1 ) Indonesia negara pertama di Asia yang lakukan May Day
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/01/15/743749/indonesia-negara-pertama-di-asia-yang-lakukan-may-day

Rabu, 1 Mei 2013 − 04:07 WIB
Sindonews.com – May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja yang menuntut 8 jam kerja. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. May Day juga telah menjadi sebuah memori kolektif kaum buruh. May Day diperingati untuk mengenang kemenangan perjuangan 8 jam kerja melalui aksi-aksi buruh di berbagai belahan dunia, terutama di Chicago pada tahun 1886. Sebelumnya, kaum buruh bisa bekerja 12 atau 16 jam sehari. Berdasarkan data yang dihimpun Sindonews, di Indonesia sendiri peringatan Hari Buruh sudah mulai dilakukan tanggal 1 Mei tahun 1920. Bahkan Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang merayakan 1 Mei sebagai hari buruh. Melalui UU Kerja No. 12 Tahun 1948, pada pasal 15 ayat 2, dinyatakan bahwa “Pada hari 1 Mei buruh dibebaskan dari kewajiban kerja.”

…dst

2 ) ITS: Mobil Listrik Dibakar
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/109442/its-mobil-listrik-dibakar

01 Mei 2013 16:20:17
Surabaya (Antara Jatim) – Tim Mobil Listrik ITS menunjukkan tayangan video kepada sejumlah wartawan yang menampilkan adanya seseorang yang sengaja membakar mobil listrik “EC-1 ITS” itu pada 27 April lalu, namun tim ITS tidak akan mengusutnya, melainkan justru meneruskan proyek mobil listrik itu. “Awalnya, kami mempunyai hipotesa saat melihat kerusakan interior bahwa mobil itu terbakar akibat hubungan arus pendek (konsleting) pada sistem ‘central lock’ dan alarm,” kata dosen pembimbing Mobil Listrik ITS Dr M Nur Yuniarto di Gedung LPPM ITS Surabaya, Rabu sore. Dalam tayangan video yang juga disaksikan Pembantu Rektor I ITS Prof Dr.Ing Herman Sasongko, Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS Ir Bambang Pramujati MSc.Eng PhD, dan sembilan anggota tim Mobil Listrik EC-1 ITS itu, ia mengaku miris saat menyaksikan video itu. “Kami bersyukur ada anggota tim yang sempat mengabadikan kejadian itu dengan kamera handphone-nya, tapi kami baru membuka video itu pada Senin (29/4), karena pada Sabtu (27/4) dan Minggu (28/4) memang masih syok saat mendengar laporan kebakaran itu,” katanya.

…dst

3 ) Beasiswa Pemerintah Jepang untuk Lulusan SMA
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/01/079477236/Beasiswa-Pemerintah-Jepang-untuk-Lulusan-SMA

Rabu, 01 Mei 2013 | 21:16 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2014. Pelamar hanya bisa mendaftar satu program dari S-1, D-3, atau D-2. Syarat-syarat pelamar antara lain lahir antara 2 April 1992 dan 1 April 1997 dengan nilai rata-rata ujian nasional 8,4 untuk program S-1, 8,0 untuk program D-3, dan 8,0 untuk program D-2. Jika pada saat penutupan, 14 Juni 2013, nilai ujian nasional asli belum bisa dikeluarkan, nilai ujian nasional sementara dari kepala sekolah bisa diterima. Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standar IB), nilai akan disetarakan sesuai dengan yang di atas.

…dst

4 ) Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk PTN Mulai 13 Mei
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/01/mm46c4-pendaftaran-seleksi-bersama-masuk-ptn-mulai-13-mei

Rabu, 01 Mei 2013, 16:57 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,PADANG–Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Padang mengumumkan pendaftaran SBMPTN 2013 akan dibuka pada 13 Mei dan calon mahasiswa dapat mendaftar secara online melalui situs resmi http:sbmptn.or.id. “Pendaftaran dibuka pada 13 Mei hingga 7 Juni. Ujian tulis pada 18-19 Juni dilanjutkan dengan ujian keterampilan bagi program studi khusus,” kata Ketua Panitia Lokal SBMPTN Padang 2013 Prof Agus Irianto di Padang, Rabu. Ia menyampaikan hal itu pada sosialisasi SBMPTN 2013 kepada kalangan media masa yang dihadiri Rektor Universitas Negeri Padang Yanuar Kiram dan Wakil Rektor I Universitas Andalas Febrin Anas Ismail serta sejumlah panitia lokal.

