1 ) 1.000 siswa SMA diajak berpartisipasi dalam pemilu
http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/17/15/806696/1-000-siswa-sma-diajak-berpartisipasi-dalam-pemilu

Minggu,  17 November 2013  ?  10:52 WIB
Sindonews.com – Center for Election And Political Party (CEPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) hari ini menyelenggarakan program Rock the Vote Indonesia, yang dihadiri oleh sekitar 1000 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para pemilih muda agar mau berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.Menurut Dekan Fakultas FISIP UI Bambang Shergi Laksmono, Pemilu 2014 mendatang, akan didominasi oleh para pemuda dan pemilih baru yang harus diberikan pelajaran tentang arti dari pemilu agar tidak golput (golongan putih) atau mengabaikan hak pilihnya. “Pendidikan ini penting untuk anak-anak muda sekarang,” kata Bambang di Fakultas FISIP UI, Depok, Jawa Barat, Minggu (17/11/2013).Selain itu, dalam acara Rock The Vote Indonesia ke-7 kali ini berbeda dari acara-acara sebelumnya. Karena dalam Rock The Vote Indonesia ke-7 kali ini sekaligus membahas serta mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada seluruh Siswa SMA se Kota Depok.

…dst

2 ) Wow, Jurnal Dunia Lirik Artikel Mahasiswa Universitas Lampung
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/13/11/15/mwaksa-wow-jurnal-dunia-lirik-artikel-mahasiswa-universitas-lampung

Jumat, 15 November 2013, 13:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG — International Scholars Journal, sebuah jurnal penelitian dunia, akan melirik karya tulis Chindy Feryandy HB, mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Unversitas Lampung (Unila). Karya tulis mahasiswa ini akan terbit di jurnal bergengsi tersebut pada Desember mendatang sekaligus mendapat international standard serial number (ISSN). Pihak jurnal tertarik dengan penelitian Fery, panggilan mahasiswa ini, setelah ia berpartisipasi dalam ajang Olimpiade Karya Tulis Ilmiah (OKTI)-PPI di Prancis pada 26–27 Oktober lalu. Pada olimpiade dua tahunan ini, ia  menulis makalah penelitian berjudul “Optimalization of ZSM-5 Synthesis from Lampung Natural Zeolite and Silica Enrichment Utilizing Rice Husk”. Ia lolos ke babak final, setelah berhasil menyisihkan lebih dari 400 makalah ilmiah se dunia yang masuk dalam ajang bergengsi tersebut. Dalam rilis yang diterima Republika, Jumat (15/11), ia masuk 25 kelompok yang berhak mempresentasikan hasil penelitiannya.

…dst

3 ) Mahasiswa Pembunuh Fita Dipecat Kampus Unipa
http://www.tempo.co/read/news/2013/11/17/058530223/Mahasiswa-Pembunuh-Fita-Dipecat-Kampus-Unipa

Minggu, 17 November 2013 | 09:57 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Tersangka pembunuh Fita Fitria Dewi, yaitu Restu Eka Brianti Tasari dan Yunanda Bagus Putra langsung dikeluarkan dari kampus Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Wakil Rektor IV Unipa, Widodo, mengatakan pihak rektorat langsung merespons temuan polisi yang menyatakan Restu dan Yunanda adalah aktor sekaligus eksekutor pembunuh Fita. “SK pemberhentiannya sebagai mahasiswa langsung dikeluarkan,” kata Widodo kepada Tempo, Ahad 17 November 2013. Restu dan Yunanda merupakan mahasiswa Jurusan Seni Rupa Unipa angkatan 2008. Adapun Fita Fitria Dewi adalah mahasiswa Jurusan Tata Busana Unipa. Pernyataan Widodo tersebut sekaligus meluruskan kabar yang berkembang, bahwa para tersangka adalah alumnus Unipa.Dua tersangka itu, kata Widodo, terbukti melanggar tata krama kampus, mencela nama baik kampus, dan tidak mengimplementasikan sikap Tri Dharma perguruan tinggi dalam kehidupan sehari-hari. “Tulis yang besar, tersangka belum lulus kuliah dan angkatan 2008. Di dunia pendidikan, tersangka melanggar tiga hal sekaligus,” ujarnya.

