INSTITUT FRANCAIS INDONESIA

Tenggat: 15 Maret
  • Bagi doktor muda atau mahasiswa S3 yang sedang mengerjakan Disertasi: klik disini
  • Bagi Universitas: klik disini

Berkat inisiatif Institut Prancis di Indonesia, untuk pertama kalinya Indonesia dapat berpartisipasi dalam lomba berbahasa Prancis bertajuk “My Thesis in 180 Seconds” atau disingkat MT180.

MT180 ditujukan bagi para doktor frankofon/penutur bahasa Prancis. Dalam lomba ini, mereka diminta untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka dalam waktu 3 menit, sesederhana mungkin sehingga masyarakat umum dapat memahaminya.

Pada 2015, delapan negara frankofon telah berpartisipasi dalam kompetisi ini: Québec, Prancis, Belgique, Maroko, Kamerun, Tunisia, Burkina Faso dan Senegal.

Tentang MT180 di Indonesia

Apa tujuannya? Untuk memberikan nilai tambah kepada para doktor muda Indonesia yang menguasai bahasa Prancis dan yang telah sukses mengujikan disertasi mereka setelah Agustus 2014, serta mahasiswa S3 yang sedang menempuh tahun terakhir pendidikannya di tahun akademik 2015/2016.

Bagaimana caranya? Para peserta akan melalui seleksi lokal, nasional, kemudian apabila lolos, mengikuti final tingkat internasional. Peserta diminta untuk mempresentasikan disertasi yang mereka buat selama 3 tahun hanya dalam waktu 3 menit, dalam bahasa yang sesederhana mungkin sehingga masyarakat awam dapat memahaminya.

Apa hadiahnya? Menangkan hadiah yang bernilai lebih dari 35 juta rupiah! Belum lagi kejutan-kejutan lainnya! Kedutaan Besar Prancis akan membiayai perjalanan finalis yang lolos seleksi tingkat nasional untuk mengikuti final di Maroko pada September 2016. Pemenang juga akan mendapatkan akses untuk menjalankan program penelitian di Prancis.

Anda doktor muda? Mahasiswa S3 yang tengah mengerjakan disertasi?

Anda punya waktu sampai 15 Maret untuk mendaftar. Isi formulirnya di sini: http://bit.ly/mt180form

  

Bagi universitas

Bila universitas Anda ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan MT180:

  • Anda dapat mempromosikan pendidikan S3 di universitas Anda.
  • Bila finalisnya lulusan universitas Anda, almamater Anda akan mendapatkan sorotan baik secara nasional maupun internasional.
  • Tim peneliti dari universitas Anda akan mendapatkan nilai tambah, utamanya melalui media massa nasional.
  • Anda mendapatkan kehormatan, karena dapat berkompetisi melawan universitas-universitas terbaik di Indonesia dan di dunia.

Anda akan mendapatkan dukungan dari Institut Prancis di Indonesia yang akan mendampingi Anda dalam setiap tahapan seleksi.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mempelajari MT180 edisi tahun lalu di http://mt180.fr

Bila Anda mempunyai pertanyaan, silakan menghubungi Léa Roy : [email protected]

For Other Information :

http://www.ifi-id.com/mt180 (Indonesia),

https://www.facebook.com/MT180France/

https://twitter.com/hashtag/mt180 (France)

KONTAK

IFI – Institut Français d’Indonésie
Jl. M. H. Thamrin no 20
Jakarta Pusat 10350
Tél. : (62-21) 23 55 79 00
[email protected]