1 ) Mendikbud Jamin Keselamatan Pelajar di Mesir
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/05/373/832422/mendikbud-jamin-keselamatan-pelajar-di-mesir

Jum’at, 05 Juli 2013 12:24 wib
ACEH – Pergolakan yang tengah terjadi di Mesir tentu menimbulkan kekhawatiran para orangtua yang anaknya menempuh pendidikan di sana. Keselamatan dan keamanan anak-anak mereka menjadi pertanyaan yang terus menghantui. Menghadapi hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin keselamatan para pelajar yang berada di Mesir. “Pada prinsipnya, keamanan nomor satu. Mereka harus dilindungi,” ujar M Nuh selepas kunjungan kerja di Aceh Timur, Kamis 5 Juli, kemarin. Untuk itu, lanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, untuk mengetahui dan memantau kondisi para pelajar di Mesir. Dia meyakini, para pelajar Indonesia tidak akan terlibat dalam berbagai aksi unjuk rasa maupun tindakan anarkis lainnya.

…dst

2 ) Gregetan Banjir Jakarta, Swiss & Singapura Gandeng IPB
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/05/373/832589/gregetan-banjir-jakarta-swiss-singapura-gandeng-ipb

Jum’at, 05 Juli 2013 16:24 wib
JAKARTA – Selama hampir 13 tahun, Jakarta selalu menjadi langganan banjir. Bahkan, banijr yang melanda ibu kota pada 2002, 2007, dan 2013 bisa dibilang merupakan musibah banjir terparah yang dialami Jakarta. Atas dasar tersebut, Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Eidgenössische Technische Hochschule Zürich, National University of Singapore, dan Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Ciliwung berkumpul guna membahas cara menanggulangi musibah tersebut. Team Leader IPB Hadi Susilo Arifin menyebut, Swiss dan Singapura merasa tertarik dengan permasalahan banjir yang kerap terjadi setiap lima tahunan di Jakarta itu. “Mereka gregetan kok bisa banjir datang rutin lima tahunan. Maka dari itu mereka tertarik melakukan kerjasama mencari solusinya,” ujar Hadi, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (5/7/2013).

…dst

3 ) Bondowoso Tujuan IPB Goes to Field 2013
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/113493/bondowoso-tujuan-ipb-goes-to-field-2013

05 Jul 2013 20:42:03
Bogor (Antara) – Kabupaten Bondowoso menjadi salah satu tujuan kegiatan ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor dalam acara “IPB Goes to Field” 2013. “Sebanyak 462 mahasiswa ‘IPB Goes to Field 2013’ itu juga diturunkan di berbagai tempat pada beberapa daerah lainnya,” kata Humas IPB Waluyo Suprihartono di Bogor, Jawa Barat, Jumat. Ia menjelaskan bahwa Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanti telah melepas sebanyak 462 mahasiswa “IPB Goes to Field” 2013 itu. Selain ke Bondowoso, para mahasiswa itu juga diterjunkan ke berbagai tempat seperti, desa-desa lingkar Kampus IPB di Bogor. Daerah lainnya di antaranya adalah di Kabupaten Nganjuk (Jatim), Brebes, Klaten, Pekalongan, Kudus, dan Tegal di Jateng. Kemudian Kabupaten Garut di Jabar, serta di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB yang menggagas kegiatan itu menyebutkan bahwa ada sejumlah ketentuan bagi peserta “IPB Goes to Field” 2013. Di antaranya adalah mahasiswa IPB yang telah menyelesaikan semester empat, mengisi biodata dan surat pernyataan kesediaan, s Sehat jasmani dan rohani, dan mengikuti kuliah serta praktikum pembekalan.

