1 ) Standar nilai kelulusan ujian nasional 5,5
http://www.antaranews.com/berita/300823/standar-nilai-kelulusan-ujian-nasional-55

Minggu, 11 Maret 2012 06:59 WIB
Biak (ANTARA News) – Standar nilai kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2011/2012 sama dengan tahun lalu yakni 5,5 untuk semua mata pelajaran yang diujikan. Ketua Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor, Kamaruddin S.Pd,MM saat dihubungi di Biak, Minggu, mengakui, secara nasional aturan kelulusan peserta UN berlaku sama karena sesuai aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Standarisasi Pendidikan Nasional tahun 2011. “Semua mata pelajaran yang diujikan dalam UN tidak boleh ada nilainya yang di bawah empat,” kata Kamaruddin. Menyinggung kesiapan sekolah melaksanakan UN, menurut Kamaruddin, hingga Minggu, 11 Maret semua sekolah di jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs serta SMA/SMK sudah siap menyelenggaran kalender pendidikan secara nasional sesuai jadwal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahkan untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK, menurut Kamaruddin, telah sebagian sekolah menyelenggarakan ujian praktek hingga pertengahan Maret 2012.

…dst

2 ) Kemenag Sediakan Tiga Juta Beasiswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/476556/38/

Sunday, 11 March 2012
PADANG – Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan sekitar 3 juta beasiswa untuk siswa madrasah tidak mampu dan berprestasi,mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menjelaskan, program beasiswa ini sebagai bentuk komitmen dan tekad Kemenag untuk mengatasi ketertinggalan kualitas lembaga pendidikan madrasah. Menurutdia, program beasiswa ini juga tidak lepas dari keprihatinannya terhadap masyarakat kurang mampu yang tidak bisa mengenyam pendidikan. Program tersebut termasuk beasiswa peningkatan kualitas akademis bagi para guru sehingga guru yang sudah S-1dapat melanjutkan ke S-2 dan S-3. `’Jadi, selain untuk para siswa, program beasiswa ini juga diperuntukkan bagi beasiswa guru untuk melanjutkan ke program S-2 dan S-3,” ungkap Menag pada peresmian madrasah tsanawiyah negeri (MTsN) dan madrasah aliyah (MA) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat,kemarin.

…dst

3 ) Penaikan BBM Berdampak di Sektor Pendidikan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/11/304568/293/14/Penaikan-BBM-Berdampak-di-Sektor-Pendidikan

Minggu, 11 Maret 2012 07:59 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Penaikan harga BBM dipastikan akan berdampak pada banyak sektor, termasuk pendidikan. Oleh sebab itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun memastikan akan mengajukan penambahan alokasi dana beasiswa untuk menghindari siswa-siswa putus sekolah ke DPR RI. “Anggaran untuk beasiswa akan kita tambah, baik dari segi nilai yang diberikan maupun jumlah penerimanya,” ungkap Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ainun Naim, Sabtu (10/3), di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, DI Yogyakarta. Namun, Ainun belum mau memberikan jumlah penambahan tersebut secara rinci. Menurutnya, semuanya tengah dibicarakan. Ia pun meminta masyarakat untuk menunggu hasil pembahasan tersebut hari Senin mendatang bersama DPR RI. (OL-11).

…dst

4 ) Anies Baswedan Penaikan BBM Persulit Pelajar
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/11/304554/293/14/Anies-Baswedan-Penaikan-BBM-Persulit-Pelajar

Minggu, 11 Maret 2012 05:58 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Pemerintah rencananya akan menaikkan harga BBM. Penaikan harga BBM tersebut, tidak hanya berdampak kepada masyarakat umum, tetapi juga para pelajar yang sedang menuntut ilmu. Anies Baswedan mengungkapkan, anak-anak yang tengah belajar akan tersendat oleh biaya akibat penaikan BBM. Yogyakarta sebagai kota pelajar pun juga akan merasakan imbas atas kenaikan BBM tersebut. “Yang harus dipikirkan, anak-anak yang sedang belajar mereka menghadapi masalah adjusment biaya,” ungkapnya di Gelanggang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

