1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Mahasiswi UGM Tewas Jatuh dari Lantai Dua
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/11/16/114138/Mahasiswi-UGM-Tewas-Jatuh-dari-Lantai-Dua/6

Jumat, 16 November 2012 18:12 WIB
Metrotvnews.com, Sleman: Amelinda Putri Arsita (20), mahasiswi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tewas seketika jatuh dari lantai dua di tempat indekosnya di Dusun Kutuasem, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (16/11).”Dugaan sementara korban terjatuh dari lantai dua saat sedang menjemur pakaian,” kata Kapolsek Mlati Kompol Sudaryono. Menurut dia, polisi saat ini masih meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab jatuhnya korban. “Kami masih meminta keterangan sejumlah saksi, di antaranya teman-teman kos korban,” katanya.Ia mengatakan, saat ditemukan korban sudah dalam keadaan tidak bernyawa dengan luka parah pada bagian kepala. “Kemungkinan besar korban jatuh dengan posisi kepala lebih dahulu dan langsung membentur lantai di halaman kos. Ketinggian lantai dua sekitar 10 meter,” katanya.Sedangkan saksi Suprihatin, teman kos korban, dirinya tidak mengetahui jelas kronologi kejadian tersebut. “Saat itu saya sedang berada di kamar kos, yang juga di lantai dua. Saya tiba-tiba mendengar suara sesuatu yang jatuh ke bawah. Setelah saya lihat ternyata korban sudah tergeletak di samping rumah kos dalam kondisi kepala mengeluarkan darah,” ungkapnya.

…dst

2 ) Lewat SMS dan Telefon
Mengaku Rektor Unpad Lakukan Penipuan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/211478

Jumat, 16/11/2012 – 16:37
BANDUNG, (PRLM).- SMS dan telefon penipuan yang mengatasnamakan Rektor Unpad. Prof. Ganjar Kurnia kembali terjadi. Mahasiswi Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang menjadi korban penipuan mengaku mendapat SMS dan telefon yang mengatasnamakan Prof. Ganjar untuk mengikuti seminar yang akan dilaksanakan di Bali. Pelaku pun meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening dengan iming-iming akan mengirim balik uang yang ditransfer ditambah dengan uang Rp 5 juta untuk akomodasi di Bali. Maka dia pun mengirimkan sejumlah uang yang diminta pelaku. Walaupun pada awalnya sempat merasa curiga terlebih pelaku sempat membentak melalui telefon. Dilansir dari website unpad.ac.id, pelaku pun menghubungi kedua orangtua korban dengan mengatakan anak mereka menjadi mahasiswa berprestasi dan akan mengikuti seminar nasional di Bali. Pelaku juga meminta orangtua korban untuk mengirimkan uang. Namun, kedua orangtua mahasiswi itu sudah menyadari hal ini sebagai tindak penipuan maka mereka pun urung mentransfer uang. (A-208/A-88)***

…dst

3 ) Mahasiswa Unpad Diharapkan Waspadai Penipuan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/211484

Jumat, 16/11/2012 – 17:35
BANDUNG, (PRLM).- Terkait penipuan melalui sms dan telefon yang mengatasnamakan Rektor Universitas Padjadjaran, Humas Unpad Weny Widyowati mengemukakan kejadian ini bukan kali pertama. Pihaknya pun tidak tahu persis ada berapa mahasiswa yang menjadi korban penipuan. Sampai saat ini baru ada satu orang yang melaporkan kejadian ini langsung ke Humas. “Sebenarnya, kejadiannya minggu yang lalu ada pada 8 november 2012. Korban saat itu melapor langsung ke pihak Bank BNI cabang Unpad Jatinangor, kemudian ke Polsek Jatinangor juga di hari yang sama. Kemudian, esok harinya, melalui pihak bank BNI melaporkan lagi ada 2 orang yang sudah transfer. Keterangan ini berdasarkan pengakuan dua mahasiswa yang datang ke bank, dan mereka tidak lapor langsung ke Humas, jadi saya tidak tau apakah mereka lapor polisi atau tidak,” kata Weny dihubungi ‘PRLM” di Bandung, Jumat (16/11/12). Weny juga menuturkan, korban bisa tertipu melalui ATM hingga lebih dari Rp 7 – 10 juta. Pada minggu ini, sms semacam itu tersebar lagi, kemungkinan karena mereka merasa masih saja ada orang yang bisa tertipu. Pelakunya selalu terus berusaha. “Saya berharap, peringatan kami minggu lalu dibaca dan jadi waspada.

…dst

4 ) B.J Habibie Pukau Peserta The Japan-Indonesia Rector’s Conference
http://www.dikti.go.id/?p=7004&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 16 November 2012
Nagoya, 16 November 2012- Hadir sebagai salah satu Keynote Speaker dalam The Japan-Indonesia Rector’s Conference , Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie mampu menghipnotis para peserta konferensi dengan presentasinya yang memukau. The Japan-Indonesia Rector’s Conference merupakan pertemuan antar pimpinan perguruan tinggi Indonesia dan Jepang yang berlangsung dari tanggal 15-16 November 2012 di Nagoya University, Nagoya Jepang. Pertemuan ini juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Wakil Perdana Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang Hirofumi Ryu , Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Muhammad Lutfi dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso.

…dst

5 ) Mendikbud Hadiri The Japan-Indonesia Rector’s Conference
http://www.dikti.go.id/?p=6997&lang=id

Oleh Firman Hidayat – 16 November 2012
Nagoya, 16 November 2012- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso menghadiri The Japan-Indonesia Rector’s Conference bertempat di Nagoya University, Nagoya Jepang. Pertemuan yang berlangsung dari tanggal 15-16 November 2012 ini menghadirkan Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan Wakil Presiden Toyota Motor Corporation Nobuyori Kodaira sebagai Keynote Speaker. Bapak B.J Habibie berbicara tentang Bilateral Cooperation for Sustainable Development and Growth, sedangkan Mr. Nobuyori Kodaira berbagi rahasia Toyota Motor Corporation dengan tema Environmental Changes and Global Society Sorrounding the Automobile Industry. Turut Hadir dalam pertemuan ini Wakil Perdana Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang Hirofumi Ryu dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Muhammad Lutfi.

