1 ) Unikom Kembali Juarai Kontes Robot Internasional
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/07/10330515/Unikom.Kembali.Juarai.Kontes.Robot.Internasional.

Minggu, 7 April 2013 | 10:33 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Tim dari Universitas Komputer Indonesia berhasil menjadi jawara dalam kontes robot internasional Trinity College Robot Contest di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Prestasi ini memperpanjang Unikom yang sudah menjuarai kontes ini sejak tahun 2011.Diungkapkan Yusrila Kerlooza dari Divisi Robotik Unikom, Minggu (7/4/2013), kategori yang dijuarai adalah Robowaiter Advance Level dengan menyabet juara I dan II sekaligus. Mahasiswa yang berangkat adalah Asrul Rizal Ahmad Padilah, Muhammad Yazid Al Qahar dan Eko Prabowo Putro dengan dosen pembimbing Taufiq Nuzwir Nizar, S. Kom, M. Kom dan Pak Rodi Hartono, S. T. “Robot yang menjadi juara buatan Ferry Ebitnaser yang tidak berangkat sementara juara kedua buatan Eko Prabowo,” kata Yusrila. Dengan kemenangan ini, Unikom memperpanjang reputasi mereka dalam kontes serupa. Kategori robowaiter sudah diborong tim Unikom sejak tahun 2011. Kemenangan tersebut belum usai karena tim dari Politeknik Bandung dan Universitas Gadjah Mada giliran berlaga untuk kategori firefighting pada Minggu pagi waktu setempat atau pukul 20.00 di Jakarta.

…dst

2 ) 3.500 Pemuda Australia Belajar ke Asia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/06/19183620/3.500.Pemuda.Australia.Belajar.ke.Asia

Sabtu, 6 April 2013 | 19:18 WIB
BRISBANE , KOMPAS.com – Australia akan memberi subsidi bagi 3.500 pemuda Australia untuk belajar di Asia mulai bulan Juli. Hal itu dikatakan Perdana Menteri Julia Gillard di sela-sela pertemuan ekonomi Bo’ao di China hari Sabtu (6/4/2013).Menteri Perdagangan Craig Emerson yang menemani Gillard mengatakan, hubungan yang lebih dekat antara Australia dengan negara-negara Asia dimaksudkan agar Australia memiliki prospek yang baik dalam Abad Asia. Australia meluncurkan ‘white paper’ Abad Asia bulan Oktober tahun lalu. Bantuan biaya pendidikan senilai 37 juta dolar Australia (Rp 37 miliar) yang disebut program Asian Bound itu juga untuk mahasiswa Asia untuk belajar di Australia, demikian dilaporkan oleh suratkabar The Telegraph. Ribuan ‘duta-besar” Australia akan tersebar di seluruh Asia dalam beberapa tahun ke depan, kata Emerson. Gillard melakukan kunjungan sepekan ke China untuk berkenalan dengan pimpinan China yang baru terpilih .

…dst

3 ) Universitas di Indonesia Jajal Kerja Sama dengan Naresuan University Thailand
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1195

04/07/2013
Jakarta — Sehari sebelum menyerahkan Doktor Honoris Causa kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, para delegasi dari Naresuan University dan rektor-rektor universitas di Indonesia menggelar workshop kerja sama. Hadir di workshop tersebut rektor dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Universitas Tanjungpura, Universitas Negeri Semarang, Unesa, UNJ, UNY, UPI, ITS, dan perguruan tinggi lainnya. “Ini kesempatan baik, mumpung mereka datang kemari untuk menyerahkan Honoris Causa, kita manfaatkan untuk menjalin kerja sama,” ujar Direktur Kelembagaan Dikti Ahmad Jazidi, usai workshop kedua negara, Jumat (5/4) sore. Universitas Naresuan Thailand memiliki latar belakang pendidikan bidang keguruan. Itulah mengapa, beberapa LPTK diundang dalam workshop ini agar bisa mengembangkan kerja sama lebih baik dengan universitas Naresuan. Dan sekarang universitas di Thailand tersebutpun telah merambah ke pendidikan profesi, terutama keperawatan. “Oleh karena itu kita undang Unair juga, karena mereka memiliki profesi keperawatan. Dan menurut catatan, UGM sudah menjalin kerja sama pendidikan bidang nursing tersebut,” tambahnya.