…dst

4 ) Dosen Unipa: Restu, Saksi Kunci Kematian Fita
http://www.tempo.co/read/news/2013/11/15/058529893/Dosen-Unipa-Restu-Saksi-Kunci-Kematian-Fita

Jum’at, 15 November 2013 | 13:33 WIB
TEMPO.CO, Surabaya – Dosen jurusan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, Hariadi, mengatakan kunci untuk menguak tabir gelap kematian Fita Fitria Dewi adalah Restu. Restu, mahasiswi Seni Rupa Unipa, adalah pihak yang memberikan order pemotretan prewedding kepada Fita. Restu dan Fita menumpang mobil yang sama menuju Gunung Bromo. Ada juga Yunanda, teman seangkatan Restu di Jurusan Seni Rupa. “Ada sebagian kronologis yang salah tulis. Order pemotretan itu dari Restu ke Rini. Tapi Rini enggak bisa, lalu diberikan ke Fita,” kata Hariadi kepada Tempo, Jumat, 15 November 2013. Sebelum menyepakati orderan itu, kata Hariadi, Rini dan Fita sempat berkonsultasi dengan dirinya. Kepada Hariadi, Rini sempat tak nyaman dengan ajakan Restu yang terkesan memaksa. Karena tak nyaman, Hariadi menganjurkan kepada Rini agar orderan dari Restu dibatalkan saja. Bahkan, dirinya menyarankan Fita membikin surat perjanjian kerja dengan Restu. Hariadi mengaku kenal baik dengan Fita karena pernah menjadi juri bersama dalam ajang fashion lansia dan anak-anak di Kelurahan Dukuh Menanggal, Surabaya. “Saya kenal sosok Fita. Sebelum kejadian Fita dan Rini sudah ngomong dengan saya soal orderan dari Restu,” kata Hariadi.

…dst

5 ) Pendidikan perkuat hubungan bilateral Indonesia-Australia
http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/14/15/805928/pendidikan-perkuat-hubungan-bilateral-indonesia-australia

Kamis,  14 November 2013  ?  21:30 WIB
Sindonews.com – Hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia juga mengalami pasang surut akibat kesalahpahaman dan perbedaan aturan kedua negara. Untuk menjaga hubungan baik kedua negara tersebut, pendidikan dinilai menjadi kunci untuk meningkatkan hubungan baik kedua negara. Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Hery Saripudin menuturkan, pendidikan merupakan sektor yang lebih netral dan lebih mudah untuk melakukan sebuah kerja sama. Namun demikian, semua level, mulai pemeritah, pengusaha dan masyarakat harus bersinergi. “Kita bisa milih teman sesuka kita tapi kita tidak bisa memilih tetangga. Suka tidak suka, mau tidak mau, Australia sebagai negara tetangga Indonesia  dan harus berbaik-baikan. Hubungan baik ini tentu harus dijaga dan ditingkatkan di berbagai bidang, termasuk pendidikan,” ujarnya dalam seminar ‘Indonesia-Australian Relations’ yang berlangsung di Fisipol UGM, Yogyakarta, Kamis (14/11/2013).

…dst

6 ) Asyiknya, Masuk IPB Tanpa Seleksi
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/15/373/897336/asyiknya-masuk-ipb-tanpa-seleksi

Jum’at, 15 November 2013 11:21 wib
JAKARTA – Masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi dambaan setiap pelajar. Apalagi jika universitas tersebut sudah menjadi incaran kita sejak lama. Seperti 2.100 siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat dari seluruh Indonesia ini. Mereka mengikuti Pesta Sains Nasional 2013 di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Bogor. Hadiah yang dijanjikan pun menyenangkan, menjadi mahasiswa IPB tanpa proses seleksi. “Saya yakin siswa-siswi yang hadir di sini adalah yang terbaik. Namun, dari yang terbaik ini, kita akan tahu siapa juaranya. Untuk tahun ini, juara pertama dari setiap kategori berhak menjadi mahasiswa IPB tanpa seleksi. Tapi dengan syarat, siswa tersebut sudah kelas XII saat memenangi kompetisi ini,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Yonny Koesmaryono, seperti dikutip dari laman IPB, Jumat (15/11/2013).

