1 ) UGM talangi dana Bidikmisi berdasarkan surat Dikti
http://nasional.sindonews.com/read/2013/04/05/15/734825/ugm-talangi-dana-bidikmisi-berdasarkan-surat-dikti

Jum’at, 5 April 2013 − 15:22 WIB
Sindonews.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) menalangi uang saku biaya hidup mahasiswa Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) selama dua bulan, Januari dan Februari. Direktur Keuangan UGM Haryono mengatakan, penyebab dana Bidikmisi tidak bisa diterima mahasiswa karena proses persetujuan anggaran di Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berlangsung lama. “Ada surat dari Dikti yang meminta UGM agar menalangi dulu,” kata Haryono, di Yogyakarta, Jumat (5/4/2013). Status UGM selaku Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki otonomi keuangan, kata Haryono, diizinkan mencari pendapatan sendiri atau dana masyarakat di luar Dana Pemerintah (Dipa). Dana yang diperoleh dapat dikelola secara otonom sehingga saldo anggaran pada akhir tahun secara otomatis akan meluncur pada awal tahun anggaran berikutnya karena tidak harus disetor ke kas negara. “Dana inilah yang dapat digunakan untuk menalangi dana pemerintah yang diawal tahun belum bisa dicairkan,” imbuhnya. Seperti diberitakan sebelumnya, UGM menalangi biaya hidup sekira 3000-an mahasiswa yang setiap bulannya seharusnya mendapat uang saku sebesar Rp600 ribu per bulan.

…dst

2 ) Mahasiswa Bidik Misi Sering Terlambat Terima Dana
http://www.pikiran-rakyat.com/node/229814

Jumat, 05/04/2013 – 15:57
YOGYAKARTA, (PRLM).- Kelancaran logistik 3.000 mahasiswa bidik misi di Universitas Gadjah Mada (UGM), terganggu karena dana operasional bulanan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sering macet. Pihak UGM mengklaim dana tidak cair akibat terjadi sumbatan proses administrasi persetujuan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemacetan mulai terjadi tahun silam, tepatnya sejak penerima bidik misa angkatan pertama, 2010 hingga angkatan 2012. Mahasiswa bidik misi UGM 2010 sebanyak 500 jiwa, 1450 (2011), 1102 (2012), dan rencananya ditambah 1500 pada 2013. Penerima beasiswa bidik misi Anis Fatmawati (Fakultas Biologi, 2011), menyatakan dana logistik atau uang saku sebesar Rp 600 ribu per bulan, sering tidak diterima tepat waktu. Selama 2012, dana terlambat cair hingga tiga bulan. Awal 2013, Dana Januari-Februari juga belum cair. Jika telat uang itu, dia tidak bisa beli bahan praktikum dan keperluan rutin harian. Solusinya, kata dia, pinjam teman atau minta bantuan orangtua seadanya saja. Direktur Kemahasiswaan Dr. Senawi, M.P membenarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi lambat dalam mencairkan dana beasiswa tersebut. Dia menyatakan ketidaktepatan pencairan dana bidik misi menyusahkan kehidupan para penerima maupun keluarganya. Dari survei pihak UGM, mahasiswa penerima dana bidik misi sebagian membelanjakan uang bukan untuk kepentingan kuliahnya saja, uang itu sebagian didistribusikan untuk menghidupi keluarga atau biaya sekolah adik di kampung.

…dst

3 ) Akreditasi PTN-PTS Jalan di Tempat
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/05/04061850/Akreditasi.PTN-PTS.Jalan.di.Tempat

Jumat, 5 April 2013 | 04:06 WIB
Jakarta, Kompas – Akreditasi institusi perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia jalan di tempat karena minimnya kuota anggaran dari pemerintah. Dari 3.216 perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baru sekitar 70 perguruan tinggi yang diikutkan akreditasi. “Akreditasi dibutuhkan untuk menjamin kualitas program studi dan perguruan tingginya. Termasuk juga jaminan legalitas ijazah alumninya. Namun, kemampuan anggaran untuk akreditasi tampaknya belum jadi prioritas,” kata Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Mansyur Ramly, di Jakarta, Kamis (4/4). Pada 2013, dikeluarkan hasil akreditasi 30 perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN-PTS), dengan hasil akreditasi mayoritas B. Adapun akreditasi A hanya diraih delapan PTN-PTS, yaitu Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Hasanuddin Makassar.”Hasil akreditasi institusi tahun 2013 umumnya yang reakreditasi atau yang mengajukan diakreditasi kembali. Yang sudah pernah akreditasi baru sekitar 70 institusi,” kata Mansyur.

