1 ) UGM Tujuh Kali Berturut-turut Raih Predikat WTP
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/29/3/171679/-UGM-Tujuh-Kali-Berturut-turut-Raih-Predikat-WTP

Senin, 29 Juli 2013 | 16:53 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada kembali meraih predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dalam pengelolaan keuangan. Kantor Akuntan Publik Drs J Tanzil & Rekan yang bertindak sebagai auditor eksternal mewakili Badan Pemeriksa Keuangan menilai pengelolaan keuangan Universitas Gadjah Mada menunjukkan adanya tertib administrasi dan transparan. Direktur Keuangan UGM, Haryono, M Com Akt, Senin (29/7), mengatakan keberhasilan Universitas Gadjah Mada meraih opini WTP sejak 2007 lalu ini karena pengelolaan keuangan sudah dilakukan secara tertib, efisien, transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Opini WTP ini artinya laporan keuangan UGM sudah memenuhi standar yang menjadi acuan pedoman penyusunan laporan keuangan, sesuai dengan aturan dan mengikuti standar yang seharusnya dijalankan,” kata Haryono.

***

2 ) Peneliti UGM: Biaya Eksplisit Korupsi Rp 168,19 Triliun
http://www.metrotvnews.com/metronews/video/2013/07/28/1/180956/Peneliti-UGM-Biaya-Eksplisit-Korupsi-Rp-16819-Triliun

Minggu, 28 Juli 2013 | 02:11 WIB
Metrotvnews.com, Yogyakarta: Peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Rimawan Pradipto, meneliti ribuan kasus korupsi di Indonesia yang sudah diputus Mahkamah Agung (MA). Hasilnya, semakin besar jumlah korupsi maka nilai uang yang harus dikembalikan koruptor justru makin kecil. Menurut Rimawan, nilai biaya eksplisit atau biaya terlihat korupsi sebesar Rp168,19 triliun sepanjang 2012. Namun, dari total nilai hukuman finansial atau uang hasil korupsi yang dikembalikan ke negara hanya Rp15,09 triliun atau 8,9 persen. Hasil yang ditemukan Rimawan tersebut mengungkapkan adanya selisih Rp153,1 triliun. Nominal itu pun masih perlu ditambah biaya eksplisit korupsi, biaya implisit korupsi, biaya antisipasi tindak korupsi, dan biaya akibat reaksi terhadap korupsi.Rimawan juga mengungkapkan keanehan pada sistem yang ada. Rakyat seakan-akan mensubsidi nilai kerugian koruptor kepada negara. Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Pemberantasan Korupsi Pasal 12, yang menyebut bahwa korupsi oleh pegawai negeri sipil (PNS) dengan nilai Rp5 juta sampai dengan nilai tidak terhingga, hanya akan diminta ganti mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 miliar. Selain itu, Rimawan mengungkapkan pula pola proses hukum yang tidak lazim pada koruptor. Biasanya, akan ada pengurangan waktu hukuman dari tuntutan jaksa yang terjadi di tingkat Pengadilan Negeri. Lama hukuman akan naik tipis pada tingkat Mahkamah Agung.

…dst

3 ) Kemendikbud Dirikan Rumah Jabatan Rp18,8 Miliar
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844334/kemendikbud-dirikan-rumah-jabatan-rp18-8-miliar

Senin, 29 Juli 2013 19:15 wib
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meresmikan Rumah Jabatan Kemendikbud di Komplek Kemendikbud yang bernama Griya Dewantara yang berlokasi di Fatmawati, Jakarta Selatan.”Kita bisa memiliki fasilitas yang diharapkan untuk meningkatkan kinerja kita lebih baik lagi,” ujarnya dalam sambutan meresmikan Rumah Jabatan Kemendikbud di Komplek Kemendikbud, Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013). Lanjutnya, saat meresmikan Rumah Jabatan Kemendikbud, Nuh mengatakan pembangunan ini untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi. “Tujuan utama dalam peresmian Rumah Jabatan Kemendikbud yaitu fasilitas sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja yang semakin lebih baik lagi,” ucapnya. “Mudah-mudahan dengan menempati komplek perumahan ini, kinerja di Kemendikbud akan lebih baik lagi,” tambahnya. Kepala Biro Umum Kemendikbud Wisnu Aji menambahkan, rumah jabatan Kemendikbud ini memakan biaya sebesar Rp18,8 miliar dari anggaran 2012 serta sudah dihuni oleh sebanyak 19 orang. “Ada 19 orang pejabat, di antaranya terdiri dari Wamen dua orang, pejabat eselon 1 terdiri dari 10 orang, staf ahli lima orang, dan staf khusus dua orang (bantu-bantu di rumah),” ungkapnya. Dia melanjutkan, rumah jabatan Kemendikbud ini terdiri dari tiga lantai dan sangat efisien. “Dari pada sewa mahal-mahal, mendingan dibangun sebuah rumah jabatan,” katanya.

