Detik-Detik Saat Musibah Menghampiri Negeri Kita…
Detik-Detik Setelah Kerusakan memporak-porandakan Kampung Halaman Saudara Kita…
Detik-Detik Cemas Menanti Kemungkinan Bencana Alam yang Masih Mengintai Negeri Kita…
Lantas, Adakah usaha kita untuk mengurangi derita Saudara kita yang tertimpa Musibah ?
Lantas, Apa solusi pemerintah/wakil rakyat untuk menanggulangi kemungkinan bencana yang masih terus mengintai negeri kita ?
Selain berdoa untuk Indonesia, dibutuhkan USAHA dan REALISASI !

“JANGAN PERNAH BERHENTI BERDOA, DAN BERJUANG UNTUK TANAH AIR TERCINTA INDONSESIA.”

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
I ) GEMPA DAN TSUNAMI
Pasca Gempa dan Tsunami Mentawai

1 ) SBY : Asing Boleh Bantu Rekonstuksi Pascabencana
http://berita.liputan6.com/politik/201010/304178/SBY.Asing.Boleh.Bantu.Rekonstruksi.Pascabencana

31/10/2010 12:57
Liputan6.com, Hanoi: Korban gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, memerlukan bantuan. Untuk itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempersilakan negara sahabat terlibat dalam proses rekonstruksi pasacbencana, namun tidak untuk proses tanggap darurat.
“Bantuan untuk rekonstruksi itu saya persilahkan, tapi untuk tanggap darurat, Indonesia akan selesaikan sendiri,” kata Presiden dalam konferensi pers di Hanoi, Vietnam, Ahad (31/10). Menurut Presiden, khusus untuk bencana gempa bumi dan tsunami di Mentawai, memang ada sejumlah negara sahabat yang menawarkan bantuan, antara lain Uni Eropa, Thailand, dan Australia. Namun, kebijakan Pemerintah Indonesia adalah sedapat mungkin mengatasi semua itu dengan sumber daya sendiri.

…dst

2 ) Sabtu, 30 Oktober 2010, 11:52 WIB
Video Detik-Detik Saat Tsunami Menerjang
http://video.vivanews.com/read/11617-video-detik-detik-saat-tsunami-menerjang

3 ) Jum’at, 29 Oktober 2010, 18:54 WIB
Animasi Tsunami Pagai Selatan
http://video.vivanews.com/read/11614-animasi-tsunami-pagai-selatan_1
Animasi tsunami pulau Pagai Selatan oleh DR.Hamzah Latief (pakar tsunami ITB, tim ahli stafsus).

Mengapa tsunami hanya menghantam Mentawai, tak sampai ke Sumatera ?
http://nasional.vivanews.com/news/read/185792-video-animasi-tsunami-mentawai
Apa yang terjadi sebenarnya, sehingga tsunami di Mentawai, sementara Kota Padang yang hanya berjarak kurang dari 200 kilometer dari Mentawai selamat dari petaka?
Dr. Hamzah Latief, pakar tsunami dari Institut Teknologi Bandung yang juga staf ahli Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bidang Bencana menjelaskan secara gamblang dalam bentuk gambar animasi.

4 ) Jum’at, 29 Oktober 2010, 17:07 WIB
Bayi Berusia Tiga Bulan Ditemukan Selamat Dari Tsunami
http://video.vivanews.com/read/11613-bayi-berusia-tiga-bulan-ditemukan-selamat-dari-tsunami_1
Seorang bayi berusia 3 bulan di pulau Pagai, Mentawai, Sumatera Barat ditemukan selamat setelah tersapu tsunami selama 2 hari.

5 ) Kamis, 28 Oktober 2010, 15:53 WIB
Paus Benediktus: Mari Bantu Korban di Indonesia
http://video.vivanews.com/read/11593-paus-benediktus–mari-bantu-korban-di-indonesia_1
Pemimpin umat Katolik se-dunia, Paus Benediktus XVI, meminta masyarakat internasional agar segera memberi bantuan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Indonesia. Seruan serupa juga dilontarkan Paus bagi korban banjir di Benin, Afrika.

6 ) Rabu, 27 Oktober 2010, 20:30 WIB
Kerusakan Akibat Tsunami di Mentawai
http://video.vivanews.com/read/11580-kerusakan-akibat-tsunami-di-mentawai
Video terkini kondisi Mentawai yang hancur dihantam tsunami

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

II ) BENCANA LETUSAN MERAPI TERUS MENGINTAI !
Masih ada Delapan Gunung BERSTATUS Waspada !

