1 ) Kemdiknas-Kementeriaan Agama akan Bahas Penyetaraan
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/2/penyetaraan.aspx

16 Februari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta – Pendidikan umum dan pendidikan keagamaan setara kedudukannya di mata Undang-Undang Sistem pendidikan Nasional. Siapa pun pelakunya, baik pemerintah maupun masyarakat, harus mengacu pada UU ini. “Yang paling pokok, karena dalam rumah yang sama, tidak boleh ada diskriminasi baik dari perspektif pelaksana negeri-swasta maupun jenis pendidikan umum-keagamaan,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, seusai penandatanganan pakta integritas pejabat struktural dan auditor di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemdiknas, Rabu (16/02/2011). Kemdiknas akan duduk bersama dengan Kementerian Agama dalam menyusun standar bagi kesetaraan pendidikan umum dan pendidikan keagamaan. Diharapkan, penyetaraan tersebut akan memberikan efek sosial di masyarakat kepada peserta pendidikan keagamaan. “Sekarang ini dalam praktek lapangan, pendidikan salafiyah dan madrasah diniyah belum ada standarisasi. Oleh karena itu yang disiapkan adalah lembaga/institusi bahasa aslinya (penyetaraan),” katanya. Lembaga/institusi yang akan menjadi tempat penyetaraan akan diefektifkan pada tahun ini. “Saat ini karena belum ada ekivalensi, maka mereka tidak punya civil effect. Masa mereka belajar bertahun-tahun, tapi tidak punya civil effect, makanya akan segera disiapkan standarisasinya tahun ini,” katanya. (aline)

…dst

2 ) Kemdiknas Tanda Tangani Pakta Integritas Antikorupsi
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/2/pakta-integritas.aspx

16 Februari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta — Inspektorat jenderal (Itjen) sebuah kementrian merupakan lembaga yang rawan bersentuhan dengan praktik kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN). Fungsinya sebagai lembaga audit internal di instansi pemerintah, membuat lembaga ini senantiasa didekati sejumlah pihak, baik eksternal maupun internal, yang menawarkan imbalan atau supaya hasil auditnya bersih. Tidak mau terjebak dalam perangkap itu, Itjen Kementerian Pendidikan Nasional menandatangani Pakta Integritas. Penandatanganan dilakukan pejabat struktural dan auditor di saksikan Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, pemimpin Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Kemdiknas, Rabu, 16 Februari 2011, di Gedung Kemdiknas, Jakarta.

…dst

3 ) Kode Etik Auditor akan Diterbitkan
http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2011/2/kode-etik.aspx

16 Februari 2011 | Laporan oleh ahmad_dj
Jakarta — Selain penandatanganan Pakta Integritas Antikorupsi, Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional akan menerbitkan kode etik auditor. Inspektorat Jenderal sebagai lembaga audit internal di instansi pemerintah memang rawan dengan praktik korupsi. “Karena itu perlu adanya suatu aturan berupa kode etik untuk mengatur profesionalitas auditor dalam melaksanakan fungsi pengawasan,” ujar Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional, Wukir Ragil, seusai penandatanganan Pakta Integritas, Rabu (16/2), di gedung Kemdiknas, Jakarta. Sedangkan dari segi spiritual untuk mendukung reformasi birokrasi, kata Wukir, akan dijalankan program emotional and spirittual quotient (ESQ) bagi para auditor dan pejabat struktural di lingkungan inspektorat. “Sehingga ada keseimbangan antara kecerdasan profesi dan kecerdasan emosi, dalam membentuk integritas individu,” tuturnya.