…dst

7 ) Cyber Security Juga Jadi Tanggung Jawab Mahasiswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/11/16/243261/Cyber-Security-Juga-Jadi-Tanggung-Jawab-Mahasiswa

16 November 2013
SEMARANG – Kalangan mahasiswa harus ikut bertanggung jawab terhadap cyber security atau keamanan informasi. Sebab, dengan kecanggihan teknologi akan memunculkan dunia tanpa batas (borderless world). Hal itu disampaikan Dekan Sekolah Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Dr Suwarno dalam Wisuda Ke- 48 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Rabu (13/11), di Hotel Patra Jasa Semarang. Dalam orasi ilmiah itu dia mengatakan, kecanggihan teknologi yang memunculkan dunia tanpa batas, ke depan akan mengubah peradaban dunia. Perubahan itu di antaranya menyebabkan sikap individualistik, pornografi, kemerosotan akhlak, dan perang simetrik.‘’Paling berbahaya adalah perang simetrik, karena antarnegara dapat terjadi perang tanpa awak. Artinya, yang maju dalam perang tersebut adalah robotrobot atau peralatan, bukan manusia,’’ ungkapnya.

…dst

8 ) Wapres Boediono isi kuliah umum Monash University
http://www.antaranews.com/berita/405098/wapres-boediono-isi-kuliah-umum-monash-university

Jumat, 15 November 2013 08:03 WIB
Melbourne (ANTARA News) – Wakil Presiden (Wapres) Boediono memberi kuliah umum di Monash University, Melbourne, Australia, Jumat di hadapan ratusan civitas akademika.Dalam kuliah umum tersebut Boediono banyak membahas mengenai pendidikan dan inovasi serta teknologi. Menurut Boediono pendidikan serta inovasi dan teknologi merupakan hal penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kehadiran Boediono di Monash University disambut oleh Menteri Pendidikan Australia Christopher Pyne.Selain itu, kehadiran Boediono juga disambut hangat oleh kalangan civitas akademika mulai dari rektor hingga mahasiswa. Pasalnya, Boediono merupakan lulusan Monash University. Boediono menyelesaikan pendidikan S1-nya di University of Western Australia di bidang ekonomi dan melanjutkan S2-nya di Monash University. Sementara itu, Monash University merupakan kampus ketiga yang dikunjungi Boediono selama kunjungan kenegaraannya di Australia.

…dst

9 ) 53 Tim “IEMC-2013” Coba Lintasan Sirkuit Kenjeran
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/121482/53-tim-iemc-2013-coba-lintasan-sirkuit-kenjeran

15 Nov 2013 19:47:30
Surabaya (AntaraJatim) – Sebanyak 53 tim dari 30 universitas se-Indonesia yang menjadi peserta lomba mobil hemat bahan bakar (lomba irit) bertajuk “Indonesia Energy Marathon Challenge” atau IEMC 2013 mencoba lintasan di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya, Jumat. Acara mencoba lintasan itu dilakukan setelah dalam pembukaan IEMC-2013 yang dilakukan oleh Pembantu Rektor ITS Prof Dr.Ing Ir Herman Sasongko bersama Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Eddy AMd di lokasi lomba.Dalam pembukaan acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud bekerja sama dengan ITS hingga Minggu (17/11) itu, puluhan mobil berjajar dengan menunjukkan bendera identitas masing-masing universitas. Hari pertama IEMC 2013 (15/11) itu ditandai dengan “tour circuit” dan “scruutineering”. Pada “tour circuit”, perwakilan peserta yang merupakan pengemudi mobil diajak oleh panitia untuk mengelilingi Sirkuit Kenjeran.”Itu dilakukan agar peserta mengetahui lintasan yang akan ditempuh,” kata koordinator acara IEMC-2013, Derry Septian.

…dst

10 )  Berbagi Tips Jitu Taklukkan Dunia Kerja, UGM Undang Alumni
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/16/373/898075

Minggu, 17 November 2013 12:02 wib
JAKARTA – Tidak ada yang lebih tepat untuk memberikan gambaran dunia kerja kepada calon wisudawan selain alumni yang telah sukses. Pengalaman alumni dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh saat kuliah dan menaklukkan dunia kerja menjadi bekal berharga bagi para calon wisudawan.Untuk itu, tiga alumni sukses Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pun berbagi rahasia mereka di hadapan para calon wisudawan. Mereka adalah Danang Girindrawardana, Budi Utomo, dan Tahir Musa Luthfi Yazid. Bagi Luthfi Yazid yang sukses di dunia lawyer dan terakhir sebagai Managing Partner of Luthfi Yazid & Partners Law Firm, setiap calon wisudawan/ wisudawati UGM mestinya harus siap dengan segala kemungkinan. Sebab berkarya di universitas kehidupan setelah lulus dari perguruan tinggi bukan persoalan mudah. “Bukan saja Anda harus bersaing dengan teman sendiri maupun lulusan perguruan tinggi dalam negeri, tapi saat ini Anda juga harus bersaing dengan lulusan perguruan tinggi asing”, ujar Lutfhi, seperti dikutip dari situs UGM, Minggu (17/11/2013).