…dst

4 ) Rp 300 Miliar untuk Bangun Akademi Perkeretaapian Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/29/0415401/Rp.300.Miliar.untuk.Bangun.Akademi.Perkeretaapian.Indonesia

Senin, 29 Juli 2013 | 04:15 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) yang dibangun di Madiun, Jawa Timur, menghabiskan dana sekitar Rp 300 miliar dan diharapkan dapat membantu mencari solusi atas beragam permasalahan perkeretaapian di Tanah Air. “API di Madiun, Jawa Timur, dibangun dengan dana sekitar Rp 300 miliar. Kampus ini akan menjadi pusat pengembangan para tenaga ahli yang akan memberikan kontribusi terhadap industri perkeretaapian nasional,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tundjung Inderawan, dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Minggu (28/7/2013). Ia memaparkan, Kampus API seluas 26 hektar dibangun di atas lahan hibah dari Pemkot Madiun dan dilengkapi fasilitas ruang belajar, asrama taruna, poliklinik, aula, masjid, laboratorium, dan stasiun simulasi.

…dst

5 ) Kampus ITB Jatinangor Akan Kembangkan Ilmu Hayati
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/29/0451394/Kampus.ITB.Jatinangor.Akan.Kembangkan.Ilmu.Hayati

Senin, 29 Juli 2013 | 04:51 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Rektor ITB Prof Dr Ahmaloka menyatakan kampus ITB di Jatinangot Kabupaten Sumedang akan lebih fokus mengembangkan akademik ilmu-ilmu hayati.”Kampus ITB Jatinangor nanti akan mengembangkan akademik ilmu hayati seperti rekayasa pertanian, perhutanan, bio enginering dan program studi lain yang terkait ‘life scienties’,” kata Akhmaloka di Bandung, Minggu (28/7/2013).Kampus ITB di yang berdampingan dengan kampus IPDN di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang berdiri megah dengan arsitektur khas kampus ITB. Kampus ITB Jatinangor terdiri dari gedung kuliah umum, auditorium dengan kapasitas 500 mahasiswa, laboratorium teknologi, hutan pendidikan dinamai Gunung Geulis program kerja sama dengan Kementerian Kehutanan.

…dst

6 ) KPK Dalami Dugaan Korupsi di Perpustakaan UI
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/07/26/1/171178/KPK-Dalami-Dugaan-Korupsi-di-Perpustakaan-UI

Jum’at, 26 Juli 2013 | 19:43 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: KPK kembali mendalami dugaan korupsi dalam pengadaan instalasi teknologi informasi di Perpustakaan Pusat Univesitas Indonesia, Jumat (26/7). Salah satu saksi yang dipanggil adalah Tubagus Luthfi. Luthfi diketahui sebagai Kepala Pelayanan Fasilitas Umum UI. Ia diperiksa hampir delapan jam di dalam ruang penyidikan. Seusai diperiksa, Luthfi tak mau banyak berbicara. “Iya, tadi ditanyai soal pengadaan instalasi di perpus,” kata dia, Jumat malam. Luthfi yang juga dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya itu menerangkan, dirinya banyak ditanyai ihwal proyek pengadaan tersebut. “Iya, untuk tersangka TN,” sambungnya. Namun, Luthfi tak mau buka suara ketika ditanyai ihwal peran Donanta Dhaneswara, selaku Direktur Umum dan Fasilitas. Ia pun, mengelak jika dalam proyek tersebut mantan Rektor UI Gumilar Roesliwa S banyak mengatur. “Enggak, Mas. Enggak,” tutupnya.

