1 ) Penjelasan RS Atma Jaya Pluit Soal Penanganan Medis Mahasiswi UI
http://news.detik.com/read/2013/02/11/181944/2167143/10/penjelasan-rs-atma-jaya-pluit-soal-penanganan-medis-mahasiswi-ui?ntprofil

Senin, 11/02/2013 18:19 WIB
Jakarta – – Annisa Azward (20), mahasiswi UI yang loncat dari angkot U10 pada Rabu (6/2) sempat dilarikan ke RS Atma Jaya, Jl Pluit Raya 2, Jakarta Utara, sebelum akhirnya meninggal di RS Koja. Berikut penjelasan RS tersebut tentang kondisi Annisa usai kejadian. Direktur SDM dan Umum RS Atma Jaya Yohanes Temaluru dan Humas RS Happy Herawati memberi keterangan pers di kantor rumah sakit, Senin (11/2/2013). Mereka mengklarifkasi sejumlah isu soal biaya dan penanganan medis Annisa. “(Annisa) dirujuk ke rumah sakit Koja, itu yang dilakukan kita. Prosedur standar ke rumah sakit lain itu dilakukan petugas kami. Dari catatan yang sempat direkam pukul 16.00 hari Rabu (6/2) diantar oleh supir angkot dan satu polisi,” kata Yohannes. Menurut dia, standar penanganan yang dilakukan pihak rumah sakit sudah sesuai standar. Pasien yang mengalami kecelakaan sempat dirawat di Instalasi Gawat Darurat, bahkan sempat ditangani oleh dokter ahli syaraf.

…dst

2 ) Mendikbud Susun Sistem Terintegrasi Bagi Penerima Beasiswa
http://www.analisadaily.com/news/read/2013/02/11/106694/mendikbud_susun_sistem_terintegrasi_bagi_penerima_beasiswa/#.URkb5_LdYuQ

Nasional – Hari ini Pkl. 07:14 WIB
Banjarmasin, (Analisa). Hingga kini, anak-anak di Indonesia masih banyak yang mengalami putus sekolah. Beragam alasan menjadi pemicu rendahnya kesadaran pendidikan. Dari faktor ekonomi hingga faktor soisal budaya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh mengatakan, banyak siswa sekolah dasar (SD) yang tidak mampu kemudian mendapatkan beasiswa di sekolah. Namun ketika lulus SD mereka tidak melanjutkan lagi ke SMP. “Karena tidak ada kepastian apakah di SMP dia akan memperoleh beasiswa lagi,” ujar Nuh di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (10/2). Oleh karena itu, ia mengatakan akan membuat suatu sistem untuk menanggulangi hal tersebut. Sehingga tidak ada alasan bagi siswa yang telah lulus SD tidak melanjutkan ke SMP. “Akan kita bikin sistem terintegrasi. Kita bikin tanda atau semacam kartu agar nanti di SMP dia dapat juga (beasiswa),” ungkapnya.
Nuh menjelaskan, siswa yang memperoleh beasiswa di SD tersebut tidak perlu lagi di verifikasi. Mereka cukup menunjukkan identitas saja. “Data kan sudah ada. Cukup ada identitas, tinggal pastikan dapat beasiswa,” tuturnya.

…dst

3 ) UNJ: Sudah Lama Hapus Uang Pangkal
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/09571588/UNJ.Sudah.Lama.Hapus.Uang.Pangkal

Senin, 11 Februari 2013 | 09:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menegaskan bahwa kampus sudah lama meniadakan uang pangkal. Bahkan kampus yang berdiri sejak tahun 1964 ini menyatakan bahwa sudah memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diwajibkan pada semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun akademik 2013/2014 ini sejak tahun lalu. Rektor UNJ, Bedjo Suyanto, mengatakan bahwa kebijakan UKT sudah dimulai oleh universitas yang terletak di Rawamangun sejak tahun lalu. Gagasan penerapan UKT ini sendiri bertujuan agar mahasiswa tidak repot membayar tarikan lain selain uang kuliah. “Uang pangkal sejak dulu UNJ memang nggak ada. Kalau UKT sebenarnya UNJ sudah sejak tahun lalu menerapkan,” kata Bedjo kepada Kompas.com, Jumat (8/2/2013). “Rapatnya tidak lama langsung setuju kalau nerapin UKT. Jadi mahasiswa nggak ada bayar yang printilan lagi,” jelas Bedjo.

