1 ) Izin FK Terbit, Kampus Harus Punya RS Dulu
Otomatis Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Dokter

Rabu, 13 Agustus 2014 , 08:10:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi mencabut moratorium (penghentian sementara) penerbitan izin operasional fakultas kedokteran (FK) baru. Meskipun begitu, bukan berarti saat ini ini penerbitan izin pendidikan FK diperlonggar. Sebaliknya justru semakin ketat. Mendikbud Mohammad Nuh menuturkan, saat ini Kemendikbud tidak sembarangan mengeluarkan izin operaisonal FK baru. Sejak kebijakan moratorium dicabut, Kemendikbud baru mengeleluarkan satu izin pendirian FK baru. Yakni FK milik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Izin untuk FK baru itu keluarkan karena Kemendikbud menilai institusi Unusa sudah memenuhi persyaratan. Diantaranya memiliki rumah sakit (RS) pendidikan. Unusa bernaung di bawah Yayasan RSI Surabaya (Yarsis) yang memiliki RS Islam Surabaya A. Yani dan RS Islam Surabaya Jemursari. Nuh yang juga pentinggi Yarsis mengatakan, proses permohonan izin operasional FK di Unusa berjalan dua tahun lebih di Kemendikbud.

…dst

2 ) Innalillahi, Guru Besar Tata Negara Harun al Rasyid Berpulang

Rabu, 13 Agustus 2014, 07:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kabar duka menaungi keluarga besar Universitas Indonesia (UI). Itu setelah guru besar hukum tata negara UI, Prof Harun al Rasyid meninggal dunia pada Selasa (13/8) malam WIB. Kabar itu disampaikan rekan almarhum yang juga ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Prof.Harun Alrasid tlh wafat td malam. Mari kt brdoa utk alm. Smg Allah trm sgla amalnya. Alfatihah,” katanya melalui akun Twitter, @JimlyAs. Prof Harun adalah salah satu pakar hukum tata negara terbaik yang dimiliki negeri ini. Beberapa pendapatnya seringkali menjadi rujukankalau terjadi sengketa di bidang ketatanegaraan.

…dst

3 ) Korupsi Perpustakaan UI
Pengacara: Apa Wakil Rektor UI Korupsi Hanya untuk iPad?

Rabu, 13/08/2014 13:11 WIB
Jakarta – Tim penasihat hukum mantan Wakil Rektor Universitas Indonesia, Tafsir Nurchamid, mengajukan keberatan atas dakwaan (eksepsi) jaksa KPK. Pengacara menyanggah dasar dakwaan dengan sejumlah argumen. Dalam eksepsinya, tim penasihat hukum mengklaim kliennya tidak secara langsung menerima iPad dan dekstop merk Apple sebagaimana didakwakan jaksa. Barang itu diantar langsung ke rumah Tafsir dan sudah dikembalikan. “Lantas pertanyaannya, apakah seseorang yang menjabat wakil rektor melakukan kejahatan korupsi hanya untuk iPad dan dekstop dan menguntungkan orang lain dengan membagi masing-masing miliaran rupiah sementara semua reputasi baiknya dipertaruhkan,” ujar anggota tim penasihat hukum Tafsir, Febby Mutiara Nelson, dalam eksepsi yang dibacakan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (13/8/2014).

…dst

4 ) Mantan Rektor UI Dapat Ipad dari Proyek Perpustakaan

Rabu, 06 Agustus 2014 13:38 wib
JAKARTA – Dalam berkas dakwaan terdakwa mantan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Indonesia, Keuangan, dan Administrasi Umum Universitas Indonesia (UI), Tafsir Nurchamid menguak dugaan keterkaitan mantan Rektor UI, Gumilar Rusliwa Sumantri dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan dan pemasangan teknologi informasi di Perpustakaan UI tahun anggaran 2010-2011.  Gumilar disebut ikut bersama-sama dengan Tafsir melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek tersebut dan kebagian duit haram itu. “Melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, yaitu memperkaya terdakwa Donanta Dhaneswara, Tjahjanto Budisatrio, Dedi Abdul Rahmat Saleh, Suparlan, Ahya, Udin, Imam Ghozali, Baroto Setyono, Subhan Abdul Mukti, Agung Novian Arda, Rajender Kumar Kishu Khemlani, Jachrizal Sumabrata, Harun Asjiq Gunawan Kaeni, Irawan Wijaya, Gumilar Rusliwa Sumantri,” kata JPU KPK, Supardi di persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/8/2014).