…dst

5 ) Gubes Wanita Termuda UI Raih Penghargaan Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/10/373/590642/gubes-wanita-termuda-ui-raih-penghargaan-dunia

Sabtu, 10 Maret 2012 17:06 wib
JAKARTA – Upaya Riri Fitri Sari mengembangkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbuah manis. Dia meraih penghargaan “WIE Most Inspiring Engineer Award” dari organisasi profesi Insinyur elektroteknik dunia, Institute of Electronic and Electrical Engineers (IEEE) Asia Pacific. Penghargaan diberikan pada Region 10 Meeting di Kalkuta, India, pada 3 Maret lalu. Riri merupakan guru besar (Gubes) wanita termuda UI, dan menjadi profesor Teknik Komputer di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UI. Sepanjang karier akademiknya, Riri menginisiasi berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran bagi perempuan dalam bidang teknik/rekayasa (engineering). “Prof. Riri Fitri Sari mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasinya dalam mengembangkan perangkat teknologi Informasi dan Komunikasi, baik di kalangan nasional dan internasional,” demikian Seperti dikutip dari keterangan pers UI yang diterima okezone, Sabtu (10/3/2012).

…dst

6 ) IPB Jaring Riset untuk Ikuti Lomba Inovasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/10/304488/293/14/IPB-Jaring-Riset-untuk-Ikuti-Lomba-Inovasi

Sabtu, 10 Maret 2012 19:08 WIB
BOGOR–MICOM: Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama Institut Pertanian Bogor Prof Anas Miftah Fauzi mengatakan bahwa pihaknya sedang menelusuri riset yang dilakukan dosen, peneliti dan mahasiswa untuk diikutsertakan dalam ajang seleksi 104 Inovasi Indonesia 2012. “Dalam konteks itu, IPB akan pro-aktif menawarkan sekaligus memfasilitasi hasil penelitian para dosen, peneliti dan mahasiswa untuk dapat dinilai oleh tim Business Innovation Center (BIC),” katanya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3). Menurut dia, sosialisasi tersebut akan terus dilakukan kepada para dosen, peneliti dan mahasiswa IPB hingga akhir pendaftaran. “Kita menelusuri judul tesis dan disertasi mahasiswa yang dinilai inovatif,” ucapnya, menambahkan. Pada Jumat (9/3) Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB melakukan sosialisasi 104 Inovasi Indonesia 2012di Ruang Sidang Senat Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga Bogor.

…dst

7 ) Perdalam Pengetahuan IT, Binus Gandeng Microsoft
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/09/373/590404/perdalam-pengetahuan-it-binus-gandeng-microsoft

Sabtu, 10 Maret 2012 16:02 wib
JAKARTA – Perkembangan dunia teknologi (IT) sangat pesat di kalangan masyarakat. Hampir setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia maupun global terbantu dengan keberadaan teknologi informasi.Hal ini menyebabkan tingkat konsumerisasi masyarakat semakin tinggi terhadap produk-produk berbasis IT. Tidak hanya itu, tuntutan yang diminta oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka akan teknologi informasi pun semakin meningkat. Maka, Universitas Bina Nusantara (Binus) pun menggelar Studium Generale Microsoft Chapter. Acara yang mengusung tema “Consumerization of Information Technology” merupakan kerjasama antara Binus dengan PT Microsoft Indonesia.

…dst

8 ) Anies Baswedan Belajar Banyak dari Koesnadi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/11/304555/293/14/-Anies-Baswedan-Belajar-Banyak-dari-Koesnadi