…dst

7 ) Pemulangan Naskah Kuno RI di Belanda Mulai Direspons
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844273/pemulangan-naskah-kuno-ri-di-belanda-mulai-direspons

Senin, 29 Juli 2013 18:01 wib
SOLO – Permohonan Institut Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kepada Perpustakaan Universitas Leiden, Belanda, agar bisa menarik kembali naskah kuno milik bangsa Indonesia yang sekarang ini berada di Belanda, salah satunya di Perpustakaan Leiden telah mulai gayung bersambut. “Kami telah diminta untuk segera mengajukan data naskah kuno ke Perpustakaan Leiden. Permintaan pengajuan itu sebagai jawaban atas permohonan kami,” jelas Ketua Institut Javanologi UNS, Dr, Sahid Teguh Widodo kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). Menurut Sahid, untuk tahap pertama pihaknya telah mengajukan sebanyak 100 data naskah kuno ke Perpustakaan Leiden sesuai permintaan. Data yang diajukan juga harus lengkap meliputi mulai dari judul, nomor catalog dan sebagainya. “Naskah yang kami ajukan berupa naskah kuno Jawa, Jawa Kuno dan Jawa Bali,” jelasnya. Sahid mengatakan, saat Belanda menjajah Indonesia, banyak naskah kuno yang dibawa ke Belanda. Naskah yang dibawa mencapai puluhan ribu jumlahnya. Umumnya kini sebagian besar naskah telah berusia lebih dari 100 tahun atau satu abad. Naskah-naskah kuno itu salah satunya berada disimpan di perpustakaan Leiden, Belanda.

…dst

8 ) Paduan Suara Unpad Sabet Penghargaan di Spanyol
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/07/29/mqoqt2-paduan-suara-unpad-sabet-penghargaan-di-spanyol

Senin, 29 Juli 2013, 13:46 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad berhasil menyabet dua trofi kemenangan pada kompetisi “International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja” di Torreveija, Spanyol, 22-28 Juli 2013. “Dalam ajang tersebut, PSM Unpad menerima dua trofi kemenangan yang diberikan langsung oleh Gubernur Provinsi Torrevieja, Luisa Pastor Lilo,” kata Koordinator UPT Humas Unpad Bambang Hermanto di Bandung, Senin (29/7). Konduktor dari PSM Unpad, Arvin Zeinullah pun dianugerahi penghargaan khusus sebagai The Best Director. Para penonton dan juri pun memberikan apresiasi yang tinggi dengan memilih PSM Unpad tampil dalam konser sosial untuk masyarakat di di kota Le Montanas, Torrevieja. Dalam konser sosial tersebut, PSM Unpad membawakan lagu-lagu berbahasa Spanyol. Salah seorang komposer, Jorge Lopez bahkan memuji PSM Unpad memiliki ekspresi dan pembawaan lagu yang tepat saat menampilkan lagu karyanya “El Ausente”.

…dst

9 ) Laboran UKSW Terbaik Nasional
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/29/232410/Laboran-UKSWTerbaik-Nasional

29 Juli 2013
SALATIGA – Prestasi membanggakan diraih Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dalam Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Nasional 2013 pada 5-8 Juli di Jakarta. Ajang itu merupakan kegiatan tahunan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) diikuti perguruan tinggi se-Indonesia. Ada tujuh kategori penghargaan di ajang itu, yaitu untuk dosen, kepala program studi, tenaga administrasi akademik, laboran (petugas laboratorium), pustakawan, pengelola keuangan, dan mahasiswa. Juara dari enam kategori disabet perguruan tinggi negeri. Satu kategori, yakni Laboran Berprestasi Tingkat Nasional diraih Daniel Kristiyanto (29) dari UKSW. Duta UKSW lainnya, Sapto Irawan (39), meraih peringkat ketiga Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi Tingkat Nasional. Sapto adalah mantan anggota satuan pengaman (satpam) kampus yang kemudian meraih gelar sarjana pendidikan dan kini menjabat sekretaris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW.

…dst

10 ) Mahasiswa UNY Olah Belalang Jadi Kerupuk
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/29/0353475/Mahasiswa.UNY.Olah.Belalang.Jadi.Kerupuk

Senin, 29 Juli 2013 | 03:53 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan belalang kayu (Melanoplus cinereus) sebagai bahan baku makanan olahan berupa kerupuk yang kaya protein hewani. “Pemanfaatan belalang kayu yang kaya protein dan diaplikasikan sebagai bahan baku produk kerupuk diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah yang berguna bagi masyarakat,” kata koordinator kelompok Niken Nur Chasanah di Yogyakarta, Minggu (28/7/2013). Menurut dia, bahan-bahan yang digunakan dalam membuat kerupuk itu antara lain belalang kayu, tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan gula pasir. Cara pembuatannya, belalang kayu direbus, kemudian dibersihkan kotorannya, sayap dan kaki belakangnya dibuang, kemudian diblender. Belalang kayu yang telah halus dicampur bumbu yang telah dihaluskan.

