1 ) Rektor UNP: Quick Count Hanya Bingungkan Masyarakat Saja

Friday, 11 July 2014, 07:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA–Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Yanuar Kiram mengatakan hasil penghitungan cepat (quick count) oleh sejumlah lembaga survei pada Pemilu Presiden 2014 telah membentuk opini sekaligus membuat masyarakat bingung. “Dalam pandangan saya ‘quick count’ pada pilpres kemarin hanya membentuk opini berbeda di masyarakat, sehingga masyarakat menjadi bingung,” katanya di Padang, Jumat. Ia menilai hasil hitung cepat yang ditampilkan di sejumlah stasiun televisi yang berbeda satu sama lain, akan semakin membuat masyarakat terpecah, antara yang meyakini stasiun televisi yang satu, dengan televisi lainnya yang berbeda. Yanuar Kiram mengharapkan masyarakat lebih pintar dan tidak terpengaruh terhadap hasil hitung cepat tersebut. “Karena undang-undang menyebutkan keputusan siapa yang akan menjadi presiden hanya dikeluarkan oleh Komisi Pemiliha n Umum (KPU), dengan penghitungan manual,” katanya. Ia mengharapkan masyarakat menunggu hasil yang dikeluarkan oleh KPU.

…dst

2 ) Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Raih Akreditasi AACSB

Thu, 07/10/2014 – 09:52
Jakarta, Kemdikbud — Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada (FEB UGM) meraih akreditasi dari The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International. AACSB International adalah organisasi global bersifat nonprofit yang beranggotakan institusi pendidikan, bisnis serta entitas lain yang didirikan pada tahun 1916 dengan tujuan untuk meningkatkan dan menjamin kualitas proses pembelajaran bisnis dan lulusan sekolah bisnis di seluruh dunia. Sejak awal keanggotaan pada 2006, FEB UGM baru mendapat akreditasi ini pada 12 Mei 2014. AACSB memberikan akreditasi yang diakui secara internasional untuk program bisnis dan akuntansi baik pada level S1, S2, maupun S3. Akreditasi AACSB merepresentasikan suatu pengakuan formal secara global atas penerapan standar tertinggi dalam manajemen pendidikan di sekolah bisnis. Suatu penelitian menunjukkan bahwa 95% sampel sekolah bisnis yang terakreditasi AACSB di seluruh dunia telah mengalami perbaikan kualitas program studinya (www.aacsb.edu).

…dst

3 ) UI Juara Dunia di Kompetisi Maritim Internasional

Jum’at, 11 Juli 2014 11:18 wib
DEPOK – Empat mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) meraih gelar juara dunia dalam The 15th Annual International Maritime Law Arbitration Moot Court Competition 2014. Kompetisi tersebut digelar 4-8 Juli lalu di University of Hong Kong.  Gelar “Champion Mooters” ini diraih setelah tim UI menyisihkan tim-tim dari berbagai kampus dunia seperti Maastricht University dari Belanda. Bahkan UI mengalahkan juara tetap pada 2012 dan 2013, University of Queensland.  Keempat mahasiswa FHUI tersebut adalah Farah Nabila (angkatan 2011), Revaldi Wirabuana (2012), Raoul Muskitta (2012) dan Talissa Koentjoro (2013). Selama hampir tujuh bulan, mereka dilatih oleh Shafira Nindya Putri (2009) dan Yoga Prananto (2009) yang sebelumnya juga merupakan peserta kompetisi tersebut.   Di antara materi pelatihan tersebut adalah pelajaran tentang substansi hukum serta cara mempersiapkan berkas memoranda tertulis.

…dst

4 ) 4 Mahasiswa UI Bersinar di Ajang Internasional

Kamis,  10 Juli 2014    20:37 WIB
DEPOK – Empat mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) kembali menorehkan prestasi dalam ajang kompetisi internasional bertajuk The 15th Annual International Maritime Law Arbitration Moot Court Competition 2014 pada 4–8 Juli 2014 di University of Hong Kong. UI raih gelar Juara Dunia atau “Champion Mooters” menyisihkan universitas lainnya diantaranya Maastricht University dari Belanda serta University of Queensland yang merupakan juara tetap selama dua tahun berturut-turut di tahun 2012 dan 2013. Keempat mahasiswa FHUI tersebut adalah Farah Nabila (angkatan 2011), Revaldi Wirabuana (2012), Raoul Muskitta (2012) dan Talissa Koentjoro (2013). Mereka dilatih oleh Shafira Nindya Putri (2009) dan Yoga Prananto (2009) yang telah mengikuti kompetisi sebelumnya. Pada babak final, mereka berhadapan langsung dengan para dewan panguji yang merupakan perwakilan dari Pengadilan Tinggi Hong Kong, Mahkamah Agung Singapura  serta Pengadilan Federal Australia.

