1 ) ‘Sebelum ke Alam Baka, Saya Teruskan Tongkat Estafet Perjuangan’
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/01/373/725941/sebelum-ke-alam-baka-saya-teruskan-tongkat-estafet-perjuangan

Sabtu, 01 Desember 2012 12:43 wib
JAKARTA – Teknologi kedirgantaraan memiliki peranan penting bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, generasi muda Tanah Air harus mampu menguasai teknologi kedirgantaraan sehingga dapat mengembangkannya. Demikian disampaikan oleh Baharuddin Jusuf Habibie dalam peringatan 50 Tahun Pendidikan Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jakarta Convention Center (JCC). Pada kesempatan itu, dia berbagi semangat kepada segenap civitas acedemica ITB untuk memajukan dunia kedirgantaraan Nusantara. “Saya ingin memberikan virus perjuangan kepada anak-anak dan cucu saya yang ada di sini. Kita ini keturunan bangsa pejuang. Sebelum saya masuk ke alam baka, saya ingin meneruskan tongkat estafet perjuangan, khususnya penerbangan yang saat ini mau dihentikan oleh pihak asing,” tutur Habibie di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/12/2012). Menurut mantan presiden RI itu, Produk dirgantara Nusantara adalah tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, katanya, Indonesia merupakan sebuah negara maritim dan dunia dirgantara berperan penting dalam menjaga kedaulatan negara.

…dst

2 ) Selamat Jalan Winda, Cita-citamu Abadi
http://www.seputar-indonesia.com/news/selamat-jalan-winda-cita-citamu-abadi

01 Desember 2012
Kecintaan Winda Yulia pada dunia pendidikan tidak bisa lagi dipungkiri.Bahkan karena mengikuti program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar,dan Tertinggal (SM3T), dia rela tidak mengikuti prosesi wisuda. Padahal sebagai salah satu lulusan terbaik dari jurusan Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan IPK 3,9,saat itu dirinya harus berpidato di podium. Guru muda berusia 22 tahun itu kini telah tiada.Winda mengalami kecelakaan perahu di Aceh Timur bersama seorang rekannya,Geugeut Zaludiosanua, 24,alumnus Pendidikan Olah Raga UPI. Winda ditemukan dalam keadaan meninggal,sedangkan Geugeut hingga kemarin masih dalam proses pencarian. Kemarin,Direktur Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Supriadi Rustad menyerahkan jenazah Winda pada keluarga untuk dikembumikan di Ciamis. Peristiwa kecelakaan perahu itu terjadi pada Senin (26/11).Winda harus pulang dari kota seusai menghadiri sebuah perkumpulan karena harus mengajar.Dalam perahu tersebut terdapat enam orang yang terdiri atas Winda,Gegeut, dua dari Unimet,dan dua orang awak perahu. Saat itu sungai yang terletak kawasan Batu Katak Aceh Timur itu tengah banjir dan berarus keras.Perahu kecil yang membawa banyak muatan ini kemudian tidak kuat melawan arus dan membentur batu sehingga pecah. Salah seorang teman sekelas Winda,Ridwan Fuady Martanegara, mengakui tidak ada firasat aneh sebelum Winda menjadi korban kecelakaan perahu tersebut. Karena sebelum kejadian Winda terlihat seperti hari-hari biasanya aktif Facebook-an.”Hari minggunya dia masih aktif bangetdi Facebook,update lagi kegiatan yang dilakukannya. Semuanya biasa saja,enggakada yang aneh-aneh sampai kecelakaan itu terjadi,”ungkap Ridwan.