…dst

5 ) Pertahankan Gelar Juara, Tim MCI ITS Dapat Beasiswa

Rabu, 13 Agustus 2014 06:01 wib
JAKARTASudah selayaknya prestasi yang ditorehkan civitas academica mendapat apresiasi dari pihak kampus. Sehingga mereka akan termotivasi untuk terus mengukir prestasi kembali. Menyadari hal tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya memberikan penghargaan atas kerja keras Tim Maritim Challenge ITS (MCI) dalam ajang Atlantic Challenge International (ACI) 2014 di Prancis, belum lama ini. Atas keberhasilan mereka mempertahankan juara satu dalam kategori Spirit of Atlantic Challenge, seluruh anggota tim MCI dianugerahi beasiswa khusus dari ITS.

…dst

6 ) Belasan Negara Kagumi Kapal ITS “Baita Sena”

08 Agst 2014 13:22:47
Surabaya (Antara Jatim) – Belasan negara yang menjadi peserta ajang internasional “Atlantic Challenge International (ACI) 2014” di Vannes, Prancis, 19-27 Juli 2014, mengagumi kapal ITS “Baita Sena” yang menyabet “Spirit of Atlantic Challenge 2014″.”Banyak peserta yang mengagumi Baita Sena, karena kapal itu penuh dengan ukiran, bahkan ada yang bilang bahwa ‘Baiat Sena’ itu cantik,” kata kru Tim Maritime Challenge ITS (MCI) Natya Besari kepada Antara saat tiba dari Prancis di Bandara Juanda Surabaya, Jumat. Di sela penyambutan Tim MCI oleh Pembina Tim MCI Prof Daniel M Rosyid dan sejumlah alumni anggota MCI, mahasiswi Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ITS itu menjelaskan Indonesia juga dikenal oleh peserta ACI sebagai negara pembuat kapal.

…dst

7 ) Lagi, ITS Raih Penghargaan Spirit of Atlantic Challenge

Jumat, 08 Agustus 2014, 14:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Tim Maritime Challenge Institut Teknologi Sepuluh Nopember (MCI ITS) sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia dan negara Asia Pasifik berhasil memperoleh trofi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge, dalam ajang bertaraf internasional Atlantic Challenge International (ACI) 2014 yang berlangsung di Vannes, Prancis. Perjuangan tim MCI selama delapan hari itu pun tidaklah sia-sia dengan diraihnya penghargaan yang cukup bergengsi tersebut. Saat pengumuman, disebutkan dua negara peraih trofi penghargaan Spirit of Atlantic Challenge, yaitu Indonesia dan Lithuania. “Inilah yang menjadikan ACI 2014 sedikit lebih spesial, karena dua negara mendapat penghargaan yang sama,” ujar Natya Bestari, salah satu anggota MCI, Kamis (7/8).

…dst

8 ) Untuk Pertama Kalinya Mahasiswa Indonesia Raih Emas dalam Kompetisi Matematika Internasional

Jakarta, 6 Agustus 2014
Tujuh mahasiswa Indonesia mengikuti International Mathemathics Competition (IMC) 2014 yang digelar 29 Juli hingga 4 Agustus 2014 di Bulgaria. Untuk pertama kalinya Indonesia berhasil meraih medali emas (First Prize) dalam ajang internasional tersebut. Medali emas tersebut diraih Muhammad Yasya, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). “Sebuah prestasi  internasional yang membanggakan bagi Indonesia di tahun ini setelah sebelumnya hanya meraih silver,” ujar Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dit. Belmawa Ditjen Dikti), Widyo Winarso.

