1 ) Panitia SNMPTN ingatkan peserta hindari tindak kriminal perjokian
http://www.antaranews.com/berita/315093/panitia-snmptn-ingatkan-peserta-hindari-tindak-kriminal-perjokian

Minggu, 10 Juni 2012 00:59 WIB |
Palembang (ANTARA News) – Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2012 mengingatkan peserta untuk menghindari aksi perjokian pada saat ujian karena masuk dalam tindakan kriminal. Ketua Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sriwijaya Zulkifli Dahlan di Palembang, Sabtu, mengatakan, peserta yang terbukti akan langsung dilaporkan ke pihak kepolisian untuk ditindak secara hukum. “Panitia mengingatkan kepada peserta untuk tidak memakai joki karena kedua-duanya akan dimasukkan dalam penjara karena sudah masuk area kriminal,” ujarnya. Seluruh perguruan tinggi di Indonesia bekerja sama dalam mengatasi aksi perjokian itu dengan memberikan sanksi tegas kepada pelaku yang berstatus mahasiswa. “Jika terbukti menjadi salah seorang mahasiswa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta maka akan langsung dikeluarkan secara tidak hormat,” katanya.

…dst

2 ) Mengingatkan Kembali:
Kartu Tanda Bukti Pembayaran Wajib Dibawa saat Mengikuti Ujian
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191525

Kamis, 07/06/2012 – 14:39
BANDUNG, (PRLM).- Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengimbau kepada calon peserta yang mengalami kesulitan untuk mencetak kartu tanda bukti pendaftaran agar segera mendatangi Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung. Sebab kartu tanda bukti pembayaran merupakan syarat wajib yang harus dibawa peserta saat ujian tulis berlangsung 12-13 Juni mendatang. “Jadi, kepada peserta yang telah memilih Kota Bandung sebagai lokasi ujian dan telah menyelesaikan seluruh proses pendaftaran secara online, namun mengalami kendala dalam pencetakan kartu tanda bukti pendaftaran, calon peserta harus secepatnya datang langsung ke Sekretariat SNMPTN Lokal Bandung untuk menyelesaikan proses pendaftaran hingga kartu selesai dicetak,” kata Humas SNMPTN Panlok Bandung Weny Widyiowati, Kamis (7/6). Seperti yang telah diberitakan, jumlah calon peserta SNMPTN jalur tertulis yang tercatat di Panlok Bandung mencapai 40.253 peserta. Terdiri dari 14.592 peserta kelompok IPA, 15.042 peserta kelompok IPS, dan 10.619 peserta kelompok IPC.

…dst

3 ) Ada Hidden Agenda Dibalik Rencana Pemeriksaan 16 Rektor PTN Oleh KPK?
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/09/m5cg4u-ada-hidden-agenda-dibalik-rencana-pemeriksaan-16-rektor-ptn-oleh-kpk

Sabtu, 09 Juni 2012, 17:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Rektor Universitas Udayana (Unud) Denpasar Prof Dr Made Bakta menyayangkan sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan memeriksa 16 rektor perguruan tinggi negeri, termasuk dirinya terkait dugaan penyalahgunaan dana APBN Perubahan Tahun 2010. “Apa tidak bisa laporan tertulis kami sampaikan kepada Pak Menteri, lalu beliau yang menyampaikan kepada KPK. Pemeriksaan ini menjadi ‘image’ yang kurang bagus. Apa tidak ada ‘hidden’ agenda?” katanya saat ditemui di sela-sela pertemuan tokoh Hindu dunia (World Hindu Summit) di Denpasar, Sabtu. Ia menjelaskan bahwa Unud pada 2010 mendapat dana bersumber dari APBN Perubahan sebesar Rp 30 miliar dari total Rp100 miliar yang digelontorkan oleh pemerintah. “Prosedur yang dijalankan semua normal, kami dapat DIPA dari Kementerian, dan sudah ditender sesuai aturan yang ada. Badan Pemeriksa Keuangan juga sudah memeriksa. Ada kekurangan volume pekerjaan, sudah dibayar pula oleh rekanan,” ucapnya.

