1 ) Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un
11 Mahasiswa UNDIP Peserta Arung Jeram Terseret Banjir Bandang di Garut

Senin, 14/04/2014 20:01 wib – detikNews
Garut- Warga di sekitar sungai Cikandang di Desa Karangsari, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut Jawa Barat, melaporkan adanya 11 orang yang diduga mahasiswa Universitas Dipenogoro saat melakukan arung jeram, terseret banjir bandang sungai Cikandang, Senin (14/4/2014) sekitar pukul 16.00 WIB. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun diantaranya 5 mahasiswa sudah ditemukan: 2 orang selamat, 2 orang meninggal dunia, dan 1 orang dalam kondisi kritis. Sementara sisanya belum diketahui nasibnya. “Jadi Pak memang kami baru mendapatkan kabar baru sekitar 5 orang yang ditemukan, saya masih mencari informasi,” ujar salah Penyuluh Swadaya Masyarakat, Duduy (40) kepada wartawan, Senin (14/4/2014).

…dst

2 ) Polda Jabar: 10 Peserta Arum Jeram di Garut Selamat, 1 Meninggal

Senin, 14/04/2014 21:13 WIB
Jakarta – Sebanyak 11 orang mahasiswa terseret banjir bandang saat tengah mengikuti arum jeram di sungai Cikandang Kecamatan Pakenjeng, Garut sekitar pukul 16.00 WIB. Polda Jabar memastikan 10 orang selamat dan 1 meninggal. “Grup arung jeram UNDIP Semarang berjumlah 10 orang dan 1 orang mahasiswa STTG Garut terbawa hanyut menggunakan 2 perahu karet,” kata Kabid Humas Polda Kombes Martinus Sitompul dalam pesan singkat Senin (14/4/2014). Martinus memaparkan, 5 orang yang selamat itu adalah Gresi (19 tahun), Faran (20 tahun), Tahwin (21 tahun), 4 Wisnu (19 tahun), Dian (20 tahun). “Sedangkan 5 orang lain yang selamat belum bisa diidentifikasi karena terhalang sungai dan sudah di rumah warga di delta sungai,” ujarnya. “Mipta (19 tahun) meninggal dunia dan ditemukan di pantai berikut 2 perahu karet,” imbuh Martinus.

…dst

3 ) Kampus Dituntut Responsif Hadapi MEA

Minggu, 13 April 2014, 03:27 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan pencetak sumber daya manusia yang unggul, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun keahlian, dituntut responsif dalam mempersiapkan para lulusannya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. “Hal itu penting karena Indonesia sebagai salah satu penandatangan kesepakatan regional tersebut akan mulai membuka pasar domestiknya bagi arus pasar bebas di antara negara-negara ASEAN,” kata praktisi bisnis Syafri Yuzal di Yogyakarta, Sabtu (12/4). Pada seminar “Peningkatan Daya Saing Lulusan International Program Universitas Islam Indonesia di Kawasan Asia Tenggara”, ia mengatakan pasar bebas itu tidak hanya pada arus barang, tetapi juga sektor jasa yang banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia. “Dengan dibukanya keran MEA 2015, maka tenaga kerja asing juga mempunyai kesempatan yang sama untuk memperebutkan lapangan kerja di Indonesia. Hal inilah yang selayaknya menjadi perhatian bagi segenap aktor pendidikan tinggi di Tanah Air,” katanya.

…dst

4 )  LIPI Siapkan Sistem Peringatan Dini Longsor

JUMAT, 11 APRIL 2014
JAKARTA, KOMPAS — Kasus tanah longsor di jalur rel kereta api berulang-ulang terjadi sejak lima tahun terakhir. Untuk mengantisipasi terjadinya kasus serupa, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menyediakan sistem pemantauan dini bahaya longsor. Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI Bambang Widiyatmoko mengatakan, berulangnya kasus kecelakaan kereta api akibat longsoran tanah menegaskan perlunya pengembangan sistem pemantauan dini sebelum bencana longsor terjadi. Dengan demikian, bencana dapat diantisipasi dan korban bisa diminimalisasi. ”Kami telah mengembangkan sistem monitoring pergerakan tanah secara online dengan mengukur secara langsung gejala-gejala fisis penyebab utama longsor. Gejala-gejala umum tanah longsor dapat diukur dari kadar air tanah, pergerakan rekahan, perubahan kemiringan, tekanan tanah, serta curah hujan,” kata Bambang, Kamis (10/4), di kantor LIPI, Jakarta.Peneliti Pusat Penelitian (Puslit) Geoteknologi LIPI Adrin Tohari mengatakan, bencana longsor di jalur rel kereta api sebagian besar terjadi karena sistem drainase di sekitar rel tak lagi mampu menampung limpasan air saat musim hujan serta menyebabkan kejenuhan air meningkat. Kondisi ini diperparah oleh maraknya alih fungsi lahan dari lahan tanaman keras menjadi kebun, sawah, dan kolam. Agar kasus serupa tak terulang, diperlukan pemetaan ulang daerah-daerah berpotensi longsor. Setelah daerah berpotensi longsor dan ambles dipetakan, sensor-sensor pemantauan dipasang. LIPI bersama Universitas Osaka telah merancang sistem pemantauan real-time nirkabel tipe jejaring yang memiliki daya jangkauan 1 kilometer dengan biaya pembuatan lebih murah dibandingkan dengan alat buatan luar negeri.(ABK)