…dst

4 ) Istana Minta Mendiknas Jelaskan Soal Intervensi Pemilihan Rektor
http://us.detiknews.com/read/2011/02/16/235532/1572500/10/istana-minta-mendiknas-jelaskan-soal-intervensi-pemilihan-rektor?n991103605

Rabu, 16/02/2011 23:55 WIB
Jakarta – Juru Bicara Presiden Bidang Dalam Negeri Julian Aldrin Pasha meminta Mendiknas menjelaskan terkait peran pemerintah dalam pemilihan rektor. Menurut Julian hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab Mendiknas Muhammad Nuh. “Silahkan ditanyakan kepada Mendiknas Muhammad Nuh,” ujar Julian dalam pesan singkat kepada detikcom, Rabu (16/2/2011). Julian berharap Mendiknas tidak tinggal diam menanggapi kegelisahan para rektor universitas ternama Tanah Air. Sebab posisi Mendiknas sebagai regulator kegiatan belajar mengajar di Tanah Air harus mengutamakan mutu pendidikan nasional.

…dst

5 ) Publikasi Penelitian Merupakan Otonomi Kampus
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/17/203812/88/14/Publikasi-Penelitian-Merupakan-Otonomi-Kampus

Kamis, 17 Februari 2011 02:52 WIB
JAKARTA–MICOM: Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) tidak dapat memaksakan perguruan tinggi untuk mengumumkan hasil penelitian. Pasalnya hal itu merupakan otonomi kampus yang mesti dihormati. Hal tersebut dikemukakan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas Djoko Santoso menjawab hasil penelitian IPB tentang bakteri susu Enterobacter Sakazakii yang menimbulkan kontroversi di masyarakat. “Sebenarnya itu kan otonomi kampus yang mesti dihormati juga dan tidak bisa dipaksakan. Lebih baik ditanyakan pada penelitinya untuk apa dia meneliti. Tetapi ini juga menjadi hak penelitinya untuk mempublikasikannya atau tidak,” kata Djoko Santoso saat menjawab Media Indonesia usai acara penandatanganan Pakta Integritas di kantor Kemendiknas,Jakarta, Rabu (16/2). Namun Djoko mempertanyakan apakah penelitian IPB tersebut untuk mengisolasi bakteri atau bukan.” Nah,sebaiknya anda tanya penelitinya apa tujuan penelitian bakteri susu itu.Karena setiap empat jam sebenarnya susu bisa tercemar bakteri,”ujarnya. Sementara Mendiknas M Nuh mengaku masih akan mempelajari hasil penelitian tersebut,”Beri saya waktu mempelajarinya terlebih dulu, namun kita harus menghormati MA dan juga otonomi IPB,” tukasnya. (Bay/OL-)

>>>

6 ) 53.850 Kursi di Jalur Undangan
http://cetak.kompas.com/read/2011/02/17/03505489/53.850.kursi.di.jalur.undangan

17 Februari 2011
Jakarta, kompas – Tersedia 53.850 kursi di perguruan tinggi negeri bagi mahasiswa baru yang masuk melalui jalur undangan. Jumlah ini sekitar 33 persen dari 165.034 mahasiswa baru yang akan diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri. Ketua Umum Panitia SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto, Rabu (16/2), mengatakan, panitia memang tidak membagikan formulir undangan ke sekolah-sekolah, tetapi sekolah bisa mengaksesnya di internet. “Bagi sekolah yang kesulitan mendapatkan jaringan internet, bisa memanfaatkan sentral telepon otomat Telkom yang ada di setiap daerah,” kata Herry, yang juga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB). Untuk mengetahui pola penerimaan mahasiswa baru memalui jalur undangan, setiap sekolah diminta proaktif melihat informasi secara online di laman http://undangan.snmptn.ac.id
Dalam jalur undangan, kepala sekolah memegang peranan kunci karena sekolah yang menyeleksi awal siswa dan mendaftarkannya secara online ke panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

…dst

7 ) Unnes Tegaskan tak ada Tawar-menawar SNMPTN Undangan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/16/164440-unnes-tegaskan-tak-ada-tawarmenawar-snmptn-undangan