…dst

4 ) PTS Kena Dampak dari Penghapusan Uang Pangkal PTN
http://www.pikiran-rakyat.com/node/222614

Senin, 11/02/2013 – 17:04
BANDUNG, (PRLM).- Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi menilai, dihapuskannya uang pangkal di PTN akan berdampak bagi perguruan tinggi terutama untuk PTS. “Pasti berdampak bagi PTS. Dampak paling besar bagi PTS yang belum stabil, kalau PTS yang stabil tetap jadi pilihan. Hal itu kan dilakukan dalam rangka pembatasan PTS,” kata Didi di Kota Bandung, Senin (11/2). Didi mengemukakan, pembebasan uang pangkal bagi mahasiswa PTN sebaiknya digunakan untuk pemerataan ke PTS. “Saya lebih setuju kalau PTS itu jangan diubah jadi PTN. Akan tetapi dibantu sehingga menjadi lebih murah dan kualitas menjadi lebih baik. PTS di tiap kab/kota disubsidi oleh pemerintah dari pada dijadikan negeri lebih mahal biayanya,” kata Didi. (A-208/A-88)***

…dst

5 ) Diperpanjang, Sekolah Perlu Cermat Isi Data
http://www.seputar-indonesia.com/news/diperpanjang-sekolah-perlu-cermat-isi-data

11 Februari 2013
YOGYAKARTA– Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akhirnya memutuskan memberi tambahan waktu kepada SMA/MA/SMK yang telah mendaftarkan diri melalui jalur pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS). Sebelumnya pendaftaran dan pengisian data ditutup pada Jumat (8/2). Namun karena banyak data sekolah maupun nilai siswa yang belum lengkap maka pengisian diperpanjang hingga hari ini pukul 22.00 WIB. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY telah mengimbau agar pihak sekolah memanfaatkan kelonggaran ini dengan segera melengkapi data siswa. ” Kami berterima kasih sekali.Dengan begitu,sekolah bisa lebih optimal mengisi kelengkapan data siswa dengan benar,”ujar Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji. Aji menuturkan, pihaknya juga akan mengejar pihak sekolah untuk segera melakukan perbaikan data yang belum tuntas. Hal tersebut tentu demi kepentingan para siswa agar memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi di PTN yang diinginkan. Seperti diketahui, dengan sistem pelaksanaan SNMPTN yang baru di tahun ini,pihak sekolah diwajibkan mendaftarkan para siswa dengan berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi seperti menyertakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Syarat ini justru menjadi kendala utama.Dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, keberadaan NISN bahkan tidak menjadi masalah. Kepala Bagian Humas UGM Wijayanti mengakui,panitia pusat SNMPTN memang memberikan kesempatan bagi sekolah yang telah mendaftar melalui PDSS namun belum menyelesaikan keseluruhan tahapan pendaftaran. Bagi sekolah yang belum mendaftar, kesempatan sudah tertutup bersamaan dengan ditutupnya pendaftaran sekolah di PDSS. “Kesempatan ini hanya berlaku bagi sekolah yang sebelumnya sudah mendaftar di PDSS untuk melengkapi tahapan pendaftaran atau sekadar memeriksa data siswa yang sudah dimasukkan.”

…dst

6 ) PTN Yogyakarta Alokasikan 50 Persen Kursi untuk SNMPTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/11/mi1svd-ptn-yogyakarta-alokasikan-50-persen-kursi-untuk-snmptn

Senin, 11 Februari 2013, 15:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Pada Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 ini Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di DIY memilih tidak menambah kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tersebut. Pasalnya, pemerintah tidak menambah sarana dan prasarana pendidikan di PTN tersebut. Ada PTN yang ada di DIY yaitu UGM, UNY dan UIN Sunan Kalijaga. Rektor UGM, Pratikno mengatakan, tahun ini pihaknya tidak akan menambah kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tersebut. “Hal ini bukan berarti kami tidak mendukung angka partisipasi siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, tetapi lebih pada pertimbangan kualitas pendidikan,” terangnya di UGM, Senin (11/2). Diakuinya, jika tidak ada penambahan sarana dan prasarana pendidikan dari pemerintah maka rasio pendidikan untuk peningkatan kualitas sulit tercapai. Karenanya pihaknya memilih tidak menambah kuota mahasiswa baru melalui jalur tersebut.