…dst

4 ) Rektor apresiasi Presiden dorong status fakultas kedokteran
http://www.antaranews.com/berita/315041/rektor-apresiasi-presiden-dorong-status-fakultas-kedokteran

Sabtu, 9 Juni 2012 18:37 WIB
Ambon (ANTARA News) – Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Prof Dr Thommy Pentury mengapresiasi keinginan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendorong percepatan status Fakultas Kedokteran di perguruan tinggi negeri setempat. “Kami menghaturkan terima kasih kepada Kepala Negara yang merespon pengajuan proposal ke Kementerian Pendidikan Nasional dengan harapan pada Juli 2012 status Fakultas Kedokteran telah diputuskan,” katanya, ketika dikonfirmasi usai peresmian patung pahlawan nasional Johanis Leimena oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Ambon, Sabtu. Presiden saat memberikan sambutan peresmian patung pahlawan Leimena merespon permintaan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu agar membantu pengembangan rumah sakit Unpatti Ambon. “Kami mintakan perhatian untuk kesekian kalinya dari Bapak Presiden untuk pengembangan rumah sakit Unpatti Ambon yang bila dikembangkan namanya Johanis Leimena,” ujar Gubernur.

…dst

5 ) Kemristek akan Luncurkan eJournal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/09/m5ccxi-kemristek-akan-luncurkan-ejournal

Sabtu, 09 Juni 2012, 15:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Kementerian Riset dan Teknologi mempersiapkan jurnal elektronik atau “e-journal” untuk memampang berbagai hasil riset ilmiah para ilmuwan dari berbagai institusi riset yang disebut Pustaka Jurnal Ilmiah Indonesia. “Tahun ini juga kami akan ‘launching,” kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta di sela Konferensi “Infrastruktur Informasi Sains dan Teknologi: Digitalisasi, Open Access, dan Interopabilitas” di Goethe Haus Jakarta, Sabtu. Dengan e-journal, ujarnya, pemaparan hasil riset mudah diakses siapapun, kapan saja dan di mana saja, lebih cepat dan efisien, selain itu harus menggunakan sitem yang “interopability” yang memungkinkan dapat dijalankan di semua sistem informasi berbagai institusi. Institusi yang akan “link” dengan e-journal ini yakni lembaga-lembaga pemerintah non-kementerian di bawah Kemristek, badan-badan litbang daerah hingga universitas, dengan lebih dulu akan menjalin kerja sama dengan Universitas Sebelas Maret, Jateng.

…dst

6 ) Internasionalisasi jurnal lokal : perlukah ?
http://u.lipi.go.id/1328421393

Laksana Tri Handoko
Revisi terakhir : 13/02/12 (05:53 WIB)
Di akhir bulan Januari lampau ada beberapa artikel di media yang meliput sistem akreditasi jurnal secara daring yang diluncurkan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Peneliti LIPI. Meski jelas topik ini tidak menjadi berita hot untuk awam, terbukti dengan liputan media yang adem ayem. Karena memang hanya terkait dengan komunitas yang merupakah segelintir minoritas di republik ini, yaitu peneliti. Bahkan untuk akademisi di Perguruan Tinggi (PT) juga tidak ada kaitannya. Karena minimal sampai saat ini di Indonesia masih terjadi dualisme sistem akreditasi jurnal ilmiah lokal, yaitu yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud sejak belasan tahun lalu, serta oleh Pusbindiklat Peneliti LIPI sejak beberapa tahun lalu. Pada prakteknya, pengelola jurnal lokal yang diterbitkan PT cenderung mengajukan akreditasi ke DP2M Dikti, sedangkan yang diterbitkan oleh lembaga penelitian ke Pusbindiklat LIPI. Hal ini terjadi karena status akreditasi sangat menentukan angka kredit dari artikel-artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal-jurnal tersebut. Meskipun ada norma (tidak tertulis ?!) bahwa kedua akreditasi saling mengakui, pada prakteknya pemberian angka kredit bagi dosen / peneliti seringkali tidak konsisten akibat perbedaan persepsi atas status registrasi jurnal ini.

…dst

7 ) 62 Tim dari PTN dan PTS Ikuti BTC 2012
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191732

Sabtu, 09/06/2012 – 12:40
BANDUNG, (PRLM).-Sebanyak 62 tim dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di pulau Jawa mengikuti Bandung Tourism Competition (BTC) 2012 di Bale Rumawat Univeritas Padjadjaaran (Unpad), Jalan Dipati Ukur 35, Bandung, Sabtu (9/6). Satu tim terdiri dari 3 orang. Acara yang digelar oleh Program Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini bertujuan membuat marketing plan untuk dapat mengembangkan objek wisata di Jawa Barat. Pada tahun ini, menurut Ketua Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Umi Kaltum, fokusnya untuk memajukan Tangkubanparahu sebagai objek dalam BTC 2012. “Kegiatan ini untuk melatih calon-calon pemimpin negara dalam membuat strategi bisnis untuk memajukan Tangkubanparahu agar dapat lebih dikenal, baik di nasional maupun internasional,” ucapnya di sela-sela acara. Dalam rangkaian acara ini terdapat workshop BTC 2012 yang menghadirkan pakar marketing nasional.