Minggu, 11 Maret 2012 06:13 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Anies Baswedan mengaku belajar banyak dari sosok Almarhum Koesnadi Hardjasoemantri. “Beliau pemimpin yang down to earth dan sangat konkrit,” ungkapnya saat Sarasehan Peran Prof Dr H Koesnadi Hardjasoemantri, SH, ML dalam Dunia Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Kebudayaan di Indonesia di Gelanggang Mahasiswa UGM, Sabtu (10/3). Rektor Universitas Paramadina ini mengungkapkan, banyak aspek yang dipelajarinya dari sosok Koesnadi. Namun, dari sekian banyak aspek yang dipelajarinya tersebut, yang paling menonjol dan terus ia pelajari adalah sikap Koesnadi untuk menjalankan yang telah dikatakan. Menurutnya, sosok Koesnadi merupakan contoh pemimpin yang telah selesai dengan dirinya. Kepeduliannya kepada kerakyatan tampak pada yang dilakukannya. “Ia menjadi pemimpin bukan untuk menunjukkan siapa dia, tetapi menjadi pemimpin untuk memastikan visi dan cita-citanya menjadi realita,” ucapnya. (OL-11)

…dst

9 ) IPB Jajaki Kerjasama di Bidang Pendidikan dengan Meksiko
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/11/m0ok8x-ipb-jajaki-kerjasama-di-bidang-pendidikan-dengan-meksiko

Sabtu, 10 Maret 2012 23:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Meksiko dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Hal itu dikemukakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Yonny Koesmaryono.”Kerja sama yang bisa dijalin adalah pada bidang penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen, hingga kemungkinan terjalinnya kerja sama segitiga selatan antara Indonesia-Jepang, Meksiko,” katanya kepada ANTARA News melalui Kantor Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).Ia menjelaskan, penjajakan jalinan kerja sama itu terjadi saat Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Melba Pria memberikan kuliah umum di kampus Darmaga pada Kamis (8/3). Di hadapan mahasiswa Departemen Meteorologi dan Geofisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB, ia memberikan kuliah umum bertema Mexico`s Actions Against Climate Change.

…dst

10 ) Raih Emas Olimpiade Sains Provinsi, Masuk IPB Tanpa Tes
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/06/m0g4x0-raih-emas-olimpiade-sains-provinsi-masuk-ipb-tanpa-tes

Selasa, 06 Maret 2012 11:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Yonny Koesmaryono mengemukakan bahwa peraih medali emas Olimpiade Sains Provinsi (OSP) dapat diterima di perguruan tinggi itu tanpa melalui tes. “(Kebijakan) itu sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa berprestasi,” katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa. Siswa peraih medali emas dalam ajang OSP yang juga dipersiapkan untuk ajang mengikuti International Olympiad in Informatics (IOI) di Milan, Italia pada September 2012. “Bagi peraih medali emas dalam OSN diperbolehkan menjadi mahasiswa IPB tanpa tes melalui jalur Prestasi Internasional Nasional (PIN),” katanya. Pihaknya berharap siswa yang berbakat mau melanjutkan studi di IPB dan bekerja bersama-sama membangun Indonesia. Hingga awal Maret, IPB dipercaya menjadi tuan rumah pembinaan khusus tahap kedua Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). “Pembinaan TOKI ini dalam rangka mempersiapkan peserta yang akan mengikuti IOI di Italia pada September mendatang,” kata TOKI Biro IPB Ir.Julio Adisantoso, M.Kom.

…dst

11 ) Teknik Elektro UGM Gelar Workshop Pembuatan Robot
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/03/10/111947/Teknik-Elektro-UGM-Gelar-Workshop-Pembuatan-Robot

10 Maret 2012 | 07:04 wib
YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Dalam rangka memperkenalkan pembuatan dan teknologi robot kepada masyarakat Program Diploma Teknik Elektro Sekolah Vokasi UGM (PDTE SV UGM) menyelenggarakan workshop “Membuat Robot yang Mudah dan Murah”. Kegiatan diikuti puluhan guru SMA dan SMK di lingkungan DIY dan Jawa Tengah.Hadir dalam kesempatan tersebut Agung Supriyanto ST, praktisi dan pembuat peralatan elektronika. Agung memaparkan tentang sejumlah komponen penggerak utama robot, yakni motor DC dan motor servo yang menjadi penentu kelajuan robot. Berikutnya, Chandra dari Mikro Club Program Diploma Teknik Elektro UGM (MC PDTE) mengungkapkan proses pembuatan program untuk robot pada mikrokontroler atau aplikasi lainnya dengan Code Vision AVR (CAVR).

