1 ) Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un
Guru Besar UGM Tutup Usia
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/06/373/937164/guru-besar-ugm-tutup-usia

Kamis, 06 Februari 2014 19:23 wib
JAKARTA – Salah satu guru besar terbaik Universitas Gadjah Mada (UGM) dari Fakultas Ilmu Budaya Prof. Dr. Hari Poerwanto tutup usia pada hari ini di kediamannya.Hari Poerwanto meninggal dunia pukul 06.30 WIB di rumah duka Jalan Tantular Nomor 437 Condong Catur, Pringwulung, Sleman, Yogyakarta. Jenazah Hari dimakamkan di peristirahatan terakhir Sawitsari setelah sebelumnya disemayamkan di Balairung UGM.”Almarhum meninggal pagi tadi dalam usia 68 tahun,” kata Dr. Bambang Hudayana, mewakili pihak keluarga di Balairung UGM, seperti dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (6/2/2014).Ketua Majelis Guru Besar (MGB) UGM, Prof. Dr.Ir. Susamto Somowiyarjo, M.Sc. dalam sambutannya mengatakan, bahwa UGM telah kehilangan salah satu putra terbaiknya. Selama ini, Prof. Dr. Hari Poerwanto dinilai telah mendarmabaktikan ilmunya secara luas. Susamto menyebut, salah satu sumbangsih almarhum adalah pada studi etnis China di Singkawang.

…dst

2 ) Dosen dan Guru Diminta Putuskan Satu Status
Menghindari Tunjangan Ganda
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/07/251676/Dosen-dan-Guru-Diminta-Putuskan-Satu-Status

7  Februari 2013
SEMARANG – Untuk menghindari status ganda atau tunjangan dobel pada pendidik, maka baik dosen maupun guru diminta memilih salah satunya. Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang, Sudjono, guru tetap di sekolah negeri ataupun swasta yang sudah menerima tunjangan sertifikasi tidak bisa menjadi dosen di sebuah perguruan tinggi.
Hal itu sudah menjadi aturan dari pusat. ”Guru harus memilih satu, mau jadi guru atau dosen. Kalau ingin menjadi dosen harus mengajukan surat pernyataan mundur dari profesi guru,” ungkapnya saat ditemui, Kamis (6/2). Ketegasan status tersebut, lanjut dia, terkait dengan tunjangan profesi yang diberikan kepada guru bersangkutan, sehingga jangan sampai yang bersangkutan menerima tunjangan dari guru dan dosen.Pengajuan untuk tidak menjadi guru, jika yang bersangkutan memilih dosen, harus dilampiri surat pernyataan untuk menghapus Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kepen-didikan (NUPTK).

…dst

3 ) Polisi Bekuk Calo Masuk FK UGM Berkedok Bimbingan Belajar
http://edukasi.kompas.com/read/2014/02/07/0621350/Polisi.Bekuk.Calo.Masuk.FK.UGM.Berkedok.Bimbingan.Belajar

Jumat, 7 Februari 2014 | 06:21 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Lima orang yang diduga sebagai calo tes masuk Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) dibekuk Kepolisian Resor Sleman. Tak tanggung-tanggung, kelima orang ini meraup Rp 4,1 miliar dari para korban.Para pelaku ditangkap anggota Reserse Polres Sleman pada pekan lalu, atas dasar laporan para korban yang sebagian besar dari luar DIY.Kelima orang yang ditangkap yakni Budi Purwanto (warga Kregolan, Margomulyo, Seyegan, Sleman), Marinda Rizka Kamal (warga Panggungan, Trihanggo, Gamping, Sleman), Karim (warga Riu), Dede Kusnada (warga Ngestiharjo, Kasihan, Bantul), dan Silvyantari (warga Riu).Kepala Satreskrim Polres Sleman AKP Alaal Prasetyo mengungkapkan, modus para pelaku adalah menggunakan lembaga bimbingan belajar (bimbel). Di lembaga tersebut terdapat tiga kelas, yakni Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kelompok Ujian Masuk (UM), dan Kedokteran Internasional.