Rabu, 16 Februari 2011, 21:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang menegaskan, dalam penerimaan mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan, pihaknya tidak mengenal istilah ‘tawar-menawar’. “Penilaiannya murni berdasarkan nilai yang diperoleh siswa dalam rapor,” kata Pembantu Rektor I Unnes, Agus Wahyudin, di Semarang, Rabu (16/2), menanggapi kekhawatiran komersialisasi SNMPTN jalur undangan. Menurut dia, langkah penyeleksian SNMPTN jalur undangan dilakukan oleh panitia SNMPTN pusat, sementara pihaknya hanya menyampaikan profil Unnes, termasuk mencakup biaya pendidikan dan lamanya studi. Ia mengatakan, profil yang dikirimkan itu menjadi acuan panitia melakukan seleksi, sehingga tidak ada peluang PTN untuk menarik biaya berlebih dari calon mahasiswa yang ingin berkuliah. “Kepala sekolah yang bertugas mengirimkan data siswa yang berminat mendaftar pada 1 Februari-12 Maret mendatang secara ‘online’, kemudian diseleksi oleh panitia sesuai kuota yang dimiliki setiap PTN,” katanya. Pengumuman peserta SNMPTN jalur undangan yang diterima, kata dia, dilakukan pada 18 Mei 2011 secara nasional dan tidak ada suatu forum lagi untuk mempertemukan peserta maupun orang tua terkait hal itu. “Kami menegaskan tidak ada pertemuan lanjutan dengan peserta maupun orang tua yang dimungkinkan untuk melakukan ‘tawar-menawar’ biaya kuliah. Penilaian murni didasarkan atas nilai rapor semester 3-5,” katanya.

…dst

8 ) Unsrat Siapkan 700 Kursi untuk Mahasiswa Kurang Mampu
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/02/203648/88/14/Unsrat-Siapkan-700-Kursi-untuk-Mahasiswa-Kurang-Mampu

Rabu, 16 Februari 2011 12:35 WIB
MANADO–MICOM:< Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut), menyediakan kuota 700 kursi bagi mahasiswa kurang mampu untuk kuliah gratis hingga menyandang predikat sarjana. “Kalau tahun ajaran sebelumnya hanya sekitar 200 mahasiswa kurang mampu yang sekolah gratis, pada penerimaan mahasiswa kurang mampu tahun ajaran ini, Unsrat menyediakan kuota 700 kursi atau 20 persen dari total yang akan diterima,” kata Rektor Unsrat Prof Dr Donald Rumokoy, di Manado, Rabu (16/2). Menurut Donald, penerimaan mahasiswa kurang mampu tersebut selain sejalan dengan program pemerintah pusat, juga sudah menjadi program rutin setiap tahun Unsrat. Tentunya program itu memberikan kesempatan bagi siswa yang lulus SLTA berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jejang perguruan tinggi tetapi tidak mampu.
“Persyaratannya tidak rumit. Cukup lulus tes masuk perguruan tinggi, lalu ada tim khusus dari Unsrat yang turun meneliti keberadaan kehidupan dan pendapatan keluarga di bawah Rp2,5 juta setiap bulan,” jelas Donald.

…dst

9 ) GUNA MENGGALI POTENSI SDM
Unpad Gelar Program Beasiswa Bidik Misi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/135410

RABU, 16/02/2011 – 15:27
BANDUNG, (PRLM).-Untuk menggali potensi sumber daya manusia serta alam yang terdapat di wilayah selatan Jawa Barat, Universitas Padjadjaran menggelar sosialisasi program beasiswa Bidik Misi ke wilayah tersebut. Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengungkapkan, pada program Bidik Misi sebelumnya, para mahasiswa yang berasal dari wilayah tersebut memiliki catatan akademik yang sangat baik, yaitu memiliki IPK di atas 3,5. Hal ini menunjukkan, wilayah mereka yang cukup terpencil ternyata memiliki sumber daya manusia yang potensial. Ganjar menjelaskan, sebagai langkah pada akhir pekan lalu, Unpad melakukan sosialisasi Bidik Misi ke Kab. Ciamis dan Garut selatan. Pada sosialisasi tersebut diarahkan program Bidik Misi yang disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing.

