelas.
Menurut Prof Rhenald Kasali, Ph.D, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) di sela acara Education Fair SMA Kanisius, Jakarta, Kamis (23/9/2010), kebanyakan sekolah hanya menerapkan brain memory. Yaitu hanya sebatas teori, menghafal rumus, mengetahui formula atau rumus, dan bukan menjalankan rumus atau menguji sendiri di lapangan.

…dst

28 ) Jangan Bangga Jadi Guru/Dosen “Killer”
http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/23/17080441/Jangan.Bangga.Jadi.Guru..quot.Killer.quot.

Kamis, 23 September 2010 | 17:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Metode pendidikan Indonesia yang mengutamakan pemberian nilai buruk pada siswa sebagai salah satu bentuk hukuman menjadikan anak-anak Indonesia yang cerdas menjadi tidak percaya diri. Padahal, seharusnya sistem pemberian nilai yang tepat ialah memberikan nilai sebagai wujud memberi semangat, seperti yang dilakukan di negara maju.Hal itu diungkapkan Prof Rhenald Kasali, PhD, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), di sela-sela acara Education Fair SMA Kanisius, Jakarta, Kamis (23/9/2010).

…dst

OOT :

http://kampus.okezone.com/read/2010/09/23/373/375256/ini-dia-50-perguruan-tinggi-terbaik-di-amerika
Kamis, 23 September 2010 – 17:04 wib
Berikut daftar 50 besar perguruan tinggi terbaik di AS versi Forbes:
1. Williams College
2. Princeton University
3. Amherst College
4. United States Military Academy
5. Massachusetts Institute of Technology
6. Stanford University
7. Swarthmore College
8. Harvard University
9. Claremont McKenna College
10. Yale University

…dst