1 ) Profesor Gadungan Minta Rp10 Juta untuk Lulus UNS
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/373/824189/profesor-gadungan-minta-rp10-juta-untuk-lulus-uns

Rabu, 19 Juni 2013 11:45 wib
SOLO – Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr. Ravik Karsidi, MS meminta para pendaftar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru agar waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan UNS. “Mohon masyarakat berhati-hati, dan di UNS tidak ada tarikan apapun kecuali Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diumumkan. Tidak ada down payment (DP) dalam penerimaan mahasiswa baru di UNS,” tegas Ravik kepada wartawan, jelang pantauan pelaksanaan hari kedua ujian SBMPTN UNS, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2013). Di antara bentuk penipuan, Rektor UNS mencontohkan bahwa ada orang yang mengaku bernama Prof Drs Rawit Warsidi, MSc yang menjanjikan bisa diterima di UNS dengan membayar DP sebesar Rp10 juta. Itu adalah bentuk penipuan. Bentuk penipuan lain, kata Rektor UNS, datang orang di salah satu Sekolah Dasar di kota Solo yang mau meminjam ruang untuk menyelenggarakan SNMPTN UNS. Kepala Sekolah SD tersebut cerdas, sehingga dia meminta kepada orang itu surat pengantar dari UNS. Tetapi begitu ditanya soal surat pengantar dari UNS, orang itu lalu kabur.

…dst

2 ) Kemenag: Tak ada diskriminasi di UGM
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/19/15/751484/kemenag-tak-ada-diskriminasi-di-ugm

Rabu, 19 Juni 2013 − 11:50 WIB
Sindonews.com – Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) dan Universitas Gajah Mada (UGM) hari ini menggelar pertemuan dengan Kakanwil Menag terkait tak lolosnya satupun siswa Madrasah Aliyah (MA) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) UGM. “Sudah ada pertemuan dengan Kakanwil Menag di UGM, sudah disepakati dan dipahami dan mungkin akan perubahan sistem penerimaan dalam rangka memberi akses masuk ke UGM,” jelas Dirjen Pendis Kemenag Nur Syam saat dihubungi Sindonews, Rabu (19/6/2013). Dari hasil pertemuan itu, lanujut Nur Syam diketahui tidak ada niatan dari UGM untuk melakukan diskriminasi terhadap lulusan MA. “Ketepatan kawan-kawan Madrasah Aliyah lebih rendah daripada sekolah lain yang angkanya tinggi dari rekrutemen itu, jadi dikesankan banyak orang sebagai cara penutupan (masuk UGM) bagi siswa Madrasah Aliyah,” jelas Nur Syam. “Tentang UGM saya rasa bukan sebagai diskriminatif supaya tidak salah paham soal kebijakan yang dilakukan internal,” sambungnya. Lebih lanjut dia mengatakan, siswa lulusan MA diminta untuk tidak berkecil hati yang tidak lolos SNMPTN, pasalnya, UGM masih menyedikan dua cara salah satunya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

…dst

3) ITS Kunjungi 11 Penerima Bidik Misi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/06/19/mon6bw-its-kunjungi-11-penerima-bidik-misi

Rabu, 19 Juni 2013, 20:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya akan melakukan visitasi kepada 11 dari 442 peserta Bidik Misi yang diterima lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013. “Visitasi atau kunjungan ke rumah itu untuk mencocokkan kebenaran data yang telah diisikan untuk ujian, karena ada kriteria yang kami nilai meragukan,” kata Kepala Badan Akademik ITS Surabaya Dr Ir Ismaini Zain MSc di sela-sela pendaftaran ulang mahasiswa yang diterima lewat SNMPTN di kampus setempat, Rabu. Dosen jurusan Statistika ITS itu menjelaskan bila nantinya dari hasil visitasi tidak sesuai data yang ada, maka terpaksa calon mahasiswa baru itu terpaksa ditolak untuk masuk ke ITS atau tidak diterima menjadi mahasiswa ITS. “Sebaliknya, bila dari program reguler ternyata data yang diisikan dan setelah divisitasi lebih layak masuk Bidik Misi (beasiswa pendidikan untuk si miskin yang berprestasi), sangat dimungkinkan justru akhirnya berpindah ke program Bidik Misi itu,” katanya.