…dst

11 ) Green Campus Rambah UNS
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/15/373/897504/green-campus-rambah-uns

Jum’at, 15 November 2013 16:11 wib
SOLO – Kampanye Go Green mulai merambah dunia kampus. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memiliki lahan bagi hutan pendidikan yang luasnya mencapai 40 hektare (ha). Selain itu, UNS juga akan mengembangkan Arboretum, yaitu lahan konservasi keanekaragaman hayati dengan pohon-pohon langka. Hutan pendidikan itu berlokasi di Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, dan Boyolali. Tiga daerah di Kabupaten Karanganyar yakni Jumantono, Jatikuwung, dan Jatiyoso dengan total luas lahan 7,5 ha. Wonosemar Kabupaten Boyolali dengan luas sekira 23 ha dan 10 ha di Kabupaten Wonogiri.Dekan Fakultas Pertanian UNS Bambang Pujiasmanto menyebutkan jika pengembangan hutan pendidikan UNS diawali dengan penanaman pohon langka di seputar Fakultas Pertanian misalnya matoa, kepel.”Fakultas Pertanian menjadi pilot project UNS sebelum dikembangkan di fakultas lainnya seperti fakultas Pendidikan Biologi di FKIP dan jurusan Biologi MIPA. Di Fakultas Pertanian sudah kita wajibkan setiap mahasiswa baru membawa satu pohon untuk ditanam. One student one tree,” jelasnya kepada wartawan di Kampus UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2013).

…dst

12 ) Jadi Keynote Speaker, Rektor Universitas Trilogi Kebanjiran Tawaran Kerjasama
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/16/373/897944/jadi-keynote-speaker-rektor-universitas-trilogi-kebanjiran-tawaran-kerjasama

Sabtu, 16 November 2013 13:41 wib
JAKARTA – Rektor Universitas Trilogi mendapat kehormatan untuk menyampaikan pokok pemikiran mereka pada forum University Community Engagement Conference (UCEC) 2013. Konferensi Internasional ini merupakan acara dua tahunan yang membahas berbagai kegiatan universitas yang berhubungan dengan masyarakat. Pada kegiatan yang digelar di Universitas Andalas (Unand) Padang itu hadir berbagai perwakilan universitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di kawasan Asia Pasifik. Dalam ajang besutan Asia-Pacific University-Community Engangement Network (APUCEN) Rektor Universitas Trilogi Asep Saefuddin didapuk sebagai pembicara kunci. Dalam paparannya, Asep membawakan materi posdaya sebagai model pemberdayaan masyarakat berbasis keluarga secara holistik. Topik tersebut ternyata mampu menarik perhatian dan antusias dari peserta.

…dst

13 ) 3 Dosen Unnes Presentasi Universitas Konservasi di Belanda
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/16/373/898080

Minggu, 17 November 2013 09:04 wib
JAKARTA – Tiga dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendapat kesempatan untuk mempresentasikan konsep universitas konservasi dan multikulturalisme di Stenden University, Leeuwarden, Belanda. Ketiga dosen tersebut ialah Wasino, Subagyo, dan Hendi Pratama.Atas undangan Stenden University, mereka juga dijadwalkan menjalin kerjasama dalam kolaborasi riset dan penyelenggaraan program gelar ganda. Selain itu, delegasi ditugaskan mempelajari arsip sejarah kemerdekaan di gedung arsip Den Haag dan perpustakaan KITLV (Royal Netherlands Institute of Southeast Asian and Caribbean Studies) di Leiden.“Jadikan kunjungan kita ke Belanda untuk menjalin kerjasama seluas-luasnya. Tidak hanya dalam bentuk MoU dan MoA, tapi kerja sama keilmuan yang lebih spesifik,” pesan Rektor Unnes Fathur Rokhman saat melepas delegasi, seperti dilansir oleh Okezone, Minggu (17/11/2013).