…dst

10 ) Besok, Mendiknas dan Dubes Mesir Bahas Visa Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2011/02/16/84525/Besok,-Mendiknas-dan-Dubes-Mesir-Bahas-Visa-Mahasiswa-

Rabu, 16 Februari 2011 , 21:03:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Mesir di Indonesia, akan bertemu untuk membahas mengenai persiapan pengurusan visa bagi mahasiswa Indonesia yang akan kembali melanjutkan studi ke Mesir. “Besok saya akan ketemu dengan Duta Besar Mesir, untuk membahas visa mahasiswa Indonesia yang akan kembali ke Mesir. Mengenai pengurusan visa ini memang ada di pihak Mesir. Oleh karena itu, kami nanti kami juga akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mesir, serta akan menaruh kepercayaan penuh pada kedutaan kita di sana,” ungkap Mendiknas ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (16/2). Dijelaskan M Nuh, pada prinsipnya karena Kemdiknas yang melakukan evakuasi mahasiswa di Mesir untuk kembali ke Indonesia, maka Kemdiknas pula yang akan bertanggung jawab untuk mengembalikan mahasiswa Indonesia ke Mesir. “Tadi pagi, kami sudah rapat dengan pihak-pihak terkait. Pertama, kami akan mematangkan analisis yakni dengan melakukan pendataan mahasiswa. Pasalnya, cukup banyak mahasiswa Indonesia di Mesir, yakni mencapai 2.300 orang. Kedua, kami juga akan menyiapkan petunjuk praktis, yakni menjelaskan bagaimana cara untuk kembali ke Mesir, yang akan kami kirimkan ke alamat mahasiswa itu masing-masing,” jelasnya. Selain itu, mantan Rektor ITS ini juga mengungkapkan bahwa Kemdiknas juga akan melakukan koordinasi dengan beberapa universitas atau perguruan tinggi di Mesir, tempat mahasiswa-mahasiswa Indonesia menuntut ilmu. Esensinya, lanjut Mendiknas, Kemdiknas akan bertanggung jawab penuh terhadap proses pengembalian mahasiswa Indonesia ke Mesir. “Untuk yang berada di luar Jawa, kami persilakan untuk naik pesawat (ke Jakarta). Sedangkan untuk yang berada di pulau Jawa, kami persilakan untuk mengunakan jalur darat. Semua biayanya, bisa di-reimburse ke Kemdiknas dengan menunjukkan bukti berupa kwitansi pembelian tiket pesawat atau bus,” paparnya.

…dst

11 ) Kemdiknas Janji Kembalikan Mahasiswa Indonesia ke Mesir
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita/11/02/16/164313-kemdiknas-janji-kembalikan-mahasiswa-indonesia-ke-mesir

Rabu, 16 Februari 2011, 16:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh menyatakan Kementerian Pendidikan bertanggung jawab penuh atas kepulangan kembali mahasiswa Indonesia yang kuliah di Mesir. Artinya pemerintah akan membiayai kepulangan para mahasiswa itu. “Akan tetapi kita tidak asal memulangkan para mahasiswa. Untuk saat ini kita masih menunggu kepastian keamanan di Mesir,” ungkap Mantan Rektor ITS ini kepada wartawan, Rabu (16/2). Bagi Nuh meski kondisi di Mesir mulai kondusif pasca turunnya Hosni Mubarak dari tampuk kepemimpinan disana, tapi ia butuh kepastiannya dari pihak Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia. “Kepastian keamanan kita serahkan kepada Kemenlu dan KBRI, jika belum dinyatakan aman, kita nggak mungkin mengirim mahasiswa kembali kesana,” ucapnya. Akan tetapi, saat ini Kemdiknas menurut Nuh mulai melakukan pendataan secara intensif seluruh mahasiswa yang rencananya akan dikembalikan ke Mesir. Untuk memudahkan pendataan, maka pihak Kementerian membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang telah dievakuasi dan ingin dikembalikan ke Mesir. Proses pendaftarannya dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, dengan membuka nomor hotline telepon, fax, dan email bagi mahasiswa yang mau mendaftarkan diri. “Akan tetapi ini semua tergantung dari mahasiswa yang bersangkutan, kalau masih ingin di Indonesia tentu takkan dipulangkan,” paparnya.

