Untuk Fakultas Teknik dan Agrikultur, Mendikbud Akan Gratiskan Mahasiswa S1 Yang Lanjutkan Studi ke S2


Sabtu, 27 Juli 2013 – 06:29 WIB  Oleh : DESK INFORMASI SETKAB

Guna memperbanyak intelektual bergelar sarjana Strata 2 (S2), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohamad Nuh, berencana menggratiskan mahasiswa Strata 1 (S1) yang benar-benar fresh (berprestasi) di seluruh Indonesia untuk melanjutkan studinya ke S2.

“Pemberlakuan program gratis ini berlaku bagi mahasiswa yang menekuni fakultas teknik, sains, MIPA, dan agrikultur pertanian, karena memang bidang-bidang itulah yang sangat dibutuhkan. Makanya, mahasiswa yang ada di fakultas teknik, sains, MIPA dan agrikultur pertanian, kita genjot, bahkan kita gratiskan untuk program S2-nya,” kata M Nuh usai meresmikan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) baru di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (26/7).

Tampung 25 Ribu Mahasiswa         

Mengenai kampus baru ITB di daerah Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Mendikbud M. Nuh menilai, kampus ini sudah sangat dinanti oleh masyarakat luas. Dengan diperluasnya kampus ITB, menurut Mendikbud, maka kesempatan masyarakat mengenyam pendidikan tinggi semakin besar.

“Kehadiran ITB Jatinangor ini diharapkan bisa menggeser paradigma dari kecil berkualitas menjadi besar berkualitas,” ujar Mendikbud sembari berharap ITB memperbesar kuota mahasiswa baru.

Rektor ITB Prof. Akhmaloka, mengemukakan kampus ITB Jatinangor memiliki luas 47 hektar. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan kampus diperoleh dari bantuan berbagai institusi atau lembaga. Pembangunan kampus ITB Jatinangor ini menghabiskan dana sekitar Rp 600 miliar baik dari lembaga dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Akhmaloka, ITB juga menerima bantuan 300 hektar lahan untuk hutan pendidikan dari Kementerian Kehutanan. “Letaknya di Gunung Geulis,” ujarnya.

(*/ES)