…dst

14 ) Anies klaim KKN berdampak positif bagi mahasiswa
http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/15/15/806273/anies-klaim-kkn-berdampak-positif-bagi-mahasiswa

Jum’at,  15 November 2013  ?  16:27 WIB
Sindonews.com – Calon Presiden (Capres) Konvensi Partai Demokrat Anies Baswedan mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa menjelang akhir masa kuliah, merupakan tahapan yang penting. “Agar KKN terus dijalankan oleh kampus-kampus, karena berdampak positif bagi masyarakat dan mahasiswa. Saat KKN, masyarakat pedesaan dapat melihat langsung sosok nyata pemimpin hasil pendidikan yang dapat mengubah desanya,” ucap Anies, lewat rilis kepada Sindonews, Jumat (15/11/2013). Di sisi lain, Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar ini mengungkapkan, dari KKN ini, bisa dilihat bahwa Indonesia mempunyai potensi besar. Potensi itu baik dari sumber daya alamnya, maupun kualitas manusianya.”Indonesia ini memiliki potensi yang sangat besar, hanya saja butuh kepemimpinan yang pas sehingga bisa maju. KKN melatih mahasiswa calon intelektual untuk tak hanya berfikir tetapi langsung berbuat KKN membuat mahasiswa memahami secara langsung kehidupan akar rumput,” pungkasnya.

…dst

15 ) Beasiswa S-3 di Belgia
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/11/368/894888

Minggu, 17 November 2013 10:03 wib
JAKARTA – KU Leuven, Belgia, menawarkan beasiswa satu tahun bagi mereka yang ingin mengejar gelar S-3. Program ini diselenggarakan dan dikelola oleh Interfaculty Council for Development Cooperation (IRO). Selama sepuluh tahun, beasiswa S-3 IRO ini telah menyokong dana studi lebih dari 100 kandidat doktor. Setelah mengantongi gelar Doktor dari KU Leuven, para penerima beasiswa kembali ke negara asal dan mengembangkan hasil pendidikan mereka di berbagai perguruan tinggi, lembaga riset maupun berbagai sektor industri. KU Leuven, yang terletak 20 km dari Brussel, ibu kota Belgia dan Eropa, merupakan perguruan tinggi tertua di negara tersebut. Saat ini, sekira 7.000 mahasiswa internasional, atau sekira 15% dari total mahasiswa, sedang menuntut ilmu di KU Leuven.Untuk melamar beasiswa ini, pelamar haruslah berasal dari salah satu negara anggota OECD yang masuk dalam kategori tidak berkembang, berkembang dan miskin. Selain itu, rentang waktu antara gelar S-2 yang dimiliki pelamar dengan tanggal pendaftaran tidak lebih dari 10 tahun. Kemampuan akademik tentu menjadi syarat utama lainnya.

…dst

16 ) Beasiswa Negara Berkembang di Swiss
http://kampus.okezone.com/read/2013/11/11/368/894884

Sabtu, 16 November 2013 09:02 wib
JAKARTA – Geneva Law School dan Graduate Institute of International and Development Studies membuka prpgram beasiswa untuk jenjang S-2. Beasiswa dapat diambil di Swiss.Beasiswa diberikan untuk studi di bidang Penyelesaian Sengketa Internasional. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan termasuk biaya hidup senilai 15 ribu Swiss Franc atau setara dengan Rp185,5 juta (Rp12.370 per Swiss Franc). Dana tersebut akan diberikan selama sepuluh bulan masa program. Kualifikasi yang dicari dari pelamar beasiswa adalah:
– Memiliki kesulitan finansial
– Mengalami kesulitan mendapatkan bantuan finansial berupa pinjaman dana pendidikan dari institusi lain
– Berasal dari negara berkembang.

