1 ) Kemdikbud Perketat Sistem Sertifikasi Guru dan Dosen
Lantaran Hasil Masih Memble
http://www.jpnn.com/read/2011/10/25/106476/Kemdikbud-Perketat-Sistem-Sertifikasi-Guru-dan-Dosen-

Selasa, 25 Oktober 2011 , 04:25:00
JAKARTA – Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meningkatkan kualitas guru dan dosen melalui sertifikasi, mendapat tanggapan miring. Diantara penyebabnya, sebagian guru dan dosen yang lolos program tersebut belum menunjukkan peningkatan kualitas signifikan. Sistem seleksi sertifikasi baru diterapkan mulai tahun depan. Kementerian yang baru saja berubah nama dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) itu tidak ingin kualitas tenaga pendidik jebolan sertifikasi terus-terusan memble. Dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi X DPR kemarin (24/10), Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan bakal memperketat sistem sertifikasi guru dan dosen. Dia tidak ingin anggaran sertifikasi guru dan dosen sebesar Rp 64 triliun menguap begitu saja tanpa dibarengi peningkatan kualtias profesionalisme guru dan dosen. “Semua anggaran itu (RP 64 triliun) dialokasikan untuk peningkatan kompetensi serta profesionalisme guru dan dosen. Maka perlu kebijakan peningkatan hasil sertifikasi,” papar mantan rektor ITS tersebut.

…dst

2 ) Kementerian Pendidikan Perketat Proses Sertifikasi Guru dan Dosen
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/24/brk,20111024-363059,id.html

SENIN, 24 OKTOBER 2011 | 21:27 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperketat seleksi sertifikasi guru dan dosen umtuk menekan anggaran belanja pegawai. Pada 2012 saja, rencana belanja di Kemendikbud naik menjadi Rp. 9,9 triliun dibanding 2011 sebesar Rp. 7,4 triliun.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, mengatakan, kenaikan tersebut disebabkan tingginya komponen Gaji, tunjangan pegawai, gaji dosen dan tunjangan guru besar. “Selain itu, adanya sertifikasi untuk dosen dan terus bertambahnya guru besar” kata Nuh, dalam Rapat Kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat, dalam pembahasan Rancangan Anggaran Perubahan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2012, di Gedung DPR, Senin, 24 Oktober 2011.Maka dari itu, Kemendikbud, kata Nuh, akan memperketat proses sertifikasi. Jika sebelumnya proses sertifikasi cukup singkat, yaitu proses Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), lalu ujian dan dinyatakan lulus, guru bisa langsung mendapatkan tunjangan sertifikasi.”Nanti akan ada seleksi kompetensi akademik sebelum dinyatakan lulus ke tahap PLPG. Sehingga yang lulus di sini kompetensi akademiknya memadai,” katanya.

…dst

3 ) Nuh Keberatan Pendidikan Tinggi “Pindah” ke Kemristek
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/16354726/Nuh.Keberatan.Pendidikan.Tinggi.Pindah.ke.Kemristek

Senin, 24 Oktober 2011 | 16:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh keberatan jika pengelolaan pendidikan tinggi dipisahkan dari kementerian yang dipimpinnya. Pekan lalu, Wakil Ketua Komisi X Rully Chairul Azwar mewacanakan agar pendidikan tinggi dikelola oleh kementerian tersendiri atau dialihkan ke Kementerian Riset dan Teknologi. Menurutnya, hal itu perlu dipertimbangkan agar pendidikan tinggi dapat lebih fokus melakukan penelitian.Nuh berpandangan, jika alasannya untuk menguatkan penelitian, maka yang perlu dilakukan adalah penguatan sumber daya manusia, bukan memisahkan pengelolaan pendidikan tinggi dari Kemdikbud.”Untuk mengoptimalkan riset yang harus diperkuat adalah sumber dayanya,” kata Nuh, Senin (24/10/2011), di Jakarta.Dengan alasan kesesuaian, menurutnya, pengelolaan pendidikan tinggi masih ideal berada di bawah naungan Kemdikbud. Akan tetapi, ia menghargai wacana yang muncul.

…dst

4 ) RUU Perguruan Tinggi Akan Batasi PT Asing
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/438630/38/

Tuesday, 25 October 2011
JAKARTA – Pemerintah akan membatasi beroperasinya perguruan tinggi asing (PTA) di Indonesia sejalan dengan sedang dibahasnya RUU Perguruan Tinggi (RUU PT) dengan DPR.Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, saat ini RUU tersebut dalam tahap pengumpulan masukan dari perguruan tinggi negeri dan swasta. “Tujuan akhirnya ialah pemerintah akan membuat peraturan yang berpihak pada kepentingan masa depan pendidikan Indonesia dan antisipasi perkembangan dunia pendidikan tinggi ke depan,” ujar Djoko di Jakarta kemarin. Menurut dia,saat ini tengah dibahas secara intensif tentang keberadaan PTA.Prinsip dasar PTA nanti haruslah nirlaba.Selain itu PTA tidak boleh berdiri sendiri, melainkan dapat berinvestasi di Indonesia dengan cara kerja sama dengan perguruan tinggi Indonesia. “Harus berkurikulum Indonesia dan tenaga pengajarnya harus berkolaborasi dengan pengajar Indonesia,”jelasnya.

