1 ) Anies: Pendidikan di Indonesia “Urban Oriented”
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/10/18174658/Anies.Pendidikan.di.Indonesia.Urban.Oriented.

Kamis, 10 November 2011 | 18:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Rektor Universitas Paramadina Anies Rasyid Baswedan mengatakan, pendidikan Indonesia urban oriented, mencerabut anak didik dari keterkaitannya dengan alam. Hal itu dikatakannya saat konferensi pers “Science Film Festival”, Kamis (10/11/2011), di Goethe Institute, Jakarta.”Pendidikan kita urban oriented, sekolah mendidik anak-anak untuk menjadi urban. Coba kita sekolahkan anak petani sampai kelas III SMP, pasti mereka lulus sudah tidak bisa bertani lagi,” kata Anies.Nuansa urban pada pendidikan di Indonesia, menurut dia, bisa dilihat dari konten dan pola didik. Ia mencontohkan, konten di buku teks selalu mengacu pada kehidupan kota. Sementara pola didik juga cenderung menjauhkan anak dari alam tempatnya hidup. Kondisi tersebut turut berdampak pada kurangnya kesadaran anak tentang masalah lingkungan sehingga harus diubah.

…dst

2 ) Berkat Tulang Ikan, Mahasiswi UGM Juara Lomba Inovasi Pangan
http://www.detiknews.com/read/2011/11/09/163104/1763914/10/berkat-tulang-ikan-mahasiswi-ugm-juara-lomba-inovasi-pangan

Rabu, 09/11/2011 16:31 WIB
Yogyakarta – Tulang ikan selama ini hanya menjadi sampah, ternyata mampu memenuhi kebutuhan asupan kalsium bagi manusia. Tapi masalahnya, bagaimana caranya kita menyantap tulang ikan yang berupa duri itu secara enak dan tentu saja tanpa melukai organ rongga mulut.Sari Asrini dan Dwi Retno Wulandari punya jawabannya. Dua orang mahasiswi jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) ini berhasil mengolah duri tulang ikan menjadi santapan yang bergizi, tidak melukai organ rongga mulut dan enak. Hasil olahan Sri dan Dwi adalah keripik tulang ikan. Makanan ringan yang diberi label Fish Bone Calcium Chips atau sering disebut FB Calchips bahkan menjurai lomba Inovasi Pengembangan Produk Perikanan yang digelar Direktorat Pengolahan dan pemasaran Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan.Lomba berlangsung 24 Oktober 2011. Di dalam lombayang diikuti oleh 50 tim dari sejumlah perguruan tinggi dan instansi se-Indonesia, duet dari UGM ini keluar sebagai juara II.

…dst

3 ) Habibie Award untuk 2 Ilmuwan Berdedikasi
Jenis Burung Indonesia Ada di Relief Candi
http://cetak.kompas.com/read/2011/11/11/04293048/habibie.award.untuk.2..ilmuwan..berdedikasi.

11 November 2011
Jakarta, Kompas – Habibie Award diberikan kepada dua ilmuwan yang dinilai berdedikasi, Kamis (10/11), di Jakarta. Kedua ilmuwan itu adalah ahli perburungan (ornitolog) dari Universitas Indonesia, Prof Dr Soekarja Somadikarta, serta sosiolog Institut Pertanian Bogor, Prof Sajogyo.Penghargaan untuk Prof Sajogyo diwakili salah satu muridnya, Prof Endriatmo Soetarto, yang kini pengajar Fakultas Ekologi Manusia IPB dan Ketua Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta.

…dst

4 ) MK Gelar Lomba Peradilan Semu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442874/

Friday, 11 November 2011
JAKARTA – Sebanyak 10 universitas mengikuti perlombaan “Peradilan Semu Mahkamah Konstitusi” yang digelar kemarin di Jakarta. Para mahasiswa ini berlomba untuk mempraktikkan kemahiran hukum acara di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketua MK Mahfud MD mengatakan, lomba ini digelar bukan semata untuk menguji kemampuan teknis tiap peserta. Kemahiran tersebut memang penting, tetapi generasi mendatang harus mempunyai pemahaman yang mendalam tentang keadilan substantif.

…dst

5 ) IPB dominasi karya inovatif sepanjang 2008-2011
http://www.antaranews.com/berita/283916/ipb-dominasi-karya-inovatif-sepanjang-2008-2011

Kamis, 10 November 2011 19:51 WIB
Bogor (ANTARA News) – Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Dr Herry Suhardiyanto MSc Kamis mengatakan, dalam empat tahun terakhir, perguruan tinggi yang dipimpinnya tampil sebagai penghasil terbanyak karya-karya inovatif unggulan se-Indonesia.”Selama empat tahun terakhir, IPB merupakan perguruan tinggi yang paling banyak menghasilkan karya-karya inovatif di Indonesia,” papar Prof Herry Suhardiyanto.Oleh karena itu, untuk merefleksikan peran besar IPB dalam menghasilkan karya-karya inovatif, perayaan Dies Natalis ke-48 2011 mengangkat tema besar “Inovasi IPB menuju Era Baru Pertanian Indonesia”. Untuk mendongkrak peningkatan jumlah penelitian dan pengembangan kualitas karya-karya imovatif yang dihasilkan, pada Rabu, IPB menggelar Sidang Terbuka Dies Natalis ke-48 di GWW, Darmaga, Bogor, menghadirkan Menteri Riset dan Teknologi Prof Dr Gusti Muhammad Hatta.