…dst

6 ) Paduan Suara Undip Bawa Pulang Medali
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/16/19060183/Paduan.Suara.Undip.Bawa.Pulang.Medali

Jumat, 16 November 2012 | 19:06 WIB
KOMPAS.com – Dua tim paduan suara mahasiswa (PSM) Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jawa Tengah, meraih medali platinum dan emas dalam lomba paduan suara internasional di Guangzhou, China, 8-14 November. Tim pertama, yakni Diponegoro University Choir, meraih dua medali emas dan satu medali platinum dalam 2012 Xinghai Prize International Choir Competition. Medali platinum diperoleh Diponegoro University Choir Undip untuk kategori folklore, dan medali emas untuk kategori mixed choirs dan kategori pop, jazz, dan gospel. Tim kedua, PSM Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Undip, juga meraih medali emas untuk kategori youth choirs of equal voices dan medali silver untuk kategori female. Para mahasiswa yang berprestasi di bidang seni tersebut disambut Rektor Undip Semarang Sudharto P Hadi, Kamis (15/11) petang, di Kota Semarang. (son)

***

7 ) Indonesia Negara Penerima Beasiswa Tertinggi Tingkat Asean
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/11/08/86307/indonesia_negara_penerima_beasiswa_tertinggi_tingkat_asean/#.UKZZo2fdZ6E

Kamis, 08 Nov 2012 01:51 WIB
Medan, (Analisa). Head of Operation Section Uni Eropa, Andreas Roettger mengatakan bahwa negara Indonesia penerima beasiswa Erasmus Mundus tertinggi ditingkat Asean. Mahasiswa dan pelajar dari Indonesia mampu menyumbang 21 persen jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa ke universitas-universitas yang berada di kawasan Eropa.
“Peringkat pertama penerima beasiswa tertinggi di tingkat Asean adalah Indonesia, disusul negara selanjutnya Vietnam dan Philipina,” ucap Andreas dalam wawancara khususnya dengan Analisa seusai pembukaan pameran pendidikan tinggi Eropa yang di gelar di Medan, Selasa (6/11). Beasiswa Erasmus Mundus ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa untuk menuntut ilmu di tiga negara dan tiga universitas. “Jika mahasiswa sudah mendapatkan beasiswa ini, maka dia mempunyai pilihan untuk menimbah ilmu di tiga universitas pilihannya selama proses studinya berlangsung,” katanya. Ia memberikan contoh misalnya mahasiswa yang mendapat beasiswa Strata-2, selama dua tahun proses kuliah, dia bisa menimba ilmu di tiga universitas dan tiga negara. Andreas juga mengatakan dari jumlah tersebut membuktikan bahwa animo pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk menuntut ilmu di Eropa sangat tinggi. Hingga sejauh ini, sudah ada 6000 mahasiswa yang berkuliah di universitas yang ada di Eropa.

…dst

8 ) Beasiswa Pemerintah Tidak Pernah Terserap 100%
http://www.seputar-indonesia.com/news/beasiswa-pemerintah-tidak-pernah-terserap-100

Jumat 16 November 2012
BANDUNG – Program beasiswa yang disediakan pemerintah tidak pernah terserah 100%. Kasubag Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Shasha Suandana mengatakan,salah satu penyebabnya karena ketidakmampuan mahasiswa memenuhi kualifikasi yang ditetapkan. “Dari total beasiswa berbagai program yang disediakan kurang lebih 2.000 orang,pada setiap program tidak seluruhnya atau 100% terserap, karena kemampuan akademik dan bahasa masih kurang,” ujarnya, kemarin. Dengan ketidakmampuan tersebut, akhirnya mahasiswa gagal mendapatkan beasiswa. Jika memiliki kompetensi yang mumpuni, mahasiswa dapat meraih beasiswa dengan mudah. Dia mencontohkan persyaratan seleksi beasiswa untuk S1 antara lain harus memiliki IPK 3, skor TOEFL 450, dan prestasi lainnya. Sedangkan syarat beasiswa untuk S2 dan S3 lebih tinggi yaitu mempunyai IPK 3,25 dan skor TOEFL 500. “Yang bisa mencapai persyaratan itu tidak banyak. Inilah yang menyebabkan beasiswa tidak terserap semua. Saya menganjurkan penguasaan bahasa dan akademik perlu ditingkatkan,” kata Shasha. Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Didi Turmudzi menambahkan kemampuan mahasiswa Indonesia tidak kalah bersaing dengan mahasiswa asing.

…dst

9 ) UAD Targetkan Lonjakan Prestasi Internasional
http://www.seputar-indonesia.com/news/uad-targetkan-lonjakan-prestasi-internasional

Jumat 16 November 2012
YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menargetkan peningkatan prestasi internasional di segala bidang. Selain masih kurang, prestasi internasional dianggap mampu mendongkrak nama UAD di kalangan perguruan tinggi mancanegara. Hal ini disampaikan Rektor UAD Kasiyarno dalam sambutannya saat melantik empat wakil rektor UAD periode 2012–2016 di Kampus 1 UAD kemarin. Target pencapaian yang ditetapkan tersebut hanya bisa diwujudkan dengan kerja sama dan dukungan semua sivitas akademika UAD. “Tugas ke depan kita masih banyak.Prestasi internasional memang sudah mulai ditargetkan dari awal 2012 tapi perlu ditingkatkan. Bukan hanya itu, akademik, sumber daya manusia, serta sarana prasarana kampus juga ditingkatkan,” kata Kasiyarno. Ke depan,kata dia,UAD tak hanya menambah fasilitas kampusbagiparamahasiswa yangsemakinmembeludak.” Kamijuga berencana mengembangkan beberapa unit baru yang mampu mendatangkan pendapatan lebih bagi UAD.Tentunya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan mahasiswa,” katanya. Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Pembina Harian UAD Yunahar Ilyas mengatakan, UAD membutuhkan masukan dan kritikan dari semua pihak agar mampu bekerja lebih baik lagi. Selain itu, pihaknya terbuka bagi siapa saja yang ingin konsultasi gratis. ●ratih keswara

