Publikasi Jurnal dari Prosiding Seminar

05 May 2016 by Administrator

Publisher TRANS TECH atau Scientific.net mempunyai 17 Jurnal yang diantaranya Applied Mechanics Materials , Advanced Materials Research dan Materials Science Forum yang diklaim terindeks di Scopus. Namun, ternyata banyak karya ilmiah berasal dari konferensi/seminar, dan ini sama saja dengan yang pernah terjadi di awal tahun 2000 yaitu beberapa nomor penerbitan jurnal nasional terakreditasi berisi semua paper yang sudah terseleksi pada seminar nasional. Sebagai contoh seminar di ICEMA 2016 yang dijanjikan semua paper akan diterbitkan di Materials Science Forum.


Jurnal Applied Mechanics and Materials dan Advanced Material Research dengan jelas menyatakan bahwa semua artikel berasal dari semua paper international scientific conferences, workshop atau symposium.


Contoh lainnya adalah Jurnal Advance Engineering Forum vol 5 dari Transtech, pada Preface terbukti bahwa simposium pertama (International Doctoral Annual Symposium on Intelligent Transportation) di Harbin 15-16 September 2012.

Sebagai tambahan informasi, jika dilakukan pelacakan, URL laman Trans Tech berasal dari Swiss.

Oleh karena itu dosen yang akan mengikuti kegiatan seminar, konferensi atau lokakarya yang dijanjikan papernya akan diterbitkan di jurnal di lingkungan Trans Tech atau sejenisnya harap berhati-hati.

Sumber : http://pak.dikti.go.id/portal/?p=241