1 ) Alhamdulillah, Iqbal Mahasiswa UB Ditemukan Selamat …^_^
Mahasiswa UB yang Hilang Ditemukan di Jurang Semeru…
http://regional.kompas.com/

Firas Awaludin Iqbal

Kamis, 1 November 2012 | 20:42 WIB
MALANG, KOMPAS.com – Setelah tiga hari menghilang saat mendaki di gunung Semeru, Muhammad Firas Awaludin Iqbal (19), mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur, berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Iqbal berhasil ditemukan oleh Tim SAR pada Kamis (1/10/2012) pada pukul 17.00 WIB. “Syukur sudah ditemukan dalam kondisi selamat,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Ayu Dewi Utari, saat dihubungi via telepon, Kamis (1/11/2012) malam. Menurut Ayu, tim gabungan berhasil menemukan korban tidak jauh dari jejak sepatu dan kaos tangan yang ditemukan di kawasan Blank 75. “Iqbal ditemukan dekat jejak yang ditemukan. Untungnya ia tak jauh dari jejak yang ditemukan tim gabungan,” katanya. Saat ini, kata Ayu, Iqbal bersama tim gabungan masih berada di Pos Kalimati. “Rencananya, korban akan diantar turun besok hari. Sekarang masih diperiksa kondisinya. Karena sudah tiga hari tidak makan,” katanya. Tim gabungan yang diturunkan mencari Iqbal sebanyak 50 orang. Tim tersebut berhasil menemukan jejak sepatu dan kaos tangan di kawasan Blank 75 atau sekitar 2 kilometer dari puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu. “Blank 75 itu adalah jurang yang berkedalaman 75 meter, yang berada di sisi kanan Cemoro Tunggal. Lokasinya berada sekitar 2 kilometer dari puncak gunung Semeru.

…dst

2 ) Iqbal Akhirnya Berhasil Dievakuasi ke Pos Ranu Pane
http://www.beritajatim.com/detailnews.php/8/Peristiwa/2012-11-02/151295/Iqbal_Ak\
hirnya_Berhasil_Dievakuasi_ke_Pos_Ranu_Pane

Jum’at, 02 November 2012 15:31:13 WIB
Lumajang (beritajatim.com) – Firas Awaludin Iqbal, Mahasiwa UB Malang berhasil dievakuasi dari Pos pendakian Kalimati ke Pos Ranu Pane oleh SAR Gabungan aparat TNI, kepolisian, SAR Lumajang dan PA Mahameru. Iqbal usai dirawat oleh Tim SAR dan fisiknya kembali pulih bisa jalan dengan dikawal sejumlah relawan. Pengamatan beritajatim.com, Iqbal yang mengenakan jaket bergaris putih berjalan di belakang anggota TNI memakai tongkat kayu. Bahkan, Iqbal dengan lancar diajak komunikasi soal dirinya kenapa bisa tersesat. “Saya salah jalur saat turun,” kata Iqbal pada sejumlah wartawan saat mengambil gambar sambil berjalan. Dia mengatakan, untuk bisa hidup bertahan di cuaca extrem gunung Semeru dengan mengirit seperempat botol kecilnya. “Saya hanya minum air,” jelasnya. Pada malam hari Iqbal mengaku istirahat di semak belukar. Untuk menghangatkan tubuhnya membuat perapian, tetapi sesekali gagal karena angin. “Ya saya optimis bisa keluar dengan mencoba mendaki puncak Semeru,” jelasnya.

…dst

3 ) Tim Surabaya dan Lampung Raih Juara Pertama
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/02/12190581/Tim.Surabaya.dan.Lampung.Raih\
.Juara.Pertama

Jumat, 2 November 2012 | 12:19 WIB
JEPARA, KOMPAS – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menjadi pemenang pertama Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2012 atau Roboboat 2012 untuk kategori autonomous, yakni kapal cepat bersistem otopilot berbasis sensor cahaya. Pemenang pertama kategori remote control (kapal cepat dengan sistem manual) adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Adapun pemenang pertama kategori kapal cepat fuel engine (kapal yang didesain menggunakan mesin berbahan bakar) adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) Teknokrat Lampung. Penilaian desain terbaik diberikan kepada Tim Makara 02 Universitas Indonesia. Kontes yang berlangsung Selasa-Rabu (30-31/10) di Pantai Kartini, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ini menjadi ajang uji kemampuan bagi para mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air. Kontes digelar Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Universitas Diponegoro, Semarang, dengan tema ”Kejayaan Bahari Melalui Rekayasa Teknologi Maritim”. Kontes Roboboat 2012 ditutup Rabu petang oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undip Warsito yang ditandai dengan penyerahan hadiah kepada setiap pemenang.

…dst

4 ) Puluhan Pesawat Tanpa Awak Bertempur di IARC ITB
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712728/puluhan-pesawat-tanpa-awak-\
bertempur-di-iarc-itb

Jum’at, 02 November 2012 13:52 wib
BANDUNG – Puluhan robot terbang berupa pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) beradu kecerdasan lewat kontes robot Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) 2012 di Pangkalan Udara (Lanud) Sulaeman, Soreang, Kabupaten Bandung. Kompetisi robot terbang yang digelar Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini digelar tiga hari, mulai hari ini, Jumat (2/11/2012) hingga Minggu 4 November mendatang. Kompetisi diikuti 26 tim robot terbang dari kalangan mahasiswa, siswa setingkat SMA, dan umum. Hari pertama lomba, diisi dengan berkumpulnya tim peserta kontes untuk mengikuti pembukaan dan validasi pesawat UAV hingga tes terbang pesawat tanpa awak yang dikendalikan remote control. Ketua Publikasi dan Dokumentasi IARC Ryan Fadhilah menjelaskan, awalnya ada 30 tim yang mengikuti kontes ini. Satu tim terdiri dari empat orang. Namun empat tim didiskualifikasi karena tidak memenuhi persyaratan yakni tidak adanya atau kurangnya laporan tentang pembuatan UAV seperti bagaimana desainnya, manufakturnya, sistem penerbangannya, dan lain-lain.