***

10 ) Jadwal Pemilihan Rektor IPB Mundur
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/16/363299/293/14/Jadwal-Pemilihan-Rektor-IPB-Mundur

Jumat, 16 November 2012 13:01 WIB
BOGOR–MICOM: Jadwal pemilihan Rektor Institut Pertanian Bogor masa bakti 2012-2017 terpaksa diundur atau ditunda dari jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia pemilihan. “Jadwal awal pemilihan akhir akan dilaksanakan pada 19 November 2012, namun karena Menteri Pendidikan dan Kebudayan berhalangan hadir karena ada tugas negara, jadi pelaksanaan pemilihan oleh Majelis Wali Amanat diundur antara 28-29 November,” kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB Prof M.A. Chozin, di Bogor, Jumat (16/11). Chozin menjelaskan, diundurnya jadwal pemilihan rektor IPB karena Menteri Muhammad Nuh berhalangan hadir pada jadwal pemilihan yang ditetapkan tanggal 19 November. Menteri berhalangan hadir karena mendapat tugas dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mendampingi kunjungan Ratu Thailand yang sedang berkunjung ke Indonesia. “Menteri berkeinginan untuk hadir langsung sidang pleno penetapan Rektor IPB. Karena jadwalnya bentrok dengan agenda nasional, jadi kita (MWA) mengundur jadwal pemilihan setelah jadwal kunjungan menteri selesai,” katanya.

…dst

11 ) Jumlah Guru Besar Uncen Masih Kurang
http://www.jpnn.com/read/2012/11/16/147123/Jumlah-Guru-Besar-Uncen-Masih-Kurang-

Jum’at, 16 November 2012 , 15:50:00
JAYAPURA – Jumlah guru besar di Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura saat ini masih jauh dari target. Dari 604 orang staf pengajar, hanya 11 orang yang menyandang guru besar. Rektor Uncen Jayapura, Festus Simbiak mengatakan jumlah tersebut sudah termasuk dengan Prof. Dr. Johana Jembise, MA dan Prof. Dr. Onnie Metang Limintang, M.Si., yang dikukuhkan menjadi guru besar Uncen Jayapura di Auditorium Uncen Abepura, Rabu (14/11). Makanya, kata dia Uncen menargetkan 20 persen guru besar harus terpenuhi hingga tahun 2020 dari total tenaga dosen. Peluang mencapai target tersebut sangat terbuka. Festus mengatakan saat ini sebanyak 64 orang tenaga dosen yang sudah bergelar doktor dan sekitar 80 orang sedang melanjutkan program S3 di beberapa universitas di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan terus mendukung dan memfasilitasi pengusulan calon guru besar. Dikatakan, dukungan yang diberikan yaitu dari sisi pembiayaan penelitian dan publikasi hasil penelitian. Hal ini menurutnya dilakukan karena khususnya dosen dalam hal kenaikan jabatan fungsional syarat yang paling susah dipenuhi adalah publikasi dalam jurnal terakreditasi nasional dan jurnal ilmiah internasional.

…dst

12 ) Tersangka Ijazah Palsu Pasti Bertambah-Polisi Selidiki Keterlibatan Pejabat Pemerintahan
http://www.seputar-indonesia.com/news/tersangka-ijazah-palsu-pasti-bertambah-polisi-selidiki-keterlibatan-pejabat-pemerintahan

Jumat 16 November 2012
PALEMBANG– Kasat Reskrim Polresta Palembang Komisaris Polisi (Kompol) Djoko Julianto memastikan pengguna ijazah palsu yang berhasil dibongkar pihaknya akan terus bertambah. “Untuk pemakai, pastinya akan terus bertambah lebih banyak lagi. Karena, selama satu tahun beroperasi tidak mungkin hanya 25 orang yang sudah dibikinkan ijazah. Kita juga tidak bisa mencurigai PNS saja.Tidak menutup kemungkinan pemakai ijazah tersebut berada di perusahan besar dan pejabat pemerintahan,” katanya kepada SINDOkemarin. Pihaknya, kata Djoko, sejauh ini masih terus melakukan pengembangan kasus,dan tidak mau gegabah untuk mendapatkan tangkapan yang lebih besar lagi. Terlebih, sindikat pembuat ijazah asli tapi palsu (aspal) ini tidak hanya di Kota Palembang saja. “Mereka juga mencetak ijazah dari perguruan tinggi luar Palembang. Jadi, kami tidak ingin tangkapan lainnya lepas. Makanya kami tidak ingin terburu- buru melakukan penangkapan,” tegas Djoko. Djoko mengaku, sejauh ini untuk pengguna ijazah palsu sudah didata sebanyak 25 orang.Jumlah tersebut didapat dari hasil barang bukti ijazah palsu yang diamankan oleh pihak kepolisian, dan sudah dicetak pelaku. Pihaknya juga masih terus mencari siapasiapa saja pemesan yang dijadikan target sindikat ijazah palsu ini. Sementara itu, para pegawai negeri sipil (PNS) yang ingin menaikan jenjang karir disinyalir kuat menjadi pemesan terbanyak ijazah palsu, yang sindikatnya berhasil diungkap baru-baru ini di Kota Palembang.

…dst

13 ) Universitas Islam Madinah Sediakan 150 Beasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/15/1705581/Universitas.Islam.Madinah.Sediakan.150.Beasiswa

Kamis, 15 November 2012 | 17:05 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.com – Universitas Islam Al Madinah Al Munawwarah menyediakan 150 program beasiswa khusus untuk calon mahasiswa asal Indonesia yang ingin belajar di salah satu perguruan tinggi negeri di Arab Saudi itu. “Setiap tahun kami memberikan jatah rata-rata 150 beasiswa untuk calon mahasiswa asal Indonesia,” kata Juru Bicara Universitas Islam Al Madinah Al Munawwarah, Azmi Syukri Zarkasyi di Nusa Dua, Bali, Kamis (15/11/2012). Menurut dia, beasiswa tersebut diberikan oleh pemerintah Arab Saudi secara penuh kepada mahasiswa S-1 Universitas Islam Madinah asal Indonesia yang pengajuan aplikasi lamarannya dinyatakan diterima. Pengajuan aplikasi lamaran bisa dilakukan melalui alamat “website” (laman) www.iu.edu.sa mulai saat ini untuk tahun akademik 2013 yang perkuliahannya dimulai pada bulan September. Selain beasiswa, semua akomodasi mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di Universitas Islam Madinah tersebut ditanggung oleh pemerintah Arab Saudi, termasuk uang makan dan tempat tinggal.