…dst

4 ) UGM Tunggu Laporan Penipuan Calon Mahasiswa
http://www.tempo.co/read/news/2014/02/07/058551861/UGM-Tunggu-Laporan-Penipuan-Calon-Mahasiswa

Jum’at, 07 Februari 2014 | 05:56 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta–Juru Bicara Universitas Gadjah Mada (UGM), Wijayanti menyatakan kampusnya menanti laporan dari Kepolisian Resort Sleman yang sedang mengusut kasus  penipuan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM.Wijayanti mengatakan Rektorat UGM berharap segera diajak berkoordinasi dengan kepolisian untuk membongkar jaringan penipu itu. “Kami sangat senang kasus ini dibongkar, semoga semuanya diungkap,” kata Wijayanti pada Kamis, 6 Februari 2014.Sampai sekarang, Rektorat UGM belum menindaklanjuti temuan kepolisian mengenai adanya pegawai internal dari FK UGM yang menjadi bagian jaringan penipu dengan perkiraan jumlah korban mencapai puluhan calon mahasiswa itu. “Meski polisi sudah merilis namanya, kami menunggu laporan resmi karena ada pegawai bernama sama,” kata dia.

…dst

5 ) Mau Kuliah di UGM? Waspada Penipu
http://www.tempo.co/read/news/2014/02/07/058551860/Mau-Kuliah-di-UGM-Waspada-Penipu

Jum’at, 07 Februari 2014 | 05:50 WIB
TEMPO.CO, Sleman–Hati-hati jika ingin masuk kuliah di Universitas Gadjah Mada. Sebab, banyak penipu yang menjanjikan calon mahasiswa yang akan berkuliah di universitas favorit itu dengan meminta uang ratusan juta rupiah. Namun, ternyata hanya abal-abal dan tipu-tipu saja.Polisi Resor Sleman menangkap lima orang penipu calon mahasiswa dan sudah meraup Rp 4,1 miliar dari hasil tipu-tipu itu. Modusnya, para penipu itu menggelar bimbingan tes lalu menjanjikan calon mahasiswa bisa masuk Fakultas Kedokteran dengan membayar uang pelicin. “Bahkan salah satu pelaku adalah pegawai Universitas Gadjah Mada,” kata Kepaka Kepolisian resor Sleman Ajun Komisaris Besar Ihsan Amin, saat ditemui di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Kamis 6 Februari 2014.

…dst

6 ) FRI Gagas Perguruan Tinggi Gabung Kemenristek
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/06/251640/FRI-Gagas-Perguruan-Tinggi-Gabung-Kemenristek

06 Februari 2014
SOLO-Pertemuan Forum Rektor Indonesia (FRI) Konvensi Kampus X dan Temu Tahunan XVI di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pekan lalu menghasilkan delapan rumusan. Di antaranya, Forum Rektor Indonesia (FRI) mendorong perguruan tinggi (PT) untuk bergabung dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Hal itu sebagai upaya peningkatan otonomi PT dengan lebih berfokus pada pengembangan riset dan teknologi.”Selama ini ada pemikiran dari para rektor, jika perguruan tinggi bisa bergabung ke dalam Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ataupun Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) maka dua tugas utama perguruan tinggi, yakni riset dan pengabdian pada masyarakat bisa lebih berkembang,” kata Ketua FRI 2014 Prof Dr Ravik Karsidi MS, Rabu (5/2).

…dst

7 ) Ujian Ulang atau Cabut Gelar Sarjana
http://www.jpnn.com/read/2014/02/06/215100/Ujian-Ulang-atau-Cabut-Gelar-Sarjana

Kamis, 06 Februari 2014 , 10:44:00
MARAKNYA mahasiswa yang memanfaatkan biro jasa pembuatan skripsi membuat perguruan tinggi (PT) geram. Secara diam-diam, PT menerjunkan tim untuk menelusuri keterlibatan biro jasa pembuatan skripsi. Universitas Brawijaya (UB), misalnya, yang menugasi pembimbing dan penguji untuk menelusuri keaslian skripsi yang dibuat mahasiswa itu. ”Kami sudah berusaha melakukan pencarian, tetapi belum menemukan,” ujar Pembantu Rektor (PR) I Prof Dr Ir Bambang Suharto kemarin. Selain melakukan penelusuran, lanjut dia, pihaknya menerapkan sanksi tegas. Mahasiswa yang menggunakan biro jasa tidak akan diluluskan. ”Antisipasi yang dilakukan hingga kini ya tidak meluluskan. Harus ujian ulang,” ungkapnya.Universitas Negeri Malang (UM) mengantisipasi masuknya biro jasa pembuatan skripsi dengan memaksimalkan peran pembimbing skripsi. Rektor UM Prof Dr Suparno menerangkan, pembimbing berperan penting untuk mencegah penggunaan biro jasa dalam pembuatan skripsi.