…dst

5 ) Alumni Informatika ITB “Dipanggil Pulang” ke Bandung
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/02/11252468/Alumni.Informatika.ITB.Dipang\
gil.Pulang.ke.Bandung

Jumat, 2 November 2012 | 11:25 WIB
KOMPAS.com – Para alumni Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) dipanggil pulang kembali ke Bandung. Bukan untuk mudik atau reuni, tetapi berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam program Informatika Mengajar. Alumni dari Teknik Informatika ITB saat ini tersebar di berbagai posisi penting di seluruh Indonesia maupun dunia. Mereka diundang untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam program Informatika Mengajar. Salah satunya adalah Presiden Direktur PT Pertamina Trans Kontinental, Ahmad Bambang yang akan membagikan pengalamannya mengenai perkembangan dan peluang-peluang Industri TIK serta pemanfaatannya untuk kepentingan bangsa dan negara. President Direktur No Limit Indonesia, Aqsath Rasyid Naradhipa juga akan membagikan pengalamannya tentang bagaimana tesis beliau bisa menjadi sebuah start-up yang saat ini sudah memiliki puluhan karyawan. Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Program Informatika Mengajar yang pertama akan digelar pada 2 November 2012 mulai pukul 14:00 WIB di Labtek VI Kampus ITB, Bandung. Acara perdana ini mengusung Tema Informatika untuk Kemandirian Bangsa.

…dst

6 ) Aplikasi Beasiswa Chevening Kembali Dibuka!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/02/11115882/Aplikasi.Beasiswa.Chevening.K\
embali.Dibuka.

Jumat, 2 November 2012 | 11:11 WIB
KOMPAS.com – Anda yang menunggu-nunggu kabar ini boleh berbahagia. Pemerintah Inggris kembali menawarkan beasiswa bergengsinya, Chevening, untuk kandidat asal Indonesia dan Timor Leste yang berminat untuk melanjutkan studi S-2 di perguruan tinggi di Inggris. Pendaftaran beasiswa untuk tahun ajaran 2013/14 ini dibuka hingga 2 Januari mendatang. Ada 25 beasiswa yang ditawarkan untuk kandidat dari Indonesia dan Timor Leste, sama seperti jumlah penerima beasiswa tahun sebelumnya. Pendaftaran harus dilakukan langsung di laman resmi beasiswa ini. Program beasiswa S-2 selama satu tahun ini diberikan kepada kandidat yang memiliki prestasi dan potensi kepemimpinan. Penerima beasiswa tak hanya bebas biaya kuliah, tetapi juga ditanggung biaya hidupnya dan tiket pulang-pergi dari negara asal. Apa syarat untuk mengajukan aplikasi? Kandidat adalah warga negara Indonesia yang telah lulus S-1 dengan IPK. Kandidat harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan syarat nilai IELTS minimal 6.5 atau nilai TOEFL iBT minimal 79.

…dst

7 ) Krisis Eropa Tak Pengaruhi Jumlah Penerima Beasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/02/15005169/Krisis.Eropa.Tak.Pengaruhi.Ju\
mlah.Penerima.Beasiswa

Jumat, 2 November 2012 | 15:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Krisis ekonomi yang melanda sebagian besar negara Eropa ternyata tidak membawa dampak negatif terhadap minat para siswa atau mahasiswa asing untuk menuntut ilmu di sana. Begitu pula dengan siswa atau mahasiswa dari Indonesia yang tetap bersemangat untuk mengincar peluang pendidikan di Eropa. Perwakilan dari DAAD, Olivia Sopacua, mengatakan bahwa krisis ekonomi Eropa membawa dampak kurang baik bagi kondisi masyarakat. Namun untuk mahasiswa asing yang tengah menyelesaikan studinya di Jerman, krisis ini sama sekali tak berpengaruh karena jaminan pendidikan tetap diterima dengan baik. “Ini terlihat dari jumlah siswa yang kami berangkatkan tidak pernah menurun. Angkanya selalu stabil. Sekitar 300 orang kami berangkatkan tiap tahunnya,” kata Olivia, saat jumpa pers 4th European Higher Education Fair di Energy Building, Jakarta, Kamis (1/11/2012). Hal senada juga diungkapkan oleh Perwakilan dari Campus France Indonesia, Anton Hilman. Ia mengungkapkan bahwa ada rencana penambahan siswa yang akan diberangkatkan melalui program beasiswa untuk tahun ajaran berikutnya.

…dst

8 ) Kejar Ilmu Sampai Eropa? Intip Dulu Peluangnya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/01/18351189/Kejar.Ilmu.Sampai.Eropa.Intip\
.Dulu.Peluangnya

Kamis, 1 November 2012 | 18:35 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti kata pepatah, kejarlah ilmu hingga ke negeri seberang. Nah, bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan dan merasakan pengalaman tinggal di benua biru maka jangan lewatkan kesempatan berharga ini yaitu Pameran Pendidikan Tinggi Eropa ke-4 atau 4th European Higher Education Fair (EHEF). Project Officer EHEF, Daniel Darmawan, mengatakan bahwa kegiatan ini kembali diselenggarakan tahun ini karena terus menuai minat yang besar dari masyarakat sejak digelar pertama kalinya pada tahun 2008. Beragam peluang untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas dan beasiswa di Eropa bagi siswa dan kaum profesional Indonesia terbuka lebar di sini. “Kegiatan ini akan digelar pada tanggal 3-4 November di Thamrin Nine Ballroom Jakarta dan pada tanggal 6 November di Hotel Aryaduta Medan,” kata Daniel saat jumpa pers di Energy Building, Jakarta, Kamis (1/11/2012). Minat yang tinggi dari para siswa dan kaum profesional Indonesia membuat berbagai institusi di Eropa tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pada tahun ini, sebanyak 97 institusi dan perwakilan dari 14 negara Eropa akan meramaikan EHEF 2012.

