1 ) Daftar Beasiswa Riset Pangan Indofood Yuk!

Sabtu, 01 Maret 2014 07:02 wib
JAKARTA – Punya ide penelitian tentang pangan tapi kekurangan dana? Ikut aja kompetisi ini! Sejak 1998, PT Indofood Sukses Makmur (ISM) Tbk, meluncurkan Indofood Riset Nugraha (IRN), sebuah program penghargaan bagi peneliti unggul di bidang penganekaragaman pangan, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pangan sedunia. IRN merupakan salah satu usaha untuk membudidayakan antusiasme riset bidang pangan dari berbagai disiplin ilmu. Tahun ini, IRN mengusung tema “Mencerdaskan Bangsa Melalui Penganekaragaman Pangan Berbasis Sumber Daya Laut dan Darat.”

…dst

2 ) Mahasiswa Unpad Jadi Presenter Terbaik di Jepang

Sabtu, 01 Maret 2014 08:06 wib
JAKARTA – Satu lagi prestasi ditorehkan mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Dia adalah Mangasa Paruhum Lumbantobing yang meraih Best Presentation Award pada ajang “Short-Stay Training Program for Vietnamese & Indonesian Students” di University of Tsukuba, Jepang. Gelar tersebut diperoleh Mangasa setelah mempresentasikan penelitian yang berjudul “Effect of Arbuscular Mycorrhizal Fungi in the Subsoil and Compost on Oil Palm Seed Growth” di hadapan para juri dan peserta lain yang merupakan mahasiswa sarjana dan magister dari Vietnam dan Jepang. Penelitian tersebut tidak lain adalah skripsi yang saat ini sedang dikerjakannya. “Pada saat itu, ada tiga aspek penilaian, yaitu mudah dimengerti, kemampuan berbicara, dan materi persentasi pada power point. Dengan waktu presentasi dan tanya jawab maksimal 15 menit,” ungkap Mangasa, seperti dilansir laman Unpad, Sabtu (1/3/2014).

…dst

3 ) Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan Digelar Pekan Depan

Sabtu, 1 Maret 2014 | 14:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com –  Wakil Presiden RI, Boediono, direncanakan membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK), Kamis (6/3/2014), di Puri Agung Convention Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta. Di acara itu Wapres sekaligus memberikan pengarahan kepada peserta rembuk nasional.  RNPK akan berlangsung pada 5-7 Maret 2014. Tahun ini, rembuk nasional mengambil tema “Evaluasi Kinerja Kemendikbud tahun 2010-2014 dan Penuntasan Kurikulum 2013”.  RNPK 2014 ini akan diikuti sebanyak 1007 peserta antara lain berasal dari Pejabat Eselon I dan II Kemdikbud Pusat, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi, Pimpinan PTN, Kopertis, LPMP, LPPKS, P4TK, UPT Kebudayaan, Balai Bahasa, Dewan Pendidikan Tinggi dan Aptisi, P2PNFI, BPPNFI, BSNP, BAN, SEAMEO Centers, Atase Pendidikan, Dubes RI untuk UNESCO, Ketua Harian KNIU, PB PGRI, IGI, LSM (PB Muhamadiah, Ma’arif, HIPKI, HISPPI, Konghuchu, PGI, Hindu, Uskup, Walubi).

…dst

4 ) Unibraw Luncurkan Alat Deteksi Dini Penyakit Gula

Sabtu, 01 Maret 2014 | 15:39 WIB
TEMPO.CO, Malang – Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang meluncurkan alat pendeteksi dini penyakit diabetes melitus (DM) bernama KIT GAD65. Alat ini dibuat berdasarkan hasil penelitian para dosen di laboratorium biosains. Dari pengujian yang telah dilakukan, alat itu memiliki tingkat akurasi  100 persen dan sensitifitas 90 persen. “Penelitian ini kami lakukan sejak 1998 dan menghabiskan dana sampai Rp 3,5 miliar,” kata salah seorang peneliti, Aulanni’am, Sabtu, 1 Maret 2014. Ia bersama dua rekannya mengujikan keakuratan alat tersebut kepada 130 orang, dan hasilnya 100 persen akurat. Sebelumnya, KIT GAD65 diujicobakan pada kelinci dan tikus. Hasilnya cukup meyakinkan. Cara penggunaan rapid test ini sederhana. Sampel darah pasien sebanyak 20 mikro diteteskan  ke permukaan alat. Selanjutnya, secara berturut-turut diberi buffer dan signal reagen agar alat bekerja optimal.