…dst

8 ) Bisnis Skripsi Abal-abal yang Kian Makin Marak
http://www.jpnn.com/read/2014/02/06/215099/Data-dan-Subjek-Penelitian-pun-Fiftif

Kamis, 06 Februari 2014 , 10:19:00
Data dan Subjek Penelitian pun Fiftif
MALANG – Para pelaku bisnis skripsi abal-abal yang tengah marak di Malang memang bisa meraup untung lumayan. Apalagi mereka tak perlu repot-repot melakukan penelitian. Modalnya, cukup data fiktif. Pelaku bisni skripsi abal-abal di Malang, NW mengatakan dirinya mengisi isian para objek penelitian dengan asal-asalan. Dengan demikian, muncullah hasil dari SPSS yang dia kelola. “Makanya cepet karena tidak harus penelitian ke lapangan. Saya hanya main SPSS,” imbuhnya. Bagaimana soal angket yang seharusnya diisi objek penelitian? NW menyatakan bahwa dirinya mengisi angket dengan sembarangan. “Mana mungkin dosen menguji melihat angket satu per satu. Makanya, angket tidak masalah diisi sembarangan,” tambahnya. Lain lagi  dengan QM yang sudah melakukan bisnis jasa pembuatan skripsi ketika lulus kuliah pada 2010 dari salah satu kampus ternama di Kota Malang.

…dst

9 ) Skripsi Abal-abal, Rp 4 Juta Mahasiswa Tahu Beres
http://www.jpnn.com/read/2014/02/06/215096/Skripsi-Abal-abal,-Rp-4-Juta-Mahasiswa-Tahu-Beres

Kamis, 06 Februari 2014 , 09:31:00
MALANG – Budaya tidak mau repot di kalangan mahasiswa Malang telah membuka peluang jasa biro skripsi kian lebar. Kini makin banyak saja pihak-pihak yang melirik bisnis jasa pembuatan skripsi abal-abal  di Malang. Tarifnya pun variatif. Kalau hanya olah data dengan metode SPSS (statistical package for the social sciences), cukup sediakan Rp 300 sampai 400 ribu. Namun, kalau mahasiswa tahu beres, tarif yang dipatok antara Rp 3 dan Rp 4 juta. Jawa Pos Radar Malang (JPNN Group) menemui salah seorang penyedia jasa pembuat skripsi abal-abal. Dia adalah NW, mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya. “Untuk skripsi yang terima jadi, harganya sekitar Rp 4 juta,” kata perempuan murah senyum yang sudah satu tahun menggeluti jasa pelanggaran akademik tersebut.

…dst

10 ) Pendaftaran SNMPTN Mulai 17 Februari
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/06/n0kirk-pendaftaran-snmptn-mulai-17-februari

Kamis, 06 Februari 2014, 16:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Masa pendaftaran SNMPTN 2014 mulai dilaksanakan tanggal 17 Februari 2014. Sama dengan pelaksanaan tahun 2013 lalu, pendaftaran dilakukan secara online melalui situs www.snmptn.ac.id tanpa dipungut biaya apa pun.”Prinsipnya, pelaksanaan SNMPTN tahun ini sama dengan SNMPTN tahun sebelumnya,” jelas Humas Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Endang Istanti, Kamis (6/2).Menurutnya, untuk mendaftar SNMPTN, calon mahasiswa yang mendaftar harus mengisi data nilai dari kelas 10 hingga 12, di pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) yang ada di situs tersebut. Selanjutnya, siswa bersangkutan akan mendapat nomor peserta SNMPTN. ”Masa pendaftaran tersebut berlangsung hingga 31 Maret 2013,” katanya.

…dst

11 ) Nomor Induk Syarat Utama Masuk PTN
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/05/251485/Nomor-Induk-Syarat-Utama-Masuk-PTN

05 Februari 2014
JAKARTA – Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) merupakan syarat utama untuk bisa mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Karena itu, sekolah harus segera mengurus jika ada peserta didik yang belum memiliki nomor induk. ”Tahun lalu ada banyak siswa yang belum memiliki nomor induk. Namun, panitia masih memberikan kompensasi dengan membuat nomor induk yang mirip dengan NISN bagi siswa yang telah mendaftar,” kata Kepala Humas SNMPTN 2014, Bambang Hermanto, kemarin.Kebijakan kompensasi tersebut tahun ini tidak berlaku lagi. Dengan demikian, setiap sekolah harus mengurus NISN sebelum mereka mendaftar. ”Tahun ini kami mewajibkan sekolah untuk mengurus nomor induk sebelum mendaftar SNMPTN,” tuturnya. Dia menjelaskan, untuk mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), selain NISN, sekolah harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). ”Tanpa dua hal itu siswa tidak bisa mengunggah data. Artinya, tidak bisa berkesempatan mengikuti SNMPTN,” kata Bambang.

