1 ) IPB Juga Tolak Patuhi Putusan MA

IPB Juga Tolak Patuhi Putusan MA
Sunday, 13 February 2011
JAKARTA (SINDO) – Hampir setahun Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan putusan agar merekmerek susu formula berbahaya dipublikasikan. Namun,hingga kini pihak-pihak terkait masih saling lempar tanggung jawab. Setelah Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kustantiah, kemarin, giliran Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto yang menolak institusinya mengumumkan merek-merek susu formula yang mengandung bakteri Enterobacter sakazakii tersebut.Dia bahkan mengembalikan kewajiban dan kewenangan untuk mengumumkan hal ini kepada BPOM. Herry berdalih, pengumuman merek-merek susu formula berbahaya oleh IPB adalah bentuk pelanggaran etika penelitian akademik yang harus dijunjung tinggi.
“Kami memang wajib patuh hukum. Namun, tolong beri kami ruang untuk selalu menjunjung tinggi etika akademik,” kilahnya saat dihubungi SINDOkemarin. Meski demikian, dia mengakui bahwa hasil penelitian akademik para dosen dan peneliti IPB diarahkan agar berguna bagi kemanusiaan. Penelitian terhadap sejumlah merek susu formula yang kemudian menjadi kontroversi sejak 2008 ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri dan kajian virologi sebagai kontribusi kepada dunia ilmu pengetahuan. Target akhirnya adalah pengembangan standar mutu dan keamanan pangan. Menurut Herry,sebagai world class university, penelitian IPB mengenai susu formula menjadi salah satu rujukan standar mutu keamanan susu formula. Dr Sri Estuningsih, akademisi IPB yang meneliti susu formula,selalu dilibatkan dalam sidang- sidang CODEX Alimentarus. “Jadi,jangan ragukan keberpihakan kami pada kepentingan masyarakat. Namun, terkait susu formula berbahaya dan susu formula tidak berbahaya, penelitian dan publikasinya bukan kewenangan IPB melainkan BPOM,”tandasnya.

Selengkapnya : http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/381699/

…dst

2 ) IKA-Trisakti Usulkan Empat Mahasiswanya yang Gugur Pahlawan Reformasi
http://www.antaranews.com/berita/245949/ika-trisakti-usulkan-empat-mahasiswanya-yang-gugur-pahlawan-reformasi

Minggu, 13 Februari 2011 23:26 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Ikatan Alumni Universitas Trisakti mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan empat mahasiswa Universitas Trisakti yang gugur pada perjuangan reformasi tahun 1998 ditetapkan sebagai pahlawan reformasi. “Kami mengusulkan empat mahasiswa Trisakti yang gugur pada perjuangan reformasi dengan berbagai pertimbangan,” kata Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA-Usakti), di Jakarta, Minggu. Keempat mahasiswa Universitas Trisakti yang gugur tersebut adalah, Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendrawan Sie. Mereka tewas tertembak pada saat melakukan aksi damai memperjuangkan reformasi di dalam halaman kampus Universitas Trisakti, di Semanggi, Jakarta, pada 12 Mei 1998. Menurut Didik, pertimbangan tersebut antara lain, keempat mahasiswa tersebut adalah generasi penerus bangsa yang menjadi harapan keluarga maupun masyarakat untuk meneruskan generasi sebelumnya untuk berkontribusi pada pembangunan nasional. Keempat mahasiswa tersebut, menurut dia, melakukan aksi damai di dalam kampus, memperjuangkan reformasi yang menuntut situasi politik nasional menjadi lebih baik dan kondusif. “Gugurnya empat mahasiswa tersebut, meninggalkan rasa duka dan kehilangan yang sangat dalam bagi keluarga maupun sivitas akademika Universitas Trisakti,” katanya.

