Pemda Segera Umumkan Lowongan CPNS Baru

DSC 96382

Sabtu, 27 Juli 2013 , 00:11:00

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) telah membagikan formasi CPNS baru periode 2013. Mereka meminta setiap instansi segera mengumumkan formasi lowongan itu ke masyarakat umum.

Himbauan itu disampaikan Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas) Kemen PAN-RB M. Imanuddin. Dia menyebutkan banyak media yang bisa dipakai untuk mengumumkan lowongan formasi CPNS 2013. Mulai dari media cetak daerah setempat, website resmi, hingga pengumuman tempelan biasa tetapi dipasang hingga di kantor desa, kelurahan, hingga kecamatan.

“Pengumuman setidaknya berisi jabatan yang dibutuhkan, jumlahnya, akan ditempatkan dimana, dan kualifikasi minimalmya apa,” katanya.

Dia menyebutkan masih ada laporan bahwa instansi penerima kuota CPNS baru belum mengumumkan ke masyarakat. Padahal pengalokasian itu sudah dilakukan beberapa pekan lalu.

Imanuddin menyampaikan sampai saat ini masih bermunculan sejumlah pertanyaan dari warga masyarakat, baik melalui SMS, telepon, bahkan ada yang datang ke Kemen PAN-RB. Mereka menanyakan di mana mereka bisa mengetahui pengumuman itu, apakah di Kementerian PAN-RB atau di masing-masing instansi. “Selain itu, masyarakat banyak yang menanyakan lokasi dan jadwal ujian,” ujar dia.

Menurutnya pengumuman formasi atau lowongan CPNS merupakan upaya transparansi dalam penerimaan calon aparatur baru. “Masyarakat bisa mengetahu posisi pekerjaan apa yang sesuai dengan ijazahnya,” kata dia. Misalnya yang dibutuhkan sarjana ekonomi, tentu saja pelamar yang boleh mengikuti rangkaian ujian juga lulusan S1 ekonomi.

Imanuddin mengatakan seleksi CPNS tetap dijalankan secara bersih , objektif, dan jujur. Dia menegaskan pendaftaran CPNS baru tahun ini tidak dipungut biaya. Keputusan ini untuk mewujudkan upaya nyata reformasi birokrasi, khususnya di bidang SDM aparatur. “Diharapkan melalui cara-cara yang bersih ini, diharapkan bisa menumbuhkan kembali kepercayaan publik terhadap PNS,”kata dia.

Tahun 2013 ini, pemerintah melakuakn rekrutmen CPNS melalui 5 jalur. Yakni jalur pelamar umum, honorer kategori 2, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas. Untuk pelamar umum dan tenaga honorer kategori 2 (TH2), dilakukan seleksi melalui tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Pelaksanaan tes untuk TH2, dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK), sedangkan bagi pelamar umum dengan sistem kombinasi, LJK dan computer assited test (CAT). (wan) JPNN.

Jangan Sampai Salah Rekrut CPNS

Senin, 29 Juli 2013 , 23:02:00

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengibaratkan pengadaan CPNS laksana berenang bersama ikan hiu. Andai perenang berdarah sedikit saja, pasti langsung dimangsa hiu.

Hal itu disampaikan Azwar dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Pengadaan CPNS Tahun 2013, Senin (29/7). Menurutnya, jangan sampai rekrutmen PNS hanya menghasilkan birokrasi yang tak bisa diandalkan.

Menurutnya, pengadaan CPNS harus adil dan transparan demi menghasilkan aparatur yang bersih, berkualitas, dan melayani.  “Karena kalau kita sedikit toleransi saja pada oknum yang tidak bertanggung jawab, maka usaha kita selama ini membangun birokrat tangguh akan sia-sia,” tegasnya.

Mengenai pengadaan CPNS, Azwar mengingatkan agar tidak jangan terjadi salah manajemen. Menurutnya, pengadaan CPNS harus memperhatikan jumlah anggaran dan penduduk.

Untuk itu, KemenPAN-RB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) ikut membantu memeriksa sekaligus mengawasi tes CPNS tersebut.(esy/JPNN)

Dibuat pada 29 Juli 2013

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, pengadaan CPNS ibarat berenang bersama ikan hiu. “Berdarah sedikit langsung dimangsa olehnya,” ujarnya dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Pengadaan CPNS Tahun 2013, Senin (29/07).

Kiasan tersebut tersirat dalam persiapan instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah, dalam melaksanakan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013. Sebagai aparatur yang bersih, berkualitas, dan melayani, harus transparan dan adil dalam pengadaan CPNS tersebut. “Karena kalau kita sedikit toleransi saja pada oknum yang tidak bertanggungjawab, maka usaha kita selama ini membangun birokrat tangguh akan sia-sia,” tegasnya.

Mengenai pengadaan CPNS, Azwar menambahkan jangan sampai terjadi salah manajemen. Harus memperhatikan jumlah anggaran dan jumlah penduduknya. Untuk itu, Kementerian PANRB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) ikut membantu memeriksa sekaligus mengawasi tes CPNS tersebut.

Pengadaan CPNS ini kelak akan menjadi contoh kepemimpinan yang baik, sehingga harus konsekuen, konsisten, yang disertai dengan kerja keras. “Insyaallah, Allah akan membantu kita menuju kesuksesan bersama,” imbuhnya disambut kata amin oleh peserta rapat. (bby/HUMAS MENPANRB)