1 ) ITB Hapuskan Ujian Saringan Mandiri
http://www.seputar-indonesia.com/news/itb-hapuskan-ujian-saringan-mandiri

Selasa 18 Desember 2012
BANDUNG– Menghadapi perubahan sistem SNMPTN 2013, Institut Teknologi Bandung (ITB) memilih menghapus ujian saringan mandiri (USM).Tahun depan, ITB hanya akan menggunakan dua sistem penerimaan mahasiswa yaitu SNMPTN dan ujian bersama. Menurut Direktur Pendidikan ITB Mindriany Syafila, pihak kampus memilih menghapus USM agar lebih sederhana mengingat ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan. Ditambah lagi ITB tidak mengalokasikan dana untuk mengadakan USM tahun depan. Dalam waktu dekat, ITB hanya akan fokus untuk menyusun standardisasi calon mahasiswa baru yang masuk melalui SNMPTN.Kuota 40% yang disediakan untuk ujian saringan mandiri akan digunakan ITB untuk melakukan seleksi nasional bersama perguruan tinggi negeri (PTN) lain. “Benar, di tahun 2013 nanti ITB tidak akan mengadakan ujian saringan mandiri seperti di tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gantinya, calon mahasiswa yang tidak mengikuti SNMPTN akan diarahkan untuk mengikuti ujian seleksi bersama. ITB akan bekerja sama dengan 61 PTN untuk mengadakan seleksi bersama berskala nasional yang bentuknya seperti SNMPTN tulis tahun lalu,” ungkapnya saat dihubungi SINDO,kemarin. Mindriany mengatakan, tahun depan SNMPTN diubah dengan menghapuskan tes tulis dan hanya memprioritaskan prestasi akademik siswa di sekolah.

…dst

2 ) Pendaftaran SNMPTN 2013 Dibuka, Sekolah Pemalsu Data Bakal Disanksi
http://news.detik.com/read/2012/12/18/190730/2121787/10/pendaftaran-snmptn-2013-dibuka-sekolah-pemalsu-data-bakal-disanksi?n991103605

Selasa, 18/12/2012 19:07 WIB
Yogyakarta – Penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 untuk jalur undangan mulai dibuka. Sekolah dan siswa diminta jujur saat mengisi data. Bila ketahuan berbuat tidak jujur atau memalsukan data, pihak sekolah maupun siswa yang bersangkutan bakal kena sanksi. “Kami akan melakukan verifikasi secara ketat. Kalau ada sekolah terbukti tidak jujur dan merekayasa nilai siswa untuk ikut SNMPTN undangan akan di-blacklist,” kata Panitia SNMPTN Wilayah Yogyakarta, Prof Dr Nurfina Aznam, saat sosialisasi di gedung Graha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (18/12/2012). Tidak hanya di-blacklist lanjut Nurfina, sekolah yang bersangkutan juga akan dikenakan sanksi tidak boleh mengikuti SNMPTN jalur undangan pada tahun berikutnya. Hal ini akan dilakukan panitia setelah melakukan verifikasi data dan pembuktian bila benar-benar terbukti melakukan pelanggaran. “Sekolah harus bisa menjaga kredibilitas dan kejujuran dalam merekomendasikan siswa yang akan mengikuti SNMPTN undangan tahun ini sesuai dengan kemampuan siswa,” katanya. Menurut dia, saat ini seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia diinstruksikan melakukan sosialisasi mengenai penyelenggaraan jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013 kepada semua SMA yang sederajat. Sebanyak 61 PTN seluruh Indonesia serentak melakukan sosialisasi ke seluruh kepala sekolah. Pihak kepala sekolah diminta mengisi data rapor siswa melalui Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) mulai Senin (17/12/2012) hingga 8 Februari 2013. Seluruh data rapor siswa SMA sederajat akan terhimpun dan dipergunakan panitia pelaksana SNMPTN menyeleksi masuk jalur undangan.

