1 ) Undip Mulai Bahas Gagasan Sistem Pembayaran Tunggal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/19534317/Undip.Mulai.Bahas.Gagasan.Sistem.Pembayaran.Tunggal.

Jumat, 13 Januari 2012 | 19:53 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Gagasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menerapkan tarif tunggal atau pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) tunggal di perguruan tinggi negeri, juga mendapat tanggapan dari Universitas Diponegoro Semarang. Saat ini Undip Semarang tengah me mbahas langkah-langkah dan usulan yang akan disampaikan kepada Kementerian Pendidikan Nasional terkait gagasan sistem pembayaran tunggal tersebut. “Jadi dengan sistem tarif tunggal ini mahasiswa hanya membayar satu kali saja, tidak ada lagi pembayaran lain-lain. Sistem inilah yang sedang kita bahas,” ujar Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi sesuai menerima bantuan pendidikan berupa BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan dari Kementerian BUMN, Jumat (13/1/2012) di Kampus Undip, Tembalang, Semarang, Jateng.

…dst

2 ) Digagas, SPP Tunggal di Perguruan Tinggi Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/10383840/Digagas.SPP.Tunggal.di.Perguruan.Tinggi.Negeri

Jumat, 13 Januari 2012 | 10:38 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) akan menggagas pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) tunggal di perguruan tinggi negeri, dalam rapat rektor PTN se-Indonesia pada 20 Januari 2012. Hal itu dikatakan Ketua MRPTNI Prof Dr Idrus A Paturusi. “Dengan SPP tunggal tersebut, tidak ada lagi pembayaran lain di perguruan tinggi negeri,” kata Idrus Paturusi yang juga Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Kamis (12/1/2012), ketika membuka Pertemuan Para Dekan Fakultas Teknik/Politeknik se-Indonesia Bagian Timur. Di Universitas Hasanuddin, jelasnya, selain pembayaran SPP, juga terdapat pembayaran untuk biaya wisuda dan KKN. “Nanti (biaya) itu tidak ada lagi. Tetapi, masih harus dihitung unit cost (rincian pembayaran)-nya,” ujar Idrus.

…dst

3 ) Ekonom: waspadai inflasi putaran akibat pembatasan premium
http://www.antaranews.com/berita/292728/ekonom-waspadai-inflasi-putaran-akibat-pembatasan-premium

Sabtu, 14 Januari 2012 05:47 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah diminta untuk mewaspadai inflasi putaran kedua sebagai dampak dari pembatasan premium pada April, kata ekonom Universitas Gadjah Mada Anggito Abimayu. “Bank Indonesia memang sudah menghitung inflasi dapat mencapai 0,9 persen karena pembatasan premium, tapi itu hanya putaran pertama, masih ada inflasi putaran kedua saat produsen menaikkan harga karena beralih ke pertamax,” kata Anggito pada konferensi pers “Evaluasi Subsidi dan Kebijakan pengurangan BBM” di Jakarta, Jumat. Pada Kamis (12/1) Gubernur BI Darmin Nasution mengumumkan bahwa rencana pemerintah untuk membatasi penggunaan BBM bersubsidi pada April mendatang akan menyumbang inflasi sekitar 0,72 – 0,94 persen karena adanya perpindahan penggunaan BBM dari premium ke pertamax. Anwar mengatakan bahwa angka inflasi tersebut masih lebih rendah 50-80 basis poin dibandingkan dengan BI rate yang sebesar 6 persen sehingga masih dapat dikendalikan.

…dst

4 ) UGM Produksi Alat Konversi Gas Lebih Murah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/18281912/UGM.Produksi.Alat.Konversi.Gas.Lebih.Murah

Jumat, 13 Januari 2012 | 18:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Bukan hanya PT Dirgantara Indonesia yang bisa membuat alat konversi bahan bakar premium ke gas. Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada kini dapat membuat alat yang harus digunakan kendaraan roda empat agar bisa memakai bahan bakar gas ini. “Kami teman-teman UGM sudah produksi converter kit (perangkat konversi) sendiri,” ujar ekonom Universitas Gajah Mada, Anggito Abimanyu, dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (13/1/2012). Harga alat konversi itu pun hanya sekitar Rp 8-10 juta per unit, lebih murah ketimbang alat konversi impor yang rencananya akan didatangkan dari Italia oleh pemerintah yang mencapai Rp 14 juta per unit. Anggito meminta kepada pemerintah agar melihat hasil riset universitas ini dan jangan hanya mengandalkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tidak berkompetensi memproduksi alat konversi. Anggito mengatakan, sampai saat ini belum ada investor ataupun kementerian yang melirik alat konversi gas yang penelitiannya dilakukan selama 3 tahun ini.

