1 ) Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Bahas Bantuan Operasional PTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1029

02/08/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai Senin (11/2/2013) depan akan menggelar kegiatan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013. Salah satu agenda yang dibahas adalah implikasi dari Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, pada sidang komisi akan membahas bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) dan tarif pembiayaan di pendidikan tinggi. BOPTN merupakan instrumen kontrol finansial untuk menetapkan biaya yang ditanggung oleh mahasiswa. “Tujuan akhirnya adalah meringankan beban yang harus ditanggung oleh mahasiswa,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Rabu (6/2/2013). Mendikbud mengatakan, pada akhir bulan ini pemerintah akan merilis standar satuan biaya operasional pendidikan tinggi. Standar satuan biaya ini menjadi dasar untuk mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk PTN, “Nanti SPP tidak boleh lebih tinggi dari unit cost,” katanya. Standar yang akan keluar secara periodik ini ditetapkan dengan mempertimbangkan capaian Standar Nasional Pendidikan Tinggi, jenis program studi, dan indeks kemahalan wilayah.

…dst

2 ) Lima Fokus Bahasan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1030

02/08/2013
Jakarta — Ada lima prioritas pendidikan dan kebudayaan yang akan diangkat dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2013. Kelima prioritas tersebut merupakan bahasan penting yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2010-2014 yang akan segera berakhir. “Menjelang akhir RPJMN ini kita harus melihat kembali apa saja terget-target kita dan sudah sejauh mana capaiannya,” kata Sekretaris Jenderal Kemdikbud Ainun Na’im, pada jumpa pers RNPK 2013 di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/02). Dari lima prioritas tersebut salah satunya adalah kurikulum 2013. Dalam RNPK 2013 ini akan dibahas bagaimana implementasi kurikulum 2013, termasuk di dalamnya penyiapan guru dan penyiapan buku. Kedua, RNPK akan membahas implikasi atas berlakunya undang-undang pendidikan tinggi yang disahkan pada Desember 2012 lalu. Bagaimana perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan tinggi bisa tercapai. Misalnya, bagaimana mekanisme penyaluran Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), penyaluran bantuan mahasiswa, mendirikan perguruan tinggi di daerah terpencil dan pendirian akademi komunitas.

…dst

3 ) Mendikbud: Untuk Efek Jera, Umumkan Sekolah yang Curang
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/09492722/Mendikbud.Untuk.Efek.Jera.Umumkan.Sekolah.yang.Curang

Jumat, 8 Februari 2013 | 09:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Hingga saat ini, Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tetap memilih bungkam mengenai data sekolah yang masuk daftar hitam dan dilarang mengikuti SNMPTN 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, justru mendorong agar nama sekolah yang curang dan mendapat sanksi tidak boleh ikut SNMPTN tersebut diumumkan kepada masyarakat. Selain untuk memberi kepastian kepada orangtua siswa yang mulai resah, pengumuman sekolah yang masuk daftar hitam itu juga memberi efek jera bagi sekolah tersebut. “Kalau perlu diumumkan, ya diumumkan saja. Tidak apa diumumkan agar ada efek jera untuk sekolah itu,” kata Nuh seusai Rapat Kerja bersama DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Untuk itu, ia mengimbau pada semua sekolah yang ada di seluruh Indonesia untuk tidak berbuat curang. Pasalnya, tindakan curang satu siswa atau sekolah akan mempengaruhi siswa lain dan merugikan yang lain. Meski sebenarnya, siswa yang tak bisa ikut SNMPTN ini masih dapat masuk PTN melalui jalur SBMPTN atau jalur mandiri.

…dst

4 ) Sanksi “Blacklist” untuk Sekolah Curang Dipertanyakan
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/16082293/Sanksi.Blacklist.untuk.Sekolah.Curang.Dipertanyakan

Jumat, 8 Februari 2013 | 16:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sanksi yang diberikan pada sekolah untuk tidak mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 lantaran diketahui berbuat curang ternyata menuai kontroversi. Dasar hukum dari pemberlakuan sanksi ini pun dipertanyakan. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Dedi Gumilar, mempertanyakan landasan hukum yang digunakan oleh Panitia SNMPTN hingga dapat memasukkan sekolah dalam daftar hitam dan melarangnya ikut SNMPTN.”Yang menindak sekolah ini harusnya kan Pemda karena ada di bawah wewenang mereka. Bahkan, Kemdikbud juga tidak bisa. Lalu, dasar hukum Panitia SNMPTN ini apa?” kata Dedi saat rapat kerja dengan Kemdikbud di ruang rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