…dst

6 ) UGM-GE Kerjasama Kembangkan Pendidikan
http://www.republika.co.http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/11/10/lug2yf-ugmge-kerjasama-kembangkan-pendidikanid/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/11/10/lug2yf-ugmge-kerjasama-kembangkan-pendidikan

Kamis, 10 November 2011 19:35 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA– Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan General Electric (GE) International Operation Company menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, pengembangan kurikulum, dan penelitian.Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudjarwadi dan CEO GE Indonesia Handry Satriago di Yogyakarta, Kamis. Handry mengatakan, perkembangan GE tidak bisa lepas dari sejarah Kota Yogyakarta. Kerja sama yang dilakukan dengan UGM juga sejalan dengan visi dan kontribusi perusahaan untuk mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia. Ia mengatakan, GE juga berkontribusi pada teknologi. Saat ini sudah banyak teknologi yang dikembangkan dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. “Contohnya, pengembangan teknologi `ultrasound` bagi bidan dan tenaga kesehatan serta lokomotif kereta yang memiliki emisi rendah. Selain itu, juga memberikan solusi terhadap persoalan krisis energi di Indonesia,” katanya.

…dst

7 ) Calon Pimpinan KPK dari Jaksa dan Polisi Ditolak
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/11/11/brk,20111111-366008,id.html

JUM’AT, 11 NOVEMBER 2011 | 06:21 WIB
TEMPO Interaktif,Yogyakarta– Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada menolak calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dari unsur kepolisian dan kejaksaan. Alasannya, karena sudah mengakarnya mafia peradilan di dua institusi tersebut yang akan mempengaruhi kredibilitas KPK ke depan. “Kalau pimpinan KPK dari unsur polisi dan jaksa akan menghambat gerak pemberantasan korupsi,” kata Hifdzil Alim, peneliti Pusat Kajian Antikorupsi dalam konferensi pers di Yogkyakarta, kemarin. Delapan nama calon pimpinan KPK sebenarnya telah masuk DPR sejak Agustus lalu. Delapan nama itu yakni Bambang Widjojanto, Yunus Husein, Abdullah Hehamahua, Handoyo Sudrajat, Abraham Samad, Zulkarnaen, Adnan Pandu Praja, dan Aryanto Sutadi. Proses pemilihan calon pimpinan KPK sempat terhambat. Calon pimpinan KPK ini sudah melalui uji pembuatan makalah pada 24 Oktober lalu.

…dst

8 ) MK Gelar Lomba Peradilan Semu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442874/

Friday, 11 November 2011
JAKARTA – Sebanyak 10 universitas mengikuti perlombaan “Peradilan Semu Mahkamah Konstitusi” yang digelar kemarin di Jakarta. Para mahasiswa ini berlomba untuk mempraktikkan kemahiran hukum acara di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketua MK Mahfud MD mengatakan, lomba ini digelar bukan semata untuk menguji kemampuan teknis tiap peserta. Kemahiran tersebut memang penting, tetapi generasi mendatang harus mempunyai pemahaman yang mendalam tentang keadilan substantif.

…dst

9 ) Undip Ungkap Kearifan Arsitektur Pedesaan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/11/11/166048/Undip-Ungkap-Kearifan-Arsitektur-Pedesaan

11 November 2011
SALAH satu pilar di lorong Gedung Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip seolah menggambarkan sepinya terobosan dunia arsitektur Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Pilar dilukis dengan kreatif beberapa gedung yang menjadi penanda negara-negara besar. Prancis dengan Menara Eiffel, Australia dengan Sidney Opera House, Malaysia dengan Menara Kembar Petronas. Pelukis pilar itu tentu juga menyebut Indonesia. Tapi, yang dilukis di sana bukan gedung atau bangunan lain yang indah secara arsitektural. Yang ada justru tanda tanya besar berwarna merah dengan latar belakang hitam. Bagi Jurusan Arsitektur Undip, hal itu merupakan tanya sekaligus tantangan bagi mereka untuk berkarya. Dan, sebagian jawaban serta karya itu ditunjukkan pada perayaan HUT Ke-49 Arsitektur Undip di halaman kampus jurusan tersebut, Kamis (10/11).