…dst

4 ) 255 Calon Mahasiswa SNMPTN UNS Tidak Daftar Ulang
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/373/824433/255-calon-mahasiswa-snmptn-uns-tidak-daftar-ulang

Rabu, 19 Juni 2013 17:17 wib
SOLO – Sebanyak 255 calon mahasiswa yang telah diterima di Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tidak melakukan daftar ulang. “Jadwal daftar ulang bagi calon mahasiswa jalur SNMPTN 2013 di UNS adalah Selasa (18/6/2013). Namun hingga ditutup ternyata terdata 2.465 calon mahasiswa yang melakukan daftar ulang,” jelas Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS, Prof Drs. Sutarno, MSc,PhD kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2013). Dengan kata lain, lanjut Sutarno, sebanyak 9,3 persen dari 2.720 peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN 2013 UNS tidak melakukan daftar ulang. Namun, dari jumlah yang tidak mendaftar ulang belum bisa diketahui berapa jumlan calon mahasiswa baru penerima beasiswa Bidikmisi yang mundur.

…dst

5 ) Usut joki, Panlok SBMPTN DIY bentuk tim investigasi
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/19/15/751656/usut-joki-panlok-sbmptn-diy-bentuk-tim-investigasi

Rabu, 19 Juni 2013 − 17:20 WIB
Sindonews.com – Panitia Lokal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) DIY membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi menyusul ditemukan dua pelaku praktik perjokian di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam investigasinya, tim itu akan dibantu aparat kepolisian. Ketua Panlok SBMPTN DIY Prof Dr Rochmat Wahab mengatakan, dalam upaya investigasi kasus perjokian tersebut, Panlok DIY membentuk tim beranggotakan tiga orang dari UNY sebagai Ketua penyelenggara SBMPTN DIY dan tiga orang dari UIN sebagai lokasi ditemukannya kasus perjokian. “Tim ini akan bekerja selama satu minggu dengan target mengungkap sebanyak-banyaknya tindak perjokian SBMPTN di DIY,” jelasnya, Rabu (19/6/2013). Ditemui di ruang kerjanya, Rektor UNY ini juga menegaskan, pihaknya akan melindungi para calon mahasiswa yang terlibat jika mau kooperatif membantu Panlok mengejar dan mengungkap otak dari tindak kecurangan tersebut. Ia pun mengatakan, tindak perjokian sampai saat ini belum ada landasan hukumnya sehingga susah untuk diperkarakan.

…dst

6 ) Ada Indikasi Kecurangan di SBMPTN
http://www.tempo.co/read/news/2013/06/19/079489409/Ada-Indikasi-Kecurangan-di-SBMPTN

Rabu, 19 Juni 2013 | 07:27 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Panitia Pusat Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri 2013 menerima dua laporan indikasi kecurangan selama ujian. Menurut Ketua Pantia Pusat, Akhmaloka, indikasi kecurangan ini ada di Jakarta dan Yogyakarta. “Kalau yang di Jakarta bentuknya pensil yang ada bluetoothnya,” kata Akhmaloka ketika dihubungi Selasa, 18 Juni 2013. Sementara Panitia Lokal Yogyakarta menemukan gelang yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, kata dia, panitia pusat akan meneliti lebih lanjut kebenaran laporan ini. Akhmaloka menjelaskan jika terbukti bersalah akan hasil ujian akan dianulir dan dinyatakan gagal seleksi. Panitia juga berencana akan melaporkan kecurangan tersebut ke Kepolisian RI. Jika polisi menyatakan ada unsur pidana, Akhmaloka akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib untuk ditangani. Akhmaloka menjelaskan, SPMPTN 2013 atau ujian tertulis bersama ini akan menerima calon mahasiswa sebanyak 90.000 anak untuk 62 Perguruan Tinggi Negeri. Angka ini merupakan 30 persen dari jumlah mahasiswa baru yang akan diterima.

…dst

7 ) Akan ada kurikulum pendidikan hak kekayaan intelektual
http://nasional.sindonews.com/read/2013/06/19/15/751688/akan-ada-kurikulum-pendidikan-hak-kekayaan-intelektual

Rabu, 19 Juni 2013 − 18:19 WIB
Sindonews.com – Hak kekayaan intelektual akan dirumuskan kedalam kurikulum pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, serta Perguruan Tinggi. Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM bersama Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai menjajaki agar diadakan kurikulum pendidikan tentang hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Pengajaran tentang HAKI itu nantinya akan diterapkan di tingkat SMA dan sederajat, serta perguruan tinggi. “Saat ini masih proses penjajakan. Kita berharap pengajaran tentang HAKI ini bisa diterapkan dalam waktu dekat,” kata perwakilan MIAP Maya Ghita Gunadi, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/6/2013). Melalui mata pelajaran itu, siswa dan mahasiswa benar-benar paham tentang pembajakan. Sehingga mereka akan jadi generasi yang tidak jadi pengguna roduk bajakan. Saat ini, Ditjen HKI dan MIAP sedang membuat modul yang akan dipakai sebagai bahan untuk pengajar. Dalam modul itu termuat sejumlah materi tentang HAKI. “Bahannya bagus, di dalamnya juga ada contoh studi kasus real untuk bahan mengajar,” jelas Maya.