…dst

5 ) Ini Penyebab Runtuhnya Jembatan Kukar versi ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/373/556579/ini-penyebab-runtuhnya-jembatan-kukar-versi-its

Jum’at, 13 Januari 2012 11:47 wib
JAKARTA – Runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) ditengarai akibat kesalahan saat proses perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan. Jembatan tersebut runtuh total pada 26 November 2011. Dua dari 11 anggota tim ahli jembatan Kukar yang berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Hidayat Soegihardjo dan Priyo Suprobo mengungkapkan, sebelum runtuh, diidentifikasi telah terjadi keretakan, perkaratan, dan kerusakan di beberapa bagian konstruksi jembatan. Maka, lanjut Hidayat, runtuhnya jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini merupakan akumulasi dari beberapa faktor.Hidayat yang merupakan dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITS ini juga menambahkan, material yang digunakan sebagai bahan pembuatan jembatan tidak memenuhi standar. ”Material yang digunakan adalah FCD 60 atau besi tuang yang memilki ketahanan impak rendah,” kata Hidayat seperti dilansir dari ITS online, Jumat (13/1/2012).

…dst

6 ) Esemka Fase Awal Mobnas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/460426/

Saturday, 14 January 2012
MAGELANG– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, mobil Esemka merupakan proses awal untuk menjadi mobil nasional (mobnas). Namun untuk memproduksinya, jangan terburu-buru. Dahlan meminta mobil Esemka karya siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) harus ditempatkan secara proporsional. Mobil Esemka tersebut harus tetap dikerjakan dalam rangka sarana pembelajaran dan pendidikan di sekolah.”Jangan terburu-buru dikerjakan dalam rangka untuk menjadi industri dan produksi.Nanti tidak proporsional,” kata Dahlan setelah melihat mobil Esemka karya siswa SMK Muhammadiyah 2 Borobudur di Kecamatan Borobudur,Kabupaten Magelang, kemarin.

…dst

7 ) Mobil Formula UGM Ikuti Kompetisi di Jepang
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/13/lxqxk4-mobil-formula-ugm-ikuti-kompetisi-di-jepang

Jumat, 13 Januari 2012 23:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Mobil formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan mengikuti kompetisi “The 10th Student Formula SAE Competition of Japan” di Aino City, Shizuoka-ken, Jepang, pada 3-7 September 2012. “Untuk menambah kemampuan mobil formula tersebut, kami telah melakukan berbagai modifikasi. Salah satunya adalah meningkatkan kapasitas mesin dari 322 cc menjadi 600 cc,” kata Ketua Tim Bimasakti UGM, Akmal Irfan Majid, di Yogyakarta, Jumat. Akmal menyatakan minimal kapasitas mesin itu bisa menyamai tim negara lain. Selain memperbarui mesin, Tim Bimasakti yang beranggotakan 23 orang terdiri atas 12 orang tim inti, lima orang tim ahli, dan enam orang sebagai tim pendukung itu juga melakukan penambahan hasil rancangan dan penampilan kendaraan. Penambahan itu terutama untuk desain rangka, sistem kopling dan persneling.

…dst

8 ) UMS Buat Prototipe Mobnas, 90% Komponen Lokal
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/14/173552/UMS-Buat-Prototipe-Mobnas-90-Komponen-Lokal

14 Januari 2012
MAGELANG- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil membuat prototipe mobil nasional (mobnas). Persentase komponen yang merupakan buatan lokal mencapai 90%. Kualitasnya juga telah teruji, bahkan bahan lebih baik daripada mobil buatan China.Ketua Tim Riset Mobil Nasional Bambang Waluyo Febriantoko mengatakan, prototipe mobil nasional yang dibuat bukanlah barang rakitan. Komponen yang tidak dibuat sendiri hanya ban, kaca, lampu, pegas, dan gardan. Sementara untuk mesin, sasis cabin, desain mobil, asli buatan sendiri, sehingga dipastikan berbeda dengan yang di pasaran dan harganya bisa lebih murah jika diproduksi massal. “Asli buatan sendiri, 90% komponen lokal,” kata Bambang saat peluncuran ulang dan test drive mobil Esemka Sang Surya di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, kemarin. Menurutnya, UMS ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan SMK menjadi laboratorium CAD/CAM/CAE (laboratorium riset desain mobil nasional). Tim riset UMS memiliki tugas hingga tahun 2014 untuk melakukan penelitian dan pengembangan mobil nasional.

…dst

9 ) Unhas Garap Moko Jadi Mobil Hibrida
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/460359/38/

Saturday, 14 January 2012
KEMAMPUAN merakit mobil tak hanya dimiliki pelajar SMK di Surakarta dengan melahirkan Kiat Esemka.Di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), siswa SMK setempat juga sudah memamerkan hasil karya mereka, mobil mungil Moko. Pada perkembangan terkini, Universitas Hasanuddin (Unhas) siap mengembangkan Moko sebagai mobil hibrida.Mobil ini akan dimodifikasi sehingga nantinya menggunakan dua sumber daya,yakni bahan bakar minyak (BBM) dan baterai. Pembantu Rektor (PR) III Unhas Nazaruddin Salam mengungkapkan, Moko akan dibuat lebih ringan dan aerodinamis sehingga lebih meringankan kerja mesin mobil yang menggunakan baterai. “Mobil Moko yang sudah berganti jadi hibrida ini nantinya bisa mengurangi polusi karena dengan pemakaian baterai isi ulang,gas emisi yang dikeluarkan lebih rendah,”kata Nazaruddin di Makassar kemarin.