1 ) Ini Kronologi Letusan Merapi Dini Hari Tadi
Pada pukul 00.50 WIB, terjadi ledakan di puncak Merapi. Letusan vertikal capai radius 2 km
http://nasional.vivanews.com/news/read/185815-ini-kronologi-letusan-kedua-merapi
Sabtu, 30 Oktober 2010, 08:29 WIB
—cut—
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana meminta agar daerah rawan bencana III, khususnya di sekitar alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam jarak radius 10 kilometer, dikosongkan.
Penduduk Sleman, Yogyakarta, serta Magelang dan Klaten di Jawa Tengah yang tinggal dekat dengan Merapi diminta mengungsi di daerah-daerah aman.
“Masyarakat diminta tidak panik dan terpengaruh dengan isu yang beredar mengatasnamakan instansi tertentu mengenai aktivitas Merapi,” Surono mengimbau. “Tetap mengikuti arahan dari pemerintah daerah setempat yang selalu berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.” (kd)
>>>

2 ) Setelah Merapi, Delapan Gunung Waspada
http://fokus.vivanews.com/news/read/185737-merapi-meletus–8-gunung-menanti-

Sabtu, 30 Oktober 2010, 00:02 WIB
— cut—
Waspada delapan gunung
Dan kini delapan gunung kategori A, sudah masuk dalam tahap waspada. Gunung-gunung itu adalah Sinabung, Gunung Talang, Gunung Anak Krakatau, Gunung Papandayan, Gunung Slamet, Gunung Dieng, Gunung Semeru, dan Gunung Bromo. Selain dipantau ketat, warga di sekitar juga bersiaga, sebab aktivitas gunung-gunung itu sulit diprediksi. ” Status waspada kita berikan karena kawah gunung tidak dalam kondisi aman untuk didekati,” kata Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.com, Jumat 29 Oktober 2010.

>>>

3 ) Mahasiswa Malaysia Diperintah Mengungsi
http://nasional.vivanews.com/news/read/185781-mahasiswa-malaysia-di-yogya-bersiap-mengungsi

Jum’at, 29 Oktober 2010, 21:41 WIB
VIVAnews – Kementerian Luar Negeri Malaysia mengimbau mahasiswa Malaysia yang belajar di Yogyakarta bersiap mengungsi jika keadaan Gunung Merapi semakin membahayakan. Malaysia telah mengirim staf kedutaan di Jakarta ke Yogyakarta untuk membantu proses evakuasi. Menurut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Malaysia, 500 mahasiswa itu terdiri dari 495 mahasiswa yang belajar di Universitas Gadjah Mada dan 5 mahasiswa di Institut Seni Indonesia.

…dst

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

III ) BANJIR BANDANG DAN LONGSOR

1 ) TRAGEDI WASIOR 4 OKTOBER 2010 PK 8:30 WIT PAPUA BARAT
http://www.youtube.com/watch?v=jwm6AcCAVsw&feature=related
SANGAT MENGGENASKAN BANJIR BANDANG MENENGGELAMKAN KOTA WASIOR

2 ) Bencana Wasior Akibat Perubahan Bentuk Tanah

http://berita.liputan6.com/liputanpilihan/201010/301003/Bencana.Wasior.Akibat.Perubahan.Bentuk.Tanah

13/10/2010 05:57
Liputan6.com, Depok: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto kembali menegaskan jika penyebab banjir bandang di Wasior, Papua Barat, bukan disebabkan pembalakan liar atau illegal logging. Melainkan adanya evolusi morfologi atau perubahan bentuk tanah yang terjadi di lokasi bencana.Penegasan ini disampaikan Djoko Kirmanto usai membuka jambore Sanitasi di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/10). Menurut Djoko, perubahan bentuk tanah yang terjadi berulang-ulang di wilayah datar dan terjal menyebabkan kondisi alam tidak seimbang. Djoko menambahkan dari foto udara tak terlihat terjadinya pengurangan hutan akibat pembalakan. Sementara itu kondisi terakhir di Wasior dalam tahap tanggap darurat. Pencarian korban meninggal, penanganan korban selamat, dan menjamin ketersediaan air minum dan sanitasi masih menjadi prioritas.(JUM)

>>>

3 ) Bencana Wasior, Menteri Kehutanan Salahkan Tata Ruang
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2010/10/11/brk,20101011-283840,id.html

Senin, 11 Oktober 2010 | 11:56 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyalahkan pihak pengelola tata ruang di daerah sebagai penyebab bencana banjir bandang yang menewaskan ratusan orang di Wasior, Papua Barat. “Pinggir laut adalah kawasan hutan produksi terbatas yang seharusnya tidak boleh dijadikan kota yang dipenuhi banyak penduduk,” ujar Zulkifli di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (11/10).