…dst

7 ) 11 Mahasiswa Unair Ikut Ekspedisi NKRI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/02/11/mi1tbd-11-mahasiswa-unair-ikut-ekspedisi-nkri

Senin, 11 Februari 2013, 16:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Sebanyak 11 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terpilih untuk mengikuti Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 yang digelar TNI Angkatan Darat (AD) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) sejak 7 Maret hingga 4 Juli 2013. “Ke-11 mahasiswa yang lolos seleksi administrasi itu berasal dari Unit Kegiatan Mahassiwa (UKM) Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) sebanyak dua orang, UKM Pramuka ada tiga orang, dan UKM Pecinta Alam Wanala ada enam orang,” kata anggota UKM Wanala, Aprilia Saga, di kampus setempat, Senin. Awalnya, mereka mendaftar setelah mendapat informasi dari Direktorat Kemahasiswaan Unair yang diminta Kopassus untuk mengikutsertakan mahasiswa Unair dalam ekspedisi, lalu hasil seleksi administrasi itu pun diumumkan pada 10 Februari lalu. “Tahap selanjutnya pada tanggal 17 Februari, peserta akan dibawa ke Pusdikpassus, Batujajar, Bandung untuk menjalani seleksi medis,” kata mahasiswi FISIP Unair itu.Senada dengan itu, anggota UKM KSR, Nunung Firda Istiqomah, menyatakan siap meninggalkan kegiatan perkuliahan demi mengikuti ekspedisi tersebut.

…dst

8 ) Penulis, Mantan Putri Indonesia sampai CEO Siap Berbagi Mimpi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/17004562/Penulis.Mantan.Putri.Indonesia.sampai.CEO.Siap.Berbagi.Mimpi

Senin, 11 Februari 2013 | 17:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Program Kelas Inspirasi yang digelar oleh Gerakan Indonesia Mengajar berhasil menarik orang-orang dari berbagai macam profesi untuk ikut terjun berbagi ilmu cara meraih mimpi dan terus mempertahankan cita-cita pada anak-anak Sekolah Dasar (SD). Penulis buku Best-Seller Negeri 5 Menara, Ahmad Fuadi, mengatakan bahwa kegiatan yang digelar oleh Gerakan Indonesia Mengajar ini merupakan sebuah cita-cita yang luhur. Untuk itu, ia tertarik ikut serta dalam kegiatan Kelas Inspirasi yang berlangsung pada 20 Februari mendatang. “Menurut saya ini sangat bagus karena diminta langsung turun ke SD dan berbagi cerita tentang cita-cita dan cara mencapai itu. Jadi bukan hanya menjelaskan profesi itu sendiri tapi bagaimana prosesnya,” kata Fuadi saat dijumpai usai pembekalan Kelas Inspirasi di Auditorium Gedung Indosat, Jakarta, Sabtu (9/2/2013).

…dst

9 ) Berawal dari Ingin Melakukan Sesuatu untuk Negeri
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/15523520/Berawal.dari.Ingin.Melakukan.Sesuatu.untuk.Negeri

Senin, 11 Februari 2013 | 15:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Program Pengajar Muda yang dimiliki Gerakan Indonesia Mengajar ternyata mengetuk kalangan pekerja profesional untuk berkontribusi demi kemajuan pendidikan Indonesia. Namun karena tidak mungkin meninggalkan pekerjaan, Gerakan Indonesia Mengajar menyelenggarakan Kelas Inspirasi selama satu hari saja. Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, mengatakan bahwa kegiatan ini bermula dari rekan-rekan profesional yang ingin terlibat seperti layaknya para pengajar muda yang terjun langsung ke daerah pelosok untuk berbagi ilmu dan mengabdi. “Mulainya dari permintaan teman-teman yang bertanya kapan bisa seperti para pengajar muda itu. Mereka bilang kami ingin melakukan sesuatu untuk negeri ini,” kata Anies di Auditorium Gedung Indosat, Jakarta, Sabtu (9/2/2013). Melihat antusiasme yang cukup besar ini, muncul gagasan untuk membuat Kelas Inspirasi yang kemudian berjalan untuk langsung berbuat tidak hanya sekadar berpikir dan ide saja. Kelas Inspirasi bisa diikuti oleh siapa saja yang sudah bekerja di bidang tertentu setidaknya selama dua tahun.