…dst

10 ) Milad ke-51, ITS Siap Sukseskan MP3EI
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/10/373/527799/milad-ke-51-its-siap-sukseskan-mp3ei

Kamis, 10 November 2011 19:13 wib
SURABAYA – Sebagai Perguruan Tinggi (PT) yang berlatar belakang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tentu punya peluang besar untuk ikut menyukseskan Master Plan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Pada hari jadinya ke-51, ITS bisa mempersembahkan iptek kepada negeri. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya penghargaan yang diterima ITS baik berskala nasional maupun Internasional.Demikian disampaikan Rektor ITS, Triyogi Yuwono saat rapat senat Terbuka dalam rangka peringatan Dies Natalis ITS ke-51.

…dst

11 ) Unpad Buka Kuliah Untuk Anak-anak
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/11/10/brk,20111110-365953,id.html

KAMIS, 10 NOVEMBER 2011 | 19:55 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Ratusan siswa berusia 9-12 tahun dari berbagai sekolah dasar di Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, akan mendapat kesempatan kuliah gratis di Universitas Padjadjaran. Mulai pekan ini mereka belajar secara bergantian selama 4 kali tatap mula setiap Sabtu. Mata kuliah antara lain tentang kematian, air bersih, dan manfaat uang. Menurut panitia pelaksana acara, Dian Indira, kuliah perdana dimulai Sabtu, 12 November 2011, di Bale Rumawat Universitas Padjadjaran di Jalan Dipati Ukur 35 Bandung. Kuliah dibuka oleh Direktur Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD, Badan Pertukaran Akademik Jerman) Helmut Bucholt dengan tema universitas serta Rektor Unpad Ganjar Kurnia.

…dst

12 ) Selangkah Lagi Unanda Jadi PTN
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/10/373/527370/selangkah-lagi-unanda-jadi-ptn

Kamis, 10 November 2011 09:15 wib
PALOPO – Peningkatan status Universitas Andi Jemma (Unanda) Palopo menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) pertama di Luwu Raya, tinggal selangkah lagi.Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI meninjau persiapan akhir Unanda menjadi PTN pada 12 November mendatang. Rektor Unanda Palopo Prof DR Lauddin Marsuni menyatakan, tim Kemendikbud RI yang akan melakukan peninjauan akhir dipimpin Kepala Bagian Pelaporan Barang Milik Negara Kemendiknas RI Rahmat Setiawan.”Tim Kemendikbud akan meninjau lahan seluas 30 hektare (ha) yang dipersiapkan Unanda menjadi lahan pembangunan kampus utama setelah jadi PTN di wilayah Walenrang. Tim Kemendikbud akan mengecek langsung lahan ini, termasuk persiapan administrasi pembuatan sertifikat lahan yang telah berproses,” kata dia saat menggelar jumpa pers di Unanda Palopo, kemarin.

…dst

13 ) Unjani Jajaki Kerja Sama Akademis dengan Polandia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/165212

Kamis, 10/11/2011 – 15:42
CIMAHI, (PRLM).- Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Kota Cimahi menjajaki kerja sama akademis bidang kedokteran dengan Medical University Polandia. Selain kemungkinan pertukaran mahasiswa dan dosen, juga terbuka peluang kerja sama dalam penelitian ilmiah, terutama mengenai studi penyakit tropis.Demikian dikemukakan Rektor Unjani Heriyono seusai kuliah umum yang disampaikan Dekan Medical University Jerzy Polanski serta Deputi Dekan Bozene Werner di Gedung Sasana Krida Nusantara, Unjani, Kota Cimahi, Kamis (10/11). “Kesempatan untuk melakukan kerja sama terbuka amat lebar. Ini yang ingin kami jajaki,” katanya

…dst

14 ) UIN Suka Tambah 4 Guru Besar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442877/

Friday, 11 November 2011
YOGYAKARTA – Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta menambah empat guru besar. Bertambahnya guru besar tersebut, ditandai dengan pengukuhan kepada mereka di convention hall kampussetempat,kemarin. Rektor UIN Suka Musa Asy’arie memimpin langsung acara tersebut. Bagian Akademik UIN Suka Ngatmin mengatakan, empat guru besar yang dikukuhkan tersebut, yakni Sutrisno (bidang Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan); Fauzan Naif (bidang Tafsir Hadis, Fakultas Ushuluddin, Studi Agama dan Pemikiran Islam); Susiknan Azhari (bidang Ilmu Falak pada Fakultas Syari’ah dan Hukum) dan Hamruni (Metodologi Pendidikan Islam,Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).

…dst

15 ) 200 dosen Kopertis masih S-1
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=223255%3A200-dosen-kopertis-masih-s-1-&catid=14%3Amedan&Itemid=27

MEDAN – Sebanyak 200 dosen di lingkungan Kopertis wilayah I Sumatera Utara (Sumut)-Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang ditempatkan di sejumlah perguruan tinggi masih berijazah sarjana. Para dosen ini diwajibkan mengejar pendidikan S-2 sesuai dengan peraturan pemerintah. “Kami sudah imbau minimal pendidikan seorang dosen harus S-2.Jumlah dosen kopertis sendiri sampai saat ini berkisar 2.000 orang lebih,” ujar Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-NAD M Nawawiy, kemarin. M Nawawiy menyatakan,pihaknya kesulitan meminta para dosen meningkatkan studinya. Pasalnya, kebanyakan sudah berusia tua dan sebentar lagi memasuki pensiun. Namun, khusus untuk dosen yang akan pensiun dan masih berpendidikan S-1 tidak begitu dipersoalkan sesuai peraturan menteri yang mulai berlaku pada 2014 nanti. Sementara untuk dosen-dosen tingkat yayasan,tuturnya,di Sumut-NAD jumlahnya berkisar 4.000-an orang.

