1 ) World Batik Summit
Pengunjung Ramai, tapi Yang Beli Sedikit…
http://regional.kompas.com/read/2011/10/02/13195399/Pengunjung.Ramai.tapi.Yang.Beli.Sedikit.

Minggu, 2 Oktober 2011 | 13:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Penyewa stand di ajang World Batik Summit (WBS) mengeluhkan kurangnya minat pengunjung WBS terhadap kerajinan batik berupa kain. Sepinya minat pengunjung ini berdampak pada meruginya para penyewa stand tersebut. Seorang penjaga stand Batik Nanas Indah, dari Pamekasan, Madura, Muhammad Munir (50) mengatakan, antusiasme masyarakat (pengunjung) dalam WBS sebenarnya sudah sangat baik. Hal itu ia katakan mengingat ramainya jumlah pengunjung, terlebih pada hari terakhir penyelenggaraan WBS, Minggu (2/10/2011). Akan tetapi, keluhnya, ramainya pengunjung tidak diimbangi dengan meningkatnya pendapatan. Khususnya bagi para penyewa stand yang menjual batik dalam bentuk kain (bukan pakaian jadi).

…dst

2 ) Kampus Gandeng Kaum Ibu Membatik
http://regional.kompas.com/read/2011/10/02/16164641/Kampus.Gandeng.Kaum.Ibu.Membatik

Minggu, 2 Oktober 2011 | 16:16 WIB
Petra Surabaya, menggandeng kaum ibu di Kalijaten, Sepanjang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, untuk kegiatan membatik. Para ibu diajari melakukan proses membatik mulai dari mewarnai hingga membatik. Kaum ibu tak sekadar membatik tetapi juga berkesempatan berdiskusi tentang bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai kain batik. Kaum ibu tersebut sedang belajar tentang batik di Laboratorium Bahan, UK Petra. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Mandiri dan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UK Petra (LPPM UKP). Menurut Kepala Laboratorium Bahan UK Petra sekaligus pengajar pelatihan, Andreas Pandu Setiawan, dalam pelatihan membatik dia dibantu empat orang mahasiswa Jurusan Interior UK Petra, yang sebelumnya telah mendapat pengajaran membatik di bangku kuliah.

…dst

3 ) UNS Jajaki Pengembangkan Batik Kimono
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/02/264712/293/14/UNS-Jajaki-Pengembangkan-Batik-Kimono

Minggu, 02 Oktober 2011 16:36 WIB
SOLO–MICOM: Institut Javanologi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) Solo dan Japan-Indonesia Costume Culture Association (JICCA) menjajaki kerja sama pengembangan batik kimono. Kepala Institut Javanologi LPPM UNS, Sahid Teguh Widodo mengatakan kerja sama ini akan membawa dampak positif di masa depan. Bukan cuma akan semakin mempererat hubungan Indonesia dengan Jepang melainkan bisa mendorong pula tumbuhnya industri kreatif di kedua negara. “Itu yang menjadi harapan kami, bahwa kerjasama ini nanti bisa menjurus pada industri kreatif,” jelasnya di sela-sela pembukaan Pameran Batik-Kimono di Gallery Batik Semar Solo, Minggu (2/10).

…dst

4 ) Penelitian Teraneh Dapat Penghargaan
http://sains.kompas.com/read/2011/10/02/14255795/Penelitian.Teraneh.Dapat.Penghargaan

Minggu, 2 Oktober 2011 | 14:25 WIB
KOMPAS.com – Sejumlah penelitian teraneh mendapat penghargaan pada ajang “Ig Nobel Prize” ke 21. Ig Nobel merupakan parodi dari penghargaan nobel yang diberikan rutin setiap tahun. Semua peraih “Ig Nobel Prize” ini mendapat piala yang diserahkan oleh peraih penghargaan nobel yang sebenarnya. Penelitian aneh yang mendapat penghargaan antara lain “Tak Ada Bukti Fenomena Menguap yang Menular pada Kura-kura Berkaki Merah” dalam bidang fisiologi serta studi mengapa orang punya kebiasaan mendesah pada bidang psikologi. Ada pula studi kasus mengapa orang pusing ketika melempar cakram dan tidak saat melempar palu” pada bidang fisika. Pada bidang matematika judul penelitian yang menang adalah penggunaan prediksi kiamat sepanjang sejarah agar orang berhati-hati dalam menghitung. Pada bidang biologi, Professor Daryll Gwynne yang merupakan ahli ekologi perilaku memenangkan penghargaan dengan membuat penelitian mengapa ada kumbang jantan spesies Julodimorpha bakewelli “bunuh diri” karena lebih tertarik “mengawini” botol bir daripada kumbang betina. “Saya merasa terhormat. Penghargaan ini membuat orang berpikir dan sedikit tertawa,” kata Gwynne. Ia memublikasikan hasil penelitian itu pada tahun 1983 dan mengaku telah lama menunggu kabar bahwa ia akan memenangkan penghargaan ini.