…dst

5 ) Rekayasa Nilai Siswa SNMPTN Terungkap
http://www.jpnn.com/read/2013/02/08/157489/Rekayasa-Nilai-Siswa-SNMPTN-Terungkap-

Jum’at, 08 Februari 2013 , 05:02:00
KENDARI – Dugaan rekayasa nilai yang dilakukan pihak SMAN 9 Kendari, Sulawesi Tenggara pada sebagian siswa dengan imbalan bayaran, berhembus dan menimbulkan keprihatinan banyak pihak. Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, Aladin pun langsung beraksi dan berpendapat, dari sudut pandang apapun tindakan itu tidak bisa dibenarkan, sehingga tidak boleh dilakukan. “Kita akan konfrontir dengan Diknas untuk menindak guru bersangkutan. Bahkan kalau perlu dipecat, supaya menjadi efek jera bagi sekolah lain. Ini pelanggaran, tidak bisa dibiarkan,” kata Aladin seperti dilansir Kendari Pos (JPNN Group), Kamis (7/2). Mengingat proses pengisian nilai siswa di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) saat ini sedang berlangsung, Aladin mengaku persoalan itu harus secepatnya diselesaikan agar tidak merambah ke sekolah lain. Minimal harus ada penegasan dari Diknas agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Kami agendakan hearing dengan Kepala SMAN 9 Kendari bersama Diknas Kota Kendari. Harus ada kejelasan supaya tidak menimbulkan kesan buruk pada masyarakat. Kalau terbukti ditindak, kalau tidak maka harus diclearkan, karena ini menyangkut citra sekolah juga,” ungkapnya.

…dst

6 ) Sekolah Diberi Tambahan Waktu Lengkapi PDSS
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/02/08/mhwov3-sekolah-diberi-tambahan-waktu-lengkapi-pdss

Jumat, 08 Februari 2013, 21:42 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sekolah diberi tambahan waktu selama tiga hari untuk melengkapi data siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, kata Sekretaris Panitia Pelaksana Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Rochmat Wahab. “Sekolah diberi tambahan waktu hingga 11 Februari untuk melengkapi data siswa. Tapi kalau sekolah tersebut sama sekali belum mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS, sama sekali tidak ada lagi kesempatan untuk mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN pada tahun ini,” ujar Rochmat kepada Antara di Jakarta, Jumat (8/2). Hari ini, Jumat (8/2), menjadi hari terakhir sekolah untuk memasukkan data ke PDSS. Pendaftaran dibuka sejak 17 Desember. Siswa yang sekolahnya tidak memasukkan data ke PDSS tidak bisa mengikuti SNMPTN. Namun siswa tersebut masih bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

…dst

7 ) Jumlah Sekolah Daftar SNMPTN Meningkat
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/19400771/Jumlah.Sekolah.Daftar.SNMPTN.Meningkat

Jumat, 8 Februari 2013 | 19:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Jumlah sekolah yang melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau yang memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa di laman SNMPTN meningkat hingga dua kali lipat. “Jumlah sekolah yang mendaftar SNMPTN hingga hari ini mencapai 14.464. Lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 7.900 sekolah,” kata Sekretaris Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Prof Rochmat Wahabujar di Jakarta, Jumat (8/2/2013). Hari ini, Jumat, menjadi hari terakhir sekolah untuk memasukkan data ke PDSS setelah dibuka sejak 17 Desember. Peningkatan tersebut, sambung Rochmat, sangat berkaitan dengan sosialisasi yang melibatkan perguruan tinggi yang ada di wilayah tersebut.

…dst

8 ) Perang terhadap Ijazah Palsu Tak Boleh Berhenti
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/18534464/Perang.terhadap.Ijazah.Palsu.Tak.Boleh.Berhenti

Jumat, 8 Februari 2013 | 18:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menegaskan tak berhenti untuk memberantas keberadaan bisnis ijazah palsu yang diam-diam terus bergerak. Tahun lalu, pihaknya bahkan melanjutkan kasus ini kepada yang berwajib dan berhasil menangkap tiga pembuat ijazah palsu melalui dunia maya. Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen DIKTI, Illah Sailah, mengatakan bahwa kasus ijazah palsu ini masuk ranah pidana sehingga penyelesaiannya dilimpahkan pada pihak kepolisian. Namun dalam melakukan penelusuran terhadap para pembuat ijazah palsu ini tetap dilakukan pihaknya. “Kami berusaha terus memberantas hal semacam ini. Tadi ini tidak mudah karena pergerakan para pembuat ijazah palsu ini tak terstruktur tapi masif,” kata Illah kepada Kompas.com, Jumat (8/2/2013). Ia juga menjelaskan bahwa ijazah tersebut secara kasat mata memang tidak bisa dibedakan begitu saja. Menurutnya, hanya pihak universitas yang bersangkutan yang bisa membedakan mana ijazah palsu atau ijazah asli. Pasalnya, format dan logo itu langsung berada di tangan perguruan tinggi tersebut dan kemudian dicetak oleh Peruri.

