1 ) Peneliti Kimia ITB Klaim Temukan Obat GBS
Anton: Negara Salah Menangani Pasien
http://www.jpnn.com/read/2011/08/10/100300/Peneliti-Kimia-ITB-Klaim-Temukan-Obat-GBS-

Rabu, 10 Agustus 2011 , 12:14:00
JAKARTA- Peneliti di Institute Tekhnologi Bandung (ITB), Anton Hartomo mengatakan pemerintah sedang melakukan kesalahan besar dalam menangani penderitaGuillian Barre Syndrome (GBS). “Saya terus membaca perkembangan kasus GBS di media-media. Kalau setiap ada pasien hanya diberi obat dan penanganan yang salah, negara bisa habis miliaran. Saya yakin, GBS ini sudah banyak dan akan semakin banyak di Indonesia,” kata Anton pada JPNN, Rabu (10/8). Anton yang merupakan mantan pengurus Himpunan Kimia Indonesia dan pendiri jurusan Kimia di Institut Tekhnologi Surabaya (ITS) ini mengatakan bahwa GBS bisa diobati dengan pengobatan alternatif bernama air perak. Pengobatan ini diklaim lebih ampuh daripada memasukkan berbagai antibiotik yang justru semakin merusak sistem syaraf dan motorik pasien GBS.”GBS ini memang unik, pemerintah selalu mengatakan menyerang sistem imun padahal ini juga akibat macam-macam antibiotik yang masuk ke pasien. Jadi saya kasihan saja dengan pasien. Saya sarankan untuk mencoba pengobatan air perak yang saat ini telah kami temukan,” kata Anton.

…dst

2 ) Terkena Penyakit Langka, Atlet Basket Tumbang
GBS Juga Menyerang Orang Dewasa
2 Bulan, Biaya Pengobatan Rp350 Juta
http://www.jpnn.com/read/2011/08/10/100288/GBS-Juga-Menyerang-Orang-Dewasa-

Rabu, 10 Agustus 2011 , 10:49:00
JAKARTA- Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan Guillian Barre Sydrome adalah salah satu penyakit langka di dunia. Namun kini sepertinya GBS tak lagi langka di Indonesia. Bukan hanya Azka (4) dan Shafa (4), dua balita yang kini masih berjuang hidup dengan GBS. Kini penyakit itu juga Tissa Trinovia (17). Atlet bola basket itu pun kini juga hidup bagai manusia mesin. Putri bungsu Teguh dan Endah, warga kompleks Angkasa Pura II Jalan Mutiara Blok C23 No.1, RT 01/RW 007 Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Neglasari, Tangerang, Banten ini sudah hampir dua bulan menjadi penghuni ruang ICU lantai III RS Dharmais, Jakarta. Tidak ada yang menyangka, bila Tissa yang awalnya ceria, aktif dan gesit kini tumbang tak berdaya akibat GBS. Semuanya terlihat sangat normal, apalagi selain aktif di OSIS SMU 1 Tangerang, Tissa juga dikenal sebagai atlet basket dan softball di sekolahnya.

…dst

3 ) Rektor Pertama
UGM Usulkan Sardjito Jadi Pahlawan Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/10/15402526/UGM.Usulkan.Sardjito.Jadi.Pahlawan.Nasional

Rabu, 10 Agustus 2011 | 15:40 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengusulkan rektor pertama universitas tersebut, Prof Dr Sardjito, sebagai pahlawan nasional. Mantan Ketua Senat Akademik UGM Sutaryo mengatakan, Sardjito memiliki jasa besar dalam masa perang merebut kemerdekaan. “Universitas Gadjah Mada (UGM) merasa wajib mengusulkan almarhum Sardjito sebagai pahlawan nasional karena jasanya yang begitu besar termasuk dalam sejarah perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia, kata Sutaryo, Rabu (10/8/2011), di Yogyakarta.Pada masa itu, lanjutnya, Sardjito memikirkan segi kesehatan bagi para tentara, dengan menyediakan obat-obatan dan vitamin termasuk membangun pos kesehatan untuk TNI.