…dst

5 ) Indonesia incar posisi anggota Badan Eksekutif UNESCO
http://www.antaranews.com/berita/281343/indonesia-incar-posisi-anggota-badan-eksekutif-unesco

Senin, 24 Oktober 2011 17:46 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Indonesia mengincar posisi anggota Badan Eksekutif Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO) untuk merepresentasikan Indonesia di forum Internasional pada pemungutan suara di badan dunia yang berkantor pusat di Paris, Prancis, tersebut.”Indonesia akan mengajukan diri sebagai calon anggota Executive Board (Badan Eksekutif) UNESCO pada pemilu tanggal 3 November besok,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhammad Nuh, Senin.Menurut Mendikbud, keuntungan Indonesia jika bisa menjadi salah satu anggota Badan Eksekutif UNESCO adalah bisa merepresentasikan Indonesia di dalam forum internasional.Selain itu, ia mengemukakan, Indonesia juga bisa memberikan berbagai pandangan dan ide untuk masyarakat dunia, terutama berkaitan dengan keragaman budaya.”Intinya ke depan, kita harus membangun keharmonisan di dalam membangun tatanan dunia,” katanya.

…dst

6 ) Bahasa Indonesia berpeluang jadi Bahasa ASEAN
http://www.antaranews.com/berita/281270/bahasa-indonesia-berpeluang-jadi-bahasa-asean

Senin, 24 Oktober 2011 08:49 WIB
Cagayan de Oro, Filipina (ANTARA News) – Kemungkinan Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kedua di lingkup ASEAN setelah bahasa Inggris semakin membesar dengan semakin banyaknya peminat bahasa ini di ASEAN, termasuk Filipina.”Selamat pagi bapak-bapak dan ibu-ibu, selamat datang di Filipina. Apa kabar anda semua?” kata Sekretaris Kepresidenan Filipina untuk Bidang Komunikasi, Herminio B. Coloma, Jr. saat membuka Forum Media BIMP-EAGA (Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippnies/East Asia Growth Area) di Cagayan de Oro, Mindanao, Flipina Selatan, baru-baru ini. Coloma melontarkan kalimat-kalimat tersebut dalam Bahasa Indonesia yang fasih sebelum menggunakan Bahasa Inggris kepada para peserta forum dari Brunei, Indonesia, Malaysia dan Filipina yang diselenggarakan paralel dengan pertemuan tingkat menteri ke-16 BIMP-EAGA di kota ini.

…dst

7 ) Di Indonesia, Gaji Profesor Lebih Rendah dari Guru SD
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/25/06121692/Di.Indonesia.Gaji.Profesor.Lebih.Rendah.dari.Guru.SD

Selasa, 25 Oktober 2011 | 06:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ketidakpedulian pemerintah terhadap kegiatan riset antara lain dibuktikan dengan rendahnya gaji profesor riset. Bahkan, gaji berikut tunjangan seorang profesor riset yang berada dalam pangkat tertinggi golongan IV/E masih lebih rendah daripada gaji guru sekolah dasar di Jakarta dan sekitarnya.Gaji pokok seorang profesor riset golongan IV/E di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), misalnya, saat ini Rp 3,6 juta per bulan. Gaji ini ditambah tunjangan peneliti Rp 1,6 juta per bulan. “Jadi, total gaji yang saya terima Rp 5,2 juta per bulan,” kata Prof Dr Ir Jan Sopaheluwakan, MSc, pakar ilmu kebumian yang sudah bekerja sekitar 30 tahun di LIPI. Pendapatan seorang profesor riset yang menduduki jabatan struktural sedikit lebih tinggi karena mendapatkan tunjangan jabatan Rp 3,2 juta per bulan. “Gaji pokoknya sama, Rp 3,6 juta per bulan, dan tidak bisa naik lagi karena sudah berada dalam golongan pangkat tertinggi IV/E,” kata Prof Dr Ir Bambang Subiyanto, MAgr, pakar biomateria yang juga Kepala Pusat Inovasi LIPI, di Jakarta, Senin (24/10/2011).

…dst

8 ) Kementerian Pendidikan Dirikan Institut Seni dan Budaya
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/24/brk,20111024-363003,id.html

SENIN, 24 OKTOBER 2011 | 15:43 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2012 berencana mendirikan Institut Seni dan Budaya. “Kami sempat sampaikan pada Raker yang dulu. Lalu ada tugas tambahan di kementerian kami tentang kebudayaan. Jadi kami akan membangun Institut Seni dan Budaya,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh saat rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senin, 24 Oktober 2011. Menteri Nuh belum memastikan dimana Institut Seni dan Budaya itu akan dibangun. Namun, didirikannya institut tersebut, kata Nuh, merupakan tindak lanjut setelah Kementerian Pendidikan dilebur dengan Kebudayaan setelah reshuffle atau perombakan kabinet oleh Presiden Yudhoyono beberapa waktu lalu. Institut Seni yang sudah ada, kata Nuh, akan dikonversi menjadi Institut Seni dan Budaya. “Jadi, semuanya tidak hanya seni, tapi juga dengan budaya,” ujarnya.