…dst

10 ) Bisnis Ijazah Palsu Masih Subur, ke Mana Aparat Kita?
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/16445731/Bisnis.Ijazah.Palsu.Masih.Subur.ke.Mana.Aparat.Kita.

Senin, 11 Februari 2013 | 16:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Bisnis ijazah palsu yang terus saja beroperasi ini seolah tak bisa dibendung. Penegakan hukum dari aparat terkait pemalsuan ini dinilai tak serius terbukti dengan gerai penjaja ijazah palsu yang tetap berdiri dan aparat seperti tutup mata. Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan, mengatakan bahwa law enforcement yang tegas adalah langkah nyata memberantas maraknya ijazah palsu. Menurutnya, pihak universitas tak bisa berbuat banyak mencegah hal ini. Pasalnya, ada saja cara untuk memalsukan berbagai dokumen termasuk ijazah. “Sekarang law enforcement-nya harus tegas. Nggak usah jauh-jauh, di Jalan Pramuka itu banyak banget. Tapi apa ada yang menindak? Pemalsuan seperti itu kan ranah polisi,” kata Anies saat dijumpai di Gedung Indosat, Sabtu (9/2/2013). Ia menegaskan bahwa tidak ada yang bisa ditolerir dari tindakan memalsukan ijazah baik bagi pembuat maupun pengguna. Untuk itu, efek jera yang paling tepat adalah penegakan hukum yang tegas tanpa harus menanti aduan dari masyarakat karena pemalsuan seperti itu sudah jelas melanggar hukum.

…dst

11 ) Beasiswa Pascasarjana dari Pemerintah Malaysia, Siapa Berminat?
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/11155491/Beasiswa.Pascasarjana.dari.Pemerintah.Malaysia.Siapa.Berminat

Senin, 11 Februari 2013 | 11:15 WIB
KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia menawarkan program beasiswa Malaysia International Scholarship (MIS) untuk kandidat internasional. Program beasiswa ditawarkan untuk jenjang S-2, S-3, dan post-doctoral. Beasiswa ini terbuka untuk sejumlah bidang studi, meliputi ilmu pengetahuan dan teknik, pertanian dan perikanan, ekonomi dan keuangan syariah, teknologi informasi dan komunikasi, bioteknologi, biosecurity dan keamanan pangan, infrastruktur dan kegunaan, kajian lingkungan hidup, serta kesehatan. Kandidat dapat memilih program studi yang termasuk dalam bidang studi yang ditawarkan di atas. Melalui beasiswa ini, Pemerintah Malaysia akan menanggung tiket perjalanan pergi-pulang dari negara asal, biaya kuliah, tunjangan hidup setiap bulan, tunjangan tahunan untuk buku dan perjalanan di dalam negeri, asuransi kesehatan, tunjangan untuk menyusun tesis, dan hibah untuk melakukan perjalanan dalam rangka konferensi internasional atau publikasi jurnal. Berminat? Kandidat harus berusia di bawah 40 tahun. Kandidat yang ingin melamar beasiswa harus memiliki IPK minimal 3.5 (skala 4.0) di jenjang pendidikan sebelumnya. Kemampuan bahasa Inggris harus ditunjukkan dengan dokumen skor IELTS minimal 6.5, TOEFL paper-based test minimal 580, TOEFL computer-based test minimal 230, atau TOEFL IBT minimal 92.