3 ) Mahasiswa Buka Rumah Baca di Merapi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/13/163932-mahasiswa-buka-rumah-kaca-di-merapi

Ahad, 13 Februari 2011, 08:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG – Mahasiswa berasal dari sejumlah perguruan tinggi yang tergabung di Komunitas Salam Beta Yogyakarta membuka rumah baca di lereng barat Gunung Merapi, Dusun Tutup Ngisor, Desa Sumber, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah…cut… “Ada sekitar seribu buku koleksi Rumah Baca Salam Beta (Sahabat Alam Belajar Kita) Tutup Ngisor, sumbangan berbagai pihak antara lain berasal dari Yogyakarta, Jakarta, Solo,” kata Divisi Program Komunitas Salam Beta Yogyakarta, Yasinta Dewi, didampingi seorang pegiat lainnya Radita Ika di sela acara itu. Komunitas itu beranggota puluhan mahasiswa antara lain berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan pecinta alam Bogor-Jakarta. Mereka menjadi relawan saat fase letusan Gunung Merapi akhir Oktober hingga pertengahan November 2010 dengan basis di pengungsian Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Rumah baca serupa telah mereka buka di Desa Kajor, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

…dst

4 ) Kampus Belum Dorong Kewirausahaan
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/14/04363443/kampus.belum.dorong.kewirausahaan

Senin, 14 Februari 2011
Jakarta, Kompas – Kurikulum pada jenjang pendidikan tinggi belum mendorong semangat entrepreneurship atau kewirausahaan sehingga kualitas sumber daya manusia lulusan perguruan tinggi tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, terutama industri. “Perguruan tinggi harus lebih spesifik untuk mengejar ketertinggalan. Caranya dengan entrepreneurship,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, pada acara wisuda perdana Universitas Bakrie, Sabtu (12/2) di Jakarta. Menurut dia, Indonesia membutuhkan kebijakan baru yang mendorong semangat entrepreneurship agar tercapai pertumbuhan ekonomi yang stabil. Dengan entrepreneurship, bahan-bahan baku bisa diolah di dalam negeri dengan inovasi dalam negeri sehingga memiliki nilai tambah. Kajian Harvard Kennedy School of Government 2010 menyebutkan, model pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sangat menggantungkan diri pada eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan. Akibatnya, investasi pada pembangunan manusia minim. Padahal kualitas daya saing dan kualitas inovasi yang ditentukan kewirausahaan masyarakat harus ditingkatkan. “Jika kita ingin unggul bersaing, kewirausahaan masyarakat harus dibangkitkan dan daya inovasi harus dikembangkan seperti technopreneurship,” kata Fadel.

…dst

5 ) RS Islam Yarsis Solo Mengaku Bisa Sembuhkan Penyakit Menkes
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/kesehatan/11/02/13/163965-rs-islam-yarsis-solo-mengaku-bisa-sembuhkan-penyakit-menkes

Ahad, 13 Februari 2011, 14:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Masyarakat Indonesia cukup terkejut saat mengetahui Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih diketahui mengidap kanker paru. Tapi lebih mengejutkan lagi bagi Rumah sakit Islam Yarsis Solo saat tahu Menkes memilih berobat ke China, karena RSI Yarsis pun mampu menyembuhkan penyakitnya 100 persen.
Mungkin bukan salah Endang Rahayu jika belum mengetahui bahwa sejak setahun ini RSI Yarsis menjadi satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang mampu menangani pasien dengan keluhan kanker paru. Hal ini dikarenakan RSI Yarsis Solo telah memiliki alat untuk melakukan tindakan medis yang disebut cryosurgery atau cryoablasi. Patut dibanggakan karena selain masih satu-satunya di Indonesia, bahkan teknologi cryosurgery belum dapat dilakukan oleh rumah sakit termahal sekalipun yang ada di negeri tetangga, Malaysia, Singapura maupun Thailand. Seperti yang dikatakan General Affair Director RSI Yarsis Solo Achmad Rudiyanto, setiap tahun terdapat lebih dari 370 ribu pasien asal Indonesia yang berobat ke Singapura. Belum lagi yang memilih Malaysia dan Cina untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang diidap WNI. Khusus bagi penderita kanker paru seperti Ibu Menkes, kini cukup melongok ke dalam negeri karena sekalipun berada di kota kecil seperti Solo, namun RSI Yarsis memiliki teknologi medis dan dokter handal bertaraf sekelas rumah sakit khusus kanker Guangzhou di China.

…dst

6 ) Kabar Mesir
Hosni Mubarak Koma!
Media Berubah Drastis, Kroni Mubarak Diadili
Cekal Pejabat Mubarak ke Luar Negeri
Kekayaan Mubarak Terkuak
Harta Mubarak Berserakan di Inggris
Inggris Kejar Aset-aset Mubarak
Dunia Menyambut, China Takut
Jam-jam Terakhir Mubarak
Sekilas Sharm al-Sheikh, Pilihan Mubarak untuk Tinggal