…dst

9 ) Menyambut Rencana UU Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/10374717/Menyambut.Rencana.UU.Pendidikan.Tinggi

Senin, 24 Oktober 2011 | 10:37 WIB
KOMPAS.com — Baru-baru ini dua tragedi besar terjadi di perguruan tinggi. Pertama, gedung Fakultas Teknik dibakar mahasiswa Fakultas Pertanian yang tawuran di Universitas Negeri Gorontalo. Kedua, tragedi kekerasan terjadi di Akademi Kepolisian. Di asrama taruna, kekerasan terjadi hampir setiap tengah malam.Dua kasus tersebut menunjukkan bahwa budaya kekerasan terjadi di dua jalur pendidikan tinggi yang berbeda, yaitu pendidikan tinggi umum dan pendidikan kedinasan. Penyelesaiannya? Kasus tersebut hanya dipandang sebagai masalah hukum. Itu pun tidak diselesaikan sampai tuntas. Padahal, persoalan ini membutuhkan penyelesaian dari bidang pendidikan. Kekerasan yang terjadi di lembaga pendidikan menggambarkan kesalahan dalam prinsip pelaksanaan pendidikan dan fungsi pendidikan.

…dst

10 ) Aptisi Desak Penundaan Pengesahan RUU PT
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/24/270794/293/14/Aptisi-Desak-Penundaan-Pengesahan-RUU-PT

Senin, 24 Oktober 2011 23:42 WIB
JAKARTA–MICOM: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta se-INdonesia (Aptisi) mendesak DPR tidak tergesa gesa mengesahkan Rancangan Undang tentang Pendidikan Tinggi (RUU PT) yang tengah digodok Komisi X DPR dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Aptisi berpendapat RUU PT tidak segera disahkan mengingat draf yang ada masih mengandung banyak hal yang belum memenuhi harapan masyarakat, termasuk kalangan perguuruan tinggi swasta,” kata Ketua Umum Aptisi Edi Suandi Hamid pada pelantikan pengurus Aptisi 2011-2015 di Jakarta, Senin (24/10). Edy didampingi Sekjen Aptisi Suyatno mengingatkan jika RUU PT tidak ditunda, dikhawatirkan masyarakat yang tidak puas akan melakukan judicial review dan membatalkan RUU tersebut. “Amat sayang kalau diundangkan tetapi dibatalkan berapa miliar uang negara dihabiskan seperti juga dibatalkannya UU BHP belum lama ini,” cetus Edy yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu.

…dst

11 ) PTS Akan Lebih Peka Persoalan Masyarakat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/11264397/PTS.Akan.Lebih.Peka.Persoalan.Masyarakat

Senin, 24 Oktober 2011 | 11:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Edy Suandi Hamid mengatakan, APTISI akan meningkatkan perannya, tidak hanya mengkaji hal-hal pengembangan perguruan tinggi itu sendiri, melainkan juga akan ikut mengkaji semua persoalan besar yang ada di tengah-tengah masyarakat.Edy menjelaskan, peningkatan peran tersebut sebagai upaya agar perguruan tinggi swasta (PTS) tidak seperti yang dikritik sejumlah pihak sebagai “menara gading” yang lepas dari persoalan kehidupan masyarakat. Dalam konteks pengembangan PTS, APTISI akan menjalin sebanyak mungkin kerjasama, terutama dengan unit terkait, dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Selain itu, pihaknya juga akan mencermati Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang saat ini tengah dibahas di DPR

…dst

12 ) Bantuan Libya untuk Proyek Pesantren dan Universitas Kandas
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/24/brk,20111024-362955,id.html

SENIN, 24 OKTOBER 2011 | 13:01 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Proyek pembangunan pesantren dan universitas bantuan World Islamic Call Society (WICS) di Indonesia kandas karena situasi politik di Libya. “Maret 2011 sudah peletakan batu pertama di Sentul Bogor, tapi proyek pondok pesantren dan Kulliyah Da’wah (sejenis akademi atau universitas) itu akhirnya batal,” ujar tokoh pendiri Lembaga Persahabatan Indonesia-Libya (LPIL), Lutfi A Tamimi, Senin, 24 Oktober 2011. Meski sudah peletakan batu pertama, dana bantuan dari Pemerintah Libya melalui WICS belum dikucurkan. WICS merupakan perkumpulan lebih dari 250 organisasi Islam yang didirikan dan didanai Pemerintah Libya semasa kepemimpinan Muammar Qadhafi. WICS membantu negara-negara berkembang di bidang pendidikan, keagamaan, budaya, sosial, dan ekonomi. WICS juga bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (Unicef) dan United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (Unesco). Selain pesantren dan universitas, juga akan dibangun fasilitas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Pengajaran di pesantren dan universitas tersebut akan disesuaikan dengan pendidikan agama Islam sesuai dengan konteks keindonesiaan. “Rencananya ada tiga pengajar dari Libya dan sisanya diambilkan dari kalangan akedemisi dan cendekiawan di Indonesia,” ucap Lutfi.