…dst

4 ) Mendikbud: Fakultas Science Naresuan Terbesar ke-3 di Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/07/373/787582/mendikbud-fakultas-science-naresuan-terbesar-ke-3-di-dunia

Minggu, 07 April 2013 11:35 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan jika Fakultas Science Naresuan University, Thailand merupakan yang terbesar ke-3 di dunia. “Naresuan University nomor tiga terbesar di dunia untuk fakultas Sciencenya. Disparitasnya cukup kompleks, mereka menilai ada kemajuan, serta mengelola jumlah sekolah yang banyak,” imbuh Nuh, di Jakarta, akhir pekan ini.Nuh bercerita, hubungan antara Thailand dengan Indonesia sudah terjalin sejak zaman kerajaan Sriwijaya. Kerjasama ini pun selama satu abad lamanya. “Patung gajah yang berada di Museum Nasional itu dari Thailand pada abad ke-14,” katanya singkat. Seperti yang sudah kalian tahu, Naresuan University Thailand menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Mohammad Nuh dalam bidang Administrasi Pendidikan.

…dst

5 ) IKA FK Unpad Beri Penghargaan Dokter Berprestasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/07/3/144695/IKA-FK-Unpad-Beri-Penghargaan-Dokter-Berprestasi

Minggu, 07 April 2013 | 15:30 WIB
Metrotvnews.com, Bandung: Dokter-dokter yang ditempatkan di daerah pedalaman mempunyai pengorbanan yang besar dalam mengabdi kepada masayarakat pelosok yang membutuhkan tenaga medis. Di Indonesia masih banyak daerah yang kekurangan fasilitas maupun tenaga medis. Dokter-dokter yang ditempatkan di wilayah-wilayah terpencil mempunyai sebuah perjuangan dan dedikasinya tersendiri. Rela mempertaruhkan jiwa untuk menolong dan menyelamatkan pasien-pasien agar bisa sembuh. Seperti dr Erina Nazarudin dan dr Meimun Hidayati. Keduanya gugur saat menjalankan tugasnya sebagai dokter di daerah terpencil yang sangat minim sekali fasilitas kesehatan. Pada hari Kesehatan Sedunia yang diperingati 7 April, kedua dokter tersebut mendapat penghargaan dari Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran Komisariat Fakultas Kedokteran (IKA FK Unpad), Minggu (7/4), di Bandung. “Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat membuka mata dan hati kita semua bahwa profesi dokter merupakan profesi yang tak pernah melupakan nilai-nilai kemanusiaan dan sarat pengabdian,” kata Ketua IKA FK Unpad dr Bambang Setiohadji, SpM , Minggu (7/4), di Bandung.

…dst

6 ) Ikatan Alumni FK Unpad Gelar Sepeda Santai Peringati Hari Kesehatan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/07/3/144592/Ikatan-Alumni-FK-Unpad-Gelar-Sepeda-Santai-Peringati-Hari-Kesehatan

Minggu, 07 April 2013 | 09:45 WIB
Metrotvnews.com, Bandung: Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Universitas Padjajaran, Bandung menggelar kegiatan sepeda santai untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia pada Minggu (7/4). Acara tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dan alumni fakultas tersebut. Kegiatan tersebut digelar di depan kampus FK Unpad yang berada di Jalan Dokter Eijkman, Bandung, Jawa Barat. Sebelum peserta kegiatan sepeda santai dilepas, mereka menjalani tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter yang disiapkan. Tes kesehatan itu berupa pengukuran tekanan darah hingga pemberian obat-obatan. Para peserta kemudian dilepas pada pukul 07.00 WIB. Mereka dibagi menjadi dua kelompok yaitu sepeda santai dan sepeda gunung.

