1 ) UN 2013
Ketegasan Presiden dan Mendikbud Ditunggu
http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/05/1021291/Ketegasan.Presiden.dan.Mendikbud.Ditunggu

Minggu, 5 Mei 2013 | 10:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan bahwa pihaknya telah memberikan rekomendasi dalam hasil investigasi yang diserahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam rekomendasi tersebut, terdapat nama-nama orang beserta sanksi yang dikenakannya. Inspektur Jenderal Kemdikbud, Haryono Umar, mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan keputusan final terkait dengan nama orang-orang yang terlibat beserta sanksinya. Namun sayangnya, hasil ini hanya berupa rekomendasi karena keputusan tetap ada di tangan Kementerian dan Presiden Republik Indonesia. “Rekomendasi kami tegas. Kalau tidak dijalankan maka persoalan di Kemdikbud tidak akan pernah selesai,” kata Haryono di Kemdikbud, Jumat (3/5/2013). “Tidak akan ada verifikasi lagi. Ini sudah final. Bukti sudah ada semua,” ujar Haryono.

…dst

2 ) M Nuh Terikat Etika Organisasi untuk Laporkan Hasil Investigasi UN
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/03/3/151134/M-Nuh-Terikat-Etika-Organisasi-untuk-Laporkan-Hasil-Investigasi-UN

Jum’at, 03 Mei 2013 | 20:04 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh belum memublikasikan hasil investigasi kasus Ujian Nasional (UN) oleh pihak inspektorat jenderal (itjen) karena terikat etika organisasi untuk melaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terlebih dahulu. “Presiden kan yang meminta Mendikbud investigasi kasus UN, lalu beliau menugaskan Irjen Kemendikbud. Jadi mereka terikat etika organisasi. Setelah itu Irjen lapor ke Mendikbud dan Mendikbud lapor ke Presiden,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud Ibnu Hamad menjawab Media Indonesia di Jakarta, Jumat (3/5). Yang pasti, lanjut Ibnu, Kemendikbud terbuka kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan juga Bareskrim Polri untuk menyelidiki kasus tersebut. “BPK sudah masuk ke Kemendikbud dengan auditnya. Mereka akan lapor pimpinan BPK. Begitupun Bareskrim akan lapor ke Mabes Polri dan KPK. Jadi semua punya jalur organisasi,” ungkap Ibnu.

…dst

3 ) Sifat Rahasia Naskah Unas Sementara
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=170405

Sabtu, 04 Mei 2013 , 08:24:00
JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai saat ini masih merahasiakan hasil investigasi ujian nasional (unas) 2013 kepada masyarakat. Salah satu poin investigasi adalah, percetakan naskah unas yang tidak menggunakan sistem security printing. Padahal naskah unas adalah dokumen negara yang bersifat rahasia. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro mengatakan, naskah unas yang bersifat dokumen negara dan kategori rahasia itu tidak seperti dokumen-dokumen lainnya. “Misalnya ijazah, uang, dan materai,” katanya. Dia menegaskan bahwa naskah unas tidak termasuk dalam dokumen security berdasarkan SK Kepala BIN No. Kep-04 Tahun 2002. Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) itu mengatakan, sifat kerahasiaan naskah unas itu adalah ketika masa percetakan, distribusi, dan pengerjaan. “Setelah dikerjakan di kelas, naskah unas itu kertas biasa. Dipakai untuk bungkus kacang juga bisa,” ujar Khairil. Dia lantas membedakan antara sifat kerahasiaan naskah unas dengan dokumen-dokumen lain seperti ijazah, uang, dan materai. Khairil mengatakan bahwa dokumen negara seperti uang, ijazah, dan materai itu sifat kerahasiaan dan keamanannya berlaku selamanya. “Ijazah misalnya, setelah kita terima dan seterusnya itu harus dijaga keasliannya,” katanya. Sedangkan untuk naskah soal unas, Khairil menyejajarkan dengan surat perintah penyidikan (sprindik).