…dst

9 ) Laporkan Penjual dan Pembeli Ijazah Palsu
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/09391075/Laporkan.Penjual.dan.Pembeli.Ijazah.Palsu

Jumat, 8 Februari 2013 | 09:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak ada toleransi bagi penyedia jasa pembuatan dan pembeli ijazah palsu. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan, sanksi pidana berat dan denda mengancam keduanya karena telah memalsukan dokumen negara. Masyarakat diminta bekerja sama untuk melaporkan jika menemui tindak pemalsuan ijazah. “Kalau memang menemukan hal semacam itu, laporkan ke pihak berwajib atau bisa juga ke Kemdikbud,” kata Nuh saat dijumpai seusai rapat kerja dengan DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Kamis (7/2/2013). “Dua-duanya kena pokoknya, dan harus diberi hukuman paling berat. Ini sudah tidak benar,” ungkap Nuh. Kasus ijazah palsu ini sebenarnya bukan barang baru lagi. Namun, gaungnya perlahan tak terdengar. Siapa sangka jika diam-diam perusahaan yang menawarkan ijazah palsu masih terus mencari pelanggan dan mengobral jasanya seperti yang dilakukan PT Mitra Consultant melalui dunia maya. Sulitnya mendapat kerja atau kemalasan menempuh pendidikan tinggi melalui jalur yang seharusnya membuat orang menghalalkan pemalsuan ijazah kelulusan dari universitas ternama dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) yang memuaskan.

…dst

10 ) Ingat, Bisnis Ijazah Palsu Terancam Sanksi Pidana
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/09172717/Ingat.Bisnis.Ijazah.Palsu.Terancam.Sanksi.Pidana

Jumat, 8 Februari 2013 | 09:17 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, memperingatkan, tindak pemalsuan ijazah tidak sekadar dikenai denda uang saja. Berdasarkan UU Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas), institusi, perusahaan atau agen yang terbukti menjual ijazah palsu diancam sanksi pidana sekaligus denda. “Awalnya memang hanya sanksi denda saja. Tapi melihat kerugian yang didapat dari tindakan tersebut, ini harus kena pidana juga,” kata Nuh saat dijumpai seusai Rapat Kerja bersama DPR RI di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Ia menegaskan bahwa ijazah ini memiliki civil effect yang membuat seseorang diakui dan dapat diterima bekerja di sebuah perusahaan bahkan mengabdi sebagai pegawai negeri sipil atau pejabat negara. Oleh karena itu, ijazah palsu yang digunakan malah akan merugikan banyak pihak. Bisnis ijazah palsu ternyata masih subur bahkan kini menjaring pelanggan melalui dunia maya. Perusahaan yang terang-terangan menjalankan bisnis ijazah palsu, seperti PT Mitra Consultant, tak segan-segan mengklaim bahwa ijazah tersebut aman digunakan untuk mencari kerja (Baca: Terang-terangan Jual Ijazah Palsu di Internet (1)).

…dst

11 ) Gelar di Atas Segalanya, Sebab Ijazah Palsu Sulit Diberantas
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/15155633/Gelar.di.Atas.Segalanya.Sebab.Ijazah.Palsu.Sulit.Diberantas

Jumat, 8 Februari 2013 | 15:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kasus jual beli ijazah palsu bukan sesuatu yang baru di negara ini. Meski telah coba diberantas berulang kali, bisnis ijazah palsu ini tidak pernah mati bahkan malah diminati dari berbagai kalangan baik kalangan masyarakat biasa hingga calon pejabat negara. Pengamat Pendidikan, Romo Benny Susetyo, mengatakan bahwa bisnis ijazah palsu ini memang tidak akan mati selama budaya masyarakat Indonesia yang mengagungkan gelar akademis daripada kemampuan ini terus dipelihara. Situasi seperti ini membuat bisnis ijazah palsu diam-diam terus diminati. “Orang kita ini lebih suka melihat seseorang gelarnya apa. Orang yang memiliki gelar tertentu dianggap istimewa dan dihargai. Melihat fenomena ini, orang jadi berlomba bagaimana caranya dapat gelar dengan mudah,” kata Romo Benny kepada Kompas.com, Jumat (8/2/2013). “Contoh saja, orang bergelar doktor atau profesor ini dianggap maha penting dan tahu segalanya padahal belum tentu,” ujar Romo Benny.