…dst

5 ) Unair-ITS-Petra Raih Akreditasi A

28 Peb 2014 19:27:12
Surabaya (Antara Jatim) – Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Kristen Petra Surabaya meraih akreditasi dengan peringkat A dalam program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). “Setelah peringkat Webometrics Unair naik menjadi peringkat 4, kini Unair mampu mempertahankan kinerja institusi, sehingga mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan skor 371 atau sangat baik,” kata Ketua Badan Perencanaan dan Pengembangan Unair Dra Tjitjik Srie Tjahjandarie PhD di Surabaya, Jumat. Dosen FST Unair itu menjelaskan skor Unair itu relatif tinggi jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain, karena batas minimum skor akreditasi adalah 360 dan maksimum 381. “Setahu saya, tidak ada institusi pendidikan di Indonesia yang bisa mencapai skor akreditasi 381,” katanya.

…dst

6 ) ITS Pertahankan Akreditasi A dari BAN PT

Sabtu, 01 Maret 2014, 20:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berhail meraih akreditasi dengan peringkat A berdasarkan penilaian Program Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebelumnya, ITS telah meraih akreditasi A sejak 2008. Sedangkan kali ini merupakan reakreditasi untuk jangka waktu lima tahun ke depan. ITS tercatat meraih akreditasi A di Tahun 2014 bersama tujuh perguruan tinggi lain di Indonesia berdasarkan Surat Keputusan (SK) No. 015/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014. Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof Dr Ing Herman Sasongko, mengatakan ada tujuh standar yang menjadi penilaian BAN-PT terhadap akreditasi institusi. Standar pertama, ketercapaian visi, misi, tujuan dan sasaran. Dalam mendukung visi ITS menjadi perguruan tinggi bereputasi internasional dalam sains, teknologi dan seni, ITS telah mendefinisikan langkah-langkah strategisnya dalam Rencana Strategis (Renstra) 2008-2017.

…dst

7 ) ITS Penuhi Standar Optimal BAN PT

Sabtu, 01 Maret 2014, 20:59 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Civitas akademika Institut Teknologi Sepluh Nopember (ITS) boleh bangga. Pasalnya, Badan Akreditasi Nasional Pergurruan Tinggi ( BAN PT) menilai, bahwa kinerja ITS telah memenuhi standar optimal. Standar penjaminan mutu (SPM) ITS  disusun mengikuti siklus PDCA (Plan, Do, Check, Act) yang secara rutin dilakukan setahun sekali dan dimonitoring setiap empat bulan sekali melalui SIM Program Kerja (Simproker) dan Evaluasi Mutu Institusi (EMI). ITS juga telah mempunyai sistem akademik dan kepegawaian yang membantu proses penjaminan mutu akademik, di antaranya adalah SIM Akademik, SIM Kepegawaian dan Indeks Prestasi Dosen (IPD) yang telah terintegrasi dalam Sistem Informasi Terintegrasi (Integra). “Melalui Simproker dan EMI, kami menerapkan database single entry dan multipurpose data,”  ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ing Herman Sasokongko, dalam siaran pernya, Sabtu (1/3).

…dst

8 )  Inilah… Seribu Satu Kisah Penerima Beasiswa Bidikmisi!

Sabtu, 1 Maret 2014 | 15:52 WIB
KOMPAS.com – Bersamaan dengan acara silaturahim penerimaan Bidikmisi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyerahkan buku kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus meluncurkan buku berjudul ‘Kebangkitan Kaum Duafa, Bidikmisi Memutus Mata Rania Kemiskinan’. Buku ini berisi sebagian kisah para penerima Bidikmisi.  Disebutkan dalam buku itu, ada dua hambatan besar anak-anak keluarga miskin tidak memasuki gerbang pendidikan tinggi. Pertama, jelas betul, faktor ketiadaan biaya. Kedua, yang merupakan dampak dari faktor pertama, anak-anak keluarga miskin kebanyakan tidak berani mencanangkan impiannya hingga tinggi.  Untungnya, kini pintu-pintu akses pendidikan untuk mereka telah dibuka, bahkan akses tersebut akan senantiasa ditingkatkan efektivitasnya. Program bantuan Bidikmisi adalah salah satu di antaranya.

