1 ) Noken Diperjuangkan Menjadi Warisan Budaya Dunia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/832

11/19/2012
Bogor — Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti menyampaikan kabar baik bagi budaya Indonesia. Pada 2-3 Desember mendatang, pemerintah Indonesia akan berjuang dalam sidang UNESCO di Paris, Perancis, untuk menjadikan Noken sebagai warisan budaya dunia. “Setiap tahun, kita berusaha untuk menjadikan minimal satu budaya kita menjadi warisan budaya dunia. Tahun lalu kita punya Subak yang sudah jadi warisan dunia, tahun ini kita akan perjuangkan noken,” kata Wamendikbud Wiendu saat membuka pembekalan penyuluh budaya non PNS di Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/11). Noken adalah budaya asli Papua dalam bidang kerajinan tas yang merupakan hasil dari daya cipta, daya rasa dan daya karsa atas dasar kemahiran manusia. Mama-mama perajin dan kaum pria noken anggrek mengasah kemampuan dalam membuat noken dan kerajinan tangan lainnya bersama masyarakat adat Papua dari masa ke masa dari zaman leluhur. Di setiap wilayah Papua, nokennya pun memiliki ciri tersendiri.

…dst

2 ) Menjadi Penyuluh Budaya Tak Mengenal Usia
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/833

11/19/2012
Bogor — Menjadi penyuluh budaya bukanlah pekerjaan mudah. Untuk masuk ke sebuah lingkungan masyarakat, komunitas, dan kantong-kantong budaya terkecil, diperlukan komitmen yang kuat dan integritas dari pribadi masing-masing. Tidak peduli usia muda atau tua, semua bisa menjadi penyuluh budaya. Mickhael Yaung, pemuda asal Papua yang lolos seleksi penyuluh budaya non PNS berbagi cerita betapa kuatnya keinginan dia untuk mempertahankan budaya daerah asalnya. Menurutnya, saat ini budaya asli Papua telah terkikis oleh masuknya budaya Melayu ke dalamnya. Salah satu pemikiran Yaung untuk mempertahankan budaya daerahnya adalah melalui pendekatan berbasis sekolah. “Anak-anak muda di Papua sudah mulai meninggalkan bahasa daerah, sudah banyak menggunakan budaya melayu. Jadi perlu ada pendekatan dari sekolah,” kata Yaung usai pembukaan pembekalan penyuluh budaya non PNS di Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/11).

…dst

3 ) Indonesia Tuan Rumah Kongres Bahasa Perancis I di Asia Tenggara
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/14230998/Indonesia.Tuan.Rumah.Kongres.Bahasa.Perancis.I.di.Asia.Tenggara.

Senin, 19 November 2012 | 14:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kongres bahasa Perancis pertama di Asia Tenggara bakal digelar di Indonesia pada 22-23 November 2012 di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta. Pada kongres yang digagas Institut Francais Indonesia (IFI) ini hadir sekitar 200 peserta dari 10 negara ASEAN. Ananda Dinanti Mackulau, penanggung jawab media IFI, di Jakarta, Senin (19/11/2012), menjelaskan forum frankofoni ini akan diikuti lebih dari 200 peserta yang terdiri dari para pengajar bahasa Prancis dari universitas, SMA, Institut Français dan Alliances Française, para Presiden Asosiasi Pengajar Bahasa Prancis,serta para kepala jurusan bahasa Perancis dari sejumlah universitas.

…dst

4 ) Aptisi Kunjungi Perguruan Tinggi Ternama di Australia
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/11/18/363742/293/14/Aptisi-Kunjungi-Perguruan-Tinggi-Ternama-di-Australia

Minggu, 18 November 2012 14:20 WIB
JAKARTA–MICOM: Untuk meningkatkan kualitas manajemen, dosen, mahasiswa, dan staf perguruan tinggi swasta, Aptisi melawat ke sejumlah perguruan tinggi ternama di Australia. Sebagai salah satu program kerja sama internasional, Aptisi Pusat membawa delegasi Indonesia yang berjumlah besar, terdiri dari 54 pimpinan perguruan tinggi swasta Indonesia ke Universitas terkemuka Australia, yakni University of Technology Sydney (UTS) dan Deakin University, Melbourne pada 10-16 November 2012. Delegasi yang dipimpin Ketua Umum Aptisi Prof Edy Suandi Hamid (UII). Ikut juga dalam rombongan Wasekjen Gunawan Suryoputro (Uhamka), Ketua Bidang Kerja sama Luar Negeri George Iwan Marantika (Universitas Kristen Immanual Yogyakarta) dan Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Prof Dr MT Arief (STE Kusumanegara). Perjalanan tersebut untuk melakukan workshop dan penanda tanganan MoU dengan UTS dan Deakin. Workshop yang diadakan di Australia itu bertajuk Quality Management Assurance and Upgrading Academic Staff. Prof Dr Edy Suandi Hamid, MEd menyatakan bahwa tujuan workshop di UTS dan Deakin untuk meningkatkan kualitas menajemen, dosen, mahasiswa dan staf PTS.