…dst

4 ) PPIM UIN Terima Penghargaan dari Jepang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/420076/

Thursday, 11 August 2011
JAKARTA– Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori menyerahkan penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang kepada Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah di kediamannya di Jakarta kemarin. UIN Syarif Hidayatullah mendapat penghargaan atas kontribusinya dalam promosi hubungan persahabatan Indonesia-Jepang. Direktur Penerangan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta Masaki Tani mengatakan, selain menggunakan jaringan pada masyarakat Islam dalam program undangan ke Jepang bagi para guru pesantren yang dilaksanakan Pemerintah Jepang sejak 2004, PPIM UIN Syarif Hidayatullah juga menjadi mediator antara Kedutaan Besar Jepang dan pesantren dalam kelancaran program serta seleksi kandidat. (armydian kurniawan)

…dst

5 ) 54 Mahasiswa Ikuti Universiade XXVI 2011
Olimpiade Olah Raga Dunia Tingkat Universitas
http://www.jpnn.com/read/2011/08/10/100308/54-Mahasiswa-Ikuti-Universiade-XXVI-2011-

Rabu, 10 Agustus 2011 , 12:48:00
JAKARTA- Indonesia mengirimkan 54 atlet mahasiswa untuk mengikuti Universiade XXVI 2011. Ajang olahraga antar mahasiswa sedunia itu yang digelar pada 13-21 Agustus 2011 di Shenzen, Cina. Sebanyak 31 atlet putra dan 23 atlet putri itu harus bersaing dengan atlet lainnya dari 148 negara dan mempertandingkan 22 cabang olah raga. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), M Nuh meminta agar para atlet berjuang maksimal agar dapat menyumbangkan medali di cabang olah raga yang diikuti. Sehingga dapat mengibarkan bendera Merah Putih di negara lain. “Tetap jaga integritas kepribadian atlit Indonesia. Usaha yang maksimal untuk meraih prestasi terbaik,” kata M Nuh di Jakarta, Rabu (10/8).Cabang-cabang olah raga yang diikuti kontingen Indonesia tersebut yakni atletik, angkat berat, anggar, aerobik, badminton, catur, tenis, voli pantai, dan renang. Ketua Umum KOI/KONI Rita Subowo mengatakan, pekan olah raga mahasiswa di Indonesia masih perlu ditingkatkan lagi.”Pemilihan cabang-cabang olah raga tertentu pada Universiade ini diharapkan ke depannya dapat menjadi cabang olah raga unggulan,” katanya.

…dst

6 ) UGM Siapkan RUU Sandingan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/419941/

Thursday, 11 August 2011
YOGYAKARTA– Tim Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM menilai isi dan roh Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang disusun pemerintah memiliki kesamaan dengan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP). Untuk itu, tim ini menyiapkan RUU PT sandingan untuk memperbaiki sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Menurut staf ahli PSP UGM Prof Sudjito, munculnya RUU PT diduga sebagai pengganti UU BHP yang telah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK). “Dari berbagai aspek RUU PT ini banyak ditemukan kelemahan karena hanya mengubah bentuk dari UU BHP. Isi dan ruhnya sama.Dari sisi kajian filosofis, sosiologi dan yuridis juga sangat lemah,” katanya kemarin. Sudjito menjelaskan,secara filosofis-ideologis,RUU PT tersebut belum mampu mengaktualisasikan roh filosofi dan ideologi pendidikan Pancasila. Ruh itu yang seharusnya menjadi acuan nilai, tujuan, dan orientasi pendidikan tinggi yang diharapkan. Secara yuridis, RUU PT juga masih menyisakan masalah besar, terutama yang menyangkut dengan batas-batas substansi yang seharusnya diatur dalam rancangan undang- undang. Para penyusun RUU PT juga terkesan kurang memperhatikan substansi yang seharusnya diatur dengan UU, peraturan pemerintah, atau cukup dengan statuta.