…dst

4 ) Minim, PTN/PTS Ikut Akreditasi Institusi
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/05/11144675/Minim.PTN/PTS.Ikut.Akreditasi.Institusi

Jumat, 5 April 2013 | 11:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Baru berkisar 70 perguruan tinggi negeri dan swasta yang mengikuti akreditasi institusi. Minimnya jumlah institusi perguruan tinggi negeri dan swasta yang diakreditasi ini akibat kuota yang disediakan pemerintah tiap tahunnya terbatas. Hingga saat ini, baru sekitar 70 perguruan tinggi negeri dan swasta yang diikutkan akreditasi dari 3.216 perguruan tinggi di bawah Kemendikbud. “Akreditasi dibutuhkan untuk menjamin kualitas, baik program studinya maupun perguruan tingginya. Termasuk juga jaminan legalitas ijazah alumninya. Namun, kemampuan anggaran untuk akreditasi nampaknya belum jadi prioritas,” kata Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Mansyur Ramly di Jakarta, Jumat (5/4/2013). Pada tahun 2013 ini dikeluarkan hasil akreditasi 30 perguruan tinggi negeri dan swasta, dengan hasil akreditasi mayoritas B. Adapun akreditasi A hanya diraih delapan PTN/PTS, seperti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Hassanuddin Makassar. “Hasil akreditasi institusi tahun 2013 ini umumnya yang reakreditasi atau yang mengajukan diakreditasi kembali. Yang sudah pernah akreditasi baru berkisar 70 institusi,” kata Mansyur.

…dst

5 ) BOPTN Tiap Universitas Tidak Adil
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/05/373/786931/boptn-tiap-universitas-tidak-adil

Jum’at, 05 April 2013 15:38 wib
JAKARTA – Penerapan uang kuliah tunggal (UKT) mulai tahun ajaran mendatang dilakukan bukan tanpa alasan. Keluhan berbagai pihak terhadap banyaknya jenis pungutan yang dibebankan kepada mahasiswa setiap tahun mendorong Dirjen Dikti Kemendikbud Djoko Santoso untuk menetapkan UKT berdasarkan ongkos menurut aktivitas (cost activity base). Demikian disampaikan Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Werry Darta Taifur dalam keterangan tertulisnya mengenai UKT. Namun, Werry menilai, penetapan UKT harus melalui jalan panjang. Sebab, penghitungan unit cost selama perkuliahan yang dimulai dari saat mahasiswa melakukan pendaftaran masuk sampai menerima ijazah sebagai tanda tamat menyelesaikan studi untuk masing-masing jurusan belum banyak mendapat perhatian. Maka, melalui perhitungan tersebut dapat diketahui biaya yang harus dikeluarkan setiap mahasiswa di masing-masing program studi (prodi) dengan pasti dan menjadi dasar untuk menetapkan beban uang kuliah yang harus dipikul mahasiswa. Kalau beban biaya yang harus dikeluarkan tersebut tidak dibebankan seluruhnya kepada mahasiswa, Dirjen Dikti juga mempunyai dasar yang jelas untuk memberi bantuan biaya operasional untuk masing-masing perguruan tinggi negeri.