…dst

12 ) Beasiswa Doktor Bakal Dibatasi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/09025286/Beasiswa.Doktor.Bakal.Dibatasi

Jumat, 8 Februari 2013 | 09:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pemberian beasiswa kepada dosen dan calon dosen yang melanjutkan pendidikan doktor, mulai 2013 akan dibatasi. Beasiswa hanya akan diberikan untuk program studi di perguruan tinggi yang terbukti mampu menghasilkan publikasi di jurnal internasional. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, kebijakan ini untuk mendorong program studi yang membuka program doktor di perguruan tinggi, berlomba-lomba memublikasikan karya ilmiah atau penelitiannya di jurnal internasional. Menurut Djoko, kewajiban doktor memublikasikan hasil riset atau karya ilmiahnya tertuang dalam Surat Edaran Ditjen Dikti Nomor 152/E/T/2012 yang dikeluarkan 27 Januari 2012. Meski demikian, surat edaran ini belum dijalankan secara optimal. Oleh karena itulah, mulai tahun ini, kewajiban itu akan diperketat. “Tujuannya semata-mata untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah dari Indonesia yang tertinggal dibanding negara-negara lain,” kata Djoko, Kamis (7/2). Djoko mengatakan, jenjang doktor seharusnya mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, atau seni baru melalui riset sehingga menghasilkan karya kreatif, orisinal, dan teruji.

…dst

13 ) ‘Disclaimer’ Berulang, DPR Kritik Kemdikbud
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/15583314/Disclaimer.Berulang.DPR.Kritik.Kemdikbud

Jumat, 8 Februari 2013 | 15:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dipertanyakan oleh dewan. Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Oelfah Harmanto, meminta pihak kementerian untuk menjelaskan penyebab predikat disclaimer dari BPK selama dua tahun berturut-turut. “Bagaimana bisa dua tahun berturut-turut memperoleh disclaimer? Ini harus dijelaskan dan ditelusuri agar tidak kembali terulang pada tahun ini,” kata Oelfah saat Rapat Kerja dengan Kemdikbud di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan penelusuran secara mendalam dan perbaikan terhadap tata kelola keuangan. Ia juga menyayangkan pihaknya yang dua kali berturut-turut diberi predikat disclaimer oleh BPK. “Kami juga tidak ingin tahun ini kembali mendapat disclaimer. Kalau sampai disclaimer lagi, itu berarti ada yang aneh dan harus segera dituntaskan,” tandasnya.

…dst

14 ) Anggaran Janggal di Kemendikbud Rp 65 M
http://www.jpnn.com/read/2013/02/08/157497/Anggaran-Janggal-di-Kemendikbud-Rp-65-M-

Jum’at, 08 Februari 2013 , 07:24:00
JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan kejanggalan penggunaan anggaran di Kemendikbud senilai Rp 65 miliar. Kejanggalan itu tertuang dalam ikhtisar audit BPK semester I tahun anggaran 2012 dalam lima temuan. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, dari lima temuan itu memunculkan 15 buah rekomendasi. “Sebelas rekomendasi sudah beres, tinggal sisa empat saja,” kata dia Kamis (7/2). Mantan pimpinan KPK itu mengatakan, seluruh rekomendasi BPK yang belum beres ada di Universitas Riau (Unri). Kasus yang paling besar adalah adanya utang dari satuan unit di Unri yang belum beres. “Satuan unit itu meminjam uangnya ke kampus, jadi bukan ke bank,” kata dia. Nah, perjanjian utang itu yang akhirnya memunculkan catatan merah di buku tim audit BPK. Selain urusan utang, lanjut dia, PTN tetap bandel dalam urusan pembukaan rekening. Menurut dia, aturannya setiap pembukaan rekening baru wajib dilaporkan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Banyak dosen yang setiap dapat proyek langsung membuka rekening baru. Ini harus ditertibkan,” kata dia. Di antara rekor rekening PTN terbanyak adalah di UGM yang mencapai ribuan nomor rekening. Haryono mengatakan, kejanggalan di PTN berpotensi memperburuk audit BPK atas keuangan Kemendikbud.

