1 ) IPB Kembangkan Green TV
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/07/248692/293/14/IPB-Kembangkan-Green-TV

Minggu, 07 Agustus 2011 20:34 WIB
BOGOR–MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) membutuhkan dana sedikitnya Rp20,5 miliar untuk merealisasikan program unggulan melalui pembangunan jaringan televisi kampus Green TV. Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Dr Arif Satria saat dihubungi, Minggu (7/8), mengatakan, pengembangan Green TV dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat luas. Pembangunan Green TV IPB menjadi salah satu program besar yang cukup menyita energi FEMA maupun IPB. Karena itu, dalam berbagai kesempatan, baik pihak Dekanat FEMA maupun Rektorat IPB, terus mengampanyekan program yang akan menjadi terobosan bagi dunia pendidikan tinggi di Tanah Air tersebut. “Kami terus melakukan sosialisasi ke publik, terutama civitas akademika IPB, karena pengembangan program ini membutuhkan dana besar,” kata Arif. Selain butuh dukungan dana besar, yang terpenting dari pengembangan program media broadcasting, yaitu adanya keterlibatan masyarakat sebagai pemirsa.

…dst

2 ) Binus Gagas NUNI Bersama 26 PT Se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/07/373/489146/binus-gagas-nuni-bersama-26-pt-se-indonesia

Minggu, 07 Agustus 2011 17:07
JAKARTA – Universitas Bina Nusantara (Binus) menggagas National University Network Indonesia (NUNI) dengan mengumpulkan 26 Perguruan Tinggi (PT) seluruh Indonesia. Gagasan untuk kolaborasi yang melibatkan banyak universitas di Indonesia ini, sudah dibicarakan dalam acara gathering yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.
Mengenai NUNI, Rektor Binus Harjanto Prabowo mengatakan, gagasan ini diharapkan bukan sekadar seremonial belaka melainkan ada tindak lanjut yang berkesinambungan dari para angggotanya.

…dst

3 ) Jaring Mahasiswa, Pegadaian Rambah UI
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/07/373/489086/jaring-mahasiswa-pegadaian-rambah-ui

Minggu, 07 Agustus 2011 13:52

JAKARTA – Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian akan membuka booth di Universitas Indonesia (UI). Rencananya, booth Pegadaian tersebut akan diresmikan setelah Lebaran. Pimpinan Cabang Perum Pegadaian Depok Agung Budiyono mengatakan Pegadaian mulai membidik kalangan mahasiswa sebagai bentuk pengenalan jasa Pegadaian di kalangan mahasiswa. “Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam masalah pinjaman uang untuk biaya kuliah untuk kebutuhan yang mendesak,” kata Agung kepada wartawan di Depok, Minggu (7/8/2011). “Kami ingin memfokuskan kekuatan nasional yang nantinya yang nantinya akan menuju ke arah global. Dengan NUNI kami ingin membuka kesempatan kolaborasi antara mahasiswa Binus dengan anggota NUNI lainnya,” kata Harjanto, seperti dikutip dari laman Binus, Minggu (7/8/2011).

…dst

4 ) Inilah 8 Pekerjaan yang Cocok Dilakukan Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/07/373/489066/inilah-8-pekerjaan-yang-cocok-dilakukan-mahasiswa

Minggu, 07 Agustus 2011 12:37
JAKARTA – Kamu mahasiswa yang sudah memiliki alasan untuk berkerja walaupun masih kuliah? Apapun alasanmu, baiknya kamu siap dengan risiko yang akan kamu hadapi. Sebab, peran ganda akan menuntut tanggung jawab ganda pula. Kira-kira, pekerjaan apa ya, yang mungkin cocok dilakukan oleh mahasiswa? Pasalnya, tidak semua jenis pekerjaan mampu diemban olehmu yang masih memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan studi.Kalau kamu bingung, Yuk simak pekerjaan apa saja yang sekiranya cocok untuk dilakukan olehmu versi huffpost college yang okezone kutip, Minggu (7/8/2011).