…dst

5 ) FKM Undip Kembangkan Pusat Kesehatan Global
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/19/205885/FKM-Undip-Kembangkan-Pusat-Kesehatan-Global

19 November 2012
SEMARANG – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip melakukan penjajakan dengan National Taiwan University (NTU) untuk pengembangan Pusat Kesehatan Global. Dekan FKM Undip Tinuk Istiarti mengatakan, kerja sama ini nantinya dalam bentuk kolaborasi akademik berupa perbaruan dan percepatan program internasionalisasi. “Kerja sama ini sangat strategis, mengingat National Taiwan University sudah melakukan kolaborasi yang sama dengan University of Nebraska Medical Center dan School of Public Health Seoul National University,” ujarnya. Penjajakan kerja sama dilakukan melalui diskusi intensif antara kedua institusi. Kolaborasi kurikulum nantinya dalam bentuk adaptasi dan upgrade kurikulum. Hal itu dilakukan dengan mengadopsi dan memasukkan kajian serta konsentrasi kebutuhan dan masalah kesehatan masyarakat pada kurikulum masing-masing institusi. Selain melalui kegiatan kolaborasi kurikulum, juga akan dilakukan dalam bentuk penambahan pengalaman internasional bagi kedua mahasiswa di dua universitas ini. Mahasiswa diberikkesempatan untuk mengikuti kuliah di NTU. “Mereka akan melakukan kajian serta diskusi tentang kesehatan masyarakat tropis dan subtropis, melakukan presentasi fenomena kesehatan masyarakat di Indonesia, begitu sebaliknya,” ungkap Tinuk.

…dst

6 ) Pemilihan Rektor IPB Molor dari Jadwal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/13482210/Pemilihan.Rektor.IPB.Molor.dari.Jadwal

Senin, 19 November 2012 | 13:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) periode 2012 -2017 yang sedianya tuntas pada 16 November mendatang diperkirakan molor. Sebab, sidang Majelis Wali Amanat (MWA) IPB masih memastikan kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki hak 35 persen dari total suara MWA. Dari pemantauan di laman resmi Panitian Pemilihan Rektor IPB, Senin (19/11/2012), didapat konfirmasi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, rapat paripurna MWA untuk pemilihan rektor IPB periode 2012-2017 yang semula dijadwalkan oleh MWA pada tanggal 19 November 2012, akan dilaksanakan pada akhir November 2012. Sekretaris MWA IPB Rizal Sjarief Saiful Nazil dalam suratnya mengatakan pemilihan tiga calon rektor yang sudah diajukan ke MWA oleh Senat Akademik (SA) IPB setelah 16 November. Sebelumnya dijadwalkan pemilihan rektor definitif di antara 9-16 November.

…dst

7 ) Kemendikbud gandeng media sosialisasikan pendidikan karakter
http://www.antaranews.com/berita/344109/kemendikbud-gandeng-media-sosialisasikan-pendidikan-karakter

Senin, 19 November 2012 01:18 WIB
Palangka Raya (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggandeng media, baik cetak maupun elektronik untuk membantu sosilisasi pendidikan karakter bangsa kepada pelajar di beberapa provinsi Indonesia. “Ada kegiatan kami yang langsung melibatkan media untuk mengkampanyekan apa yang menjadi sasaran kita terkait karakter bangsa,dengan mengundang perwakilan siswa dari sekolah masing-masing,” kata Kepala Seksi Penanaman Nilai Budaya Kemendikbud RI Binsar Simanulang di Palangka Raya, Minggu. Tidak hanya itu saja, dalam rangka pembangunan karakter bangsa, pihaknya juga melakukan beberapa hal yakni memberikan pelatihan kepada guru dengan harapan nantinya akan menularkan pengetahuan yang telah diperolehnya kepada siswa di sekolah masing-masing. Kemudian melakukan pembinaan dan melatih komunitas adat di sekolah agar tetap melestarikan kebudayaan, mengembangkan kebudayaan dan bisa tetap hidup mandiri dalam ekonomi yang baik dalam hal berkebudayaan.