…dst

5 ) Unand-UNP Terima 3.714 Mahasiswa Jalur SBMPTN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/01/2237118/Unand-UNP.Terima.3.714.Mahasiswa.Jalur.SBMPTN

Rabu, 1 Mei 2013 | 22:37 WIB
PADANG, KOMPAS.com – Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang akan menerima 3.714 mahasiswa baru pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang akan digelar pada 18-19 Juni 2013. “Dari 3.714 kursi tersebut Universitas Andalas (Unand) akan menerima 2.190 orang dan Universitas Negeri Padang (UNP) sebanyak 1.524 mahasiswa,” kata Ketua Panitia Lokal SBMPTN 2013 Agus Irianto di Padang, Rabu (1/5/2013). Menurut dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri terdiri atas tiga jalur.

….dst

6 ) 34 Universitas Asia-Pasifik Bahas Kolaborasi di Surabaya
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/109431/34-universitas-asia-pasifik-bahas-kolaborasi-di-surabaya

01 Mei 2013 13:18:19
Surabaya (Antara Jatim) – Sejumlah rektor, wakil rektor, dan pimpinan dari 34 universitas yang berasal dari 17 negara di kawasan Asia Pasifik membahas kolaborasi antara unversitas, industri, dan pemerintah di Kantor Rektorat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu. “Kolaborasi antara universitas, pemerintah, dan industri itu sangat penting untuk kepentingan generasi mendatang,” kata staf ahli Kemdikbud Dr Taufik Hanafi saat membuka ‘Association of Southeast Asian Institutions of Higher Learning (ASAIHL) Conference 2013’ itu. Ia mengemukakan hal itu dalam pertemuan yang dihadiri Presiden ASAIHL Prof Alvin B Culaba, Sekjen ASAIHL Dr Ninnat Olanvoravuthb (Thailand), dan ratusan pimpinan universitas dari beberapa negara ASEAN, Iran, India, Taiwan, Hong Kong, Amerika, Uzbekistan, dan Lesoto. “Kolaborasi ketiganya akan mendorong tumbuhnya saling pengertian dan pengakuan internasional, sehingga ada kepercayaan untuk saling bekerja sama, baik kerja sama antaruniversitas, kerja sama universitas-industri, hingga kerja sama universitas-negara,” katanya.

…dst

7 ) Anarkis, Ancam Akreditasi Perguruan Tinggi
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=169836

Rabu, 01 Mei 2013 , 03:17:00
JAKARTA – Kegelisahaan masyarakat terhadap sejumlah aksi demonstrasi mahasiswa yang selalu anarkis direspon Badan Akriditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Salah satu cara yakni, dengan memberikan sanksi penurunan akreditasi bagi kampus yang selalu menggelar aksi demonstrasi tidak tertib. Sanksi penurunan akreditasi itu, kata Ketua BAN-PT Prof Mansyur sudah cukup tepat. Karena memang pendidikan harus diarahkan pada pengembangan karakter. Aksi demonstrasi yang rusuh itu membuktikan tidak adanya pengembangan karakter kampus. “Kita mengarah ke sana. Kampus-kampus yang selalu ricuh kondisinya harus dievaluasi akreditasi kampus tersebut,” kata Prof Mansyur dalam semiloka nasional Lembaga Akreditasi Mandiri di Jakarta, Selasa, (30/4). Mansyur menambahkan, standar akreditasi PT terus disempurnakan. Bukan hanya mengukur pada kondisi fisik perguruan tinggi, pola pengajaran dan fasilitas saja. Tapi juga pada karakter mahasiswa yang menjadi tanggung jawab kampus. Karakter mahasiswa itu berkaitan pula dengan pola pengajaran. Tak sedikit kampus yang memang sangat longgar pola pengajarannya, sehingga mahsiswanya bisa melakukan berbagai tindakan yang kurang pantas. “Penilaian itulah yang sedang terus digodok. Ini agar kampus dapat menjadi lembaga pendidikan yang sesungguhnya diharapkan masyarakat,” paparnya.