…dst

17 ) Usulan PNS Baru Hanya Lima Tahun Sekali
http://www.jpnn.com/read/2013/11/17/201221/Usulan-PNS-Baru-Hanya-Lima-Tahun-Sekali

Minggu, 17 November 2013 , 02:39:00
JAKARTA – Pemerintah kembali memperketat usulan permintaan formasi PNS baru. Sebelumnya sudah diberlakukan masa moratorium atau penghentian sementara usulan formasi baru. Kali ini pemerintah memberlakukan masa usulan formasi PNS baru yang dibuka setiap lima tahun sekali. Keterangan ini disampaikan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Tasdik Kinanto di depan para sekda (sekretaris daerah). ’’Upaya ini merupakan bagian dari pengendalian jumlah PNS. Caranya dengan lebih ketat menerima usulan formasi,’’ katanya.Pemerintah bukan tanpa dasar dalam menetapkan aturan usulan formasi yang awalnya dibuka setiap tahun itu. Saat ini pemerintah sudah memiliki acuan kebutuhan pegawai, jumlah, dan jenis jabatan selama lima tahun ke depan. Laporan itu dibuat sendiri oleh masing-masing instansi pusat maupun daerah. Rencanya aturan dibukanya usulan formasi PNS baru dengan siklus lima tahunan ini diterapkan mulai tahun depan. Rencana ini sudah dipertimbangkan dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis kepala Badan Kepegawaian Nasional. Dengan skema ini, tes CPNS bisa berlangsung hanya lima tahun sekali.

…dst

18 ) Kebutuhan PNS harus Direncanakan per 5 Tahun
http://www.menpan.go.id/berita-terkini/2024-kebutuhan-pns-harus-direncanakan-per-5-tahun

Dibuat pada 15 November 2013
BANDUNG – Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tasdik Kinanto mengatakan, tahun depan penetapan kebutuhan dan pengendalian jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan lebih diketatkan lagi. “Pemerintah sudah menyusun kebutuhan, jumlah dan jenis jabatan. Jabatan-jabatan yang kosong diisi sesuai dengan kebutuhan bidangnya,” ujarnya dalam Rakernas Forum Koordinasi Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia, di Bandung Kamis. (14/11).Dikatakan, perencanaan kebutuhan terhadap SDM dalam jangka waktu lima tahun ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri PANRB dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN. Kebutuhan yang disampaikan masing-masing instansi harus dengan rincian per tahun,  berdasarkan prioritas kebutuhan. “Hal itu akan kami tinjau kembali melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja,” tambah Sesmen PANRB. Pengaturan mengenai pengadaan PNS juga tercantum dalam Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (RUU ASN), yang mengatur tentang pengisian jabatan yang lowong sesuai kebutuhan pegawai yang ditetapkan Menteri. Dasar dalam pengadaan PNS tersebut harus melalui beberapa tahapan, antara lain perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi (administrasi, umum, dan khusus), pengumuman hasil seleksi, masa percobaan, dan pengangkatan menjadi PNS.

…dst

19 ) Joki CPNS Seharga Rp 40 Juta Tertangkap
http://www.jpnn.com/read/2013/11/17/201226/Joki-CPNS-Seharga-Rp-40-Juta-Tertangkap

Minggu, 17 November 2013 , 04:44:00
JAKARTA – Praktik joki dalam ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) ternyata masih saja terjadi. Namun, itu tak terjadi lama. Sebab, Panitia seleksi CPNS KemenkumHAM berhasil menangkap tangan praktik dalam ujian Tes Kompetensi Dasar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) regional Makassar itu.Wamenkum HAM Denny Indrayana mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (13/11) dan Kamis (14/11). Total ada enam joki yang berhasil ditangkap oleh panitia seleksi. Modusnya cukup rapi dan bisa mengelabui panitia yang tidak jeli. Sebab, para joki sampai memalsukan kartu peserta. ’’Lengkap dengan stempel Kemenkumham dan foto joki. Begitu juga foto peserta di kartu identitas (KTP) dengan foto sang joki,’’ katanya. Modus tersebut bisa sukses kalau panitia hanya mengecek melalui pencocokan foto pada kartu peserta dan KTP. Praktik itu bisa digagalkan karena Denny menyebut panitia sudah punya langkah antisipatif.Lebih lanjut Denny menjelaskan, KemenkumHAM saat ini berusaha mewujudkan seleksi CPNS KemenkumHAM berjalan bersih dan antipungli. Itulah kenapa, kalau ada CPNS yang dinyatakan lulus namun diduga karena menggunakan joki akan didalami. Ancaman pembatalan kelulusan bisa berlaku kalau terbukti curang.