…dst

8 ) Kemdikbud Dituding tak Paham Pendidikan Karakter
http://www.jpnn.com/read/2013/06/19/177637/Kemdikbud-Dituding-tak-Paham-Pendidikan-Karakter-

Rabu, 19 Juni 2013 , 10:57:00
JAKARTA – Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan Rp 16 miliar sisa anggaran kurikulum 2013 untuk penguatan pendidikan karakter menuai kritik dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). FSGI menilai jajaran Kemdikbud tak paham soal pendidikan karakter. Sebagaimana dikatakan Mendikbud Mohammad Nuh saat rapat kerja dengan Komisi X DPR Selasa (19/6), sebagian sisa anggaran kurikulum dialokasinya untuk penguatan karakter di jenjang SD, SMP dan SMA. Bentuknya berupa kegiatan pramuka, olah raga, dan sarana ibadah sekolah. “Kalo merujuk kalimat Menteri (M Nuh) maka tampak jajaran kemendikbud tidak memahami tentang pendidikan karakter yang dimasukkan secara paksa,” kata Sekjen FSGI Retno Listiyarti dikonfirmasi JPNN.COM, Rabu (19/6). Dengan pemikiran seperti ini, tegasnya, Mendikbud terkesan main tabrak antara karakter dengan pengetahuan yang dituangkan dalam KI (kompetensi inti) dan KD (kompetensi dasar) dalam dokumen kurikulum 2013. “Bagi saya ini bukan soal double budgeting tapi lebih pada ketidak pahaman si penyusun kurikulum terhadap pendidikan karakter itu sendiri. Sehingga budget kemudian dialihlan pada penguatan karakter ke kegiatan ekskul seperti pramuka,” ujarnya.

…dst

9 ) Publikasi Hasil Penelitian Kaya Manfaat Lho
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/373/824462/publikasi-hasil-penelitian-kaya-manfaat-lho

Rabu, 19 Juni 2013 18:01 wib
JAKARTA – Segenap civitas academica, mulai dari mahasiswa hingga dosen mungkin masih sering bertanya apa tujuan mempublikasikan hasil penelitian mereka. Alasan itu pula yang kerap membuat mereka malas untuk mempublikasikan karya tersebut. Chief Editor Institut Teknologi Bandung (ITB) Journal Ismunandar menyebut, salah satu alasan seorang peneliti harus mempublikasikan karya mereka adalah untuk mendapatkan label untuk kualitas riset sekaligus perisetnya. “You are what you publish,” ujar Ismunandar dalam Lokakarya Penulisan Ilmiah, seperti dikutip dari laman ITB, Rabu (19/6/2013). Selain itu, lanjutnya, penerbitan karya ilmiah juga menjadi pendaftaran penemuan yang berkaitan dengan pendataan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Tidak hanya itu, para peneliti dan hasil penelitian juga akan mendapat pengakuan. “Periset bisa mendapatkan penghargaan sehingga mitra kerja mengetahui apa yang telah dikerjakan periset. Yang terakhir adalah untuk meninggalkan catatan permanen tentang riset yang dikerjakan,” jelasnya.

…dst

10 ) Wapres Budiono dan Dennis Naphtine Bahas Pertukaran 50 Mahasiswa
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/19/3/162417/Wapres-Budiono-dan-Dennis-Naphtine-Bahas-Pertukaran-50-Mahasiswa-

Rabu, 19 Juni 2013 | 13:22 WIB
Metrotvnews.com: Kepala Pemerintahan negara bagian Victoria, Australia, Dennis Naphtine mengunjungi Wakil Presiden Boediono di kantornya. Dalam pertemuan itu, Dennis menyebutkan akan ada program pertukaran mahasiswa dari kedua negara untuk belajar masing-masing karakteristik dan bahasanya. “Kedatangan saya bersama tuan Khan (Amir Khan dari Universitas Monash) ingin berikan pengumuman penting, kerjasama antara Universitas Monash dan Universitas Gadjah Mada, dan Telkom. Program ini akan melibatkan 50 orang dari masing-masing negara, untuk belajar dan berbagi,” kata Dennis ketika ditemui Media Indonesia usai bertemu Wapres, Rabu (19/6). Dennis kemudian menerangkan, 50 orang mahasiswa yang akan dilakukan pertukaran itu akan dibantu dan disupervisi oleh dua universitas tersebut. Langkah tersebut adalah untuk semakin mengeratkan hubungan bilateral kedua negara. “Program ini jelas akan memberikan langkah besar dalam hubungan Indonesia dan Victoria. Para mahasiswa akan belajar bahasa Indonesia selama 12 bulan,” lanjut Dennis. Sementara itu, Counchellor dari Universitas Monash, Amir Khan menyebut program tersebut akan sangat baik bagi kedua negara. Memahami kebudayaan dan bahasa dua negara tersebut akan sangat dibutuhkan dalam dunia yang semakin global.