…dst

7 ) UGM Buka Progam Studi Pengelolaan Laut
http://www.antaranews.com/berita/271110/ugm-buka-progam-studi-pengelolaan-laut

Rabu, 10 Agustus 2011 15:37 WIB |
Yogyakarta (ANTARA News) – Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan membuka Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut.”Kehadiran program studi baru itu diharapkan sejalan dengan kebijakan pemerintah dan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang dapat memberi manfaat bagi pengelolaan sumber daya kelautan,” kata Direktur Sekolah Pascasarjana UGM Hartono, di Yogyakarta, Rabu.Menurut dia pada sarasehan “Menuju Negara Maritim”, kehadiran program studi itu merupakan jawaban dari kebijakan pengelolaan kelautan yang selama ini dianggap belum ideal diterapkan di masyarakat.”Program studi itu diharapkan mendorong pemerintah untuk serius mendukung kebijakan kemaritiman. Meskipun sudah dimotori Deklarasi Djuanda, kebijakan belum fokus untuk masyarakat maritim,” katanya.Ia mengatakan, salah satu masalah mendasar dari optimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan adalah masih rendahnya sumber daya manusia di bidang kelautan dan perikanan.Padahal, dua pertiga wilayah Indonesia terdiri atas laut, 17.000 pulau, dan garis pantai terpanjang nomor dua di dunia.

…dst

8 ) Unnes Buka SPMU II
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/11/155737/Unnes-Buka-SPMU-II-

11 Agustus 2011
SEMARANG- Universitas Negeri Semarang (Unnes) masih membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) II untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin S1 dan Pendidikan Teknik Automotif S1. Pendaftaran dibuka secara online hingga 23 Agustus melalui spmu.unnes.ac.id.Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin mengatakan, seleksi mahasiswa baru dua prodi itu dilakukan menyusul turunnya surat mandat pembukaan program studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).”Karena itu, pendaftaran ini bukan untuk membuka penerimaan mahasiswa gelombang kedua, melainkan registrasi untuk prodi baru,” ungkapnya.

…dst

9 ) 2.000 Peserta Ikut Seleksi Masuk UMM
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/11/155736/2.000-Peserta-Ikut-Seleksi-Masuk-UMM

11 Agustus 2011
MALANG – Tes penerimaan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berlangsung seperti biasa.Namun, yang cukup menarik, di antara 2.000 peserta lulusan SMA dan pondok pesantren yang ikut gelombang III terdapat alumni Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu. Meski jumlah pastinya belum diketahui, menurut Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UMM Dr Ermanu Azizul Hakim MT, alumni Ponpes Al Zaytun rata-rata baru mendapat ijazah bulan ini, sehingga mereka baru ikut tes sekarang. Sementara dari lainnya dari Ponpes Gontor I sebanyak 23 orang. Ermanu menjelaskan, sebenarnya santri dari Ponpes Al Zaytun bukan kali ini saja ikut tes di UMM, tapi setiap tahun selalu ada lulusan dari pondok pesantren itu.

…dst

10 ) 9 Mahasiswa Jepang Ikut KKN di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/10/373/490500/9-mahasiswa-jepang-ikut-kkn-di-ugm

Rabu, 10 Agustus 2011 17:45 wib
JAKARTA – Sebanyak sembilan mahasiswa dari Ehime University Jepang, mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Universitas Gajah Mada (UGM). Terhitung sejak hari ini hingga 10 hari ke depan, para mahasiswa asal Negeri Sakura ini akan ditempatkan di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kelurahan Magelang. KKN-PPM yang ketiga kalinya itu akan mengangkat tema “Disaster Management”. Ketua program KKN-PPN UGM Mirwan Ushada mengatakan, para mahasiswa Ehime University ini berencana membuat leaflet tentang sadar bencana, “Khususnya bencana gunung Merapi dan Gempa Bum kepada murid Sekolah Dasar (SD),” kata Mirwan seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (10/8/2011).Ikutnya sembilan mahasiswa Ehime ini ke dalam kegiatan KKN-PPN, menurut Mirwan salah satu implementasi pelaksanaan kesepakatan MoU Ehime dengan UGM yang telah dirintis Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) sejak 2008 lalu.

