Beasiswa Double Degree/Joint Degree S2/S3 Luar Negeri Dikti

Ada yang terasa aneh setelah terbaca 2 surat edaran Double Degree di website Kopertis 3. Anehnya di website resmi Dikti, Direktorat Diktendik Ditjen Dikti pada tanggal 11 Juli 2012 hanya meluncurkan Surat Penawaran “Pendaftaran Beasiswa Double Degree/Joint Degree S2/S3 Beasiswa UNGGULAN Luar Negeri Ditjen Dikti Alokasi Tahun 2012″  dan TIDAK PERNAH EDARKAN ” Pendaftaran Beasiswa Double Degree/Joint Degree S2/S3 Luar Negeri Ditjen Dikti Alokasi Tahun 2012″ .

Surat Edaran Direktur Diktendik no. 2131/E4.4/2012 tanggal 10 Juli 2012 adalah yang untuk calon dosen jalur Beasiswa Unggulan (BU) LN, sedangkan Surat Edaran Direktur Diktendik no. 2132/E4.4/2012 tanggal 10 Juli 2012 adalah penawaran beasiswa Double Degree LN untuk para DOSEN TETAP di lingkungan Kemdikbud.
Yang BU ada nampak di web Dikti yang Regular tak kelihatan. Di halamanhttp://www.dikti.go.id/?page_id=685&lang=id&paged=5
dengan link ke http://www.dikti.go.id/?p=3149&lang=id
Memang di laman http://beasiswa.dikti.go.id/index.php/scholarship/regStep01 ada tulisan : other Double Degree Program, sayang dengan tak ada peluncuran surat penawaran di website Dikti banyak yang tak mengetahui sebenarnya ada 2(DUA)jenis tawaran produk Beasiswa Double Degree ini.

Kedua penawaran ini, sama tanggal surat edaran, nomor surat beda 1 nomor, judul penawaran hampir sama (beda di ada dan tidak ada tulisan “Unggulan”) namun SASARANNYA BERBEDA LHO, SATU UNTUK CALON DOSEN (BU) DAN YANG SATU LAGI UNTUK DOSEN TETAP KEMDIKBUD (BLN) .

Salinan surat edaran biasanya juga dikirim ke PTN/Kopertis namun ketibaannya selalu sangat lambat.  Admin Kopertis 3 yang saya tahu lumayan rajin, begitu dapat salinan kedua surat edaran ini langsung diluncurkan pada webnya di tgl 27 Juli 2012 (semalam) juga sudah kelewatan tanggal pendaftaran online (ditutup pada 20 Juli 2012)

Saya coba lemparkan kata kunci : Beasiswa Double Degree/Joint Degree S2/S3 Luar Negeri Ditjen Dikti Alokasi Tahun 2012 ke GOOGLE SEARCH hehehe yang keluar penawaran double degree di berbagai website PT (termasuk PTN bereputasi) adalah yang Program Unggulan aja (BU untuk calon dosen), yang regular (untuk dosen)hehehe… yang tampil hanya tawaran dari Kopertis 3 semalam (27 Juli 2012), yang sudah terlewat tgl pendaftaran online (20 Juli 2012)

Saya baru sadar ada dua jenis penawaran pada sore ini setelah terbaca luncuran DUA Edaran oleh Admin Kopertis III di websitenya (terima kasih)

Tawaran  Beasiswa Double Degree untuk para pelamar Beasiswa Unggulan yang berstatus CALON DOSEN
dan
Tawaran Beasiswa Double Degree untuk para pelamar Beasiswa Luar Negeri S2/S3 Dikti yang berstatus DOSEN TETAP di Lingkungan Kemdikbud

Rasanya sia-sia kalo saya tampilkan lagi penawaran Beasiswa Double Degree jalur Regular di web Kopertis XII saat ini, pendaftaran online yang sudah ditutup hanya akan memberi kekecewaaan saja. Hanya bisa doakan semoga sistem pengelolaan beasiswa untuk para dosen semakin ditingkatkan.

Salam, Fitri