…dst

13 ) DPR Ingin Anggaran Pendidikan Naik Rp 32 Triliun
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/25/brk,20111025-363083,id.html

SELASA, 25 OKTOBER 2011 | 03:21 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Hujan interupsi mewarnaiRapat Komisi X DPR membahas anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rancangan Anggaran Perubahan Belanja Negara 2012. DPR menganggap usulan dana Rp 64,351 triliun terlalu sedikit bagi Kementerian tersebut.”Anggaran harus ditambah agar target sekolah gratis itu bisa tercapai dan tidak ada lagi pungutan sekolah. Kami akan bersama menteri untuk merealisasikannya,” kata Kahar Muzakir, anggota Komisi X DPR saat rapat kerja dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung DPR, Senayan, Senin, 24 Oktober 2011.Politikus Partai Golkar ini menganggap pagu anggaran dari Nota Keuangan sebesar Rp 57,818 triliun, Bagian Anggaran 999 Rp. 3,506 triliun, Optimalisasi Rp. 3,014 triliun dan BLU – PNBP Rp 13 miliar sulit mencapai target sekolah gratis bagi masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diminta lebih berani mengajukan anggaran. Tujuannya supaya target program tercapai sebelum masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono berakhir.

…dst

14 ) Marzuki : 20 persen anggaran pendidikan perlu diperjelas
http://www.antaranews.com/berita/281384/marzuki–20-persen-anggaran-pendidikan-perlu-diperjelas

Senin, 24 Oktober 2011 21:57 WIB
Padang (ANTARA News) – Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen yang terdapat pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) perlu diperjelas agar lebih tepat sasaran dan bermanfaat.”Selama ini alokasi anggaran sebesar 20 persen pada APBN belum memiliki konsep yang jelas. Pada beberapa kementerian yang memiliki keterkaitan sama-sama mengalokasikan dana untuk pendidikan, katanya usai memberikan kuliah umum di IAIN Imam Bonjol. Menurut dia, akhirnya hal itu menyebabkan visi pendidikan menjadi tidak jelas karena semua kementerian sama-sama mengalokasikan anggaran sesuai dengan konsep masing-masing.”Ini menyebabkan uang yang telah dialokasikan nilainya besar, tapi dampaknya tidak dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” lanjut politisi Partai Demokrat itu

…dst

15 ) Raker DPR-Mendikbud
DPR Pertanyakan Visi Kemdikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/1532479/DPR.Pertanyakan.Visi.Kemdikbud

Senin, 24 Oktober 2011 | 15:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi X DPR RI Raihan Iskandar mengatakan, visi besar mengembalikan kebudayaan ke dalam Kementerian Pendidikan harus diimbangi dengan langkah yang konkrit. Pernyataannya ini menanggapi paparan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (24/10/2011), di Gedung DPR, Jakarta. Raihan menilai, paparan yang disampaikan oleh Mendikbud hanya terfokus pada besarnya anggaran yang diperlukan. Setelah kembalinya urusan kebudayaan kepada Kementerian Pendidikan, ia menilai Mendikbud belum menyampaikan rencana konkrit tentang langkah apa yang akan ditempuhnya untuk mewujudkan visi mengenai kebudayaan.

…dst

16 ) Dedi Gumelar: Pantas Pendidikan Kita Tak Bermutu
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/14581152/Dedi.Gumelar.Pantas.Pendidikan.Kita.Tak.Bermutu

Senin, 24 Oktober 2011 | 14:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi X DPR, Dedi Gumelar, melayangkan kritiknya dalam rapat kerja antara komisi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (24/10/2011), di Gedung DPR, Jakarta. Ia menyayangkan sempitnya waktu yang dimiliki DPR bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk membahas anggaran pendidikan. Menurut dia, pemerintah harus meluangkan waktu yang tak terbatas dalam membahas anggaran pendidikan yang dinilainya merupakan hal yang sangat penting.

…dst

17 ) Mendikbud Didesak Tetapkan Pagu Anggaran
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/13181781/Mendikbud.Didesak.Tetapkan.Pagu.Anggaran

Senin, 24 Oktober 2011 | 13:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh didesak untuk segera menetapkan pagu anggaran kementeriannya oleh Komisi X DPR RI. Desakan tersebut dilontarkan salah seorang anggota Komisi X DPR asal Fraksi PDI Perjuangan I Wayan Koster, dalam rapat kerja DPR RI dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (24/10/2011), di Gedung DPR, Jakarta.Menurut Koster, desakan terhadap Kemdikbud karena waktu yang tersedia sudah sangat sempit. Pengambilan keputusan tingkat I mengenai APBN akan dilaksanakan pada Rabu (26/10/2011) mendatang. Keputusan soal APBN ini akan diketok palu pada sidang paripurna yang dijadwalkan pada Jumat, 28 Oktober 2011.

