1 ) RUU Pendidikan Tinggi? Masih Harus Bersabar…
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/06/13303435/RUU.Pendidikan.Tinggi.Masih.Harus.Bersabar.

Selasa, 6 Desember 2011 | 13:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, tertundanya pengesahan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) tidak menjadi masalah. Menurutnya, tertundanya pengesahan RUU yang ditargetkan selesai pada tahun 2011 ini tidak akan membawa dampak negatif pada pelaksanaan pendidikan tinggi. Djoko menjelaskan, ditundanya pengesahan RUU tersebut bukan karena adanya perdebatan dalam pembahasan sejumlah pasal yang dianggap kontroversial. Akan tetapi, jelas Djoko, karena proses pematangan sejumlah ketentuan yang memang memerlukan waktu panjang agar menciptakan UU Pendidikan Tinggi yang solutif. “Tetapi, jika kemudian menjadi agak alot, itu karena banyak orang yang membahasnya dan tidak mengerti. Ya tak apa, yang penting kita terus mempersiapkannya,” kata Djoko, Selasa (6/12/2011), di Hotel Sultan, Jakarta.

…dst

2 ) DPR: UU Sisdiknas Perlu Dievaluasi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/06/18232267/DPR.UU.Sisdiknas.Perlu.Dievaluasi

Selasa, 6 Desember 2011 | 18:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi X DPR RI berencana merevisi Undang-Undang (UU) No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Revisi tersebut diharapkan dapat membawa pendidikan nasional ke arah yang lebih baik. Anggota Komisi X asal Fraksi PKS, Raihan Iskandar mengungkapkan, UU Sisdiknas memiliki masalah yang cukup serius sehingga perlu direvisi. Selain itu, revisi juga perlu dilakukan mengingat UU tersebut lahir pada saat euforia pendidikan di Indonesia masih kaget-kagetan.”Sekarang ini kondisi sudah lebih stabil, kita lebih siap menata Indonesia ke depan. Kita ingin merancang Indonesia lebih baik dalam dunia pendidikan. Dan saya pikir masyarakat dunia pendidikan juga lebih serius melihat itu,” Kata Raihan, Selasa (6/12/2011), di Jakarta.

…dst

3 ) KKN Genjot Kualitas SDM Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/06/373/538758/kkn-genjot-kualitas-sdm-indonesia

Selasa, 06 Desember 2011 16:35 wib
JAKARTA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang umumnya dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat akhir di sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta. Mereka akan ditempatkan di rumah-rumah penduduk dan melakukan penelitian terkait bidang studi yang ditekuni. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengatakan, program KKN ini ternyata memiliki kaitan yang erat dengan Gross Domestic Product (GDP) suatu negara. “Masa belajar yang panjang akan mengakibatkan GDP-nya tinggi. Demikian pula karya ilmiah juga berkaitan dengan GDP. Sederhananya, negara memiliki masyarakat yang pintar, maka akan sejahtera,” kata Djoko saat pembukaan seminar KKN Tematik Posdaya di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (6/12/2011).

…dst

4 ) Software Migas UI Jawara Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/06/373/538444/software-migas-ui-jawara-dunia

Selasa, 06 Desember 2011 12:08 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) kembali meraih prestasi dan mengalahkan peserta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Tim Mahasiswa UI menjadi Juara Nasional dari dalam Kompetisi Pengembangan Software Komersial bidang Migas 2011. Tim dari Geophysics, FMIPA UI ini berhasil membawa pulang uang USD7.000 sebagai pemenang juara 1, mengalahkan para peserta lainnya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Trisakti dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Kepala Deputi Sekretariat Pimpinan UI Devie Rahmawati mengatakan, perlombaan yang diadakan oleh perusahaan migas internasional Slumberger ini, merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia.

