1 ) Pertimbangkan PT di Bawah Kemristek
Kepentingan Bangsa di Atas Segalanya
http://www.kopertis12.or.id/2014/02/08/pertimbangkan-rekomendasi-pt-di-bawah-kemristek.html

Sabtu, 8 Februari 2014
JAKARTA, KOMPAS — Rekomendasi Forum Rektor Indonesia soal perguruan tinggi yang berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi harus dipertimbangkan secara cermat. Jangan sampai bangsa, perguruan tinggi, dan masyarakat dirugikan oleh usulan perubahan itu.Demikian benang merah pendapat praktisi pendidikan dan anggota legislatif menyikapi rekomendasi itu, Jumat (7/2), di Jakarta.Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Edy Suandi Hamid menjelaskan, usulan dari Forum Rektor Indonesia agar perguruan tinggi (PT) bernaung di Kemristek itu sebenarnya sudah lama, tepatnya pada awal-awal pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Latar belakang usulan ini terutama karena secara substansi masalah dan fokus pendidikan dasar dan menengah berbeda dari pendidikan tinggi. ”Perbedaan ketiga jenjang pendidikan itu ada pada riset,” kata Edy. Tidak seperti dosen dan mahasiswa, guru dan murid SD-SMA tidak diwajibkan melakukan penelitian. Oleh karena itu, lanjut Edy, penanganan atau perlakuan pada pendidikan tinggi pun harus berbeda dengan dua jenjang pendidikan sebelumnya.

…dst

2 ) UU Keinsinyuran Penting untuk Lindungi Insinyur
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/07/373/937678/uu-keinsinyuran-penting-untuk-lindungi-insinyur

Sabtu, 08 Februari 2014 09:05 wib
JAKARTA – Kesiapan lulusan teknik untuk bersaing di pasar harus dibarengi dengan aturan hukum dan perundangan yang mengatur. Sayang, hingga saat ini, Undang-Undang (UU) Keinsinyuran sebagai pelindung jasa profesi insinyur belum juga rampung.Anggota Tim Perumus Rancangan Undang-Undang (RUU) Keinsinyuran Tjipto Kusumo mengungkap, RUU Keinsinyuran sangat penting sehingga perlu segera diselesaikan. Sebab, saat ini, lulusan teknik belum memiliki payung hukum yang jelas sehingga profesi mereka tidak terlindungi.Demikian disampaikan Tjipto dalam diskusi nasional “Tantangan Profesi Keinsinyuran: RUU Keinsinyuran dan Standar Kompetensi Insinyur” dan Penandatanganan MoU Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) DIY itu di UMY.Dia menyatakan, dengan adanya RUU Keinsinyuran, insinyur asing yang datang ke Indonesia harus mengikuti RUU tersebut. Sama seperti insinyur Indonesia yang bekerja di luar negeri dan patuh pada UU Insinyur di negara tersebut.

…dst

3 ) Peserta Bidik Misi Bisa Lanjutkan ke S2 dan S3
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2102

Sabtu, 08/02/2014 – 07:45
Bengkulu, Kemdikbud — Di tengah-tengah paparannya bertajuk Menyiapkan Generasi Emas 2045 Kebangkitan Kaum Dhuafa pada Hari Pers Nasional 2014,  Mendikbud melakukan dialog dengan peserta bidik misi dari Universitas Bengkulu. Di antara 10 peserta bidik misi tersebut ada yang hadir bersama dengan orang tuanya. Di depan pimpinan teras jajaran pers, peserta bidik misi berbagi kisah perjalanan kisah hidup dan prestasi akademiknya. Ada yang ayahnya buruh harian, petani, atau sopir. Demikian pula ibunya, ada yang tukang jahit, ibu rumah tangga, dan pedagang kecil. Beberapa di antaranya ada yang yatim atau piatu sejak di TK, SD, SMP, atau SMA.”Tapi dengan adanya bidik misi, saya bisa kuliah. Terima kasih bidik misi,” ucap Dewi Damayanti.Dewi adalah peserta bidik misi angkatan pertama di UNIB dan telah lulus dalam tempo 3,2 tahun, dari program studi Kimia, FMIPA dengan IPK 3,77. Kepada Dewi, Mendikbud menyarankan agar ia meneruskan kuliah ke S2.”Silakan, mau dimana. Mau di UNIB ataukah mau ke luar negeri. Kalau nanti sudah lulus S2, lanjutkan ke S3,” ujar Mendikbud.