…dst

12 ) ITS Gelar Festival Animasi Untuk SMK dan Umum
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/02494350/ITS.Gelar.Festival.Animasi.Untuk.SMK.dan.Umum

Senin, 11 Februari 2013 | 02:49 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Festival Animasi 2013 untuk pelajar SMK dan umum di Surabaya pada 12-17 Februari. “Kalau kita cek wikipedia, maka kita akan tahu bahwa wayang adalah akar dari animasi, karena ada cerita, narasi, musik,” kata ketua panitia Festival Animasi (FA) 2013 Bambang Widjanarko di Surabaya, Minggu (10/2/2013). Oleh karena itu, kata mahasiswa Pascasarjana Teknologi Game ITS itu, kemampuan budaya itu harus dikembangkan dengan teknologi motion capture. “Teknologi game itu ada unsur art dan unsur multimedia,” katanya. Didampingi Kepala Badan Pembinaan Kemahasiswaan ITS Dr Bambang Sampurno, ia menjelaskan sumberdaya manusia Indonesia “teknologi game” juga tidak kalah dari bangsa lain.

…dst

13 ) Universitas Budi Luhur dirikan Rumah Cerdas
http://www.antaranews.com/berita/357836/universitas-budi-luhur-dirikan-rumah-cerdas

Senin, 11 Februari 2013 20:31 WIB
Sleman (ANTARA News) – Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta melaksanakan kuliah kerja nyata dengan mendirikan rumah cerdas berbudi luhur di Desa Madurejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. “Rumah cerdas berbudi luhur (RCBL) merupakan program pengabdian kepada masyarakat dari Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti,” kata Rektor Universitas Budi Luhur Prof.Ir. Suryo Hapsoro, Ph.D. saat penyerahan mahasiswa yang akan ber-KKN di Balai Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Senin. Ia menjelaskan bahwa program tersebut merupakan wujud kepedulian Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti dalam upaya mencerdaskan bangsa Indonesia, di samping merupakan realisasi dari MoU antara Pemerintah Kabupaten Sleman dan Universitas Budi Luhur. Program RCBL telah dilaksanakan tiga kali di Desa Madurejo sebagai desa binaan. Adapun jumlah mahasiswa yang dikirim, kata dia, terus meningkat mengingat sambutan masyarakat desa yang sangat antusias terhadap program RCBL.

…dst

14 ) IPB Pecat Mahasiswa Mucikari Seks Online
http://www.tempo.co/read/news/2013/02/11/064460585/IPB-Pecat-Mahasiswa-Mucikari-Seks-Online

Senin, 11 Februari 2013 | 18:21 WIB
TEMPO.CO, Bogor – Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Yoni Koesmaryono, mengancam akan memberhentikan Hemud Farhan Ibnu Hasan, 24 tahun. Hemud yang tercatat sebagai mahasiswa semester XII, Jurusan Agribisnis, Fakultas Ekononomi Manajemen ditangkap polisi karena terkait dengan kasus bisnis seks online. “Nama itu sudah sesuai dengan data kemahasiswaan yang kami miliki. Masalah ini sedang kami rapatkan. Sanksi terberat bagi HFIH adalah drop out (dipecat),” kata Yoni kepada Tempo di Bogor, Senin, 11 Februari 2013. Menurut Wakil Rektor IPB, pihaknya sudah bisa memastikan bahwa HFIH adalah mahasiswanya. Pria tersebut ditangkap Direktorat Kriminal Khusus Polda Jabar di Hotel Papaho Bogor bersama tiga gadis ABG pelajar SMA pada Jumat pekan lalu, 8 Februari 2013. Ia diduga sebagai pengelola prostitusi online lewat sebuah blog.

…dst

15 ) Mahasiswa IPB Prositusi Online Dapat Fee 30 Persen
http://www.tempo.co/read/news/2013/02/11/064460541/Mahasiswa-IPB-Prositusi-Online-Dapat-Fee-30-Persen

Senin, 11 Februari 2013 | 15:15 WIB
TEMPO.CO, Bandung – HF, pengelola bisnis seks online di Kota Bogor mendapat jatah 25-30 persen dari setiap perempuan di bawah umur yang berhasil dia “jual”. “Misalnya dari transaksi Rp 1,5 juta, dia bisa mendapat Rp 500 ribu,” ujar juru bicara Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Martinus Sitompul, saat ekspos kasus ini di kantornya, Senin, 11 Februari 2013. Martinus menjelaskan, mahasiswa semester XII Insititut Pertanian Bogor itu memajang foto-foto berikut identitas singkat para wanita di bawah umur yang siap menjual jasa layanan seks via blog www.bogorcantik.blogspot.com. “Di blog itu, terakhir ada sembilan wanita berusia pelajar atau di bawah 18 tahun yang dikoordinasi tersangka,” kata dia. Namun, untuk bisa membeli layanan esek-esek salah satu wanita di bawah umur tersebut, peminat harus menghubungi HF melalui layanan obrolan internet aplikasi mIRC. Di situ klien bisa chatting negosiasi dengan HF untuk memilih cewek yang diinginkan, sekalian tawar-menawar harga.