…dst

8 ) MPR usul materi 4 pilar masuk kurikulum pendidikan
http://www.antaranews.com/berita/372494/mpr-usul-materi-4-pilar-masuk-kurikulum-pendidikan

Rabu, 1 Mei 2013 22:29 WIB
Padang (ANTARA News) – MPR RI telah mengusulkan agar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 1945 Negara Republik Indonesia, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) dimasukkan dalam kurikulum pendidikan nasional.”Kita sudah meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar materi 4 pilar masuk kurikulum pendidikan, dan itu sudah disanggupi oleh Mendikbud dan dijanjikan akan dalam mata pelajaran khusus Pancasila,” kata Ketua Fraksi Partai Kebangkitan (PKB) MPR RI, Lukman Edy, usai menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Padang, Sumatera Barat, Rabu.Dia mengatakan, sosialisasi 4 pilar tersebut seharusnya dilakukan oleh lembaga yang tepat seperti lembaga pendidikan. “Bukan dilaksanakan oleh lembaga politik seperti MPR RI. Yang tepat adalah lembaga pendidikan.” Calon gubernur Riau itu menambahkan, selama belum ada ketentuan dari pemerintah soal pelaksana sosialisasi 4 pilar itu, maka MPR RI yang akan melakukan.

…dst

9 ) Jepang tawarkan kerja sama pendidikan bencana alam
http://www.antaranews.com/berita/372276/jepang-tawarkan-kerja-sama-pendidikan-bencana-alam

Rabu, 1 Mei 2013 00:09 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah Jepang menawarkan penguatan kerja sama di bidang pendidikan mengenai penanganan bencana alam kepada Indonesia, agar terdapat sumber daya manusia yang terlatih dan tanggap bencana. “Indonesia dan Jepang memiliki pengalaman yang sama terhadap bencana. Pendidikan ini untuk kesadaran akan reaksi, baik untuk anak-anak dan orang dewasa,” kata Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang Yoshitaka Shindo pada jumpa pers di Jakarta, Selasa. Untuk membangun kemitraan yang komprehensif, lanjut Shindo, dirinya sudah bertemu dengan Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia Agung Laksono dan menemukan berbagai kesepakatan. Terdapat juga pembicaraan mengenai perlunya Undang-undang yang ditujukan mengatur tentang penanganan bencana. “Maka saya telah bertemu dengan Menko Kesra, dimana saya menawarkan bantuan pendidikan kesadaran dalam bencana,” ujar Shindo, yang merupakan menteri Jepang pertama yang berkunjung ke Indonesia dari kabinet baru.

…dst

10 ) UGM Luncurkan Pusat Studi ASEAN
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/01/01302425/UGM.Luncurkan.Pusat.Studi.ASEAN

abu, 1 Mei 2013 | 01:30 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta meluncurkan Pusat Studi ASEAN sebagai wahana bagi civitas akademika untuk mempelajari dan memperkuat pemahaman berbagai aspek tentang ASEAN. “Pusat studi tersebut diharapkan memberi wawasan serta memotivasi mahasiswa untuk lebih memiliki orientasi ASEAN bukan hanya nasional karena sebentar lagi Indonesia juga akan masuk ke dalam ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) Erwan Agus Purwanto dalam peluncuran Pusat Studi ASEAN di Yogyakarta, Selasa (30/4/2013).