…dst

9 ) Angkat Produk Lokal, Duo Dosen Unsoed Raih Penghargaan
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712751/angkat-produk-lokal-duo-dos\
en-unsoed-raih-penghargaan

Jum’at, 02 November 2012 14:20 wib
JAKARTA – Dua dosen Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mampu membuktikan dari dalam ajang internasional. Poster karya Ratna Stia Dewi dan Hana berhasil meraih penghargaan poster terbaik pada kegiatan besutan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu. Pada seminar internasional bertajuk “Peningkatan Daya Saing Inovasi Akar Rumput untuk Pengentasan Kemiskinan”(Enhancing Grassroots Innovation Competitiveness for Poverty Alleviation)” tersebut, hadir tujuh pembicara terkemuka dari dalam dan luar negeri. Bersaing dengan puluhan poster yang berasal dari dalam dan luar negeri, duo Biolog Unsoed tersebut berhasil mengunguli para pesaingnya. Ratna mengaku terkejut dengan penghargaan yang diraihnya. Padahal, kata Ratna, penghargaan ini bukanlah targetnya. Menurut Ratna, keikutsertaannya dalam ajang bergengsi itu semata-mata untuk ikut berkontribusi dalam mengangkat produk-produk lokal sebagai upaya mengentaskan kemiskianan yang selaras dengan visi Fakulatas Biologi untuk mengangkat potensi lokal.

…dst

10 ) Indonesia Mengajar Tambah Wilayah Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/01/19013797/Indonesia.Mengajar.Tambah.Wil\
ayah.Baru

Kamis, 1 November 2012 | 19:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia Mengajar memperluas cakupan wilayah mitranya dengan menggandeng Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, sebagai tujuan penempatan pengajar muda. Dengan demikian, Indonesia Mengajar telah bermitra dengan 17 pemerintah kabupaten yang tersebar di 16 provinsi. Di wilayah baru tersebut, Indonesia Mengajar bakal memberangkatkan enam pengajar muda ke Banggai mulai November ini. Keberangkatan mereka bersamaan dengan pengiriman 46 pengajar muda ke enam kabupaten lainnya. Ketua Indonesia Mengajar Anies Baswedan mengemukakan, pada angkatan V ini Indonesia Mengajar memberangkatkan 52 pengajar muda yang diseleksi dari 6.845 kandidat dari sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri. Selain Banggai, mereka juga akan berangkat ke Aceh Utara (Aceh), Bengkalis (Riau), Tulangbawang Barat (Lampung), Paser (Kalimantan Timur), serta Halmahera Selatan (Maluku Utara),” kata Anies dalam Pembekalan Pengajar Muda Angkatan V di Kantor Wakil Presiden, Kamis (1/11/2012).

…dst

11 ) Indonesia Mengajar
Saat Demonstran Tobat Menjabat Tangan Wapres Boediono
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/02/360046/293/14/-Saat-Demonstran-Tob\
at-Menjabat-Tangan-Wapres-Boediono

Jumat, 02 November 2012 14:30 WIB
JAKARTA–MICOM: Kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono tidak pernah luput dari kritik dan kerap didemo. Salah satu pelakunya, pemuda bernama Panca yang saat itu mengenyam pendidikan di Universitas Diponegoro. Pada suatu ketika, ia dan rekan-rekannya mendatangi Boediono untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Demi mengusung semangat perubahan, ia bahkan tidak gentar memaki-maki wakil presiden, orang nomor dua di Indonesia, karena dinilai memiliki kinerja buruk. Namun, seiring berjalannya waktu sikap Panca pun berubah 180 derajat. Itu terungkap ketika dirinya bertemu secara langsung dengan Boediono di Kantor Wapres, Jakarta Jumat (2/11). Ia mengaku tidak ingin mengulangi perbuatan itu dan punya cara dalam mengusung perubahan. Panca merupakan satu dari 52 pengajar muda angkatan ke-V yang datang menemui Boediono sebelum berangkat untuk bekerja sebagai guru Sekolah Dasar selama 14 bulan di Halmahera Selatan. Panca ingin mengusung perubahan dengan terlibat sebagai pengajar muda.

…dst

12 ) Kelola Logistik Bencana, UGM Gandeng Universitas Singapura
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712723/kelola-logistik-bencana-ugm\
-gandeng-universitas-singapura

Jum’at, 02 November 2012 13:47 wib
JAKARTA – Ketika terjadi bencana, logistik menjadi kebutuhan mendesak yang diperlukan oleh korban bencana. Namun, berdasarkan beberapa pengalaman dalam menangani logistik kemanusiaan, kerap kali ditemukan banyak kendala untuk mengelolanya. Berangkat dari keadaan tersebut, program studi Pengelolaan Infrastruktur dan Pembangunan Masyarakat (PIPM) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM pun menjalin kerjasama dengan Transport and Logistics Institute Asia Pacific (TLI-AP) of National University of Singapore (NUS). Fokus kerjasama tersebut berupa penyusunan strategi pengembangan logistik kemanusiaan. Pengembangan logistik kemanusiaan di Indonesia, salah satunya akan dilakukan melalui program capacity building bagi Non Governmental Organization (NGO) maupun komunitas warga agar lebih mampu mengelola logistik kemanusiaan secara sistematis. Topik tersebut dikupas tuntas dalam seminar bertajuk Strategi Mengembangkan Logistik Kemanusiaan. “Misalnya distribusi yang tidak merata atau over supply di satu titik, sementara kekurangan stok di titik yang lain. Karena voluntary based dan butuh kecepatan dalam distribusi, akibatnya akuntabilitas logistik kadang terabaikan dan pendistribusiannya susah dikendalikan,” ungkap peneliti Pustral UGM Arif Wismadi, seperti dikutip dari situs UGM, Jumat (2/11/2012).