…dst

12 ) Indonesia Lemah dalam Ilmu Kebencanaan
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/lingkungan/11/02/16/164384-indonesia-lemah-dalam-ilmu-kebencanaan

Rabu, 16 Februari 2011, 19:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA – Indonesia masih lemah dalam ilmu dan teknologi kebencanaan. Meskipun, banyak perguruan tinggi di Indonesia telah membuka studi manajemen kebencanaan. “Padahal, pengusaaan ilmu dan teknologi di bidang kebencanaan sangat penting,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Syukyar, pada lokakarya pengurangan risiko bencana di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Rabu (16/2). Syukyar memberikan contohnya. Untuk alat deteksi tsunami, pihaknya menggunakan alat buatan Jerman. Ketika alat tersebut rusak, tidak ada satu pun ahli dari Indonesia yang bisa memperbaikinya. “Kami terpaksa mengundang orang Jerman untuk memperbaiki alat tersebut. Saat ini terdapat tiga negara di dunia yang fokus pada penelitian kegunungapian, yakni Amerika Serikat, Jepang, dan Prancis,” katanya. Wakil Rektor UGM Bidang Alumni dan Pengembangan Usaha, Toni Atyanto Dharoko, mengatakan bahwa UGM ingin mencetak banyak pakar di bidang kegunungapian. Karena itu, pihaknya terus mendorong para ilmuwannya untuk menghasilkan berbagai penelitian di bidang tersebut.

…dst

13 ) Rendah, Motivasi Akademisi Menulis Jurnal
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/02/17/137221/Rendah-Motivasi-Akademisi-Menulis-Jurnal

17 Februari 2011
SEMARANG-Motivasi dan semangat para akademisi, mulai dosen, peneliti hingga mahasiswa untuk memahami dan menulis jurnal atau artikel ilmiah nasional ataupun internasional, tergolong masih rendah. Padahal, jurnal ilmiah merupakan pintu cakrawala untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. “Harus diakui, menulis artikel ilmiah untuk jurnal nasional bahkan internasional, tidak seperti membalik telapak tangan. Dibutuhkan keahlian, seni, gaya bahasa, pemahanan, keuletan, dan kiat khusus agar tulisan menarik dan mudah dipahami pembaca. Menulis di jurnal akan menunjukkan kualitas intelektual seseorang,” kata dosen Magister Manajemen Universitas Islam Sultan Agung Semarang Dr Mutamimah SE MSi, dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Nasional dan Internasional di aula MM Unissula Kaligawe Semarang, baru-baru ini.Pada acara yang diikuti seluruh mahasiswa MM Unissula angkatan 29-33 itu, Mutamimah menekankan para mahasiswa khususnya pascasarjana yang hendak menulis artikel ilmiah, harus kreatif. Hal itu amat penting, karena untuk menyederhanakan bahan tulisan yang banyak, detail, dan masih bersifat teknis, tanpa menghilangkan inti informasi, esensi atau gagasan yang disampaikan.

…dst

14 ) Heboh Teror Kepala Babi dan Kebakaran di ITB
http://us.detiknews.com/read/2011/02/16/200730/1572444/10/heboh-teror-kepala-babi-dan-kebakaran-di-itb?n991103605