…dst

15 ) PTN, Silakan Tarik Banyak Keuntungan dari Kerja Sama
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/08/08564943/PTN.Silakan.Tarik.Banyak.Keuntungan.dari.Kerja.Sama

Jumat, 8 Februari 2013 | 08:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengingatkan perguruan tinggi negeri (PTN) untuk tidak membebani mahasiswa baru dengan biaya yang tinggi. Dari tiga pos yang menjadi sumber pemasukan, Nuh mendorong PTN-PTN untuk menarik banyak keuntungan dari kerja sama dengan pihak ketiga. Menurutnya, pemasukan untuk menjamin hidupnya PTN selama ini mengalir dari tiga blok. Blok ketiga adalah kerja sama riset atau penelitian dan industri dengan pihak ketiga. Tidak ada batasan biaya atau keuntungan yang bisa diraup dari kerja sama ini. “Jadi berlombanya di blok tiga. Mau tarik biaya banyak dari perusahaan yang nyekolahin atau ngadain pelatihan di PTN tersebut silakan saja. Yang penting jangan tarik dari mahasiswa masuk melalui SNMPTN, SBMPTN atau mandiri. Tidak boleh dibebani sama sekali,” ungkapnya saat dijumpai di DPR RI, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Sementara itu, blok pertama adalah pembiayaan yang berasal dari mahasiswa. Dengan kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diterapkan, PTN justru diinstruksikan untuk menekan pemasukan dari blok ini. “UKT ini kaitan awalnya dengan blok pertama. Jadi kalau PTN mendapat kenaikan income dari blok pertama maka beban yang dibebankan pada mahasiswa itu naik. Itu yang harus dikendalikan. Jangan sampai beban yang ditanggung mahasiswa itu naik” tambahnya.

…dst

16 ) UGM, Situs Kampus Terpopuler se-Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/08/373/758934/ugm-situs-kampus-terpopuler-se-indonesia

Jum’at, 08 Februari 2013 16:08 wib
JAKARTA – Webometrics kembali mengumumkan daftar situs perguruan tinggi paling eksis periode Januari 2013. Di lingkup Indonesia, laman Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dinobatkan sebagai laman universitas tereksis setelah sebelumnya mendapatkan posisi pertama dalam pemeringkatan 4 International Colleges and Universities (4ICU) se-Indonesia. UGM berhasil mempertahankan posisi puncak selama dua periode berturut-turut. Setelah UGM, bertengger Institut Teknologi Bandung (ITB) di posisi dua bertukar tempat dengan Universitas Indonesia (UI) yang harus puas di peringkat ketiga. Demikian, seperti dikutip dari situs Webometrics, Jumat (8/2/2013). Di peringkat keempat, terdapat satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam daftar 10 besar di Tanah Air, yakni Universitas Gunadarma. Di posisi kelima terdapat Universitas Brawijaya (UB) Malang yang naik empat peringkat dari sebelumnya.

…dst

17 ) ITS Turun peringkat di Webometrics 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/08/373/758985/its-turun-tajam-di-webometrics-2013

Jum’at, 08 Februari 2013 17:03 wib
JAKARTA – Sama seperti sebelumnya, Webometrcis kembali meluncurkan daftar situs perguruan tinggi paling populer. Secara keseluruhan, dalam pemeringkatan versi Januari 2013 se-Indonesia, banyak perguruan tinggi yang merangkak naik. Seperti halnya Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kedua perguruan tinggi tersebut menanjak empat peringkat dari posisi mereka sebelumnya. Undip kini menempati posisi enam sementara UB berada di peringkat lima. Tidak hanya itu, Universitas Gunadarma (Gundar) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) juga naik peringkat. Naik dua peringkat, Gundar berhasil menggantikan posisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di posisi empat. Sementara ITB pun naik satu peringkat membayangi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di posisi puncak.

…dst

18 ) Dua Mahasiswa Unnes Juara Atletik se-ASEAN
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/08/373/758887/dua-mahasiswa-unnes-juara-atletik-se-asean

Jum’at, 08 Februari 2013 15:22 wib
JAKARTA – Dua mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) meraih juara atletik pada kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Asean 2012 di Laos. Mereka adalah M Rusmanto dan Krisna Wahyu. Kedua mahasiswa Unnes tersebut dikirim oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tingi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemendikbud) sebagai wakil perguruan tinggi se-Indonesia. M Rusmanto keluar sebagai juara dua di cabang lempar lembing dengan jauh lemparan 61,47 m. Sementara itu Krisna mencetak prestasi serupa di cabang tolak peluru dengan lemparan sejauh 15,43 m. Krisna menyebutkan, secara keseluruhan tim Malaysia berhasil menggungguli Indonesia dan negara peserta lainnya pada ajang yang berlangsung Desember lalu itu. “Tim dari Malaysia berhasil menguguli Indonesia. Adapun tim dari Thailand berada di urutan ketiga,” kata Krisna, seperti disitat dari situs Unnes, Jumat (8/2/2013).