…dst

8 ) Kemenlu Gelar Outstanding Students for the World
http://www.pikiran-rakyat.com/node/191634

Jumat, 08/06/2012 – 12:26
JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menggelar program Outstanding Students for the World. Program tersebut diperuntukkan kepada generasi muda berprestasi untuk dapat memiliki kesempatan berperan dalam mendukung kegiatan promosi dan peningkatan citra Indonesia di luar negeri. Kementerian Luar Negeri menyadari bahwa pemuda sebagai ujung tombak yang akan menerima estafet kepemimpinan bangsa di masa datang, merupakan salah satu elemen penting dalam konstituen diplomasi bangsa. Untuk itu, Outstanding Students for the World diharapkan dapat memperkuat rasa nasionalisme dan kebanggaan generasi muda kepada NKRI. Program Outstanding Students for the World 2012 yang akan diselenggarakan dari tanggal 9 – 18 Juni 2012 telah memilih 14 (empat belas) siswa berprestasi dari berbagai daerah di tanah air. Diharapkan para peserta Outstanding Students for the World 2012 tersebut dapat meningkatkan pemahaman tentang politik luar negeri RI, dan menjadi salah satu aktor dalam pelaksanaan diplomasi RI dan sekaligus berperan dalam meningkatkan citra RI di dunia internasional.

…dst

9 ) Wow, Mahasiswa UNY Sulap Kemangi Jadi Permen Herbal
http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/12/06/10/m5djn7-wow-mahasiswa-uny-sulap-kemangi-jadi-permen-herbal

Minggu, 10 Juni 2012, 06:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Tim Program Kreativitas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan ekstrak daun kemangi (Ocinum canum) untuk membuat permen herbal pencegah bau mulut. “Kemangi memiliki kandungan flavonoid bersifat antimikroba yang mampu mencegah masuknya bakteri, virus, dan jamur yang membahayakan tubuh,” kata Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Winda Nirmala di Yogyakarta, Minggu. Selain itu, menurut dia, flavonoid berperan secara langsung sebagai antibiotik yang mengganggu fungsi dari mikroorganisme. Selama ini kemangi biasa digunakan sebagai lalapan pada waktu makan untuk menghilangkan bau mulut, tetapi cara itu kurang efektif karena hanya dapat digunakan pada makanan tertentu. “Oleh karena itu, diperlukan terobosan baru untuk dapat menghilangkan bau mulut dengan cara yang lebih efektif, misalnya dibuat permen. Cara itu lebih efektif karena permen dapat dikonsumsi kapan saja dan di mana saja,” katanya.

…dst

10 ) Presiden Minta Mahasiswa Terus Kembangkan Mobil Ultra Efisien
http://www.setkab.go.id/berita-4629-presiden-minta-mahasiswa-terus-kembangkan-mobil-ultra-efisien.html

Kamis, 07 Juni 2012 – 14:03 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta mahasiswa yang menjadi peserta Shell Eco-Marathon, lomba merancang, membangun, dan menguji energi ultra efisien kendaraan, untuk terus mengembangkan mobil tersebut seraya mendukung program pemerintah dalam hal efisiensi energy. Permintaan itu disampaikan oleh Presiden SBY saat bertemu dengan para mahasiswa peserta Shell Eco-Marathon tingkat Asia di halaman Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (7/6). Pada kesempatan tersebut, Presiden ditemani oleh CEO Royal Dutch Shell Peter Voser, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Shell Eco-Marathon merupakan lomba bagi tim mahasiswa dari seluruh dunia untuk merancang, membangun, dan menguji energi ultra efisien kendaraan. Lomba tahunan ini diselenggarakan di tingkat regional sebelum mencapai tingkat dunia. Para pemenang adalah tim-tim yang pergi terjauh dengan menggunakan sedikitnya jumlah energi. Agenda ini diselenggarakan untuk memacu dan mengilhami para insinyur muda untuk mendorong batas-batas efisiensi bahan bakar.

