Terakreditasi “A”, Politeknik Sebagai PT Vokasi Lebih Bersaing

 logo BAN-PT

09/01/2017
Semarang, Idola 92.6 FM – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sampai 2016 baru memberikan akreditasi “A” terhadap 49 Perguruan Tinggi (PT), salah satunya PT Vokasi Politeknik Negeri Semarang (Polines) . Dari 49 itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mencatat ada 3 Perguruan Tinggi (PT) Vokasi yang diharapkan semakin bersaing.

“Dari 49 PTN tiga diantaranya adalah PTN Vokasi yaitu,Politeknik Negeri Semarang (Polines), Politeknik Elektronika Negeri (PEIN) Surabaya, dan Politeknik Negeri Bandung (PNB),” tutur Direktur Pembinaan Kelembagaan Kemenristekdikti, Totok Prasetyo dalam acara penyerahan SK BAN-PT Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Peringkat “A” kepada Polines, Jumat (6/1/17).

Menurut Totok, pemberian akreditasi tidak hanya huruf semata, namun memiliki makna dimana Polines sebagai PT Vokasi harus siap betul menghasilkan lulusan diploma 3 dan S-1 Terapan yang berkualitas dan bersaing.

Akreditasi “A”, lanjut Totok, merupakan prestasi karena dari 4.455 PT di Indonesia hanya 49 yang baru memperolehnya.

“Untuk menuju akreditasi ‘A” juga tidak mudah, Perguruan Tinggi harus punya Leadership yang baik, komitmen dari semuanya sampai stakeholder, dan terekhir system yang terintegrasi dengan baik yaitu misalnya memliki tenaga pengajar yang mumpuni,” urainya.

Senada, Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT Fauzri Fahimuddin mengatakan, pemberian akreditasi menjadi momentum Polines dan Politeknik lainnya sebagai PT Vokasi.

“Sebagai PT Vokasi, Akreditasi “A” jadi tiket emas. Politeknik harus menjadi unggulan. Politeknik mulai sekarang harus fokus untuk pengakuan, baik itu kinerja atau lulusan,” tukasnya.

Ia mengakui, selama ini lulusan dari PT Vokasi masih belum diakui oleh beberapa perusahaan besar. Menurutnya, beberapa perusahaan besar masih memilih lulusan PT diluar vokasi.

“Padahal, boleh saja diatas kertas pakar-pakar yang mendesain gedung atau sebagainya, tapi untuk urusan lapangan, yang menghitung volume beton dan lain-lain itu ya orang-orang Politeknik,” cetus Fauzri.

Oleh karena itulah, diharapkan PT Vokasi lebih bersaing dengan menetaskan lulusan yang berkualitas. Lulusan PT Vokasi semakin bersaing dalam sumber daya manusia (SDM) untuk pembangunan kedepan.

Untuk diketahui dari 4.455 PT Swasta dan Negeri, Kemenristekdikti membina sekitar 3.244 PT termasuk PTN Vokasi Politeknik yang berjumlah 43.

Sampai 2016, tercatat 49 PT yang terakreditasi “A”, dari 2015 baru berjumlah 26. Pada 2017 Kemenristekdikti menarget 59 PT sudah terakreditasi “A”, kemudian sampai 2018, 2019 target meningkat menjadi 194 PT yang harus akreditasi “A”. (DAN)