…dst

16 ) Beasiswa S-3 di Kyoto University, Siapa Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/10/368/527663/beasiswa-s-3-di-kyoto-university-siapa-mau

Kamis, 10 November 2011 18:02 wib
JAKARTA – Jepang adalah negara yang memiliki berbagai hal menarik di berbagai bidang. Mulai dari pariwisata, kuliner, budaya, hingga kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan. Beasiswa Monbukagakusho 2012 dapat menjadi pilihan tepat bagimu untuk dapat menikmati paket lengkap di Negeri Sakura tersebut. Program beasiswa program doktoral (PhD) dari pemerintah Jepang ini tersedia bagi delapan orang yang menggeluti dunia penelitian informatika.The Graduate School of Informatics, Kyoto University, didaulat menjadi tempat kamu menimba ilmu hingga akhirnya meraih gelar S-3. Beasiswa tersebut mencakup biaya hidup senilai 156 ribu yen tiap bulan yang setara dengan Rp18,14 juta per bulan dan tiket pesawat Jepang-Indonesia.

…dst

17 ) Yuk Ikut Lomba Menulis Artikel Tentang Bursa!
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/09/373/527273/yuk-ikut-lomba-menulis-artikel-tentang-bursa

Kamis, 10 November 2011 10:02 wib
JAKARTA – Kamu senang bergelut dalam bidang ekonomi dan memiliki hobi menulis? Salurkan bakat tersebut dalam lomba Penulisan Artikel Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange). Bagi pemenang, bisa membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta. Kompetisi yang terbuka bagi seluruh mahasiswa dan pewarta berita ini digelar dalam rangka menyambut hari jadi Bursa Berjangka Jakarta ke-11. Lomba ini mengangkat tema Perdagangan Komoditi di Jakarta Future Exchange.

…dst

18 ) Nyasar di FH, Untsa Malah Lulus Tercepat
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/10/372/527542/nyasar-di-fh-untsa-malah-lulus-tercepat

Kamis, 10 November 2011 14:03 wib
JAKARTA – Cewek berjilbab ini tadinya keukeuh ingin masuk Fakultas Kedokteran, tetapi dia malah ‘nyasar’ ke Fakultas Hukum (FH). Tidak disangka, Qaida Dlarieba Untsa justru menjadi lulusan dengan masa studi tercepat di FH Universitas Padjadjaran (Unpad). Studi di FH dia rampungkan dalam waktu tiga tahun dua bulan. Tidak hanya itu, Untsa, begitu dia biasa dipanggil, juga meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yakni 3,91. “Saya tidak pernah menyangka akan meraih prestasi ini. Tapi Ayah saya pernah bilang kalau hasil itu cerminan dari usaha. Itu yang selalu saya pegang,” ujar Untsa seperti disitat dari Situs Unpad, Kamis (10/11/2011).

…dst

19 ) Mahasiswa UGM Tertipu Beasiswa Palsu
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/442894/

Friday, 11 November 2011
YOGYAKARTA – Ini peringatan buat para mahasiswa untuk lebih berhati-hati. Saat ini modus penipuan dengan dalih memberikan beasiswa maupun undangan seminar melalui pesan singkat atau short message service (SMS) kembali marak. Terakhir ini menimpa tiga mahasiswa UGM. Direktur Kemahasiswaan (Dirmawa) UGM Haryanto membenarkan ada tiga mahasiswa UGM yang menjadi korban penipuan berkedok penawaran seminar nasional dan beasiswa dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. “Ada keluarga mahasiswa yang menanyakan ke UGM, apa benar mahasiswa dengan nama ini mendapatkan beasiswa dan untuk pencairannya dengan beberapa syarat,”kata Haryanto di ruang kerjanya kemarin.

…dst

20 ) Mahasiswa Demo Lempar Tinja, Masyarakat Mengeluh
http://www.detiknews.com/read/2011/11/10/202551/1764975/10/mahasiswa-demo-lempar-tinja-masyarakat-mengeluh

Kamis, 10/11/2011 20:25 WIB
Jakarta – Dua hari sudah kelompok mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Kampus UKI, Jl Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur. Aksi Rabu kemarin sempat diwarnai aksi pelemparan tinja dan air kencing yang diarahkan kepada polisi. Aksi hari ini pun, mahasiswa juga menyiapkan tinja dalam aksinya. Beragam tanggapan dilontarkan masyarakat. Rata-rata, mereka menyayangkan aksi mahasiswa tersebut.Bukan hanya aksi pelemparan tinja yang disiapkan demonstran dalam aksi yang digelar, Kamis (10/11), sejak pukul 13.00 WIB. Mahasiswa juga membakar ban dan memblokir akses jalan dari arah Cililitan menuju Cawang.