…dst

19 ) Wow, Dua Mahasiswa Unpad Lulus Tercepat & IPK Tertinggi
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/07/373/758515/wow-dua-mahasiswa-unpad-lulus-tercepat-ipk-tertinggi

Jum’at, 08 Februari 2013 09:06 wib
JAKARTA – Ada yang unik dari Wisudawan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Gelombang II Tahun Akademik 2012/2013. Pasalnya, dua mahasiswa dua wisudawan dari program studi Sastra Sunda berhasil dinobatkan sebagai peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dan wisudawan dengan masa studi tercepat. Mereka adalah Euis Siti Nur Fauziah dan Fera Febriani. Euis menyandang predikat wisudawan dengan IPK tertinggi, yakni 3,94 sementara Fera tercatat sebagai wisudawan dengan masa studi tercepat, yaitu tiga tahun tiga bulan. Keduanya mengaku tidak menyangka dapat meraih prestasi tersebut. “Senang sekali, enggak pernah nyangka sebelumnya akan mendapat prestasi yang seperti ini,” ujar Euis dan Fera, seperti dinukil dari situs Unpad, Jumat (8/2/2013).

…dst

20 ) UII Jadi Rujukan Mahasiswa ;Woosong University’ Belajar Ekonomi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/07/mhuzva-uii-jadi-rujukan-mahasiswa-woosong-university-belajar-ekonomi-syariah

Kamis, 07 Februari 2013, 23:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Sebanyak delapan mahasiswa dari Woosong University Asian Market Project, Korea Selatan, Kamis (7/2), belajar ekonomi syariah di UII Yogyakarta. Sebelumnya, rombongan mengunjungi Jakarta, Bogor, dan Bandung. Menurut Primanita, Direktur System Application and Product (SAP) dan juga dosen Akutansi UII, Korea Selatan saat ini sedang menjajagi penerapan sistem ekonomi Islam. Karena itu, pengiriman mahasiswa ke UII ini untuk belajar tentang ekonomi Islam. “Selain belajar ekonomi syariah di UII, rombongan mahasiswa Korea Selatan juga berkunjung ke perusahaan batik Margaria,” kata Primanita. Kegiatan ini, lanjut Primanita, merupakan kunjungan balasan karena sebelumnya UII telah beberapa kali mengirim delegasi ke Solbridge International School of Business di Woosong University. UII dan Woosong University telah menjalin hubungan kerjasama sejak 2009 lalu. Kerjasama diwujudkan dalam bentuk pertukaran pelajar. “Kerja sama ini dapat memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa dan merupakan sarana untuk meningkatkan pemahaman budaya di antara kedua negara,” katanya.

…dst

21 ) Trisakti Terus Berkomitmen Perangi Narkoba
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/08/mhwkrk-trisakti-terus-berkomitmen-perangi-narkoba

Jumat, 08 Februari 2013, 20:14 WI
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Trisakti terus berupaya memerangi Narkoba di lingkungan kampus. Tak sia-sia, sejak medio 2008 hingga sekarang, tak ada satu pun mahasiswa yang dikeluarkan dari kampus karena Narkoba. Padahal sebelumnya, mulai 1999 sampai 2008, kampus Trisakti tercatat mengeluarkan 200 mahasiswa yang terlibat narkoba. “Komitmen Trisakti membersihkan narkoba di lingkungan kampus menunjukan keberhasilan,” kata Ketua Umum Gerakan Nurani Nusantara (GANN), M. Fariza Y. Irawady di Unversitas Trisakti, Jum’at (8/2).Fariza mengatakan, peredaran narkoba di lingkungan kampus sudah sangat memprihatinkan. Untuk itu, sangat penting bagi seluruh civitas akademika untuk memberi pendidikan dan penyadaran bahaya narkoba.”Sangat penting menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat dan bersih dari narkoba,” ujarnya.

