Berturut-turut dalam dua hari 3 nyawa muda melayang…Jumat yang lalu mahasiswi UGM Amelinda Putri Arsita (20) tewas terjatuh dari lantai dua di tempat indekosnya, kemarin Fahmi Ramadhan (21) mahasiswa Fakultas Teknik Industri UNDIP tewas setelah mengamuk usai menkonsumsi jamur kotoran sapi, kemudian malamnya mahasiswa UI Jeon Mo Song (warga Korea) tewas jatuh dari lantai 18… sedih untuk orang tua yang sudah melahirkan, merawat dan membesarkan mereka.

1 ) Mahasiswa UI Tewas Jatuh dari Lantai 18 Apartemen
Polisi masih melakukan penyidikan. Ada dugaan korban tewas bunuh diri.
http://metro.news.viva.co.id/news/read/368070-mahasiswa-ui-tewas-jatuh-dari-lantai-18-apartemen

Minggu, 18 November 2012, 06:58
VIVAnews – Jeon Mo Song, seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berkebangsaan Korea ditemukan tewas mengenaskan. Ia diduga jatuh dari lantai 18 Apartemen Margonda Residence, Jalan Margonda, Depok Jawa Barat, Sabtu malam, 17 November 2012. Berdasar keterangan sejumlah saksi, sempat terdengar suara ribut dari kamar korban sebelum peristiwa. Hanya dalam hitungan menit, lantas terdengar suara dentuman benda jatuh yang segera disusul teriakan histeris orang sekitar. Jasad korban kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramatjati. “Tadi kami pikir ada orang tenggelam di kolam renang. Enggak tahunya ada orang jatuh dari lantai 18,” ucap Ega, salah seorang penghuni apartemen. Polisi belum bisa memastikan motif di balik kematian ini. Mereka masih mendalami pemeriksaan sejumlah saksi dan hasil autopsi. “Saat ini masih kami dalami. Ada tiga orang saksi yang kami periksa. Belum tahu apa penyebabnya, apa bunuh diri atau bukan,” kata Kepala Kepolisian Sektor Kota Beji, Ajun Komisaris Agus Widodo. (adi)

***

2 ) Gerakan Indonesia Mengajar
Sejauh-Jauhnya, Mereka Ada di Tapal Batas Republik Ini…
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/18/09395253/Sejauh-Jauhnya.Mereka.Ada.di.Tapal.Batas.Republik.Ini.

Minggu, 18 November 2012 | 09:39 WIB JAKARTA, KOMPAS.com – Gerakan Indonesia Mengajar yang digagas Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, tak henti menghadirkan kisah-kisah inspiratif tentang pengalaman mengajar di pelosok Tanah Air. Para pengajar muda, umumnya bukanlah mereka yang memiliki latar belakang sebagai pengajar. Lalu, bagaimana mengajar anak-anak muda ini untuk bergabung? Itulah salah satu pertanyaan yang diajukan Tri Wahono, Redaktur Pelaksana Kompas.com, saat memandu talkshow “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”, dalam rangkaian Kompasianival 2012, di Skeeno Hal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (17/11/2012). “Sejauh-jauhnya tempat yang Anda datangi itu, masih tapal batas Republik ini. Jangan Anda bayangkan itu adalah dunia lain. Dan mereka masih saudara sebangsa kita sendiri. Kita masih punya janji untuk mencerdaskan mereka,” kata Anies. Motivasi sekaligus kritik tajam itulah yang membawa ratusan tenaga pengajar muda terjun ke daerah-daerah pelosok Indonesia, berbagi, dan memberikan sesuatu yang absen dari kehidupan masyarakat setempat, yakni pendidikan. Soal latar belakang diluar tenaga pengajar, Anies punya kuncinya. Sebelum terjun, mereka masuk training camp selama tujuh minggu.