…dst

11 ) Robot Hafidz, si Jagoan yang Ganti Nama 3 Kali
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/01/373/800422/robot-hafidz-si-jagoan-yang-ganti-nama-3-kali

Rabu, 01 Mei 2013 13:21 wib
JAKARTA – Bicara prestasi, robot Hafidz karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memang jagonya. Teranyar, tim robot tersebut berhasil memboyong dua emas dan satu perak di RoboGames 2013 Olympics of Robots. Namun, robot tersebut ternyata punya sejarah yang unik. Salah satunya dari pemilihan nama. Robot yang juga mengukir prestasi dalam Trinity Fire Fighting Robot Contest itu ternyata sudah tiga kali ganti nama. Sebelumnya, robot tersebut diberi nama W1nda. Pergantian nama itu bukan perkara ganti jenis kelamin tapi menuruti kemauan si empunya robot. Sebelumnya, robot tersebut selalu langganan juara dua dan juara empat di kompetisi tingkat regional. Setelah berganti nama untuk ketiga kali, akhirnya robot tersebut mampu meraih juara satu, bukan hanya di tingkat nasional tapi juga di kompetisi internasional. “Kami namakan Hafidz diambil dari salah satu nama dari anggota tim kita yang tidak bisa berangkat ke Amerika,” ujar salah seorang tim robot UGM Malik Khidir, seperti disitat dari situs UGM, Rabu (1/5/2013).

…dst

12 ) Perkara IT UI Sudah Diekspose KPK
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/01/3/150611/Perkara-IT-UI-Sudah-Diekspose-KPK

Rabu, 01 Mei 2013 | 07:38 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberatasan Korupsi sudah melakukan gelar perkara dalam pengadaan instalasi teknologi informasi di lingkungan Universitas Indonesia. Penyelidikan proyek tersebut sudah dilakukan KPK sejak 2012 lalu. “Masih melakukan proses administrasi laporan hasil tindak pidana korupsi,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Gedung KPK, Selasa (30/4) malam. Pada pemeriksaan terkait dugaan tersebut, KPK juga sudah memeriksa sejumlah pihak termasuk mantan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri. Namun, beredar kabar bahwa KPK juga sedang mempelajari dugaan perkara korupsi lain di Kampus Kuning tersebut. Diduga, KPK juga tengah menyelidik perkara pembangunan sarana golf dan pembangunan perpustakaan. Sebab, sejumlah akademisi UI lantang menyebut kasus tersebut dalam buku “Membangun di atas Puing Integritas: Belajar Dari Universitas Indonesia”.

…dst

13 ) Guru Besar IPB Kembangkan Sistem Pengasapan Ikan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/05/01/mm45xd-guru-besar-ipb-kembangkan-sistem-pengasapan-ikan

Rabu, 01 Mei 2013, 16:48 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR–Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB Prof Indra Jaya melakukan penelitian untuk merancang alat pengasapan ikan yang efektif dalam hasil dan efisien dalam segi waktu. “Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah membuat alat pengasapan dan menganalisis hasilnya melalui uji organoleptik dan kadar air,” katanya melalui penjelasan Humas IPB yang diterima di Batam, Kepulauan Riau, Rabu. Ia menjelaskan hasil yang diperoleh dari penelitian itu adalah hasil uji coba lapang dan laboratorium. “Kita coba dengan memanfaatkan elektronik, mikrokontroler. Kita kendalikan suhunya dengan konsentrasi asapnya,” katanya. Alatnya, kata dia, semacam ruang terbuat dari alumunium. “Ada asap yang masuk ke dalam ruangan. Di dalamnya ada sensor suhu dan sensor asap. Kemudian ada kipas angin. Jadi kalau misalnya konsentrasi asapnya terlalu pekat, kipas angin berputar, sehinga asapnya keluar,” katanya.

…dst

14 ) UPI Buka Prodi Ilmu Ekonomi Syariah
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/01/18284915/UPI.Buka.Prodi.Ilmu.Ekonomi.Syariah

Rabu, 1 Mei 2013 | 18:28 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung membuka program studi (prodi) Ilmu Ekonomi Syariah, mulai tahun ajaran 2013-2014. “Program studi yang akan dibuka itu untuk menjawab kebutuhan tentang ekonomi syariah. Tahun ajaran mendatang mulai perkuliahannya,” kata Pembantu Rektor III Bidang Akademis UPI, Furqon, di sela-sela peluncuran program itu di Bandung, Rabu (1/5/2013). Menurut Furqon, kebutuhan terhadap tenaga berpengetahuan ekonomi syariah di Indonesia kian meningkat, seiring dengan meningkatnya aktivitas dan kinerja ekonomi syariah di Indonesia.