…dst

5 ) Kelahiran FE UNY Terlambat
http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=245006&actmenu=43

06/08/2011 08:09:59
YOGYA (KR) – Dilihat dari perspektif kesejarahan institusi perguruan tinggi (PT), kelahiran Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bisa dikatakan cukup terlambat dibandingkan sesama Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lain. UNY relatif konservatif, karena cukup berhati-hati dalam melakukan pengembangan, sehingga keberlanjutan institusi UNY tetap terjaga sebagai LPTK.
Hal itu diungkapkan Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab MA MPd saat peresmian bangunan tiga fakultas, sekaligus peluncuran Fakultas Ekonomi, baru-baru ini di Kampus UNY Karangmalang, Yogya. Gedung yang dibangun, masing-masing Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA serta Fakultas Bahasa dan Seni. Turut hadir pada acara itu, Dirjen Manajemen Dikdasmen Kemendiknas, Prof Suyanto MEd PhD.

…dst

6 ) Mahasiswa Jepang Teliti ; Pemulihan Pasca Bencana di Yogya
http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=245005&actmenu=43

06/08/2011 08:09:59
YOGYA (KR) – Tomoki Motozuka, seorang mahasiswa Program Doktor Osaka University Jepang melakukan penelitian tentang peran masyarakat dalam proses pembangunan pasca bencana di Yogyakarta. Penelitian yang memakan waktu dua minggu dan melibatkan beberapa mahasiswa Arsitektur UTY tersebut dilakukan di Ngipik Banguntapan Bantul.
“Hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan acuan dan masukan dalam penanganan pasca bencana berbasis masyarakat di Jepang,” kata Humas UTY Rokhmat, Jumat (5/8).

…dst

OOT:

7 ) 2013 Tak Ada Lagi Sekolah Rusak
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/08/155318/2013-Tak-Ada-Lagi-Sekolah-Rusak

08 Agustus 2011
BOGOR- Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh kembali menegaskan akan memperbaiki gedung-gedung sekolah yang tidak layak. Dia menargetkan, renovasi terhadap gedung sekolah yang rusak itu selesai pada 2013.”Total ruang kelas SD dan SMP yang rusak sekitar 101.000. Bangunan-bangunan tersebut rusak karena sudah berumur tua,” katanya, saat Silaturahmi Ramadan di SDN Karangtengah 02 Babakan Madang Bogor Jawa Barat, Sabtu (6/8) lalu. Mendiknas prihatin saat meninjau ruang-ruang kelas SD tersebut. Sebab, lokasi SD Karangtengah 02 tidak terlalu jauh dari Jakarta. Meski demikian, dia mengatakan, sebagian besar sekolah yang mengalami rusak berat berusia tua. Sebab, mayoritas adalah gedung-gedung sekolah Inpres yang dibangun pada 1970-an.”Karena itu, sistemnya harus diubah. Kita tidak boleh hanya mengandalkan rehabilitasi kepada gedung yang rusak, tapi menyiapkan dana perawatan. Dengan demikian, bangunan baru tidak sampai mengalami rusak berat,” ujarnya.

…dst

8 ) Nasib Calon Pendidik
Oleh Ahmad Saifus Salam
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/08/155313/Nasib-Calon-Pendidik

08 Agustus 2011
SEIRING bergulirnya sertifikasi guru yang harus mengajar minimal 24 jam pelajaran, baik di sekolah swasta maupun negeri, guru honorer seakan tak mendapat lahan. Di sisi lain, Peraturan Pemerintah (PP) 48 tahun 2005 Pasal 8 pun menjelaskan bahwa instansi negeri tak diperbolehkan menerima guru honorer. Padahal, terkadang di sekolah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar. Hal itu mengakibatkan calon pendidik seolah kehilangan arah untuk mengamalkan ilmunya di pendidikan formal. Tak jarang dari mereka beralih bidang profesi yang tak sesuai dengan gelar kesarjanaan. Akhirnya, ilmu yang diperoleh tak mampu disalurkan dengan baik, bahkan sama sekali tiada guna. Dan yang banyak terjadi, orientasi menjadi tenaga pendidik justru banting setir menjadi montir, pengusaha, karyawan, dan sebagainya. Memang bertambahnya sekolah tidak sepadan dengan calon pendidik yang diluluskan. Kalaupun ada, itu tidak sebanding dengan jumlah calon pendidik yang diluluskan.