…dst

11 ) Beasiswa Hamer Dukung Belajar Bahasa Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/373/824250/beasiswa-hamer-dukung-belajar-bahasa-indonesia

Rabu, 19 Juni 2013 12:48 wib
JAKARTA – Simposium industri dan penelitian pendidikan tinggi Beasiswa Hamer mendukung penerimanya untuk belajar Bahasa Indonesia di Indonesia. Premier Negara Bagian Australia Hon Dr. Denis Vincent Napthine mengumumkan beasiswa pascasarjana dalam upaya mendorong anak muda di Victoria, Australia,untuk melanjutkan pendidikan master mereka di Indonesia. “Sebanyak 50 Beasiswa Hamer diberikan setiap tahunnya selama empat tahun terakhir dengan total 200 penerima beasiswa. Program ini akan terus berlanjut dan mengikutsertakan mahasiswa yang ingin mengambil jurusan Sastra Indonesia secara langsung di Indonesia,” ungkapnya dalam acara Symposium State Goverment Victoria Australia, di Jakarta, Rabu (19/6/2013).

…dst

12 ) Undip-Griffith University Australia Kuatkan Kemitraan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/06/19/228167/Undip-Griffith-University-Australia-Kuatkan-Kemitraan

18 Juni 2013
SEMARANG – Undip semakin memperkuat jaringan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi internasional. Salah satunya dengan Griffith University Australia. Baru-baru ini, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD bertemu dengan Vice Chancellor & President Griffith University Australia Prof Ian O Connor, para dekan, dan guru besar, di ruang sidang Senat Undip Tembalang.”Kunjungan para petinggi Griffith University Australia ini menunjukkan komitmen kami bersama dalam rangka memperkuat kelembagaan. Kami juga menjalin kerja sama yan mencakup pertukaran staf pengajar dan mahasiswa dari dua universitas serta pengembangan double degree untuk S-2,” jelas Sudharto. Kedua perguruan tinggi tersebut juga akan bersama-sama mencari dana riset yang kemudian akan dijadikan sebuah proyek yang hasilnya akan dipublikasikan secara internasional di jurnal internasional. Mereka juga melakukan joint research dan joint publication.

…dst

13 ) Kursus Wirausaha Teknologi, UGM-Google Gandeng MIT
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/373/824119/kursus-wirausaha-teknologi-ugm-google-gandeng-mit

Rabu, 19 Juni 2013 10:21 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Google Inc telah bermitra dengan program Accelerating Information Technology Innovation dari Massachusetts Institute of Technology (MIT-AITI) untuk memberikan kursus inkubator dalam pengembangan kewirausahaan teknologi dan perangkat lunak mobile. Program MIT-AITI mempromosikan pengembangan teknologi di negara-negara berkembang dengan membantu pengusaha teknologi muda berfokus pada teknologi mobile dan internet melalui sebuah program yang akan meningkatkan potensi komersial bisnis start-up. “Program ini mencakup kurikulum teknis, kompetisi bisnis, guest lectures, dan acara networking untuk membantu para peserta mewujudkan ide-ide mereka,” tutur Kepala Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi UGM Widyawan, dalam siaran persnya kepada Okezone, Rabu (19/6/2013). Setelah program selesai, para peserta akan mampu menampilkan hasil ide kewirausahaan mereka, bukan saja kepada keluarga dan teman-teman mereka tetapi juga untuk para calon investor.