…dst

5 ) Konflik Internal UI Ditenggat Akhir Desember
http://www.jpnn.com/read/2011/12/06/110380/Konflik-Internal-UI-Ditenggat-Akhir-Desember-

Selasa, 06 Desember 2011 , 22:09:00
JAKARTA—Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso, enggan mengomentari dugaan korupsi di Universitas Indonesia (UI). Menurutnya, jika hal tersebut memang terjadi, maka pihak UI yang harus menyelesaikannya.”Kalau tentang UI, saya tidak bisa komentar apa-apa selain mereka memang harus menyelesaikan masalah ini sendiri,” ungkap Djoko di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/12).Di samping dugaan kasus korupsi, Djoko juga mengatakan akan tetap menunggu niat UI untuk menyelesaikan masalah internalnya bersama dengan Majelis Wali Amanah (MWA). “Kemarin kan mereka mau selesaikan sendiri. Ya sudah, itu yang masih kita pegang,” kata Djoko. Namun, lanjut Djoko, jika hingga akhir bulan Desember 2011 ini belum menunjukkan tanda-tanda penyelesaian, maka Kemdikbud tetap memutuskan akan mengambil alih pengelolaan kampus UI. “Kita tunggu sampai saat yang telah ditentukan. Kalau tak kunjung selesai, kita turun tangan karena kami pikir itu sudah waktunya kami ambil alih,” tandasnya. (cha/jpnn)

>>>

6 ) UNESCO Dorong Pendidikan Kewirausahaan
http://www.jpnn.com/read/2011/12/06/110374/UNESCO-Dorong-Pendidikan-Kewirausahaan-

Selasa, 06 Desember 2011 , 20:46:00
JAKARTA — Akademisi, pendidik, dan pengusaha ternama di kawasan Asia Pasifik punya komitmen meningkatkan pendidikan kewirausahaan. Menurut Guru Besar dan Ketua Bidang Seni dan Pembelajaran UNESCO, Larry O’Farrell, memang saat ini yang mendesak adalah upaya meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Farrell menyatakan hal itu di acara Konferensi Internasional UNESCO-Asia-Pacific Programme of Educational Innovation for Development (APEID) yang berlangsung mulai 6 – 8 Desember 2011 di Hotel Sultan, Selasa (6/12). Di tempat yang sama, Guru Besar Bidang Pendidikan Universitas Zhejiang, China, Wang Libing menjelaskan, pendidikan tinggi di China saat ini terus mendorong upaya jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswanya. Tujuannya, agar lebih gampang terjun du dunia kerja. “Pendidikan orientasi akademis tradisional secara bertahap digantikan dengan pendidikan tinggi profesional atau bahkan kejuruan yang berorientasi pada lapangan pekerjaan,” kata Libing.

…dst

7 ) PT Asing Wajib Ajarkan Pancasila
http://www.jpnn.com/read/2011/12/06/110372/PT-Asing-Wajib-Ajarkan-Pancasila-

Selasa, 06 Desember 2011 , 20:18:00
JAKARTA — Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso angkat bicara terkait polemik materi draf Rancangan Undang-Undangan (RUU) Pendidikan Tinggi mengenai poin internasionalisasi pendidikan tinggi. Dia mengungkapkan, kampus asing tetap harus mengadopsi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. “Internasionalisasi pendidikan itu sudah jelas garisnya, yakni, kampus asing harus kerjasama dengan kampus atau perguruan tinggi Indonesia. Kurikulumnya juga harus berdasarkan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Jadi apa yang harus diributkan lagi,” kata Djoko di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/12). Mantan Rektor ITB ini mengakui, pembahasan RUU Pendidikan Tinggi ini cukup alot. Bahkan, hingga saat ini antara pemerintah dengan DPR belum menemukan rumusan internasionalisasi pendidikan tinggi. “Ini belum selesai. Masih harus dibahas secara mendalam. Kalaupun penetapannya diundur juga tidak apa-apa kan? Tapi kalau adanya ribut saja, ya sulit,” keluhnya.

…dst

8 ) Indonesia-Jerman Kerja Sama Penelitian Kehutanan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/06/09480241/Indonesia-Jerman.Kerja.Sama.Penelitian.Kehutanan

Selasa, 6 Desember 2011 | 09:48 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Institut Pertanian Bogor bersama dua universitas di Indonesia membangun kerja sama penelitian kehutanan dengan Universitas Goettingen, Jerman. Hal itu diungkapkan Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto, Senin (5/12/2011), di Bogor, Jawa Barat, dalam konferensi internasional “Memperkuat Sains dan Teknologi Kehutanan untuk Pembangunan Kehutanan yang Lebih Baik”.”Bersama Universitas Goettingen, IPB (Institut Pertanian Bogor) sedang mengerjakan satu proyek kerja sama penelitian baru di bawah skema CRC 990 berjudul Fungsi ekologi dan sosial ekonomi sistem transformasi hutan hujan tropis dataran rendah (Sumatera) di Jambi,” kata Herry. Proyek penelitian itu telah mendapatkan persetujuan pendanaan dari Yayasan Penelitian Jerman (GRF) selama empat tahun, 2012-2016.