…dst

13 ) Lulusan Geografi Bisa Jadi Apa Ya?
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/370/712795/lulusan-geografi-bisa-jadi-\
apa-ya

Jum’at, 02 November 2012 15:10 wib
JAKARTA – Geografi mungkin bukan jurusan yang sering dipilih dan ditekuni oleh banyak orang. Sebagian besar kita juga masih kerap bertanya apa sebenarnya kajian bidang ilmu Geografi serta peluang karier yang tersedia bagi lulusan ini. Geografi adalah disiplin ilmu yang luas. Dalam penjurusan atau spesialisasi, cabang ilmu Geografi pun cukup banyak. Luasnya cakupan jurusan Geografi menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, dengan demikian peluang karier untuk lulusan Geografi tidak terbatas. Sebenarnya, apa itu Geografi? Geografi merupakan sebuah studi mengenai bumi, ciri fisik dan atmosfer pada aktivitas manusia dan bagaimana mereka saling berpengaruh. Ilmu ini berfokus pada tanah, iklim, ruang, populasi, kepadatan penduduk, perubahan lingkungan, bagaimana manusia bereaksi terhadap perubahan lingkungan, migrasi, dan banyak lagi. Demikian, seperti dilansir dari College Cures, Jumat (2/11/2012). Tidak seperti kebanyakan jurusan. Geografi merupakan gelar spesial untuk dimiliki. Sebab, Geografi memberi mahasiswa kesempatan untuk menjadi bagian dari kehidupan manusia dengan menjadi pemberi informasi mengenai area tempat tinggal mereka, serta cara mereka untuk memperbaiki ketika sesuatu berjalan tidak semestinya.

…dst

14 ) Dibutuhkan Hasil Penelitian yang Inspiratif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/01/20350985/Dibutuhkan.Hasil.Penelitian.y\
ang.Inspiratif

Kamis, 1 November 2012 | 20:35 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Penelitian kebijakan pendidikan yang insipiratif masih minim. Padahal, pemerintah membutuhkan masukan dari hasil penelitian untuk dapat mengembangkan kebijakan yang jauh ke depan. “Penelitian untuk mendukung kebijakan pendidikan memang harus bisa menjawab persoalan atau isu yang hangat, tetapi juga kita butuh penelitian yang inspiratif yang bisa membuka penelitian soal masa depan. Sebut saja misalnya penelitian yang menyiapkan tenaga kerja Indonesia ke depan di tahun 2045, dengan mempelajari tren dunia, politik, hingga perkembangan penduduk,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Khairil Anwar Notodipuro, pada pembukaan Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian Kebijakan yang dilaksanakan Pusat Penelitian Kebijakan, Kamis (1/11/2012) di Bogor, Jawa Barat. Seminar akan berlangsung hingga Jumat (2/11/2012). Menurut Khairil, kegiatan seminar nasional harus menjadi salah satu program unggulan para peneliti, baik yang di Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang maupun Jaringan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Jarlitbangda). Dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan hasil-hasil penelitian kebijakan, kegiatan ini dapat dipakai sebagai bahan untuk merumuskan beberapa opsi atau saran kebijakan di bidang pendidikan.

…dst

15 ) Negara Maritim, Riset Kelautan RI Minim
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712566/negara-maritim-riset-kelaut\
an-ri-minim

Jum’at, 02 November 2012 09:26 wib
BANDUNG – Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lautan. Namun, riset di bidang kelautan di Indonesia masih rendah.
Menurut Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sudirman Saad, usai menghadiri Seminar Nasional Kelautan di Aula Timur Institut Teknologi Bandung (ITB) Jalan Ganeca, Bandung, Kamis 1 November, kondisi ini menghawatirkan, mengingat Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas. Sudirman menyebut, riset kelautan di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan riset tentang angkasa. Bahkan jika dibandingkan dengan negara lain, riset kelautan di Indonesia kalah maju. “Saat ini Jepang menjadi negara yang riset kelautannya paling maju,” ujarnya. Padahal, kata Sudirman, riset kelautan bisa membantu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam. Misalnya untuk mendeteksi gempa bumi, tsunami, atau yang baru-baru ini badai Sandy yang melanda New York, Amerika Serikat. “Dengan adanya berbagai kejadian alam, riset kelautan menjadi soroton semua pihak khususnya untuk mengantisipasi bencana,” terangnya.

…dst

16 ) Kampus Abal-Abal Menjamur
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712643/kampus-abal-abal-menjamur

Jum’at, 02 November 2012 11:29 wib
JAKARTA – Membeludaknya perguruan tinggi swasta (PTS) baru ternyata tidak selalu dibarengi dengan baiknya kualitas yang mereka tawarkan. Dari ribuan PTS di penjuru Tanah Air, banyak juga yang tidak terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ciri perguruan tinggi tersebut, antara lain, biaya kuliah yang sangat murah dan tidak memadainya fasilitas kegiatan belajar mengajar. Kurang ketatnya peraturan dari pemerintah ditengarai menjadi penyebab banyaknya perguruan tinggi baru, baik yang berbentuk universitas, sekolah tinggi, akademi, institut, dan juga politeknik. Menurut Sosiolog dari Universitas Indonesia UI) Prof. Kamanto Sunarto, SH, PhD, Kemendikbud sebenarnya sudah memberikan persyaratan untuk mendapatkan izin mendirikan perguruan tinggi. “Tetapi kenyataannya, meski kebanyakan kampus-kampus itu memiliki izin, banyak juga yang tidak mendapat izin, dan sampai saat ini masih menyelenggarakan pendidikan,” ujar Kamanto saat dihubungi Okezone, Jumat (2/11/2012).Kamanto juga menuturkan, ada juga perguruan tinggi baru yang nakal. Seringkali, mereka diberi izin, tetapi kemudian menyalahi izin yang diberikan. Misalnya, perguruan tinggi itu tidak melaporkan perubahan keadaan yang  mereka alami, seperti dosen yang ternyata sudah diberhentikan, atau fasilitas yang tadinya ada menjadi tidak ada.