…dst

9 ) Tiga Besar Pemenang Lomba Pidato Bahasa Indonesia di Berlin Tampilkan Topik Menarik

Tue, 08/05/2014 – 16:23
Jakarta, Kemdikbud — Lomba pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di Berlin diikuti 35 peserta yang diseleksi dari berbagai daerah di Jerman. Daerah tersebut di antaranya Konstanz, Passau, dan perwakilan RI di Frankfurt dan Hamburg. Dari 35 peserta itu, sebanyak tujuh peserta masuk dalam babak penyisihan. Final lomba pidato Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing diselenggarakan di Rumah Budaya Kedutaan Besar RI (KBRI) Berlin, pada hari Sabtu (21/06/2014). Lomba menetapkan tiga besar pemenang yang berhasil menampilkan topik menarik yang disampaikan dalam bahasa Indonesia secara fasih di hadapan sekitar 200 penoton yang tergabung dalam Friends of Indonesia. Berdasarkan surat yang dikirimkan dari Duta Besar RI di Berlin, Fauzi Bowo, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, tiga pemenang lomba tersebut adalah Eike Bahre sebagai juara satu, Nele Quincke sebagai juara dua, dan Manuel Denner sebagai juara tiga.

…dst

10 )  Delegasi UI Jadi Juara Umum Model Sidang PBB di Eropa

Jum’at, 08 Agustus 2014 10:05 wib
JAKARTA – Masih ingat curhatan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang akan berlaga di The European International Model United Nations (TEIMUN) 2014? Nah, kali ini mereka membawa cerita kabar baik. Baca: Curhatan Delegasi UI pada TEIMUN 2014 Sebelum ke Belanda . Salah satu anggota tim UI untuk TEIMUN 2014, Adeline Tiffanie Suwana, menyampaikan, mereka kembali merebut gelar juara umum dalam kompetisi simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) terbesar di Eropa itu. Adeline bersama Haryani Dannisa, Ilman Dzikri, Nadia Sekarsari, Okky Oktaviani, Patty Regina dan Victoria Lorenzo mengukir prestasi tersebut di Den Haag, Belanda, pada 20-28 Juli 2014.

…dst

11 )  Tiga Anak UI Pamer Riset di Forum Ilmuwan Inggris

Kamis, 07 Agustus 2014 20:06 wib
Nama Indonesia kembali harum di dunia sains internasional. Tiga mahasiswa kedokteran UI diundang oleh London International Youth Science Forum (LIYSF) ke 56 di London pekan ini.Mereka adalah Anastasia Michelle Pranata, Diannisa Paramitha Susantono dan Michelle Audrey Darmadi. Ketiganya akan mempresentasikan hasil riset terkait penyakit thallasemia. Thalassemia sendiri merupakan penyakit genetik yang berhubungan dengan darah. Kandungan hemoglobin dalam darah penderita thalassemia mudah pecah, dan menimbulkan gejala seperti anemia. Diannisa mengatakan, awalnya mereka tidak percaya bahwa pengajuan hasil risetnya itu dapat menembus ajang bergengsi ilmuwan muda dunia tersebut. Terlebih mengingat persaingan untuk dapat diundang dalam forum bergengsi ini sangat ketat.

…dst

12 ) Kompetisi Roket dan Balon Atmosfer Siap Digelar

Selasa, 12 Agustus 2014, 22:13 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menggelar Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat). Kompetisi itu sendiri digelar di Yogyakarta dan Kebumen, Jawa Tengah, kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Jasyanto di Jakarta, Selasa. Ia menjelaskan, pelaksanaan kompetisi Komurindo dan Kombat akan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola UMY sebagai lokasi uji fungsi alat yang akan dikompetisikan, dan di Lapangan Tembak Dislitbang TNI AD, Pantai Bocor, Kebumen, Jawa Tengah untuk pelaksanaan uji peluncuran.

…dst

13 ) Universitas Brawijaya Kekurangan Guru Besar

12 Agst 2014 16:20:47
Malang (Antara Jatim) – Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, masih mengalami kekurangan guru besar, karena minimal 20 persen dari jumlah dosen secara keseluruhan hendaknya berstatus guru besar, ternyata hanya tercukupi delapan persen. Dari jumlah keseluruhan dosen jumlah dosen yang mencapai 2.500 orang, guru besarnya hanya 200 orang atau sekitar delapan persen saja. Seharusnya paling sedikit ‘kan 500 orang,” kata Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Prof Dr M Bisri, Selasa.
Untuk memenuhi ketentuan dan angka ideal tersebut, kata Bisri, dalam waktu dekat ini UB membentuk tim percepatan yang bertugas mendorong para dosen yang bergelar doktor segera mengurus segala persyaratan untuk mengubah status mereka menjadi guru besar.