…dst

9 ) Taufik Sidang Disertasi via Video Conference
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/06/373/538683/taufik-sidang-disertasi-via-video-conference

Selasa, 06 Desember 2011 18:05 wib
JAKARTA – Bagaimana rasanya jika ketika sidang skripsi kamu tidak dapat didampingi secara langsung oleh dosen pembimbing? Hal langka ini terjadi pada sidang tertutup program pascasarjana mahasiswa bidang ilmu Matematika dan IPA (MIPA)-Fisika Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Mohammad Taufik. Namun, untuk mengatasinya, Unpad membuat inovasi baru dalam pelaksanaan sidang disertasi. Untuk pertama kali, mereka menggelar sidang program pascasarjana dengan menggunakan teknologi video conference. Teknologi ini digunakan untuk mempertemukan pria yang juga merupakan dosen jurusan Fisika Unpad ini dengan promotornya, Prof Dr Taufik yang bermukim di California, Amerika Serikat.

…dst

10 ) Mahasiswa IPB temukan teknologi pengembangbiakan “doctor fish”
http://www.antaranews.com/berita/287907/mahasiswa-ipb-temukan-teknologi-pengembangbiakan-doctor-fish

Selasa, 6 Desember 2011 20:06 WIB
Bogor (ANTARA News) – Mahasiswa dari Departemen Budi Daya Perikanan Institut Pertanian Bogor menemukan teknologi pengembangbiakkan ikan Garra rufa (doctor fish), yang dapat menghasilkan benih secara kontinyu, aman, dan murah dengan memanfaatkan ikan mas. Menurut keterangan tertulis Humas IPB di Bogor, Selasa, tim mahasiswa itu adalah Kresna Yusuf Rakitaso, Arief Aditya Hutama, Annisa Khairani Aras, dan Asep Bulkini. Ketua tim peneliti Kresna Yusuf Rakitaso mengatakan, pengobatan alternatif “fish spa” yang menggunakan ikan Garra rufa sebagai medianya, mampu menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Tingginya minat masyarakat tersebut, membuka peluang bisnis yang sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha perikanan. Namun, kata dia, meningkatnya jumlah permintaan akan ikan Garra rufa ternyata tidak diimbangi dengan ketersediaan benih nasional, sehingga benih harus diimpor dari Singapura, Cina, Thailand, dan lain-lain.

…dst

11 ) UI Inisiasi Gerakan Birokrasi Bersih
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/06/373/538662/ui-inisiasi-gerakan-birokrasi-bersih

Selasa, 06 Desember 2011 17:14 wib
JAKARTA – Karut marut politik dan penyelenggaraan birokrasi di Tanah Air membuat gerah banyak pihak. Salah satunya adalah civitas academica Program Pascasarjana Ilmu Administrasi, Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI). Dengan dukungan para tokoh masyarakat yang tergabung dalam Indonesian Strategic Initiative for Administrative Reform (ISIAR), mereka akan mendeklarasikan Gerakan Nasional “Birokrasi Bersih dan Melayani” pada 8-9 Desember mendatang. Bertempat di Kampus UI, Depok, deklarasi juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan sebagai ajang inisiasi gerakan massa untuk mendukung, menggerakkan, dan mendorong terwujudnya reformasi administrasi (birokrasi) di Indonesia.