…dst

17 ) Perguruan Tinggi Mengantisipasi Komunitas ASEAN 2015
http://www.pikiran-rakyat.com/node/209543

Kamis, 01/11/2012 – 17:57
YOGYAKARTA, (PRLM).- Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di seluruh tanah air hendaknya mengantisipasi berlakunya era Komunitas ASEAN (Asean Community) 2015. Era tersebut diperkirakan persaingan perguruan tinggi (PT) dan sumber daya manusia (SDM) di Asean sangat kompetitif. “PT di Indonesia jangan terpinggirkan di negeri sendiri dan menjadi penonton saat Asean menjadi pasar terbuka,” kata Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Ir. Gumbolo Hadi Susanto, MSc. Menjawab pertanyaan tentang persaingan PT di ASEAN dan era Komunitas ASEAN, Kamis (1/11/12), dia menyatakan Thailand sangat siap dengan ahli-ahli di berbagai bidang menghadapi persaingan antarnegara Asean. Menurut dia antisipasi yang bisa dirintis oleh manajemen PTN/PTS dengan membangun jaringan antar PT di Asean. Kepentingannya, alumni asal Indonesia di berbagai PT Asean menjadi pembuka pintu untuk bersaing dengan SDM. Brevet atau gelar dari berbagai PT di negara Asean akan membantu memasuki bursa kerja pasar bebas Asean. Sementara internal PTN/PTS harus meningkatkan kualitas kegiatan akademik dalam menciptakan SDM yang berkualitas. Menurut dia para pengelola PT di negara-negara Asean memiliki kecenderungan yang sama untuk membangun jaringan akademik di negara tetangga termasuk di Indonesia.

…dst

18 ) Kemdikbud Akan Gelar Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/209554

Kamis, 01/11/2012 – 18:53
JAKARTA, (PRLM). – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar Kongres Kebudayaan Pemuda Indonesia (KKPI) pada tanggal 6-9 November 2012 di Hotel Borobudur Jakarta. Kongres akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Budiono. “KKPI, sebuah perhelatan pemuda yang digagas bersama sebagai momentum kebangkitan pemuda untuk mengambil peran dalam pergerakan kebudayaan, kongres diharapkan menjadi tonggak kebangkitan pemuda dalam pembangunan kebudayaan dan pembangunan bangsa pada umumnya,” tutur Wamendikbud Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, kepada para wartawan di Gedung Kemdikbud Jakarta, Kamis (1/11). KPPI yang digelar pertama kali ini kata Wiendu mengusung tema dan semboyan Indonesia Aku Bangga, Membangun Karakter, Kreativitas dan Solidaritas. Sedangkan tujuannya adalah membangun visi dan langkah bersama dan terpadu dalam memperkuat posisi kebudayaan sebagai panglima dalam pembangunan Indonesia baru ini. Sejatinya kata dia, ingin menjadikan pemuda sebagai pilar dan agen pembangunan bidang kebudayaan yang kreatif, handal dan memiliki integritas dalam memajukan peradaban bangsa Indonesia. Di samping kegiatan kongres sebagai agenda utama kegiatan, lanjut Wiendu, juga dilaksanakan gelar karya prestasi pemuda Indonesia, yang menampilkan karya-karya kreatif anak bangsa di berbagai bidang.

…dst

19 ) 6 Bakal Calon Rektor Berebut Kursi IPB-1
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712693/6-bakal-calon-rektor-berebu\
t-kursi-ipb-1

Jum’at, 02 November 2012 12:58 wib
JAKARTA- Institut Pertanian Bogor (IPB) bersiap menyambut pemimpin baru. Kampus dengan kekhususan pertanian di Tanah Air itu akan menyelenggarakan pemilihan rektor yang akan memimpin IPB lima tahun mendatang. Saat ini, IPB dipimpin oleh Prof. Herry Suhardiyanto. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB Prof. Dr. Chozin berujar, pada tahapan pilrek IPB kali ini, sudah ada enam bakal calon rektor yang terjaring. Keenam nama tersebut pun sudah diajukan kepada Senat Akademik IPB untuk diproses. Enam bakal calon yang lolos dari penjaringan aspirasi tersebut adalah: Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, Dr. Asep Saefudin, Prof. Dr. Zairin Junior, Dr. Bayu Krisnamurti, Prof. Dr. Roedhy Poerwanto, dan Prof. Dr. Indra Jaya. “Nantinya akan ada tiga nama calon rektor yang akan diajukan kembali kepada MWA,” kata Chozin dalam siaran tertulisnya yang diterima Okezone, Jumat (2/11/2012). Chozin mengungkap, hasil lengkap penjaringan aspirasi dari berbagai unsur dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dapat dilihat pada situs resmi panitia pemilihan rektor yang dibentuk MWA IPB pada laman http://ppr.ipb.ac.id. Dalam situs Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB disebutkan, Senat Akademik akan menentukan tiga calon rektor melalui Sidang Senat Akademik pada 6 November mendatang.

…dst

20 ) Kegiatan Mapala Tak Hanya Naik Gunung
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/01/373/712303/kegiatan-mapala-tak-hanya-n\
aik-gunung

Kamis, 01 November 2012 17:13 wib
JAKARTA – Mendaki gunung merupakan kegiatan yang identik dilakukan oleh para anggota perkumpulan pecinta alam. Namun, ternyata kegiatan para mahasiswa pecinta alam tidak hanya terbatas pada mendaki gunung saja tetapi juga sejumlah agenda menarik lainnya. Lihat saja Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dikenal dengan Lawalata IPB. Salah seorang anggota Lawalata IPB Alan Septian menyebutkan, aktivitas naik gunung yang dilakukan anggota Lawalata bukanlah kegiatan utama melainkan sebuah acara liburan. “Karena IPB basisnya pertanian, maka kegiatan naik gunung bukanlah agenda utama Lawalata. Kegiatan kami justru berfokus pada lingkungan, penelitian, dan kegiatan sosial,” ujar Alan ketika berbincang dengan Okezone melalui telepon, Kamis (1/11/2012). Dia menjelaskan, ketika kegiatan Lawalata berada pada waktu perkuliahan dan memang merupakan sebuah acara resmi kampus, tentu pihak kampus akan mengetahui kegiatan tersebut. “Kalau ada pendakian maupun kegiatan di luar kampus dan bukan acara resmi, kami hanya menyerahkan surat tugas organisasi,” papar mahasiswa Fakultas Perikanan IPB itu.