…dst

20 ) Rapimnas GMII telurkan 4 poin
http://nasional.sindonews.com/read/2013/11/16/15/806628/rapimnas-gmii-telurkan-4-poin

Sabtu,  16 November 2013  ?  23:02 WIB
Sindonews.com – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) yang dilakukan 13-14 November 2013 di Riau menelurkan empat poin. Ketua Umum Pimpinan Nasional (PN) GMII Mercyano Niko Kapisan mengatakan, pertama memperkuat konsolidasi internal GMII secara nasional. Mendorong agar GMII Se-Indonesia harus menjadi bagian dari kemajuan bangsa Indonesia. “Untuk menyukseskan konsolidasi ini maka PN GMII akan membangun komunikasi yang intensif kepada seluruh GMII Se-Indonesia dengan mengintruksikan Pimpinan Wilayah untuk membentuk cabang-cabang di wilayahnya masing-masing,” kata Niko kepada Sindonews, Sabtu (16/11/2013). Kedua, lanjutnya, GMII akan memasifkan perannya sebagai bagian dari kemajuan bangsa Indonesia. Kata dia, pihaknya akan mengawal proses pembangunan dan proses demokrasi agar makin memaksimalkan peran pemuda. “GMII secara tegas tidak akan masuk dalam area politik praktis,” katanya.

…dst

21 ) ”Guru” Baru Itu Bernama ”Game Online”
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/11/16/243250/Guru-Baru-Itu-Bernama-Game-Online

16 November 2013
DIAM-DIAM kini telah lahir ”guru” baru dari rahim teknologi. Setelah televisi membombardir bertubi-tubi pada era 90-an dan menjadi dilema di tengah- tengah masyarakat, kini berkembang pula game online yang dampaknya diperkirakan jauh lebih berbahaya bagi perkembangan anak. Parahnya, para pengguna game online bukan lagi didominasi oleh kalangan dewasa, tetapi justru anakanak usia sekolah. Bahkan, banyak anak sekolah dasar (SD) yang kecanduan bermain game online di bilik-bilik warnet seusai jam sekolah.Inilah sisi lain tantangan para guru dewasa ini. Seperti halnya televisi, game online merupakan penemuan spektakuler abad ini yang berujung pro dan kontra. Persoalan muncul ketika konten dari game online yang tidak terkontrol dan berisi kekerasan, sadisme, dan pornografi. Meskipun terdapat game online yang bebas dari unsur-unsur kekerasan, sayangnya justru tenggelam oleh riuhnya game online yang mengumbar kekerasan. Apalagi warung internet yang kian menjamur dan mudah sekali dijumpai, semakin memanjakan anak-anak tenggelam dalam dunianya sendiri yang jauh dari realitas.

…dst

22 ) Kerangka Bocah Beri Petunjuk Kebudayaan Romawi
http://www.pikiran-rakyat.com/node/258857

Minggu, 17/11/2013 – 11:51
LONDON, (PRLM).- Sisa-sisa kerangka bocah Romawi berusia sekitar 1.600 tahun yang ditemukan di Inggris, “kemungkinan perempuan”, demikian kata arkeolog. Peti mati itu ditemukan di sebuah tanah terbuka di wilayah Witherley, Leicestershire bagian barat, pada Oktober lalu. Arkeolog dari Warwickshire saat ini sedang mempelajari dua gelang yang ditemukan di dalam peti, yang menurut mereka, “menunjukkan bahwa gelang itu milik anak perempuan”. Mereka juga berupaya meneliti “sisa-sisa kerangka” yang bakal memakan waktu sekitar lima bulan. Stuart Palmer, arkeolog Warwickshire, mengatakan: “Kami akan berlaku hati-hati dalam menyaring sisa-sisa kerangka selama beberapa pekan ke depan untuk kemudian analisa lebih rinci.” “Nantinya kami akan mengambil salah-satu sisa-sisa kerangkanya untuk memastikan berapa usia bocah ini saat dimakamkan,” ujarnya. Para arkeolog meyakni bahwa kerangka dalam peti mati ini, yang panjangnya 0,9 meter, adalah bocah dari keluarga kaya bangsa Romawi dan merupakan contoh awal dari pemakaman Kristen. Arkeolog Stuart Palmer menggambarkan peti mati dan kerangka bocah di dalamanya sebagai temuan yang “sangat penting.” Para ilmuwan mengatakan, mereka berharap temuan kerangka bocah berusia sekitar 1.600 tahun yang tersimpan di dalam peti timah itu dapat mengungkap lebih dalam tentang kebudayaan bangsa Romawi yang saat itu menduduki tanah Inggris.(bbc/A-147)

***