…dst

14) ‘Terlalu Banyak Mata Kuliah, Mahasiswa Tak Miliki Waktu untuk Membaca’

Selasa, 12 Agustus 2014, 17:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peneliti Fakultas Ekonomi UI  Rangga Handika mengatakan, timnya melakukan kajian awal mengenai banyaknya jumlah mata kuliah per semester di Indonesia, Selasa, (12/8).Jumlah mata kuliah di berbagai universitas di  Indonesia, ujar Rangga, terlalu banyak. Dalam satu semester mahasiswa Indonesia harus mengambil antara tujuh, delapan, sampai sembilan mata kuliah, sementara di universitas-universitas negara maju seperti Australia dan Amerika mahasiswa dalam satu semester hanya perlu mengambil empat sampai lima mata kuliah. Terlalu banyaknya mata kuliah yang diambil mahasiswa Indonesia, terang Rangga, membuat mahasiswa tidak memiliki cukup  waktu untuk membaca buku-buku bahan kuliah dan belajar dengan baik. “Mahasiswa di Indonesia hanya dikejar waktu untuk mengerjakan tugas kuliah dan sibuk mengejar nilai,” terangnya.

…dst

15 ) 5 Calon Mahasiswa ITS Gagal Terima Beasiswa Bidik Misi

Senin, 11 Agustus 2014 20:03 wib
JAKARTA -Beasiswa Bidik Misi diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada para mahasiswa yang memiliki prestasi akademik gemilang namun terkendala masalah ekonomi. Oleh karena itu, penerima beasiswa tersebut harus tepat sasaran. Menyadari hal tersebut, setiap perguruan tinggi negeri (PTN) melakukan seleksi ketat untuk para penerima Bidik Misi. Termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Melalui proses registrasi dan verifikasi yang berlangsung sejak tiga minggu terakhir, ITS mencoret lima penerima Bidik Misi lantaran terdapat ketidaksesuaian data dengan kondisi yang ada di lapangan. Koordinator Tim Verifikasi Data Calon Mahasiswa ITS Imam menyatakan, lima dari 11 nama calon mahasiswa penerima Bidik Misi jalur SNMPTN  yang dicurigai telah dicoret. Dengan demikian, lanjutnya, lima mahasiswa tersebut kehilangan kesempatan sebagai mahasiswa ITS.

…dst

16 )  60 Peserta Terancam Gagal Terima Bidik Misi Unpad

Rabu, 13 Agustus 2014 08:01 wib
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Tahun Akademik 2014/2015 jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melakukan registrasi administrasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 334 calon mahasiswa terdaftar sebagai peserta Bidik Misi. Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad Isis Ikhwansyah menyebut, 334 orang tersebut diperoleh dari hasil flagging di jalur SBMPTN yang mendaftar ke program Bidik Misi. Sementara jumlah penerima Bidik Misi dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 626 orang. “Bahkan, kemarin ada surat dari Dikti agar Unpad di samping yang telah ditetapkan juga membuka tambahan kuota Bidik Misi sebesar 50 orang. Jumlah ini akan kami cari dari calon mahasiswa yang lulus SBMPTN,” kata Isis, seperti dilansir dari situs Unpad, Rabu (13/8/2014).

…dst

17 ) Unila Keberatan dengan Uang Kuliah Mahasiswa Miskin

Rabu, 13 Agustus 2014 10:44 wib
JAKARTA – Saat penerimaan mahasiswa baru (maba), tiap kampus khususnya perguruan tinggi negeri (PTN) memberikan keringanan bagi maba yang kurang mampu. Keringan ini berupa uang kuliah tunggal (UKT). Walaupun UKT yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ada kampus yang merasa keberatan dengan besaran. Sebut saja Universitas Lampung (Unila). Pembantu Rektor II Dr. Ir. Dwi Haryono, M.S., mengatakan, keberatan dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah mengenai besaran UKT yang diterapkan kepada calon maba. “Akan tetapi, karena kebijakan tersebut merupakan sebuah instruksi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), maka sepenuhnya harus ditaati untuk dapat dijalankan seoptimal mungkin,” ujar Dwi, seperti dilansir laman Unila, Rabu (13/8/2014).