…dst

11 ) Rektor UGM Yogyakarta Prof Dr Pratikno MSoc Sc-Berikan Ruang untuk Regenerasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/501985/

Sunday, 10 June 2012
Sejak dilantik menjadi Rektor UGM Yogyakarta pada 28 Mei 2012 lalu, Pratikno memiliki mimpi yang besar. “Setiap karya UGM harus dirasakan masyarakat,” katanya. Namun, Pratikno sadar bahwa banyak sekali tantangan yang harus dihadapi untuk mewujudkannya. Berikut wawancara SINDO dengan Profesor di Bidang Ilmu Politik ini,beberapa waktu lalu. Bagaimana perasaan Anda terpilih menjadi pemimpin universitas negeri tertua di Indonesia? Saya semakin menyadari bahwa kerja berat atau tantangan ke depan yang harus dihadapi sangat berat. Bukan masalah internal saja, tapi yang paling berat adalah masalah ekternal. Sebagaimana kita ketahui UU Badan Hukum Pendidikan dibatalkan, sehingga membuat adanya ketidakpastian hukum dan akhirnya membuat kami harus siap-siap transisi ke BLU (Badan Layanan Umum). Sekarang ini, secara kelembagaan kami,UGM,adalah badan hukum milik Negara, tapi secara keuangan kami BLU.Jadi ada ketidaksingkronan antara format kelembagaan dan keuangan. Ini tantangan yang sangat signifikan karena kami bergeser, termasuk dari format administrasi juga mengalami pergeseran.

…dst

12 ) Lewat Keppres Baru, Presiden Pertahankan Semua Wakil Menteri
http://www.setkab.go.id/berita-4660-lewat-keppres-baru-presiden-pertahankan-semua-wakil-menteri.html

Sabtu, 09 Juni 2012 – 19:30 WIB
Terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 79/PUU-IX/2011 tanggal 5 Juni lalu, dalam perkara pengujian Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden Nomor: 65/M Tahun 2012 memutuskan untuk mempertahankan semua Wakil Menteri yang saat ini masih menjabat pada posisinya masing-masing. Dalam Keppres itu ditegaskan, bahwa Wakil Menteri yang diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 111/M Tahun 2009 Keputusan Presiden Nomor 3/P Tahun 2010 Keputusan Presiden Nomor 57/P Tahun 2010 dan Keputusan Presiden Nomor 159/M Tahun 2011, yaitu:

…dst

13 ) Mendikbud: UN dibuat lebih sulit tahun depan
http://www.antaranews.com/berita/314303/mendikbud-un-dibuat-lebih-sulit-tahun-depan

Selasa, 5 Juni 2012 15:39 WIB
Semarang (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengatakan pada tahun depan, derajat kesulitan soal ujian nasional (UN) akan lebih ditingkatkan dibandingkan dengan tahun ini. “Selama ini, komposisi soal UN terdiri atas 10 persen soal mudah, 80 persen soal dengan tingkat kesulitan sedang, dan 10 persen soal sulit. Ke depan, komposisinya akan diubah,” katanya, di Semarang, Selasa. Rencananya, persentase soal dengan kategori sulit akan ditingkatkan dari yang semula hanya 10 persen. “Ibaratnya lompat gawang, kalau sudah bisa melompati setinggi 1,5 meter apa dibiarkan terus segitu? ya bisa lompat semua. Karena itu, harus dinaikkan setidaknya 1,7 meter, seperti halnya dengan UN,” katanya. Ia mengatakan ada dua skenario yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas UN, yakni dengan meningkatkan derajat kesulitan soal atau dengan menaikkan standar kelulusan UN. “Standar kelulusan UN selama ini, rata-rata kan minimal 5,5, tetapi boleh ada angka 4. Karena itu, perlu dinaikkan, misalnya dari 5,5 menjadi 6. Namun, yang lebih mungkin diambil menaikkan derajat kesulitan soal,” katanya.

…dst

14 ) Dari 152 Ribu Tenaga Honorer K1, 72 Ribu Valid, 4.517 Sudah Clear
http://www.setkab.go.id/berita-4628-dari-152-ribu-tenaga-honorer-k1-72-ribu-valid-4517-sudah-clear.html

Kamis, 07 Juni 2012 – 12:15 WIB
Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama dengan Kementerian Pendayaan Gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) telah melakukan melakukan verifikasi terhadap 152 ribu pegawai honorer kategori 1 (K1), atau pegawai honorer yang penghasilannya dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Plt. Kepala BKN Eko Soetrisno akhir pekan lalu mengungkapkan, dari hasil verifikasi terhadap 152 ribu tenaga honorer kategori 1 di seluruh instansi pemerintah dan daerah di tanah air, hanya ada 72 ribu tenaga honorer yang datanya dianggap valid. Sesuai ketentuan PP, terhadap mereka dilakukan uji publik. Sebanyak 523 instansi pusat dan daerah sudah melakukan uji publik dan yang sudah melaporkan ada 429 instansi, sementara 94 instansi saat ini tengah lakukan uji publik. “Dari hasil uji publik, ada 111 instansi yang menyatakan sudah clear, karena tidak ada complain. Dari jumlah itu, tercatat ada sebanyak 4.517 tenaga honorer kategori 1 yang sudah clear,” kata Eko.

…dst