…dst

11 ) UI Jadi Lokasi Alternatif Tempat Ngabuburit
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/10/373/490490/ui-jadi-lokasi-alternatif-tempat-ngabuburit

Rabu, 10 Agustus 2011 17:35 wib
DEPOK – Ada suasana berbeda jika Anda berkunjung ke kampus Universitas Indonesia (UI) saat menjelang berbuka puasa. Tidak hanya kalangan mahasiswa maupun pelajar, kampus UI, Depok pun ramai didatangi oleh warga, baik orang tua maupun kaum muda untuk berjalan-jalan sore aliasngabuburit. Sejak pukul 16.30 WIB, para pedagang makanan dan minuman mulai menjamur di area UI. Dari mulai kantin di pojok-pojok jalan ataupun gerobak dorong penjual makanan. Sepeda motor pun terlihat mulai padat saat sore hari memasuki area kampus UI. Rata-rata, mereka menghabiskan waktu menjelang buka puasa di bawah pepohonan yang rindang ataupun hanya sekedar duduk-duduk di pinggir Danau Salam UI, di samping Balairung. Sementara para mahasiswa, menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca buku di perpustakaan terbesar milik UI, serta bermain sepeda di jalur sepeda yang tersedia.

…dst

12 ) Bayar Trans Jogja ala Civitas Akademik UGM
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/10/373/490501/bayar-trans-jogja-ala-civitas-akademik-ugm

Rabu, 10 Agustus 2011 18:07 wib
JAKARTA – Pernah terpikir membayar sewa angkutan umum dengan menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)? Kondisi seperti itu mungkin hanya berlaku kalau kamu enggak punya uang saat makan siang dan menjadikan KTM-mu sebagai jaminanmu ya?Tetapi hal itu enggak berlaku untuk warga kampus Universitas Gajah Mada (UGM). Pasalnya, KTM sebagai tiket Bus Trans Jogja, akan diresmikan akhir September tahun ini.Ketua Tim Kerja Sama Penggunaan KTM UGM sebagai Tiket Trans Jogja Ahmad Munawar mengatakan, penggunaan KTM sebagai tiket ini bertujuan untuk mendukung peningkatan penggunaan angkutan umum di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).”Selain itu, hal tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan kampus UGM sebagai kampus educopolis,” kata Munawar, seperti yang disitat dari laman UGM, Rabu (10/8/2011).

…dst

13 ) Organisasi Mahasiswa Harus Saling Melengkapi
http://www.jpnn.com/read/2011/08/10/100282/Organisasi-Mahasiswa-Harus-Saling-Melengkapi-

Rabu, 10 Agustus 2011 , 07:47:00
JAKARTA – Indonesia merupakan negara majemuk. Organisasi mahasiswa punya peran penting dalam penyelenggaraan negara. ”Tidak bisa kalau berjalan sendiri-sendiri. Tanpa organisasi-organisasi mahasiswa, sangatlah tidak mungkin ada negara,” ungkap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dalam acara reuni antara Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di kediaman Ketua MPR Taufik Kiemas, Selasa (9/8).Alumnus HMI Cabang Yogyakarta ini mengibaratkan, HMI dan GMNI sebagai sepasang sepatu sehingga tidak mungkin digunakan sebelah saja. ”Kalau kita pakai sebelah saja, pasti ditertawakan orang. Jadi harus dipakai semua,” katanya.

…dst

14 ) Desain Mobil Bisa Raih Beasiswa S-2 di Italia
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/08/368/489363/desain-mobil-bisa-raih-beasiswa-s-2-di-italia

Senin, 08 Agustus 2011 12:16 wib
JAKARTA – Kamu memiliki bakat dalam mendesain mobil? Ingin melanjutkan studi S-2 di bidang tersebut? Ini dia kabar baik untukmu.Istituto d’Arte Applicata e Design (IAAD), Torino, Italia, menawarkan kesempatan beasiswa program master S-2 jurusan Desain Transportasi. Penawaran beasiswa yang bekerja sama dengan Giugiaro Desain ini dalam bentuk kompetisi desain mobil Ferrari F-25 Superfast yang nantinya akan diikut sertakan dalam Ferrari World Design Contest 2011.Kompetisi berhadiah beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa dengan gelar S-1 dalam bidang Desin Industri dan Transportasi, Teknik Otomotif, serta memiliki pengalaman profesional yang signifikan di bidang transportasi.Pemilihan pemenang kontes yang akan memperoleh beasiswa, terbagi dalam tiga kategori masing-masing satu orang. Pertama, mendapatkan beasiswa penuh 100 persen atau sebesar Euro 8.000 yang setara dengan Rp98 juta. Kedua, beasiswa 50 persen atau sebesar Euro 4.000 atau senilai Rp 49 juta. Terakhir, beasiswa 20 persen atau sebesar Euro 1.600 atau sebesar Rp19,6 juta.