…dst

3 ) Mahasiswa Polines Raih Medali Emas
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/01/207187/Mahasiswa-Polines-Raih-Medali-Emas-

01 Desember 2012
SEMARANG – Achmadi, mahasiswa jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil meraih medali emas di ajang The 9th ASEAN Skills Competition 2012 di Jakarta, baru-baru ini. Dia menjadi salah satu anggota delegasi Indonesia dalam kegiatan dua tahunan itu. Indonesia mengirimkan 42 peserta dalam kompetisi tersebut. Prestasi yang diraih alumnus SMKN 2 Kendal itu untuk kategori lomba refrigeneration and air conditioner. “Seleksi panjang harus saya ikuti hingga lolos nasional,” ujar Achmadi yang juga penerima Beasiswa Bidikmisi dari Kemdikbud itu. Dia mengatakan, seleksi nasional harus dilalui dalam dua tahap dengan persaingan yang cukup ketat dengan penyeleksi dari Kemdikbud dan Kemenakertrans. Dalam seleksi tahap dua, lanjutnya, terpilih tiga peserta unutk tiga kategori. Selanjutnya mereka mengikuti pembekalan selama sembilan bulan sebelum bertanding. ”Tiga peserta terpilih selanjutnya terseleksi dua orang sebagai kompetitor dan satu orang sebagai observer,” imbuhnya. Atas prestasi yang diraih itu, dia akan dikirim untuk berlaga pada ajang World Skill International di Leipzig, Jerman pada Juli 2013.

…dst

4 ) UGM Rintis Akreditasi Tingkat ASEAN
http://www.seputar-indonesia.com/news/ugm-rintis-akreditasi-tingkat-asean

01 Desember 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) tengah mempersiapkan akreditasi pendidikan di tingkat ASEAN bersama beberapa universitas di Singapura, Malaysia dan Thailand. Persiapan tersebut selanjutnya akan diperkuat dengan berdirinya AsiaResearch Center yang dimotori National University of Singapura (NUS) bersama ISEAS (Institute South East Asian Study) sebagai institusi yang berhak memberikan akreditasi. “Nantinya, program studi kita akan terakreditasi setingkat ASEAN.Hal ini merupakan bagian dari persiapan One Single ASEAN Community 2015,” ungkap Rektor UGM Pratikno seusai menyambut kunjungan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam di Balai Senat UGM, kemarin. Pratikno mengatakan,UGM sendiri akan melakukan kerja sama dengan pemerintah Singapura di bidang pendidikan. Kerja sama yang dilakukan keduanya berupa pertukaran pelajar dan penelitian.Kerja sama penelitian dilakukan dengan memublikasikan hasil riset UGM di ISEAS dan sebaliknya. “Mahasiswa yang datang dari luar yang akan belajar kesini tidak dipungut biaya dan disediakan asrama. Begitu juga sebaliknya dengan mahasiswa kita. Bidang kajian yang akan menjadi prioritas dalam kerja sama ini ialah bidang pangan, energi,penanganan bencana, lingkungan serta penyelamatan keberagaman hayati,” imbuhnya.

…dst

5 ) 15 Dosen Unima “Terbang” ke AS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/01/07270116/15.Dosen.Unima.Terbang.ke.AS

Sabtu, 1 Desember 2012 | 07:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Lima belas dosen Universitas Negeri Manado (Unima) “terbang” ke Amerika Serikat (AS), mengikuti program short course di Northern Illinois University. Lima belas dosen tersebut merupakan mahasiswa Program doktor Pascasarjana (PPs) UNM yang mengikuti program sandwich like like. Dalam siaran pers Jumat (30/11), Direktur PPs UNM, Jasruddin mengungkapkan ke lima belas dosen tersebut rencananya dijadwalkan berangkat pada Februari 2013 mendatang. Untuk persiapan keberangkatan mereka, Jasruddin menambahkan pihak PPs UNM telah melakukan persiapan sedini mungkin. Di antaranya memberikan stimulan kepada masing-masing mahasiswa untuk dapat beradaptasi dengan negara tujuan mereka. “Salah satu bentuk stimulan yang kami berikan adalah berupa pengenalan budaya, tradisi, kondisi cuaca dan pemberian kursus bahasa Inggris singkat. Mereka akan di-training oleh staf international office kami, ” ujar Jasruddin. Selain memberangkatkan lima belas dosen Unima, PPs UNM juga memberikan kesempatan kepada dua professor UNM dan satu profesor Unima untuk “terbang” bersama ke AS.