…dst

6 ) Mahasiswa Bandarlampung ciptakan pengukur kadar alkohol
http://www.antaranews.com/berita/366584/mahasiswa-bandarlampung-ciptakan-pengukur-kadar-alkohol

Selasa, 2 April 2013 13:46 WIB
Bandarlampung (ANTARA News) – Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya berinovasi mengembangkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang bisa mengukur kadar alkohol dalam tubuh manusia. Menurut Jimmi Palewah, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Komputer, di Bandarlampung, Selasa, alat yang ia kembangkan dapat membantu pihak kepolisian mengetahui kadar alkohol di tubuh lewat hembusan napas.”Rancang Bangun Alat Pendeteksi Alkohol Berbasis Mikrokontroler” ini bertujuan mencegah berbagai dampak buruk dari kondisi orang yang menenggak minuman keras. Selain tidak baik untuk kesehatan, pengaruh minuman keras beralkohol itu dapat membahayakan seseorang dalam posisi mengendarai kendaraan bermotor karena keseimbangan tubuh bisa terganggu, kata dia.”Pihak kepolisian telah banyak berusaha untuk menanggulangi hal tersebut, seperti melakukan razia kepada pengguna kendaraan yang terpengaruh minuman keras atau pada tempat-tempat hiburan,” ujar dia lagi.

…dst

7 ) PTN Buka Kesempatan Via SBMPTN
http://www.jpnn.com/read/2013/04/05/165977/PTN-Buka-Kesempatan-Via-SBMPTN-

Jum’at, 05 April 2013 , 08:26:00
BANDUNG – Siswa yang tidak lulus ke perguruan tinggi negeri di seleksi melalui jalur undangan tidak perlu khawatir tak memiliki kesempatan lagi masuk PTN. Pasalnya panitia Kemendiknas melalui panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SNMPTN) membuka kembali jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SBMPTN). Di Bandung, empat perguruan tinggi yang akan mengikuti SBMPTN ini yakni Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Unversitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati. “Bedanya dengan SNMPTN kalau SNMPTN didaftarkan sekolah dan gratis kalau SBMPTN daftar sendiri melalui online dan mengikuti ujian tulis serta membayar pendaftaran yang sudah ditetapkan,” ujar Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal(Panlok) SBMPTN Bandung Asep Gana Suganda saat melakukan sosialisasi di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur Kota Bandung, Kamis (4/4). Dijelaskannya, untuk pendaftaran peserta SBMPTN Bandung, calon peserta ujian bisa mulai melakukan pendaftaran terhitung tanggal 13 Mei hingga 7 Juni 2013 melalui pendaftaran online di situs http://ujian.sbmptn.or.id. Sementara itu, untuk ujian seleksi akan dilakukan serempak selama dua hari pada tanggal 18 hingga 19 Juni 2013.

…dst

8 ) UNPAD, UPI, ITB dan UIN SGD Siap Gelar SBMPTN 2013
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/04/04/mkqlp5-unpad-upi-itb-dan-uin-sgd-siap-gelar-sbmptn-2013

Kamis, 04 April 2013, 22:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Bandung tahun 2013 siap menggelar ujian pada 18 Juni mendatang. Panitia ini terdiri dari Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan (UPI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD). Menurut Ketua Panitia Lokal SBMPTN Bandung yang juga Wakil Rektor I UPI, Furqon, persiapan dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan menyediakan fasilitas ujian. “Kami juga mohon kerja sama media untuk menyosialisasikan ini,” katanya. Sementara itu, UPI menyediakan total kursi untuk mahasiswa baru sebanyak 6.957. Komposisinya terdiri dari 3.481 kursi SNMPTN , 2.084 kursi SBMPTN dan sisanya untuk ujian seleksi mandiri.