…dst

21 ) Unipdu Jalin Kerjasama dengan Campus France
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/11/01/mctak8-u\
nipdu-jalin-kerjasama-dengan-campus-france

Kamis, 01 November 2012, 20:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG – Menjadi seorang santri tentu satu hal yang membanggakan. Tetapi berbekal dengan predikat santri dan bisa berkuliah ke negerinya Zinedine Zidane di Prancis, tentu akan melengkapi kebahagiaan yang sudah ada. Rasa bahagia itulah yang kini menghinggapi civitas akademika di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Jawa Timur. Kampus yang memiliki jumlah mahasiswa lebih dari dua ribu santri ini baru saja disambangi oleh Campus France Surabaya atau Institut Francais Indonesia (IFI). Kehadiran lembaga studi IFI itu ke Unipdu sebagai rangkaian untuk memperkenalkan budaya Prancis di kalangan pesantren. Tak cuma sekedar berbagi cerita mengenai fashion maupun budaya di negeri Eropa barat tersebut, namun ditawarkan pula program beasiswa untuk studi di Prancis. ”Kami juga membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa Unipdu yang ingin belajar ke Prancis. Syaratnya sangat mudah, yakni harus bisa berbahasa Prancis dulu,” kata Irma Khusnulhotimah, penanggung jawab bidang pengajaran IFI. Tawaran program beasiswa ini disampaikan setelah acara formal yang dihadiri oleh Rektor Unipdu dan perwakilan mahasiswa Unipdu. Irma mengatakan, untuk menimba ilmu di Prancis bukanlah hal yang menakutkan dan menyulitkan. Ia mengatakan, prosedur pendaftaran kuliah di sana sangat sederhana.

…dst

22 ) Unipdu Sambut Positif Kedatangan IFI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/11/01/mctao3-u\
nipdu-sambut-positif-kedatangan-ifi

Kamis, 01 November 2012, 20:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG – Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Jawa Timur, yang memiliki jumlah mahasiswa lebih dari dua ribu santri ini baru saja disambangi oleh Campus France Surabaya atau Institut Francais Indonesia (IFI). Kerjasama dengan pondok pesantren di daerah Jombang ini menjadi ikhtiar pertama yang dilakukan oleh IFI. Siswa Martina, penanggungjawab IFI, mengatakan, untuk kerjasama dengan kampus di Jawa Timur sebenarnya sudah cukup banyak dilakukan. ”Tetapi untuk di Jombang, ini adalah yang pertama kali dilakukan kerjasama dengan Unipdu. Kami berharap mahasiswa Unipdu ada yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke Prancis, baik itu jenjang S-1 maupun S-2,” ujar Siska. Meski tak secara detail dibeberkan bentuk kerjasama dengan IFI, namun pihak Unipdu menyambut positif kedatangan IFI. Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, KH Zulfikar As’ad, atau biasa disapa Gus Ufik menilai kerjasama semacam ini sangat positif. Menurutnya, melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di kampus luar negeri, seperti Prancis adalah sesuatu yang penting.

…dst

23 ) Unisri Dirikan Laboratorium Pangan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/02/204079/Unisri-Dir\
ikan-Laboratorium-Pangan

02 November 2012
SOLO – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta membangun Laboratorium Pangan Fakultas Teknologi Pangan (FTP). Wakil Dekan FTP Unisri Ahmad Mustofa mengemukakan, dana pembangunan laboratorium itu berasal dari hibah Dikti ditambah dana dari yayasan dan universitas. ”Total dana dari Dikti Rp 1 miliar, dari universitas Rp 100 juta dan dari yayasan Rp 500 juta sehingga terkumpul Rp 1,6 miliar untuk pembangunan laboratorium tersebut,” jelasnya, belum lama ini. Laboratorium yang berguna sebagai tempat penelitian bahan pangan itu akan dilengkapi peralatan yang bernilai lebih dari Rp 600 juta. Selain itu, laboratorium itu juga berfungsi sebagai media pengembangan baking school atau sekolah khusus pembuat roti yang menyedot dana sekitar Rp 80 juta. Menurut Ahmad Mustofa, pembangunan laboratorium itu ditarget selesai pada pertengahan Desember. Gedung Rektorat Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta juga direnovasi. Renovasi dilaksanakan 11 bulan dengan dana Rp 4 miliar.Gedung yang semula hanya satu lantai yang dibangun pada 1984 itu kini menjadi bangunan berlantai tiga dengan fasilitas lengkap dan memadai.