…dst

11 ) 80 Mahasiswa IPB Lebaran di Tengah Hutan
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844291/80-mahasiswa-ipb-lebaran-di-tengah-hutan

Senin, 29 Juli 2013 18:25 wib
JAKARTA – 80 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) akan melaksanakan ekspedisi ke Taman Nasional Manusela (TNM), Maluku Utara pada 22 Juli hingga 14 Agustus 2013.Ekspedisi tersebut bernama Studi Konservasi Lingkungan (Surili). Jumlah peserta ekspedisi yang mencapai 80 orang menjadikan Surili sebagai ekspedisi terbesar yang dilakukan oleh mahasiswa. Sejak 2004, ekspedisi Surili secara rutin dilakukan oleh himakova setiap tahunnya dengan tujuan utama mengungkap kekayaan biodiversitas taman nasional di Indonesia. Biasanya bulan ramadan tiba, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu memilih momen ini untuk kumpul bersama keluarga tercinta. Apalagi ketika Idul Fitri tiba, banyak warga berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing. Akan tetapi, 80 orang mahasiswa IPB dari Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) malah melaksanakan ekspedisi.

…dst

12 ) Peduli Rimbawan, Alumni FakultasKehutanan IPB Berikan Beasiswa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244663

Senin, 29/07/2013 – 13:27
BOGOR, (PRLM).-Tiga puluh tiga mahasiswa Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor mendapatkan beasiswa dari para Alumni Fakultas Kehutanan IPB sebesar Rp 1 juta per bulan. Sebagai konsekuensinya, para penerima beasiswa ini wajib melakukan kegiatan penanaman dan pemeliharaan tanaman yang sudah ditanam. Pemberian beasiswa dalam Kegiatan Peduli Rimbawan 2013 ini merupakan bentuk kecintaan para alumi Fahutan dari berbagai generasi itu terhadap almamater. Dalam acara itu, Dirjen Bina Usaha Kehutanan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia sekaligus Ketua Himpunan Alumni IPB dan Ketua Himpunan Alumni Fahutan, Bambang Hendroyono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para alumni yang berdedikasi di bidang kehutanan. Selain itu, kegiatan ini juga digelar sebagai penghormatan kepada para dosen dan para dosen purnabakti. Tak hanya itu, para alumni juga memberikan cinderamata kepada karyawan dan para pengurus asrama yang telah membantu para alumni selama menimba ilmu di Fakultas Kehutanan IPB yang mereka sebut sebagai mamang-bibi.

…dst

13 ) UGM Ajak Warga Kreatif Tingkatkan Hasil Panen
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/843987/ugm-ajak-warga-kreatif-tingkatkan-hasil-panen

Senin, 29 Juli 2013 13:04 wib
JAKARTA – Keterbatasan lahan dan sumber daya air di Desa Srimartani, Bantul, menginspirasi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar lomba bagi para warga. Lomba ini mengasah kreativitas warga untuk mengembangkan hasil pertanian di tengah keterbatasan tersebut. Kompetisi tersebut bernama lomba budidaya padi dengan metode System of Rice Intensification (SRI). Pada perlombaan kali kedua itu tercatat diikuti oleh 26 peserta sementara tahun sebelumnya hanya diikuti 11 peserta.”Selain jumlah peserta yang meningkat, rata-rata hasil panen dilihat dari ubinan, produksinya lebih dari enam ton per hektare,” kata Dekan FTP UGM Lilik Sutiarso, seperti dikutip dari situs UGM, Senin (29/7/2013).

…dst

14 ) Mirip Pendekar, Mahasiswa PPL Unnes Juga Punya Jurus Jitu
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844141/mirip-pendekar-mahasiswa-ppl-unnes-juga-punya-jurus-jitu

Senin, 29 Juli 2013 15:23 wib
JAKARTA – Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Fathur Rokhman memberikan sejumlah pesan kepada 3.114 mahasiswa Unnes yang akan melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dia menyebut, para mahasiswa PPL harus mampu menampilkan diri sebagai agen konservasi. “Setidaknya ada tiga ciri yang harus muncul selama mahasiswa menempuh PPL di sekolah praktik yaitu ramah, hormat, dan berprestasi. Jangan sampai tiga karakter itu dilupakan. Harus dipegang teguh selama Saudara sekalian praktek di lapangan, kata Fathur, seperti dilansir Okezone, Senin (29/7/2013). Selain menunjukkan tiga karakter mahasiswa Unnes, mahasiswa PPL juga harus memenuhi empat kompetensi pendidik sebagaimana diamanatkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Dalam aturan itu, guru harus memiliki kompetensi kepribadian, sosial, profesional, dan pedagogik. Empat jurus itu, ibarat seorang pendekar, adalah senjata utama yang akan Anda bawa saat turun gunung. Namun itu saja belum cukup, calon guru yang professional adalah yang bermartabat, jelasnya.