…dst

12 ) Unlam Bangun Laboratorium Alquran
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/06/21534929/Unlam.Bangun.Laboratorium.Alquran

Selasa, 6 Desember 2011 | 21:53 WIB
BANJARMASIN, KOMPAS.com – Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin Kalimantan Selatan segera membangun laboratorium praktikum Pendidikan Alquran sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengkaji dan memperdalam Kitab Suci umat Islam tersebut. Rektor Unlam Prof HM Ruslan usai peletakan batu pertama pembangunan laboratorium di Kampus Unlam Banjarmssin oleh Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Selasa mengatakan, pembangunan laboratorium tersebut merupakan pembangunan yang didambakan sejak lama.”Kami harapkan dengan terbangunnya laboratorium tersebut pendidikan Alquran bisa lebih berkembang,” katanya, Selasa (6/12/2011).

…dst

13 ) Layar Sentuh di Bilik Suara dari ITB
http://www.tempo.co/read/news/2011/12/07/061370281/Layar-Sentuh-di-Bilik-Suara-dari-ITB

RABU, 07 DESEMBER 2011 | 04:22 WIB
TEMPO.CO,:- Tenda-tenda tim sukses calon Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung meluber hingga ke Jalan Ganeca. Pemilihan Ketua Alumni yang berlangsung Sabtu pekan lalu itu dimenangi Sumaryanto Widayatin. Deputi Bidang Infrastruktur dan Logistik di Kementerian Badan Usaha Milik Negara ini terpilih melalui proses pemilihan langsung dengan meraih 3.142 suara. Pemilihan Ketua Ikatan Alumni ITB periode 2011-2015 itu serentak dilakukan di 30 kota Tanah Air. Khusus di Jakarta dan Bandung, proses demokrasi itu menggunakan 22 mesin electronic voting buatan ITB serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pada 21 November lalu, mesin itu diujicobakan di Jakarta dan Bandung. Dalam simulasi pemilihan di gedung BPPT, Jakarta, yang diikuti 432 alumnus ITB dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi itu, Sumaryanto unggul atas calon lain.

…dst

14 ) Ajang Kompetisi & Charity untuk Mahasiswa Komunikasi
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/06/373/538625/ajang-kompetisi-charity-untuk-mahasiswa-komunikasi

Selasa, 06 Desember 2011 14:03 wib
JAKARTA – Setelah sukses dengan Jazz Goes To Campus (JGTC) akhir pekan lalu, kali ini Universitas Indonesia (UI) kembali menghelat ajang bergensi dalam bidang olahraga, yakni Comm UI Cup 2011.Kegiatan besutan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) ini bertujuan membangun keluarga komunikasi yang sarat nuansa kekeluargaan dan memiliki prestasi. Pada kali kedua penyelenggaraannya, Comm UI Cup 2011 mengusung tema Youth Power : Spirit and Action. Comm UI Cup 2011 meliputi kompetisi mini soccer bagi mahasiswa komunikasi di Pulau Jawa dan Lampung, modern dance bagi pelajar SMA se-Jabodetabek, dan lomba fotografi yang terbuka untuk umum. Kali ini, lomba fotografi mengangkat tema Pump Up Your Spirit.

…dst

15 ) UGM Segera Buka Program D-4
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/449663/

Wednesday, 07 December 2011
YOGYAKARTA – Lulusan sekolah vokasi––sebelumnya bernama diploma atau D-3– Universitas Gadjah Mada (UGM) dipastikan tidak bisa melanjutkan studi atau alih jalur ke jenjang sarjana (S-1) di UGM.Hal ini karena ada perbedaan prinsip dalam penyelenggaraan program pendidikan tersebut, terutama kebutuhan akan lulusannya. Sekolah vokasi (SV) lebih pada keahlian, sedangkan S-1 pada bidang akademis. Kepastian ini sebagai jawaban atas tuntutan dari mahasiswa SV UGM yang menuntut agar mereka juga bisa melanjutkan pendidikan S-1 di UGM melalui program ekstensi, sebagaimana sebelum program D-3 UGM berubah menjadi sekolah vokasi pada 2009. Sejak saat itu Direktur SV UGM Muhammad Arrofiq mengungkapkan, UGM tidak lagi menerima mahasiswa program D3, tapi program sekolah vokasi. SV berada di bawah rektor langsung, bukan lagi fakultas. Termasuk gedung perkuliahan yang disentralkan, yaitu di Jalan Kaliurang atau utara Kopma UGM. “Lulusan sekolah vokasi dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli di bidangnya. Sedangkan S-1 pada bidang akademis atau keilmuan,” ungkap Arrofiq kepada wartawan di UGM kemarin.