…dst

15 ) Kemdiknas Akan Terapkan Pembelajaran Kelas Rangkap
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/10/1016068/Kemdiknas.Akan.Terapkan.Pembelajaran.Kelas.Rangkap

Rabu, 10 Agustus 2011 | 10:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama sejumlah instansi akan melakukan penataan guru terkait pendistribusian yang tidak merata antarwilayah melalui kebijakan pembelajaran kelas rangkap (multigrade teaching) untuk guru mata pelajaran serumpun. Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Syawal Gultom di Jakarta, Rabu (10/8/2011).”Sebenarnya Indonesia tidak kekurangan guru, persoalan hanya pada pendistribusian guru yang tidak merata, bahkan dapat dikatakan kelebihan pasokan guru sebesar 20 persen atau sekitar 500 ribu guru,” kata Syawal. Oleh karena itu, opsi kebijakannya adalah dengan melakukan redistribusi guru dan penerapan pembelajaran kelas rangkap. Nantinya, guru SMA bisa mengajar murid-murid SMP untuk mata pelajaran serumpun. “Demikian pula, guru SMP dapat memberikan pelajaran bagi murid SD,” katanya.

…dst

16 ) KPK Serius Tindak Oknum Kepsek dan Guru Penyeleweng Dana BOS dan Pungli
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/08/10/lppnum-kpk-serius-tindak-oknum-kepsek-dan-guru-penyeleweng-dana-bos-dan-pungli

Rabu, 10 Agustus 2011 18:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan serius untuk menindak oknum kepala sekolah dan guru yang menyelewengkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan melakukan pungutan liar. KPK akan menggandeng Kementerian Pendidikan Nasional dan Bank Dunia untuk membuat kemudahan akses laporan masyarakat terhadap dua bentuk penyimpangan tersebut.”Ya kita akan memaksimalkan kerjasama dengan Kemendiknas dan Bank Dunia,” kata Wakil Ketua KPK Bidanmg Pencegahan, M Jasin saat dihubungi Republika,Rabu (10/8). Jasin mengatakan, dalam kerjasama itu juga akan dilakukan perbaikan sistem penggunaan dana BOS di seluruh Indonesia sebagai bentuk upaya pencegahan korupsi. KPK tidak akan main-main dengan para pelanggarnya. Bagi yang melanggar, KPK akan memproses berdasarkan undang-undang.

…dst

17 ) Kemdiknas Luncurkan Perangkat Pendidikan Inklusif
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/11/155732/Kemdiknas-Luncurkan-Perangkat-Pendidikan-Inklusif

JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional meluncurkan tiga perangkat pendidikan inklusif. Perangkat dalam bentuk buku tersebut digunakan sebagai panduan untuk mengembangkan lingkungan inklusif ramah terhadap pembelajaran.”Perangkat ini merupakan pelengkap dari panduan sebelumnya. Diadaptasi dari UNESCO, buku ini telah diterapkan di berbagai negara,” kata Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdiknas Mudjito dalam siaran persnya, Rabu (10/8).Menurutnya, tiga topik tersebut memperkaya khasanah implementasi di sekolah. Dia menyebutkan, buku pertama berjudul “Disiplin Positif dalam Kelas Inklusif Ramah Pembelajaran-Panduan bagi Pendidik” berisi cara mendisiplinkan anak, mengatasi kekerasan fisik dan verbal, serta pendidikan karakter.Buku kedua berjudul “Saran Praktis Pembelajaran Kelas Besar -Panduan bagi Pendidik”, kemudian buku ketiga berjudul “Mengajar Anak-anak dengan Disabilitas dalam Seting Inklusif”.”Buku ketiga merupakan elaborasi sesuai jenis kebutuhan pada anak, sehingga guru umum mendapatkan pengetahuan bagaimana memperlakukan keragaman individu anak,” ujarnya.