…dst

14 ) Studi di Jerman Tanpa Beasiswa, Siapa Takut?
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/16/11545635/Studi.di.Jerman.Tanpa.Beasiswa.Siapa.Takut

Jumat, 16 November 2012 | 11:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Melanjutkan studi di luar negeri tentu membutuhkan persiapan yang matang baik dari segi akademis maupun dari segi finansial. Meski pembiayaan pendidikan di luar negeri khususnya di negara Eropa terbilang murah, para calon pelajar atau mahasiswa tetap harus memperkirakan biaya selama di sana.Nah bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Jerman khususnya untuk jenjang master. Bisa disimak pengalaman dari Ajeng Riandini yang kini tengah merampungkan studi di Brandenburg University of Technology untuk jurusan World Heritage. Ajeng yang merupakan lulusan Sastra Perancis Universitas Indonesia ini mengungkapkan bahwa tidak ada masalah pembiayaan selama tinggal di Jerman. Biasanya dalam sebulan dirinya menghabiskan sekitar 500 euro hingga 600 euro untuk bertahan hidup di kota Cottburg yang berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari Berlin. “Itu untuk biaya hidup. Kalau untuk biaya kuliah juga terbilang murah. Kebetulan aku berangkat ke Jerman dengan biaya sendiri tanpa bantuan beasiswa,” ujar Ajeng pada Kompas.com, Kamis (15/11/2012). Ia menjelaskan bahwa dirinya tidak dikenai tuition fee saat masuk universitas. Hanya saja ada uang pendaftaran atau enrollment sebesar 250 euro yang harus dibayarkan tiap semester. Namun sesuai dengan peraturan pendidikan di Jerman, besaran pembayaran masing-masing universitas berbeda tergantung kebijakan negara bagian masing-masing.

…dst

15 ) Fasilitas Mahasiswa di Luar Negeri-Rumah Singgah Sumsel di Kairo Diresmikan
http://www.seputar-indonesia.com/news/fasilitas-mahasiswa-di-luar-negeri-rumah-singgah-sumsel-di-kairo-diresmikan

Jumat 16 November 2012
PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dijadwalkan akan meresmikan rumah singgah di Kota Kairo, Mesir pada 3 Desember mendatang. Rumah singgah tersebut nantinya dapat digunakan para mahasiswa dan mahasiswi asal Sumsel sebagai tempat tinggal selama kuliah di Mesir. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pembangunan rumah singgah yang diperuntukkan untuk mahasiswa Sumsel yang berada di Mesir sangat perlu dilakukan.” Rumah singgah ini akan banyak manfaatnya, dari segi akademis itu penunjang, karena ada bimbingan belajar, dialog, diskusi. Selain itu pula dapat mempererat tali silaturahmi,” ujar Alex usai meresmikan pembangunan gedung serba guna Ponpes Muqimus Sunah,kemarin. Rumah singgah yang berada di district 10-Nars City Kairo Blok 20 No 21 ini dilengkapi dengan tiga lantai, terdapat auditorium berkapasitas 350 orang, satu ruang tamu, ruang sekretariat, ruang olahraga, ruang tunggu, perpustakaan, gudang, enam unit kamar tidur lengkap dengan kamar mandi dan lainnya. Satu flat rumah luasnya 220 meter persegi. Orang nomor satu di Sumsel ini menuturkan, seluruh fasilitas yang ada di rumah singgah tersebut,bukan hanya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang telah lama berada di Mesir,melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa baru dan masyarakat asal Provinsi Sumsel. “Bagi mereka yang baru datang dan belum mendapatkan pondokan mereka bisa singgah sementara disana.

…dst

16 ) Prancis Buka “Warung” di Unair
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/16/373/719284/prancis-buka-warung-di-unair

Jum’at, 16 November 2012 17:09 wib
JAKARTA – Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya kini tidak perlu repot lagi mencari informasi tentang Prancis. Sebab Institut Francais Indonesia (IFI) atau Pusat Kebudayaan Perancis Surabaya yang sebelumnya dikenal dengan CCCL meresmikan “Warung Prancis” di Perpustakaan Kampus C Unair. Di sudut baca tersebut, ada beragam informasi yang bisa diakses gratis oleh mahasiswa Unair termasuk informasi beragam studi di Perancis. Awalnya, ide membuka Warung Perancis (WP) muncul di awal tahun 2012 sebagai cabang mini dari IFI yang ada di universitas. Direktur IFI Surabaya Mathieu Dumesnil menyebut, keberadaan WP memang dimaksudkan untuk menyuguhkan berbagai macam informasi tentang Prancis. “Sebelumnya kami melakukan survei di beberapa perguruan tinggi besar di Jawa Timur. Setelah itu dipilihlah Unair sebagai mitra kerja sama kami yang pertama. Rencananya kami akan buka lagi di perguruan tinggi di kota-kota besar,” ungkap Dumesnil, seperti dilansir dari situs Unair, Jumat (16/11/2012). Dia berharap, setelah ada WP di kampus, mahasiswa nanti semakin mudah dalam menjangkau informasi tentang Prancis. Sehingga akan semakin banyak mobilitas pelajar indonesia yang studi di Prancis.

…dst

17 ) Penelitian Skala Besar Masih Terkendala
http://cetak.kompas.com/read/2012/11/16/02303969/penelitian.skala.besar.masih.terkendala.