…dst

10 ) Kenali Jalur Undangan Lebih Dekat, Yuk (1)
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/373/556700/kenali-jalur-undangan-lebih-dekat-yuk-1

Jum’at, 13 Januari 2012 14:54 wib
JAKARTA – Kamu yang sekarang duduk di kelas XII tentu harus segera mempersiapkan diri menghadapi pendaftaran jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara serentak pada 1 Februari mendatang. Namun, di tengah kesibukan itu, mungkin masih ada beberapa di antara kamu yang belum mengerti mengenai mekanisme, syarat, dan pemahaman jalur undangan. Berikut ulasan mengenai jalur undangan yang perlu kamu ketahui seperti disitat dari laman Unnes, Jumat (13/1/2012).
Apa sebenarnya SNMPTN Jalur Undangan?

…dst

11 ) Nilai UN Jadi Syarat Masuk PTS
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/373/556486/nilai-un-jadi-syarat-masuk-pts

Jum’at, 13 Januari 2012 10:02 wib
YOGYAKARTA – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap menerapkan nilai ujian nasional (UN) menjadi syarat masuk perguruan tinggi mulai tahun ini. Ketua Aptisi DIY Kasiyarno mengatakan, selain sudah menjadi peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), syarat ini sebenarnya sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan, terutama jerih payah siswa dalam menuntut ilmu. “Kami segera mendorong dan memberitahukan perguruan tinggi swasta (PTS) DIY untuk masalah ini,” ungkap Kasiyarno, kemarin. Untuk parameter atau syarat-syarat lain, Aptisi DIY tidak membuat keseragaman. Syarat lain tersebut menjadi kewenangan PTS bersangkutan, terutama komposisi persentase antara nilai UN dengan syarat pendukung yang lain.

…dst

12 ) Akses Pendidikan Kedokteran Masih Terbatas
http://www.pikiran-rakyat.com/node/172915

Jumat, 13/01/2012 – 15:08
JAKARTA, (PRLM).- Penyusunan Undang-Undang tentang Pendidikan Kedokteran perlu mendapat perhatian, mengingat pendidikan kedokteran sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan yang berkualitas. Kalangan DPR berjanji akan menuntaskan RUU ini pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2011-2012. “Selain itu mutu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), pelayanan, maupun pemenuhan dokter di daerah terpencil menjadi kata kunci perbaikan mutu pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia kedepannya,” kata anggota Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian dari Fraksi Partai Golkar. Menurut dia, ada banyak hal yang bisa dibenahi melalui Undang-Undang tentang Pendidikan Kedokteran. Salah satunya mengenai pendidikan kedokteran sebagai media pembentukan dokter yang berkarakter. Misalnya, selama ini masih banyak ditemui dokter yang kurang terampil dalam berkomunikasi secara empatik terhadap pasien maupun dokter yang kurang memiliki kerja sama (teamwork) yang baik dengan tenaga medis lainnya. Kekurangan itu dapat diperbaiki dengan pembenahan sistem pendidikan kedokteran yang lebih baik. “Munculnya RUU inisiatif ini didorong oleh adanya fenomena mencemaskan masyarakat terkait dengan mahalnya pendidikan kedokteran. Hal itu menyebabkan terbatasnya akses masyarakat miskin yang mempunyai kemampuan akademik untuk menjadi dokter,” ujarnya.

…dst

13 ) Makin Langka Dokter yang Dalami Ilmu Dasar
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/14/173553/Makin-Langka-Dokter-yang-Dalami-Ilmu-Dasar

14 Januari 2012
SOLO – Dokter sekarang lebih senang mendalami spesialis dibandingkan mempelajari ilmu dasar. Alasan materi menjadi sebab, karena menjadi ahli kedokteran dasar tidak menjanjikan limpahan materi. “Akibatnya, ahli ilmu kedokteran dasar semakin langka. Ini perkembangan yang memprihatinkan, apalagi penghargaan kepada peneliti, termasuk peneliti bidang kedokteran masih sangat minim,” kata Prof Dr Kiyatno MOr PFK AIFO yang akan dikukuhkan sebagai guru besar di bidang Ilmu Faal Fakultas Kedokteran UNS, Senin (16/1). Dia menjadi guru besar ke-147 di UNS. Rencananya dia akan membawakan orasi tentang Homeostatis Teladan Kehidupan Nasional. Kiyatno menjelaskan, tanpa memiliki kompetensi di bidang kedokteran dasar sebetulnya seorang spesialis tidak akan menjadi dokter yang mumpuni kompetensinya. Mestinya sebelum terjun menekuni spesialis, dokter terlebih dulu menekuni kedokteran dasar.