…dst

9 ) Alokasi Bidikmisi 2014 Bakal Ditambah
Siapkan 60 Ribu Kursi untuk Mahasiswa Baru

Minggu, 02 Maret 2014 , 05:32:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mendistribusikan kuota beasiswa pendidikan mahasiswa miskin (bidikmisi) ke seluruh PTN dan sejumlah PTS. Sampai saat ini, belum ada perubahan distribusi itu. Setiap kampus diminta untuk menyerap kuota bidikmisi sebesar-besarnya. Penambahan kuota menunggu penetapan APBN Perubahan 2014. Mendikbud M. Nuh mengatakan, secara nasional, kuota bidikmisi untuk mahasiswa baru 2014 adalah 60 ribu kursi. Jumlah tersebut lantas dibagi-bagikan ke sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta. “Kami evaluasi terus besaran kuota di masing-masing PTN atau PTS,” kata Nuh Sabtu (1/3). Nuh menambahkan, bagi kampus yang tahun lalu tidak efektif dalam menyerap atau menyalurkan bidikmisi, kuotanya bisa jadi dikurangi tahun ini. Sebagai gantinya, kuota hasil pengurangan itu dilimpahkan ke kampus-kampus yang tahun lalu kekurangan kuota bidikmisi. “Intinya, kami bagi secara proporsional,” paparnya seraya menambahkan, saat ini jumlah penerima bidikmisi mencapai 150 ribuan mahasiswa.

…dst

10 ) PTN Minta Kuota Beasiswa Bidikmisi Tahun 2014 Ditambah

Jumat, 28/02/2014 – 16:21
SOLO, (PRLM).-Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama perguruan tinggi negeri (PTN) lain berharap, tahun 2014 ini ada penambahan alokasi beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa baru kategori tidak mampu. Harapan itu sejalan dengan instruksi Presiden yang disampaikan dalam “Silaturahmi Nasional Bidikmisi 2014” agar program beasiswa Bidikmisi diperbanyak dan diperluas jangkauannya. Pembantu Rektor (PR) I UNS, Prof. Dr. Sutarno mengungkapkan, tahun 2014 ini UNS mengajukan kuota beasiswa Bidikmisi untuk 1.400 mahasiswa baru, sedikit lebih banyak dibanding tahun 2013 sebanyak 1.320 mahasiswa baru. “UNS tahun ini mengajukan kuota 1.400 beasiswa Bidikmisi. Itu sudah naik, karena tahun lalu UNS mendapat 1.320 beasiswa Bidikmisi. Sebenarnya secara nasional diinstruksikan ada penambahan kuota, tetapi nanti pembagiannya tergantung Pusat,” jelas Prof. Sutarno kepada wartawan, Jumat (28/2/14). PR I UNS itu mengungkapkan, dari 2.551 calon mahasiswa baru peminat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) UNS yang terdaftar sampai Jumat sore, sebanyak 207 orang di antaranya mengajukan beasiswa Bidikmisi.

…dst

11 ) Segudang Prestasi 6 Mahasiswa Bidikmisi UB

Sabtu, 01 Maret 2014 21:06 wib
JAKARTA – Enggak ada alasan lagi bagi siswa tidak mampu secara ekonomi untuk tidak melanjutkan pendidikan; banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan. Enggak ada alasan juga untuk tidak berprestasi karena keterbatasan biaya.  Buktinya, enam mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) penerima beasiswa Bidikmisi ini membuktikan, di tengah segala keterbatasan, mereka mampu menorehkan prestasi. Keenam mahasiswa angkatan 2010 tersebut dikukuhkan sebagai wisudawan UB hari ini.  Mereka lulus dengan menyandang predikat cumlaude dan lulusan terbaik UB. Sebut saja, Fitri Rofiyarti. Lulusan Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis ini meraih IPK 4,0.  Ada juga mahasiswa FIB lainnya, Trias Desy Aristanty, yang meraih predikat sangat memuaskan.  Mahasiwa Bidikmisi UB lainnya yang lulus sebagai wisudawan berprestasi adalah Fatin Nuha Astini dari FIA, Elwin dari FTP, Faisal Ade Rahmahuddin Abdullah dari FMIPA dan Angga Erlando dari FEB.

…dst

12 ) Lencester University-IPB Cari Solusi Tangani Banjir

Jum’at, 28 Februari 2014 21:06 wib
JAKARTA – Institut Pertanian Bogor (IPB) kedatangan tamu istimewa dari Inggris. Dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Internasional Steve Bradley, rombongan Lancester University menyambangi IPB guna mengidentifikasi peluang kerja sama dengan IPB berkaitan pertukaran pelajar maupun penelitian bersama. Kedatangan Tim Lancaster itu diterima langsung Rektor IPB Herry Suhardiyanto didampingi Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Wakil Rektor Bidang Sarana dan Bisnis IPB, Direktur Kerjasama dan Program Internasional IPB serta Kasubdit Kerjasama Internasional. Pertemuan dilanjutkan diskusi peluang kerja sama lebih rinci. Beberapa topik unik di Indonesia seperti kekayaan biodiversitas dan gunung berapi ditawarkan sebagai fokus kerjasama penelitian bagi kedua belah pihak. Demikian, seperti disitat dari siaran pers IPB yang diterima Okezone, Jumat (28/2/2014).