…dst

4 ) FKUI dan RSCM Jalin Kerja Sama Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/04/3/165923/FKUI-dan-RSCM-Jalin-Kerja-Sama-Tingkatkan-Pelayanan-Kesehatan

Kamis, 04 Juli 2013 | 22:00 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo menjalin kerja sama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan. “Selama ini banyak keluhan tentang dokter yang komunikasinya kurang bagus, melayaninya ingin cepat-cepat, semua pernah punya keluhan seperti itu. Di rumah sakit pendidikan, dengan bantuan Fakultas Kedokteran, hal-hal seperti itu dapat dihindari,” kata Dekan FKUI dr. Ratna Sitompul di Jakarta, Kamis (4/7). Ratna mengatakan kerja sama yang dibangun antara RSCM sebagai rumah sakit pendidikan akan menguntungkan pasien dan mahasiswa FKUI yang menuntut ilmu dan praktik di sana. Keuntungan bagi pasien RSCM, lanjut Ratna, mereka akan mendapatkan kualitas pelayanan yang baik dan memadai dari rumah sakit, dengan hasil akhir keselamatan pasien yang terjamin dan tidak terganggu oleh kegiatan pendidikan. “Keuntungan lainnya adalah proses pendidikan akan berlangsung dengan baik. Sehingga, ketika mahasiswa kedokteran tersebut lulus, mereka memiliki konsep pemikiran yang baik, dan memahami bagaimana seharusnya memberikan pelayanan kepada pasien,” kata Ratna. Ratna menambahkan proses pendidikan akan semakin baik ketika RSCM meraih akreditasi dari Joint Comission International (JCI) sebagai rumah sakit dengan pelayanan berkelas dunia, karena mahasiswa kedokteran akan terlatih dengan pelayanan bertaraf internasional.

…dst

5 ) Unpad Terus Genjot Lulusan Vokasi
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/05/373/832389/unpad-terus-genjot-lulusan-vokasi

Jum’at, 05 Juli 2013 11:38 wib
JAKARTA – Menyadari pentingnya peranan lulusan pendidikan vokasi, maka Unpad terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendekatkan mahasiswa dengan dunia kerja. Bahkan, berbagai kerjasama dengan lembaga pun kerap dilakukan. Sebanyak 58 mahasiswa Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Diploma 1 (D1) yang merupakan kerjasama antara Universitas Padjajaran (Unpad) dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Open Learning Centre (SEAMOLEC) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akhirnya diwisuda.”PVB D1 Unpad ini merupakan program yang dijalankan Unpad berdasarkan tugas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Unpad dalam hal ini membina para instruktur yang merupakan guru-guru SMK, dan para instruktur itu yang mengajar para mahasiswa program PVB D1 ini,” ucap Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS., seperti disitat dari laman Unpad, Jumat (5/7/2013).

…dst

6 ) Tiga Kecurangan SBMPTN Ditemukan, SBMPTN 2013 Lebih Baik
http://www.pikiran-rakyat.com/node/241421

Kamis, 04/07/2013 – 16:23
BANDUNG, (PRLM).- Ketua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Prof. Akhmaloka menilai pelaksanaan SBMPTN 2013 yang sama dengan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) jalur tulis tahun lalu relatif lebih baik. Kecurangan yang terdeteksi pun lebih sedikit, ada dua orang di Yogyakarta pada hari pertama dan kedua serta satu orang di Jakarta yang terindikasi melakukan kecurangan. Kecurangan dilakukan dengan menggunakan pensil berteknologi bluetooth dan gelang yang berisi kunci jawaban. Terkait temuan tiga orang yang melakukan kecurangan, Prof. Akhmaloka mengemukakan panitia SBMPTN juga masih melakukan penyelidikan dan sampai saat ini belum dikenakan sanksi hukum. Akan tetapi dipastikan jika mereka merupakan siswa yang mengikuti ujian maka dipastikan tidak lulus. “Belum tentu joki tapi dicurigai joki. Kami sedang search jaringannya ini dan yang tertangkap itu pasti tidak lulus. Polisi tidak berani nagkep bagaimana dengan kami,” kata Rektor ITB itu di ITB, Jln. Ganeca, Kota Bandung, Kamis (4/7/13).