…dst

18 ) Pemilihan PTK Berprestasi Pendidikan Tinggi Dibagi Menjadi Enam Kategori

Fri, 08/08/2014 – 15:08
Jakarta, Kemdikbud — Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)  untuk meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan antara lain melalui kegiatan pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berprestasi. Tahun 2014 ini, untuk jenjang pendidikan tinggi, kembali diselenggarakan pemilihan PTK berprestasi untuk enam kategori, yaitu Dosen, Kepala Program Studi, Laboran, Pustakawan, Tenaga Administrasi Akademik dan Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi. Kegiatan pemilihan PTK Berprestasi di jenjang pendidikan tinggi ini dimaksudkan untuk mendorong dan menstimulasi para PTK agar dapat terus menerus meningkatkan kinerja dengan baik, dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi.

…dst

19 ) Gelombang Kedua Beasiswa Presiden RI Dibuka

Jumat, 08 Agustus 2014, 00:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG — Beasiswa Presiden Republik Indonesia atau Indonesia Presidential Scholarship (IPS) kembali membuka pendaftaran untuk memenuhi target penerima sebanyak 150 orang. “Pada seleksi gelombang pertama IPS telah menerima sebanyak 100 pendaftar. Kini dibuka gelombang kedua,” kata Pembantu Asisten Staf Khusus Presiden RI Kapten Aditya Wira di Semarang, Kamis. Presiden, kata dia, menargetkan Indonesia menjadi negara dengan perekonomian kuat, kesejahteraan merata, politik keamanan stabil, dan berperan penting di kancah internasional pada 2045. “Itulah yang mendasari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan program IPS pada tahun terakhir kepemimpinannya. Masyarakat kurang mampu mendapat prioritas mempertimbangkan keadilan,” katanya.

…dst

20 ) Inilah 50 Perguruan Tinggi Dunia Yang Siap Menampung Peserta Beasiswa Presiden RI

Kamis, 07 Agustus 2014 – 14:32 WIB
Limapuluh perguruan tinggi terbaik di dunia, yang sebagian besar di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada, siap menerima mahasiswa Indonesia peserta Program Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) atau The Indonesian Presidential Scholarship (IPS) gelombang 2. Program beasiswa magister dan doktor yang digelar untuk mencapai target menjadikan  Indonesia sebagai negara dengan perekonomian yang kuat, kesejahteraan merata, politik-keamanan yang stabil serta berperan penting di kancah internasional, yang dikelola oleh  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), menerima pendaftaran peserta  sejak 23 Juli 2014 pukul 00.00 WIB dan akan ditutup pada 17 Agustus 2014 pukul 10.00 WIB. “Sama dengan gelombang pertama, program ini menerima 100 peserta generasi muda penerus bangsa yang tertarik untuk meningkatkan potensi diri dengan melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3) di universitas-universitas terbaik di dunia,” kata Firmanzah, Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan kepada wartawan di Restoran Seribu Rasa, Jakarta, Sabtu (2/7) lalu.

…dst

21 ) DAAD Jerman Beri Beasiswa Riset Pascasarjana

Selasa, 12 Agustus 2014 07:11 wib
JAKARTA – Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD) membuka pendaftaran beasiswa riset dan pendidikan di Jerman. Dana riset akan diberikan untuk jenjang doktoral. Program ini dimaksudkan membantu para akademisi dan ilmuwan muda dari berbagai negara dalam menjalani riset mereka. Program pendanaan tersedia dalam berbagai tahapan karier akademik. Selain dana riset, penerima juga akan mendapatkan kesempatan bertukar pengalaman dan membangun jaringan di antara kolega dalam bidang masing-masing. Dana riset akan diberikan di bidang Ilmu Bahasa dan Budaya, Hukum, Ekonomi dan Ilmu Sosial, Matematika/Ilmu Alam, Medis, Agrikultur, Kehutanan dan Ilmu Gizi. Tesis dalam bidang pegobatan manusia, ilmu kedokteran hewan dan ilmu kedokteran gigi tidak termasuk dalam bidang yang akan didanai grant.