…dst

13 ) UI Umumkan 27 Bakal Calon Anggota Majelis Wali Amanat

Sabtu, 01 Maret 2014, 09:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Universitas Indonesia mengumumkan 27 bakal calon anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dari unsur masyarakat untuk periode 2014-2019. “Kriteria anggota MWA UI wakil masyarakat antara lain memiliki minat terhadap pengembangan pendidikan tinggi, dan bukan anggota partai politik,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Sabtu. Selain itu memiliki pemahaman isu strategis Perguruan Tinggi khususnya Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Bersedia menjadi Ketua Komite Audit atau Komite Risiko sesuai dengan kompetensi yang diperlukan. Sedangkan tugasnya, antara lain menetapkan kebijakan umum UI setelah mendapatkan pertimbangan dari Senat Akademik dan Dewan Guru Besar. Melakukan pengawasan terhadap kondisi keuangan UI, mengesahkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Strategis (Renstra), dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) serta mengevaluasi implementasinya.

…dst

14 ) Habibie Wakafkan Tanah 50 Hektar untuk Universitas Negeri Gorontalo

Sabtu, 01 Maret 2014, 09:33 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO–Mantan Presiden RI Burhanuddin Jusuf Habibie mewakafkan tanah miliknya seluas 50 hektare di Kabupaten Bone Bolango, untuk pengembangan Universitas Negeri Gorontalo (UNG). “Saya ingin UNG konsisten dan menjadi pusat kebudayaan dan pendidikan di daerah ini. Kampus ini harus menjadi wadah untuk menghasilkan SDM yang memiliki nilai tambah,” katanya saat kuliah umum di Auditorium UNG, Jumat (28/2). Ia berpesan tanah tersebut dimanfaatkan untuk mengembangkan pendidikan dan kebudayaan di Gorontalo. Kepada ribuan mahasiswa dan dosen yang menyambutnya, ia berbagi tips menjadi orang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. “Iptek saja tidak cukup, harus ada iman dan taqwa agar menjadi manusia yang memiliki nilai tambah. Kalian mahasiswa, tidak ada bedanya dengan Habibie saat itu,” ujar pria berdarah Gorontalo, Makassar dan Yogyakarta tersebut. Berhasil menyelesaikan pendidikan hingga strata 3 di Jerman pada usia 28 tahun, Habibie merasa dirinya hanya beruntung meraih kesempatan tersebut.

…dst

15 ) Kejahatan Korupsi Masuk KUHP Dinilai sebuah Kemunduran

Sabtu, 01 Maret 2014 , 13:21:00
JAKARTA – Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi (PUKAT) Universitas Gadjah Mada, Oce Madril mengkritisi draf revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), khususnya keinginan memasukkan kembali kejahatan korupsi ke dalam KUHP. Menurutnya, ini merupakan cara berpikir jungkir-balik dan menjadi permasalahan dalam sejarah. Pasalnya, kata Oce, jika melihat sejarah pemberantasan korupsi, banyak aturan yang dibuat pada tahun 50-an. Ketika itu, KUHP tidak mengakomodir mengenai  perkembangan kejahatan korupsi. “KUHP menyebutnya kejahatan jabatan,” ujar Oce dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (1/3). Oce menjelaskan, pada tahun 60-an, berkembang pemikiran di parlemen semestinya kejahatan korupsi yang semakin berkembang diatur dengan undang-undang khusus. Maka pada waktu itu diperdebatkan apakah pasal-pasal tentang korupsi dikeluarkan dari KUHP dan memberikan keleluasan pengaturan tentang korupsi.

…dst

16 ) KemenPAN-RB Pastikan Semua Honorer K2 Diangkat Bertahap

Sabtu, 01 Maret 2014 , 19:47:00
JAKARTA–Perjuangan para tenaga honorer kategori dua (K2) nampaknya membuahkan hasil. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengangkat honorer kategori dua (K2) secara bertahap. Namun, syaratnya harus memenuhi aturan PP 48 Tahun 2005 dan PP 56 Tahun 2012. “Seluruh honorer kategori dua akan diangkat bertahap. Tapi pengangkatannya kan harus ada syaratnya jadi bukan gratis,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja kepada JPNN, Sabtu (1/3). Apa saja syaratnya? Setiawan menjelaskan, harus melewati tes dan verifikasi data. Di samping itu disesuaikan juga dengan kemampuan anggaran pemerintah. “Verifikasi perlu dilakukan untuk mengecek apa benar honorer K2-nya sesuai amanat PP 48 dan PP 56. Kalau tidak sesuai aturan, otomatis honorernya tidak bisa diangkat CPNS,” tegasnya.

…dst