…dst

7 ) SBMPTN diumumkan 8 Juli secara online di situs resmi
http://nasional.sindonews.com/read/2013/07/04/15/757411/sbmptn-diumumkan-8-juli-secara-online-di-situs-resmi

Jum’at, 5 Juli 2013 ? 09:00 WIB
Sindonews.com – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah memutuskan untuk mengumumkan hasil SBMPTN lebih awal, yakni 8 Juli 2013, dari jadwal sebelumnya 12 Juli 2013. “Pengumuman tetap secara online, setelah kita melakukan jumpa pers pada 8 Juli 2013 sore,” ujar Ketua Panitia SBMPTN yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung Akhmaloka, kepada Sindonews, Jumat (4/7/2013). Akhmaloka menerangkan, Panitia SBMPTN akan menggelar jumpa pers pada 8 Juli 2013, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Setelah itu hasil SBMPTN akan ditayangkan secara daring (online) di situs resmi www.sbmptn.or.id. “Tanggal delapan kita akan adakan konferensi pers di Kemendikbud atau Gedung Dikti (Pendidikan Tinggi), sorenya langsung kita umumkan online,” jelas Akhmaloka. Pengumuman SBMPTN juga akan dilakukan di media cetak nasional oleh panitia, pada 9 Juli 2013. Akhmaloka mengharapkan calon mahasiswa yang mengikuti SBMPTN tidak salah jadwal dalam melihat pengumuman SBMPTN ini. Lebih lanjut dia mengatakan, alasan dimajukan pengumuman SBMPTN karena proses seleksi berlangsung lebih cepat dari yang dijadwalkan, sehingga panitia menyimpulkan lebih baik segera diumumkan kepada peserta ujian SBMPTN.

…dst

8 ) Unpar Luncurkan Joint Degree dengan China
http://www.pikiran-rakyat.com/node/241604

Jumat, 05/07/2013 – 15:12
BANDUNG,(PRLM).-Universitas Parahyangan (Unpar) UNPAR jalin kerjasama joint degree dengan dua universitas di China. Untuk Program Joint Degree di bidang Master Business Administration dijalin kerjasama dengan Jiangsu University, China. Sementara untuk Program Joint Degree di bidang Water Resources Engineering dijalin kerjasama dengan Hohai University, China. Rektor Unpar Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D mengatakan pada program joint degree ini mahasiswa akan mulai studi semester 1 di Kampus Unpar sedangkan untuk semester 2 dan 3 akan dilakukan di China, baru pada semster 4 kembali ke unpar. “Dengan program ini mereka punya pengalaman internasional. Selain itu mereka juga dapat menjadi jembatan dalam menjalin hubungan dengan negara China. Ini program joinrtrt degree yang pertam,” kata Robertus disela-sela Launching Joint Degree di Pascasarjana Unpar, Jln. Merdeka, Jumat (5/7/2013). Melalui program ini Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti memberikan keperctaan kepada Unpar untuk menerima Hibah Fasilitasi Kerjasama Internasional 2012. Selain itu juga dilakukan kegiatan Collaboration Day 2013 yaitu penandatanganan dokumen kerjasama antara Unpar dengan berbagai perusahaan bertaraf nasional maupun internasional, dengan tujuan untuk mendekatkan dan mempertemukan antara dunia akademik dengan dunia praktek. (A-208/A-26)

***

9 ) D3 Unpad Seleksi dari Nilai Rapor
http://www.pikiran-rakyat.com/node/241583

Jumat, 05/07/2013 – 15:41
BANDUNG,(PRLM).- Universitas Padjadjaran pada tahun ini tidak membuka jalur mandiri untuk jenjang S1. Kuota mahasiswa jenjang S1 60 persen dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 3.733 dan 40 persen atau sebanyak 2.010 mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Akan tetapi hanya untuk jenjang D3 dan D4. Kuota yang disediakan sebanyak 1.044 untuk jenjang D3 dengan 12 prodi dan 60 kursi untuk D4 Kebidanan. Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Engkus Kuswarno mengatakan untuk seleksi masuk jenjang D3 tahun ini Unpad tidak menggunakan tes tertulis seperti tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi sistem seleksi yang digunakan sama dengan sistem SNMPTN atau jalur undangan. Sistem seleksi dilakukan berdasarkan Penjaringan Prestasi Akademik (PPA) menggunakan nilai rapor sejak semester 1 sampai dengan semester 5. Khusus pada mata pelajaran Matematika, B. Indonesia, dan B. Inggris. Kecuali Program Diploma 3 Kebidanan PPA dan Ujian Tulis.

