Informasi yang terkait dengan Bahan Pangan yang Mengandung Radioactive
Wednesday, 23 March 2011 10:22
http://www2.indonesianembassy.jp/

Tanya Jawab terkait dengan bahan pangan yang mengandung bahan radioactive (disarikan dari berbagai sumber)

Tanya    : Apa yang akan terjadi bila makanan yang mengandung bahan radioactive terkonsumsi?
Jawab    : Bila bahan radioactive ada di dalam makanan atau air terkonsumsi, maka akan tertinggal di dalam tubuh dan memancarkan radiasi. Emisi dari pembangkit nuklir Fukushima, yaitu Iodine 131 telah ditemukan pada susu, sayuran, dan air, memilki waktu paruh 8 hari, sehingga akan kehilangan separuh radiasinya dalam 8 hari dst. Iodine 131 tidak akan tertinggal di dalam tanah dalam waktu yang lama. Sementara itu, cesium 137 mempunyai waktu paruh selama 30 tahun, sehingga akan tertinggal di tanah atau produk pertanian dalam waktu yang lebih lama. Akan tetapi bila cesium 137 terkonsumsi, maka sebagian besar akan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Tanya    : Bagaimana bahan radioactive ini masuk ke dalam tubuh?
Jawab    : Iodine 131 dan cesium 137 masuk ke dalam tubuh lewat oral/konsumsi bahan pangan dan pernafasan. Iodine 131 bisa menempel di rumput, yang menjadi pakan sapi dan masuk ke manusia lewat konsumsi susu atau diary product, atau terkonsentrasi dalam ikan yang menjadi konsumsi manusia. Cesium 137 bisa masuk ke dalam tubuh lewat oral, pernafasan, atau kontak dengan tubuh saat kita melewati daerah yang terkontaminasi oleh Cesium 137.

Tanya    : Bagaimana bahan radioactive ini menempel pada bahan makanan?
Jawab    : Iodine dan Cesium dilepaskan dalam bentuk gas atau dust, lalu akan menempel pada permukaan tanaman yang berdaun lebar, seperti bayam, atau kobis. Mereka akan menempel di bagian permukaan, tetapi tidak mudah untuk masuk ke bagian dalam kubis atau bagian dalam tanaman. Direkomendasikan untuk mencucinya dengan air bersih, atau membuang bagian luar daun kobis, untuk menurunkan tingkat radiasinya.

Tanya    : Bagaimana pengaruh radioactive ini terhadap tubuh?
Jawab     : Anak-anak lebih sensitif terhadap pengaruh radioaktif dibandingkan dengan orang dewasa. Pada orang dewasa hanya sekitar 7 persen dari total Iodine yang masuk ke dalam tubuh akan disimpan dalam kelenjar tiroid, dan sisanya akan dikeluarkan oleh tubuh dalam waktu 24 jam. Sedangkan pada anak-anak Iodine akan tertinggal di dalam kelenjar tiroid sekitar 20 persen. Waktu paruh biologi Iodine di dalam tubuh: di dalam kelenjar tyroid 100 hari; tulang 14 hari; ginjal dan organ reproduktif: 7 hari.
Berbeda dengan Iodine, Cesium akan terdistribusi secara merata ke dalam jaringan dan organ tubuh. Sedikit lebih banyak akan menumpuk pada bagian otot. Akan tetapi Cesium hanya akan berada di dalam tubuh dalam waktu yang relatif singkat, dan akan dikeluarkan lewat urine.

Tanya    : Apakah radiasi di daerah Kanto membahayakan bagi kesehatan?
Jawab    : Meskipun radiasi didaerah Tokyo sudah dilaporkan hingga 20 kali dari biasanya, akan tetapi masih belum membahayakan. Di Shinjuku Ward dilaporkan 0.049 microsievert per jam pada jam 9 pagi, tanggal 18 Maret 2011. Jumlah itu masih jauh lebih kecil dibanding radiasi alami yang diterima oleh penduduk Jepang, yaitu sekitar 1.5 milisievert per tahun.

Provisional limit radiasi beberapa produk pangan

 

Bahan pangan Iodine 131 Cesium 137
(Becquerel per kg) (Becquerel per kg)
Bayam dan sayuran lain (selain yang berada di dalam tanah) 2000
Air minum, susu, dairy producy 300 200
Susu bayi, ASI 100
Sayuran, serealia, daging, ikan, telur 500

http://www.yomiuri.co.jp/dy/national/T110322004943.htm


Reading of environmental radioactivity level by prefecture  2011.3.23  13:00
http://www.mext.go.jp/component/english/__icsFiles/afieldfile/2011/03/23/1304052_2213_1.pdf

Berita sore 23/03/2011:
Krisis Nuklir Jepang Paksa 25 Kedubes Tutup
PM Jepang Hentikan Pengiriman Produk Pertanian dari Dekat PLTN
Material Radioaktif Terdeteksi di Brokoli dan Susu Jepang
Laut Indonesia Aman dari Radiasi Nuklir Jepang
Menkes Minta Jepang Jamin Makanan Impor …
Menteri LH: Jangan Paranoid dengan PLTN
Habibie: Jangan Buru-buru Tolak PLTN
Ayo Siapkan 25 Triliun Yen!