…dst

16 ) UNY teliti pewarna tekstil dari daun jambu
http://www.antaranews.com/berita/357849/uny-teliti-pewarna-tekstil-dari-daun-jambu

Senin, 11 Februari 2013 22:40 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta membuat pewarna tekstil dari daun jambu biji (Psidium Guajava Linn). “Daun jambu biji mengandung pigmen gugus kromofor karbonil dan auksokrom yakni hidroksil dengan senyawa organik tak jenuh hidrokarbon aromatik sehingga pigmen itu mudah sekali melepaskan zat tersebut pada tekstil,” kata Koordinator Tim Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Senja Dewi Utamaningsih di Yogyakarta, Senin. Menurut dia, daun jambu biji mengandung antosianin seperti cyanidin-3-sophoroside dan cyanidin-3-glucoside yang berperan penting pada pewarnaan daun jambu biji. Daun jambu biji juga mengandung flavan-3,4-diols yang tergolong senyawa tanin berupa pigmen kuning sampai coklat.

…dst

17 ) Indonesia Kembangkan Buku Digital Interaktif
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/15360372/Indonesia.Kembangkan.Buku.Digital.Interaktif.

Senin, 11 Februari 2013 | 15:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia mengembangkan buku digital interaktif, yang dapat digunakan di komputer tablet. Upaya ini dilakukan pengembang piranti lunak (software) pendidikan di Indonesia, untuk mendukung tumbuhnya budaya belajar tanpa batas di kalangan generasi muda yang berkembang di dunia. “Perkembangan TIK bermanfaat besar untuk mendukung pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tapi sayang, para pelajar lebih sering memakai komputer tablet untuk games dan media sosial,” kata Direktur Pemasaran PT Pesona Edukasi, Hary Candra, di Jakarta, Senin (11/2/2013). Peluncuran Buku Digital Interaktif Generasi ke-4 dilakukan pekan lalu. PT Pesona Edukasi, yang merupakan pengembang software asli Indonesia, telah mengekspor software Matematika dan Sains ke 30 negara di dunia. Pembelajaran dengan software matematika dan sains yang asyik dan menyenangkan, selama ini lebih ditujukan untuk membantu guru. Dengan perkembangan komputer tablet yang semakin terjangkau, PT Pesona Edukasi mengembangkan buku digital interaktif yang bisa dibaca di komputer tablet.

…dst

18 ) Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013 Resmi Dibuka
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1033

02/11/2013
Kota Depok — Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2013 yang merupakan ajang pertemuan tahunan para pemangku kepentingan di bidang pendidikan dan kebudayaan resmi dibuka oleh Wakil Presiden Boediono hari ini, Senin (11/02). Acara ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Februari 2013, di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Kemdikbud, Bojongsari Kota Depok, Jawa Barat. Tema yang diambil pada RNPK 2013 ini adalah ‘Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013-2014’, ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Dari tema di atas dijabarkan menjadi lima tema yang diangkat dalam sidang-sidang komisi. Pembagian tema dalam sidang-sidang komisi yaitu Komisi I membahas implementasi Kurikulum 2013, Komisi II membahas akademi komunitas dan BOPTN, Komisi III membahas kebudayaan, Komisi IV membahas tata kelola pendidikan dan kebudayaan, serta di Komisi V membahas pendidikan menengah universal (PMU).