…dst

6 ) Undip Terima Award Peduli Penghijauan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/01/207183/Undip-Terima-Award-Peduli-Penghijauan

01 Desember 2012
SEMARANG – Penghargaan bergengsi dari Kementerian Kehutanan berhasil diraih Universitas Diponegoro sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap penghijauan. Dari empat perguruan tinggi se-Indonesia masuk seleksi, hanya Undip dan Universitas Andalas (Unand) yang mendapatkan penghargaan itu. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengungkapkan, kriteria pengharagaan itu meliputi kontribusi kampus terhadap penghijauan. Pada 2011, menurutnya, Undip telah menanam sedikitnya 14.500 batang pohon. “Tahun ini dilanjutkan dengan 6.000 pohon. Dari segi kelembagaan, kami dipandang bukan hanya menanam tapi juga mampu memelihara,” katanya, seusai penanaman pohon di lingkungan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip kampus Tembalang, Jumat (30/11). Dia mengatakan, penghijauan menjadi satu dari empat prioritas program penataan dan pengembangan kampus. Undip saat ini getol meningkatkan ruang terbuka hijau yang diikuti dengan pengolahan sampah, pentaaan drainase, dan transportasi kampus.

…dst

7 ) Hindari Pengangguran Intelektual, Usul Kurikulum Dirombak Total
http://www.jpnn.com/read/2012/12/01/148849/Hindari-Pengangguran-Intelektual,-Usul-Kurikulum-Dirombak-Total-

Sabtu, 01 Desember 2012 , 18:01:00
JAKARTA – Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa pengangguran intelektual di Indonesia masih cukup banyak. Menurutnya, kesempatan kerja yang tersedia tak mampu diserap alumni perguruan tinggi sehingga angka pengangguran intelektual terus meningkat. “Paradigma dan kurikulum pendidikan tinggi mesti dirombak total. Mereka harus memiliki perencanaan untuk mengarahkan produktivitas sumber daya manusia sehingga lulusannya siap bekerja dan menjadi tenaga kerja handal,” ungkap Muhaimin di Jakarta, Sabtu (1/12). Muhaimin lantas menyodorkan data BPS Agustus 2012. Menurutnya, dari 110,8 juta orang penduduk Indonesia yang bekerja ternyata 53,88 juta (48,63 persen) di antaranya hanya berpendidikan Sekolah Dasar. Sementara pekerja lulusan SMP sebanyak 20, 22 juta (18,25 persen). Sedangkan pekerja bergelar sarjana hanya mencapai 6,98 juta orang (6,30 persen ). Sisanya, sebanyak 2,97 juta (2,68 persen) adalah pekerja dengan pendidikan diploma. Selama ini, lanjut Muhaimin, paradigma dan kurikulum pendidikan tingkat tinggi hanya mengejar tingkat kelulusan. Sayangnya, kata menteri yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, kuantitas lulusan tidak dibarengi dengan kualitas. “Link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja belum berjalan optimal. Lembaga-lembaga pendidikan seolah menerapkan ditarget cepat lulus dan mendapat gelar sarjana, tanpa membekali alumninya dengan keterampilan kerja,” jelasnya.

…dst

8 ) Jabar Aplikasikan Sistem Integrasi Pendidikan Online
http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/30/22441442/Jabar.Aplikasikan.Sistem.Integrasi.Pendidikan.Online

Jumat, 30 November 2012 | 22:44 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com — Forum Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikoordinasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat memperkenalkan sistem integrasi aplikasi pendidikan berbasis TIK. Tujuannya, di samping membantu guru dan siswa memudahkan proses belajar-mengajar juga membantu para orangtua memahami pelajaran anak-anaknya. Sistem integrasi aplikasi pendidikan (SIAP) bisa diakses melalui internet melalui situs: siapbelajar.com secara gratis karena menggunakan portal seperti media online. “Forum TIK ini terdiri dari berbagai ahli TIK, ahli pendidikan, komunitas, media massa dan berbagai pihak yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia,” ujar Kepala Diskominfo Dudi Sudrajat Abdurachman, Jumat (30/11/2012) di Bandung.