…dst

3 ) Server PDSS Ngadat, Sekolah Diminta Segera Lapor
http://www.jpnn.com/read/2012/12/18/150877/Server-PDSS-Ngadat,-Sekolah-Diminta-Segera-Lapor-

Selasa, 18 Desember 2012 , 06:40:00
JAKARTA – Pelaksanaan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2013 yang dimulai perdana kemarin berjalan lancar. Panitia pusat belum menerima ada laporan server PDSS yang ngadat atau gangguan lainnya. Laporan evaluasi sementara pengisian PDSS itu disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) Panitia Pusat SNM PTN 2013 Rochmat Wahab. “Sebenarnya jika masih sehari masih belum diketahui terujinya,” ujar pria yang kembali terpilih menjadi rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) periode 2013-2017 itu. Dia menuturkan jika panitia benar-benar sudah tenang menjalankan PDSS jika telah berjalan sekitar tiga mingguan. Pada hari pertama ini, Rochmat mengatakan jika tim PDSS yang bermarkas di Universitas Indonesia (UI) belum menerima laporan adanya server yang macet. Menurutnya panitia sudah menyiapkan jaringan server untuk PDSS dengan kualitas bagus. “Intinya jika semua sekolah tertib meng-entry data, tidak akan ngadat,” jelas pria asal Jombang, Jatim itu. Jika ternyata ada sekolah yang mengalami hambatan meng-entry data di PDSS, Rochmat meminta untuk segera melapor ke panitia pusat. Menurutnya potensi server yang macet tetap saja ada.

…dst

4 ) Sekolah Diminta Mengisi PDSS Diawal
http://www.jpnn.com/read/2012/12/17/150752/Sekolah-Diminta-Mengisi-PDSS-Diawal-

Senin, 17 Desember 2012 , 06:16:00
JAKARTA – Secara resmi tahapan ujian nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2013 dimulai hari ini (17/12). Pada tahap pertama ini, seluruh SMA/sederajat diinstruksikan mengisi data sekolah dan rapor siswa di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) secara tertib dan tepat waktu. Sekretaris Umum (Sekum) pantia pusat SNM PTN 2013 Rochmat Wahab tadi malam menuturkan, pengisian PDSS kali ini adalah yang pertama kali dalam sejarah seleksi masuk kampus negeri. Tapi dia meminta kepala sekolah tidak perlu khawatir atau terganggu atas ketentuan ini. “Mereka harus sadar jika pengisian di PDSS ini adalah kewajiban. Karena menjadi dasar supaya siswanya bisa masuk SNM PTN tahun depan,” urai pria yang juga rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu. Rochmat mengatakan pihak sekolah tidak boleh meremehkan pengisian data siswa di PDSS. Proses pengisian ini dibuka mulai hari ini hingga 8 Februari tahun depan. Rochmat mewanti-wanti supaya pihak sekolah tidak menunda-nunda pengisian PDSS ini. “Jangan diundur-undur. Kalau perlu dilembur untuk sekolah yang siswanya banyak,” jelas guru besar bidang pendidikan anak berbakat itu. Rochmat meminta para sekolah tertib mengisi data di PDSS pada awal-awal masa pendaftaran. Jangan sampai terjadi penumpukan pengisian PDSS ini di masa-masa menjelang penutupan. Sebab rentan ada gangguan server PDSS dan merugikan siswa yang ingin mengikuti SNM PTN 2013.

…dst

5 ) Unej: Sekolah Berperan Aktif Dalam SNMPTN 2013
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/18/17351459/Unej.Sekolah.Berperan.Aktif.Dalam.SNMPTN.2013

Selasa, 18 Desember 2012 | 17:35 WIB
JEMBER, KOMPAS.com – Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember (Unej) Rokhani mengatakan pihak sekolah harus berperan aktif dalam tahapan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. “Pelaksanaan SNMPTN 2013 menuntut pihak sekolah untuk lebih aktif mengambil peran serta dalam proses memasukkan data ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan mendaftarkan siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju,” tuturnya di Kabupten Jember, Jawa Timur, Selasa (18/12/2012). Tahapan pendaftaran SNMPTN 2013 sudah dimulai sejak Senin (17/12/2012) http://edukasi.kompas.com/read/xml/2012/03/16/10213412, yakni pihak sekolah melaksanakan tahapan memasukkan nilai beserta data diri para siswanya yang duduk di kelas XII ke PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id hingga 8 Februari 2013. “Pelaksanaan SNMPTN 2013 memiliki perbedaan mendasar dengan SNMPTN 2012 karena pada SNMPTN 2013 mewajibkan pihak sekolah meng-‘entry’ data dengan menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sebagai username dan password,” tuturnya.