Rabu, 16/02/2011 20:07 WIB
Bandung – Kampus ITB dihebohkan dengan kabar teror. Ditemukan kepala Babi yang sudah terbakar digantung di dekat kolam Indonesia Tenggelam, yang berada di tengah kampus. Tak hanya itu, beberapa toilet juga ditemukan dalam kondisi terbakar. Masih belum jelas, siapa yang melakukannya dan apa latar belakangnya. Namun yang jelas info terkait kepala babi dan kebakaran di kampus ITB ini tengah jadi perbincangan hangat di dunia maya. Di situs kaskus misalnya, akun bernama gurunnevada memposting kabar tentang temuan kepala babi dan kebakaran tersebut lengkap disertai foto-fotonya. bahkan ia memberikan sejumlah informasi terkait kejadian tersebut. Misalnya waktu kejadian di prediksi terjadi pada Rabu dini hari. Dalam postingannya itu, ia juga menyertakan beberapa foto yang belum dipastikan apakah itu hasil jepretannya sendiri atau berasal dari sumber lain. Ruangan yang terbakar di antaranya Labtek V lantai 2 depan Lift, Labtek VIII, Toilet lantai 1, belakang comlabs dekat saluran AC dan kamar mandi TVST.

…dst

15 ) Kepala Babi Tergantung di ITB
Mahasiswa Datangi Lokasi ‘Teror’ di Kampus
http://us.bandung.detik.com/read/2011/02/16/205010/1572460/486/mahasiswa-datangi-lokasi-teror-di-kampus?g991101485

Rabu, 16/02/2011 20:50 WIB
Bandung – Teror pemasangan kepala babi di sekitar kolam Indonesia Tenggelam serta aksi pembakaran sejumlah tempat di ITB memang menggegerkan kampus ITB. Bahkan hingga malam ini, sekitar pukul 20.00 WIB, sejumlah mahasiswa terlihat masih mendatangi beberapa titik yang jadi lokasi pembakaran.Pantauan detikbandung, kabar tentang kepala babi dan kebakaran di ITB ini telah menjadi pembicaraan hangat di antara para mahasiswa. Mereka terus membicarakan siapa yang melakukan pembakaran dan juga siapa yang menggantung kepala Babi. Namun hingga kini belum diketahui titik terang siapa pelakunya. Bahkan apakah ada hubungan dari 2 aksi tersebut. Meski begitu, yang jadi kesamaan, rata-rata mahasiswa mengetahui info ini melalui dunia maya. “Saya baru tahu dari kaskus kalau ada kasus kebakaran dan pemasangan kepala babi. Itu lagi ramai,” ujar salah seorang mahasiswa pria di Kampus ITB, Jalan Tamansari, Rabu (16/2/2011).

…dst

16 ) Mahasiswi Jerman Teliti Pandangan Islam Terhadap Barat
http://www.antaranews.com/berita/246407/mahasiswi-jerman-teliti-pandangan-islam-terhadap-barat

Kamis, 17 Februari 2011 03:44 WIB
Makassar (ANTARA News) – Mahasisiwi Program Doktor Jurusan Antropologi Budaya, Universitas Freiburg, Jerman, Melani Nertz, melakukan penelitian tentang pandangan masyarakat Islam Indonesia terhadap barat dengan mengambil sampel di Jogjakarta dan Makassar.
Mahasiswi yang baru berusia 28 tahun ini, di Makassar, Rabu, mengatakan, tujuan penelitian tersebut adalah mencari data ilmiah, menyangkut “stereotip” bangsa barat dari pandangan masyarakat Islam Indonesia, untuk bahan disertasi sebagai syarat mendapatkan gelar Doktor Antropologi. “Jogjakarta adalah kota budaya dan kota pendidikan, semua mahasiswa Indonesia ada disana. Sementara Makassar adalah kota dunia yang Islamnya taat,” ujarnya menjelaskan alasan memilih “kota gede” dan “kota daeng” jadi objek penelitian.
Ia menyebutkan, khusus di Makassar, penelitian sudah dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, beberapa partai politik seperti, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), penggiat pariwisata, serta sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

…dst

17 ) BEASISWA LUAR NEGERI
University of Adelaide Buka 10 Beasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2011/02/16/12182854/University.of.Adelaide.Buka.10.Beasiswa