…dst

15 ) Mei, Bulan Sibuk Pendidikan Nasional
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/01/17350126/Mei.Bulan.Sibuk.Pendidikan.Nasional

Rabu, 1 Mei 2013 | 17:35 WIB
KOMPAS.com — Selamat datang bulan Mei. Bulan ini biasanya menjadi bulan padat agenda pendidikan nasional setiap tahunnya. Tahun ini, dengan sejumlah perubahan, agendanya lebih padat. Besok, Kamis (2/5/2013), Hari Pendidikan Nasional diperingati. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh rencananya akan memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan di kawasan Senayan jam 07.30 WIB. Setelahnya, Mendikbud juga dijadwalkan memberikan keterangan pers seputar kebijakan Kementerian. Pekan selanjutnya, para siswa sekolah dasar (SD) akan mengikuti ujian nasional (UN) 2013 selama tiga hari, 6-8 Mei. UN ini diharapkan bisa berjalan lancar tanpa persoalan pelik distribusi soal yang berantakan. Pasalnya, UN untuk kakak-kakak kelasnya, SMA dan SMP, yang digelar sebelumnya, penuh kontroversi. Skala kisruhnya pun nasional.

…dst

16 ) Disediakan, Beasiswa Perguruan Tinggi untuk 100 Siswa
Rabu, 1 Mei 2013 | 01:14 WIB

Rabu, 1 Mei 2013 | 01:14 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com — Kalimantan Barat memperoleh alokasi bagi 100 siswa untuk bisa memperoleh beasiswa pendidikan tinggi dan lolos seleksi kuliah di enam perguruan tinggi negeri terkemuka di Tanah Air, demikian dikatakan Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr Thamrin Usman, DEA. Keenam perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). “Ini beasiswa untuk siswa yang berasal dari daerah tertinggal, terpencil, dan terisolasi,” kata Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) saat dihubungi di Pontianak, Selasa (30/4/2013). Ia melanjutkan, ada 10 kabupaten di Kalimantan Barat (Kalbar) dan masing-masing mendapat kuota 10 siswa, yakni Kabupaten Sambas, Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, dan Kayong Utara.

…dst

17 ) Sosialisasi Cerdas Anti Rokok Versi FKM UI
http://kampus.okezone.com/read/2013/04/30/373/800160/sosialisasi-cerdas-anti-rokok-versi-fkm-ui

Rabu, 01 Mei 2013 08:34 wib
JAKARTA – Bagi kamu yang peduli terhadap bahaya rokok, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menyelenggarakan ajang kompetisi untuk turut berperan aktif dalam menyosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Tembakau. Berangkat dari sana, BEM Kajian dan Aksi Strategis (Kastrat) IM FKM UI 2013 berencana menyelenggarakan Seminar untuk Negeri: Sinari Indonesia “Tanpa Asap Rokok” yang akan dilaksanakan pada 1 Juni 2013. Sebagai pelengkap acara, sekaligus perwujudan tujuan besarnya, diadakan kompetisi video pendek bersifat persuasif yang berdurasi maksimum satu menit. Disitat dari laman Universitas Indonesia (UI), Rabu (1/5/2013), lomba ini berfokus pada kepedulian masyarakat untuk ikut serta dalam pengendalian Peraturan Pemerintah (PP) Tembakau Nomor 109 Tahun 2012. Peraturan tersebut membahas peraturan-peraturan periklanan dan publikasi rokok untuk mengurangi dampak yang lebih besar dari bahaya rokok.