…dst

14 ) AMIKOM-Bank Muamalat Perkuat Kerja Sama
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/460422/

Saturday, 14 January 2012
YOGYAKARTA – STMIK AMIKOM Yogyakarta menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kerja sama yang dijalin keduabelah pihak demi peningkatan pelayanan kampus kepada ribuan mahasiswanya. Penandatanganan MoU dilakukan di Kampus AMIKOM antara Ketua STMIK AMIKOM Yogyakarta M Suyanto dan Branch Manager PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Yogyakarta Herry Wahyudi. Kerja sama keduanya sudah dibangun sejak lama.Misalnya dengan penyediaan kantor kas Bank Muamalat di Kampus AMIKOM. Bentuk sinergi lainnya adalah pemberian beasiswa SPP mahasiswa,host to host pembiayaan SPP, ATM Muamalat, serta pembiayaan tanpa jaminan untuk dosen dan karyawan AMIKOM.”Kami ingin mengoptimalkan kerja sama dalam mendukung tridarma STMIK AMIKOM.Kami juga ingin lebih meningkatkan sinergi yang telah terjalin,”ungkapnya.

…dst

15 ) Pemkot Balikpapan Bebaskan 40 Ha untuk ITK
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/373/556551/pemkot-balikpapan-bebaskan-40-ha-untuk-itk

Jum’at, 13 Januari 2012 11:19 wib
BALIKPAPAN – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk menyiapkan sisa lahan sekira 240 hektar untuk Institut Teknologi Kalimantan (ITK) akan segera terwujud. Pemkot, melalui Bappeda, badan perizinan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), serta pejabat kota lainnya melakukan pengukuran lahan yang akan dibebaskan.”Pada 2012 ini kami akan membebaskan sekira 40 hektar (ha) lahan lagi. Sebelumnya provinsi sudah punya 60 ha dan 20 ha. Jadi pada 2012 ini kami bisa meyelesaikan kebutuhan 120 ha lahan untuk ITK yang disokong APBD,” kata Kabag Perlengkapan M Arsyad (13/1/2012). Pemkot Balikpapan mengalokasikan Rp5 miliar di APBD 2012 untuk biaya pembebasan lahan. Sedangkan anggaran provinsi mengalokasikan Rp1,5 miliar. Pada APBD perubahan 2012, pemkot dan pemprov akan kembali mengalokasikan Rp10 miliar.

…dst

16 ) Dosen Unsoed Ciptakan Obat Kanker dari Cabai & Jahe Merah
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/372/556646/dosen-unsoed-ciptakan-obat-kanker-dari-cabai-jahe-merah

Jum’at, 13 Januari 2012 13:39 wib
JAKARTA – Kanker adalah jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang karena hingga kini belum ditemukan obat untuk menyebuhkannya. Proses pengobatan yang sangat mahal, dan rasa sakit pasien yang luar biasa menyebabkan penderitaan pasien kanker terus bertambah. Berawal dari keprihatinan terhadap kondisi tersebut, Peneliti dan Dosen Farmasi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Heny Ekowati berusaha meneliti untuk menemukan tanaman obat untuk kanker. Akhirnya, penelitian yang dilakukan sejak 2009 tersebut mulai membuahkan hasil. Heny menuturkan, fokus penelitian yang dilakukannya meliputi dua hal, yaitu menemukan tanaman obat untuk menyembuhkan kanker dan obat untuk menekan efek samping dari pengobatan kanker yang dijalani pasien kanker.

…dst

17 ) Rumah Bambu Dosen UGM Raih Penghargaan PU
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/12/372/556277/rumah-bambu-dosen-ugm-raih-penghargaan-pu

Jum’at, 13 Januari 2012 09:02 wib
JAKARTA – Siapa sangka rumah bambu yang merupakan tempat hunian sementara (huntara) para korban banjir lahar dingin Sungai Pabelan di Magelang, Yogyakarta mendapat penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU)? Ya, 12 rumah karya Dosen Jurusan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Eugenius Pradipto tersebut meraih penghargaan dalam Karya Konstruksi Indonesia (KKI) 2011. Pada ajang besutan Kementerian PU itu, Pradito menyabet penghargaan untuk kategori konstruksi teknologi tepat guna. Penghargaan KKI merupakan ajang paling bergengsi dan prestisius dalam bidang inovasi konstruksi. Menurut pengakuan Pradipto, untuk meraih penghargaan ini, setiap usulan karya konstruksi diseleksi dengan cukup ketat oleh pakar-pakar dari berbagai bidang, seperti teknik sipil, arsitektur, dan lingkungan.