Jumat, 16 November 2012
Bogor, Kompas – Hasil riset peneliti belum dimanfaatkan industri untuk meningkatkan kualitas, nilai tambah produk, dan menciptakan varian baru. Selama ini, mayoritas hasil riset berakhir pada skala laboratorium. “Kalau diterapkan dalam skala besar, belum tentu berhasil,” kata Witjaksono, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Selasa (13/11), di Bogor, seusai membuka Konferensi Internasional Bioteknologi 2012. Pertemuan produsen dan peneliti seperti itu diharap mampu menjembatani kebutuhan produk dan kapasitas penelitian. Menurut Witjaksono, penerapan hasil riset skala kecil ke skala lebih luas butuh tahapan. Pada skala kecil, suhu dan faktor pengaruh lain dapat dikontrol. Namun, beberapa hasil penelitian bisa langsung diaplikasikan, seperti bidang pertanian dan peternakan. Misalnya, padi gogo untuk lahan kering. Sementara itu, penelitian kesehatan dan lingkungan belum banyak diaplikasikan. Contohnya, temuan riset pembuatan sel darah merah sintetis. Penelitian ini telah dibahas dalam konsorsium riset dan teknologi. Akan tetapi, aplikasi secara industri masih terkendala ekonomi.

…dst

18 ) Indonesia Tempat Pendidikan Bedah Mulut Terbaik di Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/16/363346/293/14/Indonesia-Tempat-Pendidikan-Bedah-Mulut-Terbaik-di-Dunia-

Jumat, 16 November 2012 17:44 WIB
KUTA–MICOM: Asosiasi Internasional Ahli Bedah Mulut dan Maksillofasial atau IAOMS memilih Indonesia sebagai salah satu dari tiga negara tempat pendidikan dan pelatihan bedah mulut terbaik di dunia. Dua negara lainnya adalah Amerika dan Afrika Selatan. Indonesia dipilih sebagai salah satu negara terbaik karena menjadi sorotan dunia atas keberhasilan melakukan bedah celah bibir dan langit-langit dengan jumlah kasus terbanyak di dunia. Direktur Medis Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bedah Celah Bibir dan Langit-Langit Internasional dr Astri Arumsari di Kuta, Bali, menjelaskan Indonesia terpilih sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bedah celah bibir dan langit sejak 2011. Ia menuturkan, ada tiga tahap pendidikan dan pelatihan yang dilakukan. Pertama, pelatihan manajemen untuk penanganan bedah celah bibir (sumbing) dan langit-langit. Seluruh hal yang berhubungan dengan bedah mulut dan langit-langit saat pelatihan itu dipelajari. Kedua, teknis melakukan bedah celah bibir dan langit-langit. Ketiga, bedah rekonstruksi, yaitu bedah ulang atau bedah lanjutan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti medis, pertumbuhan, dan perbaikan. “Dunia mengakui keahlian Indonesia dalam hal ini. Makanya banyak peserta yang berasal dari berbagai negara berdatangan ke Indonesia menimba ilmu tersebut,” ujarnya.

…dst

19 ) Indonesia Kekurangan 715 Dokter Bedah Mulut
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/16/363341/293/14/Indonesia-Kekurangan-715-Dokter-Bedah-Mulut

Jumat, 16 November 2012 17:05 WIB
KUTA–MICOM: Indonesia kekurangan sekitar 715 dokter ahli bedah mulut. Dari kebutuhan ideal 1.000 dokter, saat ini Indonesia hanya memiliki 285 tenaga itu. “Jumlah ini masih sangat jauh dari kebutuhan ideal di Indonesia sebanyak 1.000 orang dokter ahli bedah mulut. Makanya Indonesia masih kekurangan sekitar 715 orang dokter,” kata Wakil Menteri Kesehatan Prof dr Ali Ghufron Mukti di Bali, Jumat (16/11). Untuk memenuhi kekurangan tersebut, ujarnya, pemerintah akan memberikan beasiswa kepada para dokter yang ingin mendalami ilmu bedah mulut. Ia mengakui untuk memenuhi kuota tersebut butuh waktu lama, yaitu lebih dari lima tahun karena untuk menyelesaikan pendidikan keahlian tersebut membutuhkan waktu lama. Selain beasiswa dari pemerintah pusat, setiap provinsi di Indonesia juga diwajibkan mengirimkan para dokternya untuk mengambil spesialisasi bedah mulut. Sementara itu, Presiden Asian Association of Oral and Maxullofacial Surgeons (AAOMS) Beny Latief menjelaskan para dokter yang mendapat beasiswa dan mereka yang dikirim belajar diwajibkan mengikuti program pemerintah, yaitu bertugas di daerah terpencil. “Bila ada dokter yang tidak mau pulang, ia akan dikenai biayai atau denda dengan angka yang besar atau lebih dari satu miliar,” ujarnya. (OL/OL-01)

***

20 ) Konferensi Pendidikan
Mahasiswa Indonesia Suarakan Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/15/18495458/Mahasiswa.Indonesia.Suarakan.Pendidikan

Kamis, 15 November 2012 | 18:49 WIB
DOHA, KOMPAS.com – Mahasiswa Indonesia bersama puluhan pemuda lainnya dari berbagai negara terlibat aktif dalam pelaksanaan World Innovation Summit for Education (WISE) ke-4 di Doha, Qatar, yang berlangsung selama tiga hari hingga Kamis (15/11/2012). Selama empat tahun penyelenggaraan WISE yang digagas Qatar Foundation, dua mahasiswa Indonesia turut berpartisipasi. Pada tahun 2012 ini, Audry Maulana, mahasiswa Universitas Indonesia, terpilh menjadi satu dari 30 pemuda dari 25 negara untuk terlibat dalam WISE Learner’s Voice. Para pemuda dunia ini disiapkan untuk bisa menyampaikan aspirasi, membangun jaringan dan kerja sama, dan terlibat dalam penelitian global terkait isu-isu pendidikan. “Tentunya senang bisa bergabung dengan pemuda lain dari berbagai negara untuk saling berbagi dan belajar. Peluang ini sebenarnya terbuka bagi pemuda manapun karena pemilihannya bersifat terbuka,” kata Audry. Pada tahun sebelumnya, Niwa Rahmad Dwitama, mahasiswa Universitas Indonesia, terpilih mewakili Indonesia. Keterlibatan Niwa yang saat ini sedang menjalani pertukaran mahasiswa di Jepang karena direkomendasikan Microsoft.