…dst

15 ) Telkom University Beroperasi Akhir Agustus
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/29/0457358/Telkom.University.Beroperasi.Akhir.Agustus

Senin, 29 Juli 2013 | 04:57 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com – Sejumlah lembaga pendidikan tinggi milik PT Telkom (Persero) di Bandung akan bergabung menjadi Telkom University yang dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir Agustus 2013, bersamaan dengan awal tahun kuliah baru. “Telkom University resmi beroperasi pada akhir Agustus 2013. Peresmian akan dilakukan Mendikbud Mohammad Nuh,” kata Vice-Chairman III Djoko Murdowo yang ditemui di Kampus Stisi Telkom di kawasan Pendidikan Telkom, Dayeuh Kolot, Bandung, Minggu (28/7/2013). Djoko Murdowo mengatakan pada saat diresmikan M. Nuh itu nanti, maka lembaga-lembaga pendidikan Telkom akan beroperasi sebagai universitas. Masing-masing bidang pendidikan sebelumnya, selanjutnya menjadi fakultas-fakultas.

…dst

16 ) IM Telkom Jalin Kerjasama Solbridge International School of Business
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244703

Senin, 29/07/2013 – 13:51
BANDUNG, (PRLM).- Delegasi Solbridge International School of Business, Korea Selatan kunjungi Institut Manajemen Telkom (IMT), Jln. Gegerkalong, Kota Bandung, Senin (29/7/13). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU mengenai dual degree program S1 dengan skema 2+2 antara Sekolah Manajemen Telekomunikasi dan Media IM Telkom dengan Solbridge Internasional School of Business Woosong University. Rektor IM Telkom Dr.Husni Amani Ir.MM.MSc. menjelaskan siswa akan menempuh pembelajaran di IM Telkom selama dua tahun dan di Solbridge selama dua tahun. “Keuntungan dari kerjasama ini untuk IM Telkom dalam peningkatan kualitas menuju world class university, belajar bahasa serta pengelolaan kampus,” kata Husni. Pada kunjungan ini para delegasi mengunjungi Telkom RDC Research and Development Center yang merupakan unit bisnis Pendukung PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk.

…dst

17 ) UPI akan Bangun Pusat Kajian Masyarakat Asia
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244696

Senin, 29/07/2013 – 14:28
BANDUNG, (PRLM).- Universitas Pendidikan Indonesia akan membangun Pusat Kajian Masyarakat Asia. Pusat kajian yang tengah dalam proses rencananya akan selesai pada akhir tahun ini. Pembangunan Pusat Kajian Masyarakat Asia sebagai tindak lanjut dari Komunitas Asia tujuan untuk memajukan kajian budaya Asia serta membangun kesepahaman budaya antar negara Asia. “Proposalnya sedang dirancang dan diharapkan secepatnya dapat selesai sekitar tahun ini. Diharapkan pusat kajian ini akan melibatkan negara-negara Asia lainnya,” kata Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Sunaryo Kartadinata disela-sela “Membangun Jembatan Budaya Indonesia-Korea Melalui Diplomasi Kebudayaan UPI-Yonsei University” di Auditorium Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI, Jln. Setiabudhi, Kota Bandung, Senin (29/7/13). Dia menambahkan dalam pusat kajian masyarakat Asia tersebut akan diselenggarakan kegiatan akademik, riset, publikasi bersama dan fokus pemahaman budaya. Pengkajian budaya Asia ini didorong dengan mobilitas penduduk global yang tidak bisa dicegah. Tukar-menukar kebudayaan menjadi bagian yang tak terpisahkan.