…dst

24 ) Kajian Rampung, Trisakti Siap Dinegerikan
Dipuji sebagai Kampus Swasta Terbaik
http://www.jpnn.com/read/2012/11/02/145515/Kajian-Rampung,-Trisakti-Siap-Dineger\
ikan-

Jum’at, 02 November 2012 , 06:24:00
JAKARTA – Jika tidak ada halangan, akhir bulan ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal mengumumkan hasil kajian hukum alih status Universitas Trisakti (Usakti) menjadi kampus negeri. Disinyalir hasil kajian ini mengarah pada sikap pemerintah yang menyetujui usulan tersebut. Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ahmad Jazidie mengatakan, kajian tersebut melibatkan pakar-pakar hukum dari sejumlah  universitas besar dengan bentuk focus group discussion (FGD). Kampus yang terlibat diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Jazidie mengatakan dari aspek pendidikan tinggi, Usakti merupakan aset negara yang cukup penting. “Trisakti merupakan kampus swasta terbaik. Alumninya juga sudah menjadi orang-orang penting,” ujar alumni sekaligus guru besar ITS itu kemarin (1/11). Dia menuturkan, dalam waktu dekat, hasil kajian hukum yang sudah digeber intensif selama tiga bulan terakhir akan diuji publik. Jika dalam proses ini tidak ada pertentangan yang berarti, harapan kampus yang sejumlah mahasiswanya menjadi korban Tragedi Trisakti pada 1998 itu untuk menjadi PTN (perguruan tinggi negeri) bakal terwujud.

…dst

25 ) ISI Denpasar didik 39 mahasiswa mancanegara
http://www.antaranews.com/berita/341680/isi-denpasar-didik-39-mahasiswa-mancaneg\
ara

Jumat, 2 November 2012 10:02 WIB
Denpasar (ANTARA News)- Sebanyak 39 mahasiswa dari 24 negara di belahan dunia mulai mengikuti proses belajar mengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. “Mahasiswa asing yang memanfaatkan program Dharmasiswa pemerintah Indonesia dalam tahun akademik 2012/2013 itu sebelumnya mendapat pelatihan bahasa Indonesia,” kata Rektor ISI Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai S.MA, di Denpasar, Jumat. Ia mengatakan, pelatihan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing melibatkan sejumlah dosen antara lain Ni Ketut Dewi Yulianti SS MHum dan I Gede Agus Jaya Sadguna SST Par M.Par. “Pelatihan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing itu berlangsung selama dua Minggu, 19 September hingga 31 Oktober 2012,” ujar Prof Rai. Pelatihan itu diharapkan mampu menunjang proses belajar mengajar, disamping dosen dalam membekan kuliah menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswa asing kali ini berasal dari Amerika Serikat, Argentina, dan Jepang masing-masing empat orang, menyusul Inggris dan Polandia masing-masing tiga orang.

…dst

26 ) Unissula Gelar Reuni Akbar
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/02/204079/Unisri-Dir\
ikan-Laboratorium-Pangan

02 November 2012
SEMARANG – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unissula akan menyelenggarakan reuni akbar bertajuk ”Home Coming Day”, pada 15 November, di kampus Jalan Raya Kaligawe. Untuk itu, panitia telah menyebar 6.882 undangan tertulis. ”Kami juga menyebarkan lewat www.alumni.unissula.ac.id dan alumni bisa mendaftar secara online,” kata Ketua PP IKA H Jawade Hafidz SH MH, didampingi Ketua Panitia Home Coming Day Us Us Kurniawantoro SH, Rabu (31/10). Menurutnya, reuni akbar diadakan bertepatan dengan 50 tahun Unissula mengabdi di bidang pendidikan. Ada tiga hal yang mendasari “Home Coming Day”. Unissula ingin meminta masukan dari alumni, mengajak alumni mengadakan fund raising, dan membuat nomine alumnus berprestasi untuk mendapat Budaya Akademik Islami (Budai) Award yang digelar tiap tahun. (C27-60)

***

27 ) Unnes Undang Mahasiswa LN Kursus Budaya
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/02/204078/Unissula-G\
elar-Reuni-Akbar

20 November 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengundang mahasiswa dari universitas luar negeri untuk mengikuti ”Enjoyable Course of Conservation and Indonesian Culture (E-Conut), di kampus Unnes Sekaran, Gunungpati. Mereka akan mengikuti kursus pendek dalam waktu seminggu untuk mengenal budaya Indonesia di universitas konservasi itu. Program E-Conut dibiayai Direktorat Kelembagaan Kerja Sama Dikti Kemdikbud dengan tujuan mengajak mahasiswa luar negeri dari negara mitra untuk belajar tentang budaya Indonesia. Pembantu Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerja Sama Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, program ini merupakan wujud implementasi nilai-nilai konservasi yang merupakan tugas dan tanggung jawab Unnes. ”Atas tanggung jawab itulah Unnes mengundang para mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia dan mancanegara untuk bergabung di program E-Conut. Melalui program ini Unnes sebagai universitas konservasi hendak mempromosikan diri ke kancah internasional,” ungkapnya. (K3-60)

***

28 ) Guru Baru Dilibatkan Saat Implementasi Kurikulum 2013
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/01/359807/293/14/Guru-Baru-Dilibatkan\
-Saat-Implementasi-Kurikulum-2013

Kamis, 01 November 2012 17:13 WIB
JAKARTA–MICOM: Keterlibatan kalangan guru saat ini memang belum disertakan mengingat pembahasan perubahan kurikulum 2013 masih dalam tahap pematangan dan penggodokan. “Nanti setelah matang dan kita laporkan pada Wapres, maka pada tahap implementasi kami akan libatkan kalangan guru,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Chairil Anwar Notodiputro kepada wartawan di Bogor, Rabu (31/10) malam. Menurut Chairil, keterlibatan guru akan berbentuk workshop dan sejenisnya. Ia juga masih mempertimbangkan apakah akan melibatkan seluruh guru atau sebagian. “Nanti kita akan rumuskan jika telah mantap pembahasan yang masih berjalan sekarang ini,” kata Guru Besar IPB ini. Chairil mengatakan pihaknya akan melakukan lokakarya kurikulum pada pertengahan November nanti. “Kan rentang waktunya masih cukup panjang di antara November 2012 hingga Juni -Juli 2013 nanti. Nah di sela-sela itu kita maksimalkan upaya pemantapan kurikulum ini,” ujarnya. (Ant/OL-9)

***

29 ) Inggris-Indonesia Teken MoU Pertahanan, Pendidikan, dan Pariwisata
http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/11/02/163177/Inggris-Indonesia-Te\
ken-MoU-Pertahanan-Pendidikan-dan-Pariwisata/1