…dst

21 ) Polri: Mahasiswa Lempar Tinja Itu Tidak Pantas
http://www.detiknews.com/read/2011/11/11/021211/1765044/10/polri-mahasiswa-lempar-tinja-itu-tidak-pantas?n991102605

Jumat, 11/11/2011 02:12 WIB
Jakarta – Mabes Polri menyayangkan aksi demonstrasi mahasiswa yang diwarnai pelemparan tinja di depan kampus UKI,Cawang, Jakarta Timur, Rabu (9/11) lalu. Aksi tersebut dinilai sudah di luar kepatutan.”Tentunya melempar tinja itu kan kurang bagus ya. Dalam unjuk rasa membawa tinja itu tidak pantas,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution kepada wartawan di kantornya, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2011) malam.

…dst

22 ) Psychopala Universitas Muhammadiyah Surakarta Dibekukan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/10/275291/293/14/Psychopala-Universitas-Muhammadiyah-Surakarta-Dibekukan

Kamis, 10 November 2011 18:32 WIB
SUKOHARJO–MICOM: Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membekukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Psychopala karena sering melakukan aktivitas malam hari bahkan bermalam di kampus. Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UMS Purwanto ketika dimintai konfirmasi, Kamis (10/11), membenarkan tindakan pembekuan organisasi pecinta alam tersebut. Kebijakan tersebut tertuang dalam surat keputusan rektor tertanggal 1 Nopember 2011 dan diberlakukan sejak Selasa (8/11). Purwanto mengatakan, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penerbitan surat keputusan itu. Antara lain, karena Psychopala sering melakukan aktivitas pada malam hari tanpa izin, menjadikan ruang kantor tempat menginap, dan tidak menjaga kebersihan. “Tetapi, pembekuan itu hanya bersifat sementara. Kalau aktivis Psychopala bisa mengubah sikap, status pembekuan akan ditinjau ulang,” tegasnya.

…dst

23 ) European Higher Education Fair
Mau ke Pameran Pendidikan Eropa? Ini Caranya!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/10/15063820/Mau.ke.Pameran.Pendidikan.Eropa.Ini.Caranya.

Kamis, 10 November 2011 | 15:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ingin berburu informasi seputar pendidikan tinggi di Eropa? Event European Higher Education Fair alias Pameran Pendidikan Tinggi Eropa yang akan digelar di Jakarta (12-13 November) dan Medan (15 November) ini, tak boleh Anda lewatkan. Di Jakarta, pameran akan diadakan di Jakarta Convention Centre (JCC), sedangkan di Medan, digelar di Grand Aston City Hall Hotel.Nah, untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pada pameran pendidikan Eropa terbesar itu, pihak penyelenggara sengaja memberikan layanan pendaftaran secara online (online registration). Layanan tersebut diberikan, selain untuk memecah antrean pengunjung saat memasuki arena pameran, juga untuk mendapatkan database mengenai jumlah pengunjung pameran.

…dst

24 ) LIPI Sempurnakan Robot Penjinak Bom
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/10/275250/293/14/LIPI-Sempurnakan-Robot-Penjinak-Bom-

Kamis, 10 November 2011 14:59 WIB
JAKARTA–MICOM: Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan merilis robot penjinak bom hasil penyempurnaan Mobil Robot LIPI sebelumnya sehingga menjadi lebih mungil, dinamis, dan lincah. “Robot yang sekarang ini dimensinya sudah diperkecil sehingga lebih mudah melewati pintu dan selasar yang sempit,” kata Peneliti Puslit Telimek LIPI Roni Permana, Kamis (10/11). Motor Robot (Moro) LIPI yang dirilis pada 2005 berdimensi 2,5×1,5 meter dengan berat 190 kg, sementara robot hasil penyempurnaan bernama Rev 2011 ini hanya berdimensi 0,45×0,7 meter dengan berat hanya 90 kg.

…dst

25 ) Peneliti LIPI yang “kebanjiran” pesanan material nano
http://www.antaranews.com/berita/283641/peneliti-lipi-yang-kebanjiran-pesanan-material-nano

Rabu, 9 November 2011 08:27 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Peneliti Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Nurul Taufiqu Rochman sedang “kebanjiran” pesanan dari kalangan industri untuk membuatkan kosmetik, pupuk, bahan polimer, suplemen makanan hingga ramuan herbal berteknologi nano. “Sekarang ini banyak permintaan nanoherbal dari kalangan industri, misalnya nanokopi dengan ramuan penambah stamina dari tanaman purwaceng dan pasak bumi,” kata Dr Nurul Taufiqu Rochman di sela Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) ke-10 di Jakarta, yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 8-10 November.Bahan herbal yang diolah menjadi seukuran nano (10 pangkat minus sembilan) jauh lebih mudah terserap ke dalam tubuh sehingga efeknya lebih baik dibanding tanpa teknologi nano, ujar Nurul yang juga memamerkan produknya di salah satu gerai LIPI Expo yang digelar bersama KIPNAS.