…dst

7 ) Pemerintah belum Larang Perjalanan dari dan ke China
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/06/3/144457/Pemerintah-belum-Larang-Perjalanan-dari-dan-ke-China

Sabtu, 06 April 2013 | 20:03 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah belum merasa perlu memberlakukan kebijakan pembatasan perjalanan (travel restriction dan travel warning) dari dan ke China yang tengah dilanda wabah flu burung tipe (strain) baru H7N9. Kasus infeksi H7N9 di China hingga Sabtu (6/4) telah menyebabkan 6 orang korban meninggal. Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama menjelaskan, kebijakan travel warning tidak dilakukan sesuai dengan arahan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pasalnya WHO memastikan kasus infeksi H7N9 belum terjadi antarmanusia (human to human). Perawat yang sempat dicurigai tertular virus flu burung karena merawat korban yang terinfeksi, dipastikan WHO negatif flu burung.”Kami tetap waspada. Kemenkes telah meminta dinas kesehatan di berbagai daerah meningkatkan langkah antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap pandemi flu burung. Namun kita terus mematuhi arahan WHO,” ujar Tjandra. Selain itu Tjandra juga menambahkan kebijakan pemasangan alat deteksi suhu tubuh (termoscanner) yang diletakan di bandara atau pelabuhan juga belum perlu dilakukan.

…dst

8 ) Virus H7N9, Pemerintah Indonesia Siaga
http://www.tempo.co/read/news/2013/04/07/173471662/Virus-H7N9-Pemerintah-Indonesia-Siaga

Minggu, 07 April 2013 | 11:04 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan, pemerintah Indonesia siap siaga mencegah beredarnya virus flu burung jenis baru H7N9. Menurut dia, virus ini lebih mematikan dibanding jenis lama, yakni H5N1. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah,” kata Nafsiah ketika ditemui seusai membuka Hari Kesehatan Dunia, Minggu, 7 April 2013. Menurut Nafsiah, kementeriannya sudah mengirimkan edaran kepada dinas kesehatan daerah untuk waspada jika ada unggas yang mati. Sampai sejauh ini, kata Nafsiah, belum ada indikasi mutasi virus ini ke manusia. Virus flu burung H7N9 telah merenggut enam nyawa dari empat provinsi di Cina. Sudah ditemukan 18 kasus virus H7N9. Delapan dari Provinsi Shanghai, enam dari Provinsi Jiangsu, tiga dari Provinsi Zhejiang, dan satu dari Provinsi Ahui.

…dst

9 ) Kuota Pelajar Indonesia di AS Belum Penuh
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/04/06/mkt9oq-kuota-pelajar-indonesia-di-as-belum-penuh

Sabtu, 06 April 2013, 09:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, AMBON — Konsuler Konsulat Jenderal Amerika Serikat (AS) Chris Santoro, mengungkapkan kuota 22 ribu kursi yang disediakan pemerintah AS untuk masyarakat Indonesia yang ingin belajar di negara Paman Sam itu belum terisi penuh. “Belum memenuhi jumlah yang diharapkan, karena sampai saat ini baru 8.210 orang Indonesia yang belajar di AS,” katanya saat dihubungi dari Ambon, Sabtu (6/4). Ia menjelaskan, penyediaan 22 ribu kursi bagi orang Indonesia itu merupakan salah satu bentuk dari hubungan kerja sama antara pemerintah AS dan pemerintah Indonesia di bidang pendidikan. Disinggung tentang orang asal Indonesia bagian timur yang berlajar di AS saat ini, Chris menyatakan sedikit sekali. “Kebanyakan atau bisa dikatakan 90 persen berasal dari Pulau Jawa dan Bali. Hal ini terlihat dari jumlah permintaan pembuatan visa pelajar di Konjen AS di Surabaya.