…dst

4 ) Kasus Korupsi UI Segera Naik ke Penyidikan
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/05/063478000/Kasus-Korupsi-UI-Segera-Naik-ke-Penyidikan

Minggu, 05 Mei 2013 | 08:37 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi S.P., menyatakan, penyelidikan dugaan korupsi pengadaan teknologi informasi perpustakaan Universitas Indonesia kini tinggal menunggu surat perintah penyidikan (sprindik). Kepastian ini dia berikan terkait kabar KPK akan segera menetapkan tersangka dalam kasus korupsi yang mengguncang kampus UI ini. “Dari ekspose yang sudah dilakukan, hasilnya masih diproses,” kata Johan saat dihubungi Tempo, Sabtu, 4 Mei 2013. Sebelumnya, pada Rabu, 2 Mei 2013, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menyatakan, KPK telah melakukan ekspose atau gelar perkara atas dugaan korupsi di kampung universitas terpandang itu. “Secara administratif, ini sedang digarap,” kata Bambang. Johan enggan menjelaskan apa lagi yang ditunggu KPK terkait kasus ini. Dia hanya memastikan, setelah ekspose perkara ini, surat perintah dimulainya penyidikan akan turun. “Kita menunggu sprindik,” kata Johan. Kasus dugaan korupsi pada pembangunan perpustakaan UI, kata Johan, diduga merugikan negara sebesar Rp 20 miliar. KPK mulai menyelidiki kasus ini pada 2012 lalu atas laporan sejumlah dosen UI.

…dst

5 ) Student Centre, Wadah Anak Undip Berkreativitas
http://kampus.okezone.com/read/2013/05/03/373/802061/student-centre-wadah-anak-undip-berkreativitas

Minggu, 05 Mei 2013 10:18 wib
JAKARTA – Universitas Diponegoro (Undip) kini mempunyai pusat kegiatan mahasiswa dengan meresmikan Student Centre di lingkungan kampus Undip Tembalang. “Selain Student Centre, Undip sebelumnya juga sudah memiliki dua tempat bagi kegiatan mahasiswa yakni PKM Joglo Pleburan dan PKM Tembalang. Luas Bangunan Student Center ini sebesar 1.940 m2, dengan luas tanah sekira 6.946 m2,” ujar Rektor Undip Prof. Sudharto P Hadi, dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Minggu (5/5/2013). Dijelaskan Sudhatro, gedung ini mulai dibangun semenjak 25 Juli 2012 sampai Desember 2012. Student Centre memiliki beberapa ruang, yakni satu pendopo, 40 ruang bagi UKM, satu mushola, satu kantin, dan dua ruang transit. Sudharto mengemukakan bahwa Student Centre ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan tempat mereka menuangkan kreativitas dan meningkatkan prestasi sesuai UKM dan tupoksi masing-masing. “Semoga dengan dibangunnya Student Centre ini mahasiswa dapat semakin nyaman melakukan aktifitas sesuai tujuan masing-masing. Kegiatan organisasi dapat berjalan lancar dan menambah soft skill mahasiswa sebagai bekal mereka setelah lulus dari Undip,” tuturnya.

…dst

6 ) Majukan bangsa lewat robotika
http://nasional.sindonews.com/read/2013/05/03/15/744956/majukan-bangsa-lewat-robotika

