Palembang, (tvOne)

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan merekrut atlet cabang olahraga pentaque SEA Games XXVI dari mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia, kata Staf Ahli Kemenegpora Bidang Sumber Daya Olahraga, Tunas Dwidarto.

Menurut Tunas yang dihubungi dari Palembang, Rabu, seleksi akan dimulai pada Januari 2011 dengan mendatangi beberapa universitas di Indonesia. “Atlet pentaque akan diambil dari kalangan mahasiswa. Perekrutan hanya dilakukan melalui universitas yang memiliki fakultas olahraga,” kata dia.

Dia menerangkan, pentaque adalah cabang olahraga tradisional asal Thailand yang untuk kali pertama dipertandingan di SEA Games. Pada SEA Games Laos tahun 2009, cabang olahraga ini hanya sebatas ekshibisi. “Sejauh ini, Indonesia memang belum memiliki atlet pentaque, bahkan pengurus cabang untuk olahraga tersebut juga belum ada. Makanya untuk memudahkan komunikasi kita mengandalkan mahasiswa dari fakultas olahraga, karena mereka pasti memiliki wawasan dan kemampuan tentang pentaque,” ujar dia.

Dia tak menampik, karena cabang olahraga ini akan dipertandingkan di Kota Palembang, maka kemungkinan besar atletnya berasal dari Sumsel. “Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games, tentunya akan diberikan porsi yang lebih besar dibandingkan daerah lain,” kata dia.

Dia menambahkan, pihaknya juga mendapat tawaran dari sejumlah Warga Negara Indonesia yang bertugas di kedutaan untuk menjadi atlet pentaque SEA Games. “Sejumlah kedutaan kita dari negara-negara Eropa, menyatakan siap memperkuat Timnas Pentaque SEA Games. Mereka cukup berpengalaman memainkan cabang olahraga ini di sana. Hal ini juga akan dipertimbangkan,” ujar dia. (Ant)

Sumber : http://olahraga.tvone.co.id