…dst

18 ) Wamendikbud diminta rumuskan cetak biru kebudayaan
http://www.antaranews.com/berita/281418/wamendikbud-diminta-rumuskan-cetak-biru-kebudayaan

Selasa, 25 Oktober 2011 02:52 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PKS Rohmani mendesak Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang kebudayaan untuk merumuskan cetak biru pembangunan budaya bangsa melalui pendidikan.”Kami menginginkan Wamendikbud bidang kebudayaan segera bekerja merumuskan pembangunan budaya bangsa,” katanya dalam penjelasan melalui surat elektronik di Jakarta, Senin.”Selama ini kita prihatin lemahnya budaya dan karakter bangsa seperti kejujuran, etos kerja, toleransi dan lain sebagainya. Ini terjadi karena kita belum memiliki cetak biru pembangunan budaya bangsa,” tambahnya. Ia mengemukakan bahwa cetak biru pembangunan budaya bangsa itu harus memiliki target jangka pendek dan jangan panjang.

…dst

19 ) Kemendikbud Akan Evaluasi Peredaran Film
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/438663/

Tuesday, 25 October 2011
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengevaluasi peredaran film, terkait makin banyaknya film yang mengandung muatan negatif.Wamendikbud Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, berdasarkan Pasal 1 UU No 33 Tahun 2009 tentang Perfilman, kementerian yang mengurusi tentang film ialah Kemendikbud. Wiendu menegaskan, peredaran film-film saat ini sangat mendesak untuk ditata ulang. Posisi yang paling menentukan akan peredaran film yang bermutu ini, ungkap Wiendu, ialah di tangan lembaga sensor film. Saat ini, jelas dia, sedang ada pemetaan kemampuan apa yang harus ada di tangan para tenaga sensor. “Supaya mereka itu bisa dipertanggungjawabkan kualitas kemampuannya. Tidak hanya asal motong,” ungkapnya di gedung DPR kemarin. (neneng z)

20 ) Anies:pemuda Indonesia harus kuasai tiga bahasa
http://www.antaranews.com/berita/281366/aniespemuda-indonesia-harus-kuasai-tiga-bahasa

Senin, 24 Oktober 2011 20:43 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemuda Indonesia diharapkan menguasai paling tidak tiga bahasa untuk dapat bersaing di dunia internasional.Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dalam acara penganugrahan Beasiswa BMW di Kampus Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Jakarta, Senin.”Anak-anak muda Indonesia paling tidak harus bisa tiga bahasa. Bahasa daerah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya seperti Bahasa Mandarin atau Arab,” kata Anies.Menurut Anies, dengan menguasai tiga bahasa tersebut, pemuda Indonesia tidak akan kehilangan akar budayanya sekaligus mempunyai alat untuk menjadi bagian dari dunia.”Kita mempunyai potensi untuk itu karena orang Indonesia bisa berbahasa banyak (bahasa daerah) sebetulnya,” kata Anies.

…dst

21 ) Rektorat Unkhair Minta Klarifikasi Terkait “Ayam Kampus”
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519375/rektorat-unkhair-minta-klarifikasi-terkait-ayam-kampus

Senin, 24 Oktober 2011 10:03 wib
TERNATE – Pernyataan Wakil Walikota (Wawali) Ternate Arifin Djafar yang dilansir sejumlah surat kabar harian di Ternate mengenai Kampus Koleksi Ayam Kampus masih saja menuai masalah.Pihak Rektorat Universitas Khairun (Unkhair) Ternate bahkan menggelar rapat untuk membahas pernyataan yang menuai kecaman para civitas akademika tersebut.”Kami telah melayangkan surat kepada Wakil Walikota yang berisi permintaan klarifikasi secara terbuka pada publik melalui media massa menyangkut pernyataannya itu,” kata Rektor Unkhair, Gufran Ali Ibrahim pada okezone, akhir pekan lalu.

…dst

22 ) ITB Jadi Tuan Rumah Konferensi Tekstil dan Kostum Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519481/itb-jadi-tuan-rumah-konferensi-tekstil-dan-kostum-internasional

Senin, 24 Oktober 2011 12:14 wib
BANDUNG – Kriya Tekstil Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berkesempatan menjadi mitra organisasi tekstil internasional, Ars Textrina University of Leeds, Inggris dan Costume Culture Association, Korea akan menyelenggarakan Konferensi Tekstil dan Kostum Internasional.Konferensi yang bertajuk “Heritage Textiles and Costumes”, tahun ini terdiri dari seminar yang akan dilaksanakan di kampus ITB dan pameran yang bertempat di Lawangwangi Art and Science Center.Menurut ketua penyelenggara, Biranul Anas, Bandung terpilih menjadi kota penyelenggara karena Bandung bisa dianggap sebagai ibu kota industri tekstil Indonesia, dimana 70 persen industri tekstil berada di wilayah Bandung dan sekitarnya. Selain itu, Bandung juga merupakan kota yang mendirikan pendidikan tinggi tekstil pertama di Indonesia yang saat ini bernama Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil.