Jumat, 2 November 2012 13:38 WIB
Metrotvnews.com, London: Nota kesepahaman di bidang pertahanan, pendidikan, dan pariwisata ditandatangani di sela-sela pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron, Kamis (1/11) siang waktu London. Tepat sekira pukul 13.00 waktu London, PM David Cameron menyambut Presiden SBY di depan kantornya di Downing Street, London. Presiden yang didampingi sejumlah menteri langsung dibawa masuk ke ruangan. Dalam pertemuan bilateral sempat dibahas upaya peningkatan kerja sama investasi, perdagangan, energi, pertahanan serta pendidikan. Kedua negara sepakat meningkatkan volume perdagangan menjadi dua kali lipat pada 2015. Saat ini volume perdagangan Indonesia – Inggris mencapai sekira 3 miliar dolar Amerika.

…dst

30 ) Lulus Tes, Honorer K2 Tak Otomatis jadi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/11/01/145466/Lulus-Tes,-Honorer-K2-Tak-Otomatis-ja\
di-CPNS-

Kamis, 01 November 2012 , 18:01:00
JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menilai pemerintah daerah (Pemda) dan masyarakat banyak yang salah tafsir tentang pengangkatan tenaga honorer. Pemda dan masyarakat menganggap tenaga honorer yang dinyatakan memenuhi kriteria (MK) otomatis diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun ternyata, BKN memiliki kebijakan yang berbeda dengan anggapan publik. “Mereka yang dinyatakan memenuhi kriteria masih harus memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam PP Nomor 98 Tahun 2000 juncto PP Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pengadaan PNS,” ujar Kasubdit Pengendalian Kepegawaian (Dalpeg) I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paulus Dwi Laksono di Jakarta, Kamis (1/11). Dijelaskannya, dalam rangka tes bagi tenaga honorer kategori dua (K2) maka konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) akan membuat soal dan menilai hasil tesnya. Namun sebelum pelaksanaan tes, terlebih dulu dilakukan pemeriksaaan kelengkapan administrasi. “Untuk dapat diangkat menjadi CPNS para tenaga honorer harus lulus ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer K2,” ujarnya.

…dst

31 ) BKN: RUU Aparatur Sipil Negara Belum Disahkan
http://www.jpnn.com/read/2012/11/02/145559/BKN:-RUU-Aparatur-Sipil-Negara-Belum-\
Disahkan-

Jum’at, 02 November 2012 , 10:49:00
JAKARTA – Rancangan Undang-undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN) belum disahkan sampai saat ini. Demikian juga perpanjangan masa pensiun belum ditetapkan pemerintah dan DPR RI. Demikian ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno menanggapi isu yang beredar di masyarakat kalau RUU ASN sudah ditetapkan. “Saya menerima banyak laporan dan pertanyaan baik dari pemerintah maupun anggota DPRD. Intinya mereka menanyakan apakah benar RUU tersebut sudah disahkan, lantaran di daerah kenceng sekali informasinya kalau RUU ASN sudah ditetapkan,” terang Eko di Jakarta, Jumat (2/11). Dijelaskannya, sampai saat ini RUU ASN tersebut masih dalam tahap pembahasan. Ada hal-hal krusial yang mesti dicermati dan dibahas antara pemerintah dan Komisi II DPR RI sehingga belum bisa disahkan. “Kalaupun nanti disahkan perlu peraturan turunan seperti Peraturan Pemerintah (PP) yang harus dibuat, sehingga perlu dipikirkan dari sekarang,” ujarnya.

…dst

32 ) Menkeu Diminta Percepat Remunerasi 19 Kementerian
http://www.jpnn.com/read/2012/11/02/145579/Menkeu-Diminta-Percepat-Remunerasi-19\
-Kementerian-

Jum’at, 02 November 2012 , 14:18:00
JAKARTA – Masih tertundanya pemberian remunerasi 19 kementerian/lembaga (K/L) menggelitik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Azwar Abubakar. Politisi PAN ini meminta Menteri Keuangan Agus Martowardojo mempercepat pemberian tunjangan kinerja kepada 19 K/L yang sudah lolos penilaian dan verifikasi reformasi birokrasi. “Mereka sudah lama diverifikasi reformasi birokrasi dan telah dinyatakan lolos. Sebagai penghargaan, mereka berhak mendapatkan remunerasi,” kata Azwar dalam keterangan persnya, Jumat (2/11). Remunerasi itu, lanjutnya, selain untuk memotivasi dan menyemangati pegawai di instansi dimaksud, hal itu perlu dilakukan agar para pegawai bisa mendapatkan rejeki yang halal dan toyibah. “Yang sudah lolos kita percepat saja pemberian tunjangan kinerjanya. Namun di instansi itu juga kita potong honor-honor lain yang tidak jelas. Kita geser rejeki yang abu-abu menjadi halal dan toyibah,” ujarnya. Dalam RAPBN 2013, pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk tunjangan kinerja bagi 40 K/L. Tahun 2012 ada 25 K/L yang sudah diverifikasi oleh Unit Pelaksana Reformasi Birokrasi (UPRBN). Namun hanya 19 yang lolos dan diserahkan kepada Menkeu untuk mendapatkan tunjangan kinerja. Ke-19 K/L dimaksud dibagi ke dalam tiga kategori. Ada yang lulus dengan kategori 40 persen, 50 persen dan 60 persen. Tunjangan kinerja yang akan diberikan pada tahap awal sekitar 40 persen dari besaran tunjangan kinerja yang telah ditetapkan. Selanjutnya, untuk peningkatan akan dilakukan dengan perhitungan sesuai dengan kinerja induvidu. Dalam hal ini, penerapan balance score card yang telah diterapkan di Kementerian Keuangan diharapkan bisa menjadi acuan.(esy/jpnn)

***