90 Finalis Dosen dan Tenaga Kependidikan Unjuk Karya


07/05/2013
Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) pendidikan tinggi berprestasi tingkat nasional 2013. Sebanyak 90 finalis PTK dari 284 PTK yang mengikuti seleksi akan melakukan presentasi karyanya pada 5-8 Juli 2013.

Pemilihan terbagi dalam enam kategori, yaitu, dosen, ketua program studi (ka prodi), pustakawan, tenaga administrasi akademik, tenaga pengelola keuangan, dan laboran.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso mengatakan, prestasi dan keunggulan merupakan alat ukur kualitas pendidikan. Menurut dia, tolak ukuran yang digunakan adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). “ Dari waktu ke waktu standar ukuran semakin tinggi. Coba kalau tidak diukur, kita tidak tahu bagaimana mengelola perguruan tinggi,” katanya pada pembukaan acara di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Djoko menyebutkan, ada tiga komponen penting dalam mengelola universitas, yakni individu pendidik, pengelola, dan sistem dalam institusi. Menurut dia, universitas yang bagus pasti mengelola ketiga komponen tersebut dengan baik.  “Ditjen Dikti setiap tahun memilih mereka yang berprestasi. Tujuannya supaya mendapat contoh yang baik. Selain mendapatkan hadiah, mereka memperoleh pengalaman menjadi juara,” katanya.

Direktur PTK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Supriadi Rustad, menyampaikan, penghargaan ini diberikan bagi PTK yang berprestasi tinggi dalam kinerja maupun kegiatan tridharma. Proses seleksi, kata dia, dilakukan mulai tingkat prodi baik untuk perguruan tinggi negeri (PTN) maupun PT swasta. “Kegiatan ini puncak seleksi berjenjang untuk memberikan penghargaan hardskill dan softskill,” katanya.

Supriadi menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 284 orang terdiri atas 74 dosen, 50 kaprodi, 49 laboran, 36 pustakawan, 34 tenaga administasi keuangan, 41 tenaga administrasi akademik. “Terpilih sebanyak 15 finalis untuk masing-masing kategori,” katanya.

Total finalis sebanyak 90 orang. Komposisi peserta terdiri atas 73 PTN dan 17 PTS,  54 laki-laki dan 36 wanita. Adapun juri yang terlibat sebanyak 49 orang. “Disamping mempresentasikan karyanya, mereka akan dipilih juara 1,2 dan 3,” katanya.

Kepada para juara diberikan hadiah uang berturut-turut juara 1,2, dan 3 sebanyak Rp 20 juta, Rp 15 juta, dan 10 juta serta hadiah lainnya. Semua finalis juga mendapatkan Rp 5 juta.

Setelah presentasi dan diumumkan pemenang masing-masing kategori, seluruh finalis dijadwalkan akan melakukan ramah tamah dengan Mendikbud, Mohammad Nuh, pada 8 Juli. Selain itu, para finalis juga akan menghadiri jamuan kenegaraan di Istana Negara pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. (AR/ASW).