…dst

9 ) Beasiswa AS untuk Penyandang Cacat
http://kampus.okezone.com/read/2012/11/30/368/725638/beasiswa-as-untuk-penyandang-cacat

Sabtu, 01 Desember 2012 09:05 wib
JAKARTA – Siapa kira, di sela keterbatasan fisik, banyak penderita difabel yang sukses dan mempunyai skill luar biasa. Bahkan, layaknya orang kebanyakan, mereka mampu belajar dan bekerja di luar negeri. Kemungkinan tersebut kini kian terbuka lebar dengan program khusus yang dibuka oleh Mobility International USA (Miusa) bagi para difabel untuk belajar atau bekerja di Amerika Serikat (AS). Program ini disponsori oleh Kementerian Luar Negeri AS dan diberi tajuk Empower Partnerships for Inclusive Communities. Program ini dijadwalkan akan dilangsungkan pada 4-24 Mei 2013. Program ini berfokus pada isu kecacatan dan pengembangan masyarakat inklusi, seperti yang tertuang dalam konvensi PBB tentang hak penyandang cacat. Masyarakat inklusi adalah masyarakat yang terbuka bagi semua orang tanpa mengenal perbedaan fisik, suku, agama, ras dan ideologi. Ada 73 negara mitra yang tergabung dalam program ini. Setiap mitra internasional akan dipasangkan dengan organisasi mitra AS dan mengerjakan sebuah proyek kolaboratif yang dirancang mempromosikam masyarakat inklusi tersebut.

…dst

10 ) Peneliti Dunia Berkumpul di Malang
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/01/366803/293/14/Peneliti-Dunia-Berkumpul-di-Malang

Sabtu, 01 Desember 2012 05:20 WIB
MALANG–MICOM: Para peneliti dan pakar dari berbagai bidang ilmu berbagai negara di dunia berkumpul di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka International Research Conference on Muhammadiyah (IRCM). Ketua Panitia Pengarah IRCM Prof Dr Azyumardi Azra, Jumat (30/11), mengatakan IRCM merupakan konferensi science non-politik terbesar, bukan hanya di Indonesia, mungkin juga di dunia,” katanya di sela-sela ICRM yang digelar di gedung teater UMM Dome. Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah itu mengatakan, pembicara dan peserta konferensi berasal dari seluruh penjuru belahan dunia. Setidaknya, ada pakar dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Singapura, Thailand, dan Indonesia. “Kami berharap berkumpulnya para pakar dan peneiliti dari berbagai negara di dunia ini akan ada penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan yang nantinya bisa dimanfaatkan secara positif dan maksimal oleh umat manusia,” ujarnya. Selain dihadiri oleh para peneliti dan pakar dari sejumlah negara, dalam pembukaan IRCM yang digelar Kamis (29/11) malam itu juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Dr Soekarwo, Ketua umum PP Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsuddin serta mantan ketua PP Muhammadiyah Prof Dr Syafii Maarif.

