1 ) Wapres: Butuh Banyak Lulusan Spesialis Mata
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/08/14234210/Wapres.Butuh.Banyak.Lulusan.Spesialis.Mata

Sabtu, 8 Desember 2012 | 14:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Boediono meminta adanya rencana mempercepat penambahan lulusan dokter spesialis mata. Hal itu dinilai penting untuk mempercepat penanggulangan berbagai masalah kesehatan mata, salah satunya masalah kebutaan karena katarak di Tanah Air. Saat ini, jumlah dokter spesialis mata di Indonesia masih minim dan belum tersebar merata. “Saya melihat sendiri perubahan hidup yang dialami mereka yang buta karena katarak, dan akhirnya bisa melihat lagi setelah dioperasi. Bisa melihat kembali itu jauh lebih berharga dari apa pun,” kata Boediono saat menghadiri penyelenggaraan bakti sosial operasi katarak ke-12.000 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta, Jumat (7/12).

…dst

2 ) Kerja Sama Pendidikan ASEAN
ASEAN Perkuat Jaringan Kerjasama Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/08/14093526/ASEAN.Perkuat.Jaringan.Kerjasama.Pendidikan

Sabtu, 8 Desember 2012 | 14:09 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com – Guru punya peran untuk mewujudkan Komunitas ASEAN 2015. Oleh karena itu, guru di negara-negara ASEAN perlu membangun jaringan kerjasama untuk membuat pendidikan berperan untuk memperkuat kemajuan Komunitas ASEAN. “ASEAN sudah memiliki impian untuk membentuk ASEAN yang satu. Jadi, perlu juga untuk menjalin hubungan di antara masyarakat, bukan hanya di tataran pemerintah. Guru bisa berperan di sini untuk saling berhubungan,” kata Datoek Ibrahim Bajunid, Guru Besar dari Malaysia dalam acara ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) di Sanur, Denpasar, Sabtu (8/12/2012). Konferensi ke-28 ini mengambil tema ASEAN Community 2015 : Teacher Professionalism for Quality Education and Humanity.

…dst

3 ) Bapak, Ibu Guru, Ayo Raih Beasiswa ke Jepang Ini!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/08/10334852/Bapak.Ibu.Guru.Ayo.Raih.Beasiswa.ke.Jepang.Ini

Sabtu, 8 Desember 2012 | 10:33 WIB
KOMPAS.com – Anda adalah seorang guru dan ingin sekali mengecap pelatihan pendidikan di Jepang? Beasiswa ini pantas untuk dikejar. Pemerintah Jepang kembali membuka kesempatan untuk mengikuti Program Penataran Guru melalui beasiswa Monbukagakusho 2013. Penerima beasiswa ini akan mengikuti program penataran non-gelar selama 1 tahun terhitung mulai dari Oktober 2013. Syaratnya, kandidat haruslah lulusan S-1 atau D-4 yang mengajar secara aktif di SD, SMP atau SMA/SMK, baik sekolah negeri maupun swasta, paling tidak selama lima tahun pada tanggal 1 April 2013. Kandidat juga harus berusia di bawah 35 tahun pada tanggal tersebut. Kandidat juga harus bersedia belajar bahasa Jepang karena program beasiswa ini juga meliputi pelatihan bahasa Jepang selama 6 bulan. Program pelatihan yang ditawarkan meliputi semua bidang kecuali Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di setiap bidang.

…dst

4 ) Fujitsu Gelar Kompetisi IT Tingkat Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/07/22013092/Fujitsu.Gelar.Kompetisi.IT.Tingkat.Mahasiswa

Jumat, 7 Desember 2012 | 22:01 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.com – Fujitsu Indonesia berencana menggelar kompetisi aplikasi biometrik berbasis teknologi PalmSecure pada Januari 2013. Kompetisi tingkat mahasiswa ini menitikberatkan pada inovasi teknologi otentifikasi pembuluh darah pada telapak tangan untuk menunjukkan identitas seseorang. Kompetisi yang dinamakan “Fujitsu Innovation Challenge 2013 – PalmSecure™ Biometric Application Development ” ini dimulai pada awal Januari 2013 dan terbagi menjadi dua periode. Setiap periode memiliki waktu pelaksanaan selama dua bulan. “Dengan memberi akses teknologi kepada generasi muda, Fujitsu memacu imajinasi dan kreativitas mereka untuk terus mengembangkan banyak aplikasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan membuat masyarakat lebih memahami teknologi,” ujar Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad S. Sofwan di Nusa Dua, Bali, Jumat (7/12/2012). Pemenang kompetisi ini akan memeroleh kesempatan untuk mengunjungi fasilitas riset dan pengembangan Fujitsu serta kontrak kerja.