…dst

26 ) Gusti: Inovasi PT Harus Jawab Permasalahan Bangsa
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/10/13360957/Gusti.Inovasi.PT.Harus.Jawab.Permasalahan.Bangsa

Kamis, 10 November 2011 | 13:36 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Inovasi teknologi yang dikembangkan kalangan perguruan tinggi dan komunitas akademisi, harus bisa menjawab persoalan dan kebutuhan yang dihadapi masyarakat. Hal itu dikatakan Menteri Riset dan Teknologi Prof Dr Gusti Muhammad Hatta, seperti dilansir Antara, Kamis (10/11/2011). Menurutnya, inovasi teknologi harus bersifatdemand-driven, yakni menjawab kebutuhan nyata yang dihadapi kalangan pengguna dalam memecahkan masalah yang dihadapi.”Kebijakan riset di perguruan tinggi perlu reorientasi dan harus segera diubah dari yang selama ini sangat kental nuansa hasrat akademis para dosen digeser ke arah pemenuhan kebutuhan masyarakat. Inovasi teknologi harus menjadi solusi dalam memecahkan persoalan dalam kehidupan,” kata Gusti.

…dst

27 ) Mahasiswa Enam Negara Belajar Kelola Gambut Riau
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/11/275446/293/14/-Mahasiswa-Enam-Negara-Belajar-Kelola-Gambut-Riau

Jumat, 11 November 2011 05:56 WIB
KAMPAR–MICOM: Puluhan mahasiswa dan peneliti dari enam negara belajar mengelola gambut tropika di Indonesia. Selama sekitar 11 hari, sebanyak 31 mahasiswa dan peneliti dari Rusia, Jepang, India, Mongolia, China, dan Malaysia ini akan mengikuti penelitian, seminar dan lokakarya tentang gambut tropika. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Zulkifli Yusuf saat acara penyambutan rombongan ini di hotel Labersa, Kampar, Kamis (10/11), mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu jalan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Riau mampu mengelola lahan gambut secara lestari. (OL-11)

…dst

28 ) Belum Dijatah Sertifikasi Bisa Ikut PPG
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/11/11/166050/Belum-Dijatah-Sertifikasi-Bisa-Ikut-PPG-

11 November 2011
SEMARANG – Bagi para guru yang belum mendapat jatah atau kuota mengikuti sertifikasi baik melalui portofolio maupun Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) memberikan kesempatan pendidik mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.Salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk memberikan pendidikan tersebut adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pembantu Rektor I Bidang Akademik Agus Wahyudin mengatakan, Unnes mendapat mandat dari Dirjen Dikti melalui Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan untuk menyelenggarakan PPG dalam jabatan kepada guru yang belum memperoleh kuota sertifikasi dari jalur portofolio dan PLPG.

…dst

29 ) Kemdikbud Kesulitan Hitung Biaya Pendidikan Dasar
http://www.jpnn.com/read/2011/11/10/107806/Kemdikbud-Kesulitan-Hitung-Biaya-Pendidikan-Dasar-

Kamis, 10 November 2011 , 22:44:00
JAKARTA—Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemdikbud), Chairil Anwar Notodiputro menjelaskan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) mengenai pembiayaan pendidikan dasar (dikdas) masih didiskusikan. “Hingga saat ini masih perlu dua kali pertemuan diskusi internal untuk membahas masalah Permendikbud pembiayaan ini,” ungkap Chairil ketika ditemui di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (10/11). Menurutnya, pembahasan dan analisa mengenai pembiayaan pendidikan dasar ini tidak cukup sampai di APBN saja. Karena, lanjut dia, harus juga melihat pos anggaran lainnya sehingga mendapat angka yang ideal. “Kalau mau menemukan angka yang ideal, tentunya kita juga harus berpikir keras bagaimana untuk bisa menggeser-geser anggaran yang lain agar pembiayaan pendidikan dasar ini bisa cukup,” imbuhnya.

…dst

30 ) Presentasi Memukau Di Harvard University
http://www.jpnn.com/read/2011/11/11/107818/Presentasi-Memukau-Di-Harvard-University-

Jum’at, 11 November 2011 , 02:52:00
BOSTON—Prestasi peserta Outstanding Student For The World Kemlu 2011 memang tak bisa dipandang enteng. Kemarin (10/11 WIB) mereka sukses presentasi di Harvard Universiy. Siswa-siswa SMA ini bisa membuat professor dan mahasiswa di universitas paling bergengsi di dunia itu geleng-geleng kepala. Presentasi dilakukan dengan bahasa Inggris di gedung Harvard Kennedy School of Government, salah satu bagian dari Harvard University yang terletak di sudut kampus. Tim pertama yang beraksi adalah peraih spesial award olimpiade robot di Australia. Mereka adalah Aldino Jasmi, Agnes Pingkan dan Aisyah Ativa.