…dst

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

IV ) Musibah Gempa Bumi Sumatera Barat Tanggal 30 September 2009

Gempa bumi Sumatera Barat 2009 terjadi dengan kekuatan 7,6 SR di lepas pantai Sumatera Barat pada pukul 17:16: wib tanggal 30/09/2009. Menurut data Satkorlak PB, sedikitnya 1.117 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota & 4 kabupaten di Sumatera Barat, korban luka berat mencapai 1.214 orang, luka ringan 1.688 orang, korban hilang 1 orang. Sedangkan 135.448 rumah rusak berat, 65.380 rumah rusak sedang, & 78.604 rumah rusak ringan.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

V ) Musibah Gempa Melanda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klatan tanggal 27 Mei 2006

Daerah Istimewa Yogyakarta sudah sering dilandai gempa, namun yang terparah adalah gempa bumi tektonik kuat yang terjadi pada 27 Mei 2006 pada pukul 05.55 wib. Gempa bumi yang berkekuatan 5,9 SR memporak porandakan banyak bangunan dan sebanyak 6.234 korban meninggal dunia. Tercatat Candi Prambanan, ISI, STIE Kerja Sama, GOR UAD, Mall Saphir Square, Makam Imogiri, Bangsal Trajumas di Kraton Yogya mengalami kerusakan parah.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

VI) Tragedi Lumpur Lapindo yang dimulai tgl 27 Mei 2006
Empat Tahun Semburan Lumpur Lapindo, Masyarakat korban masih hidup dalam penderitaan walaupun dana APBN sudah terkuras 2,8 triliun, tetap belum bisa menutupi kerugian yang diderita para korban.

Tragedi Lumpur Lapindo Kuras APBN Rp2,8 Triliun
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/10/05/30/117678-tragedi-lumpur-lapindo-kuras-apbn-rp28-triliun

Ahad, 30 Mei 2010, 13:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Peristiwa Lumpur Lapindo berawal pada 27 Mei 2006, kini sudah berusia empat tahun. Dalam kurun empat tahun itu, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) merilis bahwa sudah sebesar Rp 2,8 triliun APBN yang terpakai untuk menangani semburan lumpur itu.
“Akibat tragedi Lumpur Lapindo ini, masyarakat menderita kerugian secara langsung yang amat besar, seperti kerusakan aset dan infrastruktur disebabkan dampak langsung tragedi lumpur Lapindo sebesar Rp 5,1 triliun,” kata Koordinator Advokasi dan Investigasi Fitra, Ucok Khadafi, Ahad (30/5).
Dia mengatakan, pihak yang menanggung kerugian terbesar secara riil adalah masyarakat sebagai pemilik tanah dan bangunan, yakni sebesar 62,5 persen dari keseluruhan. Kemudian di posisi kedua dan berikutnya adalah kontraktor pelaksana sebesar 29,02 persen, usaha swasta sebesar 7,36 persen, BUMN sebesar 1,11 persen, dan PDAM Kabupaten Sidoarjo sebesar 0,01 persen.
Tak hanya itu, ujar Ucok, tragedi Lumpur Lapindo berdampak kepada perekonomian Kabupaten Sidoarjo dan wilayah sekitarnya. “Dampak tersebut dapat berupa hilangnya sumber-sumber pendapatan masyarakat, pemerintah pusat atau daerah, dan dunia usaha akibat rusaknya lahan pertanian, pertambakan, pabrik, dan peralatan

…dst

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

VII ) Tragedi Gempa di Pulau Nias 28 Maret 2005
Gempa di lepas pantai Nias yang berkekuatan 8,7 SR itu menewaskan 1.300 orang di Pulau Nias dan menghancurkan kota Gunung Sitoli dan Teluk dalam. Dengan kekuatan sebesar 8,7 SR, gempa ini merupakan gempa bumi terbesar kedua di dunia sejak tahun 1964.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

VIII ) Tragedi Tsunami di bumi Serambi Mekah 26 Desember 2004
Pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh. Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, Inda, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
Kekuatan gempa pada awalnya dilaporkan mencapai 9.0 R. Pada Februari 2005 dilaporkan gempa berkekuatan 9.3 R. Meskipun Pacific Tsunami Warning Center telah menyetujui angka tersebut. Namun, United States Geological Survey menetapkan 9.1 R.
Di Indonesia, gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Hampir 40.000 orang dinyatakan hilang. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatra. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Secara umum kondisi di Aceh kini semakin baik. Aceh mengalami perkembangan luar biasa dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca tsunami. Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Indonesia, El Mustafa Benlamlih, mengatakan perkembangan rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca-tsunami dapat menjadi contoh bagi negara lain. Bangunan-bangunan di Banda Aceh diperkirakan selesai pada 2012.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

IX) Dan musibah bencana alam lainnya yang tak bisa di sebut satu per satu namun bisa baca di link :

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gempa_bumi_besar_di_Indonesia

Nurfitri Thio