…dst

22 ) Serunya ‘Wisata Game’ Ala STMIK Amikom
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/02/08/mhvt2b-serunya-wisata-game-ala-stmik-amikom

Jumat, 08 Februari 2013, 10:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Memperingati hari Amikom Game Development (AGD), STMIK Amikom menyelenggarakan kegiatan ‘wisata game’ untuk kalangan siswa Sekolah Dasar. Karena, game bisa menjadi salah satu media pembelajaran bagi anak-anak. Ketua Pelaksana Wisata Game, Sri Wina mengatakan, banyak orang tua yang menganggap game mengakibatkan kemalasan belajar pada anak. Hal tersebut dikarenakan kurang adanya pengkajian atas game tersebut. “Kegiatan ini juga mengajarkan mereka membuat game tersebut,” kata Wina kepada Republika di Sleman, Jumat (8/1). Namun, bukan berarti para siswa itu diajarkan teknis pemograman membuat game. Melainkan sekedar logika dan perhitungan dasarnya. Dengan begitu, disiplin ilmu yang mereka pelajari di sekolah dapat mereka terapkan dalam mengakses permainan. “Sebenarnya game juga melatih mereka untuk berfikir strategis dan mencari solusi,” ucapnya. Game wisata ini mendapat kunjungan dari 65 siswa SD Kadisoka Muhammadiyah. Kegiatan itu tidak hanya diisi dengan penyampaian materi, melainkan juga demonstrasi game yang ada.

…dst

23 ) Stikes Banjarmasin Dikembangkan Menjadi Universitas
http://regional.kompas.com/read/2013/02/08/20343469/Stikes.Banjarmasin.Dikembangkan.Menjadi.Universitas.

Jumat, 8 Februari 2013 | 20:34 WIB
BANJARMASIN, KOMPAS.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan dikembangkan menjadi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Hal ini disampaikan Chairil Anwar, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di sela-sela Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Workshop Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 2013 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (8/2/2013) sore. Menurut Chairil, saat ini proposal soal pengembangan Stikes Muhammadiyah Banjarmasin sudah diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Tinggal penilaian Kemdikbud apa yang kurang akan dibenahi. Mengenai izinnya sendiri, diharapkan sudah keluar dalam waktu dekat. Stikes Banjarmasin di lingkungan perguruan Muhammadiyah termasuk terbesar, dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 3.500 orang.

…dst

24 ) Komik Indonesia Raih International Manga Award di Jepang
http://internasional.kompas.com/read/2013/02/08/19320338/Komik.Indonesia.Raih.International.Manga.Award.di.Jepang

Jumat, 8 Februari 2013 | 19:32 WIB
TOKYO, KOMPAS.com – Komik “Lima Menit Sebelum Siaran” buatan dua orang anak muda Indonesia, Muhammad Fathanatul Haq (24) yang berprofesi sebagai artist dan Ockto Baringbing (29) seorang penulis, mendapat penghargaan Silver pada International Manga Award ke-6 di Jepang. Keberhasilan mereka bahkan dapat sambutan dan komentar yang sangat baik dari Ketua Dewan Juri, Machiko Satonaka. Komik dari Indonesia itu unggul dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang dan diikuti 38 negara dan 245 naskah. “Saya senang sekali dengan karya Lima Menit Sebelum Siaran. Sangat unik dan menarik sampai tertawa saya melihatnya, punya unsur komedi yang sangat baik. Ternyata dunia TV di mana-mana sama juga ya,” ungkapnya seusai acara penyerahan hadiah kepada para pemenang yang berlangsung di Iikura House Roppongi, Tokyo, Jepang, Jumat (8/2/2013). Satonaka yang juga pembuat manga profesional di Jepang sangat senang dengan berbagai keunikan karya mangga para peserta ternyata beraneka ragam. “Mereka sangat kreatif dan penuh enerjik kelihatan dari karya-karyanya. Saya sangat bahagia dan berharap manga bisa jauh lebih tersebarluas ke mana pun karena dengan manga juga bisa mengandung unsur pendidikan yang dapat menyampaikan segala macam bentuk kehidupan dan pengetahuan kepada masyarakat luas,” tambahnya.