…dst

5 ) UI Mulai Proses Pemilihan Rektor

Jumat, 11 Juli 2014, 10:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,  DEPOK — Universitas Indonesia (UI) kembali memulai proses pemilihan rektor untuk periode 2014-2019 dengan rencana pengumuman pemenangnya pada November 2014. “Majelis Wali Amanat UI (MWA UI), berdasarkan PP 68/2013, menetapkan SK MWA tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor UI yang dapat diakses di www.ui.ac.id,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Jumat (11/7). Ia mengatakan dengan disahkannya tata tertib tersebut, maka proses pemilihan Rektor UI resmi dimulai. Pemilihan Rektor dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan asas profesional, non diskrimatif, akuntabel, dan transparan. Farida mengatakan sesuai PP 68/2013 yang diturunkan dalam SK MWA tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor UI, MWA akan membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) yang diawali dengan rekrutmen secara terbuka dan proaktif pada 11 Juli-21 Juli 2014.

…dst

6 ) KPC dan IPB Kerja sama Beasiswa dan Pengembangan Ternak

Thursday, 10 July 2014, 23:32 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR —  PT Kaltim Prima Coal (KPC) memperpanjang kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Perpanjangan kerja sama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan naskah kesepahaman antara IPB dengan PT KPC, baru-baru ini di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor.  Penandatanganan dilakukan oleh Rektor IPB Prof.Dr. Herry Suhardiyanto dan CEO PT KPC Endang Ruchijat. Rektor IPB menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan kepercayaan yang diberikan PT KPC kepada IPB selama ini. Untuk itu, IPB akan tetap komitmen untuk sama-sama mengembangkan program yang selama ini sudah ada. Terkait pengembangan sumberdaya manusia (SDM), dimana PT KPC melalui program Beasiswa Utusan Daerah (BUD) telah memberikan kesempatan pada generasi muda Kutai Timur kuliah di IPB, Rektor mengatakan ini penting untuk terus dilanjutkan dan ditambahkan.

…dst

7 )  Sumitomo Gandeng IPB Kembangkan Tanaman Pangan dan Hortikultura

Kamis, 10 Juli 2014, 23:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerja sama dengan Sumitomo Chemical (Asia Pacific) Pte.Ltd. Kerja sama itu ditindaklanjuti denngan penandatanganan naskah kerja sama antara Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto Executive Vice President of Sumitomo Chemical, Y.Takao.di Kampus IPB Darmaga, Kabupaten Bogor, Selasa (8/7) lalu. Dalam penerimaannya, Rektor IPB, menyambut positif kerja sama antara kedua belah pihak. Terlebih, katanya, kerja sama IPB dengan Jepang dalam bidang pertanian bukan hal yang baru.  Hadir pada kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Prof Dr Anas Miftah Fauzi, Direktur Kerja sama dan Program Internasional (KSPI) IPB, Dr Edy Hartulistyoso, Kepala Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB, Dr Darda Efendi, dan sejumlah pejabat dari kedua belah pihak.

…dst

8 ) Kualitas & Kuantitas Dokter di Indonesia Tak Merata

Kamis,  10 Juli 2014  ?  02:28 WIB
JAKARTA – Permasalahan tenaga medis belum dapat diselesaikan. Terutama dokter spesialis yang jumlahnya sedikit dan tidak merata penyebarannya. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Ali Gufron Mukti mengatakan, masalah Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di Indonesia juga masih kurang perhatian. “Pemimpin kedepan harus dapat merumuskan perencanaan dengan menghitung berapa kebutuan SDM kesehatan dan jenisnya apa saja. Misalnya kurangnya tenaga dokter spesialis di Indonesia,” kata Ali Gufron di Jakarta, Rabu 9 Juli 2014. Selain itu permasalahan distribusi karir SDM kesehatan juga harus diperhatikan, hal ini tentunya harus dibarengi oleh kebijakan yang menguntungkan SDM kesehatan. Saat ini kekurangan dokter spesialis menjadi permasalahan serius. Misalnya kebutuhan dokter anastesi sangat diperlukan di daerah, karena di butuhkan terobosan baru untuk menciptakan dokter spesialis. Maka ke depan, hemat dia, untuk memenuhi kuantitas dokter spesialis yang dibutuhkan saat ini maka di haruskan untuk bekerja di daerah. Maka jika tidak dilakukan maka diyakini penyebaran dokter dan pemenuhan dokter spesialis tidak akan terjadi.