…dst

21 ) Reuni Akbar Universitas Sultan Agung-Alumni Diminta Memajukan Kampus
http://www.seputar-indonesia.com/news/reuni-akbar-universitas-sultan-agung-alumni-diminta-memajukan-kampus

Jumat 16 November 2012
SEMARANG – Reuni akbar Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang yang berlabel Home Coming Day 2012 kemarin sukses digelar.Tidak hanya dari Jawa,alumni dari luar Pulau Jawa juga menyempatkan diri hadir. Tokoh-tokoh ternama jebolan Unissula juga hadir,misalnya, Jaksa Agung Muda Pengawasan Marwan Effendi, Bupati Kendal Widya Kandi,dan Bupati Kota Waringin Barat Ujang Iskandar. Reuni akbar yang digelar pada usia Unissula yang ke-50 tahun ini dirayakan semarak. Marwan Effendy yang juga Ketua Dewan Penasihat Ikatan Alumni (IKA) Unissula mengatakan banyak manfaat yang didapat dari pelaksanaan reuni. “Kita bisa bertemu temanteman lama. Forum ini tidak hanya penting tapi juga dibutuhkan. Diharapkan setiap tahun bisa dilaksanakan,” katanya di Kampus Unissula Semarang kemarin. Untuk pengembangan kampus, Marwan meminta Unissula terus melakukan terobosan agar tidak ketinggalan dengan universitas yang lain. “Terobosan yang dilakukan juga harus efektif dan sangat menunjang perkembangan kampus, sehingga Unissula berdaya saing tinggi,” ucapnya. Ketua IKA Unissula Jawade Hafidz menambahkan, satu tekat yang diusung Unissula ialah berkiprah tidak hanya di tingkat nasional,tapi lebih berbicara di kancah internasional. “Untuk mendukung itu, peran alumni sangat dibutuhkan. Utamanya alumni yang sudah sukses,” katanya lagi. Beberapa hal yang bisa dilakukan alumni untuk pengembangan kampus, misalnya pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan bantuan tempat magang mahasiswa.

…dst

22 ) Rektor UNS: Cegah Urbanisasi, RI Butuh Terobosan Ekonomi
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/16/417/719256/rektor-uns-cegah-urbanisasi-ri-butuh-terobosan-ekonomi

Jum’at, 16 November 2012 16:30 wib
SOLO – Latar belakang pendidikan formal Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memang Sosiologi Pendidikan. Tetapi kedalaman ilmu dan wawasannya yang luas juga membuatnya ahli dalam bidang pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Keahlian dalam bidang UKM ini didapat pria kelahiran 2 Juli 1957 itu dari berbagai pengalaman kerja. Ravik menyebut, pengalaman sebagai Deputi Team Leader Rural Bussines Service Project PLN Pusat, konsultan di Bank Indonesia (BI), Deputi Team Leader Social and Training Specialist Proyek Kredit Mikro di Asia Development Bank (ADB) menyumbang pemahaman Ravik dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Bapak tiga anak ini memaparkan, makin menyempitnya lahan pertanian kontradiktif dengan kondisi penduduk desa yang mayoritas menjadi buruh tani. Akhirnya, tidak sedikit penduduk desa yang melakukan urbanisasi ke kota. Padahal lapangan kerja di perkotaan terbatas.

…dst

23 ) ITS Gelar Pelatihan Pengolahan Sistem Repositori
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/16/373/719092/its-gelar-pelatihan-pengolahan-sistem-repositori

Jum’at, 16 November 2012 12:42 wib
JAKARTA – Saat ini, untuk mempermudah transfer ilmu di kalangan akademisi di berbagai belahan dunia, hasil-hasil penelitian dan karya ilmiah akademisi disimpan dalam bentuk digital. Namun pada kenyataannya, masih banyak perguruan tinggi dalam negeri yang belum memahami pengelolaan perpustakaan dalam bentuk digital. Sebagai salah satu kampus yang berhasil masuk 14 besar perguruan tinggi dengan sistem repositori terbaik di dunia dalam Webometrics for Institutional Repository pada Juli lalu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berbagi ilmu dengan perguruan tinggi lain di Tanah Air. Maka, kampus yang berhasil menempati peringkat pertama di Indonesia selama empat periode berturut-turut sejak Juli 2011 itu pun berbagi ilmu melalui workshop pengembangan sistem repositori berkelas internasional.

…dst

24 ) Bersama Malaysia, Universitas Esa Unggul Bahas Buruh Migran
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/16/10091166/Bersama.Malaysia.Universitas.Esa.Unggul.Bahas.Buruh.Migran

Jumat, 16 November 2012 | 10:09 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai bentuk kerja sama internasional di bidang pendidikan, Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul bersama dengan Universiti Kebangsaan Malaysian menyelenggarakan seminar internasional terkait buruh migran yang berada di negeri orang. Dekan Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul, Wasis Susetio, mengatakan bahwa seminar internasional yang dilakukan bersama dengan Malaysia ini merupakan bentuk kunjungan balasan dari kedatangan rombongan mahasiswa Universitas Esa Unggul ke Malaysia. “Ini merupakan kelanjutan dari kerja sama internasional yang telah lama dijalin. Pemilihan tema buruh migran ini juga dinilai sesuai dengan kondisi saat ini,” kata Wasis saat membuka Seminar Internasional tentang Masalah Migrant Worker Dalam Perspektif Pembangunan Wilayah Regional ASEAN Beserta Implementasinya di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Kamis (15/11/2012). Ia menambahkan bahwa permasalahan buruh migran ini tidak pernah berhentk dan seolah tidak memiliki solusi. Untuk itu, sebagai akademisi juga perlu membahas masalah ini agar diperoleh satu rumusan solusi dari sisi akademik supaya ada jalan keluar dari kasus buruh migran yang kerap menimpa Indonesia.