…dst

4 ) UGM Buka Program Sit In di Seluruh Fakultas
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/07/n0mnfo-ugm-buka-program-sit-in-di-seluruh-fakultas

Jumat, 07 Februari 2014, 20:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Gadjah Mada Yogyakarta membuka program “sit in” di seluruh fakultas untuk siswa sekolah menengah atas.”Melalui program tersebut siswa sekolah menengah atas (SMA) dapat mengikuti perkuliahan di fakultas yang diinginkan,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Iwan Dwiprahasto di Yogyakarta, Jumat.Menurut dia, UGM telah memulai program “sit in” sejak 2005. Namun, program tersebut belum dilakukan secara serempak di seluruh fakultas.”Baru beberapa fakultas yang membuka program itu, salah satunya Fakultas Kedokteran UGM yang sejak 2005 sudah membuka kesempatan bagi siswa SMA untuk mengikuti kuliah maupun melakukan praktikum di laboratorium,” katanya. Ia mengatakan untuk mendidik masyarakat agar memiliki pengetahuan yang cukup untuk menentukan pilihan studi lanjutan ke perguruan tinggi, UGM memperbesar kesempatan masyarakat untuk mengikuti program “sit ini”.

…dst

5 ) Pemkab MTB Biayai 58 Mahasiswa Kuliah Kedokteran
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/07/n0mx8e-pemkab-mtb-biayai-58-mahasiswa-kuliah-kedokteran

Jumat, 07 Februari 2014, 23:45 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, AMBON — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB) dalam lima tahun terakhir membiayai 58 orang dengan predikat terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi kedokteran pada sejumlah universitas terkemuka.”Dalam kurun lima tahun terakhir sudah 58 orang lulusan SMA dengan predikat terbaik yang dibiayai Pemkab untuk melanjutkan pendidikan kedokteran di sejumlah universitas di Tanah Air,” kata Bupati MTB Bitzael Silvester Temmar, di Ambon, Jumat.Mereka umumnya melanjutkan pendidikan kedokteran dengan biaya Pemkab MTB pada Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) serta Universitas Hasanuddin Makassar.

…dst

6 ) Mahasiswa UNY Kembangkan Lampu Hias Dari Limbah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/14/02/07/n0mxi3-mahasiswa-uny-kembangkan-lampu-hias-dari-limbah

Sabtu, 08 Februari 2014, 00:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan lampu hias dengan memanfaatkan limbah lampu bohlam yang sudah mati.”Lampu bohlam mati dapat dijadikan lampu hias dengan pemanfaatan sinar dari LED dan diperindah dengan teknik ‘glass painting’ yakni melukis di atas kaca lampu bohlam,” kata koordinator tim Sugeng Riyadi di Yogyakarta, Jumat. Dengan demikian, kata dia, limbah lampu bohlam dapat meningkatkan daya saing produk kecil dan menengah, serta dapat menjadi solusi dari pencemaran lingkungan. “Produk lampu hias dari limbah bohlam yang diberi nama Lakis itu memiliki inovasi baru dari ragam kreasi lampu hias dan lampu tidur yang selama ini ada di pasaran yang biasanya berbahan baku bukan dari limbah,” katanya.

