Subject: [DG] Mohon informasi hasil monitoring dan evaluasi penelitian multi tahun 2011

Assalamu’alaikum wr wb
pada tanggal 15 Nopember 2010 s.d. 16 Nopember 2010 bertempat di Sheraton Media Hotel and Tower Jl. Gunung Sahari Raya No. 3 Jakarta Pusat telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi penelitian multi tahun untuk pendanaan tahun berikutnya (penelitian lanjutan tahun 2011), tetapi kami belum menerima pengumuman dari hasil monev tersebut.

Menurut informasi terakhir, suratnya sudah di-upload di web www.dikti.go.id, namun sampai saat ini kami belum menemukannya. Bagi Bapak/Ibu yang memiliki informasi, mohon untuk dapat di-share kepada kami. Sebagai informasi tambahan, pengumuman tersebut bernomor: 121/D3PL/2011 tanggal 7 Februari 2011.
Demikian, atas perhatian dan bamtuannya kami ucapkan terima kasih
Wassalam
>>>>>>>

TANGGAPAN dari Fitri tgl 15 Mei 2011 8:41 wib:

Walaikumsalam Wr. Wb. Cara pengumuman hibah penelitian multi tahun lanjutan terkesan agak sembrawut. Pegumuman bernomor: 121/D3PL/2011 tanggal 7 Februari 2011 yang katanya memuat hasil evaluasi TAK PERNAH DITAMPILKAN di web Dikti. Begitu juga beberapa surat edaran P2M yang disebut-sebut dalam Surat Undangan Kopertis juga tak pernah ditampilkan. Yang pernah diinfokan di web Dikti adalah :

Hasil Pembahasan Proposal Baru Multi Tahun Dan Evaluasi Kelayakan Dan Review Hasil Penelitian Stranas, Hikom, Dan RAPID

Kabarnya di lampirannya campur aduk pengumuman hasil seleksi hibah penelitian multi tahun yang baru dengan yang lanjutan, ada 1685 nama yang keluar, termasuk HIBAH BERSAING, HIBAH FUNDAMENTAL DAN HIBAH PEKERTI yang sama sekali tidak diberitakan di judul pengumuman. Cara pengumuman seperti ini sangat merugikan para peserta yang sudah dinyatakan sebagai penerima hibah multi tahun lanjutan namun kelewatan berita tersebut karena beranggapan itu adalah pengumuman untuk proposal penelitian baru. Mereka kelewatan mengisi dan mengirim kembali format Daftar Isian Surat Permintaan Pembayaran Hibah Penelitian yang tentu tidak akan diundang untuk meneken kontrak lanjutan.

Semua postingku baik di milis evaluasi, milis DG, milis Kopertis 4 dan Web Kopertis 12 (di mana saya sebagai penulis yang turut membantu mengelola web) selalu saya baca dan cermati baru diposting walaupun kadang harus lewatkan jam makan sarapan dan siang. Karena saya sadar betul sejak menerima tawaran untuk membantu kelola web kopertis sama dengan memikul tanggung jawab besar, karena para pengunjung sadar Kopertis adalah wakil Dikti di daerah, mereka mempercayai apa yang kita tayangkan di web Koperis merupakan info akurat.

Web Kopertis 12 <http://www.kopertis12.or.id/> walaupun baru aktif 9 bulan, sudah terhimpun 1.238 tulisan plus 845 kali diskusi, jumlah pengunjung dari Agustus 2010 hingga hari ini 311.497 orang dan tulisan yang sudah dibaca dan diunduh sebanyak 1.275.811 halaman. Silakan check Daftar Isi di menu vertikal, menu categories, rank alexa, histats dll. Di bawah setiap postingan kami lengkapi menu komentar yang menghubung ke kami, para pengunjung bebas menanya yang terkait dengan tulisan tersebut. Seandainya tidak membaca dan memahami materi posting mustahil sanggup memberi tanggapan. Tanggapan yang salah akan menyesatkan para pengunjung. Setelah 9 bulan berfungsi, Alhamdulillah web ini memperolah rank Alexa Global 200.000an dan Id 3000an (belakangan rank web kami agak turun karena ramainya pengunjung membuat web yang bandwith terbatas ini jadi terkendala di akses. Dengan menaruh server dalam negeri, 21 negara yang jadi pengunjung setia jadi terhambat akses. Dengan menempatkan server di US, pembaca yang berlokasi di US dan negara lain satu hari bisa mencapai ribuan, namun yang kasihan PT dalam negeri terhambat terutama saya sebagai penulis tunggal rangkap pemberi tanggapan kadang tak bisa akses di waktu senggangku yang sangat terbatas)