…dst

14 ) Pascasarjana Jurusan Inovasi Makanan Meluncur
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/373/824229/pascasarjana-jurusan-inovasi-makanan-meluncur

Rabu, 19 Juni 2013 12:30 wib
JAKARTA – The University of Melbourne akan membuka gelar pascasarjana baru jurusan inovasi makanan, sebagai hasil konsultasi dengan para mitra dari industri pangan serta disesuaikan dengan kebutuhan industri. “Para mahasiswa akan memiliki akses ke Confectionary Centre for Excellence Kraft Asia-Pacific di Melbourne, lembaga ini dikelola oleh tim penelitian dan pengembangan terbesar di Australia dan menekankan pada pengembangan produk pangan berkualitas tinggi dan inovatif untuk pasar Asia,” ujar Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta dalam acara Symposium State Goverment Victoria Australia, di Jakarta, Rabu (19/6/2013). Program pascasarjana ini akan menghasilkan lulusan dengan kemampuan berwirausaha yang dibutuhkan oleh industri pangan Victoria dalam upaya untuk memenuhi pasokan pangan di pasar Asia. Jurusan ini meliputi dasar-dasar ilmu pangan, kemasan dan desain produk, pemasaran internasional, serta tren dan pandangan konsumen Asia.

…dst

15 ) Mahasiswa Unisri Sulap Angkak Jadi Minuman Kesehatan
http://kampus.okezone.com/read/2013/06/19/372/824180/mahasiswa-unisri-sulap-angkak-jadi-minuman-kesehatan

Rabu, 19 Juni 2013 11:32 wib
SOLO – Selama ini masyarakat mengenal angkak hanya dipakai sebagai bumbu masakan. Namun oleh Nurhadi Prasetyo, mahasiswa Fakultas Teknologi dan Industri Pangan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, angkak tersebut melalui proses fermentasi, disulap menjadi minuman kesehatan beras kencur merah. “Karena rasa dan baunya yang tidak enak, orang memang enggan mengkonsumsi angkak. Padahal sebenarnya angkak mengandung komposisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh,” ungkap Nurhadi saat ditemui wartawan, di Kampus Unisri, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2013). Nurhadi mengatakan bahwa berawal dari kondisi angka yang dijauhi orang, sehingga menggelitiknya untuk mencoba mengkreasikan angka dengan beras dan kencur menjadi beras kencur merah. Proses pembuatan beras kencur merah dimulai dengan mengekstrak kencur menjadi cairan kental. Cairan kencur bersama dengan gula dimasak hingga mendidih dan mengental. Api dimatikan ketika larutan kencur dan gula membentuk gumpalan-gumpalan kasar dan air hampir habis.

…dst

16 ) Menkominfo: peretas China paling banyak serang Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/380262/menkominfo-peretas-china-paling-banyak-serang-indonesia

Sabtu, 15 Juni 2013 21:52 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menegaskan bahwa peretas (“hacker”) asal China merupakan pihak yang paling banyak menyerang dunia maya di Indonesia. “Serangan `hacker` terbanyak itu datang dari China, lalu Eropa, Amerika, Singapura, Malaysia, dan sebagainya,” kata mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu dalam sambutan pembukaan “Indonesia Security Conference (IdSecCons) 2013” di Unair Surabaya, Sabtu. Didampingi Rektor Unair Prof H Fasich Apt, ia menjelaskan laman milik Kominfo mengalami serangan dari para peretas hingga 39,9 juta kali selama tahun 2012, sedangkan peretas asal Jember, Wildan, yang meretas laman Presiden SBY melakukan 5.320 kali retas dalam setahun. “Tapi, para peretas itu bermanfaat, karena `gangguan` yang dilakukan itu tidak sampai mencuri data, sehingga perbuatannya juga menunjukkan kelemahan sistem yang kita miliki agar kita bisa melakukan perbaikan. Itu berbeda dengan `cracker` yang meretas untuk mencuri dan menjual hasilnya,” ungkapnya.

…dst

17 ) Jejak Keluarga KH Ahmad Dahlan Di Thailand
Mendirikan Lembaga Riset Halal Terbesar Di Dunia
http://www.jpnn.com/read/2013/06/19/177575/Mendirikan-Lembaga-Riset-Halal-Terbesar-Di-Dunia-#

Rabu, 19 Juni 2013 , 01:48:00
“Tidak masalah apakah harus jadi orang Thailand atau Indonesia, apapun bisa kita dilakukan semampu kita demi kemaslahatan umat muslim dunia”. Itulah pesan Erfan Dahlan pada anak-anaknya. Erfan (dalam sejarah tertulis Irfan Dahlan) adalah putra KH Ahmad Dahlan, pendiri ormas Muhammadiyah sekaligus pahlawan nasional Indonesia, yang memilih berkeluarga dan menetap di Thailand. Kini nasehat itu menjadi landasan perjuangan salah satu putranya, Prof Dr Winai Dahlan.

…dst