…dst

9 ) Panlok SBMPTN Bandung Siapkan 40 Ribu Kursi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/04/04/mkqivv-panlok-sbmptn-bandung-siapkan-40-ribu-kursi

Kamis, 04 April 2013, 21:28 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Panitia Lokal (Panlok) Bandung Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menyediakan total 40 ribu kursi untuk peserta 2013. Panlok Bandung meliputi ITB, UPI, UIN, dan Unpad. Menurut Ketua Panitia Panlok Bandung, Furqon, jumlah tersebut terbagi menjadi tiga kelompok program studi, yakni Sains dan Teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum) dan campuran. Pada tahun-tahun sebelumnya, kelompok program studi dibagi menjadi IPA, IPS dan IPC (campuran). Untuk 2013, berubah menjadi Saintek, Soshum dan Campuran. Pada tahun ini, kursi untuk saintek sebanyak 14.500, soshum 15 ribu dan campur 10.500 kursi. Jumlah ini menurun dibanding 2012 yakni 40.253 kursi. “Kami menyiapkan 2.000 ruang dengan sekitar 4.000 pengawas,” kata Furqon saat konferensi pers di Unpad, Kamis (4/3). SBMPTN merupakan seleksi yang dilaksanakan seluruh PTN dalam satu sistem terpadu dan serentak melalui ujian tulis. SBMPTN dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/ MA/ SMK/ MAK tahun 2011 dan tahun 2012.

…dst

10 ) PTN-BH Bantah UU Dikti Dorong Komersialisasi PT
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107622/ptn-bh-bantah-uu-dikti-dorong-komersialisasi-pt

04 Apr 2013 19:16:41
Surabaya (Antara Jatim) – Tujuh Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) membantah substansi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi akan mendorong komersialisasi dan liberalisasi pendidikan tinggi. “Kami prihatin dengan keterbatasan informasi secara utuh di masyarakat mengenai substansi UU Dikti,” kata Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan (BPP) Universitas Airlangga (Unair) Dra Tjitjik Sri Tjahjandarie PhD di Surabaya, Kamis. Oleh karena itu, kata dosen Fakultas Sains dan Teknologi Unair itu, tujuh PTN-BH dalam pertemuan di Jakarta pada 29 Maret 2013 sepakat untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai UU itu. Tujuh PTN-BH adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Airlangga (Unair).”Sikap bersama dari tujuh PTN-BH itu untuk menyikapi judicial review UU 12/2012 ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh sekelompok masyarakat yang di antaranya terdapat unsur mahasiswa,” katanya.

…dst

11 ) Kuota Bidik Misi Universitas Brawijaya 1.500 Mahasiswa
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107674/kuota-bidik-misi-universitas-brawijaya-1500-mahasiswa

05 Apr 2013 16:51:18
Malang (Antara Jatim) – Kuota beasiswa melalui program bidik misi di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur tahun ini sebanyak 1.500 mahasiswa atau bertambah 250 kursi dari kuota tahun lalu sebanyak 1.250 kursi. Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya (UB) Prof Bambang Suharto, Jumat, mengatakan, mahasiswa bidik misi yang mendaftar melalui jalur seleksi nasional mahasiswa perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau jalur prestasi (undangan) sudah mencapai 3.697 orang. “Pendaftar sebanyak itu belum termasuk yang nantinya mendaftar melalui tes tulis yang digelar secara nasional (SBMPTN) dan jalur mandiri. Pendaftaran bidik misi mulai 12 Desember hingga Agustus 2013, namun jalur SBMPTN mulai 28 April hingga 2 Juni 2013,” katanya. Kuota bidik misi tahun lalu, lanjutnya, memang hanya 1.250 kursi, namun ada tambahan sebanyak 275 kursi, sehingga menjadi 1.525 kursi dan terakhir ada tambahan lagi sebanyak 251 kursi. Total mahasiswa bidik misi tahun lalu mencapai 1.776 mahasiswa.

…dst

12 ) Perpustakaan Universitas Petra Terima Akreditasi “A”
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107592/perpustakaan-universitas-petra-terima-akreditasi-a