…dst

10 ) Unair Bantah tidak Terakreditasi A
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/107786/unair-bantah-tidak-terakreditasi-a

07 Apr 2013 18:28:33|
Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membantah bahwa universitas yang tergolong tua di Indonesia itu tidak terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Unair sudah diakreditasi pada tahun 2009 dan mendapatkan nilai akreditasi A sejak tahun 2009. Unair akan menjalani reakreditasi pada Januari 2014,” kata Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair Dr M. G. Bagus AP kepada Antara di Surabaya, Minggu. Ia mengemukakan hal itu menanggapi masuknya tiga perguruan tinggi swasta dalam jajaran delapan perguruan tinggi yang terakreditasi A yakni Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Hal itu sesuai rilis BAN-PT yang mencatat delapan universitas terakreditasi A dari 30 PT, 20 lainnya terakreditasi B, dan sisanya C. PTN yang mendapat akreditasi A adalah UGM dengan nilai 378 dari maksimal 400, lalu IPB meraih nilai 375 dan ITB dengan nilai 370. “Jadi, akreditasi itu setiap lima tahunan memang selalu berbeda universitas yang diakreditasi, karena ada universitas yang sudah habis masa akreditasinya dan ada universitas baru diakreditasi. Unair sendiri bukan untuk tahun ini, tapi masih tahun 2014,” katanya.

…dst

11 ) Antisipasi Serangan Fajar, Kemendikbud Perketat Pengawasan UN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/04/05/mksfk8-antisipasi-serangan-fajar-kemendikbud-perketat-pengawasan-un

Jumat, 05 April 2013, 22:12 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) semakin memperketat pengawasan pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013, khususnya terhadap kemungkinan “serangan fajar”. “Untuk mengawasi jeda waktu pada pagi hari SOP (standar operasional prosedur) dibuat sangat ketat. Contohnya dalam salah satu SOP bahwa sebelum ujian, pengawas menunjukkan kepada seluruh siswa bahwa amplop lembar soal dan jawaban masih disegel,” kata Itjen Kemdikbud Haryono Umar di Jakarta, Jumat. Ia meyakinkan akan semakin kecil kemungkinan terjadinya serangan fajar pada pelaksanaan UN dengan menempatkan tim di setiap sekolah. Haryono pun berharap solidnya kerja sama berbagai pihak untuk mengawasi dan melaporkan jika ada penyimpangan pada pelaksanaan ujian nasional. Sementara itu, Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Indonesia Moehammad Aman Wirakartakusumah mengatakan, berdasarkan pengalaman ujian nasional sebelumnya, kebocoran terjadi pada soal ujian yang didistribusikan terlebih dahulu ke daerah-daerah terpencil.

…dst

12 ) Sarjana Perikanan yang Suka Marketing
http://m.koran-sindo.com/node/305667

07 April 2013
BIDANG penjualan ternyata sangat bertolak belakang dengan keilmuan yang dimiliki Iman Al Pahyubi. Siapa sangka jika Asisten Marketing Support Manager PT Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah Sulawesi ternyata lulusan Fakultas Perikanan Universitas Padjajaran. Jika mengikuti kemampuan keilmuannya, Iman seharusnya bergelut dengan dunia perikanan. Namun, dia telah membuktikan jika kelebihannya pada bidang marketingjuga tidak kalah. Hal ini ditunjukkan dengan membantu pengembangan perusahaan khususnya dalam bidang penjualan. “Saya alumnus perikanan Universitas Padjajaran, namun sekarang mengurusi bidang penjualan. Sangat jauh perbedaan bidang keilmuan dengan pekerjaan yang saya tekuni,” katanya.Iman menuturkan, awal terjun di dunia penjualan, dirinya mengalami berbagai kendala mengingat bidang tersebut jauh dari kemampuan keilmuannya. Secara perlahan, suami dari RA Kartika Ningrum ini mampu belajar dan menjadi tenaga penjualan yang handal. Menurut dia, kemampuannya dibidang marketingtidak lepas dari pengalamannya melanglang buana dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

…dst