…dst

19 ) Pangkas Angka Putus Sekolah dari Sekolah Dasar Hingga Perguruan Tinggi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1040

02/11/2013
Kota Depok — Sejak 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus memperbaiki mekanisme penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan siswa miskin (BSM). Perbaikan tersebut salah satu upaya untuk memangkas angka putus sekolah. Dari data Kemdikbud, saat ini tercatat sebanyak delapan juta anak penerima BSM, dengan total alokasi anggaran Rp4 triliun, dari siswa SD hingga SMA/SMK. Meski demikian, masih ada anak-anak di SD yang drop out, atau sudah lulus SD tapi tidak melanjutkan ke SMP, hingga SMA. “Apa yang sekarang kita lakukan, belum cukup nampaknya dengan menyiapkan BOS dan BSM,” kata Mendikbud pada pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Senin (11/02). Ke depan, Kemdikbud akan pastikan terintegrasinya data penerima BSM dari SD, SMP, dan SMA. Siswa penerima BSM yang telah lulus SD tidak perlu khawatir lagi tentang biaya sekolahnya di SMP dan SMA. Bahkan, jika siswa tersebut mumpuni secara akademik, maka otomatis di perguruan tinggi juga bisa tetap melanjutkan pendidikannya.

…dst

20 ) Mendikbud Ajak Buka Posko untuk Kurangi Siswa Putus Sekolah
http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1037

02/11/2013
Kota Depok–Mendikbud Mohammad Nuh mengajak para kepala dinas provinsi dan kabupaten/kota untuk membuka posko untuk mengurangi jumlah siswa putus sekolah. Sampai saat ini jumlah angka putus sekolah diberbagai jenjang masih cukup tinggi. Itu dialami bagi masyarakat dari kelompok eknomi paling rendah. Ajakan ini disampaikan Mohammad Nuh, Senin (11/2) siang saat menyampaikan materi dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Pusdiklat Kemdikbud, Bojongsari, Sawangan, Depok. “Pada tahun pelajaran mendatang saya mengajak para kepala dinas untuk membuka posko-posko untuk mencari siapa siswa di wilayah Bapak, Ibu, yang tidak melanjutkan atau yang tidak sekolah pada usia sekolah. Kita cari mereka, kita `tangkap’ untuk kita masukkan ke sekolah,” katanya. Mendikbud memaparkan, secara nasional angka partisipasi kasar (APK) memang sudah cukup bagus, tapi kalao dilihat lebih detail lagi masih ada kabupaten-kabpuaten yang masih dibawah rata-rata nasional.

…dst

21 ) Mendikbud Siapkan Model Baru Pengganti RSBI
http://edukasi.kompas.com/read/2013/02/11/01290344/Mendikbud.Siapkan.Model.Baru.Pengganti.RSBI

Senin, 11 Februari 2013 | 01:29 WIB
BANJARMASIN, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mempersiapkan model baru pengganti program rintisan sekolah berstandar internasional agar bisa mempertahankan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di Banjarmasin, Minggu mengatakan bahwa program RSBI tidak bisa serta-merta dibubarkan setelah keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi, yang menyatakan keberadaan program itu bertentangan dengan konstitusi. “Saya telah menghadap ke Pak Mahfid Md. untuk mendiskusikan masalah RSBI yang tidak mungkin bisa langsung dibubarkan karena RSBI adalah salah satu proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional,” kata Muhammad Nuh di Banjarmasin Minggu (10/2/2013).

…dst

22 ) Boediono, “Penerapan Kurikulum Baru Secara Bertahap”
http://www.pikiran-rakyat.com/node/222574

Senin, 11/02/2013 – 13:38
DEPOK, (PRLM).- Wakil Presiden RI, Boediono merestui implementasi Kurikulum Baru 2013 mulai Juli. Ia bahkan meminta implementasi kurikulum yang masih menuai kontroversi ini tak molor sehingga bisa diterapkan secara menyeluruh tiga tahun mendatang. “Implementasi kurikulum jangan molor-molor. Kita akan kehilangan waktu. Yang rugi ya generasi setelah kita. Mereka jadi korban karena tidak bisa mengecap Kurikulum Baru ini,” tutur Boediono dalam sambutan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK), Senin (11/2/2013), di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Sawangan, Depok. Menurut Boediono, penerapan Kurikulum Baru hendaknya dilakukan secara bertahap karena begitu masifnya jumlah sekolah dan siswa yang ada di Indonesia. “Penerapan secara bertahap itu merupakan pilihan realistis. Harapannya tiga tahun nanti implementasi bisa dilakukan secara menyeluruh,” ucapnya.

…dst