Jum’at, 3 Mei 2013 − 18:44 WIB
Sindonews.com – Di tengah pandangan skeptis tentang pengembangan bidang robotika di Indonesia, Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, tetap menggelar acara rutin Kontes Robot Nasional (KRN). Hal ini dikarenakan, perkembangan ilmu robotika akan dapat menghilangkan beberapa sektor pekerjaan yang tidak manusiawi. “Sebagai tuan rumah Regional III, Universitas Islam Indonesia (UII) berpendapat, pengembangan keilmuan robotika di Indonesia sudah saatnya lebih dimajukan. Meski menghilangkan beberapa sektor pekerjaan, namun sebagai penggantinya akan muncul pekerjaan baru bahkan sebanyak 1,3 kali dari pekerjaan yang dihilangkan,” ujar Dekan Fakultas Teknologi Industri UII, Gumbolo Hadi Susanto kepada wartawan, di Yogyakarta, Jumat (3/5/2013). Hadi mengungkapkan, pekerjaan baru yang diciptakan oleh bidang robotika tersebut, jelas membutuhkan banyak tenaga terampil untuk dapat mengoperasikan mesin-mesin otomatis. Tenaga terampil tersebut membutuhkan kompetensi yang tinggi di bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika.

…dst

7 ) Calon mahasiswa agar jangan salah pilih jurusan
http://www.antaranews.com/berita/372870/calon-mahasiswa-agar-jangan-salah-pilih-jurusan

Jumat, 3 Mei 2013 19:33 WIB
Padang (ANTARA News)- Wakil Rektor I Universitas Andalas (Unand) Padang Febrin Anas Ismail mengingatkan calon mahasiswa baru agar jangan sampai salah memilih jurusan di perguruan tinggi yang berakibat merugikan diri sendiri.”Pelajari program studi yang akan dipilih dengan mencari informasi sebanyak mungkin dan pastikan jurusan tersebut sesuai dengan minat,” kata Wakil Rektor di Padang, Jumat. Terkait hal itu, saat ini setiap program studi yang ada di Universitas Andalas telah dilengkapi dengan website berisi deskripsi tentang program tersebut secara detil. Dengan demikian setiap calon mahasiswa dapat mempelajari program studi yang akan dipilih serta kemana orientasi kerja setelah selesai menyelesaikan kuliah, kata dia. Sementara, Ketua Panitia Lokal seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) Padang Agus Irianto mengingatkan dalam memilih jurusan cari informasi sebanyak mungkin tentang bidang studi yang akan dipilih. Jangan memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman sementara yang bersangkutan tidak memiliki minat dan kemampuan pada bidang studi tersebut, kata dia.

…dst

8 ) Ratusan Mahasiswa Berlomba Jadi Presenter
http://m.koran-sindo.com/node/313110

Minggu, 05 Mei 2013
MNCTV kembali menjaring bakat-bakat presenter dari kalangan mahasiswa.Kali ini, penjaringan bakat presenter dipusatkan di Auditorium FISIP Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang, Kota Semarang. Ratusan peserta, baik dari kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip maupun kampus lain, antusias mengikuti casting penyiardan jobfair yang digelar sejak pukul09.00 WIB. Mereka saling beradu kemampuan didepan kamera untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. “Saya sudah sering mengikuti castingpresenter seperti ini. Seneng banget, banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat di sini. Selain itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan yang terbaik, dan berharap dapat diterima menjadi presenter berita di MNCTV,” ujar M Gustiasa, 19, salah satu peserta casting presenter, kemarin. Gustiasa mengaku sudah tiga kali ikut casting, tapi selalu gagal. Dia tidak akan berhenti dan terus mencoba. Menurutnya, meskipun tidak diterima, keikutsertaannya dalam kegiatan seperti itu akan semakin mengasah mental dan menambah pengalamannya. Hal serupa dikatakan Klaudia, 18, mahasiswa semester 2 Komunikasi FISIP Undip yang juga ikut casting presenter.