…dst

5 ) 10 Kampus Jadi Pusat Kajian Pendidikan Karakter
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/08/373/729282/10-kampus-jadi-pusat-kajian-pendidikan-karakter

Sabtu, 08 Desember 2012 14:03 wib
SOLO – Pada 2012 ini telah berdiri Pusat Kajian Pendidikan Karakter di 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai pilot project. Di antara PTN rintisan tersebut adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Untan, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Cenderawasih (Uncen), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Pattimura. “Pendirian Pusat Kajian itu untuk meningkatkan pendidikan berbasis karakter dan didirikan langsung oleh Ditjen Dikti Kemendikbud,” ujar anggota Tim Pendidikan Karakter Ditjen Dikti Kemendikbud Martadi, saat ditemui wartawan di sela-sela Workshop Penguatan Wawasan Kebangsaan Dosen dan Mahasiswa di Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, tadi malam. Terkait dengan workshop, menurut Martadi, merupakan tindak lanjut Dirjen Dikti dalam membentuk pendidikan karakter di lingkungan kampus. Di akhir tahun ini Dirjen Dikti memberikan workshop serupa di lima lokasi yaitu Solo, Medan, Surabaya, Bogor, dan Kalimantan Barat. “Workshop tersebut digelar serentak di lima lokasi dalam kurun waktu dua minggu ini. Sebelumnya direncanakan ada 13 lokasi. Namun karena saat ini sudah menginjak Desember maka hanya lima lokasi saja yang bisa terealisasi,” ujarnya.

…dst

6 ) 150 ilmuwan bahas mobilitas urban di Unair
http://www.antaranews.com/berita/347542/150-ilmuwan-bahas-mobilitas-urban-di-unair

Sabtu, 8 Desember 2012 08:11 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Sebanyak 150 ilmuwan dari 11 negara membahas mobilitas masyarakat urban dan dampaknya dalam konferensi internasional bertajuk “3rd International Conference Urban Mobility: Its Impacts on Socio-Cultural and Health Issues” di Universitas Airlangga Surabaya, 7-9 Desember. “Konferensi internasional itu sengaja melibatkan akademisi dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu untuk menunjukkan bahwa sebuah permasalahan tidak hanya dapat dikaji dari satu bidang ilmu saja tetapi multidisipliner,” kata dosen Cultural Studies Fakultas Ilmu Budaya Unair Surabaya Arum Budiastuti SS MCS di sela konferensi itu di kampus C Unair di Surabaya, Sabtu. Para ilmuwan dengan berbagai disiplin ilmu yang hadir antara lain berasal dari Amerika Serikat, Malaysia, Taiwan, India, Singapura, Bangladesh, Australia, Brunei Darussalam, Inggris, Prancis, Srilanka, dan juga termasuk ilmuwan dari dalam negeri.

…dst

7 ) UAD akan Kembangkan Laboratorium Virtual
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/12/12/08/mephef-uad-akan-kembangkan-laboratorium-virtual

Sabtu, 08 Desember 2012, 16:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta akan mengembangkan labolatorium virtual untuk mensiasati kebutuhan praktikum mahasiswa di kampus tersebut sementara ruang kuliah dan lahan semakin terbatas. Rencana ini mengemuka dalam seminar pengembangan labolatorium virtual di kampus setempat, Sabtu (8/12). Hadir dalam seminar tersebut Wakil Rektor I UAD, Muchlas. Dosen UAD ini juga mengangkat tema labolatorium virtual ini sebagai bahan disertasi di program doktornya. “Labolatorium virtual ini sangat penting ke depan, karena pengembangan labolatorium real akan semakin mahal, baik dari sisi alat maupun ruangan,” tandasnya. Diakuinya, pengadaan labolatorium real semakin terasa berat dirasakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang pembiayaan dari pemerintah. Swastapun menghadapi kendala yang sama, meskipun sumber pendanaan dari masyarakat. Sementara kebutuhan praktikum di labolatorium menjadi sebuah keharusan dengan pengembangan dan pengadaan alat-alat yang semakin canggih.

…dst

8 ) FK Unissula Juara Film Kesehatan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/12/08/207925/FK-Unissula-Juara-Film-Kesehatan

08 Desember 2012
SEMARANG – Tim Fakultas Kedokteran (FK) Unissula menjuarai kompetisi esai dan film dalam ajang National Conference 3rd Health Professional Education Quality (HPEQ) 2012 yang diadakan Dirjen Dikti di Jakarta, baru-baru ini. Juara II tim Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan juara III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Film dalam bentuk video karya mahasiswa Unissula itu menceritakan peran masing-masing profesi di bidang kesehatan dalam menangani pasien dengan judul “Integration Comprehensive Collaboration”. Pasati Lintangela, ketua tim Unissula menyatakan, video yang berdurasi empat menit ini berusaha menjelaskan tahapan-tahapan penanganan pasien. Pada awalnya ia tidak yakin video yang diproduksi pada akhir Agustus itu bisa memenangi kompetisi. Pasalnya, dalam waktu empat hari tim harus menyelesaikan video, dari tahapan praproduksi hingga pascaproduksi atau proses editing. “Bukan hal yang mudah mengalahkan mereka. Karena itu, kami juga memprioritaskan kualitas video,” kata dia sambil menyebut anggota tim itu, yakni Yulia Devina, Urip Mulyadi, dan Achmad Musbichin. Dikatakan, kompetisi yang diikuti mahasiswa dan dosen se-Indonesia ini menjaring 35 esai (dilengkapi video) dan 15 film pendek. Tema yang diusung dalam konferensi nasional itu adalah budaya akademik melalui penguatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