…dst

25 ) LAPAN: Indonesia Tempat Terbaik untuk Lihat Asteroid
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/02/08/3/129549/LAPAN-Indonesia-Tempat-Terbaik-untuk-Lihat-Asteroid

Jum’at, 08 February 2013 | 12:28 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengatakan Indonesia merupakan tempat terbaik untuk melihat asteroid yang melintas di dekat bumi. “Wilayah terbaik untuk melihat asteroid tersebut memang di Indonesia karena asteroid itu melintas dari langit sebelah selatan,” ujar Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan Thomas Djamaluddin di Jakarta, Jumat (8/2). Asteroid itu, kata Thomas, terlihat dan memantulkan cahaya matahari pada Sabtu (16/2) dini hari sekitar pukul 02.26 WIB.Indonesia mempunyai jarak terdekat untuk melihat asteroid tersebut. Titik terdekat dengan bumi itu hanya berjarak sekitar 21 ribu km, di wilayah orbit satelit-satelit GPS. “Hampir di seluruh wilayah Indonesia bisa melihat asteroid itu. Tapi harus menggunakan teleskop, tidak bisa dengan mata telanjang,” tambah dia. Astreoid 2012 DA14 itu akan tampak seperti bintang redup yang melintas nisbi cepat dari arah langit Barat Daya menuju Timur Laut.

…dst

26 ) “LIPI, Please Bikin Peta Bioresources”
http://sains.kompas.com/read/2013/02/07/17314329/.LIPI.Please.Bikin.Peta.Bioresources.

Kamis, 7 Februari 2013 | 17:31 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana pembangunan di masa depan diharapokan mempertimbangkan aspek sumber daya alam hayati atau bioresource yang ada. Pembangunan dilakukan dengan memperkaya bioresource dan mencegah kerusakannya. Emil Salim, Ketua dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Ekonomi dan Lingkungan Hidup menuturkan, lembaga penelitian dan ilmuwan berperan dalam mendukung pembangunan berbasis sumber daya alam hayati tersebut. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Kamis (8/2/2013) meluncurkan buku berjudul “Bioresource untuk Pembangunan Ekonomi Hijau”. Buku memuat beragam sumber daya alam hayati Indonesia yang bermanfaat untuk lingkungan, farmasi maupun pangan. Emil mengapresiasi penyusunan kekayaan hayati Indonesia dalam buku tersebut. Namun, ia meminta LIPI berperan lebih. “LIPI please bikin peta bioresource. Apa saja bioresource Indonesia dan ada dimana,” kata Emil.

…dst

27 ) Kemendikbud Bedah Implementasi Kurikulum 2013
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/08/373/758719/kemendikbud-bedah-implementasi-kurikulum-2013

Jum’at, 08 Februari 2013 11:01 wib
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK). Kegiatan yang berlangsung pada 11 dan 12 Februari mendatang itu sekaligus mencanangkan pelaksanaan Kurikulum 2013. Tahun ini, tema yang diangkat dalam RNPK, yaitu Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan, terutama yang terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im mengungkapkan, RNPK 2013 bertujuan menganalisis masalah dan mencari solusi atas berbagai masalah pendidikan, khususnya di bidang program tahun berjalan, yakni 2013. “RNPK ini penting karena bertepatan dengan momentum berakhirnya RPJMN. Kita harus melihat kembali target RPJMN, sejauh apa yang telah kita raih serta target yang belum tercapai dan bagaimana cara untuk mengatasinya,” ujar Aninun Na’im di Gedung C Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2013). Pada kegiatan yang diperkirakan dihadiri sekira 1.003 peserta itu, Ainun menyebutkan, ada lima topik penting dari program prioritas pendidikan dan kebudayaan nasional. Pertama, implementasi kurikulum 2013.

…dst

28 ) Wisuda di RS Demi Ibu yang Sekarat
http://kampus.okezone.com/read/2013/02/08/373/759029/wisuda-di-rs-demi-ibu-yang-sekarat

Jum’at, 08 Februari 2013 18:08 wib
OHIO – Pada prosesi wisuda, kita akan melihat para wisudawan mengenakan toga, mendengar lagu himne sekolah diputar, serta berbagi kebahagiaan dengan teman dan keluarga. Tetapi, upacara wisuda ini sedikit berbeda. Sebuah upacara wisuda diselenggarakan di sebuah kamar perawatan rumah sakit di Ohio, belum lama ini, atas permintaan ibu seorang wisudawan yang sedang sakit keras. Sehari setelah putranya diwisuda di rumah sakit tersebut, sang ibu menghembuskan nafas terakhir. Permintaan terakhir Jennifer Linnabary setelah bertarung dengan kanker limfoma, bentuk langka dari kanker darah, adalah melihat anaknya, Ben, diwisuda dari sekolah. “Kami tahu bahwa ibu saya dalam keadaan sakit yang sangat parah, dan hal terakhir yang sangat diinginkannya adalah melihat saudara laki-laki saya lulus sekolah,” ujar Becca Asimus, anak perempuan Linnabary, seperti dilansir ABCNews.com, Jumat (8/2/2013).

…dst