…dst

7 ) Pesan rektor, IPK tak cukup buat modal bersaing
http://nasional.sindonews.com/read/2014/02/08/15/834001/pesan-rektor-ipk-tak-cukup-buat-modal-bersaing

Sabtu,  8 Februari 2014  ?  17:15 WIB
Sindonews.com – Era internasionalisasi sekaligus globalisasi, merupakan era persaingan yang sangat ketat dalam berbagai sektor dan menyentuh hampir seluruh kehidupan umat manusia, termasuk sektor pendidikan.Dalam rangka menghadapi tantangan itu, Pejabat Rektor Uni Versitas Indonesia (UI)  Muhammad Anis berpesan kepada setiap wisudawan dan lulusan sarjana, dituntut untuk menjadi generasi penerus bangsa yang terbaik.”Selaku pribadi dan pimpinan UI, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya. Saudara-saudara adalah jantung UI yang terus berdetak menghasilkan lulusan berkualitas unggul,” ujarnya dalam sambutan di Upacara Wisuda, Balairung UI, Sabtu (08/02/2014).Diakuinya berbagai perubahan yang terjadi baik di lingkup nasional, regional, dan internasional, telah menjadi daya dorong bagi UI untuk melakukan berbagai pembenahan mendasar.

…dst

8 ) Predikat cum laude pascasarjana UI didominasi perempuan
http://nasional.sindonews.com/read/2014/02/08/15/833952/predikat-cum-laude-pascasarjana-ui-didominasi-perempuan

Sabtu,  8 Februari 2014  ?  13:33 WIB
Sindonews.com – Sebanyak 3.720 mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menjalani upacara wisuda di Gedung Balairung UI, Depok. Upacara dipimpin oleh pejabat Rektor UI Muhammad Anis dari program profesi, spesialis, magister dan doktor serta program sarjana dan vokasi/ diploma. Upacara wisuda digelar dua sesi, yaitu pukul 09.00-11.00 WIB yang dihadiri 1.778 wisudawan, terdiri atas 219 wisudawan program profesi, 284 wisudawan program spesialis, 1.194 wisudawan program magister dan 81 wisudawan program doktor. Pada semester gasal ini, wisudawan yang meraih predikat cumlaude pada jenjang pascasarjana berjumlah 250 orang di mana 161 orang (64,4%) diantaranya adalah perempuan.

…dst

9 ) ITS raih peringkat ke-5 PTN-BLU terbaik
http://www.antaranews.com/berita/418020/its-raih-peringkat-ke-5-ptn-blu-terbaik

Sabtu, 8 Februari 2014 19:34 WIB
Surabaya (ANTARA News) – ITS Surabaya meraih peringkat ke-5 terbaik dari 22 perguruan tinggi negeri (PTN) dalam bidang layanan umum sebagai badan layanan umum (BLU).”Itu penilaian Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU Kementerian Keuangan,” kata Koordinator Pusat Analisis Strategis ITS, Ir Muchammad Husni MKom, di Surabaya, Sabtu. Menurut dia, predikat “A-Baik” yang diraih ITS itu merupakan prestasi yang membanggakan bagi ITS sejak menjadi PTN BLU tahun 2008, sehingga memantapkan diri menjadi BLU dengan menjalankan Pengelolaan Keuangan (PK) BLU sesuai dengan standar akutansi keuangan.”Berkat sistem tersebut, ITS dapat menghasilkan laporan keuangan pokok yang terdiri dari laporan posisi keuangan (neraca), laporan aktivitas, dan laporan arus kas,” katanya.

…dst

10 ) Indonesia Tak Serius Garap Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2014/02/08/373/937965/indonesia-tak-serius-garap-pendidikan

Sabtu, 08 Februari 2014 18:43 wib
JAKARTA – Jumlah siswa sekolah dasar di Indonesia begitu banyak, sekira 5,6 juta siswa. Namun hanya 2,3  juta siswa yang berhasil lulus SMA. Artinya, ada 3,3 juta siswa hilang dari dunia pendidikan Tanah Air.Menurut Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, fakta ini menunjukkan bahwa pemerintah tidak memberikan perhatian serius pada pendidikan. “Padahal, pendidikan sangat diperlukan untuk masa depan Indonesia,” kata Anies ketika berbicara di  Musyawarah & Temu Ilmiah Nasional ke-3 Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) di Auditorium Binus Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (8/2/2014).Rektor termuda se-Indonesia itu mengimbuh, sekarang isunya adalah mencari cara agar Indonesia memiliki human capital di sekitar masyarakat. Sebab, secara sistematis, sebagian besar pendidikan di Indonesia begitu rendah.