…dst

5 ) Pendidikan jarak jauh ratakan kesempatan siswa
http://www.antaranews.com/berita/277994/pendidikan-jarak-jauh-ratakan-kesempatan-siswa

Minggu, 2 Oktober 2011 17:53 WIB |
Nusa Dua (ANTARA News) – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Muhammad Nuh, mengemukakan bahwa pendidikan jarak jauh dan terbuka dapat menjadi jawaban memeratakan kesempatan pendidikan bagi siswa di mana pun berada.”Pendidikan jarak jauh dan terbuka adalah jawaban terhadap hambatan yang dimiliki banyak negara di dunia untuk memeratakan kesempatan memperoleh pendidikan, utamanya pendidikan tinggi,” katanya saat membuka konperensi dunia pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) ke-24 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu.Universitas Terbuka (UT) didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan konferensi ini sebagai salah satu agenda dari “International Council for Open and Distance Education” (ICDE) yang ditujukan sebagai forum berbagi pengalaman, gagasan dan strategi penting dalam pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh.Ia mengatakan, angka partisipasi kasar perguruan tinggi di Indonesia sekitar 26 persen, untuk itu Indonesia masih memerlukan banyak sumber daya dan kreativitas yang dapat membuat angka tersebut meningkat secara signifikan.”Pendidikan dengan sistem terbuka dan jarak jauh merupakan salah satu kreativitas yang harus dieksplorasi dan dieksploitasi semaksimal mungkin kemampuannya sehingga dapat menarik sebanyak mungkin manfaat bagi pembangunan pendidikan,” ucapnya.

…dst

6 ) Siswa SMAN 3 Denpasar luncurkan televisi online
http://www.antaranews.com/berita/277891/siswa-sman-3-denpasar-luncurkan-televisi-online

Sabtu, 1 Oktober 2011 18:14 WIB |
Denpasar (ANTARA News) – Siswa SMAN 3 Denpasar meluncurkan MPTV online atau televisi berjejaring yang dapat diakses dan disaksikan oleh seluruh orang di dunia.”Televisi online secara resmi kami luncurkan sejak Jumat (30/9), begitu juga dengan siaran perdananya yang menarik berbagai orang di seluruh dunia,” kata Made Pradnyawati Chania, penggagas MPTV onlinetersebut di Denpasar, Sabtu. Dia menjelaskan, peluncuran televisi online satu-satunya yang digarap siswa SMA itu merupakan terobosan dari para murid yang tergabung dalam ekstrakulikuler Madyapadma Journalistic Park. Sebelumnya, tambah Pradnyawati, pihaknya juga telah sukses meluncurkan televisi kabel dengan program siaran yang merupakan garapan para siswa pada kegiatan ekstra tersebut.”Pada hari pertama peluncuran televisi online, cukup banyak penonton program perdana yang kami suguhkan,” ujarnya menjelaskan. Para penonton itu, tidak hanya para alumni yang berada di berbagai kota di Tanah Air, namun juga dari luar negeri, seperti Inggris dan Amerika Serikat.Pradnyawati mengatakan, televisi tersebut dapat disaksikan di www.blogtv.com/people/mptv-online.

…dst

7 ) Puzzle raksasa meriahkan “industrial game” di Ubaya
http://www.antaranews.com/berita/277840/puzzle-raksasa-meriahkan-industrial-game-di-ubaya

Jumat, 30 September 2011 23:20 WIB |
Surabaya (ANTARA News) – Puzzle (permainan menyusun kepingan) raksasa berukuran 7 x 7 meter yang dimainkan 180 siswa SMA se-Jatim memeriahkan “Industrial Games” yang digelar Teknik Industri (TI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Surabaya (Ubaya) di Lenmarc Mall, Surabaya Barat, Jumat. “Kegiatan untuk rangkaian Lustrum Teknik Ubaya ke V (25 tahun) itu menarik, karena puzzle yang sempurna akan membentuk wajah tokoh-tokoh penemu di bidang teknologi,” kata ketua pelaksana, Christian. Mahasiswa jurusan Teknik Industri semester 5 itu menjelaskan Industrial Game 2011 mengusung tema “Techopreneurship” yang mengajari peserta menggunakan teknologi sebagai kemudahan untuk mendapatkan keuntungan dalam berbisnis.

…dst

8 ) ITS juara tiga “chem-e car” di Jerman
http://otomotif.antaranews.com/berita-otomotif/1317200064/its-juara-tiga-chem-e-car-di-jerman

Rabu, 28 September 2011 15:54 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Tim “Spektronics-3” ITS Surabaya yang membawa mobil berbahan bakar pemutih pakaian meraih juara umum ketiga dalam Chemical Engineering Car Competition (Chem-E Car) 2011 di Jerman, 26-28 September. “Tim ITS (Spe-K Tronics) berhasil menorehkan nama harum Indonesia dalam ajang kompetisi Chem-E Car di Eropa yang kali ini diselenggarakan di Berlin,” kata Dosen Pembimbing Tim Spectronics-3, Hamzah Fansuri PhD, kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Berlin, Rabu. Dalam kompetisi bersamaan dengan 8th European Congress of Chemical Engineering yang diselenggarakan European Federation of Chemical Engineering itu, katanya, tim ITS mampu menggeser universitas ternama di Jerman yang gagal masuk “lima besar” yakni TU Berlin, RW TH Aachen, TU Dresden, dan TU Clausthal. “Tim ITS menjadi juara ketiga setelah TU Dortmund dan Uni Bremen. Tim ITS kalah dalam presentasi dan ketidakmengertian kebiasaan saintis Jerman,” katanya.