…dst

9 ) Ketua BKS-PTIS: Prodi Islam Mulai Ditinggalkan
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/109682/ketua-bks-ptis-prodi-islam-mulai-ditinggalkan

05 Mei 2013 07:17:09
Malang (Antara Jatim) – Ketua Pusat Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Sawsata (BKS-PTIS) Dr Muhadjir Effendy mengungkapkan jika program studi atau prodi Islam akhir-akhir ini mulai ditinggalkan akibat kalah bersaing dengan prodi umum. “Karena itu kami akan memanfaatkan rapat kerja dan simposium BKS-PTIS se Indonesia ini untuk menguatkan kembali prodi-prodi Islam tersebut agar bisa bersaing dengan prodi-prodi umum yang saat ini tumbuh pesat,” tegas Muhadjir Effendy di Malang, Minggu. Rapat kerja (raker) dan simposium BKS-PTIS yang digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Malang itu berlangsung selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (3-5/5) dan dihadiri oleh pembina dan pendiri BKS-PTIS, yakni Jusuf Kalla, HA Malik Fadjar, KH M Tolchah Hasan serta Yarsi Jurnalis Uddin. Lebih lanjut Muhadjir mengatakan, selain membahas bagaimana memperkuat kembali prodi-prodi Islam, pertemuan BKS-PTIS yang dihadiri oleh 460 perwakilan anggota PTIS itu juga akan merumuskan bagaimana PTS Islam yang belum kuat harus digandeng yang sudah kuat agar bisa maju bersama-sama.

…dst

10 ) DPR Kompak Sepakati Perpanjang Pensiun PNS
Struktural 58 Tahun dan Fungsional 60 Tahun
http://www.jpnn.com/read/2013/05/05/170492/DPR-Kompak-Sepakati-Perpanjang-Pensiun-PNS-

Minggu, 05 Mei 2013 , 04:20:00
JAKARTA – Pembahasan rancangan undang-undang aparatur sipil negara (RUU ASN) antara pemerintah dengan panitia kerja (panja) Komisi II (bidang pemerintahan) DPR masih alot. Namun ada sejumlah pasal yang telah menemui titik terang. Di antaranya adalah urusan perpanjangan batas usia pensiun (BUP) PNS. Anggota Komisi II yang juga unsur panja, Imam Malik Haramain mengatakan, kesepakatan tentang perpanjangan BUP PNS merupakan perkembangan penting. “Saya tegaskan di internal panja sudah kompak mendukung perpanjangan usia pensiun itu. Termasuk juga di internal pemerintah,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. Politisi asal Probolinggo, Jawa Timur itu lantas menerangkan perubahan BUP PNS yang nantinya akan diatur dalam UU ASN. Untuk PNS kategori struktural, BUP dinaikkan dari saat ini 56 tahun menjadi 58 tahun. Sedangkan BUP PNS kategori fungsional, naik dari 58 tahun menjadi 60 tahun. “Tentu perubahan batas usia pensiun ini berpengaruh pada keuangan negara. Tetapi itu adalah konsekuensi yang harus dijalankan,” katanya.

…dst

11 ) Gaji PNS Dipotong 8 Persen
http://www.jpnn.com/read/2013/05/04/170394/Gaji-PNS-Dipotong-8-Persen-

Sabtu, 04 Mei 2013 , 06:44:00
JAKARTA – Terkait penyelenggaraan asuransi sosial Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih baik, pemerintah melakukan perubahan atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 1981 tentang Asuransi Sosial PNS. Lewat PP baru Nomor 20 tahun 2013 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 April 2013 ditegaskan, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan pemungutan dan penyetoran iuran. Besarnya pungutan itu 8 persen dari penghasilan bulanan tanpa tunjangan pangan sebagaimana Pasal 6 PP No. 25/1981. Iuran tersebut berasal dari peserta di lingkungan instansi pusat dan instansi daerah ke Kas Negara. “Dalam hal terjadi keterlambatan penyetoran iuran oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi Pasal 6A Ayat (3) PP No. 2013 itu. Menurut PP ini, akumulasi Iuran Pensiun dan Tabungan Hari Tua yang dipungut dan disetor peserta, dalam hal ini PNS, merupakan dana milik peserta secara kolektif yang dikuasai oleh pemerintah. Akumulasi iuran sebagaimana dimaksud dapat digunakan oleh Pemerintah untuk membiayai penyelenggaraan Pensiun PNS, dengan mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan. Rencana penetapan iuran tadi menuai respons dari parlemen.

…dst