Pernahkah Anda mengalami ketika Anda sudah mulai bersiap-siap untuk persentasi dan menebarkan pandangan kepada calon audiens, yang anda lihat banyak di antara audiens tersebut adalah mereka yang lebih senior dari Anda ?

Apa yang Anda rasakan ? Mungkin, Anda merasa gugup.

Lantas, bagaimana  Anda menghadapi situasi tersebut ?


Berita baiknya, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Dengan tips sederhana, saya yakin Anda tetap mampu tampil percaya diri dan meyakinkan di hadapan mereka.

Apa saja tipsnya ?

Mari kita simak 3 tips dalam ulasan berikut ini.

Tips Menghadapi Audiens Senior # 1 : Tingkatkan Kredibilitas Anda Dengan Mengerjakan Pekerjaan Rumah Anda

Prof Matt Abrahams dari Stanford Univiversity menyebutkan bahwa kredibilitas Anda adalah satu-satunya mata uang Anda saat Anda hadir memberikan presentasi di depan orang lain. Ia menjelaskan bahwa salah satu aspek kredibilitas adalah pengetahuan yang Anda miliki tentang topik presentasi yang Anda bawakan.

Penguasaan terhadap topik yang Anda bawakan sangat penting untuk membangun kredibilitas Anda. Seringkali, keahlian Anda terhadap topik tersebut adalah sesuatu yang memberikan Anda kesempatan untuk berbicara di depan audiens Anda.

Oleh karena itu, kuasailah topik yang Anda presentasikan. Lakukan persiapan yang matang. Ketika Anda menghadapi audiens yang lebih senior yang lebih berpengalaman dari Anda, maka Anda perlu lebih keras lagi dalam mengerjakan pekerjaan rumah Anda.

Lakukan riset tentang topik yang Anda bawakan. Kutip pendapat dan opini dari beberapa pakar dan dukung point-point presentasi Anda dengan data yang valid.

Dengan melakukan hal itu, maka harapannya audiens Anda akan mempercayai Anda, karena informasi yang sampaikan mempunyai dasar yang kuat.

Tips Menghadapi Audiens Senior # 2 : Jaga Penampilan Anda

David Pranata yang menulis buku Speak with Power menjelaskan bahwa banyak orang melihat kesan pertama terhadap seseorang dari penampilannya. Jadi, pastikan penampilan Anda sesuai. Berpakaianlah serupa dengan audiens Anda. Lebih baik Anda berpakaian satu tingkat lebih tinggi dari mereka.

Misalnya, ketika mayoritas audiens mengenakan pakaian santai, maka Anda dapat mengenakan kemeja yang cukup formal. Ketika mayoritas audiens mengenakan kemeja formal, maka Anda dapat menggunakan jas atau kemeja berdasi.

Anda akan sulit membangun kredibilitas jika penampilan Anda berada pada level di bawah mayoritas audiens. Anda bisa membayangkan ketika Anda mengenakan T-shirt dan celana jeans di hapadan mayoritas audiens yang menggunakan busana bisnis formal, maka akan sulit bagi Anda untuk membuat audiens percaya kepada Anda, kecuali Anda adalah Steve Jobs.

Tips Menghadapi Audiens Senior # 3 : Buat Audiens Menyukai Anda

Selain membangun kredibilitas, Anda perlu memenangkan hati audiens. Caranya Anda dapat melakukan interaksi dengan mereka.

Interaksi dengan audiens ketika presentasi adalah karakteristik utama yang membedakan antara presenter yang berkesan dengan presenter biasa.

Jika Anda benar-benar ingin materi presentasi Anda menggerakkan audiens dan menghindari ketidakterhubungan dengan audiens Anda, maka Anda dapat menggunakan apa yang disebut dengan Audience-Connecting Techniques (ACTs).

ACT membawa audiens Anda ke dalam presentasi Anda. ACT mengundang partisipasi mereka dan memberikan pemberitahuan bahwa Anda mengharapkan keterlibatan mereka.

ACT diperkenalkan oleh Matt Abrahams yang merupakan seorang Professor yang mengajar di Sekolah Pascasarjana Bisnis Universitas Stanford dimana dia mengajar dua kelas yang sangat populer yang berhubungan dengan Komunikasi Strategis dan Presentasi Virtual yang Efektif.

Dengan cara itu, maka audiens akan merasa lebih diperhatikan. Jadikanlah audiens Anda adalah teman Anda. Pedulilah kepada mereka. Niscaya mereka akan menyukai Anda dan mendengarkan presentasi Anda.

Demikianlah, 3 tips menghadapi audiens presentasi yang lebih senior dari Anda. Pertama, tingkatkan kredibilitas Anda dengan mengerjakan pekerjaan rumah AndaKedua, jaga penampilan Anda. Ketiga, buat audiens menyukai Anda.

Cobalah untuk menerapkan 3 tips tersebut ketika Anda akan menghadapi audiens presentasi yang lebih senior dari Anda. Anda akan merasakan bahwa apa yang Anda sampaikan kepada mereka akan memberikan kesan yang baik dan berdampak bagi mereka.

Sumber :

https://erry-ricardo.com/2020/11/16/3-tips-jitu-menghadapi-audiens-presentasi-yang-lebih-senior-dari-anda/#.X7HlFcgzaMq