…dst

9 ) Mahasiwa Tertipu Sindikat Katrol Nilai
http://www.seputar-indonesia.com/news/mahasiwa-tertipu-sindikat-katrol-nilai

Sabtu 08 Desember 2012
SEMARANG– Puluhan mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) di Semarang menjadi korban penipuan bermodus iming-iming katrol nilai kuliah dan pembuatan skripsi. Para korban rata-rata menyetorkan uang ke pelaku Rp10 juta hingga Rp15 juta. Dua korban telah melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, Kamis (6/12) malam. Mereka adalah RS, 23, warga Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik dan FR, warga Warungasem, Kabupaten Batang.Keduanya kini masih menyandang mahasiswa aktif di PTS itu. RS mengungkapkan, pelaku penipuan adalah Julian yang tak lain alumnus kampusnya. ” Katanya dia punya koneksi orang dalam,bias membantu nambah nilai dan membuat skripsi, saya tahunya dari teman- teman,” katanya kepada petugas. RS mengaku telah menyetor Rp10 juta pada 1 Mei lalu,di Taman Menteri Supeno atau dikenal Taman KB Semarang. “Katanya bisa bantu saya lulus kuliah,tapi hingga sekarang tidak terealisasi janjinya, saya sendiri merasa ditipu,” tambahnya.

…dst

10 ) Kemdikbud Apresiasi Masukan Masyarakat atas Uji Publik Kurikulum 2013
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/911

12/07/2012
Jakarta — Setelah melakukan uji publik pengembangan kurikulum thn 2013 di berbagai kota untuk menerima masukan, baik melalui tatap muka maupun secara online, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menggelar jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, Kamis (6/12). Jumpa pers dilakukan untuk memberitahukan hasil sementara diseminasi uji publik dan analisa media sejak dibuka secara resmi pada tanggal 29 November lalu di Jakarta. Mengawali sambutannya, Mendikbud mengatakan bahwa Kemdikbud akan melakukan progres setiap minggu mengenai hasil uji publik ini untuk mengetahui masukan maupun komentar masyarakat yang disampaikan melalui online maupun secara langsung dengan surat resmi. Menteri Nuh juga mengajak insan media yang hadir dalam jumpa pers untuk melihat setiap komentar yang disampaikan masyarakat melalui online. Semuanya tercatat dengan baik, tanpa ada yang dihapus. Oleh karena itu Kemdikbud memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada setiap masukan dan komentar masyarakat dalam uji publik kurikulum 2013 ini, bagaimanapun komentarnya.

…dst

11 ) Wamendikbud: Ada Ribuan Masukan untuk Kurikulum
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/08/14035418/Wamendikbud.Ada.Ribuan.Masukan.untuk.Kurikulum

Sabtu, 8 Desember 2012 | 14:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Proses uji publik kurikulum baru yang akan menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) telah memasuki pekan kedua. Ribuan masukan yang diterima oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baik melalui website maupun roadshow adalah pentingnya persiapan bagi guru dan masalah buku. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim, mengatakan bahwa pihaknya menerima tanggapan positif dari masyarakat terkait dengan perubahan kurikulum. Namun, dia mengakui banyak masukan yang diterima pihaknya agar konsep kurikulum baru ini menjadi sempurna saat diterapkan 2013 mendatang. “Ada ribuan yang masuk di website dan tanggapannya baik. Memang tidak sepenuhnya setuju tapi mereka beri masukan baiknya seperti apa,” kata Musliar kepada Kompas.com, Sabtu (8/12/2012). “Dari berbagai masukan, paling banyak tentang persiapan untuk guru dan masalah buku,” imbuh Musliar.

…dst

12 ) Alumni UGM ajak masyarakat hijaukan kota
http://www.analisadaily.com/news/read/2012/12/08/92882/alumni_ugm_ajak_masyarakat_hijaukan_kota/#.UMMwvKzdYuQ

Yogyakarta (ANTARA News) – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) mengajak masyarakat Yogyakarta melakukan kegiatan penghijauan dan cinta lingkungan melalui Kagama Goes Green yang berlangsung 7-9 Desember 2012. “Kegiatan pemulihan hutan ini berdampak posisif bagi kualitas hidup warga Yogyakarta dan sekitarnya,” ujar Rektor UGM Pratikno saat membuka acara Kagama Goes Green di Wisma Kagama UGM Yogyakarta, Sabtu. Ia mengungkapkan pendidikan lingkungan hidup merupakan isu yang menantang karena pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini. “Masalah global warming harus ditanggapi konkrit dan langkah nyata,” ujarnya. Kegiatan bertajuk “Actually We Do Something” ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat dengan aksi nyata penghijauan.”Disini tidak ada tua dan muda pokoknya ngumpul jadi satu untuk melakukan kegiatan penghijauan yang berlokasi di lereng Gunung Merapi,” ujar Ketua Panitia Kagama Goes Green, Irfan Kristanto.

…dst