04 Apr 2013 16:09:08
Surabaya (Antara Jatim) – Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya menerima akreditasi “A” dari Perpustakaan Nasional RI (PNRI).”Pengakuan atau penghargaan berupa akreditasi itu merupakan suatu kebanggaan bagi kami,” kata Kepala Perpustakaan UKP Surabaya Aditya Nugraha MS di Surabaya, Kamis. Menurut lulusan “University of Illinois” di Urbana-Champaign, AS itu, akreditasi itu merupakan “pilot project” PNRI dengan mengambil satu perpustakaan di tiap kota untuk setiap jenis dari perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus, dan perpustakaan umum. “Untuk kategori perpustakaan perguruan tinggi di Surabaya, Universitas Kristen Petra mendapatkan kehormatan untuk diakreditasi dalam pilot project itu. Caranya, Perpustakaan UKP melakukan pengisian ‘borang’ akreditasi dari PNRI,” katanya. “Borang” yang diisi mencakup sejumlah komponen dan indikator perpustakaan perguruan tinggi, di antaranya layanan, kerja sama, koleksi, pengorganisasian materi perpustakaan, sumber daya manusia, gedung/ruang, sarana prasarana, anggaran, manajemen perpustakaan serta perawatan koleksi.

…dst

13 ) UMS “Damaikan” Filipina dan Moro
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/05/373/786868/ums-damaikan-filipina-dan-moro

Jum’at, 05 April 2013 14:35 wib
SOLO – Wakil dari Pemerintah Filipina dan bangsa Moro bertemu dan dialog perdamaian selama dua hari berturut-turut di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah. Pertemuan ini diprakarsai Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah pada 5 hingga 6 April 2013. Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin membuka pertemuan tersebut secara resmi hari ini. Dalam kesempatan itu, Rektor UMS Prof Dr. Bambang Setiaji mengatakan, pertemuan di UMS merupakan satu titik dari serangkaian dialog panjang untuk mencari solusi bangsa Moro yang karena latar belakang agama, kultural, dan sosialnya ingin mengatur diri sendiri.”Adanya titik terang perdamaian ini sungguh menggembirakan hati kami sebagai institusi pendidikan Islam,” ujar Bambang di kampus UMS, Jumat (5/4/2013).

…dst

14 ) UI Gelar Pertunjukan Wayang di Kampus
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/05/10181024/UI.Gelar.Pertunjukan.Wayang.di.Kampus

Jumat, 5 April 2013 | 10:18 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Pada hari kedua Wayang Goes To Campus di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (5/4/2013), akan tampil ragam pertunjukan seni budaya yang diisi oleh seniman dari Komunitas Sastra Jawa FIB UI, komunitas wayang UI, serta Institut Seni Indonesia Surakarta. Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, mengatakan, pertunjukan wayang bertempat di panggung utama Balairung UI, Kampus Depok. Acara berlangsung pukul 13.00-23.00. Pertunjukan tersebut bertajuk Pergelaran Wayang Ruwatan, Pergelaran Wayang Kulit Purwa, Panembrama KMSJ FIBUI, Tari Gambyong, dan Flash Mob Mahasiswa KMSJ FIBUI. Setelah itu, rangkaian Wayang Goes To Campus ditutup dengan pertunjukan “Wayang Kulit Purwa Lakon: Gathotkaca Lahir” dengan dalang Ki Purba Asmoro, SKar, M Hum serta penyerahan wayang tokoh Gathotkaca kepada Pjs Rektor UI Prof Djoko Santoso.

…dst

15 ) Telkomsel Gandeng Universitas Malang Cetak SDM Berkualitas
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107682/telkomsel-gandeng-universitas-malang-cetak-sdm-berkualitas

05 Apr 2013 18:20:39
Malang (Antara Jatim) – Operator seluler PT Telkomsel menjalin kerja sama dengan Universitas Malang, Jawa Timur, dalam program pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak dilakukan Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief dan Rektor UM Prof Dr Soeparno di Malang, Jumat.UM merupakan perguruan tinggi kedua di Malang yang menjalin kerja sama dengan operator seluler ini, setelah Universitas Brawijaya. Jalinan serupa juga telah dilakukan dengan Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.Kerja sama Telkomsel dengan UM mencakup dua hal, yakni program pendidikan dan layanan telekomunikasi untuk mendukung berbagai kegiatan mahasiswa dan civitas akademika perguruan tinggi tersebut.