…dst

11 ) Kemenkes Buat Panduan Praktek Dokter
http://www.jpnn.com/read/2014/02/09/215577/Kemenkes-Buat-Panduan-Praktek-Dokter

Minggu, 09 Februari 2014 , 07:26:00
BENGKULU — Belajar dari kasus yang menimpa dokter ayu dan kawan-kawan, Kementerian Kesehatan membuat panduan praktek dokter untuk dibagikan pada seluruh dokter. Tindakan ini dinilai sebagai upaya antisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa.Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan,panduan pelayanan tersebut dibuat pihaknya berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh dirjen Kemenkes. Sehingga, dengan panduan ini para dokter akan diingatkan kembali mengenai aturan pelayanan yang benar.”Panduan sudah dibuat, mungkin juga telah disebarkan. Standar pelayanan dari dirjen,” ungkap Wamenkes kemarin. Selain pembuatan panduan tersebut, upaya lainnya yang dilakukan Kemenkes ialah peningkatan kompetensi dokter. Peningkatan ini menurutnya telah dilakukan jauh sejak lama sebelum kasus ini ada. Namun, yang lebih ditekankan olehnya adalah perbaikan jenis komunikasi yang digunakan.

…dst

12 ) Guru Wajib Mengikuti PPG
http://www.jpnn.com/read/2014/02/09/215567/Guru-Wajib-Mengikuti-PPG

Minggu, 09 Februari 2014 , 05:44:00
BENGKULU — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mewajibkan seluruh guru untuk mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). Hal itu akan secara otomatis dibarengi pemberian gelar profesi kepada guru yakni title Gr. Gelar profesi itu menambah panjang gelar akademik sebelumnya, yakni SPd.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh mengatakan pemberian gelar profesi guru itu terjadi setelah yang bersangkutan lulus PPG.  Namun ditekankan olehnya yang paling penting dari PPG ini adalah pendalaman ilmu yang dimiliki calon guru. Sebab menurutnya, seorang S.pd masih belum bisa disebut sebagai guru sebelum lulus dari PPG dan sertifikasi guru nanti. Sehingga, seluruh S.pd diwajibkan mengenyam kembali bangku kuliah sebelum terjun menjadi guru.

…dst

13 ) Molor Lagi, Honorer K2 Diumumkan Senin
http://www.jpnn.com/read/2014/02/08/215447/Molor-Lagi,-Honorer-K2-Diumumkan-Senin

Sabtu, 08 Februari 2014 , 08:12:00
JAKARTA–Kesabaran honorer kategori dua (K2) benar-benar diuji. Ketidaksiapan pemerintah membuat pengumuman kelulusan yang sudah dinanti sekitar 600 ribu honorer K2 itu, lagi-lagi molor. Setelah Jumat (7/2) petang, Karo Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (KIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman menyatakan pengumuman dilaksanakan hari itu, tiba-tiba berubah lagi.”Maaf, pengumuman tidak bisa dilakukan hari ini, karena data yang diserahkan Panselnas harus dikonversi lagi satu persatu-satu,” kata Herman yang menghubungi JPNN dini hari tadi (8/2).Deputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja kepada JPNN juga sudah menyatakan, pengumuman kelulusan dilakukan bertahap mulai Jumat malam.”Data sudah diserahkan sebagian kepada tim IT KemenPAN-RB. Nanti setiap hari ada perkembangan pengumuman kelulusannya,” ujarnya, Jumat malam sekitar pukul 22.00 Wib.

…dst