…dst

23 ) Universitas Indonesia Diproyeksikan Jadi Kampus Hijau
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/438599/

Tuesday, 25 October 2011
DEPOK- Selama kurun waktu tiga tahun Universitas Indonesia (UI) telah menanam 90.000 pohon. Upaya menjadikan UI sebagai green campus dilakukan agar kesejukan kampus tetap terjaga. Sebanyak 90 pohon dan bibit baru disebar di seluruh lingkungan kampus seluas 312 hektare. Termasuk relokasi 10 pohon African Baobab dari Subang, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Seluruh pohon raksasa direlokasi untuk menambah kesejukan kawasan kampus.” Kami terus berkomitmen menjadi kampus hijau dengan menanam pohon sesuai dengan program pemerintah,” kata Rektor UI, Gumilar R Somantri di Ruang Media Center UI, Depok, beberapa waktu lalu.

…dst

24 ) Universitas Cendrawasih belum miliki rektor tetap
http://www.antaranews.com/berita/281296/universitas-cendrawasih-belum-miliki-rektor-tetap

Senin, 24 Oktober 2011 12:15 WIB
Jayapura (ANTARA News)- Sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Prof DR B. Kambuaya, MBA, menjadi Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II 19 Oktober lalu di Jakarta, Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua, hingga kini belum memiliki rektor tetap.”Saat ini Kampus Uncen belum memiliki rektor tetap,” kata Pelaksana Harian Rektor Uncen yang juga Pembantu Rektor I Bidang Akamedik, Drs Festus Simbiak, M.Pd. Dia mengatakan, belum ada rektor tetap di kampus tertua di Tanah Papua tersebut karena masih menunggu pertemuan antara Prof DR B. Kambuaya dengan Dirjen Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta, untuk membahas pengisian kursi jabatan rektor yang ditinggalkan Kambuaya.

…dst

25 ) Mahasiswi ITB Jadi Ketua Mahkamah Agung Rusia
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519749/mahasiswi-itb-jadi-ketua-mahkamah-agung-rusia

Senin, 24 Oktober 2011 19:02 wib
BANDUNG – Dara Permata, salah satu peserta delegasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Oxford International Model United Nation (OxiMUN) didapuk menjadi Ketua Mahkamah Agung Rusia di Joint Crisis Committee (JCC).Mahasiswi Teknik Industri angkatan 2008 tersebut akan berangkat besok, Selasa 25 Oktober 2011, bersama delapan anggota tim OxiMUN ITB lainnya ke Oxford University, Inggris.Pada acara yang akan berlangsung 28 hingga 30 Oktober 2011, mereka akan beradu argumen dengan 700 mahasiswa dari berbagai kampus di dunia.Dara menjelaskan, JCC dibentuk PBB untuk menangani masalah-masalah krusial yang menyangkut krisis dunia. JCC harus menghasilkan solusi atau putusan dalam waktu secepatnya. “Misalnya, bagaimana mengatasi ancaman perang nuklir,” ujar Dara, dalam jumpa pers tentang terpilihnya delegasi ITB mengikuti OxiMUN 2011, Senin (24/10/2011).

…dst

26 ) 8 Mahasiswa ITB Ikut Model Konferensi PBB di Oxford
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519548/8-mahasiswa-itb-ikut-model-konferensi-pbb-di-oxford

Senin, 24 Oktober 2011 13:27 wib

BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali mengirimkan delegasinya untuk mengikuti model konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).Kali ini, delapan mahasiswa ITB dari berbagai jurusan akan berangkat mengikuti Oxford International Model United Nation (OxiMUN), sebuah model konferensi PBB yang dilaksanakan di Oxford University, Inggris pada 28-30 Oktober 2011 mendatang.

…dst

27 ) Dosen Arsitektur UB Ikut Ando Program di Jepang
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519578/dosen-arsitektur-ub-ikut-ando-program-di-jepang

Senin, 24 Oktober 2011 14:30 wib
MALANG – Dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) Yusfan Adeputera Yusran, mengikuti Osaka Invitational Program For Short-Term Overseas Trainees In Architecture And Arts 2011 atau yang lebih dikenal dengan Ando Program untuk mempelajari arsitektur Jepang.Yusfan merupakan salah satu dari delapan orang trainee yang berasal dari negara tetangga se-Asia. Ada pun trainee yang mengkuti program tersebut, yakni dua orang dari Indonesia (Jawa Timur dan Bali), satu orang masing-masing dari Thailand, Vietnam, China, Sri Langka, India, dan Nepal.