…dst

18 ) Pendidikan Islam mendapat kucuran anggaran Rp43 triliun
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/01/15/744046/pendidikan-islam-mendapat-kucuran-anggaran-rp43-triliun

Rabu, 1 Mei 2013 − 18:48 WIB
Sindonews.com – Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Nur Syam mengatakan, tahun ini ada peningkatan jumlah anggaran peningkatan kualitas pendidikan sebesar Rp43 triliun. Sebelumnya anggaran untuk Pendis hanya sebesar Rp 37 triliun dan Rp39 triliun. “Kenaikan anggaran tersebut guna bagian dari peningkatan kualitas pendidikan Islam dalam meningkatkan kesejahteraan para guru,” ujarnya saat ditemui di Gedung Kemenag dalam Rapat Pimpinan (Rapimnas) di Jakarta, Rabu (1/4/2013). Menurutnya, anggaran tersebut akan dipergunakan guna memberikan tunjangan dalam memberikan sertifikasi kepada guru dan dosen, gaji pegawai dan belanja pegawai sebesar Rp6,6 triliun. “Padahal, kita hanya menaik sekitar Rp3 triliun. Permasalahan nya ada pada gaji dan belanja pegawai serta tunjangan guru dan dosen. Itulah masalah yang dihadapi,” katanya.

…dst

19 ) Irjen Kemendikbud Harap Hasil Investigasi UN Dipublikasi
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/01/3/150776/Irjen-Kemendikbud-Harap-Hasil-Investigasi-UN-Dipublikasi

Rabu, 01 Mei 2013 | 21:16 WI
Metrotvnews.com, Jakarta: Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Haryono Umar berharap pengumuman hasil investigasi Ujian Nasional (UN) segera diumumkan ke publik. “Saya belum ada info, mestinya segera diumumkan,” kata Haryono menjawab Media Indonesia melalui pesan singkatnya, Rabu (1/5), terkait hasil investigasi UN. Adapun mengenai rencana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan mengaudit pelaksanaan UN, Haryono merespons positif dan mengaku telah berkoordinasi dengan BPK. Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu pun berharap audit investigasi oleh BPK dapat mengubah kinerja Kemendikbud. “Ya perubahan manajemen dan kebijakan yang lebih baik,” tegasnya.

…dst

20 ) Kemdikbud-PGRI Bentuk Tim
Atasi Masalah Guru Honorer
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/05/01/223451/Kemdikbud-PGRI-Bentuk-Tim-

01 Mei 2013
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sepakat membentuk tim guru honorer. Ini dilakukan mengingat banyaknya permasalahan yang dihadapi guru honorer, mulai dari sisten perekrutan hingga status kepegawaian. “Data guru honorer yang dimiliki kementerian belum bagus, bahkan kementerian tidak memiliki data pasti jumlah guru honorer. Karena itu, kami sepakat membentuk tim untuk menyelesaikan semua permasalahan yang dialami guru honorer,” ujar Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo, seusai rapat koordinasi dengan Mendikbud Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, kemarin.

…dst

21 ) Hentikan Penerbitan NUPTK, Kemdikbud Dianggap Ngawur
http://www.jpnn.com/read/2013/05/01/169822/Hentikan-Penerbitan-NUPTK,-Kemdikbud-Dianggap-Ngawur-

Rabu, 01 Mei 2013 , 00:10:00
JAKARTA – Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menghentikan penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dinilai sebagai langkah salah. Sebab, saat ini masih banyak guru yang belum memiliki NUPTK tersebut. “Ini namanya ngawur. Karena kalau mereka belum punya NUPTK, belum bisa ikut sertifikasi,” ujar Ketua Umum PB PGRI, Sulistyo di Kemdikbud, Selasa (30/4). NUPTK merupakan data tentang identitas pendidik atau tenaga kependidikan yang bersifat nasional. Mereka yang telah memilik NUPTK berarti telah diakui oleh Kemdikbud sebagai tenaga pendidikan dan kependidikan terdaftar. Bahkan, berbagai program peningkatan kesejehtaraan guru maupun kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun daerah, didasarkan pada NUPTK. Salah satu contohnya adalah program sertifikasi guru.

…dst