…dst

6 ) Rektor: Kaji Kekerasan Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/18/18113517/Rektor.Kaji.Kekerasan.Mahasiswa

Selasa, 18 Desember 2012 | 18:11 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com – Rektor Universitas Bengkulu Zainal Muktamar minta dilakukan kajian terhadap problem hidup ataupun akademik mahasiswa karena hasil tersebut dinilai penting untuk mencegah kekerasan di kampus. “Latar belakang ekonomi keluarga yang pas-pasan, sementara gaya hidup anak muda yang semakin hedonis ditambah beban studi yang berat dan bayang-bayang tantangan hidup pascalulus kuliah cukup potensial melahirkan ketakutan dan frustasi,” kata Zainal pada acara wisuda periode ke-68 Universitas Bengkulu, Selasa (18/12/2012). Selain itu, perlu evaluasi sistem dan pola pendidikan yang selama ini berlaku di kampus.Segala macam praktik kekerasan, baik fisik atau psikis, perlu segera diakhiri karena praktik pendidikan seperti itu bisa menimbulkan luka psikologis yang di kemudian hari mewujud dalam bentuk aksi kekerasan. “Yang penting dievaluasi adalah budaya kekerasan yang dipraktikkan dalam orientasi mahasiswa baru sebab kegiatan tersebut seringkali menjadi ajang pelampiasan emosi senior atas junior. Jika ini yang terjadi, orientasi mahasiswa baru sesungguhnya telah mewujud sebagai metode mewariskan dan mengekalkan kultur kekerasan di kampus,” ujarnya.

…dst

7 ) Penyaluran Dana Dekonsentrasi Pendidikan Dievaluasi
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/17/370778/293/14/Penyaluran-Dana-Dekonsentrasi-Pendidikan-Dievaluasi-

Senin, 17 Desember 2012 21:02 WIB
BANJARMASIN–MICOM: Pemerintah akan mengevaluasi mekanisme penyaluran dana dekonsentrasi pendidikan yang mencapai Rp12,4 triliun karena dinilai kurang efektif. Penyaluran dana sertifikasi guru juga akan dibenahi. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Syamsul Bahri di sela-sela pertemuan dengan Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin di Banjarmasin, Senin (17/12). “Penyaluran dana dekonsentrasi selama ini dinilai kurang efektif, sehingga perlu dievaluasi pada 2013. Tetapi untuk dana yang telah disalurkan tetap berjalan sebagaimana sebelumnya,” tuturnya. Jumlah dana dekonsentrasi yang dikucurkan pemerintah mencapai Rp12,4 triliun dari Rp380 triliun dana APBN bidang pendidikan. Dana belasan triliun rupiah itu terdiri dari Rp4,7 triliun untuk pendidikan dasar dan Rp7,7 triliun untuk pendidikan menengah (SMP-SMA). Dana dekonsentrasi pendidikan merupakan dana yang untuk bagi bantuan beasiswa miskin, termasuk dana tunjangan sertifikasi guru. Selama ini, pengelolaan dana dekonsentrasi pendidikan dinilai tidak transparan, tidak akuntabel, tidak efektif, serta sulit diawasi oleh publik. Bahkan, ditengarai dana triliunan rupiah itu rawan penyimpangan.