…dst

28 ) ITS-Hochshule Wismar Jerman Kerja Sama Bidang Kelautan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519754/its-hochshule-wismar-jerman-kerja-sama-bidang-kelautan

Senin, 24 Oktober 2011 19:32 wib
SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Hochshule Wismar (Jerman) meresmikan pembukaan program studi bersama Indonesia-Jerman Marine Engineering. Program ini merupakan program studi strata satu (S-1) yang dikembangkan bersama kedua universitas itu. Pembantu Rektor I ITS, Prof Herman Sasongko mengatakan, kerja sama ini untuk berkontribusi pada penguatan sumberdaya maritim yang sangat diperlukan oleh Indonesia maupun secara Internasional.Dengan menggabungkan dua kekuatan dari kedua universitas dan melibatkan Semarang Growth Center (SGC) akan dihasilkan program studi baru yang unggul dengan kualitas internasional dengan lulusan yang langsung dapat diterima secara global.

…dst

29 ) Beasiswa S-2 Program Sains dan Teknologi ASEAN Foundation
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/368/519584/beasiswa-s-2-program-sains-dan-teknologi-asean-foundation

Senin, 24 Oktober 2011 15:06 wib
JAKARTA – Kabar baik bagi kamu lulusan jurusan sains dan teknologi, sebab kamu bisa melanjutkan studi di The Chulabhorn Graduate Institute (CGI) yang disediakan ASEAN Foundation (AF) di bidang Ilmu Biologi Terapan jurusan Kesehatan Lingkungan, Studi Pencemaran Lingkungan, dan Biokimia.Beasiswa penuh ini memungkinkan kamu untuk kuliah pascasarjana di CGI selama lima tahun secara cuma-cuma, termasuk biaya tiket pesawat, akomodasi, uang saku, uang buku, dan asuransi kesehatan.Jika kamu sudah diterima, kamu akan mengikuti kuliah selama dua tahun, dan akan dinilai untuk kelanjutan beasiswamu. Penasaran bagaimana ketentuan dan syaratnya, berikut yang dikutip dari Scholarization, Senin (24/10/2011):

…dst

30 ) BMW Beri Beasiswa Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/19192110/BMW.Beri.Beasiswa.Pendidikan

Senin, 24 Oktober 2011 | 19:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan produsen mobil mewah BMW, memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa pascasarjana.Program yang dinamakan BMW Indonesia Research and Technology Scholarship dan dimulai sejak Agustus 2011 itu, diberikan kepada mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia dan Universitas Paramadina. Pada hari Senin (24/11/2011) ini, Presiden Direktur BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan, dan Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, menyepakati kerja sama, diikuti dengan penyerahan beasiswa kuliah bagi tiga mahasiswa pascasarjana Universitas Paramadina yakni Dyah Sulistyorini dan Nurfahmi Budianto yang berprofesi sebagai wartawan, serta M Makmun. Beasiswa pendidikan dari BMW ini diberikan untuk mahasiswa berprestasi di berbagai bidang studi.

…dst

31 ) 15 Mahasiswa IPB dapat Beasiswa dari Rabo Bank
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519681/asyiknya-15-mahasiswa-ipb-dapat-beasiswa

Senin, 24 Oktober 2011 17:04 wib
BOGOR – Sedikitnya 15 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima beasiswa dari salah satu bank perbankan asing sebagai apresiasi bank tersebut kepada dunia pendidikan.Beasiswa yang diberikan hanya untuk mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama dengan jurusan tertentu yang berhak memperoleh beasiswa dari Rabobank yang memang memiliki basis pertanian dan agribisnis ini.Setelah melewati seleksi administrasi, terpilih sebanyak 30 kandidat untuk mengikuti tes wawancara yang dilaksanakan di Student Center IPB.

…dst

32 ) Beasiswa Pemerintah Rusia
7 Mahasiswa Indonesia Menimba Ilmu di Rusia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/11132383/7.Mahasiswa.Indonesia.Menimba.Ilmu.di.Rusia

Senin, 24 Oktober 2011 | 11:13 WIB
LONDON, KOMPAS.com – Sebanyak tujuh mahasiswa baru asal Indonesia, penerima beasiswa pemerintah Rusia tahun ajaran 2011/2012, tiba di Rusia untuk menimba ilmu di negara tersebut. Mereka disambut di KBRI Moskow oleh Persatuan Mahasiswa Indonesia di Rusia.Sekretaris Dua Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, dalam keterangannya seperti dikutipAntara London, menyebutkan, ketujuh mahasiswa tersebut akan belajar di tiga perguruan tinggi di tiga kota Rusia, yaitu Peoples Friendship University of Russia (RUDN, Moskow, Ulyanov State University, Ulyanovsk, dan Kuban Technological University, Krasnodar.