…dst

31 ) Tak Ada Anggaran, Evaluasi RSBI Batal
http://www.jpnn.com/read/2011/11/10/107801/Tak-Ada-Anggaran,-Evaluasi-RSBI-Batal-

Kamis, 10 November 2011 , 20:40:00
JAKARTA—Evaluasi operasional sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) kemungkinan besar akan molor sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud) Chairil Anawar Notodiputro mengatakan, hal tersebut disebabkan karena program evaluasi RSBI tersebut terkena dampak efisiensi pendanaan atau anggaran.”Mengenai evaluasi RSBI, sampai saat ini belum mendapatkan hasil terakhir. Selain masalah ini merupakan masalah serius yang harus dibahas dalam waktu yang lama, tetapi juga terbentur dampak efisiensi pendanaan. Jadi agak terhambat,” ungkap Chairil ketika ditemui di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (10/11).

…dst

32 ) BKN Duga Hanya Untuk Alihkan Perhatian
Kecurigaan Banyak Siluman di Daftar Honorer K1
http://www.jpnn.com/read/2011/11/11/107819/BKN-Duga-Hanya-Untuk-Alihkan-Perhatian-

Jum’at, 11 November 2011 , 04:56:00
JAKARTA – Persoalan di balik berlarutnya pengesahan RPP tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS terus muncul. Mulai dari ketersediaan anggaran negara untuk gaji, tenaga honorer masuk gerbong moratorium CPNS baru, hingga adanya honorer siluman. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menilai segala kabar ini menutupi kepastian pemerintah mengesahkan RPP tadi. Seperti diberitakan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) mencurigai data jumlah tenaga honorer kategori satu (K1) yang dilansir BKN. Sejak pertengahan tahun ini, BKN sudah menegaskan jika tenaga honorer K1 mencapai 67.385 orang. Kemen PAN dan RB menilai ada nama-nama honorer siluman dalam daftar ini. “Nama-nama honorer yang masuk di kelompok K1 ini sudah divalidasi,” sanggah Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat kemarin (10/11).

…dst

33 ) Nasib Honorer I Belum Jelas, BKN Garap Honorer II
http://www.jpnn.com/read/2011/11/11/107814/Nasib-Honorer-I-Belum-Jelas,-BKN-Garap-Honorer-II-

Jum’at, 11 November 2011 , 01:44:00
JAKARTA –Meski Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang menjadi dasar hukum pengangkatan honorer “tercecer” jadi CPNS belum juga disahkan menjadi PP, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai menggarap data honorer kategori II. Saat ini BKN telah melakukan konsolidasi dengan seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk kepentingan verifikasi data yang sudah masuk.”Sampai hari ini konsolidasi telah dilakukan BKN bersama seluruh BKD. Inti konsolidasi adalah memverifikasi data yang masuk. Jadi ketika RPP disahkan, data kategori II sudah siap,” kata Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat yang dihubungi, Kamis (10/11).

…dst

34 ) Kategori I Kosong, Tak Boleh Diganti Kategori II
Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2011/11/01/107094/Kategori-I-Kosong,-Tak-Boleh-Diganti-Kategori-II-

Selasa, 01 November 2011 , 07:31:00
JAKARTA – Pemerintah bertekad menuntaskan pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS tahun ini. Terutama untuk tenaga honorer kategori I (dibiayai APBN dan APBD). Lantas, bagaimana dengan instansi yang sudah tidak memiliki honorer kategori I? Apakah bisa diganti dengan honorer kategori II (dibiayai selain APBN dan APBD)? Kepala Humas badan kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat mengakui ada beberapa kabupaten/kota yang mengajukan tenaga honorer kategori II untuk diangkat menjadi CPNS. Alasannya, tenaga honorer kategori I di daerah tersebut sudah habis, alias seluruhnya telah terangkat tahun sebelumnya.

…dst

35 ) Reformasi Birokrasi Sudah di Titik Kritis
http://www.jpnn.com/read/2011/11/10/107790/Reformasi-Birokrasi-Sudah-di-Titik-Kritis-

Kamis, 10 November 2011 , 17:54:00
JAKARTA–Pelaksanaan reformasi birokrasi sudah masuk pada titik kritis. Pasalnya, pelaksanaan reformasi birokrasi untuk seluruh kementerian/lembaga (K/L) tingkat pusat, harus sudah terlaksana pada akhir 2014. Sedangkan untuk daerah ditargetkan selesai di 2025. Demikian ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar di Jakarta, Kamis (10/11). “Posisi kita saat ini ada di titik kritis pelaksanaan reformasi birokrasi. Kalau untuk pusat tinggal tiga tahun lagi selesai,” ujarnya. Dikatakannya, sampai saat ini sudah cukup banyak instansi pemerintah yang berupaya mewujudkan reformasi birokrasi sesuai grand design dan road map reformasi birokrasi. Hanya saja pelaksanaannya belum berjalan baik sehingga diperlukan monitoring yang kredibel untuk pengukuran objektif.