…dst

18 ) Ini Dia Rektor ISI Baru
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844269/ini-dia-rektor-isi-baru

Senin, 29 Juli 2013 17:55 wib
SOLO – Prof Sri Rochana Widyastutieningrum terpilij menjadi Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah yang baru untuk masa periode 2013-2017. Rochana menggantikan Prof T Slamet Suparno yang habis masa jabatannya pada 30 September 2013 mendatang. “Pelantikan dan serah terima jabatan rektor baru, akan berlangsung pada 1 Oktober 2013 mendatang,” jelas Humas ISI Solo Esha Karwinarno saat dikonfirmasi wartawan, terkait hasil Pemilihan Rektor, di Solo, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). Lebih lanjut dia mengatakan, pemilihan Rektor ISI Solo berlangsung dalam tiga tahap. Tahap ketiga atau tahap terakhir telah berlangsung dalam sidang tertutup di Gedung Rektorat ISI Solo, Jumat (26/7/2013) lalu.Dalam pemilihan itu, menurut Esha, terdapat 23 orang Anggota Senat ISI Solo yang memiliki hak pilih sebanyak 23 suara, sedang hak pilih Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 12 suara. Senat memiliki hak pilih sebesar 65 persen dan 35 persen milik Mendikbud.

…dst

19 ) Batan Beri Beasiswa 17 Siswa Babel
http://edukasi.kompas.com/read/2013/07/29/0548130/Batan.Beri.Beasiswa.17.Siswa.Babel

Senin, 29 Juli 2013 | 05:48 WIB
SUNGAILIAT, KOMPAS.com – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memberikan beasiswa reservasi teknik nuklir kepada 17 siswa terpilih di Provinsi Bangka Belitung untuk melanjutkan pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia. “Program ini diberikan secara ketat untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDA) yang lebih handal di bindang nulkir,” kata Kepala Pusdiklat Batan Hendriyanto Hadi Tjahyono di Sungailiat, Minggu (28/7/2013). Dikatakannya, dilihat dari peminat siswa yang mengikuti program itu terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 340 siswa, sementara yang diterima hanya 17 siswa. “Siswa yang lulus dalam seleksi akan kami rekomendasikan untuk mengikuti kuliah di sejumlah perguruan tinggi negeri, seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran (Unpad) dan perguruan tinggi negeri lainnya,” ujarnya.

…dst

20 ) Kualitas LPTK Masih Memprihatinkan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/29/232411/Kualitas-LPTK-Masih-Memprihatinkan

29 Juli 2013
SEMARANG- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) prihatin karena kinerja beberapa perguruan tinggi penghasil guru (lembaga pendidikan tenaga kependidikan /LPTK) menyedihkan. Mendidik guru tidak boleh main-main, seadanya, dan semaunya.`’Jangan hanya karena ambisi mengeruk keuntungan besar, menyelenggarakan pendidikan guru tidak memiliki standar sama sekali. Saat ini tuntutan terhadap penyiapan calon guru berkualitas menjadi tantangan utama para pengelola perguruan tinggi yang mendidik guru,” kata Ketua Umum PGRI Sulistiyo kepada Suara Merdeka, baru-baru ini. Menurutnya, guru berkualitas akan lahir dari pendidikan calon guru yang berkualitas pula. Karena itu, dia berharap IKIP PGRI Semarang tidak sekadar memikirkan diri sendiri tapi sungguh-sungguh dan memastikan menyiapkan calon guru yang berkualitas, berpartisiapsi dalam peningkatan kualitas guru, membangun masyarakat yang lebih maju, dan sejahtera. Lebih khusus lagi, ikut bekerja keras mewujudkan PGRI sebagai organisasi profesi guru Indonesia yang dinamis, terpercaya, kuat, dan bermartabat.

…dst

21 ) Satu Tahun, 8 Mahasiswa Unimed Berguru di Unnes
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844147/satu-tahun-8-mahasiswa-unimed-berguru-di-unnes

Senin, 29 Juli 2013 16:06 wib
JAKARTA – Mulai semester gasal tahun akademik 2013/2014, delapan mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) akan belajar di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Selama satu semester mereka akan menempuh pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Menurut Pembantu Dekan Bidang Akademik FMIPA Unimed Herbert Sipahutar, pertukaran mahasiswa dengan Unnes adalah program rintisan. Pihaknya berminat menjalankan program ini setelah mengetahui bahwa Unnes adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terbaik di Indonesia. “Selama ini kami menjalin kerja sama pertukaran mahasiswa dengan universitas luar negeri. Tapi sekarang kami tahu, Unnes adalah salah satu LPTK terbaik di Indonesia sehingga kami perlu juga melaksananakan kerja sama ini dengan Unnes,” ungkap Herbert, seperti dinukil dari laman Unnes, Senin (29/7/2013). Menurut Herbert, delapan mahasiswa yang akan belajar di Unnes terdiri atas empat program studi (prodi), yakni Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Fisika. “Mereka adalah mahasiswa semester lima,” lanjutnya.