…dst

12 ) Mulai Distrust, Pendidikan Pancasila Mendesak
http://www.jpnn.com/read/2012/03/10/120200/Mulai-Distrust,-Pendidikan-Pancasila-Mendesak-

Sabtu, 10 Maret 2012 , 08:38:00
JAKARTA-Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menegaskan pendidikan Pancasila sudah sangat mendesak saat ini. Sebab, Indonesia mengarah kepada disintegrasi bangsa. Tanda-tanda berupa disorientasi, distrust (ketidakpercayaan), dan disobidience (pembangkangan) mulai terjadi. ”Untuk jangka panjang pendidikan Pancasila penting. Sekarang memang sudah dirintis ke kampus-kampus dan sekolah-sekolah. Kemarin Pak Nuh (Mendikbud) sudah menyampaikan hal itu,” ungkap Mahfud usai Temu Wicara Kosgoro di Jakarta, kemarin (9/3). Dilanjutkan Mahfud, untuk jangka pendek yang terjadi konsekuen dengan kondisi. Sekarang ini persoalannya Pancasila yang dianggap sebagai perekat telah terganggu. Hal itu muncul karena gejala disobidience atau orang membangkang. ”Tiap hari kita lihat pembangkangan kelompok-kelompok masyarakat terhadap aparat pemerintah. Ada yang menghajar polisi, membacok jaksa, menganiaya hakim. Itu pembangkangan. Ada yang membakar kantor bupati dan kantor pemerintahan,” terang guru besar politik hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini.

…dst

13 ) Haryono Umar Targetkan LHKPN Kemdikbud Capai 100 Persen
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/285

03/09/2012
Jakarta – Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) menjadi salah satu bidang kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kerja sama antara Kemdikbud dengan KPK tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Mendikbud Mohammad Nuh dengan Ketua KPK Abraham Samad. Abraham Samad mengatakan, hampir 70% dari jumlah wajib lapor di Kemdikbud, sudah melaporkan harta kekayaannya.
“Dari 5500 wajib lapor, hampir 70 persen yang sudah laporan, berdasarkan data terakhir tanggal 5 Maret 2012,” ujar Ketua KPK, Abraham Samad, saat acara penandatanganan nota kesepahaman, di Aula Utama Kemdikbud, pada Jumat pagi, (9/03). Selanjutnya, Abraham mengharapkan, ketaatan wajib lapor bisa dimaksimalkan. Untuk itu, KPK (dalam hal ini Direktorat LHKPN) akan terus menghimbau semua instansi pemerintah, termasuk Kemdikbud, untuk memaksimalkan LHKPN. “Harus sesegera mungkin untuk mencapai persentase tinggi, kalau bisa 100%. Jadi transparansi dan akuntabilitas bisa dipertanggungjawabkan ke publik,” tutur Abraham.

…dst

14 ) Pukat UGM: DPR Berniat Bikin KPK Seperti Macan Ompong
http://news.detik.com/read/2012/03/10/171934/1863523/10/pukat-ugm-dpr-berniat-bikin-kpk-seperti-macan-ompong

Sabtu, 10/03/2012 17:19 WIB
Jakarta Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikhawatirkan bakal melucuti ‘senjata’ komisi antikorupsi tersebut. Niat ini terlihat dari wacana anggota dewan menghilangkan kewenangan penuntutan dan memperketat aturan penyadapan.”Kita lihat Komisi III sekarang tidak mungkin memperkuat KPK. DPR lebih pada bagaimana melemahkan KPK, maka yang akan diserang itu adalah titik kekuatan KPK di penyadapan dan penindakan,” ujar Direktur Advokasi Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gajah Mada (Pukat UGM), Oce Madril. Hal itu dikatakan usai mengikuti diskusi Polemik Sindo Radio di RM Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (10/3/2012).