…dst

8 ) Kuota Bidikmisi Ditambah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/19/205886/Kuota-Bidikmisi-Ditambah

19 November 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berjanji akan terus meningkatkan kuota program beasiswa Bidikmisi. Hal itu dilakukan untuk memperluas akses lulusan sekolah menengah agar bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi. “Sampai tahun ini kuota Bidikmisi sudah 90.000, tahun depan diperkirakan akan ditambah lagi menjadi 150.000 beasiswa,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemdikbud, Ainun Na’im di sela-sela penandatanganan kerja sama antara Kemdikbud dengan Bank CIMB Niaga, di Gedung Kemdikbud, kemarin. Seperti diketahui, mulai tahun ajaran 2012/2013, beasiswa Bidikmisi tidak hanya diberikan kepada PTN, namun juga dialokasikan untuk PTS. Kuota untuk PTS berjumlah 2.000. Kuota Bidikmisi untuk PTN telah teralokasi seluruhnya. “Untuk Bidikmisi PTN sudah terpenuhi, tidak ada sisa. Tapi, untuk yang swasta belum dapat informasi lebih lanjut,” ungkapnya.

…dst

9 ) PSM SDG FH Undip Raih Emas di Guangzhou
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/19/205884/PSM-SDG-FH-Undip-Raih-Emas-di-Guangzhou

19 November 2012
SEMARANG – Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (PSM SDG FH Undip) kembali mengukir prestasi di tingkat internasional. Pada Guangzhou International Open Choir Competition di Guangzhou-China, 8-14 November 2012, mereka meraih medali emas. Selain itu, menempati peringkat ketiga untuk kategori youth choirs of equal voices dengan tiga lagu, yaitu “Sanctus” (arr Roni Sugiarto & Swingly), “Kotoba Asobi Uta” (arr Ko Matsushita), dan “Tari Sang Hyang Dedari” (arr Agustinus Bambang Jusana). Medali perak diperoleh pada kategori folklore (lagu rakyat) dengan dua lagu, yaitu “Marencong-rencong” (arr Budi Susanto Yohanes) dan “Tari Kembang Janger” (arr Alfonso Andika Wiratma). Kompetisi tersebut diikuti 164 paduan suara dari 43 negara.

…dst

10 ) Universitas Siliwangi Jadi Negeri 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/09375490/Universitas.Siliwangi.Jadi.Negeri.2013

Senin, 19 November 2012 | 09:37 WIB
KOMPAS.com – Universitas Siliwangi (Unsil) di Tasikmalaya, Jawa Barat, diharapkan bisa berubah status menjadi perguruan tingi negeri pada pertengahan 2013. “Lahan seluas 30 hektar di Kecamatan Tamansari sudah disiapkan Pemerintah Kota Tasikmalaya. Dana dari Pemerintah Provinsi pun sudah ada. Saya harap proses ini bisa mempercepat munculnya perguruan tinggi negeri pertama di Tasikmalaya,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam kunjungannya ke Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, pekan lalu. (DMU/CHE)

…dst

11 ) Rektor IAIN: studi Islam perlu pendekatan baru
http://www.antaranews.com/berita/344093/rektor-iain-studi-islam-perlu-pendekatan-baru

Minggu, 18 November 2012 21:28 WIB
Medan (ANTARA News) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara Prof Nur Ahmad Fadhil Lubis mengatakan studi-studi keislaman perlu pendekatan baru yang tidak mendikotomikan ilmu agama dan umum. “Ini untuk merespon perkembangan keilmuan dewasa ini yang semakin terus berkembang,” katanya dalam Workshop Penyusunan Blueprint Pengembangan Akademik dalam rangka proyek pengembangan IAIN-SU, IAIN Palembang, IAIN Semarang, dan IAIN Mataram, di Medan Minggu. Dalam paparannya Fadhil menawarkan pendekatan transdisipliner, sebuah proses untuk memperluas pengetahuan dengan mengintegrasikan perbedaan perspektif untuk membangun sebuah sinergi. Dari pendekatan ini diharapkan tercipta hybrida, persilangan perbagai perspektif. Dengan demikian semua pihak tidak perlu mendikotomikan ilmu-ilmu agama dan umum. “Begitu juga dalam studi Islam, apa yang dikenal sebagai metode bayani, burhani, dan `irfani perlu dipadukan,” katanya.