…dst

12 ) Pendaftaran Lintas Jurusan Dipermudah
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/02/05/251484/Pendaftaran-Lintas-Jurusan-Dipermudah

05 Februari 2014
SEMARANG – Undip mengeluarkan kebijakan mempermudah para pendaftar lintas jurusan mengirim aplikasi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), atau jalur undangan 2014. Hal itu dikemukakan Kepala Lembaga Penjaminan dan Pengembangan Mutu Pendidikan (LP2MP), Prof Dr M Arifin kepada media, kemarin.  Menurutnya, siswa yang ingin mendaftar secara lintas jurusan masih diperbolehkan di beberapa program studi.”Pendaftaran SNMPTN 2014 untuk Undip memang diharapkan sejalur. Sebenarnya siswa jurusan IPA di SMA diharapkan memilih kelompok Saintek, sedangkan siswa yang dari jurusan IPS memilih kelompok Soshum. Hanya saja, ada beberapa prodi yang diberi pengecualian,” ungkapnya. Prodi itu mencakup Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Statistika, dan Teknik Informatika. Siswa lintas jurusan terutama IPS, bisa saja masuk mendaftar dalam program ini. Kondisi itu berbanding lurus dengan kesempatan yang diberikan siswa jurusan IPA yang diberi keleluasaan mendaftar kelompok Soshum dan kelompok IPA.

…dst

13 ) 2014, Sekolah Vokasi UGM Terima 1.200 Maba Lewat Jalur Undangan
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/06/373/936960/2014-sekolah-vokasi-ugm-terima-1-200-maba-lewat-jalur-undangan

Kamis, 06 Februari 2014 18:02 wib
JAKARTA – Pada penerimaan mahasiswa baru 2014 yang akan dimulai 10 Februari 2014, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV-UGM) akan menerima 2.420 orang mahasiswa baru. Sebanyak 50 persen di antaranya akan diterima melalui jalur masuk tanpa tes melalui program penelusuran bibit unggul atau jalur undangan.Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan SV-UGM Wikan Sakarinto menyatakan, jalur undangan atau penelusuran bibit unggul yang dilakukan SV-UGM terbagi menjadi tiga kategori. Salah satu jalur tersebut ditujukan bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tapi terkendala dalam biaya. “Bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi namun tidak mampu secara ekonomi, maka SV-UGM membuka Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM). Selain itu, SV-UGM membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), dan Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Kejuruan (PBUSMAK),” jelas Wikan, seperti dinukil dari laman UGM, Kamis (6/2/2014).

…dst

14 ) ITS Undang Peneliti Harvard
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/06/373/936946/its-undang-peneliti-harvard

Kamis, 06 Februari 2014 16:04 wib
JAKARTA – Tahukah Anda apa itu sains berkelanjutan (sustainable science)? Bidang ilmu tersebut bertujuan untuk mengembangkan pola pikir jangka panjang bagi manusia.Untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai bidang ilmu tersebut, International Office Institut Teknologi Sepuluh (ITS) Surabaya menggelar Kuliah Tamu (Kultam) tentang Life Cycle Assessment as a Policy Analysis Tool for Sustainable dalam studi kasus Palm Oil Biodiesel. Tidak tanggung-tanggung, alumni ITS yang sedang menyelesaikan risetnya di Harvard University, yakni Yosef Manik didapuk sebagai pembicara. Menurut Yosef, sains berkelanjutan bertujuan untuk mengembangkan pola pikir jangka panjang bagi manusia. Sehingga dapat menghasilkan kesejahteraan yang adil dan merata bagi kehidupan saat ini, dan masa depan. “Istilah ini mulai mengemuka di dunia internasional termasuk di Indonesia sendiri sejak 1987,” jelas Yosef, seperti dilansir oleh Okezone, Kamis (6/2/2014).