…dst

22 ) Calon Mahasiswa Undip Wajib Registrasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/07/29/232408/Calon-Mahasiswa-Undip-Wajib-Registrasi

29 Juli 2013
SEMARANG – Undip akan melaksanakan verifikasi registrasi administratif bagi calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SBMPTN, UM S-1, UMBPTN, dan UM D-3 di Gedung Prof Sudarto SH Tembalang. Verifikasi SBMPTN, UM S-1 dan UMBPTN pada 19 – 24 Agustus, sedangkan UM D-3 pada 20-24 Agustus. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso mengatakan, sebelum melakukan verifikasi calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya ulang kuliah tunggal (UKT) terlebih dahulu. “Calon mahasiswa diharuskan menyerahkan lampiran berbagai persyaratan. Itu penting untuk pencocokan dan validasi data,” tuturnya, kemarin. Lampiran yang dibutuhkan mencakup kartu peserta SBMPTN, print out formulir registrasi, print out surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan Undip yang telah ditandatangani di atas meterai Rp 6.000, fotokopi bukti pembayaran UKT satu lembar, surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah, dan surat keterangan kesehatan dari tim Kesehatan Undip yang diperoleh saat verifikasi.

…dst

23 ) Unpad Jaring 1.300 Calon Mahasiswa Program Diploma
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844301/unpad-jaring-1-300-calon-mahasiswa-program-diploma

Senin, 29 Juli 2013 19:15 wib
JAKARTA – Universitas Padjadjaran (Unpad) terima 1.300 orang calon mahasiswa baru program Diploma dan 200 calon mahasiswa program Profesi akan melakukan registrasi pada dua hari, yakni pada hari ini hingga Selasa 30 Juli 2013 dalam pelaksanaan registrasi administratif tahun ajaran 2013/2014. Kepala Subbagian Seleksi dan Registrasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Agus Muchtarom, S.Si., mengungkapkan, pelaksanaan registrasi dibagi menjadi beberapa sesi. Setiap sesi memiliki durasi waktu sekira satu jam.”Untuk teknis registrasinya sendiri masih mengikuti pola registrasi yang diterapkan di Unpad,” ucapnya seperti dilansir dari laman Unpad, Senin (29/7/2013).

…dst

24 ) UMB-PT UNS Terima 1.876 Calon Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/843887/umb-pt-uns-terima-1-876-calon-mahasiswa

Senin, 29 Juli 2013 10:22 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengumumkan menerima sebanyak 1.876 calon mahasiswa (cama) melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) 2013. “Memang ada penambahan sekira 800 cama dibanding rencana semula yakni 1.050 cama,” jelas Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof Drs. Sutarno, MSc, PhD saat dihubungi Okezone, di Solo, Jawa Tengah, Senin (29/7/2013). Penambahan tersebut, menurut Sutarno, untuk mengisi kekosongan akibat adanya calon mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 dan jalur Diploma Mandiri 2013 yang tidak melakukan daftar ulang.

…dst

25 ) 3.465 Siswa Lulus Jalur UMB-PT USU dan UNIMED
http://www.jpnn.com/read/2013/07/29/184041/3.465-Siswa-Lulus-Jalur-UMB-PT-
Senin, 29 Juli 2013 , 07:10:00
MEDAN – Siswa yang lulus melalui jalur ujian masuk bersama perguruan tinggi (UMB-PT) akhirnya resmi di umumkan. Sebanyak 3.465 siswa diterima melalui jalur yang dahulu diberi nama ekstensi. Rinciannya, 1.870 di terima di Universitas Negeri Medan (UNIMED) dan serta 1.595 diterima di Universitas Sumatera Utara (USU). Ketua panitia UMB-PT Unimed Prof Dr Khairil Anshari mengatakan, mahasiswa yang diterima melalui jalur ini sudah bisa mengisi borang biodata secara online di laman http://baak.unimed.ac.id, selanjutnya borang tersebut dicetak dan ditandatangani diatas materai 6 ribu. “Pengisian borang biodata calon mahasiswa Unimed dilaksanakan mulai 1-6 Agustus mendatang,” ujarnya di Kampus Unimed, Minggu (28/7). Khusus untuk Unimed, lanjutnya, ada 5 program studi dengan peminat paling banyak, di antaranya Pendidikan Ekonomi sebanyak 138 mahasiswa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 122 mahasiswa, Pendidikan Biologi sebanyak 91, Pendidikan Olah Raga sebanyak 85 serta pendidikan Kimia sebanyak 83.