…dst

15 ) DPR Akui Kewenangan Penuntutan KPK Akan Dihilangkan
http://news.detik.com/read/2012/03/10/144309/1863451/10/dpr-akui-kewenangan-penuntutan-kpk-akan-dihilangkan?n991103605

Sabtu, 10/03/2012 14:43 WIB
Jakarta DPR rupanya serius untuk menghilangkan kewenangan penuntutan dan penyadapan KPK melalui revisi Undang-Undang Nomor 30/2002. Selain itu, DPR dalam draf revisi itu juga akan mengatur wewenang penyadapan yang selama ini menjadi ujung tombak KPK mengungkap skandal korupsi para pejabat negara. “Draf itu memang diwacanakan, bagaimana posisi penuntutan, apakah dikembalikan ke jaksa (kejaksaan) sebagai penuntut. Kemudian bagaimana penyidik independen ini, dan bagaimana konteks penguatan pencegahan,” kata Anggota Komisi Hukum DPR Deding Ishak usai diskusi Polemik Sindo Radio di RM Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (10/3/2012).

…dst

16 ) Bila Menyimpang, Pemerintah Boikot Pengesahan RUU KPK
http://news.detik.com/read/2012/03/10/145712/1863459/10/bila-menyimpang-pemerintah-boikot-pengesahan-ruu-kpk?n991103605

Sabtu, 10/03/2012 14:57 WIB
Jakarta DPR akan melakukan revisi Undang-Undang Nomor 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bila ditemukan penyimpangan dalam pengaturan kewenangan KPK, pemerintah berjanji akan memboikot pengesahan revisi UU KPK tersebut. “Undang-Undang kan harus ada persetujuan bersama, baca Undang-Undang Dasar sebuah UU harus mendapat persetujuan pemerintah dan DPR. Kalau pemerintah enggak setuju, enggak jadi UU itu,” kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana usai mengikuti diskusi Polemik Sindo Radio di RM Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (10/3/2012). Dia menegaskan posisi pemerintah tetap menginginkan penguatan KPK. Wewenang penuntutan dan penindakan KPK, lanjutnya harus diperkuat bukan malah dikurangi atau justru dihilangkan.

…dst

17 ) Duh! Dokter Spesialias Dikasasikan Jaksa Karena SMS Tetangga
http://news.detik.com/read/2012/03/10/173520/1863527/10/duh-dokter-spesialias-dikasasikan-jaksa-karena-sms-tetangga?n991101605

Sabtu, 10/03/2012 17:35 WIB
Jakarta Ada-ada saja kasus hukum di Indonesia. Bahkan hanya karena perkara sepele, jaksa pun ngotot membawa perkara tersebut ke Mahkamah Agung (MA).Peristiwa tersebut bermula saat dr Noer Muh Mujib Sp.Pd bertengkar dengan tetangganya, Hu Sunjan. Mereka tinggal bertetangga di Jalan Kamboja No 13 Pejagalan, Sumenep, Jawa Timur. Posisi rumah Hu Sunjan berada ditepi jalan, sedangkan rumah dokter Mujib di belakangnya. Menurut berkas perkara putusan kasasi MA yang di lansir website MA, Sabtu (10/3/2012), keduanya hidup tidak rukan. Hu Sunjan kadang menutupi jalan kecil ke rumah Mujib dengan tong sampah atau kerikil sehingga pasien tidak nyaman ke rumah dokter spesialis penyakit dalam tersebut.

…dst

18 ) Mendikbud Resmikan STIE dan STKIP Islam Bumiayu
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/288

03/10/2012
Brebes, Jawa Tengah – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, meresmikan dibukanya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Islam Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (10/03). Peresmian yang ditandai dengan pembukaan layar papan nama ini disaksikan Ketua Dewan Pembina Yayasan Ta’alumul Huda, Yahya A. Muhaimin, yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1999-2001. Dalam sambutannya, Mendikbud meminta agar STKIP Islam dan STIE Islam Bumiayu membangun budaya keilmuan dan menjadikan civitas akademikanya menjadi orang-orang terdidik. Ciri orang terdidik, kata Menteri Nuh, adalah orang yang mencari solusi jika bertemu persoalan. “Bukan orang yang mempersoalkan persoalan,” ujarnya.

