Anggaran Kemdikbud Sudah Tidak Ada Masalah

03/14/2013
Tangerang Selatan — Anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tahun 2013 ini sudah tidak ada masalah lagi, dan sudah dapat dicairkan secara bertahap. “Intinya sudah tidak ada masalah, hari Senin (11/3) kemarin sebagian sudah keluar, hari ini pun demikian, jadi revisi DIPA sudah tidak ada masalah,” kata Mendikbud Mohammad Nuh di hadapan para wartawan, seusai meresmikan Wahana Jelajah Angkasa di kantor Pustekkom, Ciputat Tangerang Selatan, Rabu (13/3/2013) kemarin.

Mendikbud juga menyatakan bahwa Komisi X DPR selaku mitra kerja Kemdikbud sudah menyetujui anggaran kementeriannya, sehingga syarat administrasinya sudah lengkap. “Proses administrasi di Kementerian Keuangan pun sudah berjalan, dan sebagian sudah keluar, dan akan keluar secara bertahap,” ujar mantan Menkominfo tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi X DPR RI telah menyetujui anggaran Kemdikbud Tahun Anggaran 2013. Persetujuan anggaran ini disampaikan pada rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud pada Jumat (8/03) kemarin. Persetujuan Komisi X DPR RI tersebut merupakan persyaratan administrasi atau dokumen pendukung untuk membuka bloking Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2013 tertanggal 5 Desember 2012.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang upaya meningkatkan daya serap anggaran, mantan Rektor ITS tersebut menekankan pentingnya tahap persiapan, khususnya pada sektor belanja modal. “Karena yang paling besar kan belanja modal, dan inilah yang punya pengaruh pada pertumbuhan ekonomi,” kata Menteri Nuh.

Pada tahap persiapan, pelelangan-pelelangan harus dipersiapkan mulai saat ini sehingga selanjutnya hanya sisa pengerjaannya saja. “Intinya jangan sampai ada keterlambatan di dalam penyiapannya,” ujarnya menambahkan. (NW)

Sumber: website Kemdikbud