…dst

8 ) UNS Akan Terjunkan 4.000 Mahasiswa KKN
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/18/373/733926/uns-akan-terjunkan-4-000-mahasiswa-kkn

Selasa, 18 Desember 2012 17:15 wib
SOLO – Tahun 2013 mendatang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menerjunkan lebih dari 4.000 mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). “Mahasiswa yang akan diterjunkan dalam program KKN itu adalah mahasiswa mulai angkatan 2011,” jelas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Prof Dr. Ir. Darsono, Msi saat dikonfirmasi Okezone terkait diberlakukan kembali program KKN UNS, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (18/12/2012). Prof. Darsono mengatakan, setelah sempat dihentikan beberapa tahun, Program KKN UNS mulai tahun 2013 dilaksanakan kembali. Seperti halnya sebelum dihentikan, Program KKN ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa mulai angkatan 2011. “Program KKN ini di bawah koordinasi LPPM UNS,” jelasnya.

…dst

9 ) IISIP Siap Uji Kompetensi Wartawan
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/18/373/733804/iisip-siap-uji-kompetensi-wartawan

Selasa, 18 Desember 2012 14:31 wib
JAKARTA – Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta ditunjuk sebagai Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan Indonesia oleh Dewan Pers. Dengan demikian, IISIP Jakarta dapat menjadi tempat untuk menguji Standar Kompetensi Wartawan (SKW) Indonesia. Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan Dewan Pers Wina Armada Sukardi menyebut, ada empat lembaga yang dapat menjadi lembaga penguji kompetensi wartawan Indonesia. “Pertama organisasi wartawan, kedua perusahaan pers, ketiga lembaga pendidikan dan pelatihan wartawan, dan Perguruan Tinggi,” ujar Wina di Auditorium IISIP, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2012). Menurut Wina, penetapan IISIP Jakarta sebagai salah satu lembaga penguji kompetensi wartawan Indonesia melalui berbagai tahapan. Pertama, lewat verifikasi pada 5 Desember 2012. Setelah verfikasi pertama, pada 13 Desember 2012, IISIP Jakarta pun dinyatakan lolos sebagai lembaga penguji kompetensi wartawan Indonesia.

…dst

10 ) Uji Kompetensi Wartawan Tidak Wajib, Tapi Perlu
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/18/373/733961/uji-kompetensi-wartawan-tidak-wajib-tapi-perlu

Selasa, 18 Desember 2012 17:52 wib
JAKARTA – Ketua Dewan Pers Bagir Manan menyatakan, Uji Kompetensi Wartawan bukanlah suatu kewajiban bagi para wartawan Indonesia. Sehingga, tidak ada lembaga maupun instansi yang dapat memaksa wartawan untuk melakukan uji kompetensi tersebut. “Uji kompetensi bukan suatu kewajiban sehingga tidak bisa dipaksakan. Tapi ada konsekuensi terhadap mereka yang tidak mengikutinya, yakni penilaian dari masyarakat,” ungkap Bagir dalam kuliah umum di Auditorium Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2012). Bagir menjelaskan, uji kompetensi wartawan diperuntukan bagi jurnalis yang memang memiliki Standar Kompetensi Wartawan (SKW) yang telah ditetapkan. “Wartawan yang tidak punya kompetensi tidak usah diterima. Di sebuah daerah, orang-orang yang memang tidak memenuhi syarat ikut uji kompetensi kami batalkan,” tutur mantan Hakim Mahkamah Agung (MA) itu.

…dst

11 ) Mahasiswa Jangan Takut Gagal Berusaha
http://www.seputar-indonesia.com/news/mahasiswa-jangan-takut-gagal-berusaha

Selasa 18 Desember 2012
SEMARANG – Kampus menjadi tempat yang tepat untuk mendidik generasi muda berwirausaha. Caranya, memberikan pemahaman agar berani mengambil jalur wirausaha. “Kita harus hancurkan ekspektasi orang yang menganggap diri kita tidak mampu sukses berwirausaha. Walaupun kita masih muda dan masih duduk di bangku kuliah,” kata motivator termuda di Asia, Bong Chandra dalam seminar “Undip Preneur 2012” di Gedung Prof Soedarto Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang kemarin. Bong mengatakan, dulu banyak orang yang percaya dengan istilah life begins at 40. “Mereka percaya bahwa proses pendewasaan kehidupan baru dimulai pada saat kita berusia 40 tahun.Tapi, saya percaya Tuhan senang menyatakan kuasanya melalui kelemahan-kelemahan kita, senang menyatakan kuasanya melalui anakanak muda, dan mereka yang sering dipandang sebelah mata. Kenyataannya, ungkap Bong,realita yang terjadi saat ini sangat bertolak belakang. Begitu banyak anak muda yang menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangan sementara.