…dst

12 ) Ikapi Dorong RUU Perbukuan Disahkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/15003416/Ikapi.Dorong.RUU.Perbukuan.Disahkan

Senin, 19 November 2012 | 15:00 WIB
Dengan adanya Undang-Undang Perbukuan diharapkan ada kejelasan badan atau institusi yang bertanggung jawab untuk mendukung kemajuan atau perkembangan perbukuan di Indonesia. “Tantangan perbukuan di Indonesia ini masih berat dan belum tuntas. Masalah ini perlu diperhatikan serius. Perlu ada kejelasan siapa yang bertanggung jawab dan langkah-langkah yang diambil,” kata Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Pusat Lucya Andam Dewi di Jakarta, Senin (19/11/2012). “Sekarang, tidak jelas siapa yang bertanggung jawab mengembangkan perbukuan di Tanah Air. Ikapi kan terbatas. Karena itu, Ikapi berharap RUU Perbukuan segera disahkan sebagai landasan hukum bagi pemerintah untuk bekerja membangun dunia perbukuan Indonesia,” kata Lucya Andam Dewi.

…dst

13 ) Indonesia Kekurangan Insinyur
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/19/373/720168/indonesia-kekurangan-insinyur

Senin, 19 November 2012 14:46 wib
YOGYAKARTA – Indonesia masih kekurangan tenaga ahli bergelar insinyur. Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mencatat, setiap tahun hanya ada penambahan 164 insinyur per satu juta penduduk. Wakil Ketua Umum PII Ir. Bobby Gafur Umar mengatakan, total insinyur di Indonesia saat ini hanya ada 750 ribu orang. “Jumlah insinyur jika dibandingkan dengan jumlah penduduk hanya mencapai 164 orang per satu juta penduduk Indonesia,” kata Bobby dalam acara Pengukuhan PII DIY, Senin (19/11/2012). Dari catatan Bobby, kondisi tersebut jauh berbeda dengan negara-negara lain. Malaysia misalnya, memiliki pertambahan 327 insinyur per tahun, Vietnam 282 orang dan Korea mampu menambah 800 insinyur per tahunnya. Menurut Bobby, keberadaan insinyur memiliki andil yang cukup besar, terutama jika mempertimbangkan proses pembangunan. Apalagi Indonesia kini tengah menjadi pangsa strategis bagi investasi pasar dunia. Bahkan, pemerintah telah menganggarkanRp1,4 triliun untuk pembangunan.

…dst

14 ) Belajar S-2 Lingkungan Gratis di Eropa, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/19/368/719947/belajar-s-2-lingkungan-gratis-di-eropa-mau

Senin, 19 November 2012 09:55 wib
JAKARTA – Ada program beasiswa menarik buat para sarjana yang tertarik mendalami ilmu lingkungan dan biodiversitas, nih! Erasmus Mundus Masters Program in Tropical Biodiversity and Ecosystems (Tropimundo). Program beasiswa tingkat magister ini memberikan kesempatan belajar yang unik di dua negara Eropa dan menghabiskan satu semester penuh di alam bebas. Kita bisa meneliti di hutan hujan dan rawa, hutan bakau, atau terumbu karang seperti sungai Amazon, serta ekosistem di Afrika dan Australia. Sebagai peserta program, kita bisa berkonsentrasi mendalami bidang botani, zoologi, dan pendekatan ekosistem selama dua tahun masa studi. Kesempatan ini juga termasuk berbagai spesialisasi yang bisa kita ambil seperti flora dan vegetasi tropis, manajemen database biodiversitas dan konservasi alam, serta dinamika evolusi ekosistem tropis dan sub tropis.Program beasiswa yang diluncurkan Komisi Eropa ini akan memberikan kita bantuan beasiswa penuh dan berbagai fasilitas lainnya. Asyiknya lagi, kita tidak hanya akan mendapatkan gelar master, tetapi juga berbagai gelar akademik lainnya, tergantung institusi pendidikan Eropa mana yang kita masuki.