…dst

16 ) Yayasan Terbelah, Mahasiswa USI Protes
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/05/16231111/Yayasan.Terbelah.Mahasiswa.USI.Protes

Jumat, 5 April 2013 | 16:23 WIB
PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com — Forum Diskusi Mahasiswa Peduli Universitas Simalungun (USI) Pematangsiantar, Sumatera Utara, melontarkan protes kondisi kampus mereka yang kisruh akibat dualisme kepemimpinan yayasan universitas. Protes ini disampaikan Koordinator Forum Diskusi Mahasiswa Peduli USI, Johannes Sakti Sembiring, di kampus Universitas Simalungun, Pematangsiantar, Jumat (5/4/2013).
Menurut Johannes, Universitas Simalungun merupakan sub sistem pendidikan tinggi nasional yang mempunyai komitmen penuh untuk menegakkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “Namun, belakangan ini terjadi suatu kejadian yang sebenarnya tidak kita harapkan, yaitu terjadi dualisme kepemimpinan di tubuh Yayasan Universitas Simalungun yang kami duga berawal dari pemilihan rektor periode 2012-2016, yakni terjadi ketidaksepahaman dalam memperebutkan jabatan antara pimpinan-pimpinan di Universitas Simalungun,” kata Johannes.

…dst

17 ) Obama Sediakan 22 Ribu Kursi untuk Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/04/05/mkqrh9-obama-sediakan-22-ribu-kursi-untuk-indonesia

Jumat, 05 April 2013, 01:50 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, AMBON — Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyediakan 22 ribu kursi bagi masyarakat Indonesia, yang ingin melanjutkan pendidikan di negara tersebut.”Presiden Obama menyediakan sedikitnya 22 ribu kursi bagi masyarakat Indonesia yang mau belajar di AS,” kata Konsuler Konsulat Jenderal (Konjen) AS Chris Santoro, ketika dihubungi via telepon di Ambon, Kamis (4/4). Ia mengatakan, disediakannya 22 ribu kursi bagi orang Indonesia untuk belajar di AS merupakan salah satu bentuk dari hubungan kerjasama antara Pemerintah AS dengan Pemerintah Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Akan tetapi jumlah 22 ribu kursi yang disediakan oleh Presiden Obama belum terisi penuh seperti yang diharapkan, karena baru 8.210 orang Indonesia yang belajar di AS saat ini. “Hanya 8.210 orang Indonesia yang belajar di Amerika saat ini, belum sesuai yang ditargetkan,” katanya.Menurut Santoro, sangat sedikit masyarakat Indonesia bagian timur yang belajar di AS, kebanyakan orang Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di AS berasal dari Pulau Jawa dan Bali. Hal ini terlihat dari jumlah permintaan pembuatan visa pelajar di Konjen AS di Surabaya.

…dst

18 ) Penerima Beasiswa Fullbright Siap Berjibaku
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/05/373/786731/penerima-beasiswa-fullbright-siap-berjibaku

Jum’at, 05 April 2013 11:30 wib
JAKARTA – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk ASEAN David L Carden menerima tujuh penerima beasiswa Fullbright AS-ASEAN yang disokong oleh Departemen Luar Negeri AS. Para penerima beasiswa ini akan segera bergabung dengan alumni Fulbright lainnya atas dasar kontribusinya kepada pemerintah yang meliputi berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, seni, bisnis, filantropi, dan pendidikan.”Selamat kepada penerima pertama beasiswa AS-ASEAN. Mereka merupakan orang-orang yang mempunyai representasi besar dengan fokusnya di ASEAN dan berharap baik dalam penelitiannya di universitas-universitas Amerika Serikat,” tukas Carden, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Jumat (5/4/2013). Para periset yang terpilih ini mempunyai bidang penelitian masing-masing termasuk perubahan iklim, ketahanan pangan, kesehatan masyarakat, hubungan politik AS-ASEAN, kebijakan moneter, dan hukum.