…dst

12 ) Institut Seni dan Budaya di Makassar Disepakati
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/18/1214493/Institut.Seni.dan.Budaya.di.Makassar.Disepakati

Selasa, 18 Desember 2012 | 12:14 WIB
KOMPAS.com – Sejumlah akademisi, praktisi seni, dan aparat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyepakati pendirian Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) dalam seminar nasional di Makassar, Jumat (14/12). Menurut Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muallim, pihaknya menyediakan lahan seluas 3,5 hektar di Jalan Perintis Kemerdekaan, tak jauh dari Universitas Hasanuddin. Sementara untuk perumusan kurikulum dan jurusan akan dilakukan bersama dengan tim Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Dari hasil studi kelaikan yang dilakukan tim ISI beberapa bulan terakhir, ISBI akan terdiri atas tiga fakultas, yakni Seni Rupa dan Desain, Seni Pertunjukan, serta Budaya dan Media. “ISBI Sulsel diharapkan memotori perkembangan seni dan budaya di wilayah Indonesia timur,” ujar Muallim. Pendirian ISBI Sulsel Disepakati (RIZ)

…dst

13 ) Tersedia 6 Beasiswa S-2 Humaniora di UK
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/17/368/733282/tersedia-6-beasiswa-s-2-humaniora-di-uk

Senin, 17 Desember 2012 18:09 wib
JAKARTA – University of Sheffield, Inggris membuka program beasiswa Wolfson bagi para mahasiswa Inggris, Uni Eropa, serta mahasiswa internasional. Enam beasiswa pascasarjana tersebut akan diberikan pada bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran, kesehatan, pendidikan, serta seni dan humaniora. Beasiswa pascasarjana Wolfson ini akan tersedia di wilayah subjek yang luas termasuk sejarah, sastra dan bahasa. Beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang menunjukkan potensi untuk membuat dampak pada salah satu bidang dan menjadi pemimpin akademis di masa depan. Fasilitas beasiswa hanya akan diberikan kepada para mahasiswa yang bercita-cita untuk mengejar karier akademik. Para penerima beasiswa akan didanai selama tiga tahun studi penuh waktu atau dalam kurun waktu enam tahun studi paruh waktu. Ini tergantung dari kemajuan yang memuaskan. Mereka akan mendapatkan biaya kuliah, biaya tahunan termasuk pembebasan pajak pemeliharaan gaji sebesar 15 ribu poundsterling. Fasilitas lainnya adalah dana dukungan pelatihan penelitian sebesar 5.500 poundsterling per tahun untuk kunjungan studi, konferensi, buku, barang habis pakai, serta peralatan penunjang lainnya.

…dst

14 ) Berburu Beasiswa Harvard University
http://kampus.okezone.com/read/2012/12/18/368/733628/berburu-beasiswa-harvard-university

Selasa, 18 Desember 2012 10:07 wib
JAKARTA – Harvard University adalah salah satu institusi pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia. Didirikan pada 1636, Harvard adalah institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat yang menerima pelajar dari seluruh dunia. Harvard telah menjadi tujuan studi para pelajar internasional dengan kesempatan untuk berpartisipasi pada lingkup aktivitas yang begitu luas. Harvard University membaktikan dirinya dalam pengajaran dan pembelajaran serta riset dan pengembangan jiwa kepemimpinan di berbagai disiplin ilmu untuk membuat perubahan di dunia. Kampus Ivy League ini menawarkan beragam kelompok bidang studi. Berbagai program studi yang ditawarkan Harvard di antaranya Bisnis, Ilmu Sains dan Seni, Desain, Ilmu Pendidikan, Ilmu Hukum, Ilmu Kedokteran, Ilmu Kedokteran Gigi, Ilmu Teknik dan Teknik Terapan, serta Kesehatan Publik.