…dst

25 ) Unissula akan Menjadi Kampus Berdaya Saing Global
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/11/16/mdkmgs-unissula-akan-menjadi-kampus-berdaya-saing-global

Jumat, 16 November 2012, 15:05 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG—Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang diharapkan mampu menjadi kampus yang memiliki daya saing global. Oleh karena itu, Unissula harus mampu mengembangkan diri dalam menyiapkan sumber daya insani (SDI) yang memiliki kualitas dan kompetensi global. Hal itu dapat dilakukan dengan memperbanyak terobosan- terobosan, baik dalam bidang dan lingkup keilmuan serta implementasi teknologi yang menunjang peningkatan kualitas lulusan. “Dengan begitu, kualitas Unissula tidak akan ketinggalan dengan universitas lain,” ungkap Ketua Dewan Penasehat Ikatan Alumni (IKA) Unissula, Marwan Effendy pada Reuni Akbar Unissula, Kamis (15/11). Menurut Marwan, terobosan ini sudah menjadi sebuah tuntutan. Sebagai bagian dari lembaga pendidikan tinggi yang berperan dalam menyiapkan generasi bangsa ke depan, Unissula harus bisa menjadi universitas yang bermartabat dan berdaya saing. Karena dasar- dasar keilmuan dan spiritual yang telah dibangun selama ini. “Untuk mencapai tahapan tersebut, IKA Unissula memiliki komitmen bersama untuk mendukung pengembangan Unissula sebagai kampus yang lebih diperhitungkan,” jelasnya.

…dst

26 ) Kurikulum 2013: Mata Pelajaran Dikembangkan Berdasarkan Kompetensi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/829

11/16/2012
Jakarta — Perubahan kurikulum adalah pekerjaan besar. Berubahnya kurikulum akan merubah empat aspek yang terkait di dalamnya, yaitu standar isi, standar proses, standar kelulusan, dan standar penilaian. Setelah berubah pun, kurikulum bukanlah hanya sebagai pajangan, tap harus diterjemahkan lagi dalam buku pengantar pelajaran yang akan disampaikan ke siswa. Tentang standar lulusan, perubahan akan tergambar dari soft skill dan hard skill yang diterjemahkan sebagai kompetensi para lulusan. Kedua kompetensi tersebut harus dinaikkan dan diseimbangkan dengan melibatkan tiga domain, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Dari sisi isi, ada kedudukan mata pelajaran dan pendekatannya. Kalau sekarang kompetensi itu diturunkan dari mata pelajaran, ke depan akan berubah menjadi mata pelajaran yang dikembangkan dari kompetensi. “Jadi mata pelajaran itu kendaraan saja. Kalau mau nyebrang lautan ya pakai kapal. Naik gunung pakai sepeda gunung,” kata Mendikbud M. Nuh, Selasa (13/11) di ruang kerjanya. Untuk standar proses, semula proses terpaku pada eksplorasi, terfokus. Sedang di kurikulum yang baru siswa menjadi lebih aktif dalam observasi.

…dst

27 ) Di SD, Tak Ada lagi Pelajaran IPA-IPS
http://www.tempo.co/read/news/2012/11/15/079441870/Di-SD-Tak-Ada-lagi-Pelajaran-IPA-IPS

Kamis, 15 November 2012 | 04:46 WIB
TEMPO.CO , Jakarta – Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tak akan diajarkan lagi di tingkat Sekolah Dasar tahun depan. Keputusan ini berdasarkan pada pengembangan kurikulum baru yang bakal diterapkan mulai tahun ajaran 2013-2014. “Bukan berarti tidak ada pelajaran IPA dan IPS, tetapi metodenya sudah diubah menjadi metode tematik integratif,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa, 13 November 2012. Menurut Nuh, metode tematik integratif merupakan salah satu ciri kurikulum baru untuk SD. Melalui metode ini, IPA dan IPS dijadikan sebagai materi pembahasan pada semua mata pelajaran. “Prosesnya, tema-tema yang ada pada dua pelajaran itu diintegrasikan ke dalam sejumlah mata pelajaran,” ujarnya. Saat ini, terdapat 10 mata pelajaran untuk SD, yaitu pendidikan agama; pendidikan kewarganegaraan; bahasa Indonesia; matematika; IPA; IPS; seni budaya dan keterampilan; pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan; muatan lokal; serta pengembangan diri. Adapun tahun depan, hanya tersisa 6 mata pelajaran, yakni pendidikan agama; pendidikan pancasila dan kewarganegaraan; bahasa Indonesia; matematika; seni budaya dan prakarya; serta pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

…dst

28 ) Pemerintah Klaim Biaya Sekolah Lebih Irit
Kurikulum 2013 Juga Tidak Menerapkan Full Day
http://www.jpnn.com/read/2012/11/16/147064/Pemerintah-Klaim-Biaya-Sekolah-Lebih-Irit-

Jum’at, 16 November 2012 , 05:19:00
JAKARTA – Selama ini banyak keluhan wali murid terkait besarnya biaya pendidikan untuk urusan membeli buku pelajaran saja. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin jika dalam Kurikulum 2013 yang akan diterapkan tahun depan, pengeluaran biaya buku lebih irit. Sebagaimana diketahui pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berjalan saat ini, siswa diwajibkan memiliki banyak buku pelajaran. Mulai dari buku pengayaan hingga buku lembar kerja siswa (LKS). “Pada Kurikulum 2013 nanti tidak ada lagi LKS atau sejenisnya. Buku untuk guru dan siswa akan disuplai pemerintah seluruhnya,” tutur Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim kemarin (15/11). Mantan rektor Universitas Andalas (Unand) itu mengatakan, pada Kurikulum 2013 nanti siswa tidak akan mengerjakan soal pilihan ganda maupun esai di LKS seperti saat ini. Sebaliknya aktivitas siswa nantinya lebih banyak dikerjakan di luar kelas. Termasuk evaluasi setiap materi pelajaran yang sedang diajarkan.