…dst

15 ) 11 Universitas Jepang Lirik MAN Insan Cendekia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/02/02/n0ctju-11-universitas-jepang-lirik-man-insan-cendekia

Minggu, 02 Februari 2014, 12:50 WIB
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Serpong, Tangerang, mendapat kunjungan istimewa, Jumat (24/1), sebanyak 30 tamu berasal dari Negeri Sakura, Jepang.Mereka adalah para petinggi dari 11 universitas di negara berjuluk Negeri Matahari Terbit tersebut. Kesan positif pun bermunculan dari para tamu itu.Kunjungan ini didasari keingintahuan mereka akan MAN Insan Cendekia. Selama ini, mereka mendapati pelajar Indonesia yang kuliah di Jepang berprestasi bagus. Direktur Madrasah Kementerian Agama Prof Nurkholis Setiawan menyatakan, kehadiran tamu-tamu ini sangat memberikan keberkahan tersendiri bagi keluarga besar MAN Insan Cendekia.Salah satunya, kata dia, adalah kemungkinan penjajakan kerja sama pendidikan. Pihaknya mengharapkan ada diskusi lebih lanjut agar ada keja sama-kerja sama timbal balik itu. “Ini penting untuk pengembangan madrasah,” jelasnya.

…dst

16 ) FT UNS Bakal Jadi PT Pertama Bekali Wirausaha Teknologi
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/06/373/937182/ft-uns-bakal-jadi-pt-pertama-bekali-wirausaha-teknologi

Kamis, 06 Februari 2014 20:02 wib
SOLO – Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Industri, Inovasi Teknologi dan Kawasan Ekonomi, Edy Putra Irawady menyatakan bahwa Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi perguruan tinggi (PT) pertama yang memberikan bekal pembentukan SDM untuk berwirausaha berbasis teknologi.”Kami mengapresiasi langkah Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang mulai semester ini secara resmi memberikan mata kuliah technopreneur kepada mahasiswanya,” ujar Edy saat bertemu wartawan seusai berbicara dalam seminar nasional, di Kampus FT UNS, Solo, Jwa Tengah, Kamis (6/2/2014).Edy menambahkan bahwa dalam technopreneur, setiap mahasiswa diajak berpikir mengenai nilai tambah (inovasi) dan produktivitas melalui teknologi. Hal itu menciptakan keunggulan dalam berwirausaha.

…dst

17 ) Haru Biru Pengukuhan Doktor ke-154 FKM UI
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/06/373/936866/haru-biru-pengukuhan-doktor-ke-154-fkm-ui

Kamis, 06 Februari 2014 12:47 wib
DEPOK – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menggelar sidang promosi doktor terhadap Brian Sriprahastuti acara promosi doktor atas nama Brian Sriprahastuti dengan judul disertasi “Model Utilisasi Layanan Penanganan Balita Sakit di Masyarakat”. Disertasi yang dipaparkan Brian Sriprahastuti berisi tentang fakta belum tercapainya target penurunan sebanyak 20 persen atas angka kematian balita di kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur.Menurutnya, angka kematian balita di Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur masih tergolong tinggi. Kondisi ini terjadi karena kondisi geografis yang sulit dan keterbatasan layanan kesehatan masyarakat di kabupaten itu.

…dst

18 ) Empat Warisan Budaya Nasional Masuk Antrean Usulan Warisan Budaya Dunia
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2097

Jumat, 07/02/2014 – 08:42
Jakarta, Kemdikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) setiap tahun mengusulkan satu warisan budaya nasional untuk menjadi warisan budaya dunia yang ditetapkan UNESCO. Hingga 2017, empat warisan budaya tak benda nasional telah masuk dalam daftar antrean usulan.“Keempatnya itu adalah, Taman Mini Indonesia Indah tahun 2014, Tari Bali tahun 2015, Perahu Phinisi tahun 2016, dan Tenun Indonesia tahun 2017,” demikian diungkapkan Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kemdikbud, Diah Harianti, di Jakarta, Kamis (6/02/2014).Diah mengatakan, setiap tahun setiap negara hanya boleh mengusulkan satu warisan budaya ke UNESCO. Usulan yang dimasukkan mesti dilengkapi dokumen pendukung berupa dokumen tertulis dan video dokumentasi. “Karena tim penilai dalam melakukan penilaian  berdasarkan dokumen tersebut, jadi dokumennya harus dibuat dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