…dst

18 ) Mahasiswa UPN Ciptakan Aplikasi Deteksi Iklim melalui Ponsel
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/13110836/Mahasiswa.UPN.Ciptakan.Aplikasi.Deteksi.Iklim.melalui.Ponsel

Jumat, 13 Januari 2012 | 13:11 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Mahasiswi Fakultas Industri, Program Studi Informatika Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur, Eva Yulia Puspaningrum berhasil menciptakan aplikasi deteksi iklim lewat ponsel. Karyanya ini menjawab kegelisahan petani yang kesulitan menentukan musim tanam karena ketidakpastian iklim. Saat ditemui di kampusnya, Rabu (11/1/2012) lalu, Eva tampak sibuk mengutak-atik ponselnya yang sudah terkoneksi dengan sistem tersebut.
“Saya membuat software atau aplikasi khusus memantau musim secara update. Saya fungsikan aplikasi ini cukup dengan HP(handphone),” ujar gadis kelahiran 5 Juli 1989, yang baru saja diwisuda ini.

…dst

19 ) Mahasiswa Tuntut Penutupan Sekolah Vokasi UGM
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/12555234/Mahasiswa.Tuntut.Penutupan.Sekolah.Vokasi.UGM

Jumat, 13 Januari 2012 | 12:55 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Puluhan mahasiswa diploma tiga sekolah vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menuntut penutupan sekolah vokasi di universitas tersebut, Jumat (13/1/2012), karena tidak memberikan akses kepada mahasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.Tuntutan itu disampaikan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Sekolah Vokasi (Forkomsi) pada unjuk rasa di Boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Dalam aksi itu, mereka mendesak pihak rektorat UGM mengabulkan tuntutan tersebut dan mengancam akan melaporkan kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, jika tuntutan itu diabaikan.

…dst

20 ) Malaysia Tawarkan Perguruan Tinggi Murah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/14/173557/Malaysia-Tawarkan-Perguruan-Tinggi-Murah-

14 Januari 2012
SEMARANG- Perguruan tinggi (PT) Malaysia menawarkan pendidikan murah bagi para calon mahasiswa yang hendak melanjutkan di negeri jiran. Hal itu dipromosikan di stan Malaysia Education Promotion Centre in Indonesia di Edu Ekspo SMA 1 Semarang, Kamis (12/1) – Sabtu (14/1). Penasihat Kedutaan Besar Malaysia bidang Pendidikan, Yahurin Mohd Yassin menjelaskan, yang berminat, perguruan tinggi di sana menawarkan berbagai program, mulai kuliah dengan double degree hingga biaya hidup yang terjangkau. “Dengan tinggal di kos dan hidup wajar, sebulan mahasiswa hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp 3 juta, sedangkan yang ingin mendapat dua gelar dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi, ada juga universitas yang menyediakan program itu. Terbukti dengan program yang ada, hingga kini tercatat 10.000 mahasiswa dari Indonesia yang belajar di Malaysia,” katanya direktur Malaysia Education Promotion Centre in Indonesia itu.

…dst

21 ) Unas-ITB Perkuat Kurikulum Teknik Fisika
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/13/373/556666/unas-itb-perkuat-kurikulum-teknik-fisika

Jum’at, 13 Januari 2012 14:06 wib
JAKARTA – Pengembangan kurikulum teknik fisika di Tanah Air memasuki babak baru dengan wacana keberadaan Asosiasi Pendidikan Teknik Fisika Indonesia. Asosiasi ini diinisiasi oleh Universitas Nasional (Unas) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Untuk tahap awal, kedua kampus akan mengembangkan kurikulum teknik fisika. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan melalui pertemuan rutin dan saling aktif berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah nasional.”Kerja sama antara departemen teknik fisika Unas dan ITB akan menjadi pintu gerbang bagi berbagai kerja sama di bidang studi lain antarkedua kampus,” kata Ajat ketika berbincang dengan okezone, Jumat (13/1/2012)

…dst

22 ) Kompetisi Ekonomi di FEB UKSW
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/14/173556/Kompetisi-Ekonomi-di-FEB-UKSW-

14 Januai 2012
SALATIGA-Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW menggelar kompetisi ekonomi (economics competition) bagi siswa SMA di Jateng-DIY, Sabtu (21/1). Lomba yang telah berlangsung dua kali dengan jumlah peminat yang selalu membeludak itu, memperebutkan berbagai hadiah menarik.Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi FEB UKSW Sotya Fevriera SSi MT mengatakan, kompetisi selalu diminati siswa SMA di Jateng-DIY. “Biaya pendaftaran Rp 60.000/orang atau Rp 50.000/orang bila kolektif minimal lima orang,” kata Sotya, kemarin. Informasi pendaftaran menghubungi Sekretaris Prodi Ilmu ekonomi Beni (08179455893) atau TU FEB (0298-311881).

…dst

23 ) Undip Terima Hibah Kapal
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/14/173554/Undip-Terima-Hibah-Kapal-

14 Januari 2012
SEMARANG – Undip menerima hibah satu unit kapal dari Kejaksaan Agung akhir tahun lalu. Kapal tersebut bernama KM GUI HE YU 3368 yang terbuat dari besi baja dan memiliki panjang sekitar 48 meter. Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Prof Dr Ir Muhammad Zainuri DEA menerima hibah tersebut di Jakarta. “Saat ini kapal itu masih di Pontianak. Kami tengah mengupayakan membawanya ke Semarang untuk ditambatkan di BPPI, tapi belum tahu kapan,” ujar Zainuri saat dihubungi Kamis (12/1). Dia mengungkapkan, kapal tersebut tadinya milik nelayan asing yang disita. Nantinya kapal itu akan digunakan sebagai kapal pendidikan dan kapal latih mahasiswa untuk praktik penangkapan ikan, pengukuran data parameter, oseanografi, batimeter, dan pemetaan wilayah. Selain itu, juga sebagai uji coba alat tangkap ikan, fishing ground, serta praktikum di Karimunjawa.