***

5 ) Seminar Nasional dan Pameran Industri Jamu 2014: Call for Paper

Oleh Firman Hidayat – 14 April 2014
Jamu yang merupakan obat tradisional Indonesia, telah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak berabad-abad silam. Industri jamu dinilai mempunyai prospek yang cerah dengan didukung adanya kekayaan sumberdaya hayati Indonesia yang berjumlah 30.000 jenis tanaman dan sebanyak 2.500 jenis diantaranya termasuk dalam kategori tanaman obat. Kini Industri jamu telah berkembang pesat dan telah memberikan lapangan kerja kepada 5 juta orang dengan jumlah industri yang mencapai 1200 buah. Sejumlah 800 industri telah tergabung dalam Gabungan Pengusaha Jamu (GP Jamu). Guna membahas perkembangan teknologi dan industri jamu, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dalam rangka memperingati dies emas fakultas, bekerja sama dengan GP Jamu akan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Industri Jamu 2014 di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro pada tanggal 6 Mei 2014.

…dst

6 ) Antam Siapkan Fasilitas e-library Universitas Khairun

Sabtu, 12 April 2014 , 15:34:00
JAKARTA – PT ANTAM (Persero) Tbk menunjukkan komitmennya turut memanjukan pendidikan. Dengan Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan, perusahaan milik negara itu memberikan bantuan berupa perpustakaan elektronik (e-library) di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara. “Antam berkomitmen untuk terus memajukan pendidikan bangsa Indonesia, khususnya di sekitar daerah operasinya. Seperti pembangunan berbagai infrastruktur pendidikan, program pendidikan dan pelatihan, pemberian beasiswa pelajar dan mahasiswa berprestasi, dan beasiswa dosen keluar negeri,“ kata Direktur Umum & CSR Antam, I Made Surata di sela-sela peresmian Perpustakaan Elektronik Universitas Khairun dalam keterangan persnya, Jumat (11/4).  Turut pula dalam peresmian itu adalah Rektor Universitas Khairun, Husen Alting.I Made Subrata berharap fasilitas e-library dapat dimanfaatkan sebagai sarana pusat informasi, pengetahuan dan penelitian bagi civitas akademika Universitas Khairun, termasuk masyarakat di Maluku Utara. Kata dia, keberadaan e-library tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan buku dan informasi yang dikemas secara digital, sehingga dapat menghemat biaya yang dibutuhkan untuk pengelolaan ruangan dan pembelian buku.

…dst

7 ) Belajar Kantung Semar di Cibodas

Jum’at, 11 April 2014 15:41 wib
CIANJUR – Tahu kantung semar? Itu lho, tumbuhan yang berperilaku seperti binatang karnivora. Ia akan menangkap serangga dengan kantungnya dan menjadikan serangga itu sebagai santapan lezat. Keunikan kantung semar ini membuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) di Kebun Raya Cibodas mendedikasikan satu rumah khusus. Rumah itu dinamai Rumah Nepenthes, nama latin kantung semar. Kepala UPT BKT Kebun Raya Cibodas LIPI, Agus Suhatman, M.P. mengatakan, kantung semar memiliki nilai konservasi yang sangat tinggi. Sebab, menurut kategori IUCN Red List, 37 persen kantung semar yang ada di dunia merupakan jenis yang terancam punah dengan sebaran yang sangat terbatas. IIUCN Red List merupakan inventarisasi tumbuhan yang terancam punah dari seluruh dunia.