…dst

10 ) Calon Guru Unnes Jajal Ngajar di Malaysia
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/05/373/832598/calon-guru-unnes-jajal-ngajar-di-malaysia

Jum’at, 05 Juli 2013 17:07 wib
JAKARTA – Program kuliah, kerja, nyata (KKL) merupakan kegiatan yang wajib diikuti para mahasiswa guna mengabdikan diri di masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, para mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) pun mendapatkan kesempatan menjajal praktik pengalaman lapangan (PPL) di Malaysia. Sebanyak 15 mahasiswa Unnes tersebut akan mengikuti program PPL antarbangsa yang diselenggarakan atas kerjasama Unnes dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Melalui program tersebut, mereka akan mengajar di beberapa sekolah di Negeri Jiran. Ke-15 mahasiswa tersebut akan diterjunkan di sekolah mitra UPSI, di antaranya di SMKA Slim River untuk jurusan Bimbingan Konseling dan Pendidikan Bahasa Arab, MRSM Selda (Trolak) untuk (Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olahraga), dan SK Methodist Tanjong Malim (PGSD).

…dst

11 ) Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Kedua di Australia
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/04/373/832197/bahasa-indonesia-jadi-bahasa-kedua-di-australia

Jum’at, 05 Juli 2013 08:27 wib
JAKARTA – Menteri Negara Bagian Victoria untuk Usaha Kecil, Jasa dan Inovasi Louise Asher mengumumkan bahwa Pemerintah Koalisi Victoria menginvestasikan dana sebesar AUD10 ribu melalui Program Beasiswa Hamer untuk mendorong para profesional di Victoria belajar bahasa dan budaya Indonesia. Pasalnya, program Beasiswa Hamer perkuat hubungan dagang bilateral antara Indonesia dan Negara Bagian Victoria. Hal ini diungkapkannya pada Selasa, 2 Juli 2013 di Melbourne untuk menyambut para penerima beasiswa Putaran Ketiga. Beasiswa Hamer diberikan kepada para profesional di Negara Bagian Victoria, Australia untuk belajar di Asia, salah satunya Indonesia. “Dengan memperluas cakupan Beasiswa Hamer di Indonesia senilai AUD10 ribu, masyarakat Victoria dari beragam profesi akan dibekali dengan keahlian bahasa dan budaya yang berguna dalam membangun hubungan di dalam lingkungan ekonomi Asia yang semakin cepat bertumbuh,” ujar Asher dalam siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (5/7/2013).

…dst

12 ) Kemendikbud Tetap Bina LPTK untuk Lahirkan Guru yang Hebat
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/04/3/165910/Kemendikbud-Tetap-Bina-LPTK-untuk-Lahirkan-Guru-yang-Hebat

Kamis, 04 Juli 2013 | 20:25 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) tetap akan melakukan pembinaan terhadap Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang tidak kredibel.”Memang LPTK yang bagus tidak lebih dari 100 buah yang didasarkan atas prosentase program studi yang terakreditasi A dan B,”kata Direktur Pendidik dan Kependidikan (Diktendik) Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud,Supriyadi Rustad ketika dihubungi Media Indonesia, Kamis (4/7). Ia menyatakan Kemendikbud menginginkan LPTK yang bermutu sehingga menghasilkan guru yang hebat. Sebelumnya,pada acara Semiloka Menyiapkan Guru Masa Depan, Supriyadi Rustad selaku penyelenggara semiloka mengemukakan saat ini terdapat 415 LPTK negeri dan swasta. Dari jumlah tersebut hanya beberapa LPTK yang memenuhi standar yang baik. Misalnya,memiliki asrama, dan memiliki sekolah laboratorium. Kendati masih banyak yang belum memenuhi standar, kata Supriadi, hingga saat ini tidak ada wacana untuk menutup LPTK-LPTK itu.