…dst

11 ) Pembinaan Diabaikan, Badan Bahasa Gandeng PT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/01/207186/Pembinaan-Diabaikan-Badan-Bahasa-Gandeng-PT-

01 Desember 2012
SEMARANG – Pembinaan bahasa di dunia pendidikan selama ini kerap diabaikan. Karena itu, untuk meningkatkan pengembangan dan pembinaannya, Badan Bahasa Kemdikbud merangkul perguruan tinggi (PT) dan daerah. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Prof Dr Mahsun di gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jumat (30/11). Dia mengatakan, selama ini badan bahasa lebih banyak menutup diri sehingga masyarakat kurang mengerti mengenai persoalan kebahasaan yang semakin menarik. ”Bahasa tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga identitas. Untuk mengatasi hal itu, kami perlu mengantarkan pengembangan dan pembinaan bahasa ke dunia pendidikan,” kata Mahsun setelah menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah. Tujuan Badan Bahasa melakukan kerja sama dengan PT dan daerah adalah untuk melibatkan dosen dan guru yang merupakan ujung tombak di dunia pendidikan. Nota kesepahaman itu ditandatangani Badan Bahasa bersama Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Kemudian IKIP PGRI Semarang, Unnes, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Pekalongan, Universitas Widya Dharma Klaten, Universitas Veteran Bangun Nusa, Disdikpora Blora, Dinas Pendidikan Kota Semarang, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.

…dst

12 ) KTSP Tetap Dipertahankan
Pengembangan Nalar Jadi Fokus
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/01/207188/KTSP-Tetap-Dipertahankan

01 Desember 2012
JAKARTA – Dalam kurikulum baru yang akan mulai berlaku pada Tahun Pelajaran 2013/2014, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tetap dipertahankan. Sekolah-sekolah masih memiliki kewenangan untuk mengembangkan pendidikan berbasis muatan lokal. “KTSP itu tidak bisa dibuang karena merupakan amanat undang-undang. Karena itu, pendekatan KTSP tetap ada kewenangan dari sekolah,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, saat uji publik kurikulum, di Jakarta. Meski demikian, lanjut dia, prisip dasar dan bahan-bahan dari kurikulum baru tersebut disiapkan oleh Pemerintah Pusat dan daerah. “Pemerintah tetap menyiapkan bahan sematang mungkin tapi harus diberikan ruang untuk muatan lokal. Pendekatan yang khas di daerah itu tetap diberi keleluasan,” ujarnya. Pentingnya muatan lokal dan kearifan lokal dalam sistem pendidikan juga pernah disampaikan oleh Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan. Menurutnya, Indonesia memiliki berbagai keragaman, dari budaya, agama, suku, bahasa, letak geografis, hingga nilai-nilai sosial.

…dst

13 ) Geng Motor Gilas Tubuh Fahmi
http://www.seputar-indonesia.com/news/geng-motor-gilas-tubuh-fahmi

01 Desember 2012
BANDUNG – Dua mahasiswa, yakni Alex, 24, mahasiwa tingkat akhir Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, dan Fahmi,19,mahasiswa Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung menjadi korban kebrutalan geng motor. Penganiayaan itu terjadi di dekat kampus UIN, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jumat (30/11) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Alex menderita luka pada bagian kepala, punggung, dan tangan akibat hantaman kayu. Fahmi mengalami luka di kepala, kaki, dan wajah. Bahkan, perut Fahmi mengalami luka dalam lantaran para pelaku menggilasnya dengan sepeda motor. Kini, Fahmi masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Santo Yusuf Bandung karena luka yang cukup serius. Saat itu Alex bersama Fahmi baru pulang dari kosan temannya. Namun dalam perjalanan merekaberpapasandenganberandalan motor yang jumlahnya sekitar 15 orang. “Dari kedua arah, tiba-tiab kami distop oleh sejumlah orang mengendarai sepeda motor,”ucap Alex. Para pelaku berboncengan dan beberapa di antaranya turun menghampiri Alex dan Fahmi. Para pelaku langsung memukuli korban dengan menggunakan helm,kayu,dan barang lainnya.Mereka menggunakan masker dan setelah memukuli langsung melarikan diri ke arah Ujungberung. “Saya kena pukul balok, sama seperti Fahmi.Bahkan,di antara mereka menggilas tubuh Fahmi dengan sepeda motornya,” ungkap Alex.”Saya sudah laporkan kasus ini ke Polsekta Panyileukan,”tambahnya.

…dst