Mengenai pengumuman penerima hibah penelitian lanjutan yang didanai tahun 2011 di FB Group Dosen saya sempat berselisih paham dengan Dik Usman, saya mengatakan pengumuman terkait belum diumukan (saya sangat yakin karena setiap pengumuman di web dikti yang saya ambil saya baca dulu sebelum posting) namun Dik Usman mengatakan sudah ada. Terakhir ternyata kami berdua tak salah, pengumuman BETUL SUDAH ADA NAMUN DIUMUMKAN ALA MENU GADO-GADO. Coba baca postingan terkait, baik judul maupun link lampiran jelas TERTULIS PEMBAHASAN PROPOSAL BARU.
Kalau kita klik link Lampiran Surat Hasil Pembahasan Proposal Baru akan keluar 1.685 peserta yang dinyatakan lolos seleksi ( but mana yang hibah penelitian baru mana yang lanjutan, who can tell me? tolong jangan merusak nama yang dengan susah payah saya jaga !)

Bagi yang berstatus peserta kalo buka lampiran ini bisa mengetahui/mencari hibah lanjutannya dari tumpukan gado-gado tersebut, bagi yang bukan peserta seperti saya ini bagaimana bisa mengetahui ini sudah temasuk hibah multi tahun yang lanjutan ? sehingga bisa memberi info yang akurat ? apalagi terpengaruh oleh posting P2M sebelumnya yang mengumumkan hibah multi tahun lanjutan mulai tahun 2011 dikelola oleh DIPA PTN/Kopertis sehingga terlanjur yakin pengumuman akan dari web PTN/Kopertis tak tahunya kok seperti ini ?

Untuk itu sangat mengharap surat ini bisa diteruskan ke yang berwenang (Direktur P2M) agar bagusi cara pengumuman di web Dikti. Dengan pengumuman seperti ini banyak PT terutama PTS dirugikan, saya ragu dengan tidak mengembalikan format Daftar Isian Surat Permintaan Pembayaran Hibah Penelitian ke P2M apakah mereka tetap diundang untuk menanda-tangan kontrak seperti di beberapa kopertis contohnya di kopertis 7: http://www.kopertis7.go.id/download3.php?id=336

Jujur aja ada beberapa kinerja P2M mengundang kekecewaan:
contohnya
A) terkait pemetaan PT berasis kinerja penelitian mana hasilnya? kenapa tak diumumkan ? monitoring dan evaluasi terhadap LPPM PT sudah dilaksanakan tahun lalu, saya baca di media Unila sudah tahu hasil dan masuk kelompok perguruan tinggi utama. Bukankah peserta yang lain juga berhak mengetahui, beberapa peserta (LPPM) sudah contact saya menanyakan kenapa mereka tak terima pengumuman.

B) Terkait pedoman akreditasi berkala ilmiah :

Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2010
Download File: Surat Edaran Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2010
Download File: Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah Tahun 2010

Ketentuan Direktur DP2M surat no 55/D3/LL/2010 tgl 15/01/2010 <http://dp2m.dikti.go.id/document.php/document/filemanager/1/188/0/0/>masih memberlakukan SK Dirjen Dikti no 11/DIKTI/Kep/2006 sebagai pedoman akreditasi berkala ilmiah sepanjang tahun 2010
SK 11/DIKTI/Kep/2006
http://isjd.pdii.lipi.go.id/data/Pedoman-Akreditasi-Dikti.pdf

Sementara Ketentuan Permendiknas no 68 tahun 2009
http://www.kemdiknas.go.id/media/101974/permen_68_2009.pdf
Jelas-jelas Mencamtumkan pada tgl Permendiknas no. 68 tahun 2009 ini diberlakukan ( terbit 02 Oktober 2009) sk 11/DIKTI/Kep/2006 dicabut (dinyatakan tidak berlaku pada tanggal penetapan).
Secara tak langsung Direktur P2M telah memberi contoh/memperlihatkan cara abaikan instruksi atasan. Kalopun butuh sosialisasi dan Permen ini harus ditunda bukankah yang berwenang WAJIB terbit satu peroduk hukum yang memberi masa transisi (permen no. 68 tahun 2009 sama sekali tak beri masa transisi)

Posting ini saya akan pasangkan di web Kopertis (bukan untuk melecehkan melainkan supaya para peserta hibah yang masih menanti pengumuman bisa mengetahui kejadian sebenarnya, juga dengan peluncuran di web kemungkinan terbaca oleh yang berwenang lebih besar sehingga bisa menimbulkan kesadaran untuk improve kinerjanya)

Saya juga fwd ke tiga milis pendidikan yang saya gabung, dan ke group dosen Indonesia agak semua yang terkait memahaminya.  Mohon maaf bila terdapat kekeliruan baik isi maupun cara posting diskusi ini. Terima kasih.

Wassalam, Fitri
====================================================================

Inilah pengumuman yang rather menyesatkan itu :
Hasil Pembahasan Proposal Baru Multi Tahun Dan Evaluasi Kelayakan Dan Review Hasil Penelitian Stranas, Hikom, Dan RAPID

Written by Dit. Litabmas (P2M)
Wednesday, 06 April 2011 19:50
Kepada Yth. : Ketua Lembaga Penelitian

Diberitahukan dengan hormat bahwa Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Pendidikan Tinggi telah melakukan pembahasan proposal baru Penelitian Pascasarjana, Penelitian Hibah Bersaing, Penelitian Fundamental, dan Hibah Pekerti, serta melakukan Evaluasi Kelayakan dan Review Hasil Penelitan Strategis Nasional, Penelitan Hibah Kompetensi, dan RAPID untuk pendanaan tahun 2011 dengan hasil sebagaimana tersebut pada lampiran.
Sejalan dengan itu kami mohon perhatian Saudara terhadap beberapa hal sebagai berikut:
1. Penelitian tersebut baru dapat dibiayai apabila Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian dengan para dosen/peneliti penerima Penelitian Pascasarjana, Penelitian Hibah Bersaing, Penelitan Fundamental, Hibah Pekerti, Penelitian Strategis Nasional, Penelitian Hibah Kompetensi, dan RAPID telah ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan Ketua Lembaga Penelitian/LPPM.
2. Untuk itu bersama ini kami sampaikan format Daftar Isian Surat Permintaan Pembayaran Hibah Penelitian untuk diisi (harus diisi secara benar, lengkap dan jelas) dan di fax kepada kami melalui Nomor. 021-5731846. Asli Daftar Isian tersebut akan diisi pada saat penandatanganan Surat Perjanjian.
3. Perlu kami ingatkan kembali bahwa seorang peneliti hanya diperbolehkan sebagai ketua dan sebagai anggota di judul penelitian lain atau sebagai anggota di 2 (dua) kegiatan penelitian yang berasal dari skim penelitian DP2M.
Demikian untuk dapat diketahui, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
Direktur Penelitian dan
Pengabdian kepada Masyarakat,
Ttd
Suryo Hapsoro Tri Utomo
NIP. 19560901 198503 1 003

Lampiran File:
– Surat Hasil Pembahasan Proposal Baru

– Lampiran Surat Hasil Pembahasan Proposal Baru