…dst

3 ) Pendidikan di Indonesia Tidak Stagnan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/18/363668/293/14/Pendidikan-di-Indonesia-Tidak-Stagnan

Minggu, 18 November 2012 13:49 WIB
JAKARTA–MICOM: Sekjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim menolak bila mutu pengajaran di Indonesia mengalami stagnansi sejak 2007 seperti hasil penelitian Bank Dunia. Menurut Ainun, pihaknya sendiri sama sekali belum mendengar mengenai penelitian tersebut dan tidak yakin terhadap validasi hasilnya. Dalam penelitiannya Bank Dunia mencatat kualitas pendidikan di Indonesia mengalami stagnasi sejak 2007. “Sekarang kalau dikatakan stagnan indikatornya apa?” Ujar Ainun kepada Media Indonesia. Menurut Ainun, dalam menentukan hasil, terutama bicara mutu belajar mengajar dan kualitas pendidikan tentu saja banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Ainun menilai, selama ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya terkait peningkatan kapasitas tenaga pengajar. “Salah satunya ya dengan program sertifikasi sejak 2009 silam,” ujar Ainun.

…dst

4 ) DIAN PURNAMASARI, MAHASISWI UPI – Suarakan Masalah TKW di Konferensi PBB
http://www.seputar-indonesia.com/news/dian-purnamasari-mahasiswi-upi-suarakan-masalah-tkw-di-konferensi-pbb

Minggu 18 November 2012
Dian Purnamasari,mahasiswi program studi pendidikan IPS Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini tidak pernah menyangka jika hobi menulisnya membuatnya bisa berpartisipasi di ajang International Conference on Population and Development (ICPD) – GlobalYouth Forum yang akan berlangsung pada 4-6 Desember 2012 di Nusa Dua Bali Convention Centre. Global Youth Forum merupakan pertemuan remaja tingkat internasional yang membahas berbagai isu-isu terkini terkait generasi muda penerus bangsa. Forum tersebut diselenggarakan oleh Dana Kependudukan PBB atau United Nations Populations Fund (UNFPA). Kesempatan ini tidak disia-siakannya. Dian yang menjadi salah satu wakil Indonesia ini akan menyuarakan persoalan tenaga kerja wanita (TKW) di luar negeri. Sebelumnya,perempuan berusia 21 tahun ini mengikuti lomba menulis blog.Tema yang dipilihnya mengenai TKW di Cianjur Selatan berjudul Solidaritas Bagi Para Pahlawan Devisa.Dari 764 aplikasi yang masuk,tulisan Dian masuk Top 5 Winner of Blog and Action Project Competition dan menempati peringkat satu. “Saya juga tidak sengaja buat tulisan untuk ikut lomba. Saya memang sudah menulis tentang TKW sejak lama.Ketika ada lomba itu saya kirim tulisan TKW dan alhamdulillah menang,”katanya. Sejak SMA,Dian memang suka menulis.Bahkan untuk memperkuat tulisannya,warga Cianjur ini mengaku terjun langsung ke lokasi untuk mengetahui kondisi riil di lapangan. Dia mengamati dan mendatangi daerah yang banyak memasok TKW.Dian melihat banyak perempuan usia muda antara 17-20 tahun yang menjadi TKW dengan keterampilan yang sangat minim,tapi berani bekerja di luar negeri.

…dst

5 ) Kasus PNS Dipecat Melonjak
http://www.jpnn.com/read/2012/11/14/146867/Kasus-PNS-Dipecat-Melonjak-

Rabu, 14 November 2012 , 07:52:00
JAKARTA – Setiap tahun jumlah PNS yang dipecat atau diberhentikan dengan tidak hormat terus meningkat. Puncaknya pada dua tahun terakhir ada seratus PNS yang dipecat setiap tahunnya karena pelanggaran disiplin tingkat berat. Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat di kantornya Selasa, (13/11) mengatakan, sejak 2009 lalu hingga September 2012 mereka menerima laporan jika sudah ada 298 PNS yang dipecat. Rinciannya pada 2009 sebanyak 3 orang, 2010 (23 orang), 2011 (152 orang), dan 2012 hingga September (120 orang). “Rata-rata PNS yang dipecat ini adalah mereka yang duduk di bagian teknis dan struktural. Sedikit sekali yang fungsional seperti guru,” papar Tumpak. Menurutnya, pelanggaran yang paling sering dilakukan para PNS sehingga sampai dipecat itu adalah pelanggaran disiplin masuk kerja atau membolos. Tumpak mengatakan kasus pemecatan yang berawal dari kejahatan menonjol seperti korupsi masih jarang ditemukan. Minimnya PNS yang dipeca gara-gara korupsi ini bertolak belakang dengan banyaknya kasus korupsi yang melibatkan PNS. Diduga kuat fenomena ini muncul karena penentuan vonis berkekuatan hukum tetap (inkrah) bagi PNS korup sangat lama diputuskan. Sayangnya Tumpat tidak bisa merinci secara detail jenis-jenis pelanggaran para PNS tadi karena kode etik PNS. “Cukup jumlahnya saja ya,” ujarnya.