…dst

36 ) Tragedi Pak Sjaf dan Etika Pejabat
http://nasional.kompas.com/read/2011/11/10/08533262/Tragedi.Pak.Sjaf.dan.Etika.Pejabat

Kamis, 10 November 2011 | 08:53 WIB
KOMPAS.com – Hal menggembirakan dari penganugerahan status pahlawan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, awal pekan ini, adalah diputuskannya Mr Sjafruddin Prawiranegara (1911-1989) sebagai salah seorang dari tujuh nama penerima gelar.Pak Sjaf, panggilan akrab Sjafruddin Prawiranegara, adalah sosok kontroversial yang lima dekade lebih dikerdilkan namanya dengan menyematkan kesan pemberontak. Labelisasi yang dilakukan Orde Lama dan Orde Baru itu tersebab dua hal: perannya sebagai Perdana Menteri Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) yang menantang langsung Soekarno pada 1958-1961 dan sebagai salah satu penanda tangan Petisi 50 yang mengecam Soeharto pada 1980.

…dst

37 ) Pemerintah Incar Alutsista Bekas Eropa
http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/11/10/brk,20111110-365913,id.html

KAMIS, 10 NOVEMBER 2011 | 15:04 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Pemerintah Indonesia sedang mengincar sejumlah alat persenjataan dari luar negeri, khususnya produksi negara-negara di Amerika dan Eropa. Pasalnya, krisis ekonomi di Eropa rupanya menyebabkan beberapa negara di sana mengurangi kekuatan militer mereka. “Artinya apa? Kalau kekuatan militer mereka banyak dikurangi, artinya mereka juga akan melakukan penjualan alutsista. Murah sekali gitu lah,” kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, usai mengikuti sidang soal alutsista di kantor Presiden, Jakarta, Kamis, 10 November 2011.

…dst

38 ) BPOM Tingkatkan Pengawasan Obat Tradisional
http://www.jpnn.com/read/2011/11/09/107681/BPOM-Tingkatkan-Pengawasan-Obat-Tradisional-

Rabu, 09 November 2011 , 13:20:00
PEKANBARU – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru, semakin gencar meningkatkan pengawasan terhadap obat-obatan yang beredar di Pekanbaru dan Riau. Ini terkait surat yang dikeluarkan BPOM RI tertanggal 13 August 2010 tentang obat tradisional bahan kimia Nomor: HM.03.03.1.43.08.10.8013 Jakarta, 13 Agustus 2010.Kepala BPOM Pekanbaru, Drs I Gde Nyoman Suandi APt M mengatakan pengawasan yang dilakukan terhadap obat dan makanan sudah menjadi bagian tugas rutin dari BPOM. Namun terkait dengan surat BPOM RI tentang obat tradisional yang menggunakan bahan kimia yang berbahaya, pihaknya semakin meningkatkan pengawasan di lapangan

…dst

39 )  Sekilas dalam Negeri
Rekrutmen PNS
Pemerintah Dituntut Perbaiki Rekrutmen PNS
BKN Duga Hanya Untuk Alihkan Perhatian
New7Wonder
New 7 Wonders adalah Perusahaan Bangkrut
Komodo diharapkan tidak dijadikan komoditi bisnis dan politik
Korupsi
Busyro: Korupsi Adalah Pelanggaran HAM, Pelaku Layak Dihukum Mati
Polri Keluhkan Sulitnya Periksa Pejabat Negara dalam Kasus Korupsi
Polri Ingin Tambahan Duit Pengusutan Korupsi   
Kasus Nazaruddin
Nazaruddin: Anas Layak Jadi Tersangka Berikutnya
KPK: Tersangka Baru Bukan Petinggi Partai
Nazaruddin Hanya Dijerat Pasal Suap
KPK Pindahkan Nazaruddin ke Rutan Cipinang
KTT Asean
Kekuatan Besar Densus 88 Amankan KTT ASEAN
Sekilas Luar Negeri
Libya
ICC: Penangkapan Saif Qaddafi Hanya Masalah Waktu
Mantan PM Libya: Qatar ingin mainkan peran terlalu besar
Krisis di Zona Euro
Krisis Italia Berdampak Lebih Besar 
Ditunggu Pengadilan (Perdana Menteri Italia)
George Papandreou mundur sebagai PM Yunani
Thailand
Yingluck Tidak Akan Lepas Jabatan
PM Thailand tak ingin mundur karena krisis banjir 
Palestina
Palestina harap Indonesia terus beri dukungan
Yaman
Utusan PBB kembali ke Yaman, berusaha atasi krisis
Suriah
Para pemimpin Arab tawarkan perlindungan ke presiden Suriah