…dst

16 ) Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Tuntut Pindah ke S-1
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/06/16404115/Mahasiswa.Sekolah.Vokasi.UGM.Tuntut.Pindah.ke.S-1

Selasa, 6 Desember 2011 | 16:40 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sudah dua hari satu malam, mahasiswa Sekolah Vokasi UGM berunjuk rasa dengan menginap di tenda-tenda yang didirikan di halaman Balairung Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Mereka menuntut pihak rektorat menandatangani draf program alih jalur dari Sekolah Vokasi ke S-1 reguler.Ratusan mahasiswa Sekolah Vokasi UGM menggelar unjuk rasa sejak Senin pagi kemarin. Karena belum ada sikap dari pihak universitas, para mahasiswa tetap bertahan di halaman Balairung atau gedung pusat UGM sisi utara. “Sekolah Vokasi sampai saat ini belum terdaftar di pendidikan tinggi. Kami ingin kembali lagi ke jenjang diploma III seperti dulu dan bisa melanjutkan ke jenjang S-1,” kata Penanggung Jawab Aksi Forum Komunikasi Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM, Neil Aiway,” Selasa (6/12/2011) di UGM, Yogyakarta.

…dst

17 ) Kerja Sama Garuda-Polinema
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/07/169044/Kerja-Sama-Garuda-Polinema

07 Desember 2011
MALANG – Sebagai upaya peningkatan layanan terutama bagi pelanggan korporat serta meningkatkan sinergi antara dua perusahaan, Garuda Indonesia melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam bidang corporate sales dan transaksi pembelian tiket. Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan oleh General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Malang Agung Prabowo dan Direktur Polinema Ir Tundung Subali Patma MT, di ruang rapat pimpinan Polinema, baru-baru ini.

…dst

18 ) Alumni Fakultas Peternakan Undip Pulang Kandang
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/07/169040/-Alumni-Fakultas-Peternakan-Undip-Pulang-Kandang

07 Desember 2011
SEMARANG- Fakultas Peternakan Undip akan menggelar temu alumni beserta seluruh civitas academica bertajuk ”Pulang Kandang 2011: Jalin Kerja Sama, Berbagi Sukses Bersama” di Gedung Serbaguna Prof Soedarto SH, Kompleks Kampus Tembalang, Sabtu 10 Desember 2011. Acara tersebut puncak dari program konsolidasi mahasiswa Fakultas Peternakan. Program tersebut, menurut Pembantu Dekan III Bambang Sulistiyanto PhD, merupakan rangkaian kegiatan pembangunan karakter, khususnya mahasiswa baru. ”Membangun kedekatan dengan alumni dimulai sejak mahasiswa untuk menggali potensi dan meraih prestasi sebagai bekal sukses setelah lulus nanti,” katanya, kemarin.

…dst

 

19 ) HI UMM Lakukan Diplomasi Budaya
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/07/169039/HI-UMM-Lakukan-Diplomasi-Budaya

07 Desember 2011
MALANG – Untuk menambah wawasan mahasiswa tentang dunia internasional, belum lama ini mahasiswa jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan perlawatan ke tiga negara tetangga. Sebanyak 52 mahasiswa angkatan 2008 melakukan diplomasi budaya ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Menurut Ketua Jurusan HI Tonny Dian Effendi, tujuan perlawatan tersebut untuk belajar bagaimana diplomasi Indonesia dilaksanakan, mencari peluang kerja sama, dan melakukan diplomasi kebudayaan. Kegiatan rutin yang dilaksanakan jurusan HI UMM untuk mahasiswa semester VII ini biasanya dilakukan di akhir tahun.