…dst

6 ) Indonesia Pengguna Internet Nomor Empat Terbesar di Asia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/17/363580/293/14/Indonesia-Pengguna-Internet-Nomor-Empat-Terbesar-di-Asia

Sabtu, 17 November 2012 23:26 WIB
MEDAN–MICOM: Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar di Asia. Itu dikatakan Sekretaris Dirjen KIP Kementerian Komunikasi dan Informasi Ismail Ciwadu di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (17/11). Dalam penggunaan internet di Asia itu, Indonesia menduduki peringkat keempat, nomor satu China, dua India, dan tiga Jepang. Di posisi lima ialah Korea Selatan disusul Vietnam, Filipina, Pakistan, Thailand, dan Malaysia. Ismail mengatakan, kemajuan yang dicapai Indonesia dalam penggunaan internet tersebut memang cukup membanggakan, baik untuk kepentingan informasi maupun pendidikan. Namun, di balik itu semua perlu juga disadari bahwa penggunaan internet tersebut jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak bermanfaat, misalnya membuka situs yang berbau pornografi. (Ant/OL-5)

***

7 ) Libatkan Guru Perempuan dan Murid Laki-laki
Skandal Seks Guncang Dunia Pendidikan Singapura
http://www.pikiran-rakyat.com/node/211654

Minggu, 18/11/2012 – 06:54
SINGAPURA, (PRLM).- Dunia pendidikan Singapura, yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia, diguncang skandal seks, penggelapan uang dan narkoba. Skandal seksual yang melibatkan guru perempuan berusia 32 tahun dan murid laki-laki berusia 15 tahun di Singapura baru-baru ini merupakan kasus terakhir dalam serangkaian skandal yang melibatkan para pendidik di negara pulau tersebut. Dalam setahun terakhir, dunia pendidikan Singapura diguncang kasus penggelapan uang universitas, tindakan cabul, penggunaan narkoba dan skandal seks dengan murid. Paling tidak sudah 10 kasus diproses pengadilan tahun ini. Di sebuah negara yang terkenal dengan keteraturan dan hukuman keras, bahkan untuk menyeberang tidak pada tempatnya dan meludah sembarangan, skandal-skandal tersebut menimbulkan pertanyaan apakah pemerintah – dalam usahanya untuk mengontrol perlawanan politik dan kejahatan – telah mengabaikan standar moral dan sosial yang menurun. Lebih mengejutkan lagi, kasus-kasus yang mengerikan tersebut tercatat dalam dunia pendidikan yang terpandang, di mana guru dan murid dikondisikan sejak kelas satu sekolah dasar untuk disiplin, takut pada peraturan dan berkomitmen pada prestasi akademik yang gemilang.

…dst

8 ) Waspadai Pesan Spam Atas Nama LinkedIn
http://tekno.liputan6.com/read/455507/waspadai-pesan-spam-atas-nama-linkedin

Posted: 18/11/2012 12:02
Liputan6.com, Jakarta: Sepintas, email ini seperti email resmi dari LinkedIn, situs jejaring bisnis profesional. Ada logo resminya, dengan subject: Please confirm your email address. Di email tersebut LinkedIn meminta penggunanya untuk mengkonfirmasi alamat email. Di dalamnya terdapat sebuah link yang akan mengarahkan user ke sebuah situs. Click here to confirm your email address, demikian bunyi pesan pertama email tersebut yang dikutip dari NakedSecurity, Sabtu (18/11/2012). Tetapi berhati-hatilah, email ini bukan berasal dari LinkedIn. Ini adalah email spam yang jika linknya diklik tidak akan menggiring user ke situs LinkedIn. Sebaliknya, user akan diarahkan ke sebuah website bernama “Toronto Drug Store”. Di bagian atas web tersebut tampak seorang dokter ditemani seorang perempuan cantik yang sekilas mirip dengan Anne Hathaway. Toko online ini menawarkan bantuan kepada mereka yang mengalami disfungsi ereksi. Bahkan menawarkan produk “Cialis + Viagra Powerpack” seharga $74,95 dalam rangka Thanksgiving Day.

…dst