…dst

19 ) Besok Sebagian Hasil Seleksi Honorer K2 Diumumkan
Dikonsultasikan dengan Presiden, Pengumuman Dilakukan Bertahap
http://www.jpnn.com/read/2014/02/07/215293/Besok-Sebagian-Hasil-Seleksi-Honorer-K2-Diumumkan-#

Jumat, 07 Februari 2014 , 14:04:00
JAKARTA – Hari ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Abubakar menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk konsultasi tentang pengumuman hasil seleksi CPNS dari jalur honorer kategori 2 (K2). Hasilnya, pengumuman akan dilakukan secara bertahap.”Sudah sampaikan pada Pak Presiden. Pak Presiden sudah izinkan, sebagian kita lepaskan (umumkan), mungkin besok kita lepaskan,” ujar Menpan dalam jumpa pers di kantor Presiden, kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat, (7/2).Keputusan ini dikeluarkan setelah tiga kali terjadi penundaan oleh pemerintah, yakni pada 24 Desember, akhir Januari, dan 5 Februari. Publik pun sudah banyak mempertanyakan keterlambatan pengumuman itu.

…dst

20 ) Masalah Teknis Teratasi, Hasil Tes CPNS Honorer K2 Diumumkan Pekan Depan
http://www.setkab.go.id/berita-12026-masalah-teknis-teratasi-hasil-tes-cpns-honorer-k2-diumumkan-pekan-depan.html

Jumat, 07 Februari 2014 – 14:25 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar memastikan bahwa hasil kelulusan tes kemampuan dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur tenaga honorer kategori II (K2) akan diumumkan pekan depan. Menurut Menteri, penundaan pengumuman dari jadwal semula  Rabu (5/2) semata-mata karena persoalan teknis, dan kini sudah teratasi dengan baik. “Saya jamin selesai dalam sepekan mendatang. Kita harus yakinkan bahwa tidak ada lagi masalah teknis di lapangan,” kata Azwar di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (7/1). Ia menyebutkan, terdapat sejumlah kendala teknis dalam mempersiapkan perekrutan CPNS honorer K2. Pasalnya, banyak guru di daerah perbatasan dan daerah terpencil yang tidak sesuai kriteria yang ditetapkan pemerintah.

…dst

21 ) Tahun Ini, Pemerintah Buka 100 Ribu Lowongan CPNS
http://www.setkab.go.id/berita-12025-tahun-ini-pemerintah-buka-100-ribu-lowongan-cpns.html

Jumat, 07 Februari 2014 – 14:02 WIB
Pemerintah pada 2014 ini akan membuka lowongan 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS), atau meningkat dari tahun lalu yang  65 ribu CPNS.“Tahun ini kita akan buka untuk umum sekitar 100 ribu (CPNS), kita perlu orang-orang yang baik,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan Azwar di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/2) dalam keterangan pers seusai rapat terbatas kabinet.Selain dari kalangan umum, pemerintah juga akan menerima PNS dari pegawai honorer. Ia mengatakan saat ini ada sekitar 600 ribu peserta dari pegawai honorer yang ingin naik pangkat menjadi PNS.“Kita prioritaskan untuk guru dan perawat. Ini sebagian masih proses, mungkin sebagian besok akan kita lepas untuk kita umumkan, jadi bertahap,” kata Azwar Abubakar.

…dst

22 ) Soal Penerimaan CPNS, Presiden SBY Terima Laporan Banyak Masyarakat Yang Tidak Puas
http://www.setkab.go.id/berita-12021-soal-penerimaan-cpns-presiden-sby-terima-laporan-banyak-masyarakat-yang-tidak-puas.html

Jumat, 07 Februari 2014 – 10:50 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengemukakan, ia telah mendapat banyak sekali masukan dari masyarakat luas mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dimana ada yang puas, ada yang tidak puas. Karena itu, Presiden mengaku ingin mendengarkan laporan dan presentasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyangkut pelaksanaan penerimaan CPNS yang dilakukan pada tahun anggaran 2013 ini.“Saya mendapatkan banyak sekali  dari masyarakat luas mengenai penerimaan CPNS ini . Ada yang puas, ada yang tidak puas. Kewajiban pemerintah untuk melakukan seleksi dan pengangkatan PNS baru itu sesuai dengan sistem, aturan dan kebutuhan negara dan pemerintah,” kata Presiden SBY pada rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/1) pagi.

…dst