…dst

9 ) Terungkap Rahasia Mengejutkan Evolusi Manusia
http://teknologi.inilah.com/read/detail/1762500/terungkap-rahasia-mengejutkan-evolusi-manusia

Senin, 8 Agustus 2011 | 01:38 WIB
INILAH.COM, Salt Lake City – Hasil studi Amerika Serikat mempertanyakan teori evolusi manusia awal. Temuan ini setelah para ilmuwan meneliti fosil tanah terkait hominin awal.Teori awal menyebutkan, manusia awal berevolusi di hutan Afrika kemudian berpindah ke padang rumput. Peneliti University of Utah mengatakan, hasil analisa fosil tanah terkait hominin awal di timur Afrika enam juta tahun silam menyatakan kebalikannya, moyang awal berevolusi di padang rumput dengan pohon kurang dari 40% daripada di hutan.Fosil tanah temuan ini menyimpan informasi mengenai vegetasi yang pernah tumbuh di wilayah itu dan mampu menyediakan petunjuk pada jenis ekosistem yang ada di periode waktu berbeda.Penulis hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nature ini, Thure Cherling, mengatakan seperti dikutip UPI, “Terdapat habitat terbuka enam juta tahun silam di lingkungan di timur Afrika tempat kebanyakan fosil manusia awal ditemukan.”

…dst

10 ) Humans evolved in grassland, not forests?
http://www.upi.com/Science_News/2011/08/03/Humans-evolved-in-grassland-not-forests/UPI-72381312417997/

Published: Aug. 3, 2011 at 8:33 PM
SALT LAKE CITY, Aug. 3 (UPI) — A U.S. study questions the theory that early humans evolved in closed woodland in Africa and then moved to open savannah as they become bipedal. Researchers at the University of Utah say an analysis of fossil soils in regions associated with early hominins in eastern Africa 6 million years ago suggests our early ancestors evolved in a savannah-like environment with less than 40 per cent tree cover, rather than in more closed woodland. Fossil soils can yield information about the vegetation that once grew in the regions and can provide clues to the type of ecosystem that existed in different time periods, a university release said Wednesday. “We’ve been able to quantify how much shade was available in the geological past,” said geochemist Thure Cerling, one author of a study appearing in the journal Nature. “And it shows there have been open habitats for all of the last 6 million years in the environments in eastern Africa where some of the most significant early human fossils were found.

…dst

11 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Tiga Juta Anak Akan Terima Beasiswa Miskin
2013 Tak Ada Lagi Sekolah Rusak
101.000 Ruang Kelas Alami Kerusakan
Penyaluran Dana BOS Tak Efektif 
Gunung berstatus waspada
16 Gunung di Indonesia Berstatus Waspada
KPK
Hanya 41 Persen Warga Percaya KPK
Hasil Survei KPK Tak Bisa Jadi Dasar Pengambilan Keputusan 
Survei LSI: Tuduhan Nazar Pengaruhi Kepercayaan Publik
Pimpinan KPK: Politisi Demokrat Pun Kami Usut
Kasus Andi Nurpati
Giliran Dewi Yasin Limpo Diperiksa Polri Terkait Kasus Surat Palsu MK 
THR
Perusahaan Wajib Bayarkan H-7 Lebaran
Kemenakertrans Bentuk Posko Pengaduan THR
Moratorium PNS
Moratorium PNS Harus Selektif 
Lain-Lain 
Indonesia Rumah Batik Dunia
Potensi Zakat Rp217 Triliun
Subsidi BBM Kalahkan Subsidi Bencana
Amerika
Dunia Cemaskan Krisis Utang AS
London
Polisi Salah Tembak, London Rusuh
Kemungkinan Ada Korban Tewas Akibat Rusuh di London
Polisi London Akui Lalai Antisipasi Kekerasan
London Dilanda Kerusuhan Massa
26 Polisi di London Luka, 42 Warga Ditahan