…dst

33 ) 11 Tips Saat Menghubungi Profesor
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/10233418/11.Tips.Saat.Menghubungi.Profesor

Senin, 24 Oktober 2011 | 10:23 WIB
KOMPAS.com – Dalam pengajuan aplikasi beasiswa, ada yang mensyaratkan menyertakan surat pernyataan dari Profesor di universitas yang dituju, baik itu sebagai rekomendator atau dosen pendamping saat melakukan penelitian. Tak sedikit yang mengalami kebingungan, bagaimana cari mencari dosen yang sesuai, kenal saja tidak? Beberapa tips ini mungkin bisa membantu, bagaimana tahapan yang bisa dilakukan untuk “melacak” sang profesor yang sesuai dengan bidang yang ilmu dan universitas yang kita tuju.
1. Cek situs web

…dst

34 ) Siapa Bilang Jadi Perempuan Peneliti Sulit?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/24/09284017/Siapa.Bilang.Jadi.Perempuan.Peneliti.Sulit

Senin, 24 Oktober 2011 | 09:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kontribusi peneliti perempuan di Indonesia pada perkembangan ilmu pengetahuan di tingkat internasional saat ini masih minim. Salah satu perempuan peneliti yang memenangi L’Oreal Indonesia National Fellowship for Women in Science 2011, Caecilia Hapsari Ceriaputri Sukowati (31), mengatakan, perlu ditumbuhkan minat dan kesadaran bagi kaum perempuan dalam hal mengembangkan riset-riset penelitian.Menurut dia, angka penelitian di Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi agar dapat mendorong perempuan peneliti untuk lebih berani menekuni bidang tersebut.

…dst

35 ) Bahasa Inggris untuk Wilayah Terpencil Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/24/373/519815/bahasa-inggris-untuk-wilayah-terpencil-indonesia

Senin, 24 Oktober 2011 20:29 wib
JAKARTA – Lembaga bantuan Amerika Serikat (AS) Peace Corps, melakukan kerja sama dengan membuat program pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia. Uniknya, program ini dilakukan oleh relawan AS yang mengajar bahasa Inggris di SMA dan Madrasah.Menurut Deputi Direktur Carrie Hessler-Radelet program bantuan ini sejalan dengan dengan tujuan Peace Corps yang ada selama ini. Perempuan yang sempat tinggal di Indonesia sekira 1991 hingga 1995 ini mengatakan, ada tiga tujuan dari Peace Corps yang menunjukan perdamaian dan persahabatan.

…dst

36 ) Puskesmas Segera Integrasikan Resep Jamu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/438666/

Tuesday, 25 October 2011
JAKARTA– Pengobatan dokter dengan menggunakan resep jamu akan segera terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dasar atau Puskesmas. Saintifikasi jamu atau pembuktian secara ilmiah mengenai khasiat dan manfaat jamu, yang berjalan hampir satu tahun belakangan, hasilnya dinilai baik.”Hasil kajian beberapa ahli farmakologi klinik dan apoteker sudah hampir selesai,”kata Kepala Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik, Litbang Kementerian Kesehatan Siswanto saat dihubungi SINDO kemarin. Siswanto mengungkapkan, saintifikasi jamu dilakukan secara bertahap.Setiap tahunnya dikembangkan uji ilmiah terhadap empat formula jamu, di antaranya tahun ini hampir selesai dalam pengujian,ramuan untuk hipertensi (darah tinggi), hiperurisemia (asam urat), hiperinsulinemia (kelebihan gula darah), dan hiperkolesterol (kelebihan kolesterol)

…dst

37 ) Sekilas dalam Negeri
Masih Kokohkah Empat Pilar Bangsa? 
Tokoh Tua Sebaiknya Tak Maju Capres 
7 Tahun Kepempinan SBY, Ditemukan Penyimpangan Anggaran Negara Rp 103,19 Trilyun!
Papua
Situasi di Papua Memanas
SBY & Menhan AS Bicarakan Kesejahteraan Papua
RI-AS Bahas Mekanisme Hibah F-16 
Mafia suap Banggar DPR
BK DPR Tetap Usut Kasus Miryam 
University of Yales (UoW) ditutup
Skandal Visa, Kampus Berusia 120 Tahun Tinggal Sejarah
Berita Libya
Jenazah Khadafi Mulai Membusuk 
Inilah Hasil Otopsi Jenazah Qaddafi

Remaja Libia Mengaku Bunuh Khadafi
NTC Tutupi Lubang Bekas Peluru di Kepala Qaddafi
Libya Bahas Pembentukan Pemerintahan Baru Berdasar Hukum Islam
Kantor HAM PBB dukung pembentukan Komisi Penyelidik Libya
Libya memulai tugas bentuk pemerintahan 
Putri Gaddafi “masuk rumah sakit” setelah lihat ayahnya 
Mubarak terganggu dengar Gaddafi dibunuh
Suriah
McCain Serukan Invasi ke Suriah 
Setelah Libya, NATO-AS Kini Incar Suriah
Yaman
Liga Arab desak Presiden Yaman mundur
Tragedi Semoncelli
Penyebab Kematian Marco Simoncelli
Marco Simoncelli Kepalanya Terlindas Motor Colin Edwards
Ranieri: Pesona Simoncelli Luar Biasa
Gempa Turki
Korban Tewas Akibat Gempa Turki Capai 279 Orang, Ratusan Masih Hilang