…dst

15 ) Universitas Inggris Luncurkan Kuliah “Online”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/18/1224558/Universitas.Inggris.Luncurkan.Kuliah.Online.

Selasa, 18 Desember 2012 | 12:24 WIB
KOMPAS.com – Sejumlah universitas di Inggris meluncurkan proyek online yang memungkinkan kuliah dilakukan melalui komputer, tablet atau telepon pintar. Kuliah melalui internet itu akan dimulai tahun depan dan melibatkan sejumlah perguruan tinggi termasuk Universitas Terbuka, Bristol, King’s College London, Lancaster, Birmingham dan St Andrews. Menteri urusan universitas, David Willetts, mengatakan, pengajaran melalui online ini merupakan revolusi terhadap cara konvensional dalam model pendidikan resmi. Proyek ini merupakan langkah terbesar yang dilakukan Inggris untuk terlibat dalam kuliah melalui internet.

…dst

16 ) Kurikulum 2013 Dinilai Kemunduran
http://www.seputar-indonesia.com/news/kurikulum-2013-dinilai-kemunduran

18 Desember 2012
YOGYAKARTA – Dewan Pendidikan DIY menilai kurikulum 2013 yang rencananya akan mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 mendatang merupakan cermin kemunduran penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Alasannya,perumusan kurikulum 2013 tanpa didasari evaluasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.”Kurikulum 2013 yang tanpa evaluasi KTSP 2006 tentu akan membingungkan guru dan pemangku pendidikan. Padahal KTSP 2006 sampai saat ini saja baru menuju uji coba.Belum lagi ketidaksiapan para guru memenuhi kewajiban mengajar 24 jam sepekan,” kata Ketua Dewan Pendidikan DIY Wuryadi kemarin. Kepada wartawan di Yogyakarta, Wuryadi mengatakan kurikulum 2013 juga bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Peraturan Pemerintah (PP) No 19/2005. Penekanan pengembangan kurikulum 2013 itu hanya bersifat orientasi pragmatis. Orientasi keberagaman siswa sesuai dengan wilayah dan satuan pendidikan sebenarnya telah diinisiasi dalam KTSP. Tapi,kini disamaratakan dalam kurikulum 2013. “Ini jelas kemunduran pendidikan kita.Padahal keanekaragaman siswa menjadi salah satu realitas pendidikan di Indonesia dengan pelayanan pendidikan yang juga berbeda.Harusnya, apa yang belum ada atau kurang dalam KTSP diakomodasi dalam kurikulum 2013,bukan malah mengubah yang sebenarnya sudah baik,” papar Wuryadi.

…dst

17 ) Februari, Buku Pelajaran Baru Digandakan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/17/08444348/Februari.Buku.Pelajaran.Baru.Digandakan

Senin, 17 Desember 2012 | 08:44 WIB
MATARAM, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan proses penggandaan buku pelajaran terkait kurikulum baru pada bulan Februari mendatang. Buku ajar ini akan diperbanyak setelah silabusnya rampung disusun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa substansi buku ajar berada sepenuhnya di tangan pemerintah. Saat ini silabus untuk buku ajar bagi guru dan siswa masih dimatangkan lagi agar Februari proses penggandaannya dapat langsung dilaksanakan. “Setelah rumusan dan silabusnya selesai baru digandakan. Sekitar Februari nanti akan digandakan,” kata Nuh seusai mengunjungi Pondok Pesantren Nadhlatul Wathon di Pancor, Nusa Tenggara Barat, Minggu (16/12/2012). Untuk wewenang penggandaan buku ajar ini sendiri, pihak kementerian akan menyerahkan pada tiap pemerintah daerah. Dengan demikian, masing-masing daerah dapat memperbanyak buku ajar sesuai kebutuhan berdasarkan jumlah guru dan siswa.

…dst