…dst

19 ) Mendikbud Resmikan Sekolah Tinggi Milik Mantan Mendiknas
http://www.jpnn.com/read/2012/03/10/120227/Mendikbud-Resmikan-Sekolah-Tinggi-Milik-Mantan-Mendiknas-

Sabtu, 10 Maret 2012 , 18:51:00
BREBES – Dalam rangka pengembangan dan pemerataan pendidikan tinggi di Indonesia, pemerintah terus menambah jumlah sekolah tinggi. Hari ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meresmikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Islam Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (10/3).Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini merupakan kampus yang didirikan oleh Yayasan Ta”Allumul Huda pimpinan mantan Mendiknas, Yahya A Muhaimin. Menurut M Nuh, pemerintah sangat berterima kasih kepada pihak yayasan yang telah membangun kampus tersebut dalam rangka memajukan pendidikan di Indonesia.

…dst

20 ) Alasan Mendikbud Ngotot Wajibkan Karya Ilmiah
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/09/373/590101/alasan-mendikbud-ngotot-wajibkan-karya-ilmiah

Jum’at, 09 Maret 2012 13:29 wib
JAKARTA – Maraknya pemberitaan terkait plagiarisme yang dilakukan pada kalangan akademisi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung menjadi bukti publikasi jurnal ilmiah harus segera dilaksanakan. Hal ini dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (M Nuh) selepas melantik Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar. Mendikbud menyatakan, mencegah perilaku plagiat merupakan salah satu alasan pihaknya ngotot memberlakukan publikasi karya ilmiah.”Kenapa kami ngotot supaya jurnal ilmiah itu dipublikasikan? Ya untuk menghindari plagiat ini. Sebab, banyak karya ilmiah yang telah dibuat oleh kalangan akademisi namun tidak dipublikasikan. Sehingga orang lain dengan seenaknya dapat menjiplak karya tersebut,” kata Nuh di Gedung A lantai 3 Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2012).

…dst

21 ) 5 Alasan Bikin JURNAL ILMIAH Tidak Segampang Bacotnya Pemerintah
http://theposkamling.com/5-alasan-bikin-jurnal-ilmiah-tidak-segampang-bacotnya-pemerintah/2/
08-03-2012

Seperti yang Anda semua tahu, beberapa saat lalu Diknas mengeluarkan kebijakan baru mengenai syarat kelulusan mahasiswa S1, S2, dan S3. Syarat baru tersebut adalah harus menulis makalah yang dimuat di jurnal ilmiah. Kalau disahkan, anak S1 pun harus menulis sebuah makalah di jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusannya. Ini menimbulkan polemik di dunia akademik (wih ada irama cantiknya). Dunia maya yang memang penuh dengan akademisi langsung bereaksi, berdebat, dan lempar-lemparan tombak. Setelah dikritik ribuan pihak, akhirnya Diknas melunakkan sikap dengan menyatakan bahwa itu hanya “anjuran” dan bukan peraturan yang mengikat. Good! We won! Walaupun Pak Menteri masih bersikeras bahwa seharusnya mahasiswa S1 dapat melakukan ini. Juga orang2 yg ga ngerti bedanya makalah jurnal ilmiah dengan makalah konferensi, tugas akhir mahasiswa, atau artikel komedi di internet.

…dst

22 ) Indonesia unggulkan sinar matahari di ITB Berlin
http://www.antaranews.com/berita/300706/indonesia-unggulkan-sinar-matahari-di-itb-berlin