…dst

9 ) Penyaluran BOS Kembali ke Sistem Lama
http://www.jpnn.com/read/2011/10/02/104470/Penyaluran-BOS-Kembali-ke-Sistem-Lama-

Minggu, 02 Oktober 2011 , 01:31:00
JAKARTA – Sistem pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tampaknya akan kembali mengalami perubahan. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh, memberikan sinyal setuju terhadap hal tersebut. Sebab, pemerintah tidak mau lagi menanggung malu karena banyaknya kasu kasus keterlambatan pencairan dana tersebut. Tahun depan, skenario pencairan bisa dirubah yakni dari pemerintah pusat langsung ke sekolah penerima, bukan dilewatkan pemerintah daerah seperti yang berjalan saat ini. Menidknas mengaku sudah mendapat laporan hasil survei terkait tentang pemerintah kabupaten dan kota terhadap sistem baru pencairan dana BOS. Seperti diketahui, hasil survei yang digarap Ditjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendiknas itu menyebutkan 88 persen dari 481 pemerintah daerah berharap mekanisme pencairan dana BOS dikembalikan ke model lama. Yaitu, dari pemerintah pusat langsung ke sekolah penerima. Kondisi yang terjadi sekarang, dana BOS dicairkan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke kas pemerintah kabupaten atau kota. Selanjutnya, baru ditransfer ke sekolah penerima. Nah, keterlambatan kerap terjadi karena pemerintah daerah takut mencairkan dana BOS ke sekolah penerima. Akibatnya, sekolah yang kurang kuat pendanaan, terpaksa memungut sejumlah uang dari siswa untuk menutup ongkos operasional.

…dst

10 ) Lembaga Sertifikasi Lisensi Pilot Mendesak Dibentuk
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/10/264436/293/14/Lembaga-Sertifikasi-Lisensi-Pilot-Mendesak-Dibentuk

Sabtu, 01 Oktober 2011 08:32 WIB
JAKARTA–MICOM: Anggota Komisi V DPR Sigit Soesiantomo mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera mendorong terbentuknya Lembaga Sertifikasi Profesi Independen untuk pilot. “Lembaga Sertifikasi yang terakreditasi secara Internasional inilah yang nantinya akan memberikan lisensi kepada calon pilot dan juga memvalidasi lisensi pilot sebagai syarat perpanjangan sertifikasi profesi pilot ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (30/9). Sigit mengingatkan berdasarkan Pasal 58 UU no.1/2009 tentang Penerbangan diyatakan bahwa setiap personil pesawat udara wajib memiliki lisensi yang dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan. Lisensi ini dapat diperoleh setelah yang bersangkutan memenuhi persayaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memiliki sertifikasi kompetensi di bidangnya dan lulus ujian.

…dst

11 ) Sekilas dalam Negeri
Ssssttt… Ini Dia Bocoran Skenario Reshuffle Terbaru, Ada 10 Menteri yang Diganti
Presiden Timbang-Timbang Nama Menteri
Musibah Jatuhnya Pesawat CASA
18 Korban Pesawat CASA Berhasil di Evakuasi
Seluruh Korban Casa 212 Berhasil Dievakuasi 
Diperkirakan Sabtu Siang, Korban CASA Masih Hidup
Jasad Korban Casa 212 Diangkat Satu-persatu
Kecil Kemungkinan Korban Bisa Bertahan Hidup
Semua Penumpang Tewas di Tempat Duduk
”Kenapa Dibiarkan Lama-lama Anak Kecil di Hutan,”
Kronologi Kecelakaan Pesawat CASA
Berita Libya
NATO prihatin 10.000 rudal di Libya lenyap
Gawat! Rudal yang Hilang dari Libya Ternyata Ada 10 Ribu Unit
5.000 rudal SAM-7 hilang di Libya
Jubir Gaddafi bantah ditangkap
NTC: Juru bicara Gaddafi ditangkap di luar Sirte
Palestina Merdeka
Kongres AS bekukan bantuan ke Palestina
‘Hukum’ Palestina, Kongres AS Potong Dana Bantuan 200 Juta Dolar
Israel Ingin Palestina Balik ke Meja Perundingan, Tapi Tetap Bangun Permukiman di Jerusalem
‘Nasib’ Palestina Dibahas dalam Pertemuan Komite PBB
Mekah
Hujan Es Landa Mekah
Jemaah Calon Haji Indonesia Mulai Tiba di Tanah Suci
McDonald
McDonald’s Terancam Bangkrut