…dst

15 ) Pemerintah Siapkan Buku Ajar
Siswa Tak Dibebani
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/11/19/205889/Pemerintah-Siapkan-Buku-Ajar

19 November 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tengah menyiapkan buku serta bahan ajar kurikulum baru. Rencananya buku-buku tersebut akan diberikan secara gratis kepada siswa. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, pihaknya kerap mendapat keluhan dari orang tua murid terkait biaya pembelian buku. “Nantinya buku tidak dibebankan kepada orang tua murid. Semua akan ditanggung pemerintah,” kata Musliar saat dihubungi Suara Merdeka, kemarin. Hal itu merupakan bagian dari semangat pemerintah untuk melaksanakan wajib belajar 12 tahun. Saat ini bahan ajar serta buku-buku tersebut sedang dikaji dan disiapkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud. “Materinya sudah disiapkan, diharapkan dapat selesai paling lambat Februari tahun depan,” ungkapnya.

…dst

16 ) Indonesia Akan Kehilangan Banyak Taksonom Tahun 2015
http://sains.kompas.com/read/2012/11/19/09255172/Indonesia.Akan.Kehilangan.Banyak.Taksonom.Tahun.2015

Senin, 19 November 2012 | 09:25 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kurangnya ahli taksonomi dan terbatasnya dana penelitian menyebabkan baru 10-20 persen hewan tanpa tulang belakang, ikan perairan darat, serangga, reptil, amfibi, dan moluska Indonesia terdata. Padahal, mereka terancam punah akibat perusakan lingkungan dan perubahan iklim. Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rosichon Ubaidillah dihubungi dari Jakarta, Minggu (18/11/2012), mengatakan, jenis fauna yang banyak terdata adalah mamalia (90 persen), yakni 707 jenis, dan burung 80-90 persen (1.602 jenis). Jumlah amfibi dan reptil yang terdata 1.112 jenis, ikan air tawar 2.184 jenis, ikan laut 3.288 jenis, dan serangga 151.847 jenis. Namun, yang terdata sebagian besar berasal dari Jawa dan Sumatera. Fauna dari Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua terdata sangat sedikit karena keterbatasan sumber daya manusia dan biaya ekspedisi.

…dst

17 ) Budi Setiawan Membangun Benteng Ekologi Pesisir
http://sains.kompas.com/read/2012/11/19/11240082/Budi.Setiawan.Membangun.Benteng.Ekologi.Pesisir

Senin, 19 November 2012 | 11:24 WIB
KOMPAS.com – Ketika tuntutan ekonomi kian menguat, alam kian rapuh di hadapan ancaman eksploitasi. Budi Setiawan (36) ingin membentengi laut di kampung halamannya dengan menghidupkan sabuk wisata ekologi. Ia ingin menunjukkan, kebutuhan ekonomi dan pelestarian alam tak harus selalu berbenturan. Benturan antara ekonomi dan pelestarian alam dihadapi berbagai daerah, terutama yang kaya akan bahan tambang seperti Pulau Belitung, Sumatera Selatan. Wacana tambang laut terus berembus beberapa tahun terakhir. Ini menimbulkan kekhawatiran dan perlawanan masyarakat yang mendambakan keindahan laut Belitung lestari. Budi lahir di Kampung Lassar. Pesisir Pulau Belitung menyimpan keindahan laut Belitung dalam benaknya. Ia gundah saat mendengar rencana penambangan timah di laut. Di pulau tetangganya, Bangka, laut menjadi keruh dan terumbu karang rusak parah seiring beroperasinya tambang timah laut dengan kapal isap. Namun, Budi menyadari kebutuhan ekonomi memaksa eksploitasi itu. Maka ia memilih konservasi alam dikombinasikan dengan wisata petualangan sebagai strategi perlindungan alam sekaligus penggerak ekonomi.

…dst

18 ) Kurangi Ketergantungan Tekhnologi Luar Negeri
http://www.jpnn.com/read/2012/11/19/147363/Kurangi-Ketergantungan-Tekhnologi-Luar-Negeri-

Senin, 19 November 2012 , 10:35:00
ACEH–Dahlan Iskan menjelaskan, BUMN secara berlahan akan mengurangi ketergantungan teknologi dari luar negeri. Upaya seperti itu lebih mudah diwujudkan karena tidak ada persoalannya dengan politik. “Maka itulah, politik jangan masuk ke BUMN,” ungkap Dahlan Iskan, Minggu (18/11), saat membuka pertemuan Nasional, Perhimpunan Mahasiswa Teknik Indonesia (PMTI) di Anjong Mon Mata, Kompleks Pendopo Gubernur Aceh. Pasalnya, proses politik yang dinilai terlalu panjang akan membuat sebuah program maupun kegiatan akan panjang dari segi waktunya dan tidak bisa diputuskan begitu saja. “Proses politik itu, harusnya jangan terlalu panjang, di BUMN akan saya kurangi,”tegasnya. Dahlan juga menyatakan, BUMN sudah mulai mengurangi ketergantungan penggunaan teknologi dari luar negeri. Sebagai contoh, pembangunan pabrik gula terbesar dan termodern yang akan dibangun di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 2013 mendatang, akan menggunakan 100 persen teknologi dalam negeri hasil karya terbaik anak bangsa, mulai dari desain sampai pada pembuatan instalasi.