…dst

13 ) Kurikulum 2013, Guru Diposisikan Jadi Robot
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/05/560/832475/kurikulum-2013-guru-diposisikan-jadi-robot

Jum’at, 05 Juli 2013 14:00 wib
SOLO – Prof Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd mengemukakan bahwa pada kurikulum 2013, guru diposisikan sebagai robot-robot mekanik yang hanya menjalankan apa yang telah diprogramkan pemerintah.”Hal itu bisa berdampak pada kurangnya motivasi kerja guru,” ucap Guru Besar Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Sarwiji, di Kampus Program Pascasarjana UNS, Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/7/2013). Dia berpendapat, ketika terjadi perubahan kurikulum seyogyanya guru diposisikan sebagai pembelajar dan perubahan kurikulum itu sebagai kegiatan belajar bagi mereka. “Hal demikian menjadi penting karena guru akan mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran manakala ada keterlibatan dalam pengembangan tujuan dan perencanaan pembelajaran,” jelas Sarwiji.

…dst

14 ) Kemendikbud: Instruktur Nasional Mesti Mampu Latih Guru Inti
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/02/3/165367/Kemendikbud-Instruktur-Nasional-Mesti-Mampu-Latih-Guru-Inti

Selasa, 02 Juli 2013 | 20:21 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Pelatihan guru untuk mengimplementasikan pelaksanaan kurikulum tahun 2013 mulai berjalan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap instruktur nasional yang telah dilatih dapat melatih guru inti. “Pelatihan instruktur nasional sedang berlangsung, kita berharap instruktur nantinya mampu melatih guru inti, esok Rabu (3/7) selesai. Selanjutnya, pelatihan guru inti dan pelatihan guru sasaran,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP2MP) Kemendikbud Syawal Gultom, Selasa (2/7). Pelatihan guru inti dijadwalkan tanggal 4-8 Juli dan pelatihan guru sasaran tanggal 9-13 Juli 2013. Peserta instruktur nasional terdiri dari para guru, widyaswara, kepala sekolah dan pengawas. Adapun materi pelatihan instruktur nasional mulai dari perubahan pola pikir (mindset), konsep kurikulum 2013, perancangan model belajar, penilaian sampai pada simulasi, dan guru kelompok (peer teaching).

…dst

15 ) Jam Kerja PNS Dikurangi Satu Jam
http://www.menpan.go.id/liputan-media/86-bidang-pan/1504-jam-kerja-pns-dikurangi-satu-jam

Dibuat pada 05 Juli 2013
BATAM – Selama bulan puasa Ramadhan 1434 Hijriah, jam kerja PNS Kota Batam dikurangi satu jam. Dari yang biasanya 7,5 jam menjadi 6,5 jam setiap harinya.Sementara waktu istirahat ditambah setengah jam dari yang biasanya mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, maka selama puasa waktu istirahat mulai 11.30 sampai 13.00 WIB.”Biasanya PNS masuk kerja itu jam 07.30 WIB. Karena puasa, diundur sampai jam 08.00 Wib. Jam pulang juga demikian, dari Jam 15.30 Wib menjadi 15.00 Wib. Artinya, selama puasa dikurang satu jam,” kata Dahlan usai rapat Muspida Kota Batam di Planet Holiday, Kamis (4/7).Dahlan mengatakan Keputusan itu sudah diambil, sesuai dengan keputusan Gubernur Kepri HM Sani. Keputusan ini selain berlaku untuk PNS, juga untuk honorer. Perubahan jam kerja karena bulan puasa, diharapkan tidak mengganggu semangat kerja pegawai. Sementara pada hari Jumat jam kerja dimulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 14.00 WIB.Dahlan berpesan agar PNS dan Honorer untuk tidak menurunkan etos kerja. “Jangan dijadikan, puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan.

…dst