…dst

24 ) Undip Terima Beasiswa Rp 1 Miliar dari Kementerian BUMN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/1323206/Undip.Terima.Beasiswa.Rp.1.Miliar.dari.Kementerian.BUMN

Jumat, 13 Januari 2012 | 13:23 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com — Sebanyak 110 mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang, Jumat (13/1/2011), menerima beasiswa pendidikan senilai total Rp 1 miliar dari Kementerian BUMN melalui program BUMN Peduli Beasiswa Pendidikan. Bantuan pendidikan tersebut secara simbolis diserahkan Kementerian BUMN yang diwakili Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II Laurensius Manurung kepada Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di Gedung Prof Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang. Beasiswa tersebut kemudian diteruskan kepada para mahasiswa penerima beasiswa. Mahasiswa penerima beasiswa masing-masing mendapatkan dana Rp 9 juta untuk biaya pendidikan dan biaya hidup selama satu tahun. Dana beasiswa langsung ditransfer ke rekening mahasiswa.

…dst

25 ) Aktivis KAMMI Protes Tulisannya Dijiplak Politisi PKB
http://www.jpnn.com/read/2012/01/14/114133/Aktivis-KAMMI-Protes-Tulisannya-Dijiplak-Politisi-PKB-

Sabtu, 14 Januari 2012 , 07:24:00
JAKARTA – Dugaan plagiarisme tulisan menimpa politisi PKB yang juga Ketua Fraksi Marwan Ja”far. Aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (Kammi) Dalle Jusman memprotes opini Marwan yang terbit di Koran Tempo. Opini yang ditulis Marwan itu dinilai mirip dengan karyanya yang pernah dipublikasikan media online Okezone.com. “Setidaknya, ada 15 paragraf yang merupakan tulisan saya,” ujar Jusman saat dihubungi wartawan, kemarin (13/1). Menurut Jusman, dirinya mengetahui sendiri saat membaca opini Koran Tempo terbitan kemarin. Pada mulanya, dirinya mengira bahwa itu adalah tulisan dirinya. Betapa kaget dirinya setelah nama penulis dalam opini itu ternyata adalah Marwan. “Saya kaget kok namanya berbeda,” ujar Jusman.

…dst

26 ) Tempo Klarifikasi Kasus Plagiat Marwan Ja’far
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/13/173377187/Tempo-Klarifikasi-Kasus-Plagiat-Marwan-Jafar

JUM’AT, 13 JANUARI 2012 | 16:47 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Koran Tempo segera mengecek tudingan plagiarisme yang ditujukan kepada Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja’far. Hari ini sebuah akun Twitter bernama @jusdalle menulis bahwa tulisannya di dua media online diambil sebagian besar oleh Marwan dalam tulisan pendapatKoran Tempo, Jumat 13 Januari 2012. (baca Tulis Artikel di Tempo, Marwan Fajar Dituding Plagiat) “Kami akan mengecek dan mengklarifikasi tudingan tersebut,” kata Redaktur Pelaksana Koran Tempo Yos Rizal Suriaji yang dihubungi pada Jumat, 13 Januari 2012. Tulisan Marwan berjudul Pengelolaan Energi Libya Pasca-Qadhafi diklaim Jusman Dalle, mahasiswa pemilik akun @jusdalle, memiliki kesamaan hingga 85 persen dengan dua tulisannya yang dimuat di situs detik.comdan okezone.com dengan tema yang sama, Libya.

…dst

27 ) Marwan Ja’far Bantah Disebut Plagiat
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/13/173377215/Marwan-Jafar-Bantah-Disebut-Plagiat

JUM’AT, 13 JANUARI 2012 | 19:20 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja’far akhirnya menjawab soal tudingan plagiarisme yang menimpa dirinya. Marwan membantah telah mencontek atau memakai sebagian karya Jusman Dalle, mahasiswa Universitas Muslim Indonesia Makassar saat menulis artikel berjudul “Pengelolaan Energi Libya Pasca-Qadhafi” yang dimuat di Koran Tempo Jumat 13 Januari 2012. “Kalau ada yang mengatakan plagiat, saya membantah,” kata Marwan saat dikonfirmasi Tempo melalui telpon genggamnya, Jumat 13 Januari 2012. “Mungkin argumentasi, substansi dan sumber referensi sama. Itu saja” Marwan berkilah, sumber referensi yang dipakai dalam menulis artikel itu adalah tulisan Larry Diamond. Ia mengaku bukan kali ini saja dia menulis soal Libya. “Kalau baca tulisan saya sebelumnya, tulisan ini tidak jauh beda,” ujarnya.