…dst

9 )  Daya Tampung SBMPTN Undip 2.300 Mahasiswa

10 Juli 2014
SEMARANG – Undip menyiapkan daya tampung sebanyak 2.300 mahasiswa anyar berkenaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun Akademik 2014-2015, menyusul akan segera diumumkannya seleksi jalur ujian tulis tersebut pekan depan. ”Pekan ini kami para rektor dari PTN se-Indonesia akan bertemu di Jakarta. Agendanya rapat bersama persiapan pengumuman SBMPTN perkuliahan tahun  2014,” ujar Rektor Undip Prof Sudharto Prawoto Hadi MES PhD dihubungi, Rabu (9/7).  Dia mengatakan, penerimaan mahasiswa sebanyak 2.300 orang dari 30% kuota yang disediakan Undip. Kuota terbagi dalam 50% untuk SNMPTN dan 20% untuk Ujian Mandiri (UM). Sudharto mengakui, parameter penilaian SBMPTN sepenuhnya murni hasil ujian tulis. Ukuran itu berbeda dari jalur masuk PTN melalui SNMPTN yang kini sudah memasuki tahap registrasi.

…dst

10 ) Mahasiswa Universitas Brawijaya ciptakan pupuk organik multifungsi

Kamis, 10 Juli 2014 12:32 WIB
Malang (ANTARA News) – Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, menciptakan pupuk organik multifungsi berbahan baku limbah perikanan atau ikan yang sudah rusak, sisa olahan ikan dan ikan tidak layak konsumsi.  Menurut Lini Murni, salah seorang anggota tim yang menciptakan pupuk multifungsi berbahan baku limbah ikan, di Malang, Kamis, banyaknya limbah perikanan yang dibuang sia-sia inilah yang mendasari inovasi yang dituangkan dalam program kreativitas mahasiswa (PKM) dengan judul “PEMIMPIN S.P.O.K”. “PEMIMPIN S.P.O.K ini untuk mengurangi ledakan limbah perikanan melalui sistem teknologi tepat guna. Salah satu bentuk pengolahan limbah perikanannya adalah limbah perikanan untuk pupuk organik karena nutrisi dan kandungan gizinya cukup tinggi, bahkan biaya produksinya pun juga terjangkau,” kata Lini.

…dst

11 ) Kelulusan SBM PTN Diumumkan secara Online 16 Juli

Senin, 07 Juli 2014 , 01:31:00
JAKARTA – Penuntasan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) terus dikebut. Panitia mengejar target untuk tetap mengumumkan kelulusan sesuai jadwal pada 16 Juli nanti. Dari total 664 ribu peserta ujian, daya tampung mahasiswa baru dari SBM PTN hanya 103 ribuan kursi. Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) SBM PTN Bambang Hermanto mengatakan, peserta SBM PTN bisa mengetahui kelulusan pada 16 Juli pukul 17.00 WIB secara online. Informasi itu bisa diketahui peserta ujian melalui website resmi SBM PTN dan beberapa website PTN serta website berita online. Sedangkan pengumuman di Koran (media cetak) barus bisa dilihat keesokannya, yaitu 17 Juli. “Proses pemindaian berlangsung di masing-masing PTN tempat ujian,” ujar Bambang kemarin. Secara bertahap PTN-PTN yang sudah selesai melakukan pemindaian lembar jawaban komputer (LJK) juga menyampaikan hasil pemindaian ke panitia pusat. Selain urusan pemindaian, Bambang juga mengatakan potensi kecurangan dalam bentuk calo atau makelar kursi mahasiswa baru di PTN. Bambang yang juga bekerja di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung itu mengatakan, oknum makelar kursi ini bisa jadi orang resmi PTN.

…dst

12 ) Seleksi CPNS 2014 Siapkan Formasi Khusus

DIBUAT PADA 07 JULI 2014

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyiapkan formasi khusus menjelang perekrutan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2014. Kebijakan itu disusun bersama instansi yang berkaitan dengan formasi, agar memperoleh calon-calon pegawai aparatur yang benar-benar berkompeten.Formasi-formasi yang diagendakan ini akan segera dituangkan dalam Peraturan Menteri PANRB. “Kebijakan formasi ini kita buat khusus untuk orang-orang istimewa, yang berasal dari tempat yang istimewa, sehingga tesnya pun harus istimewa,” ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja saat memimpin rapat persiapan penyusunan formasi khusus pegawai ASN tahun 2014 di Jakarta, Senin (07/07). Seperti halnya tahun lalu, Pemerintah menyediakan formasi khusus untuk putra-putri terbaik dari Pegawai Tinggi Negeri, juga untuk atlet berprestasi dan pelatih bersertifikat. Formasi juga diberikan untuk putra-putri daerah peraih beasiswa yang mendapat program pendidikan gratis. “Apabila dianggap perlu, formasi dapat ditambah dengan mengirimkan undangan, dan tesnya lebih kepada wawasan kebangsaan dan attitude,” katanya.

…dst

13 ) Pendaftaran CPNS Gunakan Single Entry

DIBUAT PADA 08 JULI 2014
JAKARTA – Pemerintah menetapkan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi aparatur sipil negara (ASN), khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014. Penegasan penetapan sistem tertuang dalam Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014  tanggal 3 Juli 2014, tentang Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014. Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri PANRB nomor B/2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Tambahan Alokasi Formasi ASN.  Disebutkan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat dan daerah harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu sscn.bkn.go.id.

…dst