…dst

19 ) Pengawas dan Peserta UN yang Melanggar Aturan Dikenai Sanksi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1189

04/04/2013 (
Jakarta — Kepala Badan Penelitan dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar, mengatakan peserta UN yang melakukan pelanggaran ringan hingga berat akan dikenakan sangsi mulai dari peringatan tertulis, pembatalan ujian pada mata pelajaran bersangkutan, dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan tidak lulus. “Demikian juga kepada pengawas ruang UN yang melakukan pelanggaran ringan, sedang, dan berat akan dikenakan sanksi dibebastugaskan sebagai pengawas ruang UN dan ditindak sesuai dengan peraturan perundangan”, tegas Khairil Anwar ketika memberikan pembekalan kepada petugas Posko UN PIH, di Jakarta, Rabu, 3 April 2013. Menurut Khairil Anwar, peserta UN yang melakukan pelanggaran dibagi menjadi tiga jenis yaitu: 1) pelanggaran ringan meliputi meminjam alat tulis dari peserta ujian dan tidak membawa katu ujian, dikenakan sanksi peringatan tertulis; 2) pelanggaran sedang meliputi membuat kegaduhan di dalam ruang ujian dan membawa HP ke ruang ujian, dikenakan sanksi pembatalan ujian pada mata pelajaran bersangkutan; dan 3) pelanggaran berat meliputi membawa contekan ke ruang ujian, kerjasama dengan peserta ujian, menyontek atau menggunakan kunci jawaban, dikenakan sanksi dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan tidak lulus.

…dst

20 ) Awas, Kunci Jawaban Palsu UN beredar
http://www.jpnn.com/read/2013/04/05/165989/Awas,-Kunci-Jawaban-Palsu-UN-beredar-

Jum’at, 05 April 2013 , 09:44:00
JAMBI-Pemerintah provinsi Jambi mewanti-wanti semua pihak agar tak termakan issue terkait maraknya beredar kunci jawaban palsu UN. Sekretaris Dinas pendidikan provinsi Jambi Arman berpesan kepada semua kalangan untuk tidak mempercayai jika ada yang menawarkan kunci jawaban palsu. “Kalau ada sms, atau ada pihak yang menawarkan kunci jawaban jangan pernah dipercaya. Karena itu pasti penipuan,” himbau Arman, Kamis (4/4). Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan UN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, UN dilaksanakan dengan sistem 20 paket soal. semua siswa dalam lokal tidak akan mendapatkan soal yang sama. “Jadi, kalau ada kunci jawaban, itu pastilah palsu. Karena dalam satu amplop itu ada 20 soal yang masing-masing sudah ada lembar jawabannya,” katanya lagi. Arman mengatakan, jika murid atau masyarakat luas mendapati hal yang dilakukan oleh pihak yang bertanggung jawab tersebut, diharapkan untuk langsung melaporkannya kepada yang berwajib. Ketika disinggung soal kemungkinan adanya soal yang bocor, Arman menepis hal tersebut. Dikatakannya, soal-soal UN tersebut terjamin kerahasiaannya. Jadi, kata dia, tidak mungkin bisa terjadi kebocoran. “Kalau soal kebocoran, hal itu sangat kecik kemungkinannya,” sebutnya lagi.

…dst

21 ) Kemdikbud Tingkatkan Layanan NISN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1192

04/05/2013
Jakarta — Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota sering mengalami kesulitan mengakses informasi tentang Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Banyak pengaduan yang masuk melalui Gerai Informasi dan Media (GIM) dari dinas pendidikan di berbagai daerah mengenai hal tersebut. Sebagai solusinya, Kemdikbud telah meningkatkan kuota email serta penambahan bandwidth eksternal pada Februari 2013 lalu, serta penambahan jaringan telepon untuk pelayanan. Kesulitan akses informasi tersebut karena kendala kuota email yang dimiliki Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kemdikbud, yaitu hanya sebesar 1 GB, serta kondisi lambatnya jaringan yang tergantung pada Jardiknas. Untuk mengatasi kelambatan tersebut, PDSP Kemdikbud telah melakukan penambahan bandwidth eksternal pada akses internet sebesar 5 MB.

…dst