…dst

OOT:

18 ) ARKEOLOGI
Temuan Perahu di Situs Air Sugihan
http://cetak.kompas.com/read/2011/08/11/02201092/temuan.perahu.di.situs.air.sugihan

11 Agustus 2011
Jakarta, Kompas – Tim peneliti arkeologi menemukan sisa-sisa perahu dari awal masa sejarah (proto sejarah) di situs Air Sugihan yang terletak di pantai timur Sumatera Selatan. Temuan itu memperkuat dugaan bahwa kawasan pantai timur Sumatera Selatan sudah terlibat dalam jaringan perdagangan antar- pulau sebelum kemunculan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 Masehi.Sisa-sisa perahu yang ditemukan tim peneliti berupa satu papan perahu sepanjang 10,7 meter, kemudi perahu, gading atau bagian penguat rangka, papan perahu bagian haluan dan buritan, serta dayung. Ada juga tali ijuk yang diduga digunakan untuk mengikat bagian papan kayu.

…dst

19 ) Tsunami Jepang Patahkan Es Antartika
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/11/249644/89/14/Tsunami-Jepang-Patahkan-Es-Antartika

Kamis, 11 Agustus 2011 06:10 WIB
TIDAK hanya Jepang, benua Antartika juga terkena dampak gempa 9 skala Ritcher yang disusul tsunami besar Maret lalu. Gelombang tsunami yang melintasi Samudera Pasifik membuat es di Antartika terbelah. Foto satelit menunjukkan adanya potongan besar es saat gelombang tsunami tersebut mencapai kawasan Sulzberger Ice Shelf yang berada di bagian barat Antartika. 125 kilometer es yang berada di kawasan itu selama 46 tahun, patah terkena gelombang. Patahan besar es tersebut kemudian mengapung di laut. Bongkahan terbesar berukuran memiliki panjang hingga 9 kilometer sedangkan yang terkecil 80 meter.

…dst

20 ) London Seperti Jakarta 1998
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/420091/38/

Thursday, 11 August 2011
LONDON– Seperti sebagian besar warga London, tidak ada rasa khawatir pada diri saya ketika mendengar kerusuhan melanda Tottenham, London utara, Sabtu (6/8) malam. Selain lokasinya jauh,saya juga berpikir itu hanyalah kerusuhan lokal. “Tottenham itu jauh di London utara dan hanya kecil saja kok kerusuhannya,” adalah jawaban saya yang tinggal di selatan London kepada keluarga, teman,dan rekan wartawan yang menghubungi dari Indonesia.” Kalau di luar Inggris,kerusuhan Tottenhammenjadiberita besar karena London selama ini kota yang aman,” imbuh saya. Pada Kamis (4/8),Mark Duggan, warga Tottenham, tertembak mati oleh polisi.Peristiwa itu menyulut kemarahan keluarga, teman-teman, dan warga sekitar pria kulit hitam berusia 29 tahun itu tinggal, yakni tidak jauh dari stadion klub sepak bola Tottenham Hotspurs.

…dst

21 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan Menengah
Kemdiknas Siapkan Tunjangan Khusus bagi Guru SLB
Kepsek Dianggap Tak Obyektif Menilai Guru
Kemdiknas Luncurkan 3 Tulkit Pendidikan Inklusif
Kasus Nazaruddin
Todung: Awasi Tas Tersegel Nazaruddin
Syarat Lengkap, Nazaruddin Boleh Pulang
Nazaruddin Dideportasi 
Lindungi Nazaruddin Dalam Perjalanan Kolombia-Jakarta
Komite Etik KPK Khawatir Nazaruddin Bakal Diracun
Komite Etik pun Khawatir Nazaruddin ‘Di-Munir-kan’
PD Tepis Ada Aliran Dana Dari Permai Group
Yulianis: Channel Rosa di DPR, Angie dan Wayan Koster!
Suap Wisma Atlet Ada Pengajuan Dana dari Permai Group untuk Angie & Wayan
Misteri ‘Apel Malang’ dan ‘Apel Washington’ Diungkap Yulianis
Saksi Kasus Nazaruddin – Pakai Cadar dan Dikawal Ketat 
Bebas Anak Jalanan
2014, Tidak Ada Lagi Anak Jalanan
Kerusuhan di London
Menlu Pastikan WNI di London Aman
London Seperti Jakarta 1998
London Mirip Mogadishu   
Hukuman Berat untuk Para Perusuh
Kerusuhan Meluas ke Kota Lain di Inggris Utara