…dst

26 ) USU Terima 2.265 Mahasiswa Jalur D3
http://kampus.okezone.com/read/2013/07/29/373/844164/usu-terima-2-265-mahasiswa-jalur-d3

Senin, 29 Juli 2013 15:48 wib
JAKARTA – Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.265 calon mahasiswa baru program D-3 melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) tahun ajaran 2013/2014. Pendaftaran telah dibuka pada 22 Juli dan dijadwalkan akan ditutup pada 13 Agustus 2013. Demikian dikemukakan Pembantu Rektor I USU Prof. Zulkifli Nasution didampingi Humas USU Bisru Hafi, seperti dilansir dari laman USU, Senin (29/7/2013).SPMPD dibagi dalam tiga kelompok, yaitu Kelompok ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), dan ilmu pengetahuan campuran (IPC). Setiap peserta ujian kelompok IPA dapat memilih paling banyak dua program studi kelompok IPA, begitu juga kelompok peserta ujian IPS. Sedangkan peserta ujian kelompok IPC dapat memilih paling banyak tiga program studi.

…dst

27 ) Sebanyak 20.771 Siswa GO Masuk PTN
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244539

Minggu, 28/07/2013 – 13:59
BANDUNG,(PRLM).- Sebanyak 20.771 siswa Ganesha Operation lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013.Sebanyak 3.155 siswa diterima di PTN di Jawa Barat diantaranya 1.115 siswa diterima di Universitas Padjadjaran, 721 siswa di Institut Teknologi Bandung, 669 siswa di Universitas Pendidikan Indonesia, 515 di Institut Pertanian Bogor dan 135 siswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung. Direktur Utama Ganesha Operation (GO) Dr Ir Bob Foster mengatakan persaingan masuk PTN melalui jalur SNMPTN 2013 lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Tingkat kegagalan mencapai 82,55 persen dari 765.531 pendaftar, sebanyak 133.604 siswa lulus dan sebanyak 631.927 siswa gagal. Sementara pada 2012 dari 236.811 pendaftar, sebanyak 53.401 siswa lulus dengan tingkat kegagalan 77,45 persen yaitu 183.410 sisea gagal. Pada 2011 dari 232.948 pendaftar hanya lulus 46.706 siswa dan 186.242 gagal.Sementara untuk SBMPTN 2013 keketatan persaingan terlihat dari jumlah peminat mencapai 585.789 siswa dengan daya tampung 109.853 kursi. Dari data tersebut memperlihatkan dari 631.927 siswa yang gagal di SNMPTN tidak seluruhnya mendaftar untuk jalur SBMPTN.

…dst

28 ) STFI Siapkan Tenaga Terampil dan Profesional
http://www.pikiran-rakyat.com/node/244627

Senin, 29/07/2013 – 10:11
BANDUNG, (PRLM).- Pendidikan bidang farmasi saat ini sedang tumbuh pesat, ditandai dengan berdirinya banyak sekolah baru, namun dengan spesifikasi yang hampir sama. Hingga saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 60 institusi Perguruan Tinggi yang membuka program pendidikan farmasi S1 dengan berbagai akreditasi.”Perguruan tinggi penyelenggara pendidikan farmasi saat ini dihadapkan pada tantangan untuk menghasilkan sarjana dengan kualitas baik dan terampil karena bidang ini menyangkut kualitas kesehatan masyarakat pada akhirnya. Seorang sarjana farmasi di Indonesia memang mendapatkan tuntutan yang sangat berat karena secara kurikulum belum mengalami spesifikasi, sehingga masih merupakan kurikulum farmasi umum yang mencakup banyak keahlian, meliputi produksi obat, proses pemastian mutu obat, penemuan dan pengembangan obat, distribusi, pelayanan kesehatan, sampai penjualan ke konsumen, dan bidang lain yang berkaitan di dalamnya,” tutur Syarif Hamdani Koodinator LPPM Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI) di temui di kampusnya Jln. Soekarno Hatta No. 354 – Bandung. Senin (29/7/2013).

…dst