Sabtu, 10 Maret 2012 06:43 WIB
London (ANTARA News) – Delegasi Indonesia di pameran wisata paling bergengsi di dunia Internationale Tourismus B’rse (ITB) Berlin pada 7-12 Maret mengunggulkan kehangatan sinar matahari negeri tropis untuk kenikmatan wisatawan manca negara. “Indonesia has the most sun in the world,” demikian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di hadapan tidak kurang dari 35 jurnalis asing dalam konferensi pers di Berlin. Selain ditunjang dengan wilayah daratan dan lautan yang luas, Indonesia adalah negara yang mendapatkan sinar matahari paling banyak sepanjang tahun, ujarnya. Indonesia yang terletak di 6 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang utara, di bawah garis khatulistiwa, dan secara geografis diapit benua Asia dan Australia, serta Samudra Pasifik dan Hindia, merupakan anugrah yang tidak terkira, kata Menteri.Sementara itu, Sekretaris III bidang Penerangan,Sosial dan Budaya KBRI Berlin Purno Widodo, kepada ANTARA London, Sabtu mengatakan konferensi pers, pada hari kedua ITB Berlin delegasi Indonesia mengadakan “industrial gathering” yang dihadiri Sekjen United Nation World Tourism Organization (UNWTO), Thalib Rifai.

…dst

23 ) Kemdikbud Serahkan 25 Miliar Rupiah untuk Rehabilitasi Sekolah Brebes
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/289

03/10/2012
Brebes, Jawa Tengah – Sebanyak 501 ruang kelas di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan direhabilitasi tahun 2012 ini. Seluruh ruang kelas tersebut didata dari 126 Sekolah Dasar (SD) di Brebes, Jawa Tengah. Bantuan rehabilitasi diserahkan secara simbolis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh kepada Wakil Bupati Brebes, Idza Priyanti. Adapun bantuan yang diserahkan Mendikbud adalah sebesar Rp25.930.489.000. “Dari 800 ruang kelas yang rusak, 500 di antaranya sudah kita bereskan. Tiga ratus lagi pasti diselesaikan oleh pemerintah Kabupaten Brebes,” ujar Mendikbud usai meresmikan STKIP dan STIE Islam, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (10/03).Setelah menyerahkan bantuan, Mendikbud dan Wakil Bupati Brebes langsung meninjau salah satu sekolah yang akan direhabilitasi. Sekolah dengan 186 siswa, SD Margadadi 2 Brebes, akhirnya menjadi target tinjauan.

…dst

24 ) WHO: Indonesia Negara dengan Kasus Flu Burung Terbanyak
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/08/84282/WHO-Indonesia-Negara-dengan-Kasus-Flu-Burung-Terbanyak/3

Sosbud / Kamis, 8 Maret 2012 16:05 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kematian pasien flu burung di Bengkulu pekan lalu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah korban H5N1 tertinggi di dunia versi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Menurut WHO, dari 349 kematian akibat flu burung di seluruh dunia sejak 2003, 155 di antaranya terjadi di Indonesia. Pejabat Kementerian Kesehatan Rita Kusriastuti, Rabu (7/3), mengatakan pasien wanita berusia 24 tahun di Bengkulu itu merupakan korban kelima flu burung di Indonesia tahun ini. Dua korban meninggal sebelumnya adalah seorang bocah berusia 12 tahun di Badung, Bali, dan seorang perempuan berusia 19 tahun di Banten. Sejak 2003, ada 186 kasus penularan flu burung terhadap manusia di Indonesia dan hampir 80 persen berakhir dengan kematian.

…dst

25 ) Zona waktu Indonesia akan disatukan
http://www.antaranews.com/berita/300769/zona-waktu-indonesia-akan-disatukan

Sabtu, 10 Maret 2012 17:56 WIB
Bogor (ANTARA News) – Pemerintah berencana menyatukan tiga zona waktu Indonesia yang terdiri atas Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT) melalui program GMT+8 sehingga daya saing ekonomi meningkat dan tercipta efisiensi birokrasi. “WIB, WITA, dan WIT akan disatukan. Rencananya WITA atau GMT+8 yang akan dijadikan patokan waktu,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim dalam lokakarya bertema “Internalisasi MP3EI kepada Insan Pers” di Hotel Santika Bogor di Bogor, Sabtu. Ia menjelaskan, penyatuan waktu tersebut untuk meningkatkan produktivitas nasional yang semula hanya terdapat 190 juta penduduk dalam zona WIB, bisa menjadi 240 juta jika waktunya disamakan.