…dst

28 ) Presiden Dukung Kemdikbud Dirikan SMK Unggulan di Pacitan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/13/09192085/Presiden.Dukung.Kemdikbud.Dirikan.SMK.Unggulan.di.Pacitan

Jumat, 13 Januari 2012 | 09:19 WIB
PACITAN, KOMPAS.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendukung rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membangun sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan di kampung halamannya, Pacitan, Jawa Timur. Menurut Presiden, kabupaten dan kota tidak perlu berlomba mendirikan universitas. “Saya mendukung Kemendikbud untuk mendirikan sebuah SMK Unggulan, itu khas dan unik serta lulusannya mudah diserap (pasar tenaga kerja),” kata Presiden Yudhoyono, dalam sambutannya sebelum mendengarkan pemaparan Gubernur Jawa Timur Soekarwo tentang pembangunan di Jawa Timur dan Pacitan pada khususnya, di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jumat (13/1/2012) pagi.

…dst

29 ) 300.000 Guru Ikuti Uji Kompetensi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/460351/

Saturday, 14 January 2012
JAKARTA– Pemerintah tetap akan menerapkan uji kompetensi guru meski ada penolakan. Bahkan pada bulan depan, 300.000 guru sudah harus mengikutinya. Kepala Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Syawal Gultom mengatakan, uji kompetensi akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Dia yakin uji kompetensi tidak akan menyulitkan para guru karena materi ujinya berasal dari materi yang sudah diajarkan para guru ke siswanya.

…dst

30 ) Ditentang, Uji Komptensi Jalan Terus
Tidak Lulus Tahun Ini, Bisa Ikut Lagi 2014
http://www.jpnn.com/read/2012/01/14/114124/Ditentang,-Uji-Komptensi-Jalan-Terus-

Sabtu, 14 Januari 2012 , 04:21:00
JAKARTA – Meski ditentang sebagian kalangan guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berikukuh menjalankan uji kompetensi. Ujian ini digunakan untuk menyaring guru-guru yang akan ikut program sertifikasi guru. Guru yang menolak khawatir mereka tidak bisa ikut sertifikasi, karena gagal dalam uji kompetensi. Program sertifikasi guru, dikomando oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) Kemendikbud. Kepala BPSDMP-PMP Syawal Gultom mengatakan, tanpa memberlakukan uji kompetensi maka tidak ada parameter seorang guru dalam hal penguasaan materi. Selain itu juga tidak bisa dideteksi pengeuasaan metodologi pembelajaran. Uji kompetensi akan diterapkan dalam pelaksanaan sertifikasi guru tahun ini.

…dst

31 ) PGRI: Uji Kompetensi Membuat Guru Stres
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/12/10232424/PGRI.Uji.Kompetensi.Membuat.Guru.Stres

Kamis, 12 Januari 2012 | 10:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Sulistiyo mengatakan, uji kompetensi membuat guru-guru yang ingin mengikuti sertifikasi stres karena dipersulit dengan uji kompetensi untuk melakukan pendaftaran. Di sisi lain, guru yang sudah senior pun merasa malu karena tidak lulus uji kompetensi. Pemerintah dinilai sama sekali tidak mengindahkan waktu lama mengajar para guru senior.”Uji kompetensi mengakibatkan guru banyak yang stres karena tidak lulus. Aturan menggunakan standar di Jakarta, padahal kualifikasi dengan daerah berbeda. Jika guru stres, jangan memimpikan pendidikan karakter jalan,” kata Sulistyo, Rabu (11/1/2011), di Gedung PGRI, Jakarta.

…dst

32 ) Kemendikbud: Uji Kompetensi adalah Hakekat Sertifikasi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/13/lxqlam-kemendikbud-uji-kompetensi-adalah-hakekat-sertifikasi

Jumat, 13 Januari 2012 19:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kemendikbud bersikeras uji kompetensi adalah syarat mutlak bagi guru untuk melakukan sertifikasi. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Syawal Gultom, mengatakan tanpa adanya uji kompetensi maka tidak ada parameter seorang guru menguasai materi dan menguasai metodologi pembelajaran. “Uji kompetensi adalah hakekat sertifikasi,” ujar Syawal kepada wartawan, Jumat (13/1). Menurut Syawal, pemerintah tidak punya alternatif lain selain uji kompetensi untuk mengukur kompetensi guru yang akan melakukan sertifikasi. “Tidak ada lagi cara untuk mengukur penguasaan materi dan metodologi pembelajaran mereka selain dengan uji kompetensi,” ujarnya.