Rabu, 16 Februari 2011 | 12:18 WIB
KOMPAS.com – Tersedia hingga 10 beasiswa bagi pelajar Internasional yang ingin meraih beasiswa pascasarjana di University of Adelaide, Australia, untuk tahun akademik 2011/2012. Beasiswa tersebut diberikan melalui program Adelaide Scholarships International (ASI) untuk studi penelitian bagi pelajar Internasional di University of Adelaide. Seleksi untuk meraih beasiswa ini sangat selektif dan sangat mengutamakan prestasi akademis. Namun demikian, beasiswa tersebut terbuka untuk berbagai macam disiplin ilmu tanpa mengutamakan prestasi ekstrakulikuler.
Bagi yang berminat, informasi mengenai syarat dan formulir Adelaide Scholarships International (ASI) 2011 ini bisa didapatkan di http://www.adelaide.edu.au. Batas pengiriman aplikasinya ditutup pada 1 Mei 2011 mendatang.

…dst

18 ) Kisah Gadis Pemulung Jadi Juara Lomba Foto Internasional Dibukukan
http://www.antaranews.com/berita/246278/kisah-gadis-pemulung-jadi-juara-lomba-foto-internasional-dibukukan

Rabu, 16 Februari 2011 08:37 WIB
Karangasem, 16/2 (ANTARA) – Kisah perjalanan hidup seorang gadis pemulung asal Bali bernama Ni Wayan Mertayani (16) yang menjuarai lomba foto internasional dari Museum Anne Frank, Belanda, dibukukan. Pande Komang Suryanita, penulis buku berjudul “Potret Terindah dari Bali” itu saat dihubungi di Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Rabu, mengatakan buku itu diterbitkan Kaifa (grup Penerbit Mizan) pada awal Februari ini. Materi buku mengungkapkan sisi kehidupan gadis yang biasa dipanggil dengan Ni Wayan atau Sepi itu. Penulis menguraikan secara detil bagaimana alur kehidupan Sepi yang begitu memilukan. Bermula dari kehilangan ayah dan rumah tinggal, Sepi bersama ibu dan adiknya, pindah ke sebuah gubuk di tepi Pantai Amed, Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur. Di gubuk itu, Sepi menjalani hidup sebagai penjual makanan dan sesekali memulung barang bekas setelah pulang sekolah untuk dapat membantu ekonomi keluarga, terlebih ibunya dalam kondisi sakit-sakitan. Hingga suatu ketika, ia bertemu dengan turis asal Belanda bernama Dolly yang meminjami kamera untuk belajar memotret. Hasil “jepretan” Sepi kemudian didaftarkan oleh Dolly pada lomba foto internasional yang diadakan Yayasan Anne Frank di Belanda, dengan tema “Apa Harapan Terbesarmu”.
Tak disangka, foto Sepi yang berobjek ayam yang sedang bertengger di pohon singkong karet berhasil menjadi pemenang dan mengalahkan 200 peserta lain dari berbagai negara.

…dst

19 ) Pendidikan
Gratis SPP untuk Sekolah Negeri di Surabaya
Indonesia Lemah dalam Ilmu Kebencanaan
Pasca Bencana
Standardisasi Bantuan Bencana Disusun
Komisi X Janji Perhatikan Pendidikan Korban Bromo
Pemulihan Mentawai Dipercepat
Warga Tuntut Ganti Rugi ( Lapindo )
Hakim Lanjutkan Kasus Relawan Merapi
Politik
JK: Ancam Gulingkan Presiden SBY Adalah Makar
Dinilai Makar, Demokrat Minta FPI Dibubarkan
SBY Copot Gubernur Lemhannas Muladi
Demokrat Minta Reshuffle Segera
Sultan Siap Mundur dari Politik Praktis
DPR Dilarang ke Tempat Perjudian
Ke Tempat Pelacuran, Anggota DPR Harus Bawa Surat Tugas
TKI
Dalam 8 Bulan, Tidak Ada Lagi Pengiriman TKW ke Arab Saudi
Muladi Dicopot, Golkar Tak Merasa Disingkirkan SBY
Obat
Rumah Sakit Kurangi Obat Paten ( akibat kenaikan harga obat)
Dalam Negeri
Penggulingan Mubarak, 365 Meninggal 5.500 Cedera
Gelombang Protes di Arab Meluas