…dst

29 ) Ahok: Biaya Sekolah Negeri di DKI Mahal
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/02/373/712578/ahok-biaya-sekolah-negeri-di-dki-mahal

Jum’at, 02 November 2012 09:48 wib
JAKARTA – Biaya untuk mengenyam pendidikan di SMA/SMK Negeri di DKI Jakarta ternyata lebih mahal ketimbang SMA/SMK Swasta. Hal tersebut dilontarkan dari Wakil Gubernur Basuki T Purnama atau yang kerap disapa Ahok. Menurut Ahok, sekolah di DKI Jakarta khususnya untuk tingkat SMA/SMK memang tidak ada yang gratis. “Sekolah memang tidak gratis, tapi yang tidak mampu kami kasih uang tabungan untuk sekolah,” ungkapnya ketika berbincang dengan wartawan di ruang kerjanya, Gedung Balai Kota, Jakarta, Kamis 1 November malam. Ahok menjelaskan, bantuannya berupa Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang diberikan tiap bulan langsung kepada siswa yang benar-benar tidak mampu. “Tiap bulan dikasih, tapi begitu tidak bayar iuran ke sekolah pasti sekolah akan laporkan, eh BOP sekolah tidak dibayarin nih. Jadi nanti sekolah terpaksa mengumpulkan BOP dari tiap murid. Kalau sekarang kan tidak. Berapa murid satu sekolah? Taruhlah 500 orang. Oke, ini Rp200 juta dikasih buat sebulan,” paparnya. Mantan Bupati Bangka Belitung Timur ini bersikeras mengusulkan pemberian BOP langsung ke siswa yang membutuhkan daripada diberikan ke sekolah. Tapi sekolah masih saja protes dan mengaku kurang, serta mengutip pungutan lain-lain. “Sekarang BOP diturunkan ke sekolah negeri tapi masih mau pungut biaya. Mendingan pakai pungutan saja. Kalau terlalu mahal, mending masuk sekolah swasta, contohnya Al Azhar,” sambungnya.

…dst

30 ) Profesor Stanford: Manusia Makin Bodoh
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/14/373/718252/profesor-stanford-manusia-makin-bodoh

Rabu, 14 November 2012 13:47 wib
JAKARTA – Pernah enggak kita merasa jika manusia di era modern ini justru makin bodoh? Apalagi jika kita melihat peradaban masa lalu yang begitu maju, padahal ketika itu teknologi belum berkembang pesat. Nampaknya, pemikiran kita itu ada benarnya. Hasil studi terbaru yang dilakukan Profesor Gerald Crabtree dari Stanford University menunjukkan, umat manusia masa kini lebih bodoh dan kurang memiliki kestabilan emosi dibandingkan para pendahulunya berabad-abad silam. Dalam jurnal ilmiah yang dipublikasikan Trends in Genetics, Crabtree menulis bahwa jika masyarakat Yunani yang hidup pada masa 1.000 SM hadir di tengah-tengah kita sekarang, maka dia akan menjadi orang paling pintar secara intelektual dari kita semua.”Saya juga menduga bahwa dia akan menjadi manusia yang paling stabil secara emosional di antara teman-teman dan kolega kita,” demikian Crabtree, seperti dilansir Huffington Post, Rabu (14/11/2012). Kok bisa? Crabtree berspekulasi bahwa di dunia yang serba nyaman ini, proses evolusi tidak berjalan intensif, dan mengarahkan pada pertumbuhan orang-orang yang makin bodoh.

…dst

31 ) Usul NIP CPNS Tenaga Honorer Dibuka Sampai Akhir 2012
http://www.setkab.go.id/berita-6346-usul-nip-cpns-tenaga-honorer-dibuka-sampai-akhir-2012.html

Rabu, 14 November 2012 – 09:19 WIB
Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menerima usulan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi CPNS Pusat dan Daerah, baik dari pelamar umum maupun dari tenaga Honorer K I (honorer yang penghasilannya dibayar melalui APBN/APBD) paling lambat 31 Desember 2012. “Usulan NIP CPNS itu sudah harus diterima secara lengkap di BKN/Kanreg BKN paling lambat 31 Desember 2012,” kata Kasubag Publikasi BKN Petrus Sujendro di Gedung I BKN Pusat, Jakarta, Selasa (13/11). Petrus mengingatkan, sesuai peraturan bersama 3 menteri tentang penundaan sementara penerimaan CPNS (moratorium) bagi daerah yang belum melakukan perhitungan kebutuhan pegawaian secara benar berdasarkan Permen PAN Nomor 26 tahun 2011 dan belanja pegawai melebihi 50 persen terhadap APBD, maka daerah tersebut dilarang melakukan penambahan pegawai. “Dalam masa moratorium tenaga honorer termasuk yang dikecualikan, sehingga dapat diangkat menjadi CPNS jika syarat syaratnya sudah lengkap dan benar sesuai PP Nomor 98 Tahun 2000 jo PP Nomor 11 Tahun 2002 tentang pengadaan CPNS,” jelas Petrus.

…dst

32 ) Menakertrans optimistis RI juara kompetisi keterampilan ASEAN
http://www.antaranews.com/berita/343878/menakertrans-optimistis-ri-juara-kompetisi-keterampilan-asean

Jumat, 16 November 2012 19:57 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar optimis kontingen Indonesia meraih juara umum pada Kompetisi Keterampilan Kerja tingkat ASEAN atau ASEAN Skills Competition (ASC) IX di Jakarta Hall Convention Center (JHCC), Senayan, Jakarta. “Saya datang setiap hari memberikan semangat agar kontingen Indonesia mendapatkan hasil yang maksimal,” kata Muhaimin dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat. Muhaimin mengatakan pemerintah optimis kontingan Indonesia menyabet juara umum, karena para perwakilannya telah mempersiapkan diri melalui pusat pelatihan di Jakarta dan Semarang, Jawa Tengah. Muhaimin mengingatkan peserta kompetisi dari Indonesia menjaga konsentrasi dalam mengerjakan setiap tantangan dalam pertandingan, agar mampu mempersembahkan prestasi terbaik. Muhaimin datang bersama mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan, Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri memberikan dukungan kepada peserta kompetisi dari Indonesia.

…dst