…dst

19 ) RS Indonesia di Gaza Ikut Jadi Korban Rudal-rudal Israel
http://news.detik.com/read/2012/11/19/133039/2094358/10/rs-indonesia-di-gaza-ikut-jadi-korban-rudal-rudal-israel?n990102mainnews

Senin, 19/11/2012 13:30 WIB
Jakarta – RS Indonesia yang berada di Gaza Utara, Palestina, ikut menjadi korban serangan rudal-rudal Israel. Kaca-kaca rumah sakit yang masih dalam proses penyelesaian ini pecah. Untungnya 28 orang relawan Indonesia yang ada di RS itu selamat. “RS Indonesia mengalami kerusakan di bagian kaca. Padahal kaca itu sudah dibuat sedikian rupa, kalau sampai pecah berarti serangannya hebat. Lokasi ledakan berjarak 50 sampai 100 meter dari RS Indonesia,” kata Ketua Presidium MER-C Jose Rizal dalam jumpa pers di Kantor MER-C, Jl Kramat Lontar, Jakarta Pusat, Senin (19/11/2012). Jose mengatakan, ada 28 orang relawan di RS Indonesia yang terletak di Bayt Lahiya, Gaza Utara, Palestina. Para relawan harus berlindung di basement rumah sakit dan tidak bisa keluar karena belum aman. “Logistik tinggal dua hari ke depan. Kalau memang tidak aman akan dipindahkan ke pusat kota karena dekat dengan logistik,” katanya.

…dst

20 ) Belajar dari Jepang tentang Siswa Berkebutuhan Khusus
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/15382342/Belajar.dari.Jepang.tentang.Siswa.Berkebutuhan.Khusus

Senin, 19 November 2012 | 15:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Selama 12 hari, ada 11 guru dari pondok pesantren seluruh Indonesia dikirim ke Jepang untuk melihat pola pendidikan yang diterapkan di sana. Salah satu hal yang mencuri perhatian para guru ini adalah penanganan anak-anak disabilitas dalam sekolah. Guru dari Pondok Pesantren Dayah Darul Ihsan Aceh, Mutiara Fahmi Razali, mengatakan bahwa para guru di Jepang sangat sabar dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus ini. Uniknya lagi, anak-anak penyandang disabilitas ini tidak dibedakan dengan anak-anak lain. “Kalau di sini, anak-anak disabilitas ingin belajar harus masuk SLB. Tapi di Jepang, semua anak berhak belajar di sekolah swasta dan sekolah negeri apapun kondisinya,” kata Fahmi, saat Penyerahan Sertifikat Kunjungan ke Jepang di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (16/11/2012) malam.

…dst

21 ) Guru Besar UI: Jika Surya Paloh Otoriter, NasDem Bisa Berantakan
http://news.detik.com/read/2012/11/19/113417/2094184/10/guru-besar-ui-jika-surya-paloh-otoriter-nasdem-bisa-berantakan

Senin, 19/11/2012 11:34 WIB
Jakarta – Rencana Surya Paloh mengambil alih posisi Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) dianggap otoriter. Kasihan tokoh muda yang habis manis, sepah dibuang. “Inilah model-model orang kapitalis hanya menjadikan orang lain yang masih muda-muda jadi wayang. Mestinya dia sebagai pemodal harus menghargai hak orang, jangan NasDem sudah besar tiba-tiba diambil alih. Ini cerminan pemimpin otoriter,” kritik Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Prof Iberamsjah. Hal ini disampaikan Iberamsjah menanggapi rencana Surya Paloh mengambil alih posisi Ketua Umum Partai NasDem. Hal ini disampaikan Iberamsjah dalam perbincangan dengan detikcom, Senin (19/11/2012). Surya Paloh dinilainya masih menyimpan syahwat politik di Pilpres 2014. Hingga dia tak segan menyingkirkan tokoh muda yang sejak awal membangun partai NasDem.

…dst