…dst

20 ) Dugaan Korupsi Rp1 Miliar- Rektor IAIN Didesak Bertanggung Jawab
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/449543/

Wednesday, 07 December 2011
CIREBON – Munculnya kasus dugaan korupsi pengadaan perangkat multimedia pada Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon yang kini tengah diselidiki Polda Jawa Barat, disesalkan kalangan internal kampus.Mereka bahkan mendesak rektorat bertanggung jawab atas kasus itu. Selain itu,mendesak pihak kampus harus bersikap lebih transparan dalam menjaga kondusivitas. Sikap tertutup dipandanghanya akanmembuat situasi lebih tidak nyaman. Padahal, dugaan kasus korupsi yang merugikan ne-gara sekitar Rp1,4 miliar tersebut diduga menyeret pejabat elit kampus.Pengadaan perangkat hardware multimedia yang dananya bersumber dari APBN tahun 2010 diduga fiktif.

…dst

21 ) Sentralisasi Guru Sulit Dilaksanakan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/449664/

Wednesday, 07 December 2011
JAKARTA– Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menilai sentralisasi guru memerlukan kajian komprehensif agar tidak menimbulkan masalah setelah diterapkan. Kepala Balitbang Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro mengatakan,dalam lokakarya yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu semua pihak setuju bahwa sentralisasi guru perlu dilakukan. Akan tetapi, masih banyak masalah yang menumpuk sehingga perlu dilakukan kajian secara lebih mendalam dengan melibatkan pemangku kepentingan di pemerintahan, pakar,maupun asosiasi guru. “Kalau tidak dikaji, kita seperti pendulum. Bergeser dari masalah yang satu ke masalah lainnya,” katanya di Gedung Kemendikbud kemarin.

…dst

22 ) ‘Beasiswa Ala Bajo’ Raih Penghargaan Lagi
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/06/281937/293/14/Beasiswa-Ala-Bajo-Raih-Penghargaan-Lagi

Selasa, 06 Desember 2011 23:18 WIB
JAKARTA–MICOM: Film dokumenter Beasiswa Ala Bajo secara mengejutkan membawa Eagle Award produksiMetro TV memenangkan Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2011. Tayangan tersebut mengalahkan saingannya di Anugerah KPI Kategori Program Dokumenter. “Sebenarnya ini merupakan juara II Film Rekomendasi Juri dalam Eagle Award. Namun, tidak disangka justru ini yang memenangkan sejumlah penghargaan,” kata Produser Eagle Award Agus Ramdan kepada mediaindonesia.comdi Auditorium TVRI, Jakarta, Selasa (6/12) malam.

…dst

23 ) Christopher, Korban Penusukan di Pluit Pernah Juara Olimpiade Sains
http://www.detiknews.com/read/2011/12/06/223608/1784529/10/christopher-korban-penusukan-di-pluit-pernah-juara-olimpiade-sains?n990102mainnews

Selasa, 06/12/2011 22:36 WIB
Jakarta – Christopher Melky Tanujaya, korban penusukan di Pluit, Jakarta Utara, ternyata pernah jadi juara olimpiade sains nasional tingkat SMP/MTS pada tahun 2009. Saat itu, dia meraih medali perak bidang matematika.Dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nama Christopher tercatat dalam jajaran peraih medali. Dia mewakili SMP IPEKA Pluit Kota Jakarta.Tidak hanya itu, Christopher juga saat ini tercatat mendapat beasiswa untuk sekolah di Singapura, tepatnya di SMA Saint Joseph Institution. Remaja berusia 16 tahun itu pulang ke Indonesia dalam rangka liburan.

…dst

24 ) Rp 1.000 Akan Jadi Rp 1
Tahun Depan, RUU Redenominasi Rupiah Diajukan ke DPR
http://www.jpnn.com/read/2011/12/07/110403/Rp-1.000-Akan-Jadi-Rp-1-

Rabu, 07 Desember 2011 , 05:15:00
JAKARTA – Pemerintah bakal mengajukan RUU Redenominasi Rupiah ke DPR. Menkeu Agus Martowardojo mengatakan, draf undang-undang yang mengatur penyederhanaan penyebutan mata uang rupiah segera dibahas tahun depan. Menurut Menkeu, draf RUU tersebut “sudah sampai tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM. Substansi dari RUU tersebut merupakan hasil koordinasi antara pemerintah dan Bank Indonesia. “Nanti kalau sudah selesai harmonisasi, RUU Redenominasi kami akan masukkan ke DPR. Kami harapkan bisa dibahas 2012,” kata Agus setelah sosialisasi Undang-Undang Mata Uang di Jakarta kemarin. Agus mengatakan, secara prinsip pemerintah mendukung usul bank sentral mengenai redenominasi. Namun, untuk bisa diimplementasikan, setidaknya butuh waktu 5?10 tahun lagi. Pemerintah, kata Agus, harus mempelajari dampak positif dan negatif dari kebijakan tersebut lebih dahulu.