…dst

22 ) Beasiswa Kuliah di Inggris Dibuka Lagi

Rabu, 13 Agustus 2014, 11:40 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kerajaan Inggris kembali membuka beasiswa kuliah master (S2) di semua universitas ternama di Inggris untuk tahun ajaran 2015/2016. Sebanyak 1.500 mahasiswa dari seluruh dunia diundang untuk meraih beasiswa yang pendaftaran terakhirnya ditetapkan pada 15 November 2014. Indonesia termasuk negara yang pada setiap tahunnya mendapat tempat. Ribuan mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa yang dikenal sebagai “Chevening Award” ini. Dalam penjelasan resminya, Pemerintah Inggris menyilakan para peminat beasiswa ini untuk membuka situs www.chevening.org untuk mengetahui syarat-syarat lebih detail. Pemerintah Inggris menyatakan beasiswa ini berlaku untuk semua mahasiswa yang memiliki minat dan bakat besar dalam ilmu-ilmu yang disukai.

…dst

23 ) Alumni ITB Siap Raih Gelar Doktor dari Oxford

Rabu, 13 Agustus 2014 07:11 wib
JAKARTA Siapa tak kenal University of Oxford? Salah satu kampus terkemuka di dunia itu kerap menjadi incaran para pelajar untuk melanjutkan studi. Namun, seleksi yang sangat ketat membuat para mahasiswa yang berhasil lolos merasa sangat bangga. Demikian pula dengan Muhammad Firmansyah Kasim. Alumni Teknik Eelektro Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2009 itu tengah menempuh pendidikan S-3 di University of Oxford untuk mendapatkan gelar Doctor Philosophy (DR. Phil) pada bidang fisika partikel. Menurut Firman, bersekolah di luar negeri adalah salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan yang ingin dicapai sejak dulu. Namun, dia menilai, kesuksesan adalah milik pribadi dan tidak bisa menilai dari parameter kesuksesan orang lain.

…dst

24 ) Tersedia, Beasiswa S-2 Akuntansi untuk PNS

Jum’at, 08 Agustus 2014 21:11 wib
JAKARTA – Bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang ingin meningkatkan kemampuan akuntansi mereka, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menawarkan beasiswa STAR Project. Mereka mendapat kesempatan untuk menempuh pendidikan S-2 Program Magister Ilmu Akuntansi Universitas Lampung (Unila). Jurusan yang ditawarkan berupa Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik. Beasiswa tersebut mencakup seluruh biaya kuliah termasuk biaya hidup, hingga transportasi dan akomodasi bagi mereka yang berasal dari luar Lampung. Ketua Program Studi (Kaprodi) MIA FEB Unila Susi Sarumpaet, untuk program beasiswa tersebut, Unila menyediakan 25 kursi. Setelah melakukan pendaftaran secara online, lanjutnya, para peserta harus mengikuti tes dan bagi yang lulus harus melaksanakan matrikulasi mata kuliah.

…dst

25 ) Mahasiswa UGM Kembangkan Timbangan Bersuara untuk Tunanetra

Senin, 11 Agustus 2014, 22:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Kelompok mahasiswa Program Studi Elektronika dan Instrumentasi Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada membuat dan mengembangkan alat penimbang barang digital bersuara untuk tunanetra. Alat yang diberi nama rancang bangun timbangan suara untuk tunanetra atau Rama Shinta itu secara otomatis menghasilkan suara ketika berat barang telah terukur,” kata ketua kelompok mahasiswa Ary Kusuma Ningsih di Yogyakarta, Senin (11/8).Menurut dia, timbangan bersuara itu akan memudahkan penyandang tunanetra dalam berwirausaha. Selain itu juga untuk meminimalkan terjadinya praktik kecurangan saat bertransaksi jual beli. Umumnya para tunanetra merasa kesulitan dalam mendapat informasi yang akurat mengenai berat barang saat jual beli sehingga rawan terjadi penipuan karena keterbatasan mereka,” katanya.

…dst

26 )  Pakar: Mobilitas Mahasiswa Penting dalam Integrasi ASEAN

Selasa, 12 Agustus 2014, 12:07 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Mobilitas mahasiswa penting dalam integrasi kawasan ASEAN 2015 karena mempunyai berbagai manfaat, kata pakar pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta Satoto Nayono. “Manfaat itu di antaranya memperluas wawasan, menambah kawan, belajar banyak budaya, menjadi lebih mandiri,” katanya pada seminar ‘Mobilitas Pendidikan di ASEAN Menuju Integrasi Kawasan 2015’, di Yogyakarta, Selasa (12/8).Selain itu juga mempunyai kesempatan melakukan “benchmark” keilmuan, kesempatan memperlancar bahasa asing, kesempatan berpromosi tentang Indonesia. “Jenis kegiatan mobilitas mahasiswa itu di antaranya konferensi, lokakarya, kursus singkat, program magang, pertukaran mahasiswa, dan ‘double degree’,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY itu.