…dst

26 ) Dhana, Saya, dan Mafia Pajak
http://nasional.kompas.com/read/2012/03/08/07562595/Dhana.Saya.dan.Mafia.Pajak

Kamis, 8 Maret 2012 | 07:56 WIB
Oleh: Heri Prabowo
Nama Dhana Widyatmika sebagai pegawai negeri sipil pajak pemilik rekening gendut telah mengguncang Indonesia. Saya terkejut. Nama teman sekelas saya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) angkatan 1993 diberitakan berbagai media massa. Mungkin Dhana merasakan hal serupa pada Mei 2005 ketika saya diberitakan dalam kasus mafia pajak: faktur pajak fiktif di Surabaya oleh Alfian dan kawan-kawan. Seingat saya, Dhana anak baik. Dari kalangan berada, tetapi tak sombong. Kadang ia terlambat masuk kuliah demi mengantar ibunya yang berobat jalan saban pekan. Selama berdinas di kantor pajak, saya tak pernah dengar berita negatif tentang Dhana. Saya, Dhana, dan sesama mahasiswa STAN mendapat pendidikan gratis dan berkualitas. Kami dididik jadi pegawai pajak berintegritas. Toh, tak sedikit alumni STAN, seperti saya dan Gayus Tambunan, akhirnya terjerumus dalam lingkup mafia pajak.

…dst

27 ) Strauss-Kahn (mantan ketua IMF)Ditolak Mahasiswa
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/10/84505/Strauss-Kahn-Ditolak-Mahasiswa/7

Internasional / Sabtu, 10 Maret 2012 16:22 WIB
Metrotvnews.com, Cambridge: Sejumlah mahasiswa menolak kehadiran Dominique Strauss-Kahn karena tersangkut kasus pelecehan seksual. Dua orang ditangkap polisi di tengah protes menentang kehadiran mantan Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Strauss-Kahn yang akan menyampaikan pidato di depan komunitas kelompok debat Universitas Cambridge. Strauss-Kahn datang ke kampus tersebut atas undangan komunitas debat di kampus tersebut, Cambridge Union Society. Sejak awal kedatangan Strauss-Kahn mendapat penentangan dari sejumlah serikat mahasiswa karena dugaan keterlibatannya dalam sejumlah kasus pelecehan seksual. Serikat Mahasiswa Perempuan Universitas Cambridge mengatakan adanya tuduhan pelecehan seksual kepada Strauss-Kahn seharusnya membuat pengurus komunitas itu berpikir sejenak tentang siapa yang seharusnya layak diundang.

…dst

28 ) Sekilas dalam Negeri

Narkoba
MPR: Anak Pejabat Pakai Ekstasi, Indonesia Gawat Narkoba!
Rano: Saya Kecolongan, Izinkan Anak Saya Direhabilitasi dari Narkoba
Rano Karno: Raka Tertekan karena Diejek Teman SMP
KPAI: Anak Angkat Pakai Narkoba, Rano Harus Mundur dari Wagub Banten
Polisi: Anak Angkat Rano Karno Pesan Ekstasi dari Malaysia
Pengetatan Remisi
Pengetatan Remisi Tetap Dilakukan
Denny Indrayana Siap Mati demi Remisi
Diserang Balik Denny, Yusril: Rezim Berkuasa Panik!
Kasus Anas
KPK Bidik Anas lewat Kepala BPN
KPK Pastikan Segera Periksa Anas soal Hambalang
Kasus Pembelian Sukhoi
Kemhan Diminta Jelaskan Dana Beli Sukhoi
Moratorium Pendaftaran Haji
Suryadharma Terus Tolak Usulan KPK
Nissan Juke
Nissan Juke diduga cacat produksi
Nissan Makassar tegaskan tidak ada penarikan Juke
Lady Gaga
35.000 Tiket Konser Lady Gaga Ludes
Wine Palsu
Hakim AS Tolak Pemintaan Tahanan Rumah