…dst

33 ) RSCM Kembangkan Laperoskopi
Pendonor Ginjal Bisa Cepat Beraktivitas Normal
http://www.jpnn.com/read/2012/01/13/114059/RSCM-Kembangkan-Laperoskopi-

Jum’at, 13 Januari 2012 , 06:14:00
JAKARTA – Pelayanan medis tanah air terus berkembang. Upaya ini diantaranya untuk menekan eksodus masyarakat berobat ke negeri tetangga. Diantara penerapan teknologi mutakhir sudah dimulai RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) untuk urusan transplantasi ginjal. Transplantasi ginjal di rumah sakit plat merah itu, saat ini bisa menggunakan teknik laparoskopi. Ada perbedaan yang cukup mencolokan pada operasi transplantasi konfensional dengan teknis laparoskopi ini. Khususnya operasi yang dilakukan pada si pendonor. Untuk si resipien sendiri, tidak ada perbedaan antara teknik laparoskopi dengan teknik konfensional.

…dst

34 ) Sejuta PNS Akan Diikutkan Training ESQ
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/460354/

Saturday, 14 January 2012
JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar berkomitmen melakukan pembinaan ESQ kepada sedikitnya satu juta pegawai negeri sipil (PNS) se-Indonesia. Azwar menjelaskan, penting bagi PNS untuk mendapat pelatihan pembinaan karakter. “Dalam upaya menuju reformasi birokrasi yang bersih, kompeten, dan berkarakter melayani publik, perlu adanya pembinaan yang bukan hanya meningkatkan fungsi kinerjanya saja,tapi juga emosional dan spiritual. Untuk itu perlunya mengenal diri sendiri dan semua itu bisa kita dapatkan melalui pelatihan ESQ,” ujar Azwar pada pembukaan pelatihan ESQ Character Building Tingkat I Personal Transformation Program kelas Eksekutif Angkatan 108 di Menara 165, Jakarta,kemarin.

…dst

35 ) Inilah alasan mengapa tak ada kiamat 2012
http://www.antaranews.com/berita/292514/inilah-alasan-mengapa-tak-ada-kiamat-2012

Kamis, 12 Januari 2012 18:00 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Meskipun teori-teori hari kiamat berseliweran dari internet dan film-film Hollywood, dunia tidak akan kiamat pada 21 Desember 2012, demikian pernyataan ilmuan NASA seperti dikutip Space.com. Dongeng hari kiamat pada 2012 menjadi-jadi, mulai dari soal sebuah planet misterius yang menghantam bumi sampai bencana badai matahari yang dahsyat, tapi para ilmuwan mengatakan tak ada yang mesti ditakutkan dari itu. Berikut beberapa jawaban NASA atas sejumlah pertanyaan yang sering diajukan tentang teori kimat tahun 2012 ini:

…dst

36 ) Sekilas dalam Negeri
Prestasi anak-anak SMK
SMK di Sumut Hasilkan Notebook
Siswa SMK Rakit Jabiru J430
Kiat-Esemka Bisa Dirakit di Kaltim
Kontrak Tambang Besar
Presiden bentuk tim evaluasi kontrak tambang besar
Ulah Sekjen DPR
Marzuki Akan Tempuh Pemecatan Sekjen DPR
Sekjen DPR Terancam Dipecat
Renovasi Banggar, Marzuki Alie Semprot Sekjen
Marzuki Kaget Lampu Ruang Banggar Seharga Xenia
Nasib TKI
2 TKI Bebas dari Hukuman Mati di Arab Saudi
Kemlu Cek Nasib WNI yang Dianiaya Geng Neo-Nazi di Berlin
Kasus Nazaruddin
Diperiksa KPK, Mantan Staf Nazaruddin Beberkan Soal Kongres Demokrat
‘Temui Tamunya Rosa Cipika-cipiki, Masak Mengancam?’  
Soal Pengancam KPK Persilahkan Rosa Lapor Polisi
Waspadai Bencana Alam
Gempa 5,4 SR Guncang Simeulue
Tewas Lagi Tahanan Anak
Tahanan Anak Tewas di LP Tulungagung
Kematian Tahanan Anak di Lapas Tulungagung Diusut
Bagaimana Kakak Beradik itu Ditemukan Tewas di Polsek Sijunjung?
KPAI: Hapuskan Penjara Anak
Sekilas Luar Negeri
Myanmar
Myanmar Serius Bereformasi
Pemerintah Myanmar Bebaskan Ratusan Tahanan Politik
Obama Puji Tindakan Myanmar Bebaskan Tahanan Politik
Amerika
Teluk Memanas, Amerika Tarik 7.000 Tentara dari Eropa
Pelaku Pengencingan Mayat Taliban Terungkap
Amerika dipermalukan insiden Marinir kencingi mayat
Jasad Rekan Dikencingi, Taliban Marah Besar
Presiden Afghanistan kutuk penodaan mayat Taliban oleh tentara AS
Iran
PBB akan Periksa Fasilitas Nuklir Iran
Tewasnya Ilmuwan Nuklir Iran Picu Perang Cyber
Iran-Turki Segera Adakan Perundingan Nuklir
Iran positif adakan perundingan nuklir di Turki
Malaysia
Oposisi Pastikan Anwar Calon PM
Suriah
Liga Arab: Perang Saudara akan Meletus di Suriah