…dst

27 )  Tidak Melakukan Riset, Dosen Makan “Gaji Buta”

Senin, 11/08/2014 – 14:29
SOLO, (PRLM).- Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Dr. Darsono mengungkapkan, UNS yang termasuk dalam kategori perguruan tinggi dengan penelitian mandiri, dituntut mendorong seluruh dosen melakukan penelitian. Unit pengelola riset di LPPM harus beruoaya agar setelah dosen menerima remunirasi tetap melakukan penelitian sehingga tidak makan gaji buta. “Di universitas dengan kategori mandiri memang tidak mudah bagi dosen mengakses penelitian. Karena kelas riset di universitas mendiri berada pada peringkat menengah ke atas. Bagi dosen yang tidak mampu mengakses sumber penelitian pasti akan tersisih,” ujarnya keoada wartawan, seusai halal bihalal di kampus UNS, Kentingan, Senin (11/8/2014).

…dst

28 ) Dikti Akreditasi Jurnal Farmasi Unpad

Rabu, 13 Agustus 2014 14:05 wib
JAKARTA – Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) memberikan predikat akreditasi jurnal ilmiah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Jurnal tersebut adalah Jurnal Farmasi Klinik Indonesia yang diterbitkan empat kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan elektronik, yang disebut juga sebagai Indonesian Journal of Clinical Pharmacy (IJCP). Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dengan nomor 212/P/2014, yang menyatakan resmi terakreditasi dan dapat diakses pada website www.ijcp.or.id. Demikian yang dikutip laman Unpad, Rabu (13/8/2014).

…dst

29 ) UNS Solo Bantu Konservasi Naskah Kuno dari Daun Lontar

Rabu, 13 Agustus 2014 11:18 wib
SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membantu konservasi naskah kuno yang terbuat dari daun lontar. Upaya dilakukan sebagai bagian untuk melestarikan budaya nasional. Kota Solo merupakan kota yang bernilai sejarah tinggi. Selain memiliki museum yang sudah berusia ratusan tahun seperti Musium Radya Pustaka, Solo juga memiliki perpustakaan  yang juga berusia ratusan tahun. Perpustakaan ini merupakan milik Pura Mangkunegaran dan bernama Perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran.

…dst

30 ) Peminat Program Sarjana Mengajar di UM Turun

Tuesday, 12 August 2014, 22:17 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG — Peminat Program Sarjana Mengajar di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal atau SM-3T di Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya, yakni dari 380 menjadi 172 sarjana. Ketua Pelaksana SM-3T Universitas Negeri malang (UM) Eddy Sutadji, Selasa, mengakui jika jumlah tersebut tidak memenuhi kuota yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebanyak 200 sarjana. “Sebenarnya tidak hanya di UM saja yang kuotanya tidak terpenuhi, tapi kuota secara nasional yang ditentukan Kemendikbud pun juga berkurang. Dari kuota secara nasional sebanyak 3.000 sarjana, hanya terpenuhi 2.464 sarjana,” katanya.

…dst

31 ) Internasionalisasi Bahasa Indonesia Macet
Tempatkan Pengajar Bahasa Indonesia Permanen di Kantor Kedutaan

Senin, 11 Agustus 2014 , 09:04:00
JAKARTA – Amanah untuk meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional masih jalan di tempat. Padahal tugas itu menjadi amanah pasal 44 UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Mahsun menuturkan, upaya untuk meningkatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional sejatinya sudah berjalan. “Tapi memang hasilnya belum signifikan,” jelas dia kemarin. Mahsun menceritakan saat ini baru ada satu event internasional yang mulai memperbolehkan penggunaan bahasa internasional. Yakni pertemuan parlemen se-ASEAN (ASEAN Inter Parliamentary Assembly/AIPA) di Phnom Penh, Kamboja 2011 lalu. “Semoga semakin banyak pertemuan-pertemuan internasional yang menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa inti atau bahasa pendamping,” kata dia.

…dst