1 ) ITB Jawara Matematika Dunia
http://kampus.okezone.com/

Selasa, 24 Mei 2011 16:01 wib
JAKARTA – Tim mahasiswa Program Studi Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB) memboyong belasan medali dalam Mathematical Contest in Modelling (MCM) 2011. Pada ajang pemodelan matematika internasional tersebut, tim ITB bersaing dengan 3.510 tim dari berbagai negara di dunia. MCM adalah kompetisi yang menantang para peserta untuk menganalisa hingga menemukan masalah yang diajukan panitia lomba. Tahun ini, masalah tersebut tak hanya tekait erat dengan matematika, tetapi juga dengan bidang fisika. Tiap tim harus menyelesaikan analisis dan pemodelan tersebut selama lima hari. Salah seorang anggota tim ITB, Novry Erwina, menjelaskan, mereka tak hanya membuat pemodelan matematika saja. “Proses terberat adalah memahami materi Fisika terkait masalah yang diberikan hingga pada akhirnya tercipta ide ingin membuat model seperti apa,” kata mahasiswa angkatan 2007 itu seperti dikutip dari situs ITB, Selasa (24/5/2011). Anggota tim lainnya, Miftakhul Falah, mengaku, salah satu hambatan yang mereka hadapi adalah sulitnya mengatur emosi. “Tuntutan lomba memberikan tekanan mental besar hingga bisa mengganggu pembuatan model jika tidak dikelola dengan baik,” Falah mengimbuhkan.

…dst

2 ) Bidik Misi Buat Mahasiswa Miskin Bocor, Salah Siapa?
http://bandung.detik.com/read/2011/05/24/190715/1646182/486/bidik-misi-buat-mahasiswa-miskin-bocor-salah-siapa?g991101485

Selasa, 24/05/2011 19:07 WIB
Bandung – Untuk calon mahasiswa yang berhak mendapatkan program Bidik Misi, Unpad menerima rekomendasi dari sekolah asal calon mahasiswa tersebut. Tapi rupanya ada beberapa sekolah yang salah memberikan data. “Beberapa yang kami verifikasi, ternyata tidak seperti yang ditulis dalam data mereka,” ujar Rektor Unpad, Ganjar Kurnia saat memberikan keterangan pers di Executive Lounge Kampus Unpad Dipati Ukur, Selasa (24/5/2011). Ganjar mengungkapkan bahwa dalam program Bidik Misi, pihaknya hanya menerima rekomendasi dari sekolah. Sekolah asal calon mahasiswa sendiri yang melakukan pendataan. Syarat-syarat mengikuti program tersebut antara lain berasal dari keluarga kurang mampu dengan mencantumkan penghasilan orang tua, rekening listrik, struk PBB, serta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Serta mimiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik.

…dst

3 ) Didoakan Miskin Beneran, 150 Calon Mahasiswa Unpad Jadi Ragu
http://bandung.detik.com/read/2011/05/24/185927/1646173/486/didoakan-miskin-beneran-150-calon-mahasiswa-unpad-jadi-ragu

Selasa, 24/05/2011 18:59 WIB
Bandung – Program Bidik Misi yang digelar pemerintah untuk membantu biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup mahasiswa miskin ternyata banyak yang menyalahgunakan. Dari 474 calon mahasiswa yang daftar ke Unpad untuk program tersebut, beberapa di antaranya tinggal di rumah mewah. Bahkan 150 orang mulai ragu apakah mereka miskin atau tidak. Hal itu terungkap saat Unpad menyeleksi mahasiswa yang ikut program Bidik Misi. Unpad memiliki cara jitu. “Kita punya program iseng. Ada dua cara yang kita lakukan. Yang pertama itu self declare. Jadi saat kita kumpulkan kemaren, saya tanya siapa yang benar-benar miskin. Lalu saya bilang, jika ada yang sebenarnya tidak miskin tapi mengaku miskin, akan kita doakan yang bersangkutan miskin beneran,” ujar Rektor Unpad Ganjar Kurnia saat memberikan keterangan pers di Executive Lounge Kampus Unpad Dipati Ukur, Selasa (24/5/2011). Rupanya, sambung Ganjar, dari 474 mahasiwa yang ikut program Bidik Misi tahun ini, sekitar 150 orang mengaku ragu-ragu akan statusnya. “Mereka jadi ragu-ragu dan mengaku akan berpikir terlebih dulu apakah mereka ini benar-benar miskin atau tidak,” katanya.