…dst

8 ) Pemerintah Jamin Lulusan Kejar Paket C Bisa Kuliah

Selasa, 15 April 2014 | 04:59 WIB
TEMPO.CO , Tangerang – Menteri Pendidikan Nasional M.Nuh menjamin lulusan kejar paket C juga memiliki kesempatan yang sama dengan lulusan sekolah umum untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. “Selesai di sini saya harapkan dapat bekerja atau melanjutkan ke universitas terbuka sehingga tidak ada stigma orang ini dari penjara,”kata dia saat meninjau pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA paket C di Lembaga pemasyarakatan (Lapas) anak pria Tangerang di jalan Daan Mogot, Senin, 14 April 2014. (Baca : Gara-gara UN, Lima Siswa di Jember Depresi). Direktur Pembinaan dan Pendidikan Direktorat jendral Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM, Priyadi mengatakan pada UN SMA Kejar Paket C ini di seluruh Indonesia diikuti 6.300 orang baik warga binaan dan peserta paket C yang ikut ujian di lapas.

…dst

9 ) Sejumlah lansia ikut ujian nasional di Depok

Senin, 14 April 2014 23:56 WIB
Depok (ANTARA News) – Sejumlah pria lanjut usia (lansia) di Kota Depok, Jawa Barat mengikuti ujian nasional Paket C untuk dapat memperoleh ijazah setingkat SMA. “Mereka tetap semangat belajar walaupun usianya sudah tidak muda lagi,” kata Guru Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Al-hidayah Bojongsari Depok, Amir Suryansah ketika ditemui di SDN Anyelir 1 Depok, Senin. Dari ratusan peserta Paket C ada beberapa peserta yang usianya sudah tidak muda lagi seperti Hadi Suarno yang telah berusia 54 tahun, M Sulton Suprianto 60 tahun dan Lukmanul Hakim 44 tahun. Amir mengaku telah memberi bekal pelajaran kepada muridnya yang sudah berusia lanjut tersebut di PKBM Al-Hidayah agar dapat mengerjakan soal-soal ujian nasional.  “Memang agak sulit ngajarin mereka karena usianya yang sudah tidak muda lagi,” katanya. Tapi, lanjut Amir, mereka tetap semangat untuk mendapatkan ijazah setingkat SMA tersebut.

…dst

10 ) Mendikbud dukung anak Lapas untuk kuliah

Senin, 14 April 2014 19:51 WIB
Tangerang (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan dukungannya agar anak-anak penghuni Lapas Anak Tangerang bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. “Kemdikbud mendukung mereka itu melanjutkan sekolah. Itu merupakan hak mereka,” ujar Mendikbud usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) Ujian Nasional (UN) di Lapas Anak Tangerang, Senin. Perguruan tinggi negeri (PTN) yang memungkinkan untuk menampung anak-anak Lapas, kata Mendikbud, adalah Universitas Terbuka. “Saya akan meminta langsung pada pihak Universitas Terbuka, untuk membuka cabang di Lapas,” jelas dia. Meski berada di dalam tahanan, Mendikbud mengatakan bukan berarti anak-anak itu tidak bisa melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi.

…dst

11 ) Kemendikbud didesak investigasi soal UN berisi profil Jokowi

Senin,  14 April 2014  ?  20:55 WIB
Sindonews.com – Munculnya profil singkat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dalam soal Ujian Nasional (UN) 2014 mengundang reaksi keras Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).  KPAI menegaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) perlu melakukan investigasi untuk mengungkap persoalan ini. Lembaga ini mencium UN telah disusupi oleh kepentingan politik. Sebab cerita Jokowi dalam soal mata pelajaran Bahasa Indonesia bisa menjadi penggirngan opini.  “UN adalah instrumen akademik. Menjadi bermasalah jika ditunggangi kepentingan politik,” ujar Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh kepada Sindonews, Senin (14/4/2014). KPAI meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh segera melakukan investigasi lebih lanjut, terkait dengan munculnya bacaan bernuansa politik ini. “Siapa pembuatnya? atas motivasi apa? dan dengan gentle bertanggung jawab. Harus ada sanksi tegas agar kejadian serupa tidak terus terulang,” tuturnya.

…dst

12 ) Dapat Nilai UN Tertinggi, Akan Dibiayai Kuliah Kedokteran Gratis
“Mudah-mudahan beasiswa ini bisa jadi motivasi peserta UN,”

Minggu, 13 April 2014, 18:20
VIVAnews – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu menjanjikan pemberian reward kepada peraih nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA. Mereka yangg memiliki nikai terbaik akan mendapatkan beasiswa gratis di Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu. Biaya pendidikan gratis ini, akan ditanggung sepenuhnya oleh pemkab setempat hingga siswa yang mendapatkan beasiswa lulus dari kuliah. “Mudah-mudahan pemberian beasiswa ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh peserta UN tahun ini. Kami pastikan seluruh akomodasi siswa yang dapat beasiswa ditanggung daerah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Tengah, Meizuar, Minggu 13 April 2014.

…dst