…dst

25 ) Ilmuwan NASA Temukan “Bumi Kedua”
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/449596/

Wednesday, 07 December 2011
MOFFET FIELD – Masih percaya bahwa hanya ada satu tempat kehidupan di alam semesta? Penemuan terbaru para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) alias NASA ini barangkali bisa membuat Anda memikirkan kembali kepercayaan itu. Mereka baru saja menemukan sebuah planet yang paling mirip Bumi, mengorbiti sebuah bintang yang berjarak 600 tahun cahaya dari planet tercinta kita ini.Satu tahun cahaya setara dengan sekitar 10 triliun km.Yang istimewa dari planet yang diberi nama Kepler-22b itu adalah permukaannya yang mengandung air–salah satu elemen terpenting untuk kehidupan di Bumi. Planet itu kini bergabung dalam daftar yang terdiri atas lebih dari 500 planet yang ditemukan mengorbiti bintang di luar sistem tata surya kita.Kepler-22b itu berukuran sekitar 2,4 kali ukuran Bumi dan memiliki suhu sekitar 22 derajat Celcius. Planet itu merupakan planet terdekat yang mirip dengan Bumi, atau bisa disebut sebagai Bumi 2.0.

…dst

26 ) Sekilas Dalam Pendidikan
Tragedi
Juara Olimpiade Sains Ditusuk, Polisi Periksa Saksi-saksi
Remaja Ditemukan Tewas di Pluit Dengan Luka Tusukan di Leher
BOS, UAN, RSBI
BOS Disalurkan pada 9-16 Januari 2012
Rintisan Dana BOS SMA Dianggarkan Rp 1 Triliun
8 Desember, Peraturan Dana BOS Terbit
Benahi Dulu Penyaluran BOS 
Anggaran UN Rp 580 Miliar Tidak Realistis
Anggaran RSBI Dipangkas Separoh
Papua
Soal Papua, RI Diminta Taati Kovensi Hak Sipil
Pemerintah Didesak Bebaskan Tahanan Politik Papua
Gayus-Gayusan
Mirip Gayus, 10 PNS Muda Kaya Raya
PNS Muda Simpan Uang Miliaran 
Jabatan PNS Pemilik Rekening Miliaran Selalu “Moncer”
Menpan: Dana Proyek Tidak Boleh ke Rekening Pribadi
Pimpinan KPK
Absen di Paripurna, Busyro Pilih Rapat di Demokrat
Kasus Nazaruddin
Apa Nama Sandi Menpora di Kasus Wisma Atlet? 
Larangan uji coba nuklir
Peraturan Hukum Internasional – RI Ratifikasi Traktat Larangan Nuklir 
Bencana alam
Pengungsi Gunung Gamalama Butuh Beras, Tenda dan Masker
Musibah tembok runtuh
Tembok Runtuh di Makassar, Developer Perumahan Siap Tanggung Jawab
Sekilas luar negeri
Pengurangan pegawai
Citigroup Pecat 4.500 Karyawan, Senilai U$ 400 Juta 
Krisis Euro
Krisis Euro Bisa Bikin Asia Timur Loyo
Berikutnya, Penurunan Peringkat Utang
Irak
Tariq Aziz segera akan dieksekusi 
Libya
Libya Ultimatum Milisi untuk Tinggalkan Tripoli dalam Dua Pekan
Iran
Iran Bersiap Perang
AS Akui Pesawat Mata-mata Silumannya Ditembak Iran
Australia ikut-ikutan menghukum Iran 
Jepang
Wah… Wah! Susu Formula Jepang Terkena Radiasi
Bumi ke dua
Ilmuwan NASA Temukan ”Bumi Kedua” 
NASA pastikan ada planet bisa dihuni di luar sistem tata surya
Astronom temukan dua lubang hitam terbesar 
Di jagat raya ternyata banyak planet intan