…dst

4 ) Universitas Padjadjaran Cabut Beasiswa Mahasiswa Kaya
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/05/24/brk,20110524-336466,id.html

SELASA, 24 MEI 2011 | 17:18 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung -Program Beasiswa Pendidikan Bagi Calon Mahasiswa Berprestasi (Bidik Misi) disalahgunakan. Universitas Padjadjaran Bandung bakal mencabut beasiswa 15 mahasiswa, karena mereka ternyata dari keluarga kaya. Tahun ini, 150 dari 474 calon mahasiswa baru yang dijaring program Bidik Misi, sedang ditimbang ulang. Menurut Rektor Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia, program Bidik Misi seharusnya menjadi hak calon mahasiswa baru dari keluarga miskin yang lolos tes akademik. Kenyataannya, jalur masuk perguruan tinggi negeri itu disalahgunakan pihak pendaftar. “Banyak orang yang dimasukkan ke Bidik Misi padahal keluarganya mampu, ini zalim, karena memakan hak orang miskin,” kata Ganjar di gedung rektorat Unpad, Selasa, 24 Mei 2011.

…dst

5 ) Universitas Terbuka Incar Tenaga Migran
http://cetak.kompas.com/read/2011/05/25/04011745/universitas.terbuka.incar.tenaga.migran

25 Mei 2011
Tangerang, Kompas – Universitas Terbuka mulai meluaskan layanannya dengan mengincar tenaga kerja Indonesia atau tenaga migran yang bekerja di sejumlah negara. Pendidikan melalui Universitas Terbuka ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mereka. “Karena rendahnya pendidikan tenaga migran asal Indonesia, posisi tawar mereka rendah,” kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati di sela-sela wisuda yang diikuti sekitar 2.500 wisudawan, Selasa (24/5) di Kampus UT, Tangerang. Menurut Tian, untuk meningkatkan posisi tawar tenaga migran, kualifikasi pendidikan mereka harus ditingkatkan. Salah satunya melalui jenjang pendidikan tinggi. Jika posisi tawar tenaga kerja migran naik, kata Tian, mereka akan memiliki keberanian untuk mempertahankan hak-haknya. Selain itu, jika sudah memiliki gelar sarjana, tenaga kerja migran juga diharapkan memiliki pilihan profesi atau pekerjaan yang lebih luas. Untuk melayani warga negara Indonesia yang berdomisili di luar negeri, termasuk tenaga kerja migran, UT sudah membuka layanan di Arab Saudi, Singapura, Malaysia, Hongkong, dan Korea Selatan. Pada tahun 2011, UT akan membuka layanan di Taiwan dan Yunani. Sampai saat ini tercatat sedikitnya 500 mahasiswa UT yang berdomisili di luar negeri yang sebagian besar tenaga kerja migran.

…dst

6 ) Undip Peringkat 151-160 Asia
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/05/25/147654/Undip-Peringkat-151-160-Asia

25 Mei 2011
SEMARANG – Berdasarkan QS-Asian University Ranking (QS AUR) atau sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia, Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menempati peringkat ke-151-160 di tingkat Asia. Sementara untuk tingkat perguruan tinggi di Indonesia, menduduki peringkat tujuh, yang dirilis Senin (23/5). taf Ahli Pembantu Rektor IV Undip dan Ketua Bidang Pengembangan Website Pusat Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PLTIK) Undip Dr Istadi ST MT mengatakan, posisi ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. ”Peringkat Undip di Asia meningkat dari tahun lalu yang hanya menempati peringkat ke-161 kini menjadi 151-160. Namun, untuk peringkat di Indonesia mengalami penurunan dari posisi enam menjadi tujuh pada tahun 2011,” ungkapnya.

…dst

7 ) Forum Kebudayaan Pemuda ASEAN
15 Universitas Dipastikan Tampil
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/25/228590/293/14/15-Universitas-Dipastikan-Tampil

Rabu, 25 Mei 2011 05:20 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Sebanyak 15 universitas dari sembilan negara anggota ASEAN mengikuti The 9th ASEAN Youth Cultural Forum diUniversitas Gadjah Mada Yogyakarta. “Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Kamboja, Laos, dan Vietnam,” kata Sekretaris Eksekutif Universitas Gadjah Mada (UGM) Djoko Moerdiyanto di sela kegiatan itu, Selasa (24/5). Menurut dia, perhelatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan tahunan dari ASEAN University Network (AUN). Kegiatan itu diharapkan mampu menjadi jembatan antarmahasiswa di ASEAN untuk berbagi ide dan pengalaman. “Dengan adanya hubungan dan komunikasi yang dirajut melalui seni dan budaya itu nantinya akan ada kedekatan antarmahasiswa dan antaruniversitas di ASEAN,” katanya. Ia mengatakan dengan adanya kedekatan melalui diplomasi budaya untuk pengembangan program studi, kualitas akademik, dan pertukaran mahasiswa. Berbagai kegiatan yang diikuti para mahasiswa itu di antaranya lokakarya, pentas musik tradisional dan tari-tarian, kuliah, kuliner, hingga berkunjung ke desa wisata. “Untuk acara penutup nanti juga akan disajikan pertunjukan dan pentas melibatkan seluruh peserta dalam ‘The ASEAN Rainbow’,” katanya.

…dst

8 ) Unair Dorong Lahirnya Batik Khas Bromo
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/25/228617/293/14/Unair-Dorong-Lahirnya-Batik-Khas-Bromo

Rabu, 25 Mei 2011 02:33 WIB
SURABAYA–MICOM: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mendorong lahirnya batik khas Bromo dari karya warga Tengger di kawasan Gunung Bromo, Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim). “Karena itu, kami mengajari warga Tengger dari Desa Ngadas untuk belajar membatik,” kata Ketua LPPM Unair Dr Djoko Agus Purwanto Apt MSi di Surabaya, Selasa (24/5). Menurut dia, pelatihan bagi 15 orang warga Tengger untuk belajar membatik di SMK 11 Siwalankerto, Surabaya itu merupakan kerja sama pertama antara Unair dengan SMK 11 Siwalankerto. “Itu merupakan wujud kepedulian Unair terhadap para korban erupsi Gunung Bromo. Unair tergerak untuk menghidupkan kembali perekonomian warga yang sempat lumpuh akibat bencana,” katanya. Ia menilai pelatihan belajar membatik itu mempunyai prospek cerah untuk membangun kembali perekonomian warga Tengger.

…dst

9 ) Unpas dan Kementerian PDT Kerjasama Peningkatan Pendidikan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/146265

SELASA, 24/05/2011 – 17:26
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Pasundan dan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) mengadakan kerjasama peningkatan pendidikan. Naskah kerjasama ditandatangani Menteri PDT Helmy Faishal Zaini dan Rektor Unpas Didi Turmudzi. Kerjasama dilakukan dalam bentuk PNS di lingkungan Kementerian PDT akan mengikuti pendidikan lanjut di Program Pascasarjana Unpas. Sementara itu, Unpas melakukan penguatan pembangunan masyarakat daerah tertinggal melalui kegiatan penelitian, pemetaan lembaga sosial budaya, dan peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat daerah tertinggal. Selain itu, Universitas Pasundan merealisasikan alih rekayasa sosial dan ilmu pengetahuan yang relevan di daerah tertinggal. Pada saat penandatanganan tersebut, Menteri PDT Helmy Faishal langsung mengajak Rektor Unpas Didi Turmudzi untuk melakukan perjalanan dinas ke daerah Indonesia bagian timur yang selama ini dikenal sebagai daerah tertinggal. “Saya akan ajak Pak Rektor ke wilayah Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara dan Kepulauan Alor,” kata Helmy, seusai penandatanganan kerjasama di Hotel Savoy Homann, Jln. Asia Afrika, Kota Bandung.

…dst

10 ) Minat Berwirausaha Masih Rendah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/401164/

Wednesday, 25 May 2011
BANDUNG– Hingga kini minat kalangan muda untuk berwirausaha setelah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi (PT) dinilai masih rendah. Kondisi itu mendorong pemerintah untuk melakukan berbagai upaya guna memacu minat entrepreneur kalangan muda. “Minat lulusan perguruan tinggi menjadi wirausahawan masih rendah. Mereka lebih memilih bekerja dibandingkan berinovasi membuat usaha baru,” ujar Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam ketika membuka Pelatihan Manajemen Kewirausahawan bagi 300 wirausahawan Program Pertumbuhan dan Pengembangan Wirausaha 2011 di Hotel Naripan Bandung, Kota Bandung,kemarin. Dia menjelaskan, jumlah wirausahawan di Tanah Air baru mencapai 5,3 juta orang. Angka itu terbilang sangat kecil dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,6 juta jiwa. Di beberapa negara seperti Singapura, jumlah wirausahawan mencapai 7 % dari total penduduknya. Begitu juga Jepang, 10 % penduduk negara matahari terbit itu berprofesi menjadi wirausahawan. “Paling tinggi ialah Amerika Serikat, sebanyak 11-12 %, ” ungkapnya.

…dst

11 ) BEASISWA DALAM NEGERI
Asyik, Beasiswa D-3 Politeknik di PNJ!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/24/18370739/Asyik.Beasiswa.D-3.Politeknik.di.PNJ

Selasa, 24 Mei 2011 | 18:37 WIB
KOMPAS.com – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) bekerjasama dengan PT Badak NGL menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma 3 (D3) Politeknik Bidang Teknologi Pengolahan Gas. Program ini diumumkan secara terbuka untuk memberikan beasiswa kuliah dan biaya tambahan lainnya untuk tahun akademik 2011/2012. Kerjasama antara PNJ dan PT Badak NGL ini bertujuan untuk membuka kelas khusus Program Studi Teknik Mesin dengan konsentrasi Teknik Pengolahan Gas dan Teknik Perawatan Kilang yang terdiri atas Listrik & Instrumentasi dan Mekanikal dan Rotating. Seleksi penerimaannya meliputi seleksi administrasi, tes kemampuan akademik (ujian tertulis), tes psikologi, wawancara, dan tes kesehatan…cut…Bagi yang berminat, informasi dan pendaftaran hanya dilakukan secara online melalui http://penerimaan.pnj.ac.id/ dengan biaya pendaftaran Rp 50.000. Pendaftaran dibuka sejak 21 Mei dan pengumuman seleksi administrasinya dilaksanakan pada 5 Juni 2011.

…dst

12 ) BEASISWA DALAM NEGERI
Sudah Dibuka, Beasiswa S-1 dari Tanoto!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/24/12031256/Sudah.Dibuka.Beasiswa.S-1.dari.Tanoto

Selasa, 24 Mei 2011 | 12:03 WIB
KOMPAS.com – Program beasiswa “National Champion Scholarship” kembali dibuka untuk tahun penerimaan 2011/2012. Program beasiswa dari Tanoto Foundation ini ditawarkan untuk mahasiswa S-1 dan S-2 di tujuh perguruan tinggi negeri di Tanah Air. Dibuka sejak 21 Mei hingga 30 Juni 2011 mendatang, program beasiswa ini digulirkan oleh Tanoto Foundation. Untuk program S-1, pelamar beasiswa disyaratkan WNI dan terdaftar sebagai mahasiswa di salah satu universitas berikut: Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jambi, Universitas Riau, serta Universitas Sumatera Utara (USU)…cut..Adapun minimum IPK pelamar adalah 3,25 (skala 4,00). Bagi mereka yang baru duduk di tahun pertama jenjang pendidikan S-2, minimum IPK S-1 adalah 3,25 (skala 4,00). Informasi lengkap mengenai syarat beasiswa dan pendaftaran bisa dilihat di situs http://www.tanotofoundation.org

…dst

13 ) Panitia SNMPTN Semarang Bekali Deteksi Joki
http://www.antaranews.com/berita/260052/panitia-snmptn-semarang-bekali-deteksi-joki

Selasa, 24 Mei 2011 20:21 WIB
Semarang (ANTARA News) – Panitia Lokal 42 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Semarang membekali pengawas dengan kemampuan mendeteksi gejala praktik perjokian dalam pelaksanaan tes tulis. “Kami tidak akan main-main menyikapi praktik perjokian dalam tes SNMPTN tulis, jika ada yang kedapatan akan ditindak tegas,” kata Ketua Panitia Lokal 42 SNMPTN Semarang Agus Wahyudin, di Semarang, Selasa. Pada pelaksanaan SNMPTN tahun lalu, kata dia, Panitia Lokal 42 SNMPTN Semarang sudah membuktikan kemampuannya mendeteksi gejala praktik perjokian, sampai menelusuri keterlibatan pelaku dalam sindikat perjokian SNMPTN. Ia menjelaskan pihaknya berhasil menangkap basah beberapa peserta yang dicurigai melakukan kecurangan dengan menggunakan modus yang sama, yakni melalui telepon seluler yang digunakan untuk mengirimkan kunci jawaban. “Untuk yang perempuan, ponsel ini dihubungkan dengan `headset` yang dipakai di telinga, namun ditutupi jilbab, sementara yang laki-laki mengelabui petugas dengan menyimpan ponsel di celana yang didesain khusus,” katanya.

…dst

14 ) Bayar Denda Adat Rp 77,777 Juta, Persoalan Sosiolog UI dengan Masyarakat Adat Dayak Selesai
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/05/25/llpp8i-bayar-denda-adat-rp-77777-juta-persoalan-sosiolog-ui-dengan-masyarakat-adat-dayak-selesai

Republika – Rab, 25 Mei 2011
REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK – Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kalimantan Barat, Cornelis menyampaikan pernyataan di depan ratusan warga Dayak bahwa masalah dengan Sosiolog Universitas Indonesia, Thamrin Amal Tomagola sudah selesai. “Saya sampaikan di sini, bahwa masalah dengan Thamrin (Thamrin Amal Tomagola, red) sudah selesai di Pengadilan Negeri Depok,” kata Cornelis saat penutupan Pekan Gawai Dayak XXVI Kalbar di Rumah Betang Panjang Pontianak, Selasa malam. Dia mengatakan antara DAD Kalbar dengan Sosiolog UI tersebut sudah ada perdamaian. Thamrin sudah mengakui keputusan adat masyarakat adat nasional. Tidak ada lagi tuntutan pidana, perdata dan Pengadilan Tata Usaha Negara. “Sudah ada surat keputusan dari Pengadilan Negeri Depok. Bisa dilihat suratnya di sekretaris DAD,” kata Ketua Umum DAD Kalbar itu.”Semua masalah sudah beres. Jadi semuanya beres dan tuntas. Bukan beres dan tidak tuntas.” Cornelis yang juga Gubernur Kalbar meminta kepada warga Dayak yang hadir dalam penutupan Pekan Gawai tersebut agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat Dayak baik nasional maupun internasional, di antaranya di Sarawak, Sabah, dan Brunei Darussalam.

…dst

15 ) Rektor Universitas Panca Sakti Dipaksa Mundur
http://kampus.okezone.com/read/2011/05/24/373/460516/rektor-universitas-panca-sakti-dipaksa-mundur

Selasa, 24 Mei 2011 16:59 wib
TEGAL – Rektor Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal Tri Jaka Kartana dipaksa turun dari jabatannya karena kebijakannya menaikan biaya kuliah sehingga memberatkan mahasiswa. Hal tersebut terungkap dalam aksi yang digelar mahasiswa UPS, Selasa (24/5/2011). Koordinator lapangan aksi Hadis Mubarak mengatakan, selaku pemegang kebijakan kampus, rektor telah keliru dengan mengambil kebijakan biaya pendidikan yang kian mahal. Biaya per sistem kredit semester (SKS) mencapai Rp60 ribu. Padahal rata-rata mahasiswa per semester mengambil 20 SKS. “Betapa mahalnya biaya pendidikan di kampus kami UPS ini,” serunya yang diamini oleh sesama demonstran lain, Selasa (24/5/2011). Dengan kebijakan rektor yang dianggap keterlaluan itu, maka mahasiswa menuntut rektor mundur bila tidak mampu menurunkan biaya pendidikan. Menanggapi tuntutan mahasiswa tersebut, Rektor UPS Tri Jaka Kartana mengatakan, soal biaya pendidikan merupakan kebijakan bersama rektor dengan pihak Yayasan Panca Sakti. Hal itu telah disampaikan ke yayasan melalui surat rektor. “Jadi tidak benar kalau saya tidak menganggap ini persoalan serius,” ungkap Tri.

…dst

16 ) Pakar Katakan Ilmu Sosial Mandek
http://www.antaranews.com/berita/260023/pakar-katakan-ilmu-sosial-mandek

Selasa, 24 Mei 2011 16:06 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Ilmu-ilmu sosial saat ini mengalami kemandekan sehingga perlu ada perubahan paradigma positivisme ilmu modern, kata pakar filsafat dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Arqo Kuswanjono. “Fungsi ilmu sosial saat ini hanya terbatas pada memberi penjelasan terhadap gejala-gekala,” katanya pada sarasehan Ilmu Profetik di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa. Padahal, menurut dia, sebenarnya tidak sebatas itu. Seharusnya ilmu sosial selain menjelaskan juga harus dapat memberi petunjuk transformasi, sesuai dengan cita-cita profetik yakni humanisasi atau emansipasi, liberalisasi, dan transendentalisasi. Berkaitan dengan hal itu, pengembangan Islam sebagai ilmu masih menjadi perjuangan yang belum menemukan format dan bentuknya secara jelas. ” Padahal, Islam memiliki tugas untuk melakukan perubahan sosial yakni sesuai dengan cita-cita profetiknya dalam menciptakan masyarakat yang adil dan egaliter yang didasarkan pada iman,” katanya.

…dst

17 ) Tetap Nilai PLPG Lebih Efektif
http://www.jpnn.com/read/2011/05/25/93053/Tetap-Nilai-PLPG-Lebih-Efektif-

Rabu, 25 Mei 2011 , 06:50:00
JAKARTA – Pola baru sertifikasi guru 2011 tetap dinilai bisa lebih efektif. Ketua Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG) Djoko Santoso mengatakan, penetapan kuota sertifikasi jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) lebih besar dibanding jalur penilaian portofolio, merupakan hasil evaluasi sertifikasi guru 2010. Djoko kemarin (24/5) menjelaskan, panitia sertifikasi di KSG sudah mengadakan penelitian dan kajian terhadap pelaksanaan dan hasil sertifikasi. Dia menuturkan, guru professional hasil sertifikasi PLPG memiliki kualitas lebih. Pejabat yang merangkap menjadi Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas itu menuturkan, dengan pola baru itu dia berharap semakin banyak guru professional yang berkualitas. Selama ini, kinerja guru jebolan sertifikasi masih dicap belum menunjukkan hasil yang signifikan. Proses sertifikasi, dianggap masih sebatas menjadi momentum menambah tunjangan para guru. Mantan rector ITB itu menuturkan, pihaknya tidak menutupi kondisi tersebut. Untuk itu, sebelum dimulainya penilaian sertifikasi 2011 ini, dia berharap para peserta sertifikasi harus memiliki komitmen. “Komitmen untuk benar-benar menjadi tenaga pendidik profesional,” tandasnya. Para guru peserta sertifikasi diingatkan supaya tidak sekedar mencari tambahan tunjangan gaji.

…dst

18 ) Kemendiknas Dorong Materi Narkoba Disisipkan Dalam Pelajaran
http://www.antaranews.com/berita/260017/kemendiknas-dorong-materi-narkoba-disisipkan-dalam-pelajaran

Selasa, 24 Mei 2011 15:10 WIB
Mataram (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) terus mendorong agar para guru menyisipkan materi tentang narkotika, psikotropika dan obat-obatan berbahaya dalam mata pelajaran sebagai salah satu upaya menekan angka penyalahgunaan narkoba. “Materi narkotika, psikotropika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba) bisa disisipkan ke dalam mata pelajaran yang relevan seperti Biologi dan Pendidikan Agama. Kalau menjadi kurikulim mungkin agak sulit,” kata Kepala Seksi Peserta Didik Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Ditjen Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan Nasional(Kemendiknas) Sumharmoko, di Mataram, Selasa. Pada acara asistensi pendidikan penyalahgunaan narkoba, Sumharmoko mengatakan, pengenalan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada para siswa perlu dilakukan sebagai salah satu implementasi pendidikan karakter bangsa. Kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan para pelajar sudah dalam kondisi yang mengkhawatirkan, sehingga perlu ada langkah antisipasi mulai dari lingkungan sekolah dan kalangan keluarga.

…dst

19 ) Sekilas Dalam Negeri
Defisit APBN Bengkak Rp 16 T
Kemenkeu: Subsidi Harus Tepat Sasaran
Kasus Nazaruddin
Skandal ‘Uang Persahabatan’: Anas Urbaningrum: Saya Kurang Happy
Andi Bantah Upaya Pemakzulan Terhadap Anas
Merasa Masih Bendum, Nazaruddin Serang Balik
Mahfud MD Laporkan Nazaruddin ke KPK
KPK Bentuk Tim Usut Motif Nazaruddin Beri Uang ke Sekjen MK
Badan Kehormatan DPR Segera Periksa Nazaruddin
Musibah Merpati
Serikat Karyawan Merpati Prihatin Hasil Evaluasi Kemenhub Soal MA-60
PSSI
Sanksi FIFA, Mimpi Buruk Sepak Bola Indonesia
Masih Untung jika FIFA Bekukan PSSI
Bahasa
Bahasa Indonesia Pererat Hubungan Indonesia-Norwegia
Air Zamzam & Produk Halal
Kedubes Arab: Air Zamzam Kemasan Aman Dikonsumsi
RUU Jaminan Produk Halal, MUI Minta Kewenangan Sertifikasi
Libya Hari Ini
AS & Inggris Sepakat Terus Tekan Khadafi
Paris: Prancis-Inggris Kirim Helikopter ke Libya
601 WNI Dievakuasi dari Libya
Pemberontak Libya Buka Perwakilan di Amerika
Serangan NATO, Libya Laporkan Korban Sipil Jatuh
NATO Gencar Serang Tripoli
Hujan Bom di Tripoli
Mesir
Mubarak Hadapi Ancaman Hukuman Mati
Yaman
Militer Yaman dan Oposisi Bentrok, 21 tewas
Jepang
Siswa Siswi Jepang Paling Sopan di Dunia
Lagi, Tiga Reaktor Fukushima Meleleh
Bahan Bakar PLTN Fukushima Meleleh
Israel
Netanyahu Tolak Perbatasan 1967
Mantan Bos IMF
DNA Strauss-